(Foto: bolalob)

Timnas Indonesia Akan Naturalisasi Beberapa Pemain di Tahun 2017

Beberapa pemain keturunan mengungkapkan keinginan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal ini direspon positif oleh Kemenpora yang siap membantu proses naturalisasi pemain keturunan.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menyebut pemain Jong Ajax, Ezra Walian akan dinaturalisasi dalam waktu dekat. Selain itu ada beberapa pemain keturunan lainnya yang berencana dinaturaliasi.

"Pagi ini, saya dapat kabar dari Duta Besar Indonesia di Spanyol, Yuli Mumpuni, agar Menpora berkirim surat pada seluruh Duta Besar Indonesia di seluruh Eropa dan Timur Tengah, karena ditengarai banyak pemain potensial dan mereka ingin pulang ke Indonesia," ujar Gatot seperti dikutip dari Bola.net.

Menurut Gatot saat ini ada dua pemain keturunan yang tengah bermukim di Spanyol. Ada pula satu pemain yang kini ada di Belanda. Selain itu ada juga pemain yang kini tengah berkarier di Timur Tengah.

"Dari Qatar ada Andri Syahputra. Sayang kalau sampai talentanya diambil negara lain. Sementara itu untuk beberapa pemain lain namanya belum bisa kami munculkan," jelas Gatot.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


4 Pemain Asing Ingin Susul Ezra Walian Jadi WNI
Pemain muda Jong Ajax Ezra Walian baru saja menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia dalam bagian proses naturalisasinya.Selain Ezra, setidaknya ada empat pemain asing di Liga 1 yang juga sedang menjalani proses naturalisasi.Jika Ezra menjalani proses ini dengan jalur cepat melalui bantuan PSSI dan Menpora, maka empat pemain ini melakukannya secara mandiri.Gelandang Persib Bandung asal Jepang, Shohei Matsunaga secara terang-terangan ingin menjadi WNI, dirinya sudah kerasan tinggal di Indonesia.Mantan pemain Schalke 04 ini sudah malang-melintang bermain di Indonesia selama enam tahun terakhir. Beberapa klub pernah ia bela, mulai dari Persiba Balikpapan, Persegres Gresik dan Persib."Saya mau dinaturalisasi. Makanya saya harap Presiden Jokowi (Joko Widodo) mendengar keinginan saya,” kata Shohei seperti dikutip laman resmi Persib.[suggestedarticle]Nama lain adalah, Esteban Vizcarra, gelandang kreatif Arema FC ini kebetulan beristri orang Indonesia. Hal itu bisa memudahkan dirinya menjadi WNI.Selain itu Viscarra juga sudah berada dan tinggal di Indonesia sejak tahun 2009 lalu. Ia berharap dalam tahun ini segera mendapatkan paspor Indonesia."Doakan tahun ini resmi jadi orang Indonesia," ujar Viscara pada bulan Februari lalu.Selain Shohei dan Vizcarra, nama lain yang dikabarkan tertarik untuk menjadi WNI adalah Makan Konate.Ya, gelandang asal Mali yang pernah berseragam Persib Bandung itu membenarkan keinginannya tersebut.Seperti dikutip dari Vikingpersib.co.id (10/04/17), Konate ingin kembali bergabung dengan Persib, meski harus menjalani proses naturalisai."Saya serahkan semuanya kepada Persib, buat saya siap saja," tutur Konate.Hal ini pun dibenarkan oleh Umuh Muchtar selaku manajer Persib. Umuh menyebut bahwa kuota pemain asing Persib tidak lagi memungkinkan untuk menyambut kembalinya Konate."Kelihatannya Konate Makan ingin sekali bergabung lagi dengan Persib. Tapi kuota pemain asing Persib sudah penuh. Ya kami akan coba naturalisasi dia, tapi kalau memungkinkan ya," kata Umuh.[suggestedarticle]Nama terakhir ialah Ilija Spasojevic, yang juga mantan pemain Persib yang kini tampil di Liga Malaysia bersama Melaka United.Spaso sapaan akrab pemain asal Montenegro ini juga memiliki istri orang Indonesia."Istri saya orang Bugis dan anak kami lahir di sini. Saya cukup belajar kultur kehidupan masyarakat Indonesia. Saya sudah terlanjur cinta negeri ini,” kata Spaso."Anak saya tentu akan memilih sendiri dalam hidupnya. Tapi saya ingin ia jadi pesepakbola. Saya berharap, suatu hari ia bisa bermain dan berjuang untuk Indonesia," ucap Spaso.
