Proyek Ambisius FC Barcelona: Espai Barça

FC Barcelona akan segera mengerjakan proyek stadion baru yang diberi nama Espai Barça. Rencananya stadion ini akan menjadi fasilitas olahraga terbaik dunia yang berada di tengah kota.

Sebelum pengerjaan dimulai, direksi FC Barcelona akan mengajukan referendum kepada member FC Barcelona (socios) pada 5 atau 6 April mendatang. Jika proyek ini disetujui, maka direksi akan segera mempersiapkan pembangunan komplek olahraga diseputaran area Stadion Camp Nou sekarang.

Rencananya, stadion yang akan dibangun diatas lahan Stadion Camp Nou tersebut akan bisa menampung 105.000 penonton.

Bukan hanya stadion, FC Barcelona juga akan membangun dua buah Palau yang bisa menampung sebanyak 12.000, arena ice skating, area komersil dan sosial, perkantoran modern, bangunan Masia yang diperbaiki dan area parkir yang bisa menampung sebanyak 5.000 kendaraan.

Untuk stadion sendiri, direncanakan akan memiliki atap yang menutupi semua tempat duduk. Selain itu, stadion ini akan memakan lahan sebesar 104.000 meter persegi. Berbeda jauh dengan Camp Nou sekarang yang hanya memiliki luas sebesar 40.000 meter persegi.

BACA JUGA: Pique: Saya Senang Cristiano Menang Ballon d'Or

Diperkirakan pembangunan kompleks olahraga ini akan menghabiskan dana sebesar 600 juta euro dan akan dimulai pada tahun 2015 dan rampung pada 2017.

Kala ditanya mengenai pendanaan, wakil presiden FC Barcelona, Javier Faus mengungkapkan jika semua pendanaan akan berasal dari klub dan sponsor.

"Kami tidak akan memberi nama Qatar Airways untuk stadion baru nanti karena Qatar Airways sudah menjadi sponsor di jersey. Sangat penting untuk melakukan diversifikasi," ujar Faus dalam konfrensi pers-nya, Senin (03/02) kemarin.

"Setelah anggota FC Barcelona (socios) memberi persetujuan untuk pembangunan stadion pada referendum nanti, dan memiliki desain stadion, kami akan mencari sponsor." (Foto: Google

