Gelombang Tolak Liga 1 Tanpa Degradasi Muncul dari Para Pesertanya


  •    Kukuh Wahyudi
  •    10/05/21 - 10:00
  •    4.132

Ilustrasi Liga 1 2021.
Ilustrasi Liga 1 2021. (ligaindonesiabaru.com)

Pejabat teras PSSI telah mengumumkan bahwa mereka bakal membawa usulan Liga 1 2021 tanpa degradasi ke Kongres Tahunan PSSI untuk diputuskan. Di forum tersebut bakal diketuk palu apakah musim ini berlangsung dengan degradasi selayaknya kompetisi normal atau abnormal, yaitu tanpa degradasi.

Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mentatakan ada empat faktor yang membuat wacana tersebut diusulkan kepada PSSI. 

Pertama pandemi COVID-19 masih berlangsung saat kompetidi digelar, sehingga tak bisa menghadirkan suporter ke stadion. Kedua, adalah mengantisipasi jika sebuah tim mendapati kasus virus corona dan harus kehilangan para pemainnya. Itu bisa membuat tim tersebut sulit bersaing dengan tim lain.

"Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat," tutur Yunus di laman resmi PSSI.

Baca Juga :


Ketiga, krisis dari pandemi menyebabkan klub kesulitan mendapatkan sponsor. Sementara yang terakhir, kompetisi kemungkinan berlangsung tanpa atau dengan sedikit penonton di stadion sehingga klub praktis tak memiliki pemasukan.

Tapi, sebagian klub yang menolak tanpa degradasi mulai berbicara lantang. Sebut saja ada Presiden Borneo FC, Direktur PT Madura United, Direktur PT Persib, pelatih Persebaya, pelatih Bali United, manajemen Persipura, dan petinggi Persija.

"Sejak musim lalu kami sudah ribut saat virtual meeting. Persipura jelas tidak setuju kompetisi tanpa degradasi. Seburuk apapun kondisi tim, saat ini kami pasti ingin tetap menjalankan regulasi," kata Ridwan Madubun, Manajer Persipura, dalam keterangan resminya.

Hal serupa diutarakan oleh Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) yang menaungi Madura United, Zia Ul Haq.

"Pelaksanaan kompetisi amanatnya adalah promosi dan degradasi. Tidak ada alasan bahwa kompetisi tanpa promosi dan degradasi," tulisnya di instagram resmi Madura United. halaman 2 dari 2









Video Trending



Berita Terkait


1623109201614

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?