Proyek Ambisius FC Barcelona: Espai Barça

FC Barcelona akan segera mengerjakan proyek stadion baru yang diberi nama Espai Barça. Rencananya stadion ini akan menjadi fasilitas olahraga terbaik dunia yang berada di tengah kota.

Sebelum pengerjaan dimulai, direksi FC Barcelona akan mengajukan referendum kepada member FC Barcelona (socios) pada 5 atau 6 April mendatang. Jika proyek ini disetujui, maka direksi akan segera mempersiapkan pembangunan komplek olahraga diseputaran area Stadion Camp Nou sekarang.

Rencananya, stadion yang akan dibangun diatas lahan Stadion Camp Nou tersebut akan bisa menampung 105.000 penonton.

Bukan hanya stadion, FC Barcelona juga akan membangun dua buah Palau yang bisa menampung sebanyak 12.000, arena ice skating, area komersil dan sosial, perkantoran modern, bangunan Masia yang diperbaiki dan area parkir yang bisa menampung sebanyak 5.000 kendaraan.

Untuk stadion sendiri, direncanakan akan memiliki atap yang menutupi semua tempat duduk. Selain itu, stadion ini akan memakan lahan sebesar 104.000 meter persegi. Berbeda jauh dengan Camp Nou sekarang yang hanya memiliki luas sebesar 40.000 meter persegi.

BACA JUGA: Pique: Saya Senang Cristiano Menang Ballon d'Or

Diperkirakan pembangunan kompleks olahraga ini akan menghabiskan dana sebesar 600 juta euro dan akan dimulai pada tahun 2015 dan rampung pada 2017.

Kala ditanya mengenai pendanaan, wakil presiden FC Barcelona, Javier Faus mengungkapkan jika semua pendanaan akan berasal dari klub dan sponsor.

"Kami tidak akan memberi nama Qatar Airways untuk stadion baru nanti karena Qatar Airways sudah menjadi sponsor di jersey. Sangat penting untuk melakukan diversifikasi," ujar Faus dalam konfrensi pers-nya, Senin (03/02) kemarin.

"Setelah anggota FC Barcelona (socios) memberi persetujuan untuk pembangunan stadion pada referendum nanti, dan memiliki desain stadion, kami akan mencari sponsor." (Foto: Google

