(Foto: Jakarta Post)

Regulasi Baru ISL 2017 Untungkan Pemain Muda Indonesia

PSSI melalui ketua umum Edy Rahmayadi menekankan bahwa prestasi tim nasional Indonesia akan ditentukan dengan pembinaan para pemain muda di tanah air.

Untuk itu liga tertinggi di Indonesia Indonesia Super Lague (ISL) 2017 akan memiliki banyak regulasi yang menguntungkan para pemain muda.

Salah satu regulasi untuk ISL musim 2017 nanti adalah kuota 2 + 1 untuk pemain asing, serta setiap klub wajib diperkuat oleh pemain usia 23 tahun.

Setidaknya para kontestan klub harus memiliki dan mengontrak lima pemain muda U-23 dan memainkan tiga diantaranya sebagai starter, dan jika melakukan pergantian pemain juga harus diganti dengan pemain usia yang sama.

Regulasi ini dilakukan demi meraih hasil maksimal terhadap tim nasional Indonesia pada masa mendatang. Target maksimal pun dicanangkan pada SEA Games XXIX/207 Malaysia, target semifinal di Asian Games 2018 Indonesia, dan medali emas di SEA Games XXX/2019.

“Kalau dari regulasi untuk ISL tidak banyak yang berubah, paling hanya di batas usia saja baik untuk pemain lokal maupun asing. Batas maksimal pemain adalah 35 tahun sedangkan minimalnya 21 tahun,” tutur Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi usai acara Awarding ISC A 2016, di Hotel Aryaduta.

Beberapa regulasi yang mungkin diterapkan dalam kompetisi ISL 2017:

- Usia pemain maksimal 35 tahun

- Diperbolehkan mengontrak pemain berusia 35 tahun maksimal dua pemain per klub

- Jumlah pemain asing tiga orang

- Salah satu pemain asing adalah pemain Asia

- Wajib mengontrak lima pemain U23 dan memainkannya sebagai starter sebanyak 3 pemain

- Klub harus memiliki tim U19 dan U21

Divisi Utama:

