(Foto: bolalob)

Biar Jago: 5 Tips Menekuk Lawan Ala Bambang Bayu Saptaji

Siapa yang enggak kenal Bambang Bayu Saptaji. Salah satu pemain futsal papan atas di Indonesia ini terkenal lewat gerakan lincah dan kecerdikannya untuk mencari celah di pertahanan lawan.

Salah satu ciri khas Bayu saat bermain di lapangan adalah gerakan mengecoh bola dengan cara menekuk kaki untuk merubah arah bola. Gerakan ini seringkali membuat Bayu keluar dari tekanan lawan, bahkan membuka peluang mencetak gol.

Meski merupakan salah satu ciri khasnya, tapi Bayu enggak pelit Ilmu. Dirinya membagikan lima tips agar kalian bisa meniru gerakan tekuk bola ala pemain Vamos Mataram ini. Berikut ulasannya.

1. Atur jarak



Menurut Bayu, sangat penting untuk memperhatikan jarak lawan yang menghadang. Jangan terlalu dekat agar bola tidak terebut. Selain itu menjaga jarak ini juga bisa membuat kamu melakukan gerakan mengecoh agar lawan sulit mengambil bola.

2. Perhatikan keseimbangan lawan



Perhatikan pula keseimbangan lawan. Proses tekuk bola ini akan sukses jika kamu jeli memperhatikan lawan. Jika posisi lawan tidak seimbang di situlah waktu kamu menekuk bola dan melewatinya.

3. Pintar cari lawan



Sekali lagi, penting untuk memperhatikan lawan. Menurut Bayu, kamu harus pintar cari lawan yang bisa dilewati. Misalnya cari lawan yang konsentrasinya lemah atau fisiknya sedang tidak fit.

4. Perbanyak skill individu



Perbanyak mempelajari gerakan-gerakan variasi seperti feinting, gerakan samba dan gerakan lainnya yang menunjang aksi tekuk bola kamu.

5. Gerakan setelahnya


Jangan sampai gerakan tekuk bola kamu sia-sia. Menurut Bayu, penting untuk mengasah kecepatan dan finishing. Jadi setelah menekuk bola kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. Bisa dengan kecepatan mendribble bola atau langsung mengarahkan bola ke gawang.

Semoga lima tips di atas membantu mengembangkan performa kamu di lapangan futsal supaya bisa jadi pemain hebat seperti Bambang Bayu Saptaji ya!
editTerakhir diubah:  30/06/16 - 14:04

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(3)


