Fakta Menarik Euro 2020, Digelar di 11 Kota dan Ada Dua Tim Debutan


  •    Robert
  •    02/06/21 - 08:00
  •    1.378

Fakta Menarik Euro 2020
Fakta Menarik Euro 2020

Turnamen akbar antar negara Eropa atau Euro 2020 akan dimulai 12 Juni mendatang di 11 kota dari 11 negara berbeda di benua biru.

Kota-kota di Eropa yang akan menggelar pertandingan-pertandingan Euro 2020 antara lain, London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Kopenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Sempat tertunda selama satu tahun karena pandemi, EURO atau Piala Eropa 2020 yang digulirkan tahun 2021 menjadi spesial lantaran dihelat bertepatan dengan peringatan 60 tahun sejarah bergulirnya turnamen bergengsi ini.

Berikut fakta menarik ajang terbesar di Eropa ini:

Ada dua tim debutan



Finlandia dan Makedonia Utara akan memainkan turnamen resmi pertama mereka kali ini. Jika Finlandia lolos sebagai runner-up Grup J di babak kualifikasi, Makedonia Utara negara pecahan Yugoslavia ini lolos lewat jalur play-off.

Makedonia Utara berhasil mengalahkan lawan-lawan seperti Kosovo dan Georgia di babak play-off path D. Dengan ekspansi peserta hingga 24 negara sejak edisi tahun 2016 di Prancis, maka peluang untuk negara kecil lolos ke putaran final semakin besar.

Maskot baru



Maskot UEFA Euro 2020 adalah Skillzy, pesepakbola gaya bebas (freestyler) yang menginspirasi penggemar untuk mengunggah video dari keterampilan mereka. halaman 2 dari 4
Bola resmi



Adidas telah membuat bola pertandingan resmi untuk turnamen tersebut. Memiliki nama 'Uniforia', yang diambil dari persatuan dan euforia yang dapat ditimbulkan oleh kompetisi tersebut. Itu juga dirancang untuk merayakan inklusivitas yang akan diilhami turnamen di seluruh benua. Bola ini menampilkan garis gaya sapuan kuas hitam yang melintasi bola, yang melambangkan pengaburan batas.

Penggunaan VAR



Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di kejuaraan Eropa UEFA.

Tambahan pemain



Komite Kompetisi Tim Nasional UEFA telah menyetujui penambahan skuat menjadi 26 pemain, yang dikonfirmasi oleh Komite Eksekutif UEFA. Namun, tim masih hanya boleh menyebutkan maksimal 23 pemain di lembar pertandingan untuk setiap jadwal turnamen (12 di antaranya adalah pemain pengganti), sejalan dengan Hukum Permainan. Juga diumumkan bahwa setelah pertandingan pertama masing-masing tim, penjaga gawang masih dapat diganti karena ketidakmampuan fisik, bahkan jika penjaga gawang lain dari skuad masih tersedia. halaman 3 dari 4
11 tuan rumah 



Untuk pertama kali dalam sejarah, Piala Eropa akan digelar di lebih dari dua negara yaitu 11 kota di 11 negara berbeda. Sebelumnya, Piala Eropa pernah tiga kali digelar di dua negara yaitu Euro 2000 (Belanda dan Belgia), Euro 2008 (Austria dan Swiss), serta Euro 2012 (Polandia dan Ukraina). Dari 11 negara yang akan menggelar pertandingan Euro 2020, lima di antaranya yaitu Azerbaijan, Denmark, Hongaria, Romania, dan Skotlandia untuk pertama kali bakal menjadi tuan rumah turnamen internasional utama.

Rekor spesial Deschamps



Didier Deschamps (Prancis) menjadi satu-satunya manajer di Euro 2020 yang pernah memenangkan turnamen sebagai pemain.

Pemenang dapat Rp 174 miliar



Negara yang keluar sebagai juara ajang ini akan mendapatkan hadiah uang senilai 10 juta euro (Rp 174 miliar). Setiap tim menerima biaya partisipasi sebesar €9,25 juta (Rp 161 miliar), dengan pemenang dapat memperoleh maksimum €34 juta (593 miliar). halaman 4 dari 4


Terakhir diubah:  02/06/21 - 20:43






Video Trending



Berita Terkait


1623571202983

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?