(Foto: bolalob)

Ini Harapan Pelatih SMAN 13 Medan Untuk Talenta Futsal Sumut

Tim futsal SMAN 13 Medan membuktikan bahwa Sumatera Utara juga mempunyai bakat-bakat potensial futsal Indonesia dengan menjuara Grand Champion Pocari Sweat Futsal Championship 2016.

Setelah Syahidansyah Lubis, belum ada lagi talenta-talenta Sumatera Utara yang mampu menembus ke Liga Futsal Profesional atau bahkan timnas futsal. Dedek Dermawan, pelatih SMAN 13 Medan berharap bakat-bakat futsal di Sumut bisa dilirik oleh tim-tim liga pro.

"Saya berharap para pemain Sumut akan lebih banyak yang main di liga. Saya dorong mereka untuk tampil di level yang lebih tinggi seperti liga futsal pro. Selama ini Medan selalu jalan di tempat," ujar Dedek kepada Bolalob.

"Kalau bisa para pemain saya juga nantinya bisa berkuliah dan main di pulau Jawa biar banyak pengalaman. Siapa tahu bisa bermain di liga pro," lanjut Dedek.

Selain itu Dedek berharap momen ini bisa dijadikan motivasi untuk pengurus Asosiasi Futsal Provinsi Sumut untuk menciptakan pelatih-pelatih dari kursus kepelatihan serta menjalankan kompetisi level usia.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Libur Ramadan, PSMS Medan Gelar Sejumlah Uji Coba
Tim PSMS Medan memanfaatkan libur kompetisi Liga 2 Indonesia selama bulan Ramadan dengan menggelar sejumlah pertandingan uji coba dengan tim-tim lokal dalam upaya tetap menjaga kekompakan tim."Uji coba pertama kami di bulan Ramadan ini adalah melawan Klumpang FC di Stadion Kebun Bunga," kata Pelatih PSMS Mahruzar di Medan, Rabu (7/6).Mahruzar mengatakan, rangkaian uji coba yang digelar itu juga bertujuan agar skuadnya tetap merasakan atmosfer pertandingan selama kompetisi Liga 2 diliburkan. Sekaligus untuk mengevaluasi hal yang masih perlu dibenahi, sebelum melakoni laga tandang ke markas PSPS Pekanbaru pada 8 Juli mendatang.[suggestedarticle]"Latihan kami selama Ramadan durasi hanya satu setengah jam. Selain jaga kondisi pemain, selama libur kompetisi akan kami manfaatkan untuk persiapkan tim untuk menghadapi PSPS pada 8 Juli nanti," kata Mahruzar.Menghadapi Klumpang FC, Mahruzar mengaku akan merotasi seluruh pemainnya untuk melihat performa seluruh pemain selama bulan Ramadan.Pada uji coba selama Ramadan, Mahruzar ingin melihat kebugaran seluruh pemain, makanya, ia akan membagi menjadi dua tim di setiap uji coba yang dijalani."Kami bisa saja dua tim dibagi menjadi satu babak, atau dua babak sekaligus. Tergantung situasi dan kondisi di lapangan," jelas Mahruzar.Sementara itu, untuk kondisi seluruh pemain dalam kondisi fit, termasuk sejumlah pemain yang sempat mengalami cidera sudah ikut bergabung dengan tim. Hanya saja, Dimas Sumantri yang mengalami cidera lutut saat mengalahkan tim PSBL, masih menjalani latihan secara terpisah.
visibility  292 kali
Syahidansyah Lubis Bangga Yuniornya Bergabung dengan Vamos Mataram
Sauqy Saud Lubis telah resmi memperkuat Vamos Mataram setelah pindah dari Mataram FC NTB.Dirinya pun akan bermain dengan seniornya yang juga asal Medan, Syahidansyah Lubis. Syahidansyah pun mengaku bangga ada pemain asal Medan yang kembali perkuat Vamos.[suggestedarticle]"Pasti bangga karena ada anak Medan yang main ke Vamos. Apalagi kemarin dia Timnas juga," ungkapnya kepada Bolalob."Semoga dia bisa cepat adaptasi di Vamos dan permainannya tetap konsisten seperti di Mataram dan Timnas. Tapi, kalo saya bilang dia bakal cepat adaptasi di Vamos," pungkasnya.