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini Kapten Vamos Mataram di Pro Futsal League 2018
Vamos Mataram mempunyai kapten baru pasca ditinggal oleh Ilham Ramadhyan Putra ke Mataram FC NTB.Pada musim ini, anchor Vamos Mataram, Sunny Rizky Suhendra, didaulat menjadi kapten Vamos di PFL 2018 yang berpredikat sebagai juara bertahan. Ini merupakan musim ketiga Sunny bersama tim asal pulau Lombok tersebut.[suggestedarticle=3]Sedangkan untuk deputi kapten pertama adalah pemain senior Nur Ali, dan deputi kapten dua Bambang Bayu Saptaji. Ketiga pemain ini bakal memimpin rekan-rekannya selama gelaran PFL 2018 berlangsung.Vamos Mataram berada di grup A PFL 2018 dan punya tugas cukup berat untuk mempertahankan gelar Pro Futsal League musim ini.
  3927 kali
Video Set Piece Futsal Kocak Ini Patut Dicoba Buat yang Anti Mainstream
Futsal modern saat ini benar-benar memanfaatkan setiap set piece yang diperoleh untuk dimaksimalkan menjadi sebuah gol. Nah, berikut ini ada trik set piece futsal yang tak terduga. Bikin ketawa, tapi gol. Berikut trik set piece kacau tersebut yang bisa dijadikan acuan untuk dilatih dan digunakan dalam pertandingan.[suggestedarticle=3]   👥Marque os parceiros para ensaiar 😂 ➡ Acompanhe o canal do YouTube do BR Futsal! Com várias dicas para melhorar seu jogo! 📽 Inscreva-se em nosso canal: http://bit.ly/2ySRgkN 🎞 YouTube.com/brfutsal 👤@billybrfutsal . . . . . . #brfutsal #golazo #gol #caneta #futsal #falcão #futsala #futsal #futebol #futbol #falcao #fussball #football #gol #golazo #golaço #nutmeg #caneta #caño #sepatufutsal #drible #jogadaensaiada A post shared by FUTSAL - Os Melhores Vídeos! (@brfutsal) on Jan 16, 2018 at 9:39am PST
  1618 kali
Jadi Anak Futsal: 5 Mobile Games Ini sedang Dimainkan Anak Futsal Kekinian
Rubrik Jadi Anak Futsal adalah kolom yang membahas tentang kebiasaan, serba-serbi serta tips dan trik agar para pembaca bisa menjadi anak futsal yang sebenarnya.Anak muda zaman sekarang bisa dikatakan sudah tidak bisa lepas dari gadget atau smartphone. Termasuk anak futsal yang juga banyak menggunakan smartphone di kesehariannya.Selain menjadi alat komunikasi, smartphone juga identik dengan berselancar di dunia maya dan juga bermain game. Nah, untuk yang terakhir ini banyak anak futsal menggunakan smartphone untuk bermain game mobile. Selain untuk mengisi waktu laung terutama saat menunggu waktu latihan bisa juga untuk saling berkompetisi sesama anak futsal.[suggestedarticle=3]Berikut 5 game mobile populer yang ada di Indonesia. Anak futsal patut mencobanya bahkan sudah ada pemain futsal yang kecanduan bermain game ini.1. Clash of ClansClash of Clans (COC) adalah game strategi yang dalam game ini, kamu akan berperan sebagai pimpinan untuk membangun dan membuat pasukan melindungi desa atau menyerang desa lain. 2. MOBA Mobile Legend: Bang BangMobile Legends: Bang Bang merupakan game jenis multiplayer online battle arena (MOBA). Game ini menampilkan beberapa permainan pertempuran lima lawan lima, pertarungan classic 3-lane, dan pertandingan negara melawan negara. Kamu harus memilih hero untuk membangun tim sempurna dengan pemain lainnya untuk mengalahkan tim lawan. Permainan cukup menarik dengan gamer harus saling bekerjasama, melancarkan strategi untuk menghancurkan menara lawan.3. Clash RoyaleClash Royale merupakan game yang menggabungkan permainan RTS dan MOBA dengan sebuah permainan kartu. Dibuat oleh perusahaan yangs ama dengan pembuat pembuat Clsh of Clans. Kamu akan berperan sebagai pimpinan untuk membuat pasukan melindungi tower dan istana kamu dan juga menyerang tower dan istana lawan untuk emraih kemenangan.[suggestedarticle]4. Vainglory Arena of ValorArena of Valor (AOV) game multiplayer 5v5 yang hampir mirip dengan MOBA Mobile Legend. Kamu harus memilih hero untuk bekerja sama dengan pemain lainnya untuk mengalahkan tim lawan. 5. Ludo KingSiapa yang tidak kenal dengan permainan ludo. Jika dahulu dimainkan dalam bentuk board game, kini ludo masuk ke dunia maya dan bisa dimainkan secara mobile. Permainan ini bisa dimainkan 2 hingga 4 pemain atau melawan komputer. Tujuan dari game ini cukup sederhana, setiap pemain mendapatkan 4 token, token ini harus memutari papan sepenuhnya lalu berhasil tiba di garis akhir. Siapa pun yang mendapatkan keempat token hingga akhir terlebih dahulu adalah pemenangnya. Semua game di atas sudah tersedia di Play Store Android dan App Store untuk iOS.
