(Foto: PT GTS)

36 Klub Akan Terdegradasi Dari Divisi Utama 2017

Salah satu keputusan penting dari Kongres Tahunan PSSI 2017 adalah pengurangan peserta kompetisi Divisi Utama pada akhir musim 2017.

Divisi Utama musim 2018 hanya akan diisi 24 klub, dalam artian pada akhir musim 2017 akan ada 36 klub yang terdegradasi ke divisi dibawahnya.

”Kompetisi Divisi Utama 2017 paling ketat karena dari 61 peserta akan disaring menjadi 24 tim," ujar Joko.

Jokdri sapaan akrabnya mengakui pemangkasan peserta Divisi Utama menjadi 24 tim pada 2018 dengan tujuannya agar kualitas kompetisi tidak berbeda jauh dengan level atasnya, Indonesia Super League (ISL).

”Dengan format dua wilayah, yang masing-masing ditempati 12 peserta, pertandingan akan sangat kompetitif untuk musim 2018,” tutur Jokdri.

”Dampaknya, nilai komersial jadi tinggi, sehingga klub mendapat revenue yang siginifikan untuk membiayai timnya.”

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kompetisi kasta kedua di tanah air itu:

1. Musim kompetisi dimulai Maret 2017, satu pekan setelah ISL bergulir. ISL sendiri digelar 26 Maret 2017.
2. Kompetisi akan berakhir pada Oktober 2017.
3. Diikuti total 61 klub termasuk Persebaya.
4. Jumlah klub yang terkena degradasi sebanyak 36 klub. Tujuannya memampatkan jumlah klub menjadi 24 untuk musim kompetisi 2018.
5. PSSI mewacanakan setiap peserta wajib mendaftarkan lima pemain di bawah 23 tahun.
6. Usia pemain maksimal 25 tahun. Namun, klub bisa mendaftarkan lima pemain di atas 25 tahun.
7. Klub boleh memainkan maksimal lima pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan.
8. Klub peserta tidak diperbolehkan merekrut pemain asing.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Luis Milla Lakoni Debut Timnas Indonesia Kontra Singapura
PSSI sudah memiliki lawan tanding untuk jadwal pertandingan internasional yang rencananya akan berlangsung pada akhir Maret (25-27) mendatang.Mereka adalah negara tetangga Singapura, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ade Wellington sudah memastikan hal ini.Pertandingan ini akan menjadi laga debut untuk pelatih baru timnas Luis Milla."Kami masih terus finalisasi untuk uji coba FIFA Matchday. Coach Milla mau uji coba tersebut berlangsung tanggal 25-27 Maret," kata Ade di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/2/2017).[suggestedarticle]PSSI sendiri sudah mengirimkan surat pengajuan laga ujicoba ini kepada Singapura, walau belum dibalas Federasi Sepakbola Singapura (FAS) sudah memberikan jawaban lisan."Kami sudah kirimkan surat ke Singapura untuk uji coba tersebut dan kami sudah mendapatkan jawaban secara lisan sih oke," kata Ade.Timnas U-22 nampaknya akan diturunkan dalam laga ujicoba internasional ini, dimana skuat Garuda muda dalam persiapan jelang Sea Games 2017 di Kuala Lumpur.Bisa dipastikan para pemain yang akan tampil adalah hasil seleksi dalam dua tahap yang dilakukan oleh Milla.Kedua negara ini terakhir kali bertemu pada ajang Piala AFF 2016, kala itu Indonesia menang dramatis dengan skor 2-1.
visibility  126 kali
Segera! PSSI Seleksi 12 Pemain dari 4 Negara untuk Dinaturalisasi
Pada tahun 2017 ini, PSSI bersama dengan Kemenpora gencar mencari pemain yang siap untuk dinaturalisasi demi kepentingan tim nasional Indonesia.Nantinya pemain naturalisasi itu akan difokuskan untuk membela timnas U-19 dan juga U-22.Melalui Sekjen PSSI, Ade Wellington, dirinya mengaku telah mengirimkan surat undangan kepada para pemain untuk melakukan seleksi di Indonesia."Jadi yang mau datang kami terus undang untuk bergabung. Kami sudah mengirim undangan untuk pemain tersebut agar bisa mengikuti seleksi Timnas U-19 dan Timnas U-22. Kurang lebih akan ada 12 pemain," ujar Ade di kantor PSSI, Jakarta, Minggu (19/2), seperti dilansir dari Kumparan.Sejauh ini baru ada nama Ezra Walian, bomber Jong Ajax yang memiliki darah Indonesia melalui sang ayah.Dua nama lain yakni Andri Syahputra yang berkarier di Qatar serta Emil Audero yang berkarier bersama raksasa Italia, Juventus, masih terus diikuti oleh PSSI.