(Foto: Bolalob)

Catatan Dari Bangkok: Perjalanan Panjang SMAN 16 Bandung Wujudkan Mimpi

Perjalanan panjang ditempuh punggawa SMAN 16 Bandung untuk tanding di Bangkok Challenge 2016 U-18 Futsal Tournament For The Champions.

SMAN 16 yang menjadi juara Grand Final Hydro Coco National Futsal Tournament (HCNFT) 2016 berhak meraih hadiah utama untuk mewakili Indonesia bertanding di Thailand. Persiapan matang telah mereka jalani dan berangkat sejak hari Minggu (4/12) pukul 11 malam dari Bandung menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.



Mereka tiba di bandara pukul 3 pagi di hari Senin (5/12) dan menuju Bangkok, Thailand pukul 06.55 WIB. Tiba di bangkok pukul 10.30 WIB di Bandara Don Mueang, Bangkok. Pemain pun langsung ke Hotel Clef untuk beristirahat setelah sebelumnya makan siang bersama.

Pukul 15.00 WIB SMAN 16 mendapat coaching clinic langsung dari Paitoon Boonsri sebagai pelatih kepala Royal Thai Navy FC dan pemain tim nasional futsal Thailand, Panat Kittipanuwong. Selepas coaching cinic, para pemain berkesempatan menjelajahi FBT Sports Complex, pusat perlengkapan dan peralatan terbesar di Bangkok.



Selepas dari FBT para pemain makan malam bersama rumah makan Muslim dengan aneka macam daging yang harus dimasak sendiri dengan panggangan. Para pemain pun puas menjalani hari pertama mereka di Bangkok dan langsung beristirahat karena Selasa (6/12) ini mereka berlaga di Bangkok Challenge 2016 U-18 Futsal Tournament For The Champions.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Rival Watch: Thailand Matangkan Tim di Iran
Timnas futsal putri Thailand mulai memasuki masa ujicoba setelah beberapa minggu menggelar pemusatan latihan yang dipimpin pelatih Udom Taeesuk.Skuat Thailand membawa 16 pemain untuk berujicoba di Teheran Iran, dalam turnamen mini yang diselenggarakan oleh tuan rumah pada 13-20 April mendatang. Selain menghadapi Iran, Thailand juga akan melawan tim Allstar Liga Iran serta Ukraina.[suggestedarticle=3]Dari 16 pemain yang dipanggil, tiga di antaranya merupakan nama baru. Sisanya merupakan pemain yang berhasil membawa Thailand meraih medali emas futsal putri di Asian Indoor Games 2017 lalu.Thailand sendiri menjadi tuan rumah di ajang AFC Women's Futsal Championship 2018 pada 2-12 Mei mendatang dan berada di grup A bersama Macau, Hong Kong, dan Indonesia. Nama terakhir juga telah menggelar persiapan sejak awal April.
  475 kali
Pivot Handal Timnas Thailand Ini Akhirnya Cetak Gol Debut di Indonesia
Black Steel Manokwari kembali meraih kemenangan setelah mengalahkan SDR FC Binjai di laga keenamnya di grup B Pro Futsal League 2018 dengan mengalahkan Mataram FC pada Minggu (25/2) di GOR UNESA, Surabaya.Ada yang cukup berarti buat Suphawut Thueanklang, bintang timnas Thailand yang memperkuat Black Steel di laga ini. Ini karena akhirnya pemain futsal terbaik Asia pada 2013 tersebut mencetak gol debutnya di Indonesia.[suggestedarticle=3]Menerima umpan dari set piece Ardiansyah Nur, sepakan keras Arm, panggilannya gagal, dihalau kiper SDR, Akmal Lubis. Gol ini sekaligus menjadi penutup skor untuk Black Steel yang menang dengan skor 6-4.Di dua laga di pekan ketiga ini Arm terlihat kesulitan mengimbangi permainan keras dan cepat dari lawan maupun kawannya. Beberapa peluang emas gagal menjadi gol.Di hari sebelumnya pada Sabtu (24/2) rekan senegaranya di Black Steel, Kritsada Wongkaeo, berhasil mencetak gol debut. Sedangkan dua rekan timnasnya di Pelindo, Chaivat Jamgrajang dan Jetsada Chudech, juga berhasil mencetak gol di laga perdananya.Bahkan Jetsada sudah mengemas dua gol di mana gol kedua disumbangkan saat Pelindo menaklukan tuan rumah BTS pada matchday keenam.