  740 kali
Tips Futsal Ala Idola: 2 Cara Semakin Jago Futsal Ala Ardy Dwi Suwardy
Tips ala idola adalah rubrik yang membahas khusus tips dan trik yang diberikan oleh para pemain futsal terkenal di tanah air tentang keahliannya bermain futsal.Kali ini, Biar Jago akan membahas tips bagaimana bisa semakin jago bermain futsal dari salah satu pemain terkemuka di futsal Indonesia, Ardy Dwi Suwardy atau lebih dikenal dengan nama Ardy Jawa. Pada tips kali, mantan penggawa Vamos Mataram yang kini membela My Futsal Cosmo FC Jakarta akan memberikan tipsnya bagaimana dirinya bisa jago seperti sekarang ini.[suggestedarticle=3]Berikut tips semakin jago futsal ala Ardy Dwi Suwardy.1. Berlatih sendiri saat libur."Mungkin kalau ada libur coba buat latihan sendiri," ungkap pemain asal Bandung ini kepada Bolalob.2. Ikut tim dan banyak pertandingan."Ikut-ikut tim dan pertandingan, sekarang akses futsal mudah dari tim akademi hingga ke senior," pungkasnya.
  596 kali
VIDEO: Set Piece Futsal nan Cerdik yang Patut Dicoba
Futsal modern saat ini benar-benar memanfaatkan setiap set piece yang diperoleh untuk dimaksimalkan menjadi sebuah gol. Berikut adalah salah satu trik set piece yang bisa dijadikan acuan untuk dilatih dan digunakan dalam pertandingan.[suggestedarticle=3]   👥 Marque os parceiros para fazer! ➡ Acompanhe o canal do YouTube do BR Futsal! Com várias dicas para melhorar seu jogo! 📽 Inscreva-se em nosso canal: http://bit.ly/2ySRgkN 🎞 YouTube.com/brfutsal 👤@billybrfutsal . . . . . . #brfutsal #golazo #gol #caneta #futsal #falcão #futsala #futsal #futebol #futbol #falcao #fussball #football #gol #golazo #golaço #nutmeg #caneta #caño #sepatufutsal #drible #jogadaensaiada A post shared by FUTSAL - Os Melhores Vídeos! (@brfutsal) on Jan 14, 2018 at 9:12am PST
  783 kali
Biar Jago: Inilah 5 Cara Biar Jadi Pemain Pro Futsal League
Biar Jago adalah rubrik yang membahas khusus tips dan trik yang dapat menambah kemampuan kami semakin jago saat bermain futsal, tapi tidak hanya tips dan trik berupa skill, tapi juga mulai dari persiapan dan saat bermain.Kali ini rubrik biar jago akan membahas bagaimana caranya bisa berlaga di liga futsal profesional Indonesia atau Pro Futsal League (PFL). PFL merupakan kasta tertinggi kompetisi futsal Indonesia yang dijalankan secara profesional dan tahun 2018 akan kembali digelar.[suggestedarticle=3]Berikut Bolalob berikan bagaimana caranya berlaga di PFL.1. Ikut seleksi tim PFLBiasanya jelang liga dimulai atau dipertengahan musim ketika bursa transfer dibuka, tim-tim liga pro ada yang menyelenggarakan seleksi. Disinilah kesempatanmu untuk membuktikan diri jika memang pantas bermain diliga pro, tentunya dengan lolos seleksi dari tim tersebut.2. Berprestasi di level sekolah dan perguruan tinggiPemain liga pro tidak harus yang telah lulus tingkat sekolah atau perguruan tinggi. Terkadang yang masih sekolah dan kuliah pun bisa menjadi pemain liga pro, tentunya dengan berpresatsi di turnamen level sekolah dan perguruan tinggi. Siapa tahu saja menarik minat pelatih klub liga pro untuk merekrutmu. 3. Berprestasi di level turnamen tarkamSelain kompetisi sekolah dan juga perguruan tinggi, ada satu jenis turnamen yang dapat digunakan untuk mempromosikan kemampuanmu, yaitu turnamen tarkam. Semakin sering juara di turnamen jenis ini tentunya membuat namanya semakin terkenal dan dipastikan menarik minat pelatih klub liga pro.4. Ikut akademi tim liga proTerkadang klub liga pro memiliki akademi dan ini bisa dijadikan sebagai batu loncatan. Ikutlah akademinya dan tunjukkan kemampuannmu siapa tahu saja dipromosikan ke tim utama untuk bermain di liga pro.5. Direkomendasikan oleh pelatihTerkadang pelatih klub liga pro sering meminta saran atau bertanya kepada pelatih-pelatih lain, baik amatir maupun pro jika ada pemain yang direkomendasikan untuk bermain di liga pro. Jadi, jika kamu ikut klub futsal berlatih dan tunjukkanlah kemampuanmu di setiap pertandingan. Siapa tahu saja pelatihmu merekomendasikanmu ke sebuah klub liga pro.