(Foto: Bolalob)

Biar Jago: 6 Tips Bermain Futsal Di Bulan Puasa

Biar Jago adalah rubrik yang membahas khusus tips dan trik yang dapat menambah kemampuan kami semakin jago saat bermain futsal, tapi tidak hanya tips dan trik berupa skill, tapi juga mulai dari persiapan dan saat bermain.

Biar jago kali ini akan membahas tips bermain futsal di bulan ramadhan. Bulan puasa alias bulan Ramadhan telah tiba. Kegiatan fisik di siang hari pun berusaha dihindari oleh banyak orang yang berpuasa, termasuk berolahraga fisik.

Bagi yang suka olahraga futsal tentu menjadi tantangan tersendiri untuk tetap rutin bermain futsal pada bulan puasa ini. Olahraga sebenarnya tidak dilarang saat berpuasa, tapi tentunya dengan beberapa keterbatasan.

Berikut adalah beberapa tip yang dapat dipertimbangkan untuk tetap bermain futsal di bulan puasa ini.

  1. Cobalah lakukan olahraga futsal satu atau dua jam jelang waktu berbuka. Anggaplah itu di jam 4 atau 5 sore. Jadi, begitu selesai futsal langsung berbuka.
  2. Disaat berbuka jangan langsung minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus. Minumlah secara perlahan agar tidak mengagetkan lambung dan tenggorokan yang kering sepanjang hari, terlebih setelah berolahraga.
  3. Dapat pula lakukan futsal setelah beribadah salat taraweh. Hal ini juga bermanfaat untuk membakar kalori setelah makan banyak saat berbuka.
  4. Selesai bermain futsal diwaktu malam tetap jaga asupan minuman agar tidak minum dalam jumlah banyak sekaligus. Minumlah perlahan-lahan agar tidak menyakiti lambung.
  5. Jaga kuantitas waktu bermain. Jika saat hari biasa mampu bermain 20-40 menit nonstop. Saat bulan puasa ini kurangi hingga 10 menit nonstop kemudian beristirahat, tapi Anda dapat melakukan ini berulangkali hingga Anda merasa sudah cukup bermain futsal.
  6. Satu hal yang harus diperhatikan adalah selalu lakukan pemanasan dan pendinginan setelah bermain futsal. Jangan lupa jaga asupan minuman agar tidak dehidrasi dan malah menjadi sakit.

Kata siapa dibulan puasa tidak boleh bermain futsal? Coba saja ikuti tips diatas. Kasihan juga jika bulan puasa main futsalnya puasa juga. Tempat futsal bisa tidak kebagian rezeki dong.

Jangan lupa baca rubrik biar jago lainnya di sini.
editTerakhir diubah:  07/06/16 - 15:50