  1668 kali
2 Pemain Muda Timnas Futsal Thailand Bakal Berguru di Spanyol
Rencana jangka panjang federasi futsal Thailand untuk membangun generasi emas lainnya sudah dimulai sejak dua tahun belakangan. Di 2018 ini, mereka mengirim dua pemain timnas U-20 untuk berguru ke Spanyol.Ronnachai Jungwongsuk dan Muhammad Ousamanmusa resmi memperkuat tim Santiago Futsal untuk berlaga di Liga Futsal Spanyol selama dua bulan. Kedua pemain ini merupakan bakat potensial dan salah satu pemain yang bersinar tahun lalu bersama timnas Thailand.Ousamanmusa yang berposisi pivot sudah menjadi andalan tim senior Thailand tahun lalu menggantikan Suphawut Thueanklang. Dirinya menjadi top scorer di AFF Futsal 2016, di usia yang masih muda yaitu 18 tahun.[suggestedarticle=3]Sedangkan Ronnachai Jungwongsuk yang berposisi sebagai anchor dan flank juga menjadi salah satu pemain potensial. Ronnachai mencetak gol kemenantan Thailand atas Malaysia di final AFF Futsal 2017 di Vietnam November lalu.Kedua pemain dikontrak selama dua bulan dan akan kembali ke Thailand pada April mendatang.Santiago Futsal sendiri tak asing dengan Thailand karena pada 2010 sempat menampung Suphawut Thueanklang bermain di klubnya selama tiga bulan.
  889 kali
Ajib! Duo Pemain Asing Black Steel Manokwari Siap Diturunkan di Pekan Ketiga PFL 2018
Black Steel Manokwari siap berlaga di pekan ketiga Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 pada 24 dan 35 Februari besok di GOR Unesa Surabaya, Jawa Timur.Yori van der Torren selaku pelatih Black Steel menyatakan semua pemainnya siap tempur Termasuk dua pemain asing mereka, mega bintang Timnas Futsal Thailand, Suphawut Thueanklang dan Kritsada Wongkaeo.[suggestedarticle=3]"(Persiapan) Lancar. Hari ini kami akan berangkat ke Surabaya. Ada dua pertandingan yang berat," ungkapnya kepada Bolalob."Semua pemain fit dan siap. Belum tahu siapa yang akan diturunkan," pungkasnya.Di pekan ketiga besok Black Steel akan menjalani laga berat melawan tuan rumah Bintang Timur Surabaya (BTS) di hari Sabtu (24/2), dan melawan SDR FC Binjai di hari Minggu (25/2).
  1558 kali
Seru! 4 Pemain Timnas Futsal Thailand Siap Berlaga di Pekan Ketiga Grup B PFL 2018
Pekan ketiga Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 yang akan digelar pada 24 dan 25 Februari besok di GOR Unesa Surabaya, Jawa Timur akan menjadi saksi tampilnya penggawa Timnas Futsal Thailand di liga Indonesia.Terdapat 4 pemain Timnas Futsal Thailand yang menjadi pemain asing di PFL 2018, yaitu Suphawut Thueanklang dan Kritsada Wongkaeo di Black Steel Manokwari, dan Jetsada Chudech serta Chaivat Jamgrajang di IPC Pelindo II Jakarta.Keempat pemain ini sebenarnya sudah didaftarkan sejak pekan pertama, tapi keduanya baru bisa bergabung selepas pekan kedua Grup B berakhir. Hal tersebut dikarenakan keempatnya baru saja membela Timnas Futsal Thailand di AFC Futsal Championship 2018 pada awal Februari kemarin.[suggestedarticle=3]Keempat pemain ini pun sudah berada di Indonesia dan telah berlatih bersama timnya masing-masing. mereka diperkirakan sudah bisa berlaga di pekan ketiga besok di Surabaya.Tentunya kehadiran keempat pemain ini smakin memeriahkan PFL 2018 dan diharapkan meningkatkan kualitas futsal di Indonesia. Selain itu, pecinta futsal Indonesia juga sudah tidak sabar menyaksikan secara langsung pemain berkelas di Asia dan dunia ini.
