(Foto: BOLALOB)

Boot Watch: Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat 2016

Cabang olahraga Futsal menjadi salah satu pertandingan yang dinanti publik dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat 2016.

Ribuan orang memadati GOR ITB, Jatinangor dalam laga puncak yang mempertemukan tim tuan rumah Jawa Barat melawan Maluku Utara.

Tim Jawa Barat pun akhirnya meraih medali emas dalam ajang PON tahun ini, usai mereka menang 2-1 diakhir laga.

Menarik melihat ratusan pemain futsal yang kelak menjadi calon bintang baru beradu di PON kali ini. Menarik juga melihat sepatu apa yang mereka pakai selama bertanding di arena PON.

Berikut kami tampilkan 10 sepatu terbaik di ajang PON XIX Jabar 2016:

Rainhard Romario (DKI Jakarta) - Breaker



Sepatu futsal buatan Thailand yang cukup menjadi idola para pemain Indonesia dewasa ini. Ringan dan memiliki daya tahan yang kuat.

Arief Triawan (Sumatera Utara) - Nike Magista Onda IC



Salah satu silo ternyaman yang dimiliki oleh Nike, yaitu Magisa Onda ini. Dengan bantalan sol yang empuk tak membuat si pemakai leluasa dalam mengalirkan bola operan dan juga melepaskan tendangan.

Victorius Rumsa (Papua Barat) - Nike Magista Onda II



Silo kedua dari Magista yang hadir di tahun 2016 ini. Warnanya yang mencolok membuat sepatu ini selalu terlihat di lapangan. Fitur tonjolan bintik di beberapa permukaan sepatu difungsikan untuk meredam sentuhan yang berlebihan akan bola yang datang.

Irman Firmansyah (Jawa Barat) - Pan



Salah satu apparel dari Thailand lainnya yang juga mulai meramaikan dunia seaptu futsal tanah air.

Hasrian Noer (Kalimantan Selatan) - Nike Hypervenom X Proximo 'Ousadia'



Kolaborasi Neymar dengan salah satu seniman jalanan Brasil menghasilkan grafis yang luar biasa di sepatu ini. Seperti corak Zebra, dengan memiliki colar (kaus kaki) bisa mengamnkan engkel pemain.

Tito Irmandi (Kalimantan Timur) - Asics Calcetto



Sepatu buatan Jepang yang sejatinya diproduksi di Malaysia. Ringan sudah pasti menjadi andalan Asics selama ini, namun material seperti rajutan benang membuat sepatu ini riskan jika terjangan lawan menghadang si pemakai.

Fauzul Hidayat (Sumatera Utara) - Nike Tiempo Mystic V



Silo terbaru dari Nike yang juga baru hadir dalam satu tahun belakang ini. Warna hijau dan kuning semakin padu dengan jersey Sumatera Utara (baca: cocok).

Choirul Imam (Jawa Timur) - Specs Accelerator Spyder 'Garuda Attack'



Grafis yang dihasilkan Specs cukup menarik, seperti jaring laba-laba. Sepatu ini adalah versi Garuda Attack, yang memiliki warna dominan merah-putih.

Iqbal Iskandar (Jawa Barat) - Mizuno Monarcida



Tak banyak orang tau akan salah satu silo Monarcida dari Mizuno. Orang sudah umum dengan silo seperti Ignitus Wave, Morelia dan juga Basara. Monarcida memberikan sedikit perbedaan baik di sol dan juga material sintetis yang nyaman dan lunak.