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Begini Jadinya Lebaran Ala Anak Futsal
Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia, termasuk pecinta futsal.Namanya main futsal pasti sering berbuat salah dengan melanggar lawan atau emosi karena permainan kasar. Nah, di hari yang fitri ini tidak ada salahnya untuk saling maaf memaafkan.[suggestedarticle=3]Seperti lebarannya anak futsal ala Jadi Anak Futsal berikut ini.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]   Namanya perasaan kadang kesel aja sama lawan di lapangan. Coba tag teman ataupun lawan di dalam ataupun di luar lapangan yang mungkin dulu pernah ada masalah sama kamu. Di hari yang suci ini, kita mulai dari nol ya. Tag sekarang! ______ Tim Bolalob dan #JadiAnakFutsal mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Selamat hari raya Idul Fitri 1439 H #IdulFitri1439H A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 14, 2018 at 5:36am PDT Anda jago pengetahuan Sepakbola Dunia? Ikut yuk kuis ini berisi tebak-tebakan pertandingan Pesta Bola di Rusia. Dengan menebak pemenang dan menebak siapa yang bermain, kamu bisa bawa pulang Hadiah utama Motor Honda Vixion setelah Pesta Bola Selesai! Ayo Uji Naluri Kamu di Takatik Bola dan mainkan Takatik Bola dengan klik gambar dibawah ini! Ada juga puasanya ala anak futsal   Sebagai anak futsal sejati, pasti ada aja aktivitas yang bikin batal puasa. Nah coba tag temen kamu yang gampang banget kegoda buat ngelakuin hal yang bikin batal puasa! 😂 __ Batalnya Anak Futsal! - #JadiAnakFutsal Video Series terbaru yang membahas fenomena yang biasa terjadi terhadap anak futsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 13, 2018 at 2:35am PDT
  660 kali
Citra Adisti Selalu Menantikan Opor Ayam di Hari Raya Idul Fitri
Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia, tidak terkecuali bagi Citra Adisti.Citra tahun ini berlebaran bersama keluarga besarnya di Pagaralam, Sumatra Selatan. Ia pun mengakui jika dirinya dan keluarga sudah sangat dinanti-nanti.[suggestedarticle=3]"Iyah, kumpul semuanya di Pagaralam. Sudah dinanti-nanti sama keluarga disana," ungkap Citra kepada Bolalob.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Tak lupa CItra juga punya makanan favorit di Hari Raya Idul Fitri ini. "Favorit saya tetap opor sama rendang," jawabnya."Kalau opor-kan memang makanan yang dtunggu-tunggu pas lebaran, kalau rendang memang sudah makanan favorit," pungkasnya. Anda jago pengetahuan Sepakbola Dunia? Ikut yuk kuis ini berisi tebak-tebakan pertandingan Pesta Bola di Rusia. Dengan menebak pemenang dan menebak siapa yang bermain, kamu bisa bawa pulang Hadiah utama Motor Honda Vixion setelah Pesta Bola Selesai! Ayo Uji Naluri Kamu di Takatik Bola dan mainkan Takatik Bola dengan klik gambar dibawah ini!
  639 kali
Lebaran Tahun Ini, Citra Adisti Kembali Jalani Ritual Mudik
Jelang Hari Raya Idul Fitri tentu saja mudik ibarat menjadi ritual wajib yang dilakukan para perantau.Tak terkecuali kiper nomor satu Timnas Futsal Putri Indonesia saat ini, Citra Adisti. Citra mengatakan jika dirinya mudik ke Pagaralam, Sumatra Selatan.[suggestedarticle=3]"Kami mudik sekeluarga ke Pagaralam, Sumatra Selatan. Ayah maksa saya harus pulang katanya mudik sekeluarga," ungkap Citra kepada Bolalob.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Biasanya naik mobil, tapi sekarang sudah ada pesawat. Transit ke Palembang dulu baru kemudian ke Pagaralam. Jarak Palembang ke Pagaralam kurang lebih 6 jam (naik mobil)," lanjutnya."Sudah ditunggu sama keluarga disana," pungkasnya.   Salah satu turnamen futsal tertua di Asia, Al Roudan Tournamet yang digelar di Kuwait, belum berhenti mendatangkan bintang dan legenda sepakbola untuk menarik perhatian penonton. Pada laga Sabtu (9/6), laga eksebisi futsal turnamen yang digelar sejak 1979 ini mendatangkan salah satu legenda sepakbola Brazil dan AC Milan, Ricardo Kaka. Selain menciptakan beberapa umpan berkelas, Kaka juga mencetak satu gol dan satu assist di laga eksebisi tersebut. Keren juga nih Kaka main futsalnya. #Kaka #Futsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 10, 2018 at 2:19am PDT
  354 kali
Pemain Terbaik WPFL 2018 Ini Mudik yang Dekat-dekat Saja
Jelang Hari Raya Idul Fitri tentu saja mudik ibarat menjadi ritual wajib yang dilakukan para perantau.Tak terkecuali pemain terbaik Women Pro Futsal League (WPFL) 2018, Novita Murni Piranti. Meski mudik yang ia jalanin tidak terlalu jauh hanya dari Bandung, Jawa Barat ke Cipanas, Puncak Bogor.[suggestedarticle=3]"Mudik Ke Puncak, daerah Cipanas dekat Istana Presiden," ungkap Novita kepada Bolalob.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Mudik yang dekat-dekat saja biar ga kena macet. Kemarin di jemput orang tua dari Bandung," pungkasnya.Novita sendiri memang banyak tinggal di Bandung karena dirinya membela UPI di Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 kemarin. Selain itu, dirinya juga memang mengambil pendidikan di UPI.   Salah satu turnamen futsal tertua di Asia, Al Roudan Tournamet yang digelar di Kuwait, belum berhenti mendatangkan bintang dan legenda sepakbola untuk menarik perhatian penonton. Pada laga Sabtu (9/6), laga eksebisi futsal turnamen yang digelar sejak 1979 ini mendatangkan salah satu legenda sepakbola Brazil dan AC Milan, Ricardo Kaka. Selain menciptakan beberapa umpan berkelas, Kaka juga mencetak satu gol dan satu assist di laga eksebisi tersebut. Keren juga nih Kaka main futsalnya. #Kaka #Futsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 10, 2018 at 2:19am PDT
