(Foto: Torabika SC)

Ini Daftar Kompetisi Yang Masuk Dalam Rangkaian ISC 2016

PT Gelora Trisula Semesta telah melakukan launching Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Nantinya akan ada beberapa kompetisi yang masuk ke dalam rangkaian ISC ini.

Klub-klub alumni QNB League 2015 akan berkiprah di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Total 18 klub akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di tanah air. 

Selain itu ada ISC B yang diperuntukkan untuk tim Divisi Utama dan Liga Nusantara untuk klub-klub amatir. Kompetisi untuk usia dini seperti ISC U-21 dan Piala Soeratin U-17 juga akan digulirkan oleh PT GTS.

“Kompetisi ISC ini adalah salah satu rangkaian Indonesia Soccer Championship yang terdiri dari beberapa kompetisi lainnya,” ujar CEO PT GTS, Joko Driyono.

"Ajang tersebut adalah Divisi Utama lalu ada Liga Nusantara dan juga kompetisi tingkatan umur seperti ISC U-21 dan Piala Soeratin U-17," papar pria asal Ngawi ini.

Jokdri mengklaim bahwa semua kompetisi ini sudah mendapat restu dari pemerintah. Selain itu Piala Presiden juga akan digulirkan dengan konsep seperti Piala FA di Inggris.
editTerakhir diubah:  18/04/16 - 15:38