[suggestedarticle]Jika kelima cara diatas kamu belum berhasil juga. Cara terakhir ini bisa menjaminmu bermain diliga pro, buatlah tim liga pro sendiri. Bisa membeli sebuah klub liga pro yang sudah ada, atau lewat jalur promosi dari Liga Futsal Nusantara. Tentunya biaya tidak sedikit, tapi jika berkeinginan kuat dan ingin bermain di liga pro kenapa tidak.Keterangan:Cara terakhir hanya diperuntukkan yang mempunyai dana berlebih bukan hasil korupsi, mencuri dan yang lainnya tanpa merugikan orang lain.
  6007 kali
Sejarah Futsal: Indonesia Futsal League 2013, Gelar Ketiga Electric PLN
Liga futsal profesional Indonesia akan kembali digelar pada 2018 ini dengan nama Pro Futsal League (PFL) 2018.Tahun 2013 adalah musim ketujuh bergulirnya Indonesia Futsal League (IFL). Musim ini IFL diadakan sebanyak 3 seri di 3 kota, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan final four di Jakarta. Sayangnya, terjadi kekisruhan di Badan Futsal Nasional (BFN) dengan beberapa klub peserta di musim sebelumnya. Imbasnya, juara bertahan IPC Pelindo II Jakarta tidak ikut serta, termasuk beberapa klub lainnya dan hanya menyisakan dua klub yang bersedia ikut, Electric PLN Cosmo Jakarta dan Futsal Kota Bandung.BFN pun akhirnya mengadakan play off untuk mencari peserta hingga akhirnya mendapat lima tim baru yang akan berlaga di musim 2013. Tujuh tim tersebut adalah MFA Pinky Boys Makassar, Anker FC Mataram, Tifosi Baskhara Surabaya, FC Libido Bandung, Pertamina Energy FC Jakarta, Electric PLN Cosmo Jakarta, dan Futsal Kota Bandung (FKB).Empat tim memastikan diri lolos ke final four yang berlangsung di Istora Senayan pada 11-13 Mei, yaitu Electric, FKB, Tifosi Baskhara, dan MFA Pinky Boys. Electric berhasil melaju ke final setelah menang agregat atas Tifosi Baskhara dengan skor 9-8. Laga pertama imbang 3-3, dan laga kedua menang 6-5. Sementara, FKB menang agregat atas MFA Pinky Boys dengan skor 14-8. Leg pertama menang 5-4 dan leg kedua kembali menang 9-4.[suggestedarticle=3]Di babak final, terjadi laga seru antara Elecric menghadapi FKB. Pertandingan langsung berjalan ketat sejak awal laga. Elecric dimotori pergerakan Fuji dan Ardy Dwi sedangkan FKB dipimpin oleh Andri Kustiawan. Kedua tim pun silih berganti melakukan serangan, namun ketangguhan masing-masing kiper dibawah mistar gawang membuat gol sulit sekali tercipta.FKB dan Electric beberapa kali menciptakan peluang emas, tapi pemain kedua tim tidak mampu memanfaatkan peluang tersebut. Baik Ardy Dwi dan Andri beberapa kali merepotkan pertahanan lawannya masing-masing. Akhirnya, gol yang ditung-tunggu datang juga. Satu menit jelang babak pertama usai FKB membuka keunggulan melalui sepakan Reza yang sempat menyentuh pemain Electric yang merubah lajur bola melesat masuk kegawang Electric. Skor 1-0 untuk keunggulan FKB atas Electric bertahan hingga babak pertama usai.Pada babak kedua, Electric yang tertinggal langsung mengambil inisiatif serangan. Dimotori oleh Ardy dwi beberapa kali mereka membahayakan gawang FKB. Pada menit ke-27, akhirnya ELectric mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sepakan Fuji.Gol Fuji ini membuat Electric semakin bersemangat menambah gol. FKB sendiri tidak diam saja dan langsung memberikan serangan balasan yang sayangnya masih sulit untuk menembus pertahanan Elecric. Pada menit ke-31, Electric berbalik unggul 2-1 setelah sepakan Karami Balfas menembus gawang FKB.[suggestedarticle]FKB yang tertinggal malah harus bermain dengan 4 pemain setelah Andri mendapat kartu merah karena menyikut Ardy Dwi. Namun, keungulan jumlah pemain tidak mampu dimanfatkan oleh Electric. Disisa waktu yang ada FKB menerapkan strategi powerplay, tapi usaha FKB selalu terbentur pertahanan kokoh Electric. Hingga pertandingan usai skor 2-1 untuk keunggulan Electric atas FKB tetap tidak berubah.Electric pun keluar sebagai juara IFL 2013 dan juga membuat sejarah menjadi juara IFL untuk ketiga kalinya. Sementara FKB kembali harus meraih posisi runner-up selama dua tahun berturut-turut. Peringkat ketiga diraih oleh Tifosi Baskhara setelah mengalahkan MFA Pinky Boys. Gelar pemain terbaik disabet Ardy Dwi Suwardy dari Electric dan top skor diraih Andri Kustiawan dari FKB.