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Catatan Tinta Emas Zinedine Zidane Selama Jadi Pelatih Real Madrid
Zinedine Zidane sempat mencatatkan sejumlah prestasi gemilang selama ia menjadi pelatih Real Madrid. Tiga gelar juara Liga Champions bersama Real Madrid menjadi prestasi tertinggi bagi Zidane.Zidane memutuskan untuk mengundurkan diri setelah meraih gelar juara Liga Champions ketiga beruntun bersama Real Madrid. Real Madrid sukses menaklukkan Liverpool dengan skor 3-1 di partai puncak Liga Champions.[suggestedarticle=3]Zidane melatih Real Madrid menggantikan Rafael Benitez pada 4 Januari 2016. Pada musim perdana bersama Real Madrid, Zidane sukses membawa klub asal ibukota Spanyol tersebut meraih gelar juara Liga Champions musim 2015/16.Usai membawa Real Madrid juara Liga Champions, Zidane berhasil membawa El Real menjuarai Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Klub pada tahun 2016. Magis Zidane berlanjut di musim kedua saat sukses membawa Real Madrid meraih gelar ganda yaitu La Liga dan Liga Champions musim 2016/17. Raihan gelar Liga Champions tersebut membuat Zidane memutus mitos tidak ada yang mampu mempertahankan trofi si kuping besar.[suggestedarticle=2]Zidane juga berhasil kembali meraih gelar juara Piala Dunia Klub, Piala Super Spanyol dan juga Piala Super Eropa pada 2017.Pada musim terakhir Zidane bersama Real Madrid, pelatih asal Prancis tersebut berhasil kembali mencatatkan rekor sebagai pelatih yang sukses meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun.Dalam total 206 laga bersama Real Madrid, Zidane sukses mencatat 104 kemenangan, 29 hasil imbang dan 16 kekalahan. Dari statistik tersebut, Zidane mencatat rasio kemenangan sebesar 69.80% bersama Real Madrid.[pagebreak]Daftar Gelar Juara ZIdane di Madrid[/pagebreak]Gelar Zidane Sebagai Pelatih Bersama Real Madrid:La Liga: 2016/17Piala Super Spanyol: 2017Liga Champions: 2015/16, 2016/17 dan 2017/18Piala Super Eropa: 2016 dan 2017Piala Dunia Antar Klub: 2016 dan 2017
  1085 kali
TOP NEWS: Dominasi Spanyol di Kancah Sepakbola Eropa
Real Madrid berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2017/18. Gelar ini semakin menegaskan dominasi klub-klub asal Spanyol di Eropa dalam lima tahun terakhir.La Liga Dominasi Eropa dalam Lima Tahun TerakhirAgen Mohamed Salah, Abbas Issa mengungkapkan bahwa dirinya sangat yakin jika Salah bisa bangkit setelah cedera yang dialaminya pada final Liga Champions.Agen Mo Salah: Dia Bukan Aktor, Dia Tak Bersandiwara, Dia Akan BangkitBintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo telah membuat sesisi ruang ganti tim menjadi tidak kondusif sehabis merayakan gelar juara Liga Champions.Usai Juara, Ronaldo Buat Ruang Ganti Real Madrid Tak KondusifNasib buruk menimpa PS TIRA dalam pertandingan Liga 1 melawan tuan rumah Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Senin (28/5/2018) malam.Sebelum Dikalahkan Persela, Bus PS TIRA Sempat Alami Kecelakaan
  287 kali
Lionel Messi Raih Gelar El Pichichi Kelima Kali
Nama besar Lionel Messi di Liga Spanyol tetap kuat, meski sudah berusia 30. Untuk kelima kalinya, pemain asal Argentina itu meraih sepatu emas sebagai lambang top skor La Liga (El Pichichi) musim 2017/2018.Ini merupakan gelar top skor La Liga kelima kalinya, sebelumnya diraih pada musim 2009–2010, 2011–2012, 2012–2013, dan 2016–2017.[suggestedarticle=3]Messi menyumbangkan 34 gol untuk Barcelona musim ini. Terpaut delapan gol dengan saingan terdekatnya, Cristiano Ronaldo (Real Madrid).Sedangkan rekan Messi, Luis Suarez berada di peringkat ketiga top skor dengan 25 gol.Selain gelar El Pichichi, Messi juga ikut membawa Barcelona meraih gelar La Liga dan Copa del Rey. Sebelumnya Messi juga meraih gelar European Golden Shoe pada 2010, 2012, 2013, 2017 dan 2018.
  1165 kali
Klasemen Akhir Musim dan Top Skor Liga Spanyol 2017/2018
