Proyek Ambisius FC Barcelona: Espai Barça

FC Barcelona akan segera mengerjakan proyek stadion baru yang diberi nama Espai Barça. Rencananya stadion ini akan menjadi fasilitas olahraga terbaik dunia yang berada di tengah kota.

Sebelum pengerjaan dimulai, direksi FC Barcelona akan mengajukan referendum kepada member FC Barcelona (socios) pada 5 atau 6 April mendatang. Jika proyek ini disetujui, maka direksi akan segera mempersiapkan pembangunan komplek olahraga diseputaran area Stadion Camp Nou sekarang.

Rencananya, stadion yang akan dibangun diatas lahan Stadion Camp Nou tersebut akan bisa menampung 105.000 penonton.

Bukan hanya stadion, FC Barcelona juga akan membangun dua buah Palau yang bisa menampung sebanyak 12.000, arena ice skating, area komersil dan sosial, perkantoran modern, bangunan Masia yang diperbaiki dan area parkir yang bisa menampung sebanyak 5.000 kendaraan.

Untuk stadion sendiri, direncanakan akan memiliki atap yang menutupi semua tempat duduk. Selain itu, stadion ini akan memakan lahan sebesar 104.000 meter persegi. Berbeda jauh dengan Camp Nou sekarang yang hanya memiliki luas sebesar 40.000 meter persegi.

BACA JUGA: Pique: Saya Senang Cristiano Menang Ballon d'Or

Diperkirakan pembangunan kompleks olahraga ini akan menghabiskan dana sebesar 600 juta euro dan akan dimulai pada tahun 2015 dan rampung pada 2017.

Kala ditanya mengenai pendanaan, wakil presiden FC Barcelona, Javier Faus mengungkapkan jika semua pendanaan akan berasal dari klub dan sponsor.

"Kami tidak akan memberi nama Qatar Airways untuk stadion baru nanti karena Qatar Airways sudah menjadi sponsor di jersey. Sangat penting untuk melakukan diversifikasi," ujar Faus dalam konfrensi pers-nya, Senin (03/02) kemarin.

"Setelah anggota FC Barcelona (socios) memberi persetujuan untuk pembangunan stadion pada referendum nanti, dan memiliki desain stadion, kami akan mencari sponsor." (Foto: Google

