(Foto: BOLALOB)

Indra Kurnia Purnomo Membuka Rahasia Tentang Permainannya Yang Tenang Di Lapangan

Setia dengan IPC Pelindo II sejak tahun 2006, nama Indra Kurnia Purnomo atau sering disebut 'KP' memang bisa dibilang pemain futsal underatted di kancah futsal Indonesia.

Sikapnya yang tenang dan tidak terlalu ribet dalam bermain (baca: simpel) membuat Indra KP menjadi pemain yang dibutuhkan oleh sebuah tim futsal.

Kali ini Indra KP yang juga seorang atlit Mizuno Indonesia akan bercerita mengenai silo Mizuno Basara 103 IN, cara dan tipe dia bermain dan juga harapan kedepannya di dunia futsal Indonesia.

1. Gambarin keadaan dan situasi futsal di Indonesia menurut Indra KP saat ini sudah sampai sejauh mana?

Futsal di Indonesia sekarang sudah semakin maju dan populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya turnamen di kota - kota besar dan juga daerah.

2. Momen dimana Indra KP memutuskan untuk menekuni dan memilih futsal sebagai profesi utama?

Tidak ada, karena dari awal Saya bermain futsal untuk mencari penghasilan dan juga pekerjaan, yang pada intinya masa depan yang lebih baik.

3. Sepatu Futsal Mizuno Basara 103 IN menurut Indra KP itu sepatu futsal seperti apa?

Mizuno Basara sepatu yang nyaman dan jelas enak dipakai dalam bertanding. Sepatu ini didesain menyesuaikan bentuk kaki kita, dan yang pasti sangat cocok untuk kaki yang lebar.

4. Kalem, pasti dan ngotot. Tiga kata yang menggambarkan permainan Indra KP di lapangan setuju ga?

Iya, itu karakter permainan saya di lapangan.

5. Atmosfir yang lain dan beda dari biasanya yang pernah dihadapi Indra KP di pertandingan futsal.

Pernah saya bermain di turnamen yang memiliki lapangan yang kotor dan banyak pasirnya. Atmosfir penontonnya pun lebih dari biasanya (ekstrim). Itu sangat seru bagi saya dan membuat adrenalin meningkat.



6. Mizuno dan futsal, menjadi dua figur seorang Indra KP saat ini. Kapan awal Mizuno merekrut Indra KP sebagai brand amabsador nya. Sampai kapan masa kontraknya?

Berawal dari keikutsertaan Saya memperkuat tim Futsalogy pada turnamen KIT nasional saat itu. Stlh itu bang ve menawarkan saya untuk menjadi brand ambasador mizuno.

Alhamdulillah sekarang kontraknya sudah diperpanjang. Tapi saya tidak bisa bilang sampai tahun berapa.

7. Jelasin ritual Indra KP pada sepatu futsal barunya.

Sepatu baru jelas butuh adaptasi dari kaki kita sendiri, biasanya Saya pakai sepatu baru itu dalam sesi latihan dulu sebelum benar - benar saya pakai dalam sebuah pertandingan. Tidak pernah saya memakai sepatu baru langsung di sebuah pertandingan

8. Ada target atau pencapaian lain tidak di karir futsal profesionalnya?

Saya berhasrat untuk menjadi pemain terbaik dan juga meraih gelar top skor.



9. Lalu tahun depan di Pro Futsal League 2017 masih dengan IPC Pelindo II, apa saja persiapan dari tim dan juga Indra KP sendiri apa aja?

Masih akan bersama IPC Pelindo II jelas, tim sejauh ini belum melakukan persiapan atau latihan reguler lainnya. Kalau dari individu saya terus melakukan latihan sendiri untuk menjaga kebugaran. Saya siap kapanpun dibutuhkan oleh tim.

10. Bagaimana cara bermain sederhana di lapangan? Banyak sekarang pemain futsal kebanyakan gocek tapi lupa dengan inti permainan futsal yang dasarnya adalah operan, pergerakan, tendangan dan posisi. Ada tips gakdari Indra KP?

Bermain dengan karakter diri sendiri sangat penting, jangan pernah merubah diri sendiri atau karakter yang kamu punya sebelumnya. Ingat, Futsal itu olahraga tim, jadi ingat kekompakan tim itu sangat penting. Namun keahlian dan skill individu sangat dibutuhkan untuk tim itu sendiri.

