(Foto: bolalob.com)

Final PEFI 2016: Kedewasaan Bintang Timur Coba Meredam Kecepatan Tim PON Papua Barat

Final Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) 2016 menghadirkan dua tim berkualitas yang berbeda gaya, Tim Papua Barat dengan kecepatannya dengan klub Bintang Timur dengan strategi dan kedewasaannya.

Final yang digelar di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (7/8) sore, diperkirakan bakal berjalan cepat dan memikat. Permainan atraktif yang diperlihatkan Adolfo Christian Yambesi pada penyisihan grup diharapkan muncul pada partai puncak ini sebagai hiburan segar bagi pecinta futsal.

Sedangkan tim Bintang Timur yang diperkuat Karismawan Eko Sutrisno, Rian Fauzi dan Bayu Aditia diharapkan kematangan strategi bermain mereka, mampu mengimbangi kecepatan anak-anak muda Papua kali ini.

Saya Karmadi, pelatih tim PON Papua Barat akan memberikan keleluasaan bagi asuhannya untuk mengekpresikan diri sekaligus mencari pengalaman untuk persiapan target utama, menjadi juara di PON 2016.

Sayan bakal memberikan peluang bagi pemainnya untuk mematangkan strategi permainan. "Kami berharap ini menjadi momen terbaik pemain untuk persiapan menuju ke PON, karena sesungguhnya target besar kami adalah PON," ungkap Sayan.

Tim Bintang Timur meski tak diunggulkan pada final ini, tetap akan berjuang keras untuk membuat kejutan. Pertahanan yang digalang Rian Fauzi akan lebih rapih bersama Ali Al Hamid, sementara untuk menekan, Bayu Aditia yang pandai menjaga bola, dapat mencetak gol jika ia dalam konsentrasi terbaik.