- Usia pemain maksimal 25 tahun

- Diperbolehkan mengontrak pemain berusia diatas 25 tahun maksimal 5 orang

- Klub boleh memainkan 5 pemain berusia 25 tahun dalam sebuah pertandingan

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jadi Peserta Upacara, Skuat Timnas Futsal Dilarang 'Cengegesan'
Tak ada suasana cair dalam gladi bersih upacara pelepasan timnas futsal Indonesia di markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Kostrad, di bilangan Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa Malam (17/1/2017).Bagaimana tidak, oleh salah seorang staf Kostrad, mereka diajari bagaimana disiplin dan menghormati sebuah upacara bendera. Tak segan-segan, beberapa kali staf tersebut menegur skuat timnas yang kadang tidak fokus dalam mendengarkan instruksi.Para pemain juga diajari berjalan dalam sebuah upacara. "Kalau ada temannya yang salah, jangan diketawain!," ucap staf tersebut dengan tegas. "Ini kan upacara untuk kalian. Jadi kalian yang akan membela negara harus serius," lanjut.Hasilnya, suasana serius, khidmat dan hening pun mewarnai upacara pelepasan yang dipimpin oleh Inspektur Upacara ketua umum PSSI Edy Rahmayadi yang juga Panglima Kostrad berpangkat Letjen.Pelatih kepala Andri Irawan menyambut positif kegiatan tersebut yang membuat para pemain jadi lebih disiplin dan menghargai waktu."Ini sangat positif. Jadi dari setiap menit per menit mereka harus konsentrasi, sama halnya seperti di lapangan," kata Andri.Skuat timnas futsal Indonesia sendiri direncanakan akan berangkat pada Sabtu (21/1/2017) mendatang ke Bangkok, Thailand. Laga perdana skuat merah putih adalah melawan Malaysia pada Senin (23/1/2017).
visibility  708 kali
Timnas Futsal Dilepas Ketua Umum PSSI Di Markas Tentara
Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi melepas skuat timnas futsal Indonesia yang akan berlaga di ajang AFF Futsal Championship 2016. Pelepasan ini digelar di markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di bilangan Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa Malam (17/1/2017)."Futsal juga dituntut untuk berbuat demi bangsa ini," kata Edi Rahmayadi dalam kata sambutannya. "Tanpa kita berprestasi, omong kosong bendera merah putih tampil di pentas dunia," lanjut Edy.Edy berharap skuat timnas futsal tampil mati-matian untuk dapat membawa bendera Indonesia ke podium teratas di kancah Asean."Selamat Jalan, Selamat bertanding. Garuda di dadaku, kibarkan bendera merah putih di mana dia bertanding. Selamat berjuang," tutup Edy.Dalam acara pelepasan tersebut, hadir seluruh skuat dan staf kepelatihan timnas futsal, pengurus Federasi Futsal Indonesia (FFI) serta PSSI. Ritual mencium bendera merah putih juga dilakukan oleh para pemain dalam upacara pelepasan ini.Skuat timnas futsal Indonesia sendiri direncanakan akan berangkat pada Sabtu (21/1/2017) mendatang ke Bangkok, Thailand. Laga perdana skuat merah putih adalah melawan Malaysia pada Senin (23/1/2017).
visibility  370 kali
Luis Milla Favorit Tangani Timnas Indonesia
Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington menyebut dari dua kandidat pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla dan Luis Fernandez saat ini sudah mengerucut ke satu nama. Ade menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mengintensifkan komunikasi kepada Milla.Milla dikabarkan akan datang ke Jakarta pada minggu ini untuk melakukan presentasi terakhir kepada PSSI. Bila memuaskan, maka ia akan dikontrak untuk menangani timnas senior dan Timas Indonesia U-22.Ade sendiri menyebut bahwa kepastian apakah Milla atau Fernandez akan diumumkan pekan depan. Selain itu juga akan diumumkan pelatih timnas U-16 dan U-19."Pelatih Timnas kita finalisasi tetap di dua kandidat. Cuma saat ini kami mengerucutkan ke satu nama untuk kita dorong," ujar Ade seperti dilansir situs resmi PSSI."Kita saat ini intensif komunikasi dengan Luis Milla. Paling cepat minggu depan dari sekarang kami umumkan. Saat ini kami sudah komunikasi intens dengan dia," lanjutnya.Milla memiliki track record yang cukup apik dalam kariernya. Ia sempat membawa Spanyol U-21 meraih gelar Piala Eropa U-21 pada tahun 2011.
visibility  1557 kali
Tujuh Pemain Jalani Seleksi Bersama PSM Makassar
PSM Makassar resmi menggelar latihan perdana di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Senin (16/1) dalam persiapan mereka menyambut musim kompetisi ISL 2017.Terdapat tujuh wajah baru dalam sesi latihan PSM, antara lain Asnawi Mangkualam Bahar, Steven Paulle (Prancis), Zulkifli Syukur, Rivki Mokodompit, Gozali Siregar, Muhammad Arfan, dan Ahmad Hari Ajis Muin.CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin yang hadir di lapangan mengatakan, kejuatan yang diberikan manajemen adah adanya pemain baru yang datang. “Kita harapkan akan ada pemain lain yang akan bergabung,” katanya.Beberapa wajah nampak tak asing juga hadir dalam sesi latihan perdana, seperti Zulkifli Syukur yang merupakan putra daerah akhirnya bisa membela PSM pada musim ini.Selain itu, ada juga salah satu pemain putra daerah yang baru saja membela Persiba Balikpapan di ajang ISC. Dia adalah Asnawi Mangkualam Bahar, anak asisten pelatih PSM Makassar Bahar Muharram.Nampak juga punggawa timnas Indonesia di Piala AFF 2016 Ferdinand Sinaga, dan juga Rizky Pellu yang sempat menjalani seleksi timnas.Berikut pemain yang pasti berkostum PSM musim ini:1. Syaiful2. Deny Marcel3. Ardan Aras4. Hendra Wijaya5. Reva Adi Utama6. Wasyiat Hasbullah7. Rizky Pellu8. Syamsul Haeruddin9. Rasyid Bakri10. Ridwan Tawainella11. M Rahmat12. Titus Bonai13. Ferdinand Sinaga14. Andri Faisal Amru 15. Willem Jan Pluim (Belanda)16. Steve Paulle (Prancis)
visibility  2512 kali
1484651397227 tag