visibility  1670 kali
Menanti Duet Maut Medan di Vamos Mataram
Pemain muda berbakat asal Medan, Sauqy Saud Lubis resmi pindah dari Mataram FC NTB ke Vamos Mataram.Sauqy pun akan bertemu dengan seniornya, Syahidansyah Lubis yang sama-sama berasal dari Medan. Tentu saja ini menjadi kabar yang sangat bagus bagi futsal Sumatra Utara dengan dua pemainnya berada di tim juara Pro Futsal League (PFL).[suggestedarticle]Sauqy dikontrak Vamos setelah bermain gemilang bersama Mataram FC di PFL 2017 dan Timnas Futsal U-20 diajang AFC Futsal Championship 2017. Vamos pun berpeluang menduetkan bersama kedua pemain ini, Sauqy sebagai flank dan Syahidansyah sebagai pivot.Patut dinantikan bagaimana duet maut Medan ini membela Vamos yang akan berlaga di AFC Futsal Club Championship 2017 nanti.
visibility  2211 kali
PSMS Medan Kuasai Grup 1, Lima Kali Menang Beruntun
PSMS Medan mencetak kemenangan lima kali beruntun dalam persaingan Grup 1 Liga 2 Indonesia, setelah mengalahkan Timah Babel 2-0 di Stadion Teladan Medan, Minggu (21/5).Dua gol kemenangan PSMS diciptakan Willyando menit 55 dan Suhandi menit 62. Dengan hasil tersebut, untuk sementara PSMS kokoh di puncak klasemen grup 1 dengan 15 poin.Tim Ayam Kinantan kini selisih 4 poin dengan peringkat kedua PSPS Pekanbaru yang sehari sebelumnya menahan imbang tuan rumah PSBL Langsa 0-0.[suggestedarticle]Dengan hasil ini, PSMS hanya butuh satu poin dari dua laga tersisa, untuk memastikan diri menjadi juara paruh musim Liga 2 yang tergabung di Grup 1.Pelatih kepala PSMS, Mahruzar Nasution mengatakan, kemenangan ini memang patut disyukuri. Secara keseluruhan memang timnya tampil lebih baik dariapda tim lawan, khususnya pada babak kedua."Pada babak kedua kami bisa melakukan perubahan permainan sehingga bisa menciptakan banyak peluang dan berbuah gol. Memang absennya tiga pemain inti sedikit pengaruh cuma tidak begitu besar. Karena saya yakin dengan kemampuan pemain yang saya turunkan." ucap Mahruzar.Klasemen Sementara Grup 1
visibility  2898 kali
Eks Pemain PSMS Medan Ini Sekarang Jadi Presiden Klub Slovenia
Mantan pemain PSMS Medan, Nastja Ceh dikabarkan menjadi klub Divisi 2 Liga Slovenia, NS Drava Ptuj. Dilansir dari laman resmi klub, Ceh tercantum sebagai presiden klub. Ceh sebelumnya membela Drava Ptuj sejah tahun 2014."Saya pensiun dari sepakbola karena baru saja naik menjabat sebagai presiden klub, NS Drava Ptuj. Mereka (Drava) pikir saya sudah tidak bermain," ujar Ceh seperti dikutip Siolnet via Indosport.[suggestedarticle]Ceh yang juga anggota timnas Slovenia di Piala Dunia 2002 pernah merasakan kerasnya Liga Indonesia bersama PSMS Medan. Ia memperkuat Ayam Kinantan pada tahun 2012 hingga 2013.Selepas itu, Ceh pun melanjutkan kariernya di Liga Vietnam dan pada 2014 kembali ke Slovenia untuk memperkuat Drava Ptuj.sepakbolanya dengan bermain di Liga Vietnam dan pada tahun 2014 Ceh kembali ke kampung halamannya dengan memperkuat Ns Drava Ptuj.