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Keren! Ternyata Real Madrid dan Barcelona Ikut Kembangkan Bulutangkis
Kompetisi La Liga Spanyol yang didalamnya terdapat dua klub elit dunia Real Madrid dan Barcelona, ternyata ikut mengembangkan cabang bulutangkis. Hal ini diungkapkan Carolina Marin, pebulutangkis putri Spanyol, peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.Marin kini tengah berada di Jakarta untuk mengikuti ajang Kejuaraan Bulutangkis BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 yang berlangsung 12-18 Juni di Senayan. Menurut Marin, La Liga sebagai badan olahraga terbesar di Spanyol, bisa membantu mempopulerkan bulutangkis di tanah negerinya."La Liga tengah menjalankan proyek pengelolaan bantuan untuk cabang olahraga selain sepak bola di Spanyol yang sudah berlangsung sejak Maret 2016," jelas Marin kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/6)."Bulutangkis bukan merupakan olahraga yang menjadi favorit di Spanyol. Namun, saya percaya dengan adanya komitmen ini bulutangkis bisa lebih digemari," tambah Marin.Lewat bantuan La Liga, Marin akan melakukan coaching clinic dengan beberapa pebulutangkis muda Indonesia yang bernaung di klub Jaya Raya. Sebagai salah satu duta olahraga Spanyol, Marin mendapat tugas berkeliling ke beberapa negara termasuk Indonesia untuk memopulerkan cabang-cabang selain sepak bola. "Saat ini Spanyol gencar mempromosikan 64 federasi cabang olahraga termasuk paralimpik," tutur Marin."Saya sangat semangat dan senang bisa menjalankan proyek ini bersama La Liga dan mengunjungi sebuah negara yang memiliki hasrat dan talenta besar seperti Indonesia," sambungnya.
visibility  800 kali
Atletico Madrid Dijatuhi Sanksi Transfer Pemain hingga 2018
FIFA menjatuhkan sanksi kepada Atletico Madrid yang berlaku hingga 2018. Sejumlah transfer musim panas ini pun terancam batal.Atletico dianggap bersalah melakukan pelanggaran transfer pemain muda dalam 65 kasus. Sesuai aturan FIFA pasal 19.1 dan 19.3, transfer pemain internasional di bawah usia 18 tahun dilarang kecuali bila orang tua pemain pindah ke negara bersangkutan untuk alasan tidak terkait sepak bola dan atau pemain yang dimaksud tinggal kurang dari 50 km dari batas negara, dengan klub bersangkutan juta berada kurang dari 50 km dari batas negara yang dimaksud. [suggestedarticle]Los Rojiblancos sempat naik banding pada April, tapi usaha itu ditolak Pengadilan Arbitrase Olahraga membuat pemain yang baru didatangkan Atletico dilarang bertanding sampai Januari 2018.Seperti hukuman yang dijatuhkan kepada Barcelona di 2015, Atletico tetap boleh melakukan kegiatan transfer. Namun, pemain tersebut tidak bisa didaftarkan untuk kompetisi sampai masa sanksi selesai.[suggestedarticle]Kini Alexandre Lacazette (Olympique Lyon), Sandro Ramirez (Malaga), Dani Ceballos (Real Betis), dan Diego Costa (Chelsea) diragukan pindah ke Los Colchoneros, kecuali mereka rela absen sampai Januari 2018.
visibility  1000 kali
Kylian Mbappe Bikin Gerah Para Pemain Madrid, Mengapa?
Kabar tentang tawaran Real Madrid yang menggiurkan kepada bintang muda Monaco, Kylian Mbappe, membuat para pemain klub Spanyol itu gerah. Apa masalahnya?Kabar yang tersiar Real Madrid akan menjadikan pemain berusia 18 itu sebagai pemain termahal dunia dengan tawaran transfer sebesar 113 juta pounds atau sekitar Rp 1.931 triliun.Mbappe pun senang dengan tawan juara La Liga 2016/2017 itu. Namun ia juga mengeluarkan persyaratan yang cukup berat buat Madrid, yakni gaji tinggi dan harus dimainkan sebagai starter.[suggestedarticle]Menurut Don Balon, tentu saja keinginan Mbappe membuat para pemain Madrid yang sudah lebih senior gerah. Mereka memandang, jika pun bergabung, Mbappe harus main dari bangku cadangan.Pasalnya pemain sekelas Isco, Lucas Vazquez dan Alvaro Morata juga hanya jadi cadangan dalam skuat asuhan Zinedine Zidane ini.Lalu, soal gaji, Mbeppe minta tinggi seperti yang diterima Tony Kroos, Luca Modric, Karim Benzema dan Sergio Ramos. Tentu saja ini juga tak masuk akal yang membuat para pemain tersebut geram.Mereka minta kalau Mbeppe bergabung dengan tim yang bermarkas di Stadion Bernabeu ini,  ia harus membuktikan kemampuannya lebih dulu, baru meminta imbalan tinggi.
visibility  3273 kali