Rahmad Setiawan (Sumatera Barat) - Adidas X 16.3 IN



Menjadi salah satu warna terbaik di lapangan yaitu oranye. Juga memiliki collar sama seperti tipe sepakbolanya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Musim Depan AC Milan Mulai Babak Baru dengan Puma
AC Milan baru saja mengumumkan kerja sama jangka panjang dengan apparel Puma mulai musim depan.Semua kebutuhan baik untuk tim maupun merchandise Milan akan ditangani oleh Puma per 1 Juli 2018 mendatang.Kerjasama ini sekaligus mengakhiri jalinan panjang dengan Adidas yang sudah terjalin sejak musim 1978/1979. Kerja sama antara Milan dan Adidas berlanjut pada 1990-1993 dan sejak 1998 Adidas menjadi penyuplai apparel Rossoneri."Saya sangat gembira untuk mengumumkan kerja sama kami dengan PUMA. Kami terikat oleh rasa saling menghargai dan oleh semangat yang sama untuk olahraga dan nilai-nilai sepakbola," ujar CEO Milan, Marco Fassone, di situs resmi klub."Mereka merepresentasikan sebuah brand internasional besar dan kami akan bersama-sama dalam beberapa musim ke depan dalam jalur strategis kami untuk mencapai target-target baru di luar dan di dalam lapangan," kata Fassone.[suggestedarticle]Milan akan bergabung dengan klub seperti Borussia Dortmund, Arsenal hingga tim nasional Kamerun, Italia dan Swiss yang sudah lebih dulu disponsori oleh Puma.Kontrak Milan dan Adidas sebenarnya masih berlaku hingga 2023. Tapi, Adidas mengaktifkan sebuah klausul yang bisa memutus kontrak sebelum masa itu berakhir.Milan yang gagal kembali ke panggung Eropa dalam beberapa musim, ditengarai menjadi salah satu faktor kerjasama itu diputus.
  618 kali
Tak Hanya Kopi yang Miliki Filosofi, Persija Juga Punya Filosofi Jersey
Musim baru, jersey baru. Persija Jakarta menyambut musim 2018 dengan menampilkan jersey anyar bersama apparel dalam negeri bernama Specs. Ada tiga warna yang ditawarkan oleh Persija musim ini, yakni merah, putih, dan oranye. Ketiga warna yang sangat familiar bagi klub asal ibu kota itu. Direktur Utama Persija, Gede Widiade mengungkapkan bahwa pemilihan warna itu berkat saran dari senior-senior yang ada di Persija. Jika pada musim lalu ada warna hitam yang menjadi jersey away, kini posisinya diganti dengan warna putih. Warna ini memang menjadi warna kedua Persija sejak lama.[suggestedarticle=3]"Tahun ini saya dapat masukan dari rekan-rekan senior untuk merubah karena kita tak di zona kelam. Hitam kita ganti putih," ujar Gede Widiade di kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/2/2018)."Merah adalah Persija dan orange mewakili Jakmania. Putih warna netral. Saya harap warna itu membawa arti bagi siapa saja yang mencintai Persija," tambahnya.Menariknya, ada filosofi dalam desain jersey terbaru Persija. Setiap jersey baik kandang, tandang, jersey ketiga, sampai kiper pun semuanya memiliki arti. Artinya tak hanya kopi saja yang memiliki filosofi di kalangan anak muda Jakarta, tapi jersey Persija pun memiliki filosofi.[pagebreak]Filosofi Jersey Persija[/pagebreak]Head of Product Design Specs, Ardhy Muncar Viraldy menjelaskan beberapa filosofi yang terkandung di jersey anyar Persija. Jersey merah Persija menjadi warna utama. Merah merupakan warna asli Persija sejak klub itu berdiri pada November 1928. Ardhy menjelaskan detail dan kandungan filosofi yang ada di jersey utama."Jika diperhatikan secara seksama, kita dapat melihat ada detail-detail halus. Garis-garis motif itu adalah tanda transformasi. Kalau kita ingin sesuatu yang besar, cita-cita yang besar, otomatis kita perlu melakukan usaha yang besar pula," ujar Ardhy.Sedangkan jersey berwarna putih merupakan jersey yang memiliki arti 'Baju Perang'."Inspirasinya adalah baju zirah. Selayaknya baju perang, dengan minimalis garis-garisnya. Detailnya, ada V Colour, kami sebut 'Victory Colour'," lanjut Ardhy.Terakhir, jersey oranye juga punya arti mendalam bagi Persija. Oranye identik dengan Persija dan Jakmania di era Sutiyoso. "Oranye identik dengan Jakmania dan terinspirasi pula dengan Macan Kemayoran," tutup Ardhy.