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Hasil Liga Spanyol Sabtu (4/11), Top Skor dan Klasemen Sementara
Barcelona kian memantapkan diri di puncak klasemen sementara La Liga usai mengalahkan Sevilla 2-1, Sabtu (4/11). Hasil ini membuat Barca yang diperkuat Lionel Messi mengumpulkan 31 poin.Terpaut empat poin dengan saingan terdekatnya, Valencia yang juga memetik tiga angka setelah menang atas Leganes 3-0. Pada partai lainnya, Atletico Madrid performanya mulai meningkat. Meski menang tipis 1-0, skuat asuhan Diego Simeone ini beranjak ke peringkat ketiga dengan 23 poin. Sedangkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dari Real Madrid, baru menjalani pertandingan pada Senin (6/11) dinihari WIB melawan Las Palmas di Bernabeu. Madrid sementara di urutan keempat dengan 20 angka.BACA JUGA: Brace Paco Alcacer Bawa Barcelona Atasi Sevilla 2-1Hasil Pertandingan Sabtu (4/11):Barcelona 2-1 SevillaGol: Paco Alcacer 23,65 - Guido Pizarro 59Alaves 1-0 EspanyolGol: Christian SantosKartu merah: Mario Hermoso 39Deportivo 0-1 Atletico MadridGol: Thomas Partey 90+1Valencia 3-0 LeganesGol: Parejo 14, Rodrigo 71, Santi Mina 82penReal Betis 2-2 GetafeGol: Sanabria 68, Boudebouz 87-Bergara 18, Portillo 34Jadwal Pertandingan, Minggu (5/11):Levante v Girona FCCelta Vigo v Athletic ClubReal Sociedad v EibarVillarreal v MalagaReal Madrid v Las PalmasKlasemen Sementara Sampai Sabtu (4/11):Top Skor Sementara
  2618 kali
Brace Paco Alcacer Bawa Barcelona Atasi Sevilla 2-1
Barcelona mengatasi perlawanan Sevilla 2-1 di Camp Nou, Minggu (5/11/2017) dini hari WIB. Paco Alcacer menjadi pahlawan kemenangan Blaugrana di pekan ke-11 La Liga.Tuan rumah langsung tancap gas sejak menit pertama. Lionel Messi beberapa kali mendapat kesempatan namun belum berbuah gol.Kedudukan berubah di menit ke-23, Alcacer melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti ke sudut bawah gawang Sevilla yang tak terjangkau David Soria.[suggestedarticle]Sevilla perlahan bangkit mencoba mengimbangi permainan Barcelona. Los Rojiblancos pun tercipta di menit ke-59 ketika Guido Pizarro menyundul umpan dari sepak pojok Ever Banega.Berselang enam menit kemudian, Alcacer membuat publik Camp Nou bersorak saat menuntaskan kesempatan dari jarak dekat menyambut umpan Ivan Rakitic.[suggestedarticle]Barcelona mempertahankan keunggulan 2-1 hingga akhir pertandingan. Tambahan tiga poin untuk tim asuhan Ernesto Valverde mengukuhkan posisi di puncak klasemen dengan 31 poin.Susunan Pemain Barcelona vs Sevilla:Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Umtiti, Alba, Rakitic (Mascherano 90'), Busquets, Iniesta (Paulinho 60'), Suarez, Messi, Alcacer (Deulofeu 66').Sevilla: Soria, Corchia, Kjaer (Geis 73'), Lenglet, Escudero, Banega, N'Zonzi, Pizarro, Navas, Muriel (Ben Yedder 76'), Sarabia (Nolito 62').
  273 kali
Apakah Neymar Akan Kembali ke Barca? Simak Jawaban Valverde
Kunjungan Neymar ke Barcelona dan menyambangi pusat pelatihan klub di Ciutat Esportiva Joan Gamper, pada akhir pekan kemarin langsung mengundang spekulasi. Disebutkan bahwa Neymar ada kemungkinan bakal kembali memperkuat skut Camp Nou.Namun begitu, Entrenador El Barca, Ernesto Valverde, enggan menanggapi serius terkait spekulasi tersebut. Ia pun memilih untuk tak menjawab apapun tentang hal itu."Neymar akan kembali (ke Barcelona)!? Benar-benar sebuah pertanyaan. Saya selalu menyukai pertanyaaan ini. Orang lain suka mencoba dan mendorong saya untuk mengatakan sesuatu," demikian ucap Valverde.[suggestedarticle]"Mari kita lihat apa yang akan terjadi pada masa depan, namun apa yang akan saya katakan? Saya rasa lebih baik jika saya tidak mengatakan apa pun," katanya melanjutkan.Neymar memilih untuk mendatangi markas latihan Barcelona kala dirinya dilarang tampil karena hukuman kartu merah kala Paris Saint Germain menghadapi Marseille pada 23 Oktober lalu. Sontak kedatangannya tersbeut menjadi buah bibir media setempat yang ujungnya berbuha spekulasi bahwa Neymar bakal kembali berseragam Barcelona.[suggestedarticle]Karir Neymar sendiri cukup moncer selama berada di Cataluna. Setidaknya 105 gol telah dicetaknya dari 186 pertandingan yang dimainkan barcelona di semua ajang. Bahkan Neymar ikut serta merayakan dan berjuang dari delapan trofi juara yang digapai Barcelona.Penyerang timnas Brasil itu angkat kaki dari Barcelona dan melanjutkan karier bersama Paris Saint-Germain pada 3 Agustus 2017. Neymar ditebus PSG dengan banderol 222 juta euro (Rp 3,5 triliun).
