(Foto: bolalob.com)

PEFI 2016: Tim PON Jatim, Green Eagle Sukses Rebut Peringkat Ketiga

Klub Green Eagle Jawa Timur yang merupakan tim futsal PON Jatim, sukses menekuk para pemain senior di klub Permata Indah Manokwari 7-3 dalam perebutan tempat ketiga Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) 2016 di GOR Ciracas, Jaktim, Minggu (7/8).

Tim asuhan Vennard Hutabarat ini, seperti pada penampilan semifinal sebelumnya, langsung cepat adaptasi dengan permainan. Andhika Ricky sebagai targetman, Faqih Alwi dan Fandi Hidayat langsung menekan.

Alhasil mereka langsung memimpin dengan empat gol lewat sepakan Andhika menit 5, Faqih Alwi menit 6 dan 8 serta Anggy Yuga. Tertinggal empat gol, Socrates 'Caca' Matulessy, Sandy Gempur, Indra Kurnia dan Roni Alamsyah bisa memperkecil ketinggalan dari gol Caca menit 15 dan Hendrik menit 17. Skor 4-0 untuk keunggulan Green Eagle bertahan hingga 20 menit pertama berakhir.

Pada paruh kedua, Green Eagle menambah tiga gol dari Andhika menit 34 dan 38 serta aqih Alwi menit 38. Permata Indah hanya bisa membalas satu gol dari Panji menit 37.

Kemenangan Green Eagle ini menjadi bekal besar bagi tim PON Jawa Timur untuk merebut medali emas PON 2016 di Jawa Barat, September mendatang.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Imbas Kericuhan di Derby Manokwari, 4 Pemain Bakal Disidang Komdis FFI
Laga panas di derby Manokwari antara Permata Indah kontra Black Steel pada Sabtu (10/2) lalu di GOR Sudiang berbuntut panjang dan bakal menjadi agenda pembahasan komisi disiplin Federasi Futsal Indonesia.Komdis FFI akan memanggil empat pemain untuk mengikuti sidang yang akan digelar pada Senin (19/2) sore di kantor FFI, kebon sirih, Jakarta Pusat. Dari empat pemain yang akan dipanggil, terdapat nama Ardiansyah Runtuboy yang akan dimintai keterangan Komdis.[suggestedarticle=3]Ketiga pemain lain ialah Marcelino Richard Waroy, Christian Adolfo Yembise dari Permata Indah Manokwari, serta kapten Black Steel Manokwari, Afdal. Keempat pemain akan dimintai penjelasan terkait kericuhan di laga tersebut.Dalam laga itu, Marcelino Waroy terkena kartu merah karena dianggap wasit melakukan pemukulan terhadap Runtuboy. Hal ini membuat Lino tidak terima. Kejadian merembet ke pinggir lapangan kala Lino terekam beradu argumen dengan kapten Afdal yang juga diikuti oleh Chris Yembise.Dalam pertandingan ini Black Steel berhasil memenangkan laga dengan skor 3-0 lewat gol Subhan Faidasa, Alexander Benhard Larawo dan Rio Pangestu.
