(Foto: Liga Nusantara Blogspot)

Video: Ricuh Di Liga Nusantara, Pemain Ini Injak Kepala Wasit

Kembali perbuatan tak terpuji dan tak pantas untuk dicontoh terjadi di sepakbola nasional. Kali ini terjadi pada pertandingan antara PS Bengkulu Tengah (Benteng) melawan Persiku Kudus di Stadion Wergu Wetan, Jumat (25/11) dalam laga Liga Nusantara 2016.

Salah satu pemain PS Bengkulu Tengah (Benteng), Budi Eka Putra melancarkan protes keras dan melakukan aksi menginjak kepala wasit.

Kejadian ini bermula saat Wasit asal Jogjakarta, Cholid Dalyanto mengusir salah seorang pemain PS Benteng, Gatut Bekti. Dirinya bahkan dengan sengaja menginjak muka wasit yang sudah terjatuh.

Perilaku ini tak terpuji ini harus ditindak tegas, salah satunya melalui hukuman seumur hidup.



Terlepas dari benar atau tidaknya keputusan wasit, tindakan pemain PS Benteng, Budi itu sudah sangat jelas mencederai semangat sportivitas. Bagaimana pun tidak wasit harus dihormati sebagai pengadil di lapangan.
editTerakhir diubah:  28/11/16 - 10:51