visibility  5817 kali
Stefano Lilipaly Disewakan Mobil Mewah dan Driver Cekatan demi Mimpi Lolos ke Eredivisie
Promosi ke Divisi Utama Liga Belanda sedang menjadi agenda prioritas Cambuur. Tak heran jika semua pikiran, tenaga dan fokus klub Stefano Lilipaly ini betul-betul diarahkan kepada dua partai hidup-mati melawan MVV Maastricht di babak play-off.Laga pertama boleh dikatakan cukup berhasil dilakoni Cambuur. Hasil imbang 1-1 di kandang MVV Maastricht, Jumat (19/5/17), memberi keuntungan gol kandang - modal bagus untuk menjalani second leg di kandang sendiri. Artinya, mereka hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 untuk meraih mimpi tampil di kasta tertinggi Liga Belanda musim depan.Demi mendapatkan hasil maksimal di pertandingan kedua, manajemen Cambuur membuat keputusan tak biasa soal moda transportasi. Semua pemain inti disewakan mobil mewah untuk memangkas waktu pulang ke markas tim di Kota Leeuwarden. Sederet mobil mewah terlihat beriringan membawa pemain-pemain Cambuur - tak terkecuali Stefano Lilipaly.[suggestedarticle]"Semua pemain utama akan pulang naik mobil mewah. Ofisial tim akan menyusul kemudian menggunakan bus. Kami bisa menghemat waktu satu jam lebih," kata manajer tim, Sipke Hulshoff, seperti dikutip media lokal.Sepertinya keputusan ini sepele. Tetapi, memastikan pemain mendapatkan istirahat cukup menjadi sangat penting jelang laga kedua yang akan digelar Minggu, 21 Mei 2017. Jika menggunakan bus, Maastricht ke Leeuwarden memakan waktu 5-6 jam tergantung kepadatan lalu lintas. Sedangkan jika memakai mobil, jarak 300 km lebih bisa ditempuh dalam 2-3 jam perjalanan. Dengan kondisi mobil prima, mungkin waktu itu bisa dipangkas. Sopir yang ditugaskan pun dipilih dengan keterampilan khusus. Serius sekali Cambuur mengejar mimpinya... De auto's die de @SCCambuurLwd spelers na de wedstrijd thuis brengen zijn gearriveerd bij de Geusselt. @HenkAlbers1970 pic.twitter.com/J2jsLwmmhk — Jan Faber (@trainerjanfaber) May 18, 2017
visibility  1899 kali
Tiket Second Leg Sold Out, Stefano Lilipaly Ditunggu Ribuan Fans yang Tengah Berduka
Fans Cambuur SC bakal balas dendam di partai second leg promosi ke Eredivisie. Di firs leg, hanya ratusan suporter yang bisa mendampingi tim berlaga di kandang MVV Maastricht. Beruntung Cambuur SC bisa memaksakan hasil seri usai tertinggal cepat 0-1 di menit ke-8.Selain jarak tempuh yang lumayan jauh, sekitar 300 km lebih, jam pertandingan di sore hari membuat mereka harus meninggalkan kota Leeuwarden jam 2 siang. Bukan waktu ideal untuk bepergian di hari kerja. Partai pertama memang digelar di hari kerja.Di second leg yang sekaligus penentuan lolos atau tidaknya Cambuur SC ke final melawan klub terbawah Eredivisie musim ini, ribuan suporter fanatik dipastikan bakal memenuhi stadion. Sejauh ini sudah 9 ribu terjual, dari total kapasitas 10.000.Full house![suggestedarticle]Selain digelar di akhir pekan, pertandingan ini sekaligus akan dipakai untuk memberikan tribute terhadap Siep Lijzenga. Dia adalah eks ofisial penting dalam sejarah Cambuur SC yang meninggal dalam usia 72 tahun beberapa hari lalu. Untuk mengenangnya, sebelum pertandingan akan diadakan hening 1 menit. Di lapangan, para pemain akan membebatkan pita hitam di lengan sebagai tanda duka cita. Keluarga almarhum juga akan menjadi tamu kehormatan dalam pertandingan penting itu.Sepenting target akhir Cambuur SC untuk lolos ke fase selanjutnya.