Ingin memiliki sepasang sepatu Mizuno Basara 103 seperti Indra KP? Dapatkan disini, serta anda bisa mendapatkan gratis dengan mengikuti kuis disini.
editTerakhir diubah:  28/11/16 - 16:40

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Kenyamanan Menjadi Kunci Performa Dua Punggawa Timnas Futsal Ini
Dua duta olahraga produk Mizuno yang juga penggawa Timnas Indonesia, Iqbal Iskandar, dan Sunny Rizky Suhendra, merasakan kenyamanan lebih saat memakai sepatu keluaran produk dari Jepang ini di ajang Internasional seperti AFF Futsal Championship 2016.Menurut Sunny, sepatu Mizuno sangat membantu menunjang perannya sebagai Anchor di lapangan yang dituntut untuk tenang, dan mampu mengatur ritme permainan."Sepatu Mizuno ini sangat baik dalam menunjang pergerakan kaki dan sangat ringan. Passing dan control bola juga nyaman. Membuat performa jadi maksimal di lapangan," kata Sunny.Lain lagi dengan Iqbal yang juga penggawa Vamos Mataram. Menurutnya, Sepatu Mizuno Basara 103 Sala merupakan yang paling ringan yang pernah dikenakannya selama berkarir di futsal."Sangat mudah beradaptasi dengan sepatu Mizuno dibanding sepatu lainnya yang sebelumnya pernah saya pakai. Ringan dan nyaman di kaki dan menunjang pergerakan saya," ujar Iqbal.Kedua pemain ini akan kembali berlaga di ajang Pro Futsal League 2017 untuk kembali menunjukan kemampuannya bersama sepatu Mizuno. Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
visibility  1396 kali
3 Rahasia yang Buat Iqbal Iskandar Siap Tampil Maksimal di AFF Futsal 2016
Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Iqbal Iskandar, pemain muda berbakat asal Bogor, Jawa Barat ini bermain gemilang di 2016. Dirinya menjadi salah satu pemain kunci Black Steel Manokwari juara Pro Futsal League (PFL) 2016.Ia juga menjadi salah satu pemain Tim Futsal PON Jawa Barat yang meraih medali emas PON 2016. Kiprah gemilangnya membuat dirinya dipanggil Timnas Futsal Indonesia dan turut membantu skuat Garuda menjadi runner-up di CFA International Futsal Tournament 2016 di Tiongkok.Ternyata Iqbal punya rahasia kenapa dirinya bisa selalu tampil maksimal disetiap pertandingan dan meraih banyak prestasi. Berikut 3 rahasia pemain muda berbakat asal Bogor ini.1. Perdalam latihan Fisik dan taktikTentu saja tidak untuk jadi jago harus selalu berlatih. Latihan dibagi 2 tipe, ada latihan Fisik yang selalu menjadi porsi latihan para pemain Timnas. Juga Taktik, Jika fisik sudah sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh pelatih tinggal menjalankan taktik dari tim pelatih. Akan sulit menerapkan yang pelatih inginkan, jika fisik kita tidak optimal. Jika bisa tambahlah porsi latihan sendiri agar bisa lebih jago dan jago lagi.2. Memanfaatkan hasil evaluasi dari uji coba dan pertandinganTentu saja selepas latihan dan pertandingan jangan selalu puas. Harus selalu belajar dan belajar lagi, dan salah satunya dengan cara mengevaluasi setiap hasil uji coba dan pertandingan. Cari kelemahan dan kesalahan yang telah dibuat untuk diperbaiki dan jadi kuat dari pertandingan ke pertandingan.3. Sepatu futsal yang berkualitasTentu saja biar makin kuat harus punya senjata yang kuat juga Sebagai pemain futsal tentu saja senjata terkuat adalah sepatu berkualitas, dan Iqbal menggunakan sepatu top dari Mizuno, Mizuno Basara 103 Sala yang sol-nya lebih halus dan empuk, dan lebih ringan juga untuk bobot sepatunya. Seri Sala ini juga punya ventilasi udara di bagian samping sepatunya, jadi kaki kita tidak akan panas saat memakai.Pantau terus aksi Iqbal Iskandar di Piala AFF 2016 dan buat kamu yang ingin mendapatkan Sepatu Futsal Mizuno, ikuti Quiznya disini! Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
