(Foto: PT GTS)

36 Klub Akan Terdegradasi Dari Divisi Utama 2017

Salah satu keputusan penting dari Kongres Tahunan PSSI 2017 adalah pengurangan peserta kompetisi Divisi Utama pada akhir musim 2017.

Divisi Utama musim 2018 hanya akan diisi 24 klub, dalam artian pada akhir musim 2017 akan ada 36 klub yang terdegradasi ke divisi dibawahnya.

”Kompetisi Divisi Utama 2017 paling ketat karena dari 61 peserta akan disaring menjadi 24 tim," ujar Joko.

Jokdri sapaan akrabnya mengakui pemangkasan peserta Divisi Utama menjadi 24 tim pada 2018 dengan tujuannya agar kualitas kompetisi tidak berbeda jauh dengan level atasnya, Indonesia Super League (ISL).

”Dengan format dua wilayah, yang masing-masing ditempati 12 peserta, pertandingan akan sangat kompetitif untuk musim 2018,” tutur Jokdri.

”Dampaknya, nilai komersial jadi tinggi, sehingga klub mendapat revenue yang siginifikan untuk membiayai timnya.”

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kompetisi kasta kedua di tanah air itu:

1. Musim kompetisi dimulai Maret 2017, satu pekan setelah ISL bergulir. ISL sendiri digelar 26 Maret 2017.
2. Kompetisi akan berakhir pada Oktober 2017.
3. Diikuti total 61 klub termasuk Persebaya.
4. Jumlah klub yang terkena degradasi sebanyak 36 klub. Tujuannya memampatkan jumlah klub menjadi 24 untuk musim kompetisi 2018.
5. PSSI mewacanakan setiap peserta wajib mendaftarkan lima pemain di bawah 23 tahun.
6. Usia pemain maksimal 25 tahun. Namun, klub bisa mendaftarkan lima pemain di atas 25 tahun.
7. Klub boleh memainkan maksimal lima pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan.
8. Klub peserta tidak diperbolehkan merekrut pemain asing.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Selain Jersey, Puerto Rico Juga Tak Bawa Peralatan Latihan
Kedatangan tim nasional Puerto Rico ke Indonesia memang patut dipertanyakan. Mereka nampak tidak siap dengan laga uji coba yang bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 13 Juni esok.Sebelumnya Puerto Rico ternyata tidak membawa jersey tandang, dimana jersey kandang mereka akan berbenturan dengan warna merah-putih milik Garuda.Situasi ini membuat PSSI harus menyiapkan kostum untuk Puerto Rico dengan menggandeng apparel lokal Indonesia.Selain jersey, negara asal Amerika Tengah itu juga tak membawa peralatan untuk berlatih.“Timnas Puerto Rico tidak membawa peralatan karena ingin menyewa di sini dan kami langsung berkoordinasi dengan panpel lokal untuk menyiapkan. Jadi nanti Puerto Rico menggunakan kostum produksi lokal Indonesia,” kata Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI, Hanif Thamrin.[suggestedarticle]Skuad Puerto Rico sendiri telah tiba di Indonesia dan sempat menjalani latih tanding melawan klub amatir di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, yang dimenangkan dengan skor telak 6-0. Pelatih Puerto Rico, Carlos Garcia Cantarero sendiri mengaku senang dengan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.“Baik, sangat baik. Saya selalu bilang, masyarakat di belahan bumi sini, Asia, merupakan orang-orang yang sangat ramah. Selalu tersenyum dan membantu Anda,” ujar pelatih asal Spanyol yang pernah menukangi Atletico Madrid ini.“Saya sangat memahami hal itu dengan baik. Meski nanti kami akan jadi musuh mereka pada 13 Juni, saya tetap berterima kasih dengan sambutan hangat yang mereka berikan pada kami,” tutup Carlos Garcia Cantarero.Tentu laga uji coba internasional ini patut dipertanyakan, apakagi menyangkut persiapan timnas Indonesia U-22 dalam menghadapi SEA Games 2017 bulan Agustus mendatang.Saat ini Puerto Rico ada di peringkat ke-133 pada rangking FIFA, sementara Indonesia ada di peringkat ke-177.Di laga uji coba sebelumnya, Indonesia sukses mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 di Phnom Penh.