Selesai sudah persaingan Liga Spanyol 2017/2018 usai partai terakhir antara Barcelona melawan Real Sociedad 1-0 digelar di Camp Nou, Minggu (20/5/2018) malam waktu setempat atau Senin dinihari WIB.Barcelona sukses meraih gelar juara sekaligus menempatkan Lionel Messi sebagai top skor dengan 34 gol.[suggestedarticle=3]Berikut hasil pekan terakhir Liga Spanyol, klasemen dan top skor musim 2017/2018:Hasil Pekan Terakhir (38)Sabtu, 19 Mei 2018Celta Vigo 4 - 2 LevanteLeganes 3 - 2 Real BetisLas Palmas 1 - 2 GironaMalaga 0 - 1 GetafeSevilla 1 - 0 AlavesMinggu, 20 Mei 2018Villarreal 2 - 2 Real MadridValencia 2 - 1 Deportivo La CorunaAthletic Bilbao 0 - 1 EspanyolAtletico Madrid 2 - 2 EibarBarcelona 1 - 0 Real SociedadKLASEMEN AKHIR LIGA SPANYOL 2017/2018Top Skor Liga Spanyol 2017/2018Juara: BarcelonaDegradasi: Malaga, Las, Palmas, Deportivo La CorunaLiga Champions: Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid, ValenciaLiga Europa: Villareal, Real BetisTop Skor: Lionel Messi (Barcelona/34 gol)
  3218 kali
Kejutan! Barcelona Ditekuk Levante, Rekor Tak Terkalahkan Rontok
Kejutan terjadi dalam persaingan Liga Spanyol pekan ke-37. Barcelona yang sudah tak terkalahkan dalam 36 partai La Liga musim ini, akhirnya tumbang juga. Levate jadi 'pembunuh' raksasa Barca dalam partai ketat 5-4 di Stadion Ciudad de Valencia, Senin (14/5/2018).Dalam pertandingan ini, Barcelona yang tanpa diperkuat Lionel Messi selalu tertinggal atas Levante. Babak pertama, Levante unggul 2-1 berkat dua gol Emmanuel Boateng menit 9 dan 30. Philipe Coutinho yang mencetak hattrick dalam pertandingan ini, awalnya memperkecil skor pada menit 38.Babak kedua, dua gol Enis Bardhi dan Boateng membuat Levante sempat unggu 5-1 atas Barcelona. Luis Suarez dan kawan-kawan hanya bisa menambah tiga gol lagi, yakni dua gol dari Coutinho dan Suarez.[suggestedarticle=3]Hasil ini membuat keinginan Barcelona yang sudah meraih gelar La Liga 2017/2018, untuk mempertahankan rekor tak terkalahkan rontok.Musim ini La Liga masih menyisakan satu pertandingan lagi yang akan dimainkan akhir pekan depan. Susunan PemainLevante: Olazabal, Andujar Moreno, Suarez Pier, Postigo, Luna, Morales (Rochina), Lukic, Campana, Bardhi, Marti (Lerma), Boateng (Pazzini)Barcelona: ter Stegen, Semedo, Mina, Vermaelen (Pique), Alba, Coutinho Correia, Rakitic, Busquets, Iniesta (Suarez), Dembele (Alcacer), Suarez
  1079 kali
Griezmann Balas Gol Ronaldo, Atletico Kunci Posisi Runner-up La Liga
Atletico Madrid menang 1-0 atas Getafe, pada pertandingan ke-37 La Liga, di Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (12/5/2018). Gol semata wayang dicetak oleh Koke pada menit kedelapan.Dengan hasil itu, Atletico duduk di posisi kedua dengan nilai 78, atau unggul enam angka dari penghuni posisi ketiga Real Madrid. [suggestedarticle=3]Madrid masih punya dua pertandingan dan dengan begitu berpeluang menyamai perolehan poin Atletico. Namun, jika pada akhirnya Madrid dan Atletico sama-sama mengoleksi nilai 78, Atletico akan tetap mengakhiri Primera Division musim ini sebagai runner-up, karena Atletico unggul rekor pertemuan.Pada derbi Madrid pertama di La Liga musim ini, di Wanda Metropolitano, Sabtu (18/11/2017), kedua kubu bermain imbang 0-0. Pada pertemuan kedua di La Liga musim ini, di Santiago Bernabeu, Minggu (8/4/2018), kedua kubu bermain imbang 1-1.Pada pertemuan kedua itu, Madrid unggul lebih dulu melalui Cristiano Ronaldo pada menit ke-53. Namun, empat menit kemudian Atletico menyamakan kedudukan melalui Antoine Griezmann. 
  3456 kali
Pemain Barca Tak Gunakan Nama Asli Mereka di Jersey, Ini Alasannya
Hal menarik dilakukan oleh klub Barcelona saat menjamu Villareal di Camp Nou dalam lanjutan La Liga, Kamis (10/5)Barca yang telah memastikan gelar Juara Liga Spanyol musim ini, memakai jersey dengan nameset bukan nama mereka sendiri.Misalnya seperti Lionel Messi yang nameset di jerseynya bertuliskan nama Celia. Selain itu pemain Barca lainnya, Andres Iniesta menggunakan nama Mari di jersey miliknya.Ternyata bukan tanpa alasan skuat Blaugrana melakukan hal tersebut.[suggestedarticle=3]Dilansir dari FC Barcelona, rupanya hal ini dilakukan oleh Barcelona untuk memperingati Hari Ibu sedunia, dimana bertepatan dengan hari itu.Di Spanyol, Hari Ibu diperingati pada bulan Mei, sementara di Indonesia sendiri Hari Ibu dirayakan setiap bulan Desember.Ide kreatif ini dilakukan oleh skuat Barcelona saat sebelum pertandingan dimulai, dimana para pemain memakai kaos bertuliskan nama ibu mereka di jersey masing-masing.Dan setelah pertandingan dimulai, pemain Barcelona kembali menggunakan jersey asli mereka dengan beruliskan nama aslinya masing-masing.Dipertandingan tersebut Barcelona sukses menggulung Villareal dengan skor 5-1.Gol dicetak oleh Philippe Coutinho, Paulinho, Lionel Messi, dan Ousmane Dembele yang mencetak dua gol.