  1829 kali
Juventus Rilis Jersey Edisi Spesial Gigi Buffon
Juventus kembali merilis satu lagi jersey edisi spesial seperti yang sudah mereka lakukan sebelumnya, terjual habis dalam beberapa menit. Mungkin banyak pertanyaan dari kalian mengapa mengeluarkan jersey edisi spesial jika kita tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkannya.Meskipun hal ini memang benar, pelepasan jersey ini jauh melampaui aspek komersialnya. Jika ada, jersey spesial ini lebih penting sebagai titik bicara yang bagus untuk perancangan desain masa depan Juventus, dan juga keadaan mode sepak bola saat ini.Sebelum terjun ke dalam diskusi ini, saya pikir cukup adil untuk tetap menonjolkan jersey itu sendiri. Untuk rilis ini, Juventus memilih untuk merayakan ulang tahun kapten dan legenda hidup Gigi Buffon. Terbatas hanya ada sebanyak 1111 jersey dengan nomor tersendiri, desainnya sederhana untuk dikatakan paling tidak, karena satu-satunya fitur dekoratif yang nyata adalah lencana klub, bintang kejuaraannya, dan nomor cetak di bagian belakang. Saya tidak mengatakan ini untuk menyederhanakan jersey atau untuk mengurangi daya tariknya karena saya merasa kesederhanaan ini sangat mirip yang membuat kaus benar-benar spesial.Selama bertahun-tahun kami telah melihat Juventus melakukan terobosan dalam desain di jersey alternatifnya. Beberapa memiliki kesan abadi, seperti jersey merah jambu dari beberapa tahun yang lalu, namun bahkan saat itu saya masih tidak berpikir bahwa penampilannya hanya sebanding dengan gaya desain hitam sederhana seperti yang satu ini. [pagebreak]Tradisi Klub[/pagebreak]Beberapa dari Anda sekarang mungkin mengingatkan saya bahwa ini adalah kostum penjaga gawang. Saya mengakui bahwa, namun seandainya kita lupa bahwa ini adalah kaos buatan Gigi Buffon, tidak terbayangkan bagi kita untuk menganggap penampilan khusus ini sebagai pilihan yang tepat bagi Juventus di tahun ini dan mungkin di musim mendatang. Warna hitam memang menjadi favorit bagi para pecinta jersey dan juga suporter Juventus yang lekat dengan warna putih-hitam.Kredit layak diberikan kepada Juventus dengan merilis jersey edisi spesial Gigi Buffon, dimana di musim panas akan ada Piala Dunia 2018 para suporter pun akan menunggu jersey terbaru klub idaman mereka lebih lama lagi.Jersey ini akan diingat dalam waktu yang lama karena memiliki cermin tentang warisan desain klub, sejarah, para pemainnya, dan terutama mereknya.Saya pikir banyak klub akan diuntungkan dalam mengikuti terobosan yang dilakukan oleh Juventus. Saya penasaran untuk mengetahui pemikiran Anda meskipun jadi pastikan untuk berbagi komentar di bawah ini tentang rilis terbaru ini.
  1921 kali
Sepatu Futsal: Mizuno Sala Classic 2 dan Sala Club 2 In, Sepatu Futsal Anyar Berkelas Diawal Tahun 2018
Diawal tahun 2018 ini, Mizuno kembali merilis seri sepatu futsal yang menawarkan fitting dan kenyamanan optimal untuk menunjang performa para atlet di lapangan.Hal di atas ditawarkan oleh seri Mizuno Sala Classic 2 In dan Sala Club 2 In. Seri sepatu ini akan memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi karena memiliki sisi atas lentur yang memberikan dukungan maksimal pada kaki.Mizuno Sala Classic 2 In dan Sala Club 2 In memiliki grip dan traksi yang baik sehinga pengguna dapat mengubah arah gerakan dengan cepat. Mizuno Sala Classic 2 In dan Sala Club 2 In juga dilengkapi dengan teknologi reinforced Toe protector (Sala Classic 2 In) dan Toe Overlay (Sala Club) untuk memberikan perlindungan maksimal pada jari pemakainya sehingga