  2135 kali
Permata Indah Manokwari Bawa Bom Waktu di Pro Futsal League 2018
Performa runner-up musim lalu, Permata Indah Manokwari hingga pekan kedua Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 bisa dikatakan tidaklah mengecewakan.Permata berhasil berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup B PFL 2018 dengan poin 9 dari hasil 3 kali kemenangan dan 1 kali kekalahan. Kekalahan yang diderita dari Black Steel Manokwari yang kokoh dipuncak klasemen sementara dengan poin 12.Permata dengan pelatih baru Sayan Karmadi secara performa memang masih belum maksimal, tapi mereka sanggup meraup poin-poin penting, salah satunya saat mengalahkan IPC Pelindo II Jakarta. Kehadiran pemain asing asal Brazil, Thiago Mora sendiri belum memberikan tambahan tenaga yang signifikan, meski secara pertahanan dan pengaturan irama pertandingan cukup apik dengan kehadiran mantan pemain Thai Port Thailand ini.[suggestedarticle=3]Tapi, Permata bisa dikatakan membawa bom waktu. Bom waktu tersebut berupa emosi para pemain Permata yang sering kali merugikan timnya. Hal tersebut terlihat saat Permata menghadapi Black Steel, pemain yang emosi malah membuat permainan mereka tidak berpola. Beda saat mereka bermain tenang dan mampu mengalahkan lawan-lawannya.Jika pemain Permata mampu meredam emosi mereka, bow waktu yang membahayakan tim mereka sendiri bisa diubah menjadi bom yang siap memporak-porandakan lawan. Ketenagan bermain akan menjadi kunci Permata di 10 pertandingan tersisa apakah bisa kembali melaju ke final four atau tidak.Berikut hasil Permata hingga matchday 4 Grup B PFL 2018.Matchday 1, Sabtu, 27 Januari 2018Permata Indah Manokwari 5-0 FKB 25 FCMatchday 2, Minggu, 28 Januari 2018Permata Indah Manokwari 6-3 SDR FC BinjaiMatchday 3, Sabtu, 10 Februari 2018Black Steel Manokwari 3-0 Permata Indah ManokwariMatchday 4, Minggu, 11 Februari 2018Permata Indah Manokwari 2-0 IPC Pelindo II Jakarta
  1263 kali
Sayan Karmadi Ingin Pemainnya Bijak Tanggapi Komentar Miring di Medsos
Di era berkembangnya media sosial, para atlet dan khususnya pemain futsal di Pro Futsal League 2018 dituntut lebih bijak dalam menggunakannya. Pesan tersebut yang ingin disampaikan Sayan kepada timnya Permata Indah Manokwari.Menurut Sayan, di era yang semakin maju dan informasi yang begitu cepat dan banyak tersaji di Media Sosial (Medsos). Apapun yang dilakukan atau diperbuat pemain di lapangan bisa berimbas kepada respon para penonton dan pecinta futsal dengan dua pilihan; Negatif atau positif.[suggestedarticle=3]"Ini jamannya media sosial, ada komentar miring dan yang tidak enak atau kurang bagus dari yang nonton, itu hak mereka. Namun hak kita juga untuk tidak membaca dan mengabaikan komentar-komentar tersebut," ujar Sayan kepada Bolalob.Menurut Sayan, segala komentar dan respon di Medsos terhadap para pemainnya jangan dijadikan beban, apalagi semua orang bebas berkomentar. "Yang jelas dari respon itu ambil yang baik dan abaikan yang buruk," ungkapnya.Tugas dari pemain dan staf kepelatihan menurut Sayan hanya bagaimana caranya agar timnya bermain baik dan mendapat respon positif dari pengguna Medsos. "Itu tugas kami bagaimana menciptakan agar situasi seperti itu tidak terulang kembali," pungkasnya.
  1386 kali
Ujian Berat Pertama Telah Dilalui Permata Indah Manokwari
Lancar di pekan pertama, laga berat menguras fisik dan emosi harus dilalui Permata Indah Manokwari di pekan kedua grup B Pro Futsal league 2018 pada 10-11 Februari lalu.Di laga pertama mereka harus takluk atas pesaing berat sekaligus tim sesama Manokwari, Black Steel. Laga ini sendiri berjalan cukup panas dan sempat terjadi kericuhan di lapangan."Inji ujian yang harus dihadapi, buat saya kalah atau menang sudah biasa meski ada bahasa derby, big match atau apa lah. Buat saya siapapun lawannya, tetap kita harus hadapi dengan baik dan main bagus. Alhamdulillah dapat tiga poin di pekan kedua ini," ujar Sayan kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]Beruntung di laga kedua Permata tampil baik dan lebih stabil untuk mengalahkan IPC Pelindo II Jakarta, pesaing lainnya yang merupakan juara tiga kali liga futsal pro."Ini ujian pertama, dan masih ada pertandingan lainnya. Mereka bisa bangkit dan meraih kemenangan di pekan kedua ini karena pembelajaran dan hal itu bagus," lanjut mantan pelatih Black Steel ini.Sayan berharap di laga selanjutnya skuatnya sudah lebih matang dan bisa mengendalikan permainan di situasi manapun.