visibility  2296 kali
Nandy Sukma Wijaya, Flank Maut Asal Cicalengka Kebanggaan Warga Jabar
Siapa yang tidak kenal dengan Nandy Sukma Wijaya, pemain muda berbakat asal Bandung, Jawa Barat ini bermain gemiang di 2016. Dirinya menjadi salah satu pemain kunci lolosnya Biangbola Kaltim ke final four Pro Futsal League (PFL) 2016 hinggga akhirnya finish diperingkat ketiga.Kegemilangannya membawa dirinya dipanggil mengikuti seleksi Timnas Futsal Indonesia dan dirinya terpilih menjadi bagian skuat Garuda berlaga di CFA International Futsal Tournament 2016 di Tiongkok. Di event tersebut Timnas Futsal berhasil menjadi runner-up.Selepas dari Timnas Futsal, Nandy memperkuat Tim Futsal PON Jawa Barat yang berhasil dibawanya meraih medali emas. Prestasi yang membuat apparel asal Jepang terpincut untuk mengontraknya.Bersama dengan Bolalob dan Mizuno Indonesia, Nandi berbicara tentang kiprahnya di futsal selama ini dan apa yang membuatnya bisa sukses sekarang.1. Bisa diceritakan bagaimana seorang Nandy mengenal futsal dan bisa seperti sekarang?Saya baru mengenal futsal itu semenjak kelas 3 SMP, sebelumnya saya hanya bermain bola di kampung halaman. Di SMP pun saya tidak pernah ikut kejuaraan futsal dimanapun, saya hanya bermain futsal fun futsal.Semenjak saya masuk SMKN 1 Rancaekek yang berada di Kabupaten Bandung. Disitu saya mengikuti latihan futsal bersama kakak kelas di sekolah. Di SMK sering mengikuti kejuaraan di Kota dan Kabupaten Bandung. Lalu, pada saat saya kelas 3 SMK di ajak bergabung di klub liga amatir Bandung, NFC (New Futsal Club).Setelah saya lulus sekolah saya mengikuti Porda membela Kota Bandung yang tuan rumahnya Kabupaten Bekasi ditahun 2014. Alhamdulillah, bisa meraih peringkat kedua. Pada 2015, saya ikut liga pro bersama Futsal Kota Bandung. Alhamdulillah bermain maksimal, meskipun dapat hasil yang kurang baik.Tahun 2016, saya pindah klub ke Biangbola Kaltim. Alhamdulillah, di 2016 bersama Biangbola bermain maksimal sehingga saya dan teman-teman bisa memberikan prestasi peringkat ketiga PFL 2016.Setelah itu, saya dapat pemanggilan Timnas. Meskipun pada saat seleknas saya bermain kurang maksimal dengan rencana Allah SWT, Alhamdulillah terpilih buat membela Timnas pada kejuaraan di Tiongkok dan mendapatkan medali perak.Setelah dari Tiongkok saya kembali membela PON Jabar. Alhamdulillah, Allah SWT memberikan nikmat yang luar biasa kepada saya dan teman-teman PON Jabar menjuarai PON 2016 mendapatkan medali emas.2. Menurut Nandy futsal itu apa sih?Futsal itu hobi saya dan menurut saya futsal itu menyenangkan. Jangan menganggap futsal itu pekerjaan, anggap aja futsal itu hobi supaya kita bisa bermain lepas dan enjoy.3. Seorang Nandy dikenal memiliki kecepatan dan gocekan maut. Menurut Nandi sendiri sebenarnya gaya permainannya itu seperti apa?Menurut saya kelebihan saya hanya orang lain yang bisa menilai. Saya hanya bisa menjalanin karakter saya seperti ini, mempunyai dribble cepat dan menggocek lawan.4. Nandy sendiri sebelum pertandingan biasanya ngapain dulu?Sebelum pertandingan saya suku berimajinasi tentang hal positif. Tentang saya pada saat bermain baik di lapangan. Menurut saya hal positif yang kita pikirkan itu akan terbawa pada saat pertandingan.5. PFL 2017 akan segera dimulai. Bagaimana persiapan seorang Nandy menyambut musim baru ini dan apa harapannya?Sangat antusias untuk menyambut liga musim ini. Sejak 2 minggu sesudah PON, saya dan teman-teman sudah mengikuti pemusatan latihan bersama Biangbola