visibility  1620 kali
Hadapi Play-Off, Stefano Lilipaly cs Minta Bantuan Eks Manajer Klub Liga Inggris
Tidak banyak yang tahu jika sebenarnya Cambuur SC belum punya manajer definitif. Sipke Hulshoff, manajer saat ini - dibantu oleh Arne Slot, adalah pejabat sementara sambil menunggu manajer definitif.Karena sifatnya sementara, maka Cmbuur terus berusaha mencari manajer baru. Meski duet Slot-Hulshoff terbilang sangat sukses mengangkat prestasi Stefano Lilipaly cs sejak bertugas awal musim ini - dari peringkat ke-14 ke peringkat 3, mereka tidak bisa bertugas selamanya.Tanggal 9 Mei lalu Cambuur akhirnya mendapatkan manajer definitif, Martinus Dijkhuizen. Dia adalah eks pemain Cambuur di era 1996-1997 dan 2007-2008 sebelum beralih profesi menjadi pelatih. Pelatih berumur 45 tahun ini pernah menangani SBV Excelsior dan NAC Breda di Belanda, serta Brentford di Liga Inggris.[suggestedarticle]Meski baru akan bertugas awal musim depan, Martinus Dijkhuizen sudah bisa membantu Cambuur dalam play-off promosi ke Eredivisie melawan MVV Maastricht. Saat ini dia tidak terikat kontrak dengan klub manapun sehingga bisa memberikan masukan kepada Stefano Lilipaly cs.Musim depan, posisinya sebagai manajer akan ditemani oleh Sipke Hulshoff sebagai asistennya. Sementara Arne Holt kabarnya sudah menerima pinangan AZ.
visibility  2347 kali
Menpora Sambut Baik Keputusan Ezra Walian
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi turut senang menyambut keputusan Ezra Walian untuk bersumpah menjadi Warga Negara Indonesia.Ezra telah resmi menyandang status WNI. Ia mendapat status ini usai mengambil sumpah di depan pejabat berwenang di di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi DKI Jakarta, Kamis (18/5/2017).[suggestedarticle]Menpora yang tengah dalam kunjungan kerja ke Mataram dalam rangka pembukaan POR Perpamsi, ajang olahraga antar pegawai perusahaan air minum se-Indonesia, memberikan apresiasi kepada mantan pemain Jong Ajax itu."Semoga bisa membawa merah putih ke ajang yang tinggi lagi dan harus menjadi inspirasi bagi seluruh atlet di tanah air. Dengan keberanian dan kemauan untuk menjadi WNI itu sangat luar biasa," kata Imam.[suggestedarticle]Imam juga berharap Ezra dipanggil masuk skuat untuk laga uji coba tim nasional U-22 Indonesia dengan Kamboja dan Puerto Rico. Garuda Muda akan bertandang ke Kamboja pada 8 Juni kemudian menyambut Puerto Rico pada 13 Juni."Ya, salah satunya Ezra. Kalau lainnya ya silahkan itu otoritas coach karena saya ingin seorang pelatih itu tidak boleh di intervensi oleh manajemen," imbuh Imam.
