Chen Long Jadi Satu-satunya Juara Bertahan Yang Turun Ke Tokyo


  •    Nafielah Mahmudah
  •    11/06/21 - 09:20
  •    742

Chen Long (China) peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 (BWFBadminton.com)
Chen Long (China) peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 (BWFBadminton.com)

Peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Rio 2016, Chen Long (China) akan menjadi satu-satunya juara bertahan yang akan turun di Olimpiade Tokyo 2021, Juli mendatang. Empat juara lainnya tak ikut tampil karena terhadang cedera, sudah pensiun, hingga tak lolos kualifikasi.

Chen mewakili negaranya setelah lolos kualifikasi dengan menduduki rangking enam Race to Tokyo. Bertarung ke kejuaraan olahraga terakbar tersebut, Chen akan ditemani rekannya, Shi Yu Qi yang juga lolos dan menduduki peringkat sebelas.

Di tunggal putri, Carolina Marin (Spanyol) terpaksa membatalkan keikutsertaannya setelah diterpa cedera pada lutut kirinya, tepat dua bulan sebelum olimpiade. Marin memutuskan untuk mundur, karena tak memungkinkan untuk mengejar persiapan.

Selanjutnya, ada Zhang Nan/Fu Haifeng (China) yang meraih medali emas Olimpiade Rio setelah mengalahkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia). Zhang/Fu tahun ini dipastikan absen tanding di Tokyo. Fu sudah memutuskan gantung raket satu tahun setelah olimpiade. Sementara Zhang yang kini berpasangan dengan Ou Xuan Yi tak lolos kualifikasi karena jauh tertinggal di rangking 22.

Baca Juga :


Di sektor ganda putri, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) juga tak ambil bagian pada olimpiade yang diselenggarakan di rumahnya sendiri. Takahashi memutuskan pensiun di tahun 2020 karena merasa tak sanggup untuk mempertahankan gelarnya.

Sejak awal 2019, penampilan keduanya tak bisa memenuhi harapan. Ditambah lagi, olimpiade harus ditunda satu tahun akibat pandemi, membuat Takahashi akhirnya memilih mundur.

Setelah ditinggal Takahashi, Matsutomo kini fokus di sektor ganda campuran bersama Yuki Kaneko. Sayang mereka tak lolos kualifikasi karena hanya bisa berjajar di rangking 24 Race to Tokyo.

Terakhir, pasangan andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sukses meraih medali emas juga dipastikan tidak turun ke Tokyo. Sebab dua legenda hidup ini sudah memutuskan pensiun. Meski tak lagi aktif bertanding, keduanya masih dekat dengan dunia badminton dan sharing pengalaman kepada pemain muda untuk bisa meneruskan jejak prestasi mereka.

halaman 2 dari 2


Terakhir diubah:  11/06/21 - 09:41






Video Trending



Berita Terkait


1617366601726

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?