Ada Kim Kurniawan dan Tony Sucipto, Berikut Deretan Pemain yang Kembali Bersinar Berkat Piala Menpora 2021


  •    Rizqi Ariandi
  •    27/04/21 - 11:00
  •    4.651

Kim Kurniawan saat memenangkan duel dengan penyerang Persib Bandung Wander Luiz
Kim Kurniawan saat memenangkan duel dengan penyerang Persib Bandung Wander Luiz. (sumber foto:LIB)

Perhelatan Piala Menpora 2021 sudah berakhir pada Minggu (25/4/2021). Persija Jakarta keluar sebagai yang terbaik dalam turnamen tersebut setelah menumbangkan Persib Bandung dengan agregat 4-1 di dua partai final.

Beberapa pemain juga dianugerahi gelar individu berkat penampilan apik mereka sepanjang turnamen. Penyerang Persiraja Banda Aceh Assanur Rijal menjadi top scorer dengan empat gol, lalu Pratama Arhan dari PSIS Semarang dinobatkan sebagai pemain muda terbaik, dan gelandang Persija Marc Klok dianugerahi gelar pemain terbaik.

Baca Juga :


Selain nama-nama tersebut, ada beberapa pemain lainnya cukup istimewa. Pasalnya, mereka tampil bagus dalam turnamen ini setelah sempat mengalami penurunan performa di musim-musim sebelumnya.

Siapa saja nama-nama tersebut, berikut analisa singkatnya:

Tony Sucipto
Tony Sucipto menjelma jadi pilar penting Persija Jakarta dalam turnamen ini. Ia selalu jadi pilihan pelatih Persija Sudirman dari babak penyisihan grup sampai laga final.

Kelebihan Tony yang dikenal bisa bermain di berbagai posisi berhasil dieksplorasi dengan baik oleh Sudirman. Toncip pernah ditempatkan sebagai bek kiri, gelandang bertahan, bahkan bek tengah seperti pada final leg pertama melawan Persib Bandung di Sleman.

Secara statisitik, Toncip sanggup melepaskan 140 passing sukses dari 176 percobaan. Ia juga mencatatkan 11 kali tekel, 18 intersep, dan delapan clearance sepanjang turnamen.

Ezra Walian
Ezra Walian mengalami musim yang tidak terlalu baik bersama PSM Makassar di Liga 1 2019. Padahal itu merupakan musim perdana Ezra berkarier di Liga Indonesia.

Beruntung mimpi buruk Ezra di PSM berhasil diselamatkan Persib. Meski baru bergabung hanya beberapa hari sebelum Piala Menpora bergulir, Ezra langsung nyetel dengan skuat Maung Bandung.

Hal itu terbukti dengan ketajamannya sepanjang turnamen. Ia mampu melesakkan tiga gol, atau hanya terpaut satu gol saja dari pencetak top scorer Piala Menpora 2021, Assanur Rijal

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Selanjutnya Selengkapnya  
Kim Kurniawan
Kim Kurniawan sepertinya memang 'berjodoh' dengan pelatih asal Serbia, Dejan Antonic. Di bawah asuhan Dejan, Kim selalu mampu mengeluarkan potensi terbaiknya.

Keduanya sempat mengalami kesuksesan bersama di Pelita Bandung Raya pada Liga Indonesia 2014. Kali ini Kim dan Dejan mampu membawa PS Sleman meraih tempat ketiga di Piala Menpora 2021.

Sepanjang turnamen, eks Persib Bandung ini juga tampil gemilang. Buktinya, Kim menjadi pemain dengan jumlah operan dan tekel sukses terbanyak dengan jumlah masing-masing 258 dan 22.

Zulkifli Syukur
Keberhasilan PSM Makassar melangkah jauh di Piala Menpora 2021 hingga babak semifinal tentu tidak terlepas dari peran Zulkifli Syukur. Sebagai pemain senior sekaligus kapten tim, Zulkifli berhasil memimpin rekan-rekannya dengan sangat baik.

Tidak hanya secara leadership, peran Zulkifli dalam permainan juga sangat terasa. Ia mampu jadi tembok di sektor bek kanan PSM dengan mencatatkan 29 kali intersep dan tujuh kali clearance dan tekel sukses dari enam penampilan.

Catatan tersebut membuktikan bahwa eks pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 itu belum habis. Ia layak memimpin skuat PSM di kompetisi Liga 1 musim 2021.

Sutanto Tan
PSM Makassar sepertinya membuat keputusan tepat saat merekrut Sutanto Tan dari PSMS Medan untuk turnamen Piala Menpora 2021. Pasalnya, Sutanto berhasil jadi kekuatan penting PSM di lini tengah sepanjang turnamen.

Bersama Rasyid Bakri, Sutanto berhasil menjaga kestabilan lini kedua tim berjulukan Juku Eja tersebut. Bahkan ia mampu mencatatkan 14 tekel sukses dan 12 kali intersep dalam tujuh penampilan.

Sutanto juga berhasil mencetak satu gol di Piala Menpora 2021 lewat sebuah tendangan bebas. Gol tersebut ia lesakkan dalam laga perebutan tempat ketiga melawan PS Sleman. halaman 3 dari 3


Terakhir diubah:  27/04/21 - 12:50






Video Trending



Berita Terkait


1623369602327

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?