Dari perjalanan ke final, kedua tim ini memang layak tampil di partai puncak PEFI 2016, dimana pemenangnya menjadi juara baru pada ajang ini.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Bintang Timur Surabaya Presale Pembelian Tiket PFL 2018
Meski laga pekan ketiga Pro Futsal League 2018 grup B baru seminggu lagi, namun tuan rumah Bintang Timur Surabaya sudah membuka penjualan tiket untuk menonton pertandingan yang digelar pada 23-24 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya.Penjualan tiket secara presale ini dibuka pada 16-23 Februari mendatang di Baskhara Futsal Arena, Jl. Manyar Jaya Praja 1 No. 47, Surabaya, dengan harga Rp. 15 ribu. Bahkan pihak BTS memberikan promo penawaran khusus bagi pembeli 15 lembar tiket presale.[suggestedarticle=3]Untuk tiket on the spot atau yang dibeli langsung saat hari pertandingan, penyelenggara mematok harga Rp. 25 ribu per harinya.Laga pekan ketiga PFL 2018 ini dipastikan akan dipadati penonton dan berlangsung seru karena empat bintang timnas Thailand yaitu Jetsada Cudech dan Chaivat Jamgrajang (IPC Pelindo) serta Kritsada Wongkaeo dan Suphawut Thueanklang (Black Steel) sudah akan hadir membela timnya masing-masing.
  518 kali
Belum Ada yang Istimewa dari Bintang Timur Surabaya
Bintang Timur Surabaya (BTS) bisa dikatakan salah satu tim favorit Grup B untuk lolos ke final four Pro Futsal League (PFL) 2018.Kekuatan BTS hampir tidak berbeda jauh dari tim yang musim lalu finish diperingkat ketiga PFL 2017, masih ada Septyan Dwi Chandra dan Andriansyah Agustin yang memimpin rekan-rekan mereka berlaga di PFL 2018 ini. Mereka bahkan mendapat tambahan pemain baru yang berkualitas pada diri Jhon Gotlief, Reza Yamani, dan Eko Sutrisno.Barisan pemain ini membuat BTS layak bersaing dengan Black Steel Manokwari, IPC Pelindo II Jakarta, dan Permata Indah Manokwari di Grup B ini. Performa mereka di empat pertandingan awal pun cukup bagus dengan meraih 3 kemenangan beruntun sebelum akhirnya kalah dipertandingan terakhir.Meski demikian, secara penampilan belum ada yang istimewa dari BTS di awal musim 2018 ini. Kemenangan mereka atas SDR FC Binjai, FKB 25 FC, dan Kancil BBK Pontianak lebih karena kemampuan individu pemainnya yang luar biasa.Belum ada yang berubah dari segi taktik yang masih sering mengandalkan kemampuan individu para pemainnya. Mereka pun akan mendapat ujian disisa pertnaidngan paruh musim yang akan menghadapi Black Steel, Permata , dan IPC. Jika secara tim belum ada peningkatan akan sangat sulit bagi BTS meraih poin dari para pesaingnya.[suggestedarticle=3]Para pemain harus bisa meminimalisir kesalahan dan harus lebih kreatif dalam menyerang. Tim pelatih harus mampu memaksimalkan setiap kemampuan yang dimiliki para pemainnya untuk tampil luar biasa di laga-laga penting kedepannya.Berikut hasil BTS hingga matchday 4 Grup B PFL 2018.Matchday 1, Sabtu, 27 Januari 2018Bintang Timur Surabaya 6-1 SDR FC BinjaiMatchday 2, Minggu, 28 Januari 2018FKB 25 FC 5-6 Bintang Timur SurabayaMatchday 3, Sabtu, 10 Februari 2018Kancil BBK Pontianak 4-5 Bintang Timur SurabayaMatchday 4, Minggu, 11 Februari 2018Bintang Timur Surabaya 1-2 Mataram FC NTB
  1085 kali
Beban Ingin Menang Buat Bintang Timur Surabaya Kurang Fokus Sepanjang Laga
Kekalahan menyakitkan diterima Bintang Timur Surabaya pada laga melawan Mataram di pekan kedua Pro Futsal League 2018 lalu. Dua gol di menit Akhir dari Mataram FC membuat mereka selain gagal menang, juga takluk 1-2.Asisten pelatih Kharismawan mengakui skuatnya belum bisa berkonsentrasi penuh hingga akhir laga. Ini membuat beberapa kali tim selalu kebobolan di menit akhir. Puncaknya mereka harus takluk lewat dua gol menit akhir atas Mataram.[suggestedarticle=3]"Timi ini terkadang di menit-menit akhir jadi bumerang. Ini sudah terjadi sejak pekan pertama menghadapi Futsal Kota Bandung. Di menit akhir kami selalu kehilangan fokus. Ini harus jadi evaluasi dan harus lebih fokus karena pertandingan belum usai," ungkap Kharis kepada Bolalob.Kharis menduga skuat BTS sedikit terbebani dengan keinginan untuk menang. "Mungkin mereka terlalu terbebani dan keinginan untuk menang jadi lebih main aman. Tahun lalu kami tertinggal dulu dan bisa membalikan. Tahun ini kebalikannya. Tentu fokus untuk memperbaiki hal ini adalah bertahan dan fokus hingga menit akhir," tandasnya.Di pekan ketiga BTS akan berlaga di depan pendukungnya sendiri pada 23-24 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya.
  506 kali
Dramatis! 2 Gol Menit Akhir Bawa Mataram FC Kalahkan Bintang Timur Surabaya