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


PSSI Undang Tiga Negara Untuk Anniversary Cup 2018
Induk sepakbola tertinggi di Indonesia atau PSSI berencana menggelar sebuah turnamen yang akan diikuti empat negara termasuk Indonesia. Turnamen itu digelar dalam rangka perayaan hari jadi PSSI yang jatuh pada 19 April mendatang. Dimana pada tahun ini PSSI memperingati hari jadi yang ke-88 tahun.Sebanyak dua negara yang sudah memastikan bakal hadir adalah Bahrain dan Malaysia. Sementara satu peserta lain masih ditunggu konfirmasinya."Kalau semua berjalan sesuai dengan rancangan, berkaitan dengan ulang tahun PSSI akan ada Anniversary Cup di bulan April nanti," kata Joko Driyono.[suggestedarticle=3]Turnamen ini digelar juga sebagai persiapan timnas menuju ajang Asian Games 2018, dimana PSSI batal menggelar test event di bulan Februari ini.Sekjen PSSI, Ratu Tisha belum bisa memastikan apakah ajang ini akan digelar di Jakarta (SUGBK) atau di Jawa Timur."Kami saat ini sedang berupaya mengundang dari negara Asia Timur. Karena sudah ada dari Asia Barat dan Asia Tenggara yang memastikan ikut serta. Ini juga sesuai dengan arahan dari Luis Milla agar turnamen ini kompetitif," ujar Tisha."Masih tentatif antara Jawa Timur atau di SUGBK. Turnamennya rencananya akan digelar pada 27 April sampai 6 Mei 2018," pungkasnya.
  2452 kali
Timnas Indonesia Jadwalkan Dua Laga Uji Coba Lawan Negara Ini di Bulan Maret
Kalender internasional FIFA akan digelar dalam waktu dekat atau pada bulan Maret 2018.Indonesia akan memanfaatkan jadwal internasional tersebut dengan menggelar dua laga uji coba.Laga ini juga untuk memantapkan skuat asuhan Luis Milla yakni timnas U-23 dalam menyambut Asian Games 2018.Meski yang tampil skuat U-23, ujicoba ini akan berstatus timnas senior, dan nantinya bisa berpengaruh pada poin timnas Indonesia di ranking FIFA.[suggestedarticle=3]Dua negara itu adalah Singapura dan Filipina, dimana skuat Garuda akan memainkan laga tandang dalam kesempatan itu."Jadwal terdekat, pada 21 Maret Indonesia akan away (tandang) ke Singapura. Kemudian akan lanjut ke Filipina pada 25 Maret," kata Joko Driyono, waketum PSSI yang baru saja ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum."Labelnya memang timnas senior, tapi kami punya keinginan agar timnas senior memiliki misi Asian Games. Dan ini kami serahkan ke Luis Milla," jelasnya.Saat ini Luis Milla sudah mengumpulkan para pemain U-23 di Jakarta guna melangsungkan pemusatan latihan dalam sepekan mendatang.
  5441 kali
Gubernur DKI Berharap Virus Juara Piala Presiden Berlanjut di Liga 1
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bangga dengan prestasi Persija Jakarta yang berhasil meraih juara Piala Presiden 2018. Pemimpin ibu kota itu menyebut gelar juara Piala Presiden diharapkan menjadi pembuka gelar lainnya bagi Macan Kemayoran..Menjamu pengurus dan pemain Persija di Balai Kota, Jakarta, Minggu (18/2/2018), Anies senang karena prediksinya untuk kemenangan Persija dengan skor memasukan tiga gol menjadi kenyataan.[suggestedarticle=3]"Kita menyadari sudah 17 tahun persija belum jadi juara. Hari ini kita semua warga jakarta merasa bangga," ujar Anies."Hari ini kita semua warga Jakarta merasa bangga. Ini hasil kerja keras dari mulai para pelatih, pengelola, para pemain dan juga dukungan yang tidak pernah turun dari teman-teman Jakmania," lanjutnya.Anies pun berharap prestasi tersebut bisa berlanjut di kompetisi Liga 1. Apalagi sudah lama Persija tak merengkuh gelar juara Liga Indonesia sejak 2001."Kita berharap prestasi persija lebih baik tahun-tahun ke depan karena sebentar lagi akan masuk Liga 1 dan harapannya Persija akan berprestasi," tandasnya.
  453 kali
PSSI Tanggapi Komentar Menpora Terkait Cutinya Edy Rahmayadi
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono tanggapi komentar Menpora, Imam Nahrawi terkait dengan cutinya Edy Rahmayadi.Pria yang akrab disapa dengan Jokdri itu mengungapkan bahwa adanya independensi PSSI sebagai organisasi yang tak bersentuhan dengan politik.Selain itu Jokdri juga menyebut bahwa komentar itu menjadi pengingat pentingnya tahun 2018 bagi PSSI. Beberapa hajatan besar bakal digelar di Indonesia, seperti Asian Games dan Piala Asia U-19.[suggestedarticle=3]"Komentar Menpora itu menginspirasi kita semau betapa pentingnya 2018 dan itu jadi perhatian bersama," jelas Joko Driyono, di Kantor PSSI, Jakarta, Minggu (18/2/2018)."Tentu kita ingin audiensi dengan Menpora tidak hanya Ketum cuti tapi karena ada support dari pemerintah selama ini kepada kami cukup luar biasa," tambahnya..PSSI melaui Exco akan melaporkan perihal cutinya Edy Rahmayadi dan terpilihnya Jokdri sebagai Plt kepada FIFA."Namanya informal tidak bersikap tertulis, PSSI melaporkan FIFA untuk mengirimkan report Exco ini pada FIFA," tandasnya.