  574 kali
Video Mini Series Season 1: Bintang Masa Depan
Menjadi pemain futsal profesional bisa jadi mimpi seluruh pemain futsal di Indonesia. Akan tetapi, perjalanan menuju ke sana tidaklah mudah.Seperti yang dialami oleh Randy seorang remaja yang bercita-cita menjadi pemain Futsal. Perjalanannya tidak akan mudah dan akan ada rintangan berat yang harus dilalui.Perjalanan Randy ini dapat kalian ikuti melalui mini series ekslusif persembahan dari Bolalobfutsal. Apakah Randy berhasil menjadi pemain futsal yang sukses? Simak season satu dari Mini Series Bintang Masa Depan.[suggestedarticle=3]Awas! Jangan baper kalau ceritanya mirip-mirip dengan yang kalian alami saat ini.Episode 1Episode 2Episode 3[suggestedarticle=3]Episode 4Episode 5
  353 kali
Sejarah Futsal: Indonesia Futsal League 2009, Electric PLN Back-to-Back Champions
Liga futsal profesional Indonesia akan kembali digelar pada 2018 ini dengan nama Pro Futsal League (PFL) 2018.Tahun 2009 adalah musim ketiga bergulirnya Indonesia Futsal League (IFL). Musim ini IFL diadakan sebanyak 4 seri di 4 kota, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan final four di Jakarta.Di musim ketiganya ini, IFL diikuti oleh 8 tim, yaitu juara bertahan Electric PLN Yogyakarta, BiangBola Jakarta, Pelindo II Jakarta, Mutiara Hitam Papua, Dupiad Fak-Fak Papua, Jaya Kencana United Tangerang Selatan, Hanggar IBM Jakarta, dan SWAP FC.Empat tim yang lolos finl four adalah Electric, BiangBola, Pelindo II, dan Mutiara Hitam. Babak final kembali mempertemukan finalis tahun lalu, Electric menghadapi Biangbola di Istora Senayan pada 19 Agustus 2009 yang menyajikan duel sangat seru.[suggestedarticle=3]Dilatih Andri Irawan, juara bertahan mendapat perlawanan sengit dari Biangbola di babak pertama yang berakhir imbang 0-0. Pada babak kedua, Haerul Saleh Ohorella membuka keunggulan Electric di menit ke-25. Tapi, Biangbola dengan cepat membalas melalui Gustian Sukma.Lima menit terakhir pertandingan semakin seru setelah Topas Pamungkas kembali membawa Electric unggul 2-1, tapi sepakan Ragil Handoyo membuat laga kembali imbang 2-2. Haerul menjadi pahlawan Electric dengan dua golnya disisa waktu yang membuatnya mencetak hattrick sekaligus membawa Electric meraih kemenangan dengan skor 4-2.Electric pun membuat sejarah dengan meraih gelar juara untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Selain menjadi jaura, Electric pun memborong gelar individu dengan Topas meraih pemain terbaik, dan Ade Lesmana sebagai kiper terbaik. Sementara Mutiara Hitam meraih peringkat ketiga setelah mengalahkan Pelindo II. Pemain Mutiara Hitam, Boi Boas-Mutiara Hitam meraih gelar top skor dengan 30 gol.
  678 kali
Bambang Bayu Saptaji Salah Satu Pemain Futsal Terbaik di Indonesia
Kerja keras memang tidak akan pernah membohongi hasil. Itulah mungkin yang dirasakan oleh pemain muda asal Makassar, Anzar.Pemain muda ini resmi dikontrak oleh Vamos Mataram untuk berlaga di Pro Futsal League (PFL) 2018. Tapi, siapa sangka pemain yang biasa disapa Anca ini bisa bermain satu tim dengan pemain idolanya.Masih diingat saat ia meminta foto bersama dengan Bambang Bayu Saptaji saat Vamos bermain di PFL 2016 di Makassar. Ia pun memiliki komentar tersendiri tendang BBS.[suggestedarticle=3]“BBS menurut saya salah satu pemain terbaik yang dimiliki Indonesia. Dia memiliki gaya permainan yang berkualitas dan efektif. Dia juga sangat cerdas dalam bermain,” ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi Vamos.Kini, dirinya bisa bermain satu tim dengan pemain idolanya tersebut. Work Hard until your idols become your partner. Jadi, kerja keras memang tidak pernah bohong.
  1260 kali
1515304201360 tag