Daftar Penghuni Rangking Teratas Kualifikasi Olimpiade, Kevin/Marcus Kantongi Poin Tertinggi


  •    Nafielah Mahmudah
  •    04/06/21 - 16:20
  •    21.252

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (BWFBadminton.com)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (BWFBadminton.com)

Perhitungan rangking kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi diumumkan Federasi Badminton Dunia (BWF) selesai, akhir Mei lalu. Sebanyak tujuh wakil Indonesia dipastikan lolos untuk mengikuti kejuaraan olahraga terakbar tersebut.

Tujuh wakil merah putih untuk badminton yang dipastikan turun adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Baca Juga :


Persaingan di Olimpiade tentulah menjadi momen yang ditunggu-tunggu para atlet untuk bisa unjuk kebolehan. Mereka terus berjuang keras, mulai dari mengamankan posisi di rangking kualifikasi, hingga pertandingannya nanti di Musashino Forest Sport Plaza, Chōfu, Tokyo pada Juli mendatang.

Berdasarkan rangking Race to Tokyo 2020 per hari ini (4/6), delapan pemain untuk lima sektor telah berhasil menduduki rangking kualifikasi olimpiade di posisi teratas, salah satunya ialah ganda putra andalan Indonesia, Kevin/Marcus. Berikut daftar selengkapnya: 

1. Kento Momota (Jepang) – Tunggal putra


Pemain kelahiran 1 September 1994 ini merupakan salah satu andalan Jepang untuk memperoleh medali emas. Sepanjang kariernya Momota telah dua kali menjadi juara dunia, tahun 2018 dan 2019. Bersama timnya, Momota juga berhasil membawa pulang Piala Thomas untuk Jepang di tahun 2014.

Dalam kualifikasi olimpiade, Momota berhasil mengumpulkan 105.968 poin dari 11 turnamen yang diikutinya. 

2. Chen Yu Fei (China) – Tunggal putri


Chen merupakan juara dunia junior di tahun 2016. Di nomor dewasa, Chen meraih dua kali medali perunggu Kejuaraan Dunia tahun 2017 dan 2019. Dalam daftar rangking dunia, Chen pernah menjadi nomor satu di tahun 2019. Namun kini ia berada di rangking dua dunia, di bawah tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying.

Chen berhasil mengantongi poin sebanyak 96.465 pada rangking kualifikasi olimpiade dalam 15 kali pertandingan.

    halaman 2 dari 2
    3. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) – Ganda putra


    Pasangan Indonesia ini menjadi pemain yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi pada kualifikasi olimpiade, dengan 106.853 poin dari 16 turnamen yang diikutinya.

    Kevin/Marcus menjadi rajanya turnamen ganda putra, karena kerap kali menjadi juara setiap turun bertanding. Mereka berhasil mengoleksi belasan gelar dari rangkaian turnamen BWF World Tour. Keduanya juga berhasil meraih medali emas Asian Games yang berlangsung di Jakarta, tahun 2018 lalu.

    4. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) – Ganda putri


    Fukushima/Hirota menjadi salah satu pasangan yang memperkuat tim Jepang saat memenangkan Piala Uber 2018 dan medali emas beregu putri Asian Games 2018. Keduanya juga tercatat berhasil mengantongi 11 titel juara pada BWF World Tour.

    Pada rangking kualifikasi olimpiade, Fukushima/Hirota berhasil mengamankan 95.108 poin dari 18 turnamen yang diikutinya. 

    5. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) – Ganda campuran


    Di sektor ganda campuran, Zheng/Huang menduduki posisi teratas rangking kualifikasi olimpiade. Mereka membukukan 105.802 poin dari 13 turnamen yang diikuti. Mereka berhasil menjadi juara dunia sebanyak dua kali di 2018 dan 2019.

    Zheng/Huang juga mengantongi medali emas Asian Games 2018 dan memperkuat tim China dalam merebut Piala Sudirman 2019.



    Hamka Hamzah Dibikin Push Up sama Neng Fithri



    Terakhir diubah:  06/06/21 - 23:28






    Video Trending



    Berita Terkait


    1623755151413

    End of content

    No more pages to load



    Kamu dapat 6


    Apa Ini?