(Foto: PT GTS)

36 Klub Akan Terdegradasi Dari Divisi Utama 2017

Salah satu keputusan penting dari Kongres Tahunan PSSI 2017 adalah pengurangan peserta kompetisi Divisi Utama pada akhir musim 2017.

Divisi Utama musim 2018 hanya akan diisi 24 klub, dalam artian pada akhir musim 2017 akan ada 36 klub yang terdegradasi ke divisi dibawahnya.

”Kompetisi Divisi Utama 2017 paling ketat karena dari 61 peserta akan disaring menjadi 24 tim," ujar Joko.

Jokdri sapaan akrabnya mengakui pemangkasan peserta Divisi Utama menjadi 24 tim pada 2018 dengan tujuannya agar kualitas kompetisi tidak berbeda jauh dengan level atasnya, Indonesia Super League (ISL).

”Dengan format dua wilayah, yang masing-masing ditempati 12 peserta, pertandingan akan sangat kompetitif untuk musim 2018,” tutur Jokdri.

”Dampaknya, nilai komersial jadi tinggi, sehingga klub mendapat revenue yang siginifikan untuk membiayai timnya.”

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kompetisi kasta kedua di tanah air itu:

1. Musim kompetisi dimulai Maret 2017, satu pekan setelah ISL bergulir. ISL sendiri digelar 26 Maret 2017.
2. Kompetisi akan berakhir pada Oktober 2017.
3. Diikuti total 61 klub termasuk Persebaya.
4. Jumlah klub yang terkena degradasi sebanyak 36 klub. Tujuannya memampatkan jumlah klub menjadi 24 untuk musim kompetisi 2018.
5. PSSI mewacanakan setiap peserta wajib mendaftarkan lima pemain di bawah 23 tahun.
6. Usia pemain maksimal 25 tahun. Namun, klub bisa mendaftarkan lima pemain di atas 25 tahun.
7. Klub boleh memainkan maksimal lima pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan.
8. Klub peserta tidak diperbolehkan merekrut pemain asing.

