(Foto: PT GTS)

36 Klub Akan Terdegradasi Dari Divisi Utama 2017

Salah satu keputusan penting dari Kongres Tahunan PSSI 2017 adalah pengurangan peserta kompetisi Divisi Utama pada akhir musim 2017.

Divisi Utama musim 2018 hanya akan diisi 24 klub, dalam artian pada akhir musim 