(Foto: bolalob)

Peringkat Futsal Asia: Vietnam Naik, Thailand Turun. Bagaimana Indonesia?

Di penghujung 2016, peringkat futsal dunia mengalami perubahan, khususnya di Asia. Beberapa negara mengalami perubahan.

Salah satunya adalah Thailand. Di Awal Desember lalu, Thailand masih berada di peringkat dua Asia. namun di akhir 2016 mereka turun satu peringkat ke posisi ketiga digeser oleh Jepang.

Yang menarik, pasca mengikuti turnamen persahabatan di Tiongkok pada awal Desember, Vietnam naik dua peringkat dari posisi delapan ke posisi keenam. Selain itu Tiongkok harus terlempar dari posisi 10 besar dan digantikan oleh Lebanon. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia masih tetap berada di peringkat kesembilan Asia, tak bergeser sejak akhir Agustus lalu pasca mengikuti turnamen ujicoba di Tiongkok. Sejak itu, Indonesia belum lagi mengikuti ajang ujicoba Internasional dan masih berada di posisi kesembilan dengan 1036 poin atau peringkat 45 dunia.

Berikut Peringkat futsal di Asia per 31 Desember lalu:

1. Iran - 1608 Poin
2. Jepang - 1359 Poin
3. Thailand - 1358 Poin
4. Uzbekistan - 1202 Poin
6. Vietnam - 1095 Poin
7. Kuwait - 1075 Poin
8. Kyrgyzstan - 1063 Poin
9. Indonesia - 1036 Poin
10. Lebanon - 1007 Poin

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jelang Kejuaraan AFC, Timnas Futsal U-20 Butuh Ujicoba Internasional
Arab Saudi batal bertandang ke tanah air untuk menggelar ujicoba menghadapi timnas futsal U-20. Hal ini membuat pilihan lawan sparing timnas futsal U-20 menjadi sedikit.Menurut Vic Hermans, pelatih kepala timnas u-20, ujicoba Internasional sangat diperlukan untuk skuat muda U-20. Apalagi mayoritas dari pemain sama sekali belum merasakan berlaga di level Internasional bersama timnas. Hanya Ardiansyah Runtuboy yang pernah membela timnas senior pada medio Agustus 2016 hingga Januari lalu."Kalau tidak ada sparring internasional maka tugas jadi lebih berat. Sebab tim tak dapat pengalaman (level pertandingan) internasional," kata Vic dilansir Sindonews.[suggestedarticle]Saat ini hanya Vietnam yang memberi sinyal positif untuk melawan Indonesia di laga ujicoba. Hanya saja skuat harus bertandang ke Vietnam dan hal itu harus menunggu konfirmasi Federasi Futsal Indonesia.Persiapan ini dalam rangka memantapkan tim menjelang kejuaraan AFC U-20 yang digelar di Bangkok, Thailand, pada 16-26 Mei mendatang.
visibility  863 kali
Vietnam Sambut Positif Ajakan Sparing Timnas Indonesia
Batalnya Arab Saudi untuk mengikuti laga persahabatan dengan timnas futsal U-20 membuat pilihan lawan sparing menjadi sedikit.Saat ini hanya ada Vietnam yang memberikan sinyal positif menggelar persahabatan dengan skuat asuhan pelatih Victor Hermans."Rencana dengan (Timnas) Vietnam, mereka sudah bersedia (menerima tawaran) antara tanggal 1-4 Mei 2017. Namun sekarang tinggal menunggu acc dari Federasi Futsal Indonesia, karena kita akan bertanding ke sana (di laga away itu)," kata Vic seperti dilansir Sindonews.[suggestedarticle]Sebelumnya Vic Hermans sendiri sudah menerima kabar tak menyenangkan dengan batalnya Arab Saudi bertandang ke Indonesia untuk menghadapi ujicoba.Hal ini dikarenakan Arab Saudi tak mau membuang biaya untuk berujicoba karena tidak berpartisipasi di gelaran AFC Futsal U-20 pada 16-26 Mei mendatang di Bangkok, Thailand.
visibility  2983 kali
10 Pemain Berpeluang Tembus Tim Inti Timnas Futsal U-20
Pelatih kepala timnas futsal U-20, Vic Hermans, ternyata sudah mengantongi nama-nama pemain yang bakal masuk ke dalam skuat intinya.Selama dua minggu berada di pemusatan latihan, 18 pemain mengalami peningkatan yang signifikan dan 10 di antaranya punya kans besar masuk skuat utama.“Yang masuk dalam kerangka tim ada sembilan sampai sepuluh orang, sisanya masih akan dilihat lagi perkembangannya. Terutama di turnamen Jakarta akhir Maret ini. Mereka yang belum masuk list harus membuktikan kemampuan terbaik mereka,” ungkap asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia U-20, Yori Van der Torren, dilansir Suara Merdeka.[suggestedarticle]Nantinya hanya ada 14 pemain yang akan didaftarkan di kejuaraan AFC U-20 yang digelar pada 16-26 Mei mendatang di Bangkok, Thailand.Selain pemusatan latihan, skuat timnas futsal U-20 juga bakal menghadapi beberapa laga ujicoba Internasional baik di tanah air maupun luar negeri.
visibility  2343 kali
3 Kiper Timnas Futsal U-20 Alami Peningkatan di Pemusatan Latihan
18 pemain yang berada di pemusatan latihan timnas futsal U-20 mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama dua minggu belakangan.Itu termasuk tiga kiper yaitu Kennet Erikson (Permata Indah), Muhammad Nasrullah (AFP Kaltim), dan Ray Mahayasa (AFP Sumbar) yang mulai beradaptasi dengan gaya main pelatih Vic Hermans.Meski begitu, belum ada kiper yang sudah mendapat tempat di tim inti karena ketiganya belum teruji di laga ujicoba.[suggestedarticle]“Progres kiper sangat terlihat naik daripada sebelumnya, memang belum ada kiper utama apalagi belum ada pertandingan uji coba untuk melihat performa mereka. Pemain lain juga ada peningkatan sampai pekan ketiga kemarin, setidaknya mereka lebih paham apa yang dimaksud pelatih sehingga lebih mudah menerapkannya,” kata Asisten pelatih Yori van der Torren dilansir Suara Merdeka.Ujicoba sendiri rencananya akan digelar jelang kejuaraan AFC U-20 di Bangkok, Thailand, pada 16-26 Mei mendatang. Saat ini baru Vietnam yang memberikan sinyal positif bersedia menghadapi Ardiansyah Runtuboy cs.
visibility  937 kali
1490250392973 tag