Mengenal Kalvin Phillips, Bintang Baru Inggris Yang Punya Julukan Pirlo dari Yorkshire


  •    Robert
  •    15/06/21 - 15:00
  •    2.351

Siapa Sih Kalvin Phillips - Inggris (Bolalob)
Siapa Sih Kalvin Phillips - Inggris (Bolalob)

Gelandang Leeds United, Kalvin Phillips terpilih sebagai pemain terbaik di laga antara Inggris melawan Kroasia di laga pembuka EURO 2020, Minggu (13/6) kemarin.

Selain umpannya kepada Raheem Sterling untuk mencetak gol tunggal kemenangan, Phillips tampil tanpa cela mengawal lini tengah Three Lions bersama Declan Rice dan Mason Mount.

Inggris memanggil Kalvin Phillips dan akhirnya seluruh bangsa mengetahui apa yang telah dilihat oleh para penggemar Leeds United selama ini.

Sering diremehkan, dihapuskan, atau disalahpahami oleh mereka yang tidak rajin mengikuti perjalanan karir Phillips dengan tim asuhan Marcelo Bielsa, sang gelandang menampilkan performa luar biasa untuk membantu Three Lions mengalahkan Kroasia dan mengamankan kemenangan pembuka di Euro 2020.

Jika ada yang bingung mengapa ramai kalimat "Yorkshire Pirlo" menjadi tren di Twitter selama pertandingan, jawabannya segera menjadi jelas.

Phillips yang lahir di Leeds telah dianugerahkan dengan julukan - mengacu pada legenda Italia dan penyihir sepak bola Andrea Pirlo - oleh penggemar Leeds United, dan ia mendapat julukan itu dengan kinerja yang memerintah termasuk umpan kunci untuk gol penentu Raheem Sterling.

Baca Juga :


Berbicara pada kamera TV setelah pertandingan dengan senyum berseri-seri, pemain berusia 25 tahun itu mengatakan kepada BBC Sport: "Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk memberikan assist dan perasaan yang luar biasa untuk tiga poin.

"Saya santai - saya adalah orang yang tidak peduli apa pun yang dilemparkan kepada saya. Saya hanya mencoba dan menerimanya dengan tenang."

Bos Three Lions Southgate mengatakan: "Kalvin Phillips adalah pemain yang sangat bersahaja. Dia memiliki awal yang fantastis untuk karir internasionalnya. Saya pikir dia luar biasa sepanjang pertandingan, seperti mereka semua.

"Bekerja dengan Marcelo Bielsa dan menjalani musim yang membuatnya percaya diri, tetapi semua atribut ada di sana. Performa tinggi, rendah hati dan kami sangat menyukainya." halaman 2 dari 5
Fans Berat Leeds



Phillips dibesarkan di Armley, sebuah distrik di sebelah barat Leeds, dimana klub itu sangat kental dalam darah keluarganya.

Ia tiga bersaudara, ia dibesarkan oleh ibunya dalam keluarga besar. Tapi kesedihan melanda keluarga Phillips ketika dia kehilangan salah satu saudara perempuannya karena sakit di usia muda.

Dia bermain sepak bola, bermain di jalanan dengan saudaranya sampai hari gelap dan mengidolakan Alan Smith, pemain Leeds terakhir yang bermain untuk Three Lions.

“Saya ingat mendapatkan jersey Leeds pertama saya, saya dan saudara laki-laki saya.

“Itu yang kuning dengan Strongbow di bagian depan. Saya memiliki Alan Smith di belakang.

"Kami akan bermain di luar setiap kali kami mendapat kesempatan, dari jam 10 pagi sampai jam enam malam ketika ibu saya menyuruh kami minum teh.

"Kamu hanya seorang anak kecil dan kamu suka berlarian. Aku tidak pernah lelah." halaman 3 dari 5
Dipantau Leeds Saat Usia 14 Tahun



Leeds menjemput Phillips ketika dia sedang duduk di bangku sekolah menengah. Itu karena kebetulan belaka. 

Dia ada di sana untuk menonton teman-temannya bermain di sebuah turnamen, akhirnya mengisi tim karena kurangnya jumlah pemain dan menarik perhatian Walter 'Sonny' Sweeney, legenda tim Leeds tahun 1960-an era pelatih Don Revie.

“Saya berada di Wortley Juniors sampai saya berusia sekitar 12 tahun dan kemudian pergi untuk satu musim di Farsley,” katanya.

“Saya pergi menonton Wortley bermain di turnamen kandang mereka tetapi mereka tidak memiliki cukup pemain, jadi saya bermain untuk mereka. Saya dibina oleh seorang pria bernama Sonny Sweeney dan pergi ke Leeds City Boys.

“Setelah itu, dia datang dan melihat saya lagi dan membuat saya menjalani uji coba enam minggu di Leeds. Semuanya berangkat dari sana.” halaman 4 dari 5
Transformasi Dibawah Bielsa



Manajer Leeds, Marcelo Bielsa menaruh kepercayaan besar kepada Phillips untuk menjadi tulang punggung Leeds United dalam perjalanan meraih promosi menuju kasta teratas, Premier League, pada musim 2019-2020. 

Seperti dilansir dari laman The Athletic, skuad Leeds United di bawah asuhan Bielsa membutuhkan sosok gelandang pekerja keras, untuk melapis pertahanan tim sekaligus mengawali serangan saat dibutuhkan.

Dia dikenal karena jangkauan umpan pendek yang tajam, distribusi bola yang panjang dan kemampuan untuk memulai serangan sambil menutupi tugas pertahanannya.

Bielsa menggambarkan gayanya "Dia sangat bagus dalam mendapatkan bola dan memasukkannya ke ruang lain, ruang yang lebih baik. Dia sangat bagus ketika dia harus melindungi tim saat full-back kami menyerang. Dan ketika kami kalah jumlah, dia sangat bagus dengan pertahanannya.” 

Phillips juga sempat bermain sebagai bek tengah di bawah Bielsa. Untuk gaya permainannya yang mirip, Phillips diberi julukan "Yorkshire Pirlo" oleh penggemar Leeds sebagai penghormatan kepada Andrea Pirlo. halaman 5 dari 5
Sempat Digoda Jamaika



Phillips lahir di Inggris, dan merupakan keturunan Jamaika melalui ayahnya dan keturunan Irlandia melalui ibunya. Dia telah dihubungi oleh tim nasional Jamaika untuk panggilan internasional.

Pada 25 Agustus 2020, Gareth Southgate memasukkan Phillips ke dalam skuat Inggris untuk pertama kalinya. Dalam sebuah wawancara setelah dipanggil, Phillips berbicara tentang rencananya untuk memberikan jersey Inggris pertamanya kepada Marcelo Bielsa setelah manajer Leeds United itu memberinya jersey dari klub lamanya Newell's Old Boys, bersama dengan pesan kepadanya dan keluarganya untuk memperingati panggilan internasional pertamanya.

Phillips melakukan debut internasionalnya pada 8 September 2020 melawan Denmark di UEFA Nations League.


Hamka Hamzah Dibikin Push Up sama Neng Fithri



Terakhir diubah:  17/06/21 - 16:11






Video Trending



Berita Terkait


1626570002918

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?