Kaltim. Target saya tahun ini setiap pertandingan ingin slalu bermain maksimal dan memberikan kontribusi baik buat tim.6. Sejak kapan Nandy ditunjuk Mizuno Indonesia jadi salah satu brand ambasador-nya dan bagaimaa perasaannya?Sekitar 4 bulan yang lalu waktu pulang dari Tiongkok bulan September. Rasanya senang, Aalhamdulillah bersyukur Allah SWT memberikan nikmat lagi kepada saya. Awalnya saya tidak menyangka bisa dipilih sebagai atlet Mizuno.7. Sebagai pemakai Mizuno, bisa ceritakan mengenai silo terbaru Mizuno Basara 103 Sala ini?Untuk Mizuno Basara 103 Sala ini ada perbedaanya yang paling menonjol dibandingkan dengan Mizuno Basara 103 In. Dibagian solnya sedikit berbeda, Seri Sala solnya lebih halus dan empuk pada saat dipakai dan ringan juga buat bobot sepatunya.Seri Sala ini juga punya ventilasi udara dibagian samping sepatunya. Jadi, kalau misalkan dipakai kaki kita ga akan terasa panas. 8. Ada pesan untuk pemain muda futsal biar bisa sukses?Pesan dari saya harus percaya diri dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Ikhtiar kerja keras adalah kunci buat kita menjadi bisa.Untuk kamu yang ingin mendapatkan Sepatu Futsal Mizuno, ikuti Quiznya disini! Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
visibility  4845 kali
4 Tips Singkat Untuk Mempunyai Akurasi Passing Yang Tinggi
Futsal identik dengan permainan passing karena bermain di lapangan kecil dengan mendapatkan pressing tinggi dari lawan. Tentu saja akurasi passing adalah kunci utama tidak hanya soal bisa passing saja. Nah, berikut ini Bolalob berikan 4 tips singkat untuk mempunyai akurasi passing yang tinggi. 1. Kecepatan dan kekuatan passing Ada dua faktor utama yang harus ada dalam setiap Anda memberikan umpan saat bermain futsal, yaitu kecepatan dan kekuatan umpan. Umpan yang lemah akan dapat mudah diserobot lawan, tapi umpan yang terlalu bertenaga juga akan menyulitkan rekan yang menerima umpan. Latihlah terus memberikan umpan sehingga Anda bisa tahu seberapa cepat dan bertenaga umpan yang dibutuhkan. Intinya tidak boleh lemah dan juga terlalu bertenaga, harus pas dan tepat agar yang menerima juga enak. 2. Pahami keadaan sekitar Sebelum Anda menerima umpan, lihat sekeliling Anda untuk melihat rekan dan juga lawan Anda, termasuk ruang kosong yang ada sehingga ketika Anda menerima bola Anda sudah tahu harus berbuat apa. Hal ini dapat meningkatkan pergerakan Anda dan kecepatan Anda saat melepaskan umpan. 3. Lihat arah gerak lawan dan teman Sebelum memberikan umpan harus diperhatikan posisi lawan dan kawan. Jangan sampai malah memberikan umpan ke lawan dan membuat gawnag kita dalam keadaan bahaya. Memberikan ke rekan juga harus melihat dimana posisinya, jangan sampai saat diberikan umpan malah dalam kesulitan seperti langsung dikepung lawan. Intinya perhatikan posisi lawan dan kawan sehingga saat memberikan umpan membuka peluang bagi tim untuk terus menguasai bola dan mencetak gol. 4. Mempunyai sepatu berkualitas Ini yang sering disepelekan oleh pemain futsal. Mau tidak mau harus diakui sepatu berkualitas akan menambah kemampuan memberikan umpan. Contohnya sepatu Mizuno Basara 103 Sala yang memberikan kelenturannya bagi si pemakai. Pemain dapat meningkatkan umpannya dengan akurasi tinggi, kecepatan, dan juga bertenaga karena dapat mengontrol bola secara maksimal dengan sepatu ini. Tentu saja tetap harus dilatih agar kemampuan memberikan umpan semakin top.Untuk kamu yang ingin mendapatkan Sepatu Futsal Mizuno, ikuti Quiznya disini! Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
visibility  7950 kali
1483952108629 tag