PSSI Keluarkan Ratusan Juta Untuk Datangkan Timnas Puerto Rico
Kedatangan Timnas Puerto Rico ke Indonesia untuk uji coba internasional melawan Indonesia, tak lepas dari bantuan finansial yang diberikan PSSI. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin."PSSI sebagai pengundang memang harus menanggung beberapa biaya buat timnas Puerto Rico. Salah satunya biaya transportasi dari San Juan sampai ke Sleman," ujar Hanif.Namun Hanif menjelaskan bila skema biaya yang dikeluarkan PSSI untuk Timnas Puerto Rico, bisa tidak dipakai dipakai oleh Federasi Sepak Bola Puerto Rico untuk transportasi.[suggestedarticle]"Pokoknya PSSI menyerahkan uang untuk dikelola sendiri oleh Puerto Rico. Tapi sepertinya mereka memang memakainya untuk biaya transportasi. Soalnya untuk urusan transportasi lokal dan penginapan di Sleman, mereka yang mau bayar sendiri," lanjut Hanif Thamrin.Ketika ditanya berapa finansial yang dikeluarkan PSSI untuk mendatangkan Timnas Puerto Rico, Hanfi Thamrin mengatakan biayanya tak sampai miliaran rupiah."Masih ratusan, ya kira-kira mungkin Rp 600 juta. Tinggal dihitung saja rombongan mereka sekitar 27 orang dan per orang biaya transportasinya kira-kira Rp 23 juta," ujar Hanif Thamrin.[suggestedarticle]Kedatangan Timnas Puerto Rico ke Indonesia karena memang mengajukan proposal sendiri. Lalu, PSSI kemudia berkonsultasi dengan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla."Luis Milla bilang, Puerto Rico ya? Oke tidak masalah. Kami tidak berani memutuskan menerima proposal Puerto Rico tanpa persetujuan dari Luis Milla," jelas Hanif Thamrin.Menurut Hanif Thamrin kedatangan Puerto Rico ke Indonesia bisa dijadikan sebagai pengalaman. "Puerto Rico datang dari Concacaf yang kita tahu Indonesia jarang beruji coba melawan negara dari sana. Sekarang Puerto Rico akan datang, ini membuat timnas Indonesia bisa merasakan lawan dari banyak negara," tandasnya.
visibility  4458 kali
Analisis Permainan Indonesia Kontra Kamboja
Timnas Indonesia meraih kemenangan dari Kamboja dengan skor 2-0 di Stadion Phnom Penh. Irfan Bachdim dan Gian Zola menjadi pahlawan kemenangan Skuat Garuda.Kemenangan tersebut dinilai oleh pengamat sepak bola asal Jawa Timur, Djoko Malis. Ia menilai Indonesia layak mendapatkan kemenangan tersebut. Secara permainan Indonesia mendominasi atas tuan rumah.Statistik yang dilansir dari Liputan6 Indonesia lebih baik dalam penguasaan bola, yakni 78 % berbanding 72 . Djoko Malis melihat permainan Indonesia lebih efektif.[suggestedarticle]“Efektivitas menjadi kunci kemenangan Indonesia pada pertandingan ini. Mereka tidak terpancing untuk mengikuti permainan lawan. Indonesia bermain dengan karakter dan caranya sendiri,” tutur Djoko.Ia melihat daya juang para pemain dalam memenangkan pertandingan sangat besar. Mantan pemain Niac Mitra era 1980-an melihat pemain sudah percaya diri bermain di kandang lawan.Mentalitas seperti itulah yang dibutuhkan Timnas Indonesia saat pentas di laga uji coba. Pasalnya pada beberapa pertandingan awal pemain terlihat grogi dan permainan pun tak berjalan dengan baik.Sorotan lini pertahananDjoko Malis juga melihat organisasi serangan dan bertahan sudah rapi. Setidaknya barisan bek berhasil memotong bola umpan silang dari Kamboja. Cara menutup dan memutus serangan lawan juga berjalan baik.[suggestedarticle]Namun, Djoko juga menyoroti bocornya sisi kanan pertahanan Indonesia Sisi kanan pertahanan Indonesia juga tak lepas dari sorotan Djoko. Menurutnya, lini yang dijaga Gavin Kwan Adsit masih mudah ditembus lawan. Beberapa kali Kamboja mengeksploitasi sektor ini. “Kita tidak bisa berharap lawan tim lain bakal mendapati kesalahan seperti yang dilakukan pemain Kamboja. Untuk itu, mereka harus lebih kreatif dalam membongkar pertahanan lawan,” tandasnya.