  764 kali
Tiba di Jakarta, Duo Thailand Langsung Bergabung Dalam Sesi Latihan IPC Pelindo
Dua pemain anyar IPC Pelindo II Jakarta asal Thailand, Jetsada Chudech dan Chaivat Jamgrajang, akhirnya tiba di Indonesia.Kedua pemain ini berangkat dari Thailand pada Rabu (21/2) pagi dan tiba di Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka akan menempati salah satu apartemen di daerah Jakarta Utara.Tiba di Jakarta, kedua pemain tidak langsung beristirahat menuju apartemennya, melainkan menuju ke tempat latihan skuat IPC Pelindo II Jakarta di bilangan Pluit, Jakarta Utara.[suggestedarticle=3]Dalam sesi latihan ini kedua pemain langsung ikut berlatih bersama rekan-rekan lainnya sekaligus memperkenalkan diri. Ini merupakan kemauan kedua pemain sendiri untuk langsung berlatih bersama tim. Kedua pemain mencoba beradaptasi dengan dua jam sesi latihan ini.Jetsada Chudech yang berasal dari klub Royal Navy dan Chaivat Jamgrajang yang berasal dari Thai Port FC direkrut IPC Pelindo dengan status pinjaman dari klubnya. Resmi direkrut pada akhir Januari lalu, mereka akhirnya bisa berlaga pada akhir Februari ini setelah memperkuat timnas Thailand di AFC Futsal Championship 2018.Mereka bakal segera memperkuat tim di pekan ketiga Pro Futsal League 2018 pada 24-25 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya.
  1935 kali
Diincar Klub Indonesia, Ini Pilihan Muhammad Ousamanmusa, Wonderkid Timnas Thailand
Thailand menjadi salah satu lumbung untuk klub-klub peserta Pro Futsal League 2018 mencari pemain.Setelah empat bintang timnas Thailand berhasil direkrut oleh klub asal Indonesia, pemain muda timnas Thailand lainnya, Muhammad Ousamanmusa, ternyata paling banyak diminati oleh klub-klub tanah air untuk bermain di PFL 2018.Mumed, panggilan akrabnya, terpantau Bolalob diminati oleh beberapa klub yang belum merekrut pemain asing. Kebanyakan dari klub yang berminat terhadap pemain keturunan Ghana ini berada di grup B.[suggestedarticle=3]Namun Mumed tidak akan tampil di Indonesia di liga musim ini. Hal tersebut karena sang pemain sudah mendapatkan tim baru untuk tiga bulan ke depan. Tim tersebut adalah Santiago Futsal asal Spanyol.Santiago Futsal merupakan tim peserta Liga Futsal Utama di Spanyol. Tim ini juga yang dulu pernah menampung Suphawut Thueanklang untuk berujicoba selama tiga bulan pada 2010 lalu.Mumed yang merupakan penggawa Bangkok BTS memang disebut-sebut merupakan salah satu pivot penerus Suphawut di timnas Thailand. Di 2017 dirinya sudah menjadi andalan dalam mencetak gol bagi skuat Gajah Perang.Mumed tidak sendiri, dirinya bakal "bersekolah" di Santiago Futsal bersama rekan sejawatnya di timnas futsal Thailand, Ronnachai Jungwongsuk. Kedua pemain diperkirakan kembali ke Thailand pada akhir April atau saat liga futsal Thailand dimulai.