visibility  772 kali
Luis Milla Beri Kesempatan Kedua Buat Bek Persija Jakarta Ini
Tim nasional Indonesia U-22 dijadwalkan akan menjalani pemusatan latihan di Bali pada 22-28 Mei 2017 mendatang.Dalam waktu dekat pelatih Luis Milla akan kembali mengumumkan nama-nama pemain yang akan ikut ke Bali, sebagai bentuk persiapan jelang mengikuti babak kualifikasi Piala Asia U-23 dan juga SEA Games 2017.Pintu pemanggilan pun terbuka kembali bagi Muhammad Rezaldi Hehanus, bek muda Persija Jakarta yang sempat mangkir dalam pemanggilan pertama timnas beberapa waktu lalu."Milla sudah menetapkan nama-nama yang dipanggil untuk TC di Bali. Ya, Rezaldi (Hehanusa) salah satunya," ucap Fanny kepada wartawan.Uniknya pemain yang akrab disapa Bule itu justru bisa bermain dengan Persija, ketika ia tak memenhui pemanggilan timnas dengan alasan cedera.[suggestedarticle]"Para pemain yang dipanggil juga sudah kami informasikan kepada mereka masing-masing. Tinggal dirilis saja nama-namanya," tutur dia.Selain Rezaldi, Fanny juga menyebutkan beberapa nama seperti Septian David Maulana (Mitra Kukar), Marinus Mariyanto (Persipura Jayapura), Ahmad Nur Hardianto (Persela Lamongan), dan Yabes Roni (Bali United) akan kembali dipanggil oleh Milla.Selain mereka nama pemain naturalisasi Ezra Walian juga nampak akan bergabung dengan skuat timnas di Bali.
visibility  1145 kali
Menpora Apresiasi Kinerja PSSI Yang Hukum Wasit 'Nakal'
Baru-baru ini PSSI telah menjatuhkan sanksi skorsing terhadap 8 wasit dan 10 asisten wasit yang bertugas di Liga 1 maupun Liga 2 2017.Mereka diprediksi tak tampil sesuai harapan dari PSSI dalam memimpin sebuah laga, sehingga diistirahatkan hingga waktu yang belum ditentukan.Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun menapreasiasi tindakan yang dilakukan oleh PSSI ini.“Silahkan, itu domain PSSI dengan Komisi Disiplin-nya. Silahkan lakukan tindakan tegas, berani dan tidak pilih kasih,” kata Imam Nahrawi.[suggestedarticle]Sebelumnya Wakil Ketua Umum sekaligus Plt. Sekjen PSSI, Joko Driyono membenarkan tentang banyaknya protes dari klub terkait kinerja wasit baik di Liga 1 maupun Liga 2."Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit,” ujar Jokdri.“Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan. Tujuannya adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. Jumlah pengganti wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan,” tambahnya. “PSSI sudah menerima 17 protes mengenai wasit dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2,” paparnya.
visibility  576 kali
Penampilan Stefano Lilipaly di Belanda Pikat Luis Milla
Tim nasional Indonesia U-22 dijadwalkan akan memainkan dua laga uji coba internasional pada bulan Juni mendatang.Pada 8 Juni, timnas Indonesia akan melawan Kamboja. Sedangkan pada 13 Juni melawan Puerto Rico. Nantinya dalam dua laga itu pelatih Luis Milla akan menyelipkan beberapa nama pemain senior yang akan dipadu dengan pemain U-22.PSSI sendiri melalui Deputi Sekjen PSSI, Fanny Riawan membenarkan bahwa salah satu nama yang memikat hati Luis Milla adalah Stefano Lilipaly. Gelandang naturalisasi yang saat ini bermain untuk SC Cambuur di Liga Belanda."Tergantung pelatih, tapi yang jelas kan Anda lihat sendiri. Saya juga sering tanya ke Milla, 'Bagaimana Lillipaly? Lagi bagus kan?' Dia bilang, 'Tidak usah khawatir, pokoknya saya bikin surprise'." kata Fanny."Tapi kalian sudah tahu sendiri, coach Milla seperti apa. Dia selalu bilang, 'Nomor satu sikap,'. Jadi mau saya berkata seperti apapun, menurut dia kalau sikap seorang pemain tidak oke, dia tidak mau rekrut," katanya menambahkan.[suggestedarticle]Saat ini bersama Cambuur, Lilipaly sedang memainkan babak play-off promosi Eredivisie. Dimana di akhir klasemen Eerste Divisie (divisi dua Belanda) mereka finis di posisi tiga.Sejak pindah ke Cambuur dari Tlstar pada bursa transfer musim dingin Januari lalu, Lilipaly memainkan total 17 partai dengan mencetak 8 gol.