visibility  2117 kali
Sisa Dua Calon, Wanita Satu Ini Hampir Pasti Jadi Sekjen PSSI
Kursi Sekretaris Jenderal PSSI mulai terkuak personalnya. Apalagi, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengisyaratkan bahwa sampai Kamis (8/6) malam, jumlah calon semakin mengerucut menjadi sisa dua orang. Bahkan Edy mengisyaratkan mengarah ke satu orang kandidat kuat.Awalnya saat PSSI membuka calon pelamar Sekjen PSSI, terdapat 30 orang yang mendaftar. Setelah melalui serangkaian tes, seperti tes psikotes, kesehatan, kompetensi teknis/akademis, PSSI mendapatkan tiga nama, yakni Ratu Tisha Destria, Alief Syachviar, dan T Alvin Aprianto."Sekarang tinggal dua nama. Sudah pada tahu ranking 1 dan 2-nya," ujar Edy usai menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Singapura U-16 pada Kamis (8/6/2017) malam.[suggestedarticle]Pria yang menjabat sebagai Pangkostrad tersebut berjanji akan segera mengumumkan nama sekjen baru dalam waktu dekat. Ratu Tisha diisyaratkan maju sebagai kandidat terkuat Sekjen PSSI menggantikan Ade Wellington karena memperoleh skor tertinggi dari sederet tes yang dilalui.Tisha saat ini dia tengah menjabat sebagai Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru, operator yang menggelar Liga 1. Lulusan FIFA Master Graduate itu menduduki posisi Kepala Kompetisi PT Gelora Trisula Semesta yang menjalankan turnamen Torabika Soccer Championship (TSC). Namun, ini menjadi pertanyaan apakah Ratu Tisha akan melepas jabatannya di PT LIB jika menjabat Sekjen PSSI.Bukan tak mungkin Ratu Tisha bakal merangkap jabatan, sebagai Direktur Kompetisi PT LIB dan Sekjen PSSI. "Nanti saya akan gelar pengumuman. Yang jelas kalau yang perempuan ini nilainya 100, yang laki-laki hanya 60. Bedanya cukup jauh. Kita lihat saja nanti," ucap Edy.
visibility  2505 kali
Mepet Dengan Idul Fitri, Jadwal Liga 1 & 2 Banyak yang Diubah
Rupanya PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ingin memberikan waktu luang bagi yang merayakan Idul Fitri tahun ini, hasilnya sejumlah jadwal pertandingan liga pun dimundurkan. COO PT LIB Tigor Shalomboboy, menjelaskan awalnya pekan 12 akan ada beberapa pertandingan yang bergulir pada 30 Juni sampai 2 Juli 2017. Namun, hal ini tidak jadi digelar karena Idul Fitri kemungkinan besar jatuh 25 Juni mendatang.“Alasan kami dikarenakan kami merasa itu terlalu dekat dengan lebaran jadi kami geser dari yang tadinya mulai lagi tanggal 30 Juni menjadi tanggal 3 Juli,"  terang Tigor, Kamis (8/6).[suggestedarticle]"Perubahan untuk Liga 1 ada sepuluh pertandingan yang diubah dan kalau Liga 2 itu ada empat sampai lima perubahan," tambahnya.Menurut Tigor, dengan adanya perubahan jadwal ini tak lantas membuat kompetisi menjadi mundur dari agenda yang ditetapkan. Sebab, ia menyebut pihaknya sudah melakukan perhitungan secara matang sebelum mengambil keputusan."Dengan pemunduran jadwal ini berakhirnya Liga 1 tetap sesuai jadwal, karena justru kami tidak mau mengubah di akhirnya sehingga kami padatkan tanggal 3 Juli," jelas Tigor.
visibility  1041 kali
Ini Hasil-Hasil Keputusan Komdis PSSI Sidang Ke-7
Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kepada dua pemain dan dua panitia pelaksana pertandingan, setelah menggelar sidang ketujuh di Kantor PSSI, Rabu (7/6) malam.Dalam keterangannya, Kamis dini hari, PSSI menghukum pemain Persipura Marianus Wanewar dan pesepakbola Kalteng Putra Galih Sudaryono.Marianus dilarang bermain lima kali, dengan rincian sekali karena mendapat kartu merah dan empat kali sanksi tambahan beserta denda Rp10 juta karena sengaja menanduk pemain PSM Makassar Reva Adi Utama pada pertandingan PSM melawan Persipura.