  3189 kali
Mantap! 2 Pemain Thailand Rekrutan Anyar IPC Pelindo Tiba di Jakarta
Sempat tertunda satu hari, dua pemain anyar IPC Pelindo II Jakarta asal Thailand, Jetsada Chudech dan Chaivat Jamgrajang, akhirnya tiba di Indonesia.Jetsada Chudech yang berasal dari klub Royal Navy dan Chaivat Jamgrajang yang berasal dari Thai Port FC direkrut IPC Pelindo dengan status pinjaman dari klubnya. Resmi direkrut pada akhir Januari lalu, mereka akhirnya bisa berlaga pada akhir Februari ini setelah memperkuat timnas Thailand di AFC Futsal Championship 2018.[suggestedarticle=3]Kedua pemain ini berangkat dari Bandara Suwarnabhumi, Thailand pada Rabu (21/2) pagi pukul 06.43 dengan pesawat Garuda Indonesia GA 865 dan tiba pukul 10.05 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Mereka akan menempati salah satu apartemen di daerah Jakarta Utara.Setelah tiba di Jakarta, kedua pemain secepatnya akan bergabung dengan latihan tim untuk persiapan berlaga di pekan ketiga Pro Futsal League 2018 pada 24-25 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya.
  3385 kali
Wonderkid Thailand, Muhammad Ousamanmusa, Diincar Klub-klub Indonesia
Dibukanya bursa transfer Pro Futsal League 2018 menjadi jalan bagi klub-klub peserta untuk mengevaluasi skuatnya di laga-laga sebelumnya, termasuk pertimbangan untuk menambah pemain baru.Beberapa klub dipantau Bolalob mulai aktif untuk melakukan penambahan dan pengurangan pemain. Bahkan beberapa klub bakal menambah pemain asing di putaran kedua Pro Futsal League 2018.Salah satu pemain asing yang jadi incaran klub-klub di Indonesia adalah pivot asal Thailand, Muhammad Ousamanmusa. Tidak heran memang, pemain berusia 19 tahun yang disebut-sebut penerus Suphawut Thueanklang ini tampil luar biasa di ajang Internasional pada 2017 lalu bersama Thailand.[suggestedarticle=3]Mumed, panggilan akrabnya, terpantau Bolalob diminati oleh beberapa klub yang belum merekrut pemain asing. Kebanyakan dari klub yang berminat terhadap pemain keturunan Ghana ini berada di grup B.Namun sayang, Mumed sepertinya tidak akan bisa berlaga di liga musim ini karena klub lain dari luar Thailand sudah menunggu pemain asal Bangkok BTS ini.Mumed akan "Disekolahkan" oleh Federasi Futsal Thailand dengan memperkuat salah satu tim asal Spanyol tiga bulan ke depan atau sebelum liga berakhir. Klub-klub Indonesia yang berminat harus mempunyai opsi lain mencari pemain asing.
  4014 kali
Untuk Pertama Kalinya, Vietnam Langkahi Thailand di AFC Futsal Championship
Meski sama-sama gugur di AFC Futsal Championship 2018, namun Vietnam punya prestasi yang cukup menggembirakan dari hasil akhir di ajang ini.Dalam penghitungan peringkat akhir AFC Futsal Championship 2018, Vietnam berhasil berada di peringkat enam dan melangkahi Thailand yang berada di peringkat delapan meski sama-sama lolos fase grup dengan poin enam.[suggestedarticle=3]Hal ini ditengarai karena kekalahan telak Thailand terhadap Iran di babak perempat final dengan skor 9-1. Sementara Vietnam hanya kalah 1-3 atas Uzbekistan di perempat final. Hal ini tentunya bakal mempengaruhi pengundian gelaran selanjutnya.Jika tidak berubah dan Vietnam dan Thailand kembali lolos, dalam pengundian AFC Futsal Championship 2020 Vietnam berada dalam pot unggulan kedua, sedangkan Thailand berada di unggulan ketiga karena hanya berada di peringkat ketujuh.Ini membuat peluang Thailand berada di grup Neraka semakin besar. Ajang AFC Futsal Championship 2020 sendiri merupakan gelaran kualifikasi untuk melangkah ke Piala Dunia 2020 yang hingga saat ini belum diketahui negara tuan rumahnya.
  1312 kali
1518955801855 tag