memberikan rasa aman bagi pemain dan mengurangi risiko cedera pada jari kaki.GALERI FOTO MIZUNO SALA CLASSIC 2 IN - HOT CORAL / SAFETY YELLOW / SURF THE WEBSelain itu, adanya sockliner yang bisa dilepas dan menyesuaikan dengan kaki (Mizuno Sala Classic 2 IN) menambah kenyamanan bagi si pemakai. Material Midsole CMEVA yang disematkan pada sepatu ini (Sala Classic 2 IN) berperan besar untuk memaksimalkan kenyamanan pemakai saat beraksi di lapangan.GALERI FOTO MIZUNO SALA CLASSIC 2 IN - HOT CORAL / SAFETY YELLOW / SURF THE WEBMizuno Sala Classic 2 IN tersedia dalam tiga kombinasi warna (HOT CORAL/SAFETY YELLOW/dan SURF THE WEB). Begitu pula Mizuno Sala Club 2 In yang juga memiliki tiga kombinasi warna (DRESS BLUES/GREEN GECKO/dan PEACOCK BLUE). Untuk harga, MIzuno Sala Classic 2 In dibanderol dengan harga Rp799.800,00, sementara Mizuno Sala Club 2 In dibanderol dengan harga Rp649.800,00. Kedua sepatu ini sudah tersedia di toko olahraga terdekat serta di www.mizuno.idJika kamu ingin mendapatkan update tentang perlengkapan sepakbola, futsal dan olahraga lainnya kamu bisa like akun social media Mizuno Indonesia di Instagram, Twitter dan Facebook.
  3663 kali
Bintang Timur Surabaya Perpanjang Kerja Sama dengan Apparel Asal Jepang
Tim Pro Futsal League (PFL) asal Jawa Timur, Bintang Timur Surabaya (BTS) kembali perpanjang kotrak kerja sama dengan apparel asal Jepang, Mizuno untuk kebutuhan kostum tim dan peralatan mereka di PFL 2018.Apparel Mizuno telah mengikat kerja sama sejak 2017 dan kembali memperpanjang kontraknya bersama peringkat ketiga PFL 2017 untuk memakai produk-produknya di musim 2018.Apparel asal Jepang ini akan kembali menyediakan jersey pertandingan, latihan, dan perlengkapan lainnya bagi BTS selama berlaga di PFL 2018 nanti.[suggestedarticle=3]Mizuno juga pastinya ingin kembali menampilkan ciri khas Surabaya di PFL 2018 nanti. BTS sendiri selalu identik dengan warna jersey hijau dan merah.Di BTS sendiri, salah satu pemain bintangnya, Andriansyah Agustin juga dikontrak sebagai ambassador dari apparel ini.   Tahun 2018, merupakan tahun kedua @mizunoid kembali menjadi official tim apparel @bintangtimur.surabaya pada musim 2018-2019 #mizunobintangtimursby #mizunoid A post shared by Bintang Timur Surabaya (@bintangtimur.surabaya) on Jan 2, 2018 at 2:50am PST
  753 kali
Hitungan Hari, Sponsor akan Datangkan Bintang Juventus Ini ke Manchester United
Sponsor memang berperan besar dalam memindahkan seorang bintang dunia dari klub satu ke klub lainnya yang dituju. Setelah Neymar yang diluar dugaan hijrah dari Barcelona ke Paris Saint Germain berkat sponsor Nike, kini giliran bintang Juventus yang menurut koran-koran Italia akan dipindahkan ke Manchester United.Dua surat kabar Italia yang berpengaruh, Gazzetta dello Sport da Corriere dello Sport memberitakan, bintang Juventus Paulo Dybala tengah dalam perjalanan ke Manchester United.[suggestedarticle=3]United diberitakan sudah mengajukan penawaran sebesar 68 juta euro atau sekitar Rp 1,1 trilun kepada Juventus untuk melepaskan Dybala.Spekulasi ini kian menguat lantaran sponsor Adidas ikut turun tangan dalam usaha transfer pemain ini. Pasalnya, Dybala yang menggunakan sepatu tanpa merk selama setahun ini, hampir pasti diikat Adidas yang juga apparel resmi United.Saat Juventus jelang lawan Verona pada Minggu (31/12), terlihat Dybala menggunakan sepatu Adidas saat pemanasan. Adidas X 17+ itu merupakan keluaran baru yang dilansir pada akhir November lalu.Akankah kabar dari Italia ini menjadi kebenaran? Kita nantikan saja dalam beberapa hari ini.   No more blackouts. Paulo Dybala joins Adidas - good choice? Full story on footyheadlines.com ➡️ link in our bio #adidas #nike #puma #dybala #paulodybala #juventus #football #soccer #footyheadlines A post shared by Footy Headlines (@footyheadlines) on Dec 31, 2017 at 12:33am PST
