The Jakmania dan Viking Satu Suara soal Rencana Penghapusan Degradasi di Liga 1 2021


  •    Rizqi Ariandi
  •    12/05/21 - 05:00
  •    3.308

Persija Jakarta kontra Persib Bandung selalu jadi laga paling dinantikan di Liga 1
Persija Jakarta kontra Persib Bandung selalu jadi laga paling dinantikan di Liga 1. (sumber foto:Bolalob)

Dua kelompok suporter terbesar di Indonesia, The Jakmania dan Viking Persib Club satu suara soal rencana PSSI menghapus degradasi di Liga 1 2021. Baik The Jakmania maupun Viking, sama-sama menolak rencana tersebut.

Menurut Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno, kompetisi tidak akan menarik jika aturan penghapusan degradasi jadi diterapkan.

"Ya sudah pasti liganya jadi enggak seru kalau gak ada degradasi," kata Diky kepada Bolalob.

Menurut Diky, yang membuat kompetisi menjadi menarik karena selain perebutan gelar juara, tim-tim tersebut berjuang untuk terhindar dari degradasi.

Baca Juga :


Hal itu juga yang membedakan nilai kompetisi dengan turnamen di mana sistem promosi dan degradasi tidak diberlakukan.

"Salah satu keseruan liga kan karena semua tim berjuang. Ada yang berjuang jadi juara, ada yang berjuang lolos dari degradasi," ujar Diky.

"Kalau musim ini enggak ada degradasi, kita kehilangan keseruan itu," tuturnya menambahkan.

Baca Juga :


Di sisi lain, Ketua Viking Persib Club Herru Joko juga sependapat bahwa kompetisi Liga 1 musim 2021 harus tetap memberlakukan degradasi. Herru menyebut seandainya aturan degradasi dihapuskan, hal itu akan membuat nilai kompetisi menjadi berkurang.

"Bagi saya, kompetisi itu harus jelas dan terukur. Jadi saya mendukung kompetisi ini tetap memberlakukan degradasi," kata Herru saat dihubungi Bolalob.

Tidak hanya itu, jika Liga 1 2021 tidak memberlakukan degradasi, Herru khawatir persaingan antarklub jadi menurun. Bahkan potensi 'jual beli' pertandingan bisa saja terjadi dalam situasi seperti itu.

"Saya berharap PSSI memikirkan itu juga. Persaingan menjadi jelas kalau ada degradasi. Kalau gak ada degradasi, takutnya motivasi pemain akan berkurang, jadinya kompetisi gak akan seru," tuturnya. halaman 2 dari 2








Video Trending



Berita Terkait


1624078802694

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?