Liga Nusantara Ajang Pemain Futsal Muda Sulsel Tunjukan Kemampuan

Sulawesi Selatan akan menggelar Liga Nusantara Futsal pada 21-24 November mendatang di GOR Sudiang, Makassar, Sulsel.

Liga Nusantara yang akan digelar terlebih dahulu memainkan tingkat U-23. Ajang ini seharusnya bisa menjadi kesempatan untuk para pemain muda sulsel agar lebih berkembang karir bermain futsalnya.

"Ini dampak positif karena jadi kesempatan buat para pemain-pemain khususnya dari luar Makassar untuk bermain di event tingkat nasional," kata Azhar Rahman, caretaker tim futsal Pinky Boys Makassar.

Selain itu, ajang ini juga menjadi pembelajaran para pemain muda agar bermain lebih profesional. "Mereka biasanya pakai rumput sintetis, di Linus ini mereka akan bermain di lapangan standar," ungkap Azhar.

Untuk itu Azhar berharap para pemain yang akan berlaga nanti mampu menunjukkan kualitasnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Cedera, Penyebab Pivot Vamos Mataram Ini Absen di Pekan Ketiga PFL 2018
Pivot Vamos Mataram, Syahidansyah Lubis absen di dua pertandingan timnya di pekan ketiga Grup A Pro Futsal League (PFL) 2018 pada 17 dan 18 Februari ini di GOR Amongrogo Yogyakarta.Pemain yang biasa disapa Saed ini ternyata mengalami cedera pada kakinya saat latihan. Ia harus beristirahat selama satu minggu dan absen saat Vamos mengalahkan Dyvy SFC Planet dan My Futasl Cosmo FC Jakarta di pekan ketiga ini.[suggestedarticle=3]"Cedera kaki waktu latihan dans harus istirahat selama satu minggu. Pekan berikutnya bisa turun (dua minggu lagi)," ungkap Saed kepada Bolalob.Absennya saed membuat Vamos hanya mengandalkan Andri Kustiawan dan Al Fajri Zikri di posisi pivot. Tentunya Saed pun ingin segera pulih kembali untuk segera membela Vamos disisa musim PFL 2018 ini.
Dewa Futsal Falcao Tolak Penggunaan 'Throw In' Dalam Futsal
Rencana untuk menambah peraturan baru dalam futsal yaitu lemparan ke dalam mendapat penolakan dari berbagai pihak, salah satunya sang dewa futsal legenda hidup asal Brazil, Alesandro Rossa Vieira atau Falcao.Menurut Falcao, lemparan ke dalam merupakan aturan lama yang juga pernah diterapkan dan tidak penting untuk kembali dihidupkan."Karena futsal ini dimainkan dalam lingkunan permainan yang kecil. Peraturan ini sudah pernah digunakan sebelumnya dan akhirnya diubah menjadi hanya menggunakan kaki. Saya percaya semua orang sudah beradaptasi sepenuhnya," ungkap pemain yang menginjak usia 40 tahun ini.[suggestedarticle=3]Menurut Falcao, futsal sudah menjadi permainan seru dan perubahan ini membuat permainan ini akan menjadi sulit diterima masyarakat awam."Futsal itu sudah menjadi olahraga yang mempunyai banyak gol di tiap pertandingan. Saya pikir kita punya masalah penting lain yang harus dikhawatirkan. Penambahan peraturan ini tidak akan mengubah banyak pertandingan," ungkapnya.Lemparan ke dalam memang pernah menjadi salah satu peraturan dalam permainan futsal lama saat masih dipegang oleh FIFUSA sebelum FIFA mengambil alih. Namun sejak 1980 peraturan ini dihapus dan diganti menjadi hanya kick in saja.