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Luis Milla Favorit Tangani Timnas Indonesia
Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington menyebut dari dua kandidat pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla dan Luis Fernandez saat ini sudah mengerucut ke satu nama. Ade menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mengintensifkan komunikasi kepada Milla.Milla dikabarkan akan datang ke Jakarta pada minggu ini untuk melakukan presentasi terakhir kepada PSSI. Bila memuaskan, maka ia akan dikontrak untuk menangani timnas senior dan Timas Indonesia U-22.Ade sendiri menyebut bahwa kepastian apakah Milla atau Fernandez akan diumumkan pekan depan. Selain itu juga akan diumumkan pelatih timnas U-16 dan U-19."Pelatih Timnas kita finalisasi tetap di dua kandidat. Cuma saat ini kami mengerucutkan ke satu nama untuk kita dorong," ujar Ade seperti dilansir situs resmi PSSI."Kita saat ini intensif komunikasi dengan Luis Milla. Paling cepat minggu depan dari sekarang kami umumkan. Saat ini kami sudah komunikasi intens dengan dia," lanjutnya.Milla memiliki track record yang cukup apik dalam kariernya. Ia sempat membawa Spanyol U-21 meraih gelar Piala Eropa U-21 pada tahun 2011.
visibility  1557 kali
Tujuh Pemain Jalani Seleksi Bersama PSM Makassar
PSM Makassar resmi menggelar latihan perdana di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Senin (16/1) dalam persiapan mereka menyambut musim kompetisi ISL 2017.Terdapat tujuh wajah baru dalam sesi latihan PSM, antara lain Asnawi Mangkualam Bahar, Steven Paulle (Prancis), Zulkifli Syukur, Rivki Mokodompit, Gozali Siregar, Muhammad Arfan, dan Ahmad Hari Ajis Muin.CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin yang hadir di lapangan mengatakan, kejuatan yang diberikan manajemen adah adanya pemain baru yang datang. “Kita harapkan akan ada pemain lain yang akan bergabung,” katanya.Beberapa wajah nampak tak asing juga hadir dalam sesi latihan perdana, seperti Zulkifli Syukur yang merupakan putra daerah akhirnya bisa membela PSM pada musim ini.Selain itu, ada juga salah satu pemain putra daerah yang baru saja membela Persiba Balikpapan di ajang ISC. Dia adalah Asnawi Mangkualam Bahar, anak asisten pelatih PSM Makassar Bahar Muharram.Nampak juga punggawa timnas Indonesia di Piala AFF 2016 Ferdinand Sinaga, dan juga Rizky Pellu yang sempat menjalani seleksi timnas.Berikut pemain yang pasti berkostum PSM musim ini:1. Syaiful2. Deny Marcel3. Ardan Aras4. Hendra Wijaya5. Reva Adi Utama6. Wasyiat Hasbullah7. Rizky Pellu8. Syamsul Haeruddin9. Rasyid Bakri10. Ridwan Tawainella11. M Rahmat12. Titus Bonai13. Ferdinand Sinaga14. Andri Faisal Amru 15. Willem Jan Pluim (Belanda)16. Steve Paulle (Prancis)
visibility  2512 kali
Wajah Baru Hiasai Latihan Perdana Barito Putera
Barito Putera resmi melakukan latihan perdananya untuk menatap kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2017, Senin (16/1/2017) sore.Latihan yang digelar di apangan Rindam VI/Mulawarmanini itu langsung dipimpin oleh pelatih anyar Jacksen F Thiago.Setidaknya ada 18 pemain yang ikut ambil bagian dalam sesi latihan perdana klub asal Banjarmasin tersebut, termasuk beberapa muka baru yang akan dikontrak oleh klub.Tiga di antaranya adalah Shahar Ginanjar, David Laly, Syahroni dan juga Gavin Kwan Adsit. Lalu pemain lama yang dipertahankan juga ikut hadir yaitu Yongki Aribowo, Ambrizal, Amirul Mukminin dan Adhitya Harlan."Ya, pemain yang baru sudah bergabung dan ikut latihan. Dan pemain yang ada disini merupakan pemain yang direkomendasikan oleh Jacksen," ujar sisten Manajer Barito, Syarifuddin Ardasa. Coach JFT akan kembali memimpin latihan skuat Laskar Antasari sore nanti di Lap. Rindam, mulai jam 16.15 WITA. #ISL2017 #RevivingOfGlory pic.twitter.com/VNBOb68PGX — PS Barito Putera (@PSBaritoPutera) January 17, 2017 Latihan perdana sore tadi dipimpin langsung Coach JFT di lapangan Rindam, Banjarbaru. Beberapa pemain belum seluruhnya hadir pic.twitter.com/xqvfs1FzF1 — PS Barito Putera (@PSBaritoPutera) January 16, 2017 Muka - muka lama yang sempat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2016 seperti Rizky Pora dan Hansamu Yama nampak belum ikut bergabung.Pelatih asal Brasil menilai bahwa skuatnya harus memiliki minimal satu pemain pelapis tim inti di setiap slotnya. “Ya, setiap posisi harus ada dua pemain. Terkecuali untuk penjaga gawang yang mungkin akan ada tiga pemain. Itu sangat ideal untuk sebuah tim,” ujarnya .
visibility  3045 kali
Pengumuman Pelatih Timnas Indonesia Berpotensi Mengalami Penundaan
Pengumuman pelatih Timnas Indonesia rencananya akan dilakukan pekan ini. Tapi ada potensi penundaan karena waktunya terlalu mepet bila dilakukan dalam beberapa hari ke depan.Pelatih asal Spanyol, Luis Milla akan datang ke Jakarta pekan ini. Setelah itu ia akan melakukan presentasi terakhir sebelum PSSI memeutuskan apakah mengontrak Milla atau Luis Fernandez.Menurut Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Hanif Thamrin terlalu mepet bila dipaksakan pengumuman pelatih anyar timnas dilakukan pekan ini."Sepertinya kalau minggu ini terlalu mepet. Mesti tunggu kedatangan si pelatih dan jelas semua dari sisi legalitas, hilangin jetlag, dan lain-lain," ujar Hanif seperti dikutip dari CNN.Selain itu Hanif menambahkan agar masyarakat bersabar menunggu pelatih anyar pengganti Alfred Riedl. Ia meminta waktu hingga segalanya pasti sebelum nantinya diumumkan."Kami tidak ingin jika nanti sudah gembar-gembor di media massa tapi pada akhirnya semua berubah. Kami minta agar federasi diberi waktu untuk bekerja lebih dahulu. Begitu semua sudah bisa dipastikan, kami akan berikan ruang seluas-luasnya untuk bertanya soal pelatih Timnas Indonesia ini," jelas Hanif.
visibility  1104 kali
1484637554401 tag