Cerita Ramadhan dan Lebaran Fajar Alfian Saat Bertanding Di Luar Negri  


  •    Nafielah Mahmudah
  •    27/04/21 - 09:31
  •    10.296

Fajar Alfian bercerita soal pengalaman Ramadhan dan lebaran di luar negri (Badmintonindonesia.org/Nafielah Mahmudah)
Fajar Alfian bercerita soal pengalaman Ramadhan dan lebaran di luar negri (Badmintonindonesia.org/Nafielah Mahmudah)

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bahkan Idul Fitri di negri sebrang menjadi salah satu pengalaman yang dialami oleh para atlet badminton. Padatnya jadwal pertandingan terkadang membuat mereka kadang harus rela jauh dari keluarga pada saat Ramadhan dan lebaran. Salah satunya pemain ganda putra, Fajar Alfian.

Kepada Bolalob, Fajar bercerita mengenai pengalamannya berlebaran di Sydney, Australia. Saat itu ia dan beberapa rekannya di Pelatnas PBSI tengah bertanding di Australian Open 2019. 

“Pastinya sedih puasa dan lebaran jauh dari keluarga. Tapi kita juga harus lihat tugas kita apa, kewajiban kita apa. Kita sudah memilih jalan sebagai atlet, ya harus dijalani. Mau nggak mau harus siap kehilangan momen bersama keluarga. Karena saya yakin pasti di balik kesedihan jauh dari orangtua di bulan suci dan lebaran, pasti ada hikmahnya buat kedepannya,” kata Fajar.

Meski jauh dari keluarga, Fajar dan teman-temannya saat itu tetap bisa merasakan menu khas lebaran seperti ketupat dan opor ayam. Usai melaksanakan sholat Idul Fitri, mereka diundang oleh keluarga salah satu pemain badminton Indonesia, Frengky Wijaya Putra, yang sudah lama menetap di Australia.

“Jadi pagi kami bisa sholat Id dulu di masjid di Sydney. Terus habis sholat, kami diundang makan sama rekan kita yang sudah lama tinggal di sana. Di sana dimasakin opor di apartemennya, bersama teman-teman Pelatnas lainnya juga,” kenang Fajar.

Tahun ini, Fajar juga harus mengubur keinginannya untuk berlebaran bersama keluarga. Dampak pandemi Covid-19 membuat penghuni Pelatnas PBSI Cipayung tak bisa pulang ke kampung halaman masing-masing. Sama seperti tahun lalu, atlet yang beragama Islam hanya bisa merayakan Idul Fitri di asrama Pelatnas.

“Ini Ramadan kedua di tengah pandemi. Mungkin nggak bisa kemana-mana, karena masih pandemi. Tapi sebenarnya bukan hanya pandemi aja sih, bulan puasa biasanya juga nggak kemana-mana karena persiapan pertandingan. Harus fokus dan maksimalin persiapan yang ada. Jadi sudah biasa menjalani Ramadhan kaya gini, dijalani saja, namanya juga tugas dan kewajiban sebagai atlet,” jelas semifinalis Kejuaraan Dunia tahun 2019 ini.

“Kebiasaan yang dikangenin sama keluarga besar itu biasanya kami tarawih berjamaah di musholla dekat rumah. Habis buka puasa dan sholat juga kami tadarrusan. Habis itu juga kami kumpul dan sharing, cerita-cerita bareng keluarga. Kangen banget lah. Kangen juga masakan rumah, kangen kolak buatan mama. Ya banyak sih kolak, tapi kan buatan mama pasti spesial,” kata Fajar lagi.



Terakhir diubah:  29/04/21 - 08:50






Video Trending



Berita Terkait


1622027182544

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?