Lionel Messi Divonis Bersalah!
Lionel Messi divonis bersalah atas kasus penggelapan pajak oleh pengadilan di Spanyol. Usaha naik banding atas hukuman itu gagal.Seperti diberitakan Football Espana, usaha naik banding yang menemui kegagalan membuat Messi harus tetap menjalani hukuman tersebut. La Pulga divonis hukuman penjara 21 bulan.[suggestedarticle]Meski demikian, Messi tidak akan mendekam di balik sel. Menurut hukum di Spanyol, hukuman kurang dari dua tahun bisa menjalani hukuman percobaan dengan catatan belum pernah mempunyai catatan kriminal.Kasus pajak yang menyangkut Messi ini terkait dengan pendapatan hasil karya cipta foto di tahun 2007, 2008, dan 2009.Atas keputusan itu, Messi akan menyandang kasus tersangka penggelapan pajak setidaknya sampai Maret 2018. Hukuman untuk ayah Messi, Jorge, sudah dikurangi menjadi 15 bulan karena niat baik mengembalikan dana yang digelapkan.
visibility  1263 kali
Resmi! Griezmann Menjawab Soal Masa Depannya
Antoine Griezmann menyatakan kesiapannya untuk mencari klub lain yang berambisi mendapatkan trofi.Musim ini Griezmann berhasil mencetak 26 gol dalam 56 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Atletico Madrid. Tapi, torehan gol saja dianggap tidak cukup oleh pria Prancis itu. Griezmann mengincar gelar juara dan ia rela membela klub manapun demi mewujudkan ambisinya. Bahkan bila harus meninggalkan Los Colchoneros.[suggestedarticle]“Bila saya harus pindah, ini tidak akan jadi masalah buat saya. Bisa jadi ke Inggris, yang seperti ini dikatakan, Jerman, China, atau Amerika Serikat. Saya siap untuk pergi,” kata pemain berusia 26 tahun itu kepada L’Equipe.“Saya ingin meraih gelar,” sambungnya.“Kami finis ketiga di La Liga, itulah target klub, tapi kami sebagai pemain ingin lebih,” ucap Griezmann.Salah satu klub yang ramai dikaitkan dengan masa depan penyerang itu adalah Manchester United. The Red Devils dikabarkan siap merogoh kocek hingga 80 juta Euro.
visibility  7389 kali
Minta Investigasi! Barcelona Tidak Rela Real Madrid Juara
Media Spanyol mengabarkan Barcelona meminta investigasi terkait kemenangan Real Madrid yang menjadikan El Real juara La Liga 2016/2017.Seperti dikutip dari Marca, pihak Barcelona menganggap ada yang janggal dalam laga antara Real Madrid saat menang 2-0 atas Malaga, Senin (22/5/2017) dini hari WIB. Hasil ini membuat Los Blancos memastikan titel juara liga.[suggestedarticle]Blaugrana merasa pemain Malaga Mikel Villanueva membiarkan Cristiano Ronaldo melakukan tembakan ke arah gawang agar mencetak gol. Meskipun, akhirnya tendangan itu tidak menjadi sebuah gol.Villanueva dianggap sengaja melepaskan penjagaan dan tidak berusaha untuk merebut bola dari Ronaldo.Pada akhirnya, Madrid menang berkat gol Ronaldo dan Benzema untuk mengumpulkan 93 poin. Skuat asuhan Zinedine Zidane unggul tiga angka atas Barcelona di laga pamungkas.
visibility  2312 kali
Klasemen Akhir La Liga 2016/2017
Persaingan La Liga atau Liga Spanyol musim 2016/2017 telah selesai, Minggu (21/5). Real Madrid menjadi juara untuk ke-33 kalinya dan Lionel Messi dari Barcelona sebagai top skor. Berikut hasil Liga Spanyol dan jatah tiket ke Liga Champions dan Liga Europa musim depan:Peringkat1-3: Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid ke Liga Champions4: Sevilla ke babak kualifikasi Liga Champions5-6: Villarreal, Real Sociedad ke Liga Europa18-20: Sporting Gijon, Osasuna, Granada terdegradasiKlasemen Akhir Musim 2016/2017Top Skor Musim 2016/2017
visibility  2089 kali
Komentar Zidane dan Ramos Usai Madrid Juara La Liga
Konsistensi performa yang apik menjadi kata kunci keberhasilan Real Madrid meraih gelar juara La Liga 2016/2017. Ini diungkapkan pelatih Zinedine Zidane dan kapten tim Sergio Ramos.Juru taktik Real Madrid, Zinedine Zidane mengaku, sangat senang bisa memenangi gelar La Liga setelah berjuang selama 38 pekan pertandingan untuk mengumpulkan poin demi poin."38 pertandingan dan ini akhir dari semuanya, ini yang tersulit dan juga terindah. Liga Spanyol adalah yang terbaik menurut saya dan rasanya luar biasa untuk memenangkannya permainan ini. Saya sangat senang," kata Zidane dilansir dari Marca.