  6054 kali
Jadwal Pertandingan Siaran Langsung Barcelona dan Real Madrid, 10 Mei 2018
Pada Kamis (10/5/2018) dini hari WIB, Barcelona dan Real Madrid akan melakoni pertandingan Primera Division La Liga. Barcelona akan menjamu Villarreal, sementara Madrid akan menyambangi Sevilla. Mengingat Barcelona sudah mengunci gelar juara, pertandingan melawan Villarreal tidak akan berdampak pada peta persaingan di klasemen. Namun, pertandingan Sevilla vs Madrid, berpotensi mengubah persaingan.[suggestedarticle=3]Madrid ada di peringkat ketiga dengan nilai 72 dari 35 laga. Madrid kalah tiga angka dari Atletico Madrid yang sudah melakoni 36 pertandingan. Mengingat Madrid kalah rekor pertemuan dari Atletico, pertandingan melawan Sevilla setidaknya menjadi peluang untuk menyamakan poin sehingga peluang menjadi runner-up menjadi lebih baik.Sebagai catatan, pada dua laga terakhir, Atletico akan melawan Getafe dan Eibar. Sementara Madrid, setelah laga melawan Sevilla, punya agenda melawan Celta Vigo dan Villarreal di Primera Division La Liga.Berikut ini adalah jadwal pertandingan Barcelona dan Real Madrid pada Kamis (10/5/2018) dini hari WIB.01:00 WIB - Barcelona vs Villarreal02:30 WIB - Sevilla vs Real Madrid (BeIN Sports 2)*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
  2126 kali
El Clasico Panas, Zinedine Zidane Hampiri Andres Iniesta
Pertandingan El Clasico terakhir musim ini, di Camp Nou, Barcelona, berakhir 2-2. Gol Barcelona dicetak Luis Suarez (10') dan Lionel Messi (52'), sementara gol Real Madrid diciptakan Cristiano Ronaldo (14') dan Gareth Bale (72').Pertandingan berlangsung panas. Selama laga, wasit Alejandro Hernandez mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Barcelona dan lima kartu kuning untuk Madrid. [suggestedarticle=3]Wasit Hernandez juga mengeluarkan satu kartu merah untuk Sergi Roberto pada menit ke-45. Sergi diusir karena dinilai melanggar Marcelo.Pertandingan yang sengit tak membuat Zidane melanggar komitmennya untuk menghormati kapten Barcelona, Andres Iniesta, yang bermain sebagai starter dan digantikan Paulinho pada menit ke-58. Usai pertandingan, Zidane sengaja menunggu Iniesta di lorong menuju kamar ganti. Begitu bertemu Iniesta, Zidane memeluk Iniesta. Hal itu dilakukan Zidane karena Iniesta akan meninggalkan Barcelona setelah musim ini berakhir dan dengan begitu, itu adalah El Clasico bagi Iniesta.Dalam sejumlah kesempatan sebelum laga, Zidane memang menyatakan bahwa ia sangat menghormati Iniesta, tidak hanya sebagai pemain, tetapi juga sebagai pribadi. Zidane esperó en el túnel para darle este abrazo a Iniesta. #ElDíaDelFútbol pic.twitter.com/rwi1KPCJHp — La Casa del Fútbol en Movistar+ (@casadelfutbol) May 6, 2018
  3067 kali
Hasil Liga Spanyol, Minggu (6/5), Klasemen dan Top Skor Sementara
El Clasico pertemuan kedua antara Barcelona kontra Real Madrid di Camp Nou hanya berakhir imbang 2-2. Hasil ini membuat Barcelona mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam 35 pertandingan Liga Spanyol musim ini, di mana gelar juara sudah mereka genggam pekan lalu.Sedangkan Real Madrid tetap berada di peringkat ketiga dengan 72 poin. Pada pertandingan lainnya Atletico Madrid menelan kekalahan atas Espanyol 0-2.Atletico tampaknya lebih memilih untuk persiapan menuju final Liga Europa melawan Marseille pekan depan. Sementara Lionel Messi masih bertengger di peringkat teratas daftar top skor sementara dengan 32 gol.[suggestedarticle=3]Hasil PertandinganSabtu, 5 Mei 2018Sevilla 1 - 0 Real SociedadGirona 1 - 4 EibarAthletic Bilbao 2 - 0 Real BetisCelta Vigo 1 - 1 Deportivo La CorunaMinggu, 6 Mei 2018Villarreal 1 - 0 ValenciaMalaga 0 - 3 AlavesAtletico Madrid 0 - 2 EspanyolLas Palmas 0 - 1 GetafeBarcelona 2 - 2 Real MadridSelasa, 8 Mei 201802:00 WIB Leganes vs LevanteKlasemen Sementara Sampai Minggu (6/5)Top Skor Sementara
  3939 kali
1525654326416 tag