  4795 kali
Pemain Naturalisasi Ini Punya Saran untuk Ryuji Utomo di Thailand
Bek timnas Indonesia U-22 Ryuji Utomo baru saja pindah ke klub Liga Thailand yakni PTT Rayong untuk musim depan.Ryuji meninggalkan Persija Jakarta untuk mendapatkan tempat bermain di kompetisi kedua sepakbola Thailand itu, dan juga bayaran yang lebih besar tentunya.Salah satu pemain Indonesia yang sudah lama berkecimpung di Thailand yakni Victor Igbonefo memiliki saran untuk Ryuji."Keputusan bagus yang dibuat Ryuji. Karena dia bisa dapat pengalaman baru di Thailand," kata pemain 32 tahun ini, seperti dikuti dari Bola.com[suggestedarticle]Pemain naturalisasi itu sudah bermain tiga musim di Thailand, terakhir ia tampil untuk Nakhon Ratchasima."Di Thailand, harus main dengan teknik karena sepak bola di sini berbeda. Klub juga senang punya pemain yang mengandalkan teknik. Pemain belakang tidak hanya bertugas menghalau serangan. Tapi juga membangun serangan dari belakang," jelasnya."Thailand punya fasilitas sepak bola yang bagus. Semua yang dibutuhkan ada. Tinggal bagaimana harus bermain dengan teknik secara konsisten. Semoga Ryuji sukses di Thailand," imbuhnya.Selain Nakhon Ratchasima, Igobnefo juga pernah bermain untuk klub seperti Osotspa dan Siam Navy.
  2217 kali
Adidas Berharap Dapat Keberkahan dari Piala Dunia 2018
Apparel asal Jerman, Adidas berharap peningkatan penjualan jersey pada Piala Dunia 2018 di Rusia.Direktur Eksekutif Adidas, Kasper Rorsted mengatakan berharap tim yang disponsori oleh apparelnya bisa melaju jauh di Piala Dunia."Dalam sepak bola, kami adalah pemimpin pasar dunia yang sesungguhnya dan kami mensponsori 11 tim pada Piala Dunia tahun depan," kata Kasper Rorsted dilansir dari Reuters."Secara keseluruhan, saya mengharapkan peningkatan besar dari penjualan jersey Adidas pada 2018 karena Piala Dunia,""Saya juga berharap tim-tim yang disponsori kami maju sejauh mungkin. Di luar itu, kami mengandalkan tiga dari beberapa favorit, yakni Jerman, Spanyol dan Argentina." imbuhnya.[suggestedarticle=2]Persaingan antar apparel memang terbilang sengit di Piala Dunia 2018. Adidas akan bersaing dengan Nike yang mensponsori tim kuat seperti Brasil dan Perancis.Bahkan dalam Piala Dunia 2014 lalu, penjualan Nike lebih besar dibanding Adidas. Hal tersebut terjadi pertama kalinya bagi Adidas.Meski demikian Rortsed tak ingin Adidas terfokus pada Nike. Ia ingin Adidas terus mengembangkan bisnis di olahraga."Kami fokus ke bisnis kami sendiri dan selalu berkembang. Tidak masuk akal menyatakan tujuan utama kami adalah mengatakan Nike," tandasnya.
  660 kali
Pilih Miss Universe Sebagai Model, Kritik Datang dari Timnas Wanita Kolombia
Usai merilis jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 dengan James Rodriguez sebagi model utamanya, timnas Kolombia tentu diharapkan memakai pemain timnas wanita mereka untuk model jersey keluaran Adidas ini.Namun hal itu tak terjadi, usai Adidas lebih memilih Miss Universe asal negeri itu Paulina Vega Dieppa untuk memperagakan jersey kandang terbaru untuk Kolombia.[suggestedarticle]Tentu hal ini menimbulkan kontroversi usai kiper timnas wanita Kolombia, Vanessa Cordoba, mengutarakan kekecewaannya.Melalui media sosial, Vanessa menuliskan, "Saya tidak memiliki masalah dengan Adidas dan saya tahu sepak bola untuk semua orang, apakah mereka bermain atau tidak.""Saya juga mengapresiasi keputusan mereka (Adidas) memberikan jersey untuk wanita sukses dan berpengaruh. Namun, dalam hal rasa hormat dan penghargaan, seharusnya satu di antara pemain (timnas wanita Kolombia) menerimanya terlebih dulu.""Tidak masalah jika mereka memasukkan para selebritas untuk membantu mempromosikan sepak bola, namun saya hanya tidak setuju Paulina Vega memakai jersey itu lebih dulu sebelum Catalina Usme (bintang timnas wanita Kolombia)," ia menambahkan.Prestasi Timnas wanita Kolombia cukup baik dalam beberapa periode terakhir, mulai dari runner-up Copa America Femeninas 2010 dan 2014.   