Ellis/Smith Cemerlang di Eropa, Nasib Hafiz/Gloria di Ujung Tanduk


  •    Widya Amelia
  •    02/05/21 - 12:27
  •    802

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Badmintonindonesia.org/Widya Amelia)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Badmintonindonesia.org/Widya Amelia)

Mulusnya perjalanan Marcus Ellis/Lauren Smith ke babak final European Championships 2021 mengancam posisi Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di tengah persaingan tiket Olimpiade Tokyo 2021.
 
Untuk melaju ke olimpiade bersama Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz/Gloria harus tetap berada di peringkat delapan besar Race to Tokyo. Saat ini mereka ada di peringkat delapan, namun posisi ini bisa tergeser Ellis/Smith karena European Championships 2021 masuk dalam kualifikasi olimpiade. Pasangan asal Inggris ini sekarang ada di peringkat 10 Race to Tokyo.

Ellis/Smith lolos ke final setelah mengalahkan ganda campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje, dengan skor 21-17, 21-19. 

Baca Juga :


Lalu bagaimana nasib Hafiz/Gloria? Apakah peluang mereka sudah tertutup rapat? Kepala Bidang Hubungan Internasional PP PBSI Bambang Roedyanto mengatakan bahwa Hafiz/Gloria masih punya peluang jika bisa tampil baik di Malaysia Open 2021 dan Singapore Open 2021 yang merupakan dua turnamen terakhir sebelum olimpiade. 

“Peluangnya tergantung hasil di Malaysia dan Singapura. Hafiz/Gloria harus bisa mencapai babak perempat final atau dapat hasil lebih baik dari Ellis/Smith,” kata Rudy kepada Bolalob. 

Seandainya Hafiz/Gloria kalah di babak kedua dan Ellis/Smith kalah di babak pertama, Rudy mengatakan bahwa poin terendah mereka harus dicek terlebih dahulu untuk menentukan perhitungan akhir.

Sejumlah pemain Asia menyuarakan isi hati mereka yang merasa kondisi ini tidak fair karena mereka tak bisa memperjuangkan tiket olimpiade akibat banyak turnamen yang dibatalkan. Badminton Asia Championships 2021 dibatalkan, sedangkan para pemain Eropa masih punya wadah bertanding di European Championships 2021 yang merupakan salah satu lumbung poin olimpiade. 



“Dalam periode kualifikasi olimpiade, setiap turnamen sangat krusial bagi pemain untuk mengumpulkan poin. 

Sekarang European Championships 2021 tengah berlangsung dan berkontribusi untuk poin olimpiade. Badminton Asia Championships dibatalkan karena pandemi. Artinya benua Eropa punya ekstra turnamen untuk menambah poin lebih. 

Jadi apakah ini adil untuk pemain Asia yang juga sedang berjuang untuk poin olimpiade? Kami berharap BWF (Badminton World Federation) bisa menindaklanjuti hal ini dan punya solusi lebih baik dan adil bagi pemain. Terima kasih” halaman 2 dari 3
Ungkapan di atas tercantum di unggahan Instagram beberapa atlet diantaranya Hafiz/Gloria dan sejumlah ganda campuran Malaysia seperti Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, Goh Soon Huat, Shevon Jemie Lai, dan Lai Pei Jing. 

Sementara itu Rudy mengatakan kondisi ini memang sulit bagi pemain Asia, namun tidak memungkinkan juga untuk melayangkan protes secara resmi ke BWF.

Baca Juga :

 
“Kondisinya sulit, BAC dibatalkan karena tidak ada negara yang bisa menjadi tuan rumah di tengah pandemi Covid-19 ini. Kalaupun ada, beberapa negara tidak boleh masuk negara penyelenggara,” ujar Rudy. 

European Championships 2021 telah memasuki babak final yang akan berlangsung hari ini, Minggu (2/5). Ellis/Smith akan bertarung memperebutkan gelar juara melawan wakil Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  02/05/21 - 12:30





Video Trending



Berita Terkait


1611296806779

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?