  1579 kali
Edy Rahmayadi Cuti, Joko Driyono Resmi Pimpin PSSI
Edy Rahmayadi resmi cuti dari Ketua Umum PSSI dan menunjuk wakil ketua umum, Joko Driyono sebagai pelaksana tugas (Plt) tugas ketua umum hingga 30 Juni mendatang.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staff Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Langkah tersebut diambil setelah Edy Rahmayadi secara resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara dan ajukan surat cuti sejak 11 Februari hingga 30 Juni 2018 mendatang.[suggestedarticle=3]“Melalui rapat Exco PSSI, kami menerima cuti ketua umum, bapak Edy Rahmayadi dan menunjuk Joko Driyono sebagai plt Ketua Umum PSSI, terhitung sampai 30 Juni 2018,” ujar Iwan Budianto di Kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018).“Keputusan ini kami ambil untuk menjaga marwah PSSI agar jauh dari politik,” ia menambahkan.Iwan juga menambahkan, ketua umum sudah mengabarkan rancangan program strategis PSSI tahun 2018 sekaligus visi organisasi hingga 2034. Nantinya Joko Driyono juga terus berkomunikasi dengan Edy Rahmayadi.“Plt Ketum dan Exco tetap berkomunkasi dengan Edy Rahmayadi, khususnya mengenai program PSSI. Plt tetap jalankan amanat kongres lalu,” tandasnya.
  1820 kali
PSSI Pastikan Tak Ada Batasan Gaji di Liga 1
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan bahwa Liga 1 2018 akan berjalan tanpa adanya batasan gaji atau salary cap. Hal ini dipastikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, di Jakarta, Jumat (19/1), menyebutkan penghilangan salary cap ini menjadi alasan mengapa Liga 1 musim terkini tidak akan menerapkan aturan marquee player.Musim ini dalam regulasi pemain asing, PT LIB dan PSSI sudah menghapuskan marquee player dan klub tetap diperbolehkan memakai empat pemain asing dengan rincian 3 pemain asing non Asia dan satu pemain asing asal Asia."Keberadaan marque player hanya relevan jika salary cap diimplementasikan," ujar Joko.Musim 2017 lalu PT LIB melakukan pembatasan gaji per klub senilai Rp 15 miliar. Ketika itu, salah satu pertimbangan kebijakan salary cap adalah demi menyeimbangkan kekuatan finansial setiap klub. Khusus untuk pemain dunia atau disebut marquee player, gajinya diberikan di luar salary cap yang sudah ditentukan."Industri ini berjalan dengan mekanisme pasar bebas. Jadi kalau tidak bisa bersaing pasti akan tertinggal. Ini juga terjadi di seluruh dunia," tutur Joko.[suggestedarticle]Layaknya kompetisi di Eropa yang sudah menetapkan aturan keuangan klub atau Financial Fair Play, yang mengatur bahwa setiap klub bebas mengeluarkan uang untuk mengontrak pesepak bola manapun asalkan sumber dananya berasal dari bisnis sepak bola, bukan yang lain.Namun di Indonesia, Joko mengungkapan, financial fair play belum bisa digunakan sepenuhnya di Indonesia karena klub-klub di Tanah Air belum semuanya berlisensi AFC. "Sampai hari ini baru lima berlisensi, itupun tiga lolos bersyarat. Financial fair play baru bisa dipraktikkan kalau semua klub sudah berlisensi," kata dia.Regulasi yang dihapuskan juga pada musim ini adalah dengan meniadakan aturan pembatasan umur.
  1370 kali
Timnas Jepang Bakal Datangi Indonesia Bulan Maret
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan bahwa Timnas Jepang U-19 akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada bulan Maret mendatang.Kedatangan tim berjuluk Samurai Biru itu menjadi salah satu rangkaian peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang."Timnas U-19 akan datang pada bulan Maret 2018 dan akan mengadakan pertandingan uji coba di Jakarta," ujar Joko Driyono di Kantor PSSI, Jakarta, pada Selasa (16/1/2018).[suggestedarticle=3]Keinginan mendatangkan timnas senior Jepang memang ada, akan tetapi untuk saat ini belum terlaksana karena agenda padat Jepang jelang Piala Dunia 2018."Sebenarnya kami ingin mengundang timnas senior Jepang ke Indonesia tapi di 2018 ini tidak akan mudah bagi kami. Karena Jepang lolos ke Piala Dunia dan jadwal mereka sangat ketat," "Jadi tidak ada kesempatan untuk melakukan uji coba dengan timnas Jepang tahun ini," tandas Joko Driyono.Selain kedatngan timnas U-19 Jepang, klub anggota J-League, FC Tokyo juga akan datang ke Indonesia. Klub yang berdiri tahun 1999 itu akan berhadapan dengan juara Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 27 Januari 2018.