  285 kali
Menyehatkan! Begini Acara Ngabuburit Ala Pemain Terbaik Pro Futsal League 2018
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk pemain terbaik Pro Futsal League (PFL) 2017 dan 2018, Muhammad Iqbal Iskandar.Meski berpuasa, pemain yang membela Vamos Mataram ini tetap berolahraga. Bahkan dirinya selalu ngabuburit dengan cara berolahraga ringan."Selama ibadah puasa paling sorenya conditioning-conditioning saja sambil ngabuburit menunggu waktu buka," ungkapnya kepada Bolalob.[suggestedarticle=3][pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Kalau di rumah biasanya skippingan, juggling, kadang janjian juga sama temen buat jogging sore," lanjutnya."Kalau main futsal suka sehabis teraweh karena banyak teman juga di Bogor, dari temen sekolah, temen kumpul bareng gitu buat sekadar fun futsal," pungkasnya.
  800 kali
Bulan Puasa, Wonderkid Futsal Asal Medan Ini Malah Sibuk Berolahraga
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk wonderkid futsal Indonesia asal Medan, Sauqy Saud Lubis.Meski berpuasa, pemain yang membela Black Steel Manokwari ini tetap berolahraga. Bahkan dirinya lebih sibuk di bulan puasa akrena banyak berolahraga selepas ibadah tarawih."Main futsal bareng teman-teman sesudah sholat tarawih," ungkap Sauqy kepada Bolalob tentang kegiatannya selama bulan puasa. [suggestedarticle=3][pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Kadang joging seminggu dua kali. Tapi, kalau malam selalu ada kegiatan, seperti main futsal, takraw, dan juga bulu tangkis," pungkasnya.
  484 kali
Ini Waktu Berolahraga yang Tepat di Bulan Puasa
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk para pemain futsal.Meski berpuasa, olahraga tentu saja tetap harus dilakukan demi menjaga kondisi bagi pemain futsal. Meski ada kendala soal tidak bisa makan dan minum, tapi ternyata berolahraga di bulan puasa tetap bisa dilakukan.Hal tersebut disampaikan oleh dr. Boedi Suprapti, dokter Timnas Futsal Indonesia. Ia menyatakan jika olahraga di bulan puasa bisa dilakukan dengan pemilihan waktu yang tepat, dan juga jenis olahraga yang dilakukan.[suggestedarticle=3][pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"30 menit sebelum buka puasa dengan jenis olahraga yang ringan-ringan saja, santai," ungkapnya kepada Bolalob.Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan, seperti joging dan bermain futsal ringan jelang berbuka.
  664 kali
TC di Bulan Puasa, Ini Cara Kiper SKN FC Kebumen Jaga Kondisi
Iksan Rahadian untuk kedua kalinya menjalankan pemusatan latihan (TC) di bulan puasa untuk berlaga di AFF Futsal Club Championship 2018.Pertama kali Iksan TC di bulan puasa saat membela Black Steel Manokwari di edisi 2016, dan kini bersama SKN FC Kebumen di edisi 2018.Iksan pun megakui jika latihan di bulan puasa memang selalu berat, tapi sejauh ini lancar-lancar saja. Ia sudah tahu cara untuk menjaga kondisi selama latihan di bulan puasa.[suggestedarticle=3]"Alhamdulillah, berjalan lancar walaupun puasa," ungkapnya kepada Bolalob.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Caranya jaga kondisi kesehatan badan, soalnya-kan latihan malamnya baru selesai jam 11-12an, jadi kurang tidur," lanjut Iksan."Jaga kondisi dengan minum vitamin, sama habis Subuh mau ga mau tidur lagi," pungkasnya.
  378 kali
Taktik Mencetak Gol, Pilih Counter Attack atau Power Play?
Kunci dari permainan futsal adalah bagaimana mencetak gol, dan banyak pula taktik yang digunakan untuk mencetak gol.Dari beberapa taktik mencetak gol, ada dua taktik yang sering digunakan, yaitu taktik counter attack alias serangan balik dan taktik power play. Taktik yang menggunakan kiper untuk membantu serangan ke daerah pertahanan lawan.[suggestedarticle=3]Jika counter attack lebih memanfaatkan kecepatan pemain untuk melakukan serangan cepat memanfaatkan kelengahan dan kekurangan juga pemain barisan pertahanan lawan. Taktik power play menggunakan penguasaan bola dengan unggul jumlah pemain.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Kedua taktik tersebut pun sering kali menjadi kunci kemenangan tim yang menggunakannya. Kira-kira taktik apa yang tim kalian sering lakukan, apakah counter attack atau power play?   Coba kalian #PilihSatu! Counter Attack apa Powerplay? #bolalob A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 1, 2018 at 6:56am PDT
  726 kali
Inilah Tips Berbuka Puasa Ala Ardiansyah Runtuboy
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk pemain idola asal Papua, Ardiansyah Runtuboy.Meski berpuasa, pemain yang membela Black Steel Manokwari ini tetap berolahraga. Selepas berolahraga dirinya pun memiliki menu favorit selama berbuka, yaitu es pisang ijo.[suggestedarticle=3]Runtuboy sendiri memiliki cara tersendiri mengenai menu berbuka puasa. Berikut tips berbuka ala wonderkid futsal Indonesia ini.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]"Berbuka biasa dengan es pisang ijo, terus lanjut nanti makan lagi habis tarawih," ungkapnya kepada Bolalob."Makan nasi biar tenaga kembali lagi," pungkasnya menutup tips dirinya saat berbuka puasa.
  478 kali
1527828601759 tag