[suggestedarticle]Namun para pemain yang diundang lebih dulu akan menjalani seleksi, tidak langsung dinaturalisasi."Yang kami undang adalah untuk proses seleksi dulu, tidak langsung dinaturalisasi. Mereka lebih banyak untuk diseleksi bersama Timnas U-19. Ada dari Spanyol, Belanda, Qatar, Italia. Mereka sangat antusias. Diharapkan pertengahan Maret mereka datang untuk naturalisasi," ujarnya.Jika sudah rampung proses seleksi dan naturalisasinya, para pemain naturalisasi yang berusia di atas 18 tahun direncanakan menjadi bagian skuat Timnas untuk uji coba kontra Singapura, akhir Maret mendatang."Tanggal pemanggilannya belum kami tentukan. Nanti yang lawan Singapura pemain yang dipanggil adalah hasil dari dua seleksi awal ini," tutup Ade.
visibility  2403 kali
PSSI Belum Siap, Kick Off Liga 1 Diperkirakan Mundur
Liga 1 yang diproyeksikan menjadi kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, semula bakal digelar pada 26 Maret 2017. Tapi, diperkirakan mundur sebulan lantaran PSSI harus melakukan finalisasi mulai persiapan operator hingga jadwal pertandingan."Hingga saat ini masih finalisasi. Kick off belum ditentukan. Tanggal 26 Maret juga belum pasti. Jika benar mundur, bakal tidak lebih dari satu bulan," kata Sekjen PSSI Ade Wellington di sela pertemuan dengan perwakilan FIFA di Kantor PSSI Kuningan, Jakarta, Minggu (19/2).Kick of Liga I sebenarnya telah diputuskan pada kongres PSSI di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Dengan belum adanya kepastian ini diperkirakan akan berdampak yang cukup besar terutama untuk pelaksanaan liga-liga dibawahnya yaitu Liga II dan Liga III.[suggestedarticle]Namun, Ade Wellington menambahkan, jika Liga I dan Liga II berpeluang digelar bersamaan. Liga II atau sebelumnya dikenal dengan Divisi Utama ini rencana awalnya akan digulirkan satu bulan setelah kompetisi tertinggi di Tanah Air yang sebelumnya bernama Indonesia Super League (ISL) digelar."Kami memang merancang Liga I dan Liga II akan digulirkan bersama," kata Ade Wellington menambahkan.Meski kick off Liga I belum diputuskan, tim calon peserta saat ini sudah getol melakukan persiapan. Bahkan, untuk menguji pemain yang telah dikontrak maupun masih menjalani seleksi, semua tim peserta Liga I turun pada pertandingan pra-musim, Piala Presiden 2017.
visibility  844 kali
Daftar Kontestan 8 Besar Piala Presiden 2017
Penyisihan grup Piala Presiden 2017 telah selesai pada Minggu, 19 Februari 2017. Sebanyak lima grup sudah memainkan masing - masing enam pertandingan dalam dua pekan terakhir.Semen Padang dan Madura United menjadi dua tim terakhir yang memastikan tiket babak 8 besar atau perempat final seusai mengalahkan lawan masing-masing, Minggu (19/2/2017).Semen Padang menjadi tim paling sempurna dengan meraih tiga kemenangan untuk menjadi juara grup 5.[suggestedarticle]Klub asuhan Nil Maizar akan menemani empat juara grup lainnya yakni, Mitra Kukar (juara Grup 1), Arema FC (juara Grup 2), Persib Bandung (juara Grup 3), Pusamania Borneo FC (juara Grup 4).Sementara tiga runner-up terbaik dari lima grup adalah Madura United (runner-up Grup 5), Bhayangkara FC (runner-up Grup 2), Sriwijaya FC (runner-up Grup 4). Berikut peserta babak 8 Besar #PialaPresiden2017 pic.twitter.com/TH1nclSfl0 — Piala Presiden 2017 (@piala_presiden) February 19, 2017 Undian babak 8 besar sendiri akan dilakukan Selasa (21/2/2017), dengan format pertandingan menggunakan single match atau sistem gugur satu pertandingan. Rencananya pertandingan babak 8 besar akan digelar di Stadion Manahan Solo, pada 25-26 Februari 2017 mendatang.
visibility  8565 kali
1487516535822 tag