  646 kali
Video Full Match: Permata Indah Manokwari Vs IPC Pelindo II Jakarta
Tim futsal Permata Indah Manokwari meraih kemenangan pertama di kandang mereka dengan menaklukan IPC Pelindo II Jakarta pada Minggu (11//2) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Justru Permata yang tampil cukup bertenaga di menit akhir dan mampu menutup babak kedua lewat gol Christian Adolfo Yembise 30 detik sebelum laga berakhir. Skor 2-0 menutup laga dan membuat Permata tetap di jalur persaingan papan atas. Sementara Pelindo berada di peringkat keempat klasemen sementara.[suggestedarticle=3]
  694 kali
Bermain Baik, Permata Bisa Kalahkan IPC Pelindo Tanpa Tensi Tinggi
Tim futsal Permata Indah Manokwari meraih kemenangan pertama di kandang mereka dengan menaklukan IPC Pelindo II Jakarta pada Minggu (11//2) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Sayan Karmadi, pelatih kepala Permata Indah, bersyukur skuatnya mampu belajar dan bisa lebih baik dari laga sebelumnya saat dikalahkan Black Steel Manokwari. Kemenangan ini membuktikan bahwa emosi bisa merusak permainan.[suggestedarticle=3]"Setiap pemain bisa memerankan perannya di lapangan. Pelajaran dari kemarin kami tidak mau ada kejadian sama. Banyak pemain emosi. Kalau seperti ini kan kita bisa bermain lebih bagus," ujar Sayan kepada Bolalob."Hari ini pemain bermain baik, tidak ada benturan dan emosi lah, ini lebih bagus dari tiga laga sebelumnya. Secara permainan sudah pasti meningkat dan mereka perlahan bisa keluar dari zona nyaman untuk bermain dengan rekan-rekan lainnya," ungkap eks kapten timnas futsal ini.Saya berharap konsistensi para pemainnya agar mampu menjaga dan mengontrol diri agar kualitas permainan bisa terjaga.
  952 kali
Permata Indah Manokwari Tutup Laga di Makassar Dengan Menaklukan IPC Pelindo
Tim futsal Permata Indah Manokwari meraih kemenangan pertama di kandang mereka dengan menaklukan IPC Pelindo II Jakarta pada Minggu (11//2) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Di babak pertama, Permata Indah Manokwari mencetak gol cepat di menit pertama lewat Fhandy Permana. Pasca gol ini laga berlangsung cukup alot, Permata Indah Manokwari mencoba mengubah pola dengan lebih santai dan mengatur tempo.[suggestedarticle=3]IPC Pelindo mencoba membangun serangan, namun beberapa kali kesalahan kordinasi membuat serangan ini tidak sempurna. Skor 1-0 menutup babak pertama.Di babak kedua, IPC Pelindo terus mencoba menambah gol. Syarif Hidayatullah punya banyak peluang, namun penyelesaian akhir kurang sempurna. Beberapa pemain juga terlihat kurang bergairah dan melakukan beberapa kali kesalahan passing.Justru Permata yang tampil cukup bertenaga di menit akhir dan mampu menutup babak kedua lewat gol Christian Adolfo Yembise 30 detik sebelum laga berakhir. Skor 2-0 menutup laga dan membuat Permata tetap di jalur persaingan papan atas. Sementara Pelindo berada di peringkat keempat klasemen sementara.