  6175 kali
Kongres Luar Biasa PSSI Hasilkan 5 Perubahan Statuta
Kongres PSSI sudah menyelesaikan satu agenda krusial. Perubahan amandemen statuta diresmikan dalam Kongres Luar Biasa PSSI.Wakil Ketua Umum Joko Driyono menyebutkan bahwa perubahan tersebut dibutuhkan, termasuk dengan penambahan beberapa ayat."Sebetulnya Exco tak ingin banyak beberapa perubahan tapi ada beberapa fokus perubahan statuta," ujar Joko Driyono, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/1/2018).[suggestedarticle=3]Setidaknya ada beberapa perubahan statuta dalam Kongres Luar Biasa. Sebanyak 93 dari 106 voters yang hadir menyetujui hasil tersebut.Berikut hasil amademen statuta dalam Kongres Luar Biasa1. Hierarki Organisasi. Dalam statuta PSSI ditambahkan klausul baru soal Asosiasi Kabupaten (Askab) dan Asosisai Kota (Askot).2. Badan Hukum. Klub anggota PSSI harus terkoneksi dengan badan hukum yang terintegrasi dengan PSSI. Hal itu untuk menghindari klub-klub atau anggota PSSI.3. Pengembangan sepak bola usia muda. PSSI melihat bahwa pengembangan sepak bola tidak boleh berhenti sampai di level Asprov dan klub. PSSI ingin ada dinamika pengembangan sepak bola di SSB. PSSI menambahkan satu pasal melalui lembaga terafiliasi. Mereka harus teregistrasi meski statusnya bukan anggota.4. Voter. Struktur voter harus merefleksikan dengan jalannya kompetisi. Setelah disetujui, akan ada 18 klub dari Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 8 liga 4, dan ada rancangan 34 lembaga dari Asprov, dan ada Federasi Futsal Indonesia (FFI), sepak bola wanita, pelatih, dan wasit. Untuk pemain, tidak menjadi member PSSI. Mereka harus menginduk bagaimana hubungan FIFA dengan pemain. Karenanya Asosiasi pemain berinteraksi PSSI dalam plafon MoU.5. Pengubahan menjadi 12 Komite Tetap, dari 17 komite.
  7845 kali
Regulasi Piala Indonesia 2018 Bakal Mirip Piala FA
PSSI akan kembali menggelar Piala Indonesia musim 2018. Terakhir kali turnamen pendamping liga itu digelar pada tahun 2012.Selain itu, PSSI juga menjamin Piala Indonesia tidak akan menggangu jalannya liga. Pada dasarnya turnamen tersebut memang menjadi pendamping kompetisi utama.Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan setiap klub hanya akan menjalani dua pertandingan tiap bulannya. Maksimal bagi tim yang melangkah ke final, akan mengarungi 11 pertandingan.Pria yang akrab disapa Jokdri itu pun mengatakan nantinya ada 128 tim yang akan ikut serta. Tim tersebut berasal dari kompetisi Liga sampai Liga 3. Sistemnya pun mirip dengan Piala FA di Inggris.[suggestedarticle]Babak pertama bakal menggunakan sistem tunggal dan klub Liga 1 bakal langsung menunggu di babak kedua yang diikuti oleh 64 tim.Kemudian akan mengerucut menjadi 32 tim. Di babak 32 ini, jika tim menang bakal langsung lolos ke 16 besar. Namun, jika hasil pertandingan imbang bakal dilanjutkan ke perpanjangan waktu.Untuk babak 16 besar hingga semifinal akan menerapkan format kandang dan tandang. Sementara untuk partai puncak akan berlangsung single match di tempat netral."Kurang lebih begitu skemanya. Tidak akan menakutkan seperti orang-orang bilang. Ini akan tetap berjalan meski nantinya berbenturan," ujar Jokdri di Jakarta, Jumat (5/1/2018).Piala Presiden 2018 rencanannya akan digelar mulai Maret 2018. Kompetisi ini akan berakhir pada akhir tahun alias Desember mendatang.
  3862 kali
Piala Indonesia Siap Digulirkan Kembali
Piala Indonesia bakal diselenggarakan kembali oleh PSSI pada musim 2018. Turnamen tersebut rencananya digelar sampai bulan Desember 2018.Bisa dibilang Piala Indonesia sudah lama vakum dari dunia sepak bola Indonesia. Terakhir kali PSSI mengelar turnamen pendamping liga, yakni pada tahun 2012.Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan Piala Presiden nantinya akan melibatkan tim-tim dari Liga 1 sampai Liga 3."Piala Indonesia lebih mudah dikelola karena bisa jadi berakhir di Desember, jadi tidak ada masalah," ujar Joko Driyono, Kamis (4/1/2018).[suggestedarticle=3]Pria yang akrab disapa Jokdri itu menambahkan bahwa jadwal Piala Indonesia sudah disusun dan tinggal didistribusikan ke tim peserta pada Kongres Tahunan PSSI."Rasanya tanggal 13 Januari menjadi bagian dari program Piala Indonesia yang akan disosialisasikan kepada member melalui kongres," katanya.Turnamen pendamping kompetisi Liga 1 ini terakhir digelar pada 2012. Saat itu Persibo Bojonegoro yang dilatih oleh Paulo Camargo, keluar sebagai juara.
  1203 kali
1515128402440 tag