[suggestedarticle]Sementara Galih dilarang bermain enam kali dan denda Rp10 juta karena sengaja menendang pemain PS Mojokerto Putra pada pertandingan Kalteng Putra melawan PS Mojokerto Putra.Menurut antaranews.com, Komdis juga menghukum panitia pelaksana pertandingan Persija Jakarta dengan denda Rp 20 juta karena menyalakan suara atau flare pada pertandingan Persija Jakarta melawan Arema FC.Panpel Persija wajib mengganti rugi atas kerusakan mobil SNG dari stasiun TV pemilik hak siar Liga Indonesia, karena dilempar pendukung Persija. Kemudian, panitia pelaksana pertandingan Persegres Gresik United dikenai sanksi tak boleh ada penonton pada pertandingan Persegres melawan Persija pada 1 Juli 2017.Mereka pun didenda Rp 20 juta karena terbukti menyalakan mercon, masuk lapangan pertandingan dan membakar papan reklame pada pertandingan Persegres melawan Persela Lamongan. Panpel Persegres diwajibkan memberi ganti rugi atas kerusakan papan reklame itu.
visibility  865 kali
PSSI Akan Hukum Suporter yang Masuk Lapangan
PSSI melalui sang ketua umum Edy Rahmayadi ikut angkat suara mengenai kejadian masuknya suporter pada saat pertandingan Liga 1 berjalan.Setidaknya ada dua suporter yang melakukan aksi ini, mereka adalah suporter Persib Bandung, Bobotoh dan suporter Persegres Gresik, Ultras Mania.Suporter Persib Bandung masuk ke tengah lapangan melayangkan protes kepada pemain, ofisial dan manajemen tim saat Maung Bandung tertinggal 2-0 atas tuan rumah Bhayangkara FC, pada menit ke 82.Pertandingan digelar di Stadion Patriot Bekasi, Minggu, 4 Juni 2017. Akibat ulah Bobotoh laga sempat terhenti 10 menit. Selain masuk ke lapangan, suporter juga menyalakan suar, melempar botol ke lapangan dan terlibat bentrok antar suporter."Bagaimanapun suporter masuk ke lapangan itu tidak benar harus dididik itu," kata Edy Rahmayadi saat di Malang, Selasa, 6 Juni 2017.[suggestedarticle]Sama seperti Bobotoh, Ultras Mania juga menunjukan kekecewaanya setelah Persegres Gresik kalah lawan Persela Lamongan dengan skor 0-2 di Stadion Tridharma Gresik, Senin, 5 Juni 2017.Mereka menghampiri manajemen dan pelatih Persegres, Hanafi. Ultras Mania menggelar aksi demonstrasi di tengah lapangan. Sayang aksi tersebut tercoreng dengan sikap anarkistis Ultras Mania.Bahkan mereka sampai membakar papan iklan dan jala gawang stadion. Saat itu api berkobar di tengah lapangan. Tentu aksi anarkisme suporter mencoreng wajah persepakbolaan nasional.Edy Rahmayadi memastikan jika Persib Bandung dan Persegres Gresik akan mendapat sanksi dari PT Liga dan Komisi Disiplin PSSI akibat kejadian ini.Edy memandang insiden kericuhan suporter buah dari ketidaktegasan klub dalam membina suporternya."Kita hukum klubnya, berarti klubnya tidak bisa membina suporternya. Sanksi tentu ada dari PT Liga bisa kena denda, itu kan ada aturan denda dari Komdis," ujar Edy Rahmayadi.
visibility  2138 kali
Timnas Indonesia U-22 Sewa Pelatih Baru
Ada wajah baru dalam rombongan skuat tim nasional Indonesia dalam lawatannya ke Phnom Penh, Kamboja beberapa waktu lalu.Muka baru itu adalah Florent Motta, pelatih asal Perancis itu direkrut untuk membantu pemain menjaga kondisi kebugaran dan juga pemulihan (recovery).Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Sekjen PSSI Fanny Irawan saat dihubungi wartawan pada Selasa (6/6/2017). Motta adalah rekomendasi dari pelatih kepala Luis Milla yang tujuannya untuk membantu pemain dalam recovery."Jadi yang bawa itu (Luis) Milla. Kenapa dia? karena Milla melihat banyak beberapa pemain kami yang cedera karena pertarungan keras di liga 1, dan kami punya tanggung jawab untuk buat pemain-pemain fresh dan siap," kata Fanny. [suggestedarticle]Namun Motta yang pernah bekerja untuk klub Timur Tengah seperti Kuwait SC, Al-Dhafra SC hingga