[suggestedarticle]"Seperti biasa dalam satu musim, kami telah bekerja dan berjuang sampai akhir, dan dengan skuat yang kami miliki, kami harus memikirkan untuk bekerja. Ini adalah musim yang sulit dimana kami harus bekerja keras, tapi setelah 38 pertandingan kami di atas," tambah Zidane.Kapten Real Madrid, Sergio Ramos mengatakan, keberhasilan Real Madrid memboyong gelar juara La Liga untuk ke-33 kalinya adalah buah dari konsistensi yang diterapkan dalam permainan."Rasanya sangat bagus, ini adalah hadiah atas konsistensi, untuk melewati sepanjang tahun tanpa kekalahan. Tim ini pantas memenangkan La Liga," kata Ramos usai pertandingan terakhir, Minggu (21/5)."Konsistensi adalah kunci dan dalam memainkan setiap pertandingan, bersikaplah seolah itu pertandingan terakhir. Dengan konsentrasi dan intensitas, kami mempertahankan ketenangan saat kami membutuhkannya, kami meraih poin, ini sangat pantas meski harus ditentukan hingga laga terakhir," tutur Ramos.
visibility  3064 kali
Lionel Messi Sabet Gelar 'Pichichi' La Liga 2016/2017
Lionel Messi menjadi pemain tersubur di Liga SPanyol untuk musim 2016/2017. Dengan 37 gol, Messi berhak atas gelar 'Pichichi' atau top skor La Liga, meski penyerang lincah asal Argentina itu gagal mengantar Barcelona menjadi juara La Liga 2017.Lionel Messi mencetak dua gol saat Barcelona mengalahkan Eibar 4-2 pada pertandingan terakhir La Liga 2016/2017. Tambahan dua gol itu memastikan Messi telah menorehkan sebanyak 37 gol di La Liga musim ini.Messi telah empat kali menjadi Pichichi dan terakhir kali merasakan gelar itu pada musim 2013. Messi unggul delapan gol dari rekan satu timnya, Luis Suarez, yang mencetak 29 gol dan 12 assist.[suggestedarticle]Kapten Portugal yang membawa Real Madrid juara La Liga, Cristiano Ronaldo (CR7), hanya mencetak 25 gol musim ini untuk berada di urutan ketiga.Iago Aspas dari Celta Vigo di urutan keempat dengan 19 gol, sedangkan striker Atletico Madrid Antoine Griezmann yang diincar beberapa klub elit Eropa termasuk Manchester United, berada di urutan kelima dengan 16 gol.Daftar pencetak gol terbanyak La Liga 2017:Lionel Messi (Barcelona) - 37 GoalsLuis Suárez (Barcelona) - 29 GoalsCristiano Ronaldo (Real Madrid) - 25 GoalsIago Aspas (Celta Vigo) - 19 GoalsAntoine Griezmann (Atletico Madrid) - 16 GoalsAduriz (Ath Bilbao) - 16 GoalsÁlvaro Morata (Real Madrid) - 15 GoalsSandro Ramírez (Malaga) - 14 GoalsNeymar (Barcelona) - 13 GoalsGerard Moreno (Espanyol) - 13 Goals
visibility  1307 kali
Akhirnya, Real Madrid Juara La Liga 2016/2017
Setelah empat tahun lepas, akhirnya Real Madrid kembali menjadi juara La Liga 2016/2017, setelah mengalahkan Malaga 2-0 pada pertandingan terakhir di Stadion La Rosaleda, Minggu (21/5) atau Senin dinihari WIB.Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengunci gelar dengan perolehan 93 poin, hasil dari 29 kemenangan dan enam kali imbang, atau unggul tiga angka dari Barcelona yang finis sebagai runner-up dengan 90 poin.Secara total, Los Galacticos mengumpulkan 33 gelar La Liga, selisih sembilan gelar dari Barcelona. Adapun rival sekota mereka, Atletico Madrid, baru 10 kali menjuarai La Liga.[suggestedarticle]Real Madrid berpeluang mengawinkan gelar La Liga dengan Liga Champions karena akan berlaga di partai final melawan Juventus pada 4 Juni 2017.Real Madrid sudah mencium aroma juara sejak mengalahkan Celta Vigo pada pertengahan pekan ini. Kemenangan itu membuat pasukan Zinedine Zidane unggul tiga poin dari Barcelona.Sedangkan pada malam ini, Real Madrid mengalahkan Malaga dengan skor 2-0, sementara Barcelona bersusah-payah untuk mengalahkan Eibar 4-2.Real Madrid unggul 1-0 lewat gol cepat Cristiano Ronaldo yang tercipta pada menit ke-2 setelah meneruskan umpan Isco.Karim Benzema memastikan Real Madrid menang 2-0 setelah mencetak gol pada menit 55 meneruskan bola dari Raphael Varane.Gelar juara kali ini sekaligus memutus dominasi Barcelona yang memenangi La Liga pada musim 2008–2009, 2009–2010, 2010–2011, 2012–2013, 2014–2015, dan 2015–2016.Susunan pemain:Malaga: Kameni; Miguel Torres, Luis Hernandez, Mikel, Ricca; Recio, Camacho; Keko (Gonzalo Castro 60), Fornals, Jony (Duda 72); Sandro (Charles 69)Real Madrid: Navas; Danilo, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro (Mateo Kovacic 66), Kroos; Isco (James Rodriguez 66); Benzema (Alvaro Morata 73), Ronaldo
visibility  3042 kali
1495405624424 tag