Laga seru nan menegangkan terjadi di partai ketiga matchday keempat grup B Pro Futsal League 2018 antara Bintang Timur SUrabaya kontra Mataram FC NTB. pada Minggu (11//2) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Sebenarnya pertandingan sendiri berlangsung cukup alot di babak pertama. Mataram FC NTB memilih untuk bermain sabar sambil sesekali melakukan serangan balik ke skuat Bintang Timur Surabaya. Dominasi BTS di babak pertama tak membuat skor berubah. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.Di babak kedua, baru Mataram bermain terbuka dan mencoba mengimbangi BTS. Namun malah BTS berhasil membuka gol lewat Yerry Mambraku memanfaatkan umpan satu dua dengan Gusti Dian di menit 28. Ini membuat Mataram mencoba bangkit.[suggestedarticle=3]BTS belum puas dan beberapa kali mencari celah pertahanan Mataram lewat Reza Yamani Septyan Dwi Chandra dan Catur Satriawan. Tak ingin membuang waktu, Mataram menerapkan powerplay di menit akhir.Powerplay ini membuahkan hasil lewat gol Muhammad Obay dari sepakan keras di menit 38. Gol ini membuat BTS kembali aktif menyerang dan mencoba kembali unggul.Bukan keunggulan yang didapat, BTS justru malah kebobolan. Berawal dari kesalahan Catur yang menahan bola terlalu lama, bola direbut dan dimanfaatkan lewat serangan balik. Dwiki Friski yang sudah berhadapan dengan kiper Syaldi Aulia dengan tenang menceploskan bola ke sudut kanan gawang BTS.Skor 2-1 berakhir untuk kemenangan Mataram yang merupakan tiga poin pertamanya di PFL 2018 ini.
  907 kali
Prediksi Bintang Timur Surabaya Vs Mataram FC NTB, Adu Konsentrasi Tingkat Tinggi
Laga seru tersaji di matchday keempat Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 saat Bintang Timur Surabaya (BTS) akan melawan Mataram FC NTB.Laga akan berlangsung di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (11/2/2018) ini mulai pukul 13.00 WIB. Pada laga kemarin, BTS Kancil harus mengakui keunggulan Bintang Timur Surabaya (BTS) berhasil mengalahkan Kancil BBK Pontianak dengan skor 5-4, sementara Mataram menundukkan SDR dengan skor 6-3.Kekuatan mental BTS sangat luar biasa dan beberapa kali menjadi penyelamat mereka utnuk meraih kemenangan di PFL 2018. Kekuatan ini pun diharapkan bisa kembali muncul untuk membantu mereka mengalahkan Mataram[suggestedarticle=3]Mataram akhirnya meraih kemenangan dengan skuat baru mereka di PFL 2018. Secara kualitas para pemain Mataram memang bisa bersaing di PFL 2018, tapi faktor pengalaman dan mental seringkali membuat mereka kehilangan momen-momen penting dalam pertandingan. Tim pelatih pun harus bisa terus memompa semagat para pemain mudanya jika ingin terus meraup poin penuh.BTS sedikit diunggulkan dilaga ini, tapi jika mereka meremehkan semangat juang Mataram bisa jadi mereka akan menelan kekalahan pertama mereka. Sementara bahi Mataram sendiri, konsentrasi penuh akan menjadi tantangan bagi mereka di sepanjang laga jika ingin membuat kejutan.Prediksi Bolalob:Bintang Timur Surabaya 50:50 Mataram FC NTB
  681 kali
Bintang Timur Surabaya Dituntut Fokus Hingga Akhir Laga
Bintang Timur Surabaya meraih kemenangan di laga ketiganya di Pro Futsal League 2018 setelah mengalahkan Kancil BBK Pontianak pada Sabtu (10/2) di GOR Sudiang, Makassar.Meski menang dengan skor tipis 4-3, tim pelatih BTS ingin skuatnya belajar dari laga ini di mana mereka harus kebobolan dua gol di menit akhir.[suggestedarticle=3]"Anak-anak tampil luar biasa dan berhasil memenangkan pertandingan. Tapi di menit akhir mereka lengah dan lawan meningkatkan permainannya," kata Kharismawan, asisten pelatih Bintang Timur Surabaya."Ini menjadi evaluasi buat laga tadi. Kita harus konsentrasi hingga menit akhir agar tidak kecolongan. Tetapi selebihnya para pemain tampil luar biasa di laga tadi," tandasnya.Bintang Timur Surabaya akan menghadapi Mataram FC NTB di partai keempatnya pada Minggu (11/2) di arena yang sama.
  336 kali
Video Full Match: Kancil BBK Pontianak Vs Bintang Timur Surabaya
Bintang Timur Surabaya meraih kemenangan di laga ketiganya di Pro Futsal League 2018 setelah mengalahkan Kancil BBK Pontianak pada Sabtu (10/2) di GOR Sudiang, Makassar.Skor 5-4 menutup laga ini dan membuat BTS belum meraih kemenangan tiga kali berturut-turut di perjalanan awalnya di PFL 2018. Sedangkan ini merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut Kancil gagal meraih kemenangan.[suggestedarticle=3]Berikut cuplikan laganya:
  786 kali
Bintang Timur Surabaya Bungkam Kancil BBK Pontianak di Makassar