  1480 kali
Sergio Ramos Tanggapi Selisih 8 Poin Madrid dari Barcelona
Kekalahan Real Madrid 1-2 dari Girona membuat jarak dengan pemuncak klasemen sementara Barcelona semakin jauh. Bagaimana tanggapan kapten Sergio Ramos?Madrid kini berada di peringkat tiga klasemen dengan 20 poin sementara Barcelona unggul dengan 28 poin. Namun, Ramos tetap tenang bahkan untuk menyusul rival abadi mereka.[suggestedarticle]"Kali ini bukan yang pertama di Liga di mana kami bisa mengejar selisih delapan poin," kata Ramos.Pernyataan pemain timnas Spanyol itu merujuk pada sejarah bahwa hanya pernah tiga kali sebuah tim jadi juara setelah tertinggal delapan poin. Salah satunya dilakukan Los Blancos pada 2002/2003."Jadi kami harus belajar dari kesalahan-kesalahan ini sehingga tidak terjadi lagi dan mencoba untuk meraup sebanyak mungkin poin. Dengan jarak ini dan Barcelona tidak banyak kehilangan angka, itu bisa membuat Anda kehilangan gelar juara," lanjut Ramos.
  744 kali
Tinggalkan Camp Nou, Kemana Mascherano Bakal Berlabuh?
Defender Barcelona asal Argentina, Javier Mascherano, sepertinya bakal benar-benar menyudahi karir sepak bolanya di Barcelona. Liga MLS sepertinya telah mantap dipilih Mascherano sebagai tempat melanjutkan karirnya.Setelah tujuh tahun berseregam Barcelona, Mascherano telah ikut aktif membantu tim asal Cataluna itu merengkuh 17 gelar mayor.Tapi, pemain 33 tahun itu untuk musim ini tidak seberuntung pada tahun-tahun sebelumnya. Entrenador Barcelona yang baru, Ernesto Valverde, tak menjadikan Mascherano sebagai pilihan terbaik.[suggestedarticle]Sejauh ini mantan pemain Liverpool dan West Ham United itu baru bermain sebanyak lima liga di pentas La Liga musim ini.Setelah mempelajai tanda-tanda tak lagi dibutuhkan tim, Mascherano pun berniat untuk pergi. Kabarnya, pemain plontos itu telah menemui Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, yang intinya menyampaikan keinginan pergi dari Camp Nou.Namun ia berjanji tidak akan bermain di klub lain di La Liga dan ia akan pergi jauh dari Spanyol.[suggestedarticle]Menurut laporan tersebut, beberapa klub dari Tiongkok dan Qatar memberikan penawaran menggiurkan untuk sang pemain. Namun Mascherano sendiri kabarnya lebih memilih untuk bermain di Amerika Serikat.
  556 kali
Real Madrid Kalah atas Klub Promosi Girona, Kian Tertinggal dari Barcelona
Kejutan terjadi pada persaingan Liga Spanyol, di mana Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menelan kekalahan atas tim promosi Girona 2-1 di Stadion Municipal de Montilvi, Senin (30/10) dinihari WIB.Bagi Madrid ini adalah kekalahan kedua dalam musim ini yang membuat mereka tertinggal kian jauh dengan saingan bebuyutannya, Barcelona. Barca kini mengumpulkan 28 poin di puncak klasemen, sedangkan Madrid dengan 20 poin di peringkat ketiga, sama dengan Atletico Madrid.BACA JUGA: Gol Messi dan Paulinho Perkokoh Barcelona di Puncak Klasemen La LigaMemainkan semua pemain topnya seperti CR7, Karim Benzema, Luca Modric, Toni Kroos, Marceloa, Sergio Ramos dan Varane, Madrid memang menguasai jalannya permainan. Bahkan mereka sempat unggul pada menit 12 lewat gol yang diciptakan Isco.Namun tuan rumah yang baru promosi ke kasta tertinggi La Liga ini, tak mau mengalah. Mereka bangkit pada babak kedua dengan membalas dua gol dari Cristian Situani menit 54 dan Cristian Portu menit 56. Kemenangan ini membawa Girona ke peringkat 12 dengan 12 poin. Mereka baru mencatat tiga kemenangan, tiga kali imbang dan empat kali kalah.
  2139 kali
La Liga Coba Teknologi VAR Musim Depan
Teknologi bantuan video atau Video Assistant Referee (VAR) akan dipakai oleh kompetisi sepakbol Spanyol yakni La Liga pada musim depan.La Liga akan mengikuti Serie A Italia dan Bundesliga Jerman yang lebih dulu memakai VAR pada musim ini.Sejak tahun ini FIFA telah mengenalkan teknologi VAR, dimana wasit akan terbantu dengan adanya tayangan ulang dalam mengambil keputusan krusial. Mulai dari hadiah pinalti, pelanggaran dan juga keputusan pengesahan gol.La Liga akan menggunakan teknologi VAR mulai musim 2018/2019, hal itu diutarakan presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Juan Luis Larrea."Musim depan, itu orientasi kami. Teknologi sudah datang di sepakbola dan anda harus bisa menerimanya," Larrea mengatakan seperti dikutip dari Sky Sports.[suggestedarticle]La Liga menjadi salah satunya liga top Eropa yang bahkan belum menggunakan teknologi garis gawang untuk membantu jalannya pertandingan. Rencananya untuk VAR nanti, mereka akan mengujinya dulu di lebih dari 70 pertandingan. Selain La Liga, Liga Primer Inggris juga masih belum menggunakan teknologi itu.