La nueva camiseta de la Seleccion Colombia me empodera. Lista para apoyarlos el otro año en Rusia. #HereToCreate @adidasco @adidasfootball @jamesrodriguez10 @d_ospina1 @cuadrado Sebuah kiriman dibagikan oleh Paulina Vega Dieppa (@paulinavegadiep) pada Nov 6, 2017 pada 5:37 PST   MUCHAS GRACIAS a todas las personas que se han vuelto partícipes en esta opinión sobre la nueva camiseta de la Selección Colombia de Fútbol @fcfseleccioncol ??????. Ha sido una experiencia enriquecedora poder leer y escuchar distintos puntos de vista. Mi único sentimiento hacia las mujeres de nuestro país y resto del mundo (deportistas o no) es respeto y admiración por que estamos en esto juntas. Me alegro haberle podido dar visibilidad al tema y espero que tod@s aportando un granito de arena podamos ir moldeando nuestra sociedad. Nosotr@s usamos esa camisa por amor a nuestro país así que hagamos que represente UNIÓN, IGUALDAD y EQUIDAD! Vanessa Cordoba #AbrazoDeAtajada #UnidosPorUnPais #FutSinGenero Sebuah kiriman dibagikan oleh Vanessa Cordoba (@vcordoba1) pada Nov 9, 2017 pada 6:15 PST
  1163 kali
Telstar 18: Bola Resmi Piala Dunia 2018
Piala Dunia 2018 di Rusia sudah berjarak tujuh bulan lagi dari sekarang, Adidas dan FIFA pun meluncurkan bola resmi untuk ajang terbesar dunia itu yang diberi nama Telstar 18.Peluncuran Telstar 18 sebagai bola resmi menjadi bentuk lanjutan kerja sama dari FIFA dan Adidas yang sudah terjalin sejak tahun 1970 lalu.Nama Telstar 18 sendiri diadopsi dari nama bola resmi pertama Piala Dunia: Telstar. Dilansir dari situs resmi FIFA, nama Telstar 18 dipilih oleh FIFA karena mereka ingin memberikan penghormatan terhadap Telstar, bola yang banyak mengubah tatanan desain bola sepak di seluruh dunia.Motif Telstar memang sengaja dibuat hitam dan putih, motif bola yang terkenal itu. Alasannya adalah agar bola mudah terlihat di layar kaca televisi, yang saat itu siarannya masih hitam-putih.   Introducing Telstar 18 - the Official Match Ball for the 2018 FIFA World Cup! Sebuah kiriman dibagikan oleh FIFA World Cup (@fifaworldcup) pada Nov 9, 2017 pada 8:58 PST Sama seperti edisi Telstar terdahulu, Telstar 18 pun dibuat dengan motif totol hitam-putih. Bedanya, motif di Telstar 18 berupa hitam gradasi ke abu-abu dan kata Telstar serta logo Piala Dunia Rusia 2018 diberi warna emas.Banyak pihak dilibatkan dalam pembuatan dan pengembangan bola Telstar 18. Mulai dari klub seperti Timnas Argentina, Kolombia, Meksiko, dan klub Manchester United, Juventus, Real Madrid, serta Ajax.[suggestedarticle]Di bola ini ada semacam chip yang terpasang, dengan nama NFC (Near Field Communication) yang akan meningkatkan hubungan dengan suporter yang bisa ikut merasakannya atmosfirnya melalui smartphone."Telstar asli adalah salah satu bola paling ikonik sepanjang masa dan yang mengubah desain sepakbola untuk selamanya, sehingga mengembangkan Telstar 18 dengan harus tetap setia pada model aslinya adalah tantangan yang sangat menarik bagi kami," ujar Direktur Perangkat Keras Sepakbola Adidas, Roland Rommler."Struktur panel baru dan penyertaan chip NFC telah membawa inovasi dan desain sepakbola ke tingkat yang baru dan menawarkan pengalaman yang sepenuhnya baru kepada konsumen dan para pemain," ia menambahkan.   From authenticity to progression. This is #Telstar18. ?? #HereToCreate --- #Football #Soccer #adidasFootball Sebuah kiriman dibagikan oleh adidas Football (Soccer) (@adidasfootball) pada Nov 9, 2017 pada 1:24 PST
  504 kali
1510314001795 tag