Bintang Timur Surabaya meraih kemenangan di laga ketiganya di Pro Futsal League 2018 setelah mengalahkan Kancil BBK Pontianak pada Sabtu (10/2) di GOR Sudiang, Makassar.Di babak pertama Bintang Timur Surabaya mendominasi laga. Andriansyah Agustin, Septian Dwi Chandra dan Anza Rizal mejadi motor serangan skuat BTS di babak pertama yang membuat Kancil sedikit menahan di belakang.BTS berhasil membuka keunggulan lewat gol Anza Rizal yang sepakannya berbelok mengenai pemain Kancil dan tidak dapat dihalau kiper Maegel Nustelu di menit keenam. Gol ini membuat Kancil mencoba bangkit. Namun kiper Syaldi Aulia dan petahanan BTS cukup apik menjaga gawangnya.[suggestedarticle=3]BTS berhasil menambah gol lewat sepakan set piece Septyan Dwi Chandra yang berbelok mengenai Samuel Eko dan masuk ke gawang sendiri di menit 16. Dua menit berselang Samuel Eko berhasil memperkecil ketinggalan lewat golnya. Andriansyah Agustin menutup babak pertama dengan skor 3-1 lewat golnya di menit akhir.Di babak kedua, BTS makin ngegas dan berhasil memperlebar jarak lewat gol Reza Yamani di menit ke-26. Kancil kesulitan menembus pertahanan BTS. Mereka terus menekan skuat asuhan Eko M Purbo untuk memperkecil ruang.Samuel Eko mencetak gol kedua untuk Kancil yang memperkecil ketinggalan. Namun BTS mampu memperlebar jarak lewat gol Septyan Dwi Chandra memanfaatkan serangan balik di menit 37. Kancil punya peluang lewat second penalty Samuel Eko, namun sayang sepakannya masih mampu ditepis oleh kiper Syaldi Aulia. Kancil berhasil mencetak dua gol untuk memperkecil ketinggalan lewat Ramdani dan Dias Riansyah.Skor 5-4 menutup laga ini dan membuat BTS belum meraih kemenangan tiga kali berturut-turut di perjalanan awalnya di PFL 2018. Sedangkan ini merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut Kancil gagal meraih kemenangan.
  1116 kali
Permata Indah Tidak Anggap Spesial Derby Manokwari Melawan Black Steel
Pro Futsal League 2018 pada Sabtu (10/2) bakal menggelar laga big match antara Permata Indah Manokwari kontra Black Steel Manokwari di GOR Sudiang, Makassar Sulawesi Selatan.Pelatih Sayan Karmadi mengaku laga Derby Manokwari ini tak dianggap spesial, sebab ini merupakan laga-laga seperti biasanya yang tak terlalu menentukan selain mendapatkan tiga poin untuk mempertahankan posisi di klasemen.[suggestedarticle=3]"Setiap tim pengen menang dan itu modal untuk pertandingan selanjutnya. Kalau tidak dapat poin kami kesulitan untuk selanjutnya," kata Sayan."Dengan Black Steel dan tim-tim lain kami masih punya satu pertandingan lagi dan yang diambil itu pasti poin bukan kemenangan dari salah satu tim. Saya bilang ke anak-anak, ambil poin, tunjukan yang terbaik dan buktikan bahwa kalian bisa bmenjadi yang terbaik," tandasnya.Sayan mewaspadai kolektivitas Black Steel di laga ini. Kemenangan buat Permata berarti mereka mengambil alih posisi puncak klasemen untuk sementara.
  913 kali
Prediksi Kancil BBK Pontianak Vs Bintang Timur Surabaya, Redam Kecepatan
Duel menarik akan tersaji di matchday ketiga Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 saat Bintang Timur Surabaya (BTS) menantang Kancil BBK Pontianak.Laga akan berlangsung di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (10/2/2018) ini mulai pukul 09.00 WIB. Kancil saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara dnegan poin 2, sementara BTS satu tingkat diatasnya dengan poin 6.Dibawah pelatih baru, Arif Kurniawan, Kancil tampak masih belum padu benar. Pada pekan pertama, meski bermain di kandang sendiri di Pontianak, Kancil hanya mampu meraih dua poin dari hasil 2 kali imbang melawan Mataram FC NTB dan IPC Pelindo II Jakarta. Bahkan di laga tersebut mereka nyaris saja kalah.[suggestedarticle=3]Sementara BTS meski belum tampil maksimal mampu mendapakan 6 poin setelah menaklukkan SDR FC Binjai dan FKB 25 FC. Kualitas individu dari para pemain BTS masih menjadi penyelamat di pekan pertama lalu, dan pastinya diharapkan akan kembali membantu BTS meraih kemenangan saat melawan Kancil.Kekuatan Kancil adalah kecepatan mereka yang harus bisa dimaksimalkan oleh Arif sebagai pelatih. Sementara, BTS kokoh di semua lini dengan pemain yang sama kualitasnya, baik inti maupun cadangan. Ketenangan pemain senior Andriansyah Agustin dan Anza Rizal bisa menjadi penentu siapa pemenang di laga ini. Jika BTS mampu mengontrol irama permainan maka mereka berpeluang untuk memenangkan laga ini.Prediksi Bolalob:Kancil BBK Pontianak 45:55 Bintang Timur Surabaya
  584 kali
1518218096425 tag