  442 kali
Sponsor Baru Siap Banjiri Keuangan Barca, Tapi Nama Camp Nou Harus Diubah
Cataluna Radio mengutip pemberitaan dari Daily Mail bahwa Barcelona di ambang kesepakatan dengan sponsor baru dengan nilai yang luar biasa. Tapi sebagai konsekuensinya, klub tempat Lionel Messi dan kolega bermain itu harus merelakan stadion kebanggaan mereka berubah nama.Salah satu perusahaan farmasi di Spanyol, Grifols, seperti yang disampaikan Cataluna Radio, bakal menjadi sponsor baru bagi El Barca.Konon, Grifols bakal mengguyur kas keuangan Barcelona sebesar 304 juta pounds atau senilai dengan Rp 5,5 triliun. Rencananya kesepakatan tersebut bakal berlangsung selama 30 tahun dan menjadi yang kesepakatan sponsor terbesar yang pernah ada.[suggestedarticle]Meski bakal menggelontorkan uang yang tidak sedikit, pihak Grifols mengakui tak akan menggeser posisi Rakuten yang kini jadi sponsor utama di jersey Messi cs. Akan tetapi, Grifols menghendaki nama brand-nya terpampang sebagai nama stadion kandang Barca. Jika sebelumnya stadion tempat Barcelona menggelar partai kandnag dikenal dengan sebutan Camp Nou, maka kedepannya bakal menjadi Camp Nou Grifols.[suggestedarticle]Dana yang didapat dari sponsor baru tersebut akan digunakan untuk merenovasi Camp Nou dan juga untuk memberi Messi kontrak baru.Sejauh ini Messi memang belum juga menandatangani kontrak baru yang konon telah tercapai kata sepakat. karena hal itu pula, masa depan Messi di Barcelona pun terus dispekulasikan.
  1956 kali
Pochettino: Tottenham Hanya Fokus di Dua Ajang
Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino mengaku timnya hanya akan fokus di dua ajang yakni Liga Primer Inggris dan Liga Champions pada musim ini.Spurs akan tampil di babak keempat Piala Liga, menghadapi West Ham United di Wembley Stadium, Kamis dinihari nanti, 26 Oktober 2017 (02.00 WIB).Namun Pochettino tak menampik bahwa trofi Piala Liga tentu akan menambah pencapaian dirinya dan tim selama ini."Target kami menjuarai Liga Primer Inggris dan Liga Champions," kata manajer asal Argentina."Semua manajer ingin jadi juara. Juara Piala FA? Luar biasa. Juara Piala Liga? Tentu saja saya mau. Tapi, itu tidak akan mengubah kehidupan di Spurs," jelasnya.[suggestedarticle]Dia mengatakan, kehidupan di Spurs baru bisa berubah jika berhasil menjuarai Premier League dan Liga Champions. Sebab, Spurs tidak akan dipandang remeh lagi jika bisa juara."Saya sangat ingin menjuarai trofi apapun di dunia ini. Tapi, sukses yang benar-benar mengubah hidup kami adalah jika bisa juara Liga Primer dan Liga Champions," tegasnya.Pochettino diprediksi akan menurunkan tim lapis keduanya pada ajang Piala Liga. Apalagi mereka sudah ditunggu oleh Manchester United akhir pekan ini di kancah Liga Primer.
  559 kali
Barcelona Pilih La Liga Setelah Merdeka
Barcelona tidak ingin berkompetisi di negara lain. Bahkan andai Catalan merdeka Blaugrana memilih untuk bersaing di La Liga.Referendum Catalan memunculkan spekulasi tentang kompetisi yang akan diikuti Barcelona andai Spanyol tidak mengizinkan mereka bersaing di La Liga. Hal ini sempat disampaikan oleh Presiden La Liga Javier Tebas.[suggestedarticle]Namun, tampaknya dialog sudah dilakukan di mana kedua belah pihak merasa ada hubungan mutualisme. Menteri Olahraga Catalan Gerard Figueras optimistis Barcelona tetap menjadi pesaing di La Liga.Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengamini sikap pemerintah Catalan untuk mencari solusi terbaik bagi Lionel Messi dan kawan-awan."Saya bilang kami ingin terus main di La Liga dan sekarang keikutsertaan di La Liga sudah dijamin. Ada situasi saling menguntungkan antara La Liga dan Barcelona jika kami tetap di sini," kata Bartomeu dikutip dari ESPN FC.
  3138 kali
1508662802188 tag