  1092 kali
Prediksi Permata Indah Manokwari Vs IPC Pelindo II Jakarta, Tahan Emosi
Laga big match tersaji di matchday keempat Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 saat tuan rumah Permata Indah Manokwari melawan IPC Pelindo II Jakarta.Laga akan berlangsung di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (11/2/2018) ini mulai pukul 09.00 WIB. Pada laga kemarin, Permata harus mengakui keunggulan Black Steel Manokwari dengan skor 3-0, sementara IPC berhasil mengalahkan FKB 25 FC dengan skor 6-1.Permata harus segera bangkit dari kekalahan mereka pada pertandingan sebelumnya dari Black Steel. Faktor emosi pemain harus segera diatasi oleh Sayan Karmadi selaku pelatih Permata jika tidak ingin timnya kalah lagi.[suggestedarticle=3]Perlahan dan pasti, IPC mulai menampilkan performa apiknya. Kemenangan atas SDR akan menjadi modal yang bagus bagi tim asal Jakarta ini menantang tuan rumah. Selain itu, kehadiran Caisar Silitonga benar-beanr menambah daya dobrak IPC di musim ini.Faktor emosi bisa menjadi kelemahan Permata yang akan dieksploitasi pemain berpengalaman dari IPC. Jika Permata tidak mampu mengatasinya, siap-siap saja kembali meraih hasil pahit di kandang sendiri. Sementara bagi IPC, para pemain harus disiplin saat bertahan jika tidak ingin kebobolan gol mudah lagi.Prediksi Bolalob:Permata Indah Manokwari 50:50 IPC Pelindo II Jakarta
  874 kali
Staf Kepelatihan Pun Sulit Redam Emosi Penggawa Permata Indah Manokwari
Kekalahan atas Black Steel di derby Manokwari pada Sabtu (10/2) di GOR Sudiang, Makassar, menyisakan cerita sendiri bagi tim kepelatihan Permata Indah Manokwari. Laga tensi tinggi tak mampu diredam oleh tim pelatih yang dipimpin Sayan Karmadi.Di laga ini tiga kartu kuning dan satu kartu merah keluar dari kantong wasit. Selain itu laga juga berlangsung keras karena membawa gengsi siapa yang terbaik di Ibukota Papua Barat tersebut.[suggestedarticle=3]"Emosi jadi permasalahan terbesar. Mereka tidak bisa kendalikan emosi. Pelatih gak bisa mengatur walaupun di situ beberapa kali mencoba meredam. Pada saat time out pun saya tidak bahasa strategi, melainkan membahas bagaimana mereka harus bermain dengan apa yang harus mereka mainkan," ujar Sayan kepada wartawan usai laga."Ada situasi di mana tim pelatih tidak bisa mengatasi hal tersebut. Ada juga peluang yang gagal jadi gol, salah satunya karena penelesaian dengan emosional," ungkap Sayan.Sayan berharap hal ini jadi pekerjaaan rumah besar buat skuat Permata Indah Manokwari yang masih punya banyak laga untuk dimenangkan.
  2696 kali
Hadapi Permata Indah Manokwari, IPC Pelindo Ingin Jaga Tren Positif
IPC Pelindo II Jakarta berhasil meraih kemenangan perdananya dengan mengalahkan FKB 25 FC pada Sabtu (10/2) di GOR Sudiang, Makassar, dengan skor 6-1.Kemenangan ini menjadi titik balik skuat IPC Pelindo II Jakarta setelah di pekan pertama gagal meraih kemenangan dan hanya mendapat satu poin. "Saya pikir ini lebih baik dari pekan pertama yang amburadul, kali ini akan-anak lebih displin," ujar Dadang.[suggestedarticle=3]Di laga kedua menghadapi Permata, meski belum tahu persis strategi apa yang akan digunakan, tetapi Dadang ingin tren positif kemenangan ini tetap dijaga skuatnya."Kemenangan ini tetap ada evaluasinya terutama kebobolan yang harusnya tidak terjadi di lawan FKB tadi. Penting agar kita bisa menjaga tren positif di laga-laga selanjutnya," tandas Dadang.Laga melawan Permata digelar pada Minggu (11/2) pukul 09.00 WIB dan disiarkan secara live streaming.
  467 kali
1518272204228 tag