Jika Hendra Setiawan Meraih Emas Olimpiade Tokyo, Bakal Sulit Bagi Siapa pun Menyamai Rekornya


  •    Kukuh Wahyudi
  •    21/07/21 - 19:20
  •    43.881

Hendra Setiawan saat meraih emas Olimpiade bersama Markis Kido.
Hendra Setiawan saat meraih emas Olimpiade bersama Markis Kido. (bwfbadminton.com)

Hendra Setiawan menapaki Olimpiade Tokyo 2020 dengan peluang mengukir banyak rekor. Hal itu berkaitan dengan durasi waktu dan kelengkapan gelarnya.

Dari durasi waktu, Hendra memiliki kans untuk mencetak rekor peraih medali emas atau pun hanya sekadar medali Olimpiade yang memiliki rentang waktu yang panjang dari pencapaian medali sebelumnya. Pasalnya, Hendra meraih medali emas pertama pada Olimpiade Beijing 2008 saat masih berpasangan dengan Markis Kido. 

Momen itu terjadi sekitar 13 tahun lalu atau tiga edisi sebelumnya. Kalau mengukur waktu, akan sulit mencapai 13 tahun karena normalnya jarak tiga edisi adalah 12 tahun. Kondisi ini terjadi karena Olimpiade Tokyo 2020 tertunda satu tahun.

Sebenarnya, terpaut 12 tahun atau tiga edisi pun tetap bakal sulit. Pasalnya, pemain harus konsisten selama lebih dari satu dekade untuk tetap lolos ke kuota Olimpiade.

Baca Juga :


Rekor kedua adalah soal usia. Jika pebulutangkis kelahiran Pemalang 36 tahun silam itu meraih emas di Tokyo, maka ia adalah atlet tertua yang mampu meraih emas. Sebab, peraih emas tertua sebelumnya adalah tunggal putri China, Zhang Ning di Beijing 2008. Kala itu, Zhang Ning berusia 33 tahun.

Rekor ketiga terkait kelengkapan gelar. Jika mampu mendapatkan emas, Hendra menjadi satu-satunya pebulutangkis yang mampu memiliki gelar lengkap di multievent besar dengan pasangan berbeda.

Bersama Markis Kido, Hendra sudah meraih emas Olimpiade Beijing 2008 dan Asian Games 2010. Kini bersama Ahsan, Hendra sudah meraih emas Asian Games 2014 dan kini menatap emas Tokyo 2020. halaman 2 dari 2








Video Trending



Berita Terkait


1627461160314

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?