visibility  4095 kali
Tekuk PSBL Langsa, PSMS Medan Petik Empat Kemenangan Beruntun
Tim Ayam Kinantan, PSMS Medan kembali membuktikan kualitasnya dan kali ini memukul tim tamunya PSBL Langsa 2-0 dalam Liga 2 Indonesia di Stadion Teladan Medan, Sabtu (13/5).Bagi PSMS, ini merupakan kemenangannya keempat beruntun, sekaligus mengusai persaingan Liga 2 Grup 1 dengan 12 poin di tangan.Selaku tuan rumah, pemain-pemain PSMS di awal-awal permainan masih tampak terlalu hati-hati, akibatnya aliran bola dari tengah lapangan ke depan belum banyak yang bisa membahayakan gawang lawan.Sebaliknya tim PSBL Langsa, justru bermain lebih taktis dengan memanfaatkan bola-bola panjang yang langsung mengarah kejantung pertahanan PSMS.[suggestedarticle]Gol pembuka bagi kubu PSMS baru tercipta pada menit ke-28 melalui sontekan Suhandi. Ia memanfaatkan umpan terobosan Dimas Drajat, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tuan rumah.Unggul satu gol, tidak membuat pemain PSMS mengendorkan serangan, justru anak-anak asuh pelatih Mahruzar itu semakin meningkatkan tekanan dengan permainan cepat memanfaatkan lebar lapangan.Gol kedua PSMS baru kembali tercipta pada menit ke-44 hasil tendangan jarak jauh Dimas Drajat. Bola sempat membentur tiang gawang, namun bola pantulan membentur badan kiper PSBL Zulbahra dan bola langsung mengarah ke dalam gawang.Di babak kedua, saling jual beli serangan kerap diperagakan, namun hingga berakhirnya laga kedudukan 2-0 untuk keunggulan tim tuan rumah PSMS tak berubah.Pelatih PSMS Mahruzar usai pertandingan mengatakan, dirinya puas dengan penampilan anak-anak asuhnya yang sepanjang laga cukup disiplin dengan tugasnya masing-masing."Kami bersykur anak-anak bermain dengan baik. Meski demikian tentunya evaluasi tetap kita lakukan agar semakin baik nantinya," kata Mahruzar.
visibility  1430 kali
Liga 2: Meski Selalu Menang PSMS Medan Waspada Hadapi PSBL Langsa
Tim PSMS Medan bakal mengandalkan permainan kolektifitas dalam menghadapi PSBL Langsa pada lanjutan Liga 2 Indonesia di Stadion Teladan Medan, Sabtu (13/5).Pelatih PSMS Mahruzar di Medan, Kamis (11/5), mengatakan, timnya tidak ingin kecolongan menghadapi PSBL Langsa, apalagi mereka bermain di hadapan publiknya sendiri yang tentunya kemenangan sangat dituntut bagi timnya.Untuk itu strategi sudah disiapkan untuk meredam permainan tim tamu, di antaranya dengan menerapkan permainan kolektifitas yang dinilai akan cukup ampuh untuk meredam pemain-pemain lawan.[suggestedarticle]"Kolektivitas akan kami terapkan. Artinya semua pemain memiliki perannya masing-masing untuk meraih kemenangan," kata Mahruzar, mantan asisten pelatih Timnas U-19.Saat ini PSMS masih bertengger di puncak klasemen sementara Grup 1 dengan nilai sembilan dari tiga kali kemenangan tanpa sekalipun mengalami kekalahan.Poin tersebut masing-masing diraih dari hasil kemenangan melawan 757 Kepri Jaya 2-0, Pro Duta 4-0 dan kemenangan dari Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-0.Meski saat ini PSMS pemuncak klasemen sementara, hasil tersebut belumlah aman, mengingat PSPS menguntit di posisi kedua dengan nilai 7."Perjalanan masih panjang. Tentunya kami akan terus berupaya mempertahankan posisi puncak itu dengan kemenangan," tutur Mahruzar seperti dikutip antaranews.com.Berbagai perbaikan terus dilakukan demi terciptanya tim yang benar-benar tangguh, sehingga cita-cita untuk bisa promosi ke Liga 1 di musim depan bisa terwujud."Kami tidak boleh lengah, berbagai evaluasi terus kami jalankan, baik pada barisan depan maupun pertahanan. Demikian pula degan fisik pemain, terus kita genjot sehingga bisa maksimal dalam setiap laga yang dijalani," katanya.
visibility  1131 kali
Mahruzar Nasution Puas PSMS Medan Kalahkah Persiraja
Pelatih PSMS Medan, Mahruzar Nasution puas dengan hasil timnya yang mengalahkan Persiraja Banda Aceh 3-0 dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Teladan, Sabtu (6/5/2017)"Babak pertama memang kami kesulitan menciptakan gol, tapi di babak kedua instruksi saya mereka jalankan dengan baik. Alhamdulillah strategi berhasil," ujar Mahruzar saat sesi jumpa pers.[suggestedarticle]Eks pemain Persija Jakarta itu juga memuji penampilan gelandangnya, Suhandi. Ia menilai, Suhandi pantas menyandang gelar man of the match.“Dia tampil bagus selama pertandingan, apalagi dia menciptakan gol yang sangat bagus. Atas golnya itu semangat anak-anak pun jadi bertambah," katanya.Tiga gol tim Ayam Kinantan masing-masing diciptakan oleh Suhandi, Fredyan Wahyu dan Frets Butuan.Berkat kemenangan itu PSMS tetap bertengger di puncak klasemen Grup 1 dengan koleksi sembilan poin.