  810 kali
4 Peraturan Baru di Futsal, Ini Kata Eks Pelatih Timnas Indonesia
Empat peraturan baru diajukan oleh departemen pengembangan futsal FIFA dan bakal mengubah secara signifikan jalannya pertandingan.Keempat peraturan tersebut adalah pembatasan powerplay ini, lemparan ke dalam untuk futsal, Pembatasan lemparan bola untuk penjaga gawang dan lima penendang dalam adu penalti.Eks pelatih timnas futsal Indonesia, Andri Irawan, mengomentari tentang pengajuan empat peraturan baru ini. Mengenai lemparan ke dalam untuk bola out dan corner dalam futsal, dosen futsal UNJ ini mengaku tak menyetujui hal ini.[suggestedarticle=3]"Untuk lemparan ke dalam saya kurang setuju karena ini berkaitan dengan ukuran lapangan futsal yang tidak besar," ungkap Andri kepada Bolalob.Selain itu mengenai pembatasan lemparan kiper yang hanya boleh melempar bola di daerahnya sendiri, hal ini sangat disetujui oleh Andri yang ingin para pemain menggunakan kreativitas untuk membangun serangan."Saya sangat setuju, supaya build up nya banyak kratifitas, terutama untuk tim di Indonesia. Bukan cuma lempar-lempar aja bermainnya," ungkapnya.Sedangkan untuk dua poin lainnya yaitu pembatasan powerplay dan lima penendang penalti eks pelatih Electric PLN ini sependapat dan menyetujui.
  720 kali
Andri Irawan Setuju Dengan Pembatasan Powerplay Dalam Pertandingan Futsal
Eks pelatih timnas futsal Indonesia, Andri Irawan, memberi komentar terkait rencana perubahan serta penambahan empat peraturan futsal, salah satunya mengenai pembatasan Powerplay.Dalam rencana perubahan terbaru yang diajukan departemen futsal FIFA, Powerplay hanya boleh dilakukan saat salah satu tim dalam posisi kalah saja. Ini disetujui Andri yang ingin futsal dimainkan dengan adu strategi tanpa powerplay.[suggestedarticle=3]"Kalau powerplay ini tujuan awal memang mengejar ketinggalan. Pasti ada plus dan minusnya soal pembahasan Powerplay ini. Namun memang lebih menarik kalau dua tim memenangkan pertandingan tidak dengan powerplay.Selain pembatasan powerplay ini, FIFA juga mengajukan tiga perubahan baru yaitu lemparan ke dalam untuk futsal Pembatasan lemparan bola untuk penjaga gawang dan lima penendang dalam adu penalti. baca selengkapnya...Setujukah kamu dengan coach Andri Irawan?
  773 kali
4 Peraturan Baru Ini Bakal Diterapkan di Pertandingan Futsal
Para pengurus teras futsal FIFA dan perwakilan beberapa federasi futsal mengadakan pertemuan di Ljubljana, Slovenia, saat gelaran Piala Futsal Eropa 2018 lalu.Dilansir globoesporte, dalam pertemuan ini, beberapa hal dibahas, salah satunya adalah perubahan peraturan dalam pertandingan futsal. Yang menarik, peraturan ini bakal berdampak signifikan pada permainan futsal itu sendiri.Meski begitu, perubahan peraturan pertandingan futsal ini baru merupakan sebuah rencana atau proposal yang bakal diputuskan pada April mendatang di pertemuan selanjutnya.Berikut 4 peraturan yang bakal diubah tersebut:1. Lemparan ke DalamSalah satu rencana yang paling kontroversial. Lemparan ke dalam ini merupakan sebuah pilihan nantinya untuk para pemain. Jika biasanya saat bola ke luar lapangan atau dalam situasi tendangan sudut mereka melakukan tendangan ke dalam yang biasa disebut 'kick in' di peraturan baru ini pemain bisa memilih untuk melakukan kick in atau atau lemparan ke dalam (throw in) Baca selengkapnya....2. Powerplay DibatasiBiasanya Powerplay bisa digunakan kapanpun dan saat situasi apapun. Namun dalam peraturan baru ini, powerplay hanya bisa digunakan saat tim sedang dalam posisi kalah atau tertinggal. Powerplay tidak boleh digunakan saat posisi sebuah tim sedang imbang atau menang. Baca selengkapnya....[suggestedarticle=3]3. Lemparan Penjaga GawangPenjaga gawang tidak boleh lagi melakukan lemparan melebihi daerah pertahanan timnya. Itu berarti kiper harus mengoper atau melempar bola ke daerah sendiri.4. 5 Penendang Dalam Adu PenaltiDalam babak adu penalti di peraturan Internasiona, hanya ada tiga kuota penendang, dan jika masih seri akan dilakukan tendangan 'sudden death' atau coin toss. Di peraturan baru ini setiap tim mendapatkan kuota lima penendang.