visibility  3793 kali
Ezra Walian Gelorakan Indonesia Raya dan Padamu Negeri
Pemain naturalisasi asal Belanda Ezra Walian sudah menjalani sumpah dan resmi jadi Warga Negara Indonesia, Kamis (18/5/17). Tak sia-sia anggota skuad Jong Ajax mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Saat pengucapan sumpah, Ezra tampil prima. Jauh dari kesan grogi.  Bahkan, dengan lantang dia mengumandakan lagu Indonesia Raya sebagai salah satu syarat sebelum diambil sumpah oleh pejabat berwenang.  "Persiapan khususnya dia sudah hafal lagu Indonesia Raya," ujar sang Manajer Wide Putera pada Detik.com.Bersama Ayahnya, Glen Walian, Ezra berlatih menghafalkan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. Di akhir pengambilan sumpah, Ezra juga lancar menyanyikan salah satu lagu nasional, Padamu Negeri.Pemain berusia 19 tahun ini sudah menjalani proses naturalisasi dengan cepat, ia sudah menjadi WNI sejak 20 Maret lalu sejak surat Keputusan Presiden (Keppres) dikeluarkan. [suggestedarticle]Ezra juga sudah merasakan debut pertamanya bersama timnas Indonesia saat melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong pada 21 Maret. Dirinya akan gabung pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-22 di Bali, yang digelar pada 22-28 Mei nanti.Di Bali nanti, timnas Indonesia U-22 akan menjalani pelatnas dan beberapa laga uji coba melawan klub luar negeri seperti diungkapkan asisten pelatih Bima Sakti beberapa waktu lalu.PSSI sendiri belum merilis siapa saja pemain yang dipanggil pada pelatnas tersebut, namun dipastikan Ezra mendapat panggilan karena eks striker Jong Ajax itu diproyeksikan untuk SEA Games nanti.
visibility  648 kali
Resmi! Ezra Walian Bukan Warga Negara Belanda Lagi
Akhirnya Ezra Walian secara resmi berhak menyandang status Warga Negara Indonesia. Usai mengambil sumpah di depan pejabat berwenang di di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi DKI Jakarta, Kamis (18/5/2017), sah sudah pemain Ajax Amsterdam ini menjadi Warga Negara Indonesia.Bersama Ayahnya, Glen Walian, dan 4 orang lainnya; Ezra menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebelum mengucapkan sumpah dan janji kewarganegaraan dan menandatangani surat pengukuhan sebagai WNI. Di akhir proses pengukuhan, Ezra menyanyikan lagu Bagimu Negeri."Ini hari yang besar bagi saya. Rasanya begitu senang bisa benar-benar menjadi Warga Negara Indonesia," ujar Ezra Walian usai pengukuhan seperti dikutip dari Bola.com.[suggestedarticle]Kini dia bertekad memberikan yang terbaik bagi negeri barunya dengan membela Tim Nasional kebanggaannya, Indonesia. SEA Games 2017 bakal menjadi ajang resmi pertama yang dilakoninya."Saya segera bergabung dengan Timnas Indonesia. Saya akan ikut ke Bali untuk ikut pemusatan latihan dan bertekad membawa Indonesia menjadi juara di SEA Games. Saya akan mencetak banyak gol dan membawa prestasi itu kembali ke Indonesia," tegasnya.
visibility  1071 kali
1495107048699 tag