visibility  985 kali
PSMS Medan Kian Solid, Incar Kemenangan Ketiga
Skuad PSMS Medan mengincar kemenangan ketiga di kandang saat menjamu tim kuat Persiraja Banda Aceh pada  Liga 2 Indonesia di Stadion Teladan Medan, Sabtu (5/5) Pelatih PSMS Mahruzar di Medan, Jumat, mengatakan, anak-anak asuhnya siap meraih kemenangan atas Persiraja. Untuk itu pihaknya juga telah menyiapkan strategi khusus untuk meredam permainan tim tamu."Persiapan sudah maksimal, semua pemain bisa diturunkan. Hanya saja Budi Argo yang masih kami ragukan bisa tampil karena kondisi kesehatannya yang belum baik, itu pun kami lihat besok bagaimana kondisinya," kata Mahruzar.[suggestedarticle]Mahruzar juga mengatakan, pihaknya telah mempelajari permainan Persiraja melalui rekaman video saat berlaga menghadapi PSBL dan Bangka dan dari rekaman itu pihaknya sudah melihat kelemahan tim lawan. "Kami sudah siapkan strategi khusus. Anak-anak juga sudah siap tempur demi mengamankan poin penuh di kandang. Apapun ceritanya kami harus menang, selain main di kandang kami juga ingin tetap mengamankan posisi puncak klasemen," terang Mahruzar.Saat ini PSMS masih memimpin klasemen sementara grup 1 dengan nilai enam dari dua kali kemenangan atas 757 Kepri Jaya 2-0 dan Pro Duta dengan kedudukan 4-0.Jika besok PSMS kembali dapat meraih kemenangan, nilai sembilan akan dikoleksi dan sekaligus semakin memperkokoh posisi puncak klasemen sementara Grup I.
visibility  1101 kali
Indomedan Sportivo FC Jadi Juara Pra Liga Futsal Nusantara U-18 AFK Medan
Tim Futsal Indomedan Sportivo FC akhirnya menjuarai kompetisi amatir Pra Liga Futsal Nusantara U-18 AFK Medan memperebutkan Piala Walikota Medan pada April lalu setelah di partai final mengalahkan Isori Medan FC dengan skor tipis 2-1. Pada partai sebelumnya Mulia FC menyudahi di peringkat ke 3 setelah mengalahkan Mamiyai FC skor 9-2.Sementara itu top skorer jatuh kepada pemain Mulia FC, Ari Yunandar dengan torehan 15 gol dan Kapten Indomedan Sportivo FC Hendra yang bermain gemilang selama gelaran kompetisi ini menyaber gelar pemain terbaik.Ketua AFK Medan Abdi Sembiring,SH dalam pidatonya menyebutkan ke 12 tim yang bertanding dalam Pra Liga nantinya akan menjadi pemilik suara/voter dalam kongres AFK Medan 2017 dengan terlebih dahulu mempersiapkan berkas legalitas untuk diverifikasi. Klub-klub ini akan menjadi klub amatir resmi dibawah AFK Medan.[suggestedarticle]Wakil walikota Medan yang menutup acara sekaligus menonton pertandingan final sejak menit awal dalam sambutannya memberikan apresiasi terlaksananya kegiatan pertama AFK Medan, pemerintah mendukung pembinaa futsal dibawah asosiasi kedepannya. Beliau juga memberikan nasehat kepada para pemain, wasit, dan manager kedua tim bahwasannya kehormatan seorang atlet terletak pada jiwa sportifitasnya.Dalam penyelenggaraan kompetisi ini juga diadakan eksibisi antar SD sekota medan yang dijuarai oleh SD Mamiyai, peringkat 2 SD 060411 dan peringkat 3 SD 060462> Kategori SMP Sekota Medan dijuarai oleh SMPN 41 Medan, peringkat 2 SMP Mulia, dan peringkat 3 SMP Negeri 38. Zulham Efendi Siregar selaku Ketua Panitia mengatakan nantinya kedua tim Finalis Pra Liga Futsal Nusantara akan mendapat tiket mewakili Medan menuju kompetisi pelajar Piala Gubsu yang rencananya digelar di Medan pada 7-10 Mei 2017.
visibility  450 kali
1493709302325 tag