  34073 kali
FIFA Siapkan Peraturan Baru, Penggunaan 'Powerplay' Bakal Dibatasi
Meski bukan kejahatan, penggunaan powerplay di futsal memancing banyak perdebatan yang tak berkesudahan tentang kapan dan bagaimana seharusnya diterapkan.Powerplay sendiri merupakan skema di mana penjaga gawang maju membantu serangan. Bukan penjaga gawang biasa, sebagian besar skema ini dimainkan dengan menggunakan penjaga gawang "palsu" atau yang biasa disebut kiper powerplay. Kiper powerplay ini merupakan pemain lapangan yang sedianya bukanlah seorang penjaga gawang.Powerplay ini biasanya digunakan kala tim sedang berada dalam posisi skor tertinggal atau butuh gol untuk memastikan kemenangan. Namun di beberapa skema, powerplay ini juga bisa digunakan di saat posisi unggul untuk mengulur waktu atau bahkan menambah gol.[suggestedarticle=3]Nah, hal ini cukup menjadi perhatian oleh bidang pengembangan futsal FIFA. Dikutip globoesporte, Federasi yang membawahi futsal dunia ini berencana mengubah peraturan dalam penggunaan powerplay. Singkatnya, FIFA bakal membatasi penggunaan powerplay di waktu tertentu saja.Dalam proposal yang diajukan pada pertemuan di Ljubljana, Slovenia, saat Piala Futsal Eropa lalu, dibicarakan bahwa dalam proposal peraturan baru, powerplay hanya boleh digunakan saat tim sedang dalam posisi tertinggal atau kalah. Powerplay tidak boleh digunakan saat tim dalam posisi imbang atau menang.Kabarnya proposal untuk mengubah peraturan tersebut sudah masuk dalam agenda futsal FIFA dan akan diketahui pada April mendatang di pertemuan selanjutnya.Bagaimana menurutmu?
  3321 kali
Wow! Lemparan ke Dalam Bakal Diperbolehkan di Pertandingan Futsal
Apa jadinya jika lemparan ke dalam ala sepakbola dilakukan di lapangan futsal? ya sungguh aneh dan janggal. Namun hal tersebut bisa jadi terwujud di pertandingan futsal Internasional di masa depan.Rencana lemparan ke dalam atau 'throw in' dalam futsal ternyata sudah menjadi bahan perbincangan di dalam internal FIFA yang membawahi olahraga dalam ruangan ini. Dilansir globoesporte, Proposal untuk mengubah aturan ini didiskusikan oleh pengurus teras pengembangan futsal FIFA pada pertemuan di Ljubljana, Slovenia, saat Piala Futsal Eropa lalu.[suggestedarticle=3]Dalam proposal perubahan peraturan ini, pemain boleh menggunakan tangan atau kaki saat bola out atau situasi tendangan sudut. Hal ini kabarnya menjadi kontroversi, dan bahkan ditentang oleh perwakilan dari Brazil yaitu Marcos Madeira, presidan federasi futsal Brazil (CBFS).Jika hal ini terwujud, bukan tak mungkin lemparan ke dalam lapangan ini mengubah gaya dan taktik futsal modern saat ini yang sudah makin dinamis dan berkembang.Kabarnya proposal untuk mengubah peraturan tersebut sudah masuk dalam agenda futsal FIFA dan akan diketahui pada April mendatang di pertemuan selanjutnya.
  4366 kali
Laga Super Big Match Tersaji di Pekan Kelima Women Pro Futsal League 2018
Laga super big match akan tersaji di pekan kelima Women Pro Futsal League (WPFL) 2018.Pekan kelima akan berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta pada 17 dan 18 Februari besok. Laga big match tersaji saat pimpinan klasemen sementara Kebumen Angels akan menghadapi runner-up sementara Jaya Kencana Angels.Tidak tanggung-tanggung, keduanya akan langsung bertemu dua kali. Pada Sabtu (17/2), JK Angels selaku tuan rumah, dan di hari Minggu (18/2), Kebumen yang menjadi tuan rumah. Tentunya dua laga ini tidak boleh dilewatkan oleh pecinta futsal putri di tanah air.[suggestedarticle=3]Terlebih keduanya merupakan favorit juara di WPFL 2018. Terbukti dengan JK Angels dan Kebumen saat ini belum terkalahkan dan menyapu bersih seluruh 4 pertandingan dengan kemenangan. Ditambah lagi ada bumbu reuni dua bintang Kebumen, Citra Adisti dan Maulina Novryliani yang sebelumnya merupakan penggawa JK Angels.Laga ini juga menjadi ujian sesungguhnya bagi kedua tim, terutama bagi kebumen yang terus memperkuat tim mereka di WPFL 2018 ini. Sumianto harus bisa membuktikan dirinya jika Kebumen semakin kuat ditangannya. Sementara Ahmad Syaibani akan diuji kepintarannya mengatur taktik dan strategi Anggi Puspita Sari dan kawan-kawan menghadapi Kebumen.Jadi, bagi kalian yang berada di Yogyakarta akhir pekan ini bisa datang langsung ke GOR Amongrogo untuk menyaksikan laga bergengsi di WPFL 2018.