Zemalek hanya akan berada satu bulan bersama timnas U-22."Setelah itu dia pulang, jadi tidak sampai diboyong ke SEA Games, Malaysia," katanya. "Karena kami, PSSI memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk membuat pemain-pemain kita bugar, maka kami pun memperbolehkan Milla untuk menghire Motta. Karena tugasnya adalah untuk mempercepat pemulihan kondisi pemain. Motta sendiri sudah mulai kerja saat ini, dia ikut dalam bagian dari rombongan Timnas ke laga uji coba ke Kamboja. Nanti dia juga akan jadi bagian dari tim pelatih untuk laga ujicoba lawan Puerto Riko 13 Juni 2017 dan trainning camp persiapan jelang kualifikasi. Jadi tidak sampai SEA Games," katanya. Tugas Motta berakhir dengan dimulainya kualifikasi Piala Asia nanti, 19-23 Juli 2017 mendatang yang akan digelar di Bangkok. Pada kualifikasi tersebut, Garuda Muda bergabung di Grup H bersama Thailand sebagai tuan rumah, Malaysia, dan Mongolia.
visibility  10040 kali
Jelang SEA Games 2017, Satlak Prima Hanya Tanggung Uji Coba Timnas U-22 di Asia
Timnas U-22 dinilai oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) berpotensi merebut medali emas SEA Games 2017 Malaysia, sehingga segala kebutuhan tim asuhan Luis Milla ini ditanggung pemerintah.Ketua Satlak Prima, Achmad Soetjipto mengatakan, pihaknya sudah memasukan sepakbola ke dalam SK Prima mulai Juni 2017. "Artinya, semua hal yang dibutuhkan timnas Indonesia U-22 bakal ditanggung oleh Satlak Prima mulai dari uang saku, laga uji coba, hingga pemusatan latihan nasional," jelas Soetjipto.[suggestedarticle]Namun uji coba yang dijamin pembiayaannya oleh Satlak Prima hanya yang dimainkan di kawasan Asia. Hal ini menyangkut jumlah biaya yang sangat tinggi jika uji coba dilaksanakan di Eropa. "Uji coba yang ditanggung hanya yang dimainkan di Asia," tambah Soetjipto.Soatjipto menerangkan, pemerintah sepakat beri jaminan bahwa cabang olahraga yang berpeluang medali didukung empat kali uji coba. "Bagaimana dengan sepakbola? Kita tahu mereka menjadi runner-up di Piala AFF 2016. Itu luar biasa sehingga kami akan dukung apakah empat kali atau tiga kali uji coba," tutur Soetjipto.Meski begitu, Soetjipto mengatakan, sejauh ini PSSI belum memberi proposal terkait agenda uji coba apa saja yang bakal digelar timnas U-22. "Perlu diketahui untuk bisa ditanggung Satlak Prima, federasi (PSSI) harus mengajukan lebih dulu 40 hari sebelumnya. Sebab sekarang apapun itu harus izin kepada Sekretaris Negara," tegas Soetjipto.
visibility  811 kali
Ini Posisi Kompetisi Antarklub Indonesia di Asia
Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah merilis daftar peringkat kompetisi klub di Asia. Berdasarkan data yang dirilis per tanggal 4 Juni 2017, Indonesia hanya menempati posisi ke-24 Asia dari 46 negara Anggota AFC.Menurut perhitungan AFC, total poin yang dikumpulkan Indonesia pada periode ini adalah 16.385 poin. Itu hasil dari penjumlahan poin FIFA dan poin klub dari masing-masing negara.[suggestedarticle]Kalau melihat daftar peringkat untuk negara kawasan Asia Tenggara, Indonesia menempati peringkat ketiga di bawah Thailand (42.827 poin) dan Malaysia (30.233 poin). Tapi itu belum menghitung Australia yang masuk dalam bagian anggota Federasi Sepakbola ASEAN (AFF).Australia sendiri saat ini menduduki peringkat kedelapan dengan 63.797 poin. Sedangkan Uni Emirat Arab berhasil memuncaki ranking kompetisi klub Asia dengan 95.428 poin.Mereka mengungguli Korea Selatan (89.182 poin), Qatar (82.977 poin), Tiongkok (80.9 poin) dan Arab Saudi (80.484 poin) yang secara berurutan menempati posisi kedua hingga kelima. Jepang terlempar dari posisi lima besar dengan hanya menempati peringkat keenam, setelah hanya mengumpulkan 78.017 poin.
visibility  9312 kali
1496793543163 tag