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini Langkah PSSI Perbaiki Wasit Liga 1 Indonesia
Kiprah wasit di Liga 1 Indonesia 2017 sejauh ini menjadi sorotan. Langkah perbaikan pun coba dilakukan PSSI dengan mendatangkan eks Direktur Wasit FIFA, George Cumming.Kehadiran Cumming diharapkan dapat membuat perbaikan kualitas wasit di Indonesia. Wasit memang kerap kali menjadi sorotan baik dari suporter, pemain, pelatih maupun manajemen klub.“Untuk lebih meningkatkan kualitas perwasitan di dalam negeri khususnya yang menyangkut kompetisi, PSSI mendatangkan mantan direktur wasit FIFA yaitu George Cumming ke Indonesia,” tulis operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru.[suggestedarticle]Cumming fokus untuk mencari fakta mengumpulkan data, serta melakukan dialog dengan para stakeholder yang berhubungan dengan persepakbolaan nasional. “Kemudian nantinya ia akan merumuskan suatu program pengembangan dalam rangka mereformasi pengelolaan perwasitan Indonesia," lanjut PT LIB dalam pernyataannya.“Pria asal Skotlandia ini mempunyai waktu 2 minggu untuk melakukan semua itu, sebelum merumuskan rancangan program pengembangan 1 sampai 2 tahun kedepan.”“Implementasi program ini, PSSI didukung oleh AFC melalui beberapa referee expert mereka yang akrab kolaborasi dengan Cumming,” lanjut pernyataan tersebut.
visibility  1055 kali
VIDEO: Aksi Nutmeg Hingga Rabona dari Marquee Player Bali United
Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro (WCP) menurunkan marquee playernya Nick van der Velden sebagai gelandang serang saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Bekasi, pukul 19.30 Wita, Minggu (21/5/2017).Mainnya Van der Velden di menit awal ini menjadi yang pertama dilakukan. Pasalnya hingga pekan keenam, Van der Velden kerap dimainkan sebagai pemain pengganti.[suggestedarticle]Gelandang asal Belanda ini tampil apik dengan beberapa kali menunjukan kebolehannya dalam memainkan si kulit bundar.Mulai dari nutmeg, kontrol bola hingga umpan rabona kepada rekan setimnya terlihat dalam video yang diunggah oleh Bali United ini.Dalam laga ini Bali United bermain imbang tanpa gol (0-0) oleh tuan rumah Persija Jakarta.
visibility  1180 kali
Ibrahimovic Sudah Siap untuk Final Liga Europa!
Baru menjalani operasi lutut pada beberapa pekan lalu, bomber Manchester United Zlatan Ibrahmoivc dikabarkan siap kembali merumput di ajang final Liga Europa.Lewat akun Instagram miliknya, Ibrahimovic mengabarkan hal tersebut. "Ready for the final (Siap untuk menuju final)," tulis dia, pada Sabtu (20/5). Dia tak menjelaskan tentang final yang dia maksud.   Ready for the final Sebuah kiriman dibagikan oleh IAmZlatan (@iamzlatanibrahimovic) pada Mei 20, 2017 pada 6:04 PDT Dalam lansiran via Instagram tersebut, Ibrahimovic mengunggah video tentang pemulihan dirinya. Unggahan berdurasi singkat tersebut, memperlihatkan pemain Swedia itu berlatih jalan di dalam kolam renang. [suggestedarticle]Dengan mengenakan jersey latihan MU, Ibrahimovic mencoba berjalan di dalam air, untuk memulihkan cedera lututnya.Dirinya sempat diprediksi akan absen untuk waktu delapan hingga sembilan bulan mendatang.Manchester United sendiri akan menghadapi Ajax Amsterdam di Friends Arena, Solna, Rabu (24/5/2016).
visibility  1555 kali
Tak Ada Ampun Lagi Bagi Diver Culas di Liga Inggris
PSSI-nya Inggris, FA, punya aturan baru yang mulai berlaku musim depan untuk menghukum para pelaku diving. Brilian.Pertemuan tahunan FA memutuskan musim depan pemain yang dinyatakan sengaja diving bisa dihukum tidak boleh berlaga di dua pertandingan. Berlaku bagi mereka yang sengaja mencari penalti atau membuat pemain lawan terkena kartu merah.Sistem juri hukuman ini terdiri dari panel yang berisi tiga orang terdiri dari mantan wasit, manajer, dan pemain yang secara independen akan menganalisis sebuah insiden.[suggestedarticle]Pemain hanya akan dihukum bila ketiga juri sepakat satu suara terjadi diving. Sebaliknya, kartu kuning atau pemain yang dikeluarkan dari pertandingan sebagai korban diving bisa dicabut hukumannya jika dinyatakan tidak bersalah."Meski usaha mengelabui wasit dengan pura-pura cedera atau sengaja mencari pelanggaran bisa dihukum wasit atas tindakan tidak sportif, tapi faktanya banyak wasit yang tertipu dan karena itu, tindakan yang berujung penalti atau pengeluaran pemain lain, butuh hukuman yang lebih keras sebagai penyeimbang," bunyi pernyataan FA.
visibility  572 kali
Soal Sanksi Lanjutan 18 Wasit, Operator Liga Serahkan kepada PSSI
CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Risha Adi Wijaya menunggu keputusan lanjutan PSSI yang baru saja menjatuhkan sanksi kepada sejumlah wasit di Liga 1 dan Liga 2.Ada 18 wasit yang dilarang memimpin pertandingan untuk sementara oleh PSSI. Mereka terdiri dari delapan wasit kepala dan 10 asisten wasit.[suggestedarticle]Dari jumlah itu, wasit yang diistirahatkan lebih banyak dari Liga 2. Sedangkan asisten wasit yang kena sanksi didominasi Liga 1.Risha mengatakan PT LIB selaku operator kompetisi tidak berwenang untuk langsung menunjuk pengganti para wasit. Risha juga masih menunggu keputusan lanjutan PSSI, termasuk kemungkinan melakukan sistem promosi dan degradasi."Mohon dipahami bahwa sistem promosi dan degradasi itu yang terjadi di tahun lalu. Saat itu PSSI masih di-suspend. Maka hal ini menjadi kewenangan PSSI apakah melakukan hal itu lagi atau tidak," kata Risha.[suggestedarticle]Risha juga bicara soal kemungkinan penyegaran wasit akan kembali diadakan di sela-sela Liga 1 dan Liga 2. Penyegaran wasit selama ini dilakukan PSSI jelang kick-off kompetisi untuk menjaga kualitas perangkat pertandingan."Kemarin sudah ada penyegarannya sebelum kick off. Saya yakin juga nanti akan ada penyegaran lanjutan. Mungkin nanti cari waktunya di half season atau saat tidak ada pertandingan. Dan itu menjadi kewenangan PSSI, bukan LIB," lanjutnya.
visibility  409 kali
PSSI Berhentikan 8 Wasit dan 10 Asisten Wasit
Berdasarkan laporan dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI memberhentikan untuk sementara waktu 8 wasit dan 10 wasit yang memimpin liga, setelah melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga.Djoko Driyono, Wakil ketua umum PSSI mengatakan, pertemuan dengan PT LIB itu untuk mengevaluasi pelaksanaan kompetisi pada dua level tersebut. Tapi Joko tak mau membeberkan 18 perangkat pertandingan yang diberhentikan sementara.[suggestedarticle]"Ke 18 perangkat pertandingan itu terdiri dari delapan wasit dan sepuluh asisten wasit. Dari jumlah itu, jumlah wasit di Liga 2 yang diistirahatkan lebih banyak. Sedangkan asisten wasit yang diberhentikan sementara didominasi Liga 1," terang Djoko."Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit. Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan," sambung Djoko, seperti dikutip antaranews.com, Selasa (16/5).Menurut Djoko, tujuan dari keputusan ini adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. "Jumlah pengganti wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan,” sebut Djoko.
visibility  4157 kali
Waduh! Hakim Garis Dikartu Merah Wasit
Kejadian unik terjadi di Liga Primer Skotlandia ketika Kilmarnock bertemu Dundee United di Rugby Park (6/5/2017) saat wasit memberikan kartu merah kepada hakim garis.Pada pertengahan babak pertama, Kilmarnock mendapatkan hadiah tendangan penjuru. Namun, pertandingan justru dihentikan sementara saat sepakan hendak dilakukan.Wasit Craig Thomson melihat rekannya, hakim garis Andrew McWilliam, bergelagat. Andrew berjalan menjauh dari lapangan kemudian muntah.Melihat hakim garis tidak dalam kondisi sehat, wasit memutuskan memberi kesempatan untuk istirahat. Dengan mengirimnya ke ruang ganti lewat kartu merah. Para penonton pun bersorak.Pertandingan kemudian dilanjutkan usai tertunda selama tiga menit. Laga itu berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Dundee.
visibility  5010 kali
VIDEO: Gol Spektakuler Striker asal Thailand di Liga Champions Asia
Gol indah dicetak oleh striker andalan Muangthong United, Teerasil Dangda dalam laga Liga Champions Asia, Rabu (10/5) malam.Teerasil sukses melakukan nutmeg kepada pemain Kashima Antlers lalu melepaskan tendangan keras ke jala klub asal Jepang itu.[suggestedarticle]Namun dalam laga ini jagoan asal Thailand itu harus menyerah 1-2 dari Kashima Antlers.Meski kalah Muangthong tetap melaju ke babak 16 besar LCA musim ini dengan status runner-up dibawah Kashima, dengan torehan 11 poin.
visibility  3795 kali
Ini Aturan Baru di Liga Inggris Mulai Musim Depan
Asosiasi sepak bola Inggris (FA) akan memulai proyek percontohan peraturan baru di Liga Inggris musim depan. Langkah ini menentukan kelayakan 'kotak hukuman' untuk diterapkan dalam sepak bola.Bentuk hukuman yang bersifat sementara ini biasa dilakukan pada olahraga seperti rugbi atau hoki. Nantinya, pemain meninggalkan lapangan untuk beberapa saat lalu boleh kembali bertanding.[suggestedarticle]Seperti dilansir BBC Sport, FA mengajak sekitar 1.000 klub untuk terlibat dalam proyek ini. Uji coba berlaku di liga kasta ketujuh dan di bawahnya. Penerapannya juga dilakukan di liga amatir dan liga kelompok umur. Hukuman ini hanya berlaku bagi pemain yang melakukan protes berlebihan kepada wasit. Pemain yang dihukum boleh kembali bermain setelah 'diusir' selama 10 menit.[suggestedarticle]Aturan ini pernah juga dicetuskan legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, namun dianggap banyak pihak tidak cocok dalam sepak bola karena dapat mengganggu ritme permainan.
visibility  5341 kali
VIDEO KACAU: Ga Terima Keputusan Wasit, Pemain Futsal Ini Beri Bogem Mentah
Peristiwa tidak terpuji terjadi dipertandingan futsal divisi dua di Spanyol saat pemain memberikan bogem mentah kepada wasit.Peristiwa tersebut terjadi saat pertandingan Barceloneta melawan Olimpic Floreta di divisi kedua di Catalunya. Secara tak terduga salah satu pemain karena tidak menerima keputusan wasit langsung memberikan bogem mentah kepada wasit yang membuat sang wasit terjatuh [suggestedarticle]Waduh, jangan dicontoh ya. Apapun keputusan wasit harus diterima, dan jika tidak bisa lakukan protes seusai pertandingan, tapi jangan sampai pukul wasit.
visibility  5336 kali
1493688602102 tag