  760 kali
2 Laga Big Match Tersaji di Pekan Ketiga Grup A Pro Futsal League 2018
Dua laga big match akan tersaji di pekan ketiga Grup A Pro Futsal League (PFL) 2018.Pekan ketiga Grup A akan digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta pada 17 dan 18 Februari besok. Grup A berisikan Vamos Mataram, SKN FC Kebumen, Giga FC Kota Metro, My Futsal Cosmo FC Jakarta, Dyvy SFC Planet, APK Samarinda, Dekings Bogor FC, dan Dumai FC Riau.Juara bertahan Vamos saat ini memimpin klasemen sementara dengan poin 9, unggul head to head atas SKN. SKN sendiri memiliki poin 9 sama dengan Giga, dan ini membuat persaingan di Grup A sangatlah ketat.Pekan ketiga besok akan mempertandingkan dua laga big match, yaitu SKN melawan Dekings di hari Sabtu pukul 11.00 WIB, dan laga Vamos melawan My Futsal Cosmo di hari Minggu pukul 13.00 WIB.[suggestedarticle=3]SKN hanya berselisih 2 poin dengan Dekings yang berada diperingkat keempat. Jika Dekings menang otomoatis akan menyalip SKN di klasemen sementara, hal yang tentunya tidak ingin dialami oleh tim asuhan Deny Handoyo ini.Sementara di laga big match kedua, pimpinan klasemen ditantang My Futsal Cosmo yang berada diperingkat kelima, tapi mereka hanya berselisih 3 poin. Tentunya Vamos tidak boleh lengah jika tidak ingin kehilangan poin sama seperti saat melawan Dekings.Jadi, bagi kalian yang berada di Yogyakarta akhir pekan ini bisa datang langsung ke GOR Amongrogo untuk menyaksikan laga bergengsi di Grup A PFL 2018.
  910 kali
Ricardinho: Kerja Keras Akan Selalu Terbayarkan
Pemain futsal terbaik dunia 2017, Ricardo Filipe da Silva Braga atau lebih dikenal dengan nama Ricardinho terpilih sebagai pemain terbaik UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018.Ricardinho menjadi figur kunci saat Timnas Futsal Portugal meraih gelar juara Piala Futsal Eropa 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol di laga yang sangat dramatis.Ricardinho sendiri ternyata sudah yakin bakal meraih gelar juara pasca lolos ke final. Ia juga memuji seluruh tim Portugal yang telah bekerjakeras dan semuanya terbayarkan dengan gelar juara.[suggestedarticle=3]"Saya katakan kepada keluarga saya jika kami lewati semifinal kami akan memenangkan piala. Saya memiliki kepercayaan jika tahun ini adalah tahun kami," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi UEFA."Semua orang telah bekerjakeras, baik secara individu, kolektivitas dan level strategi, semua terbayarkan. Saya tidak tahu berapa lama saya hilang (cedera di babak tambahan) mungkin dua atau tiga menit, tapi itu membuat saya frustasi tidak bisa bermain, dan saya percaya rekan-rekan saya bisa melakukannya," lanjutnya."Kami adalah keluarga, 14 pemain, tim pelatih, para staf. Kami adalah keluarga saat menang dan saat kalah, dan hari ini kami adalah keluarga terbaik di dunia. Kami telah membuat sejarah dan kami akan menikmati momen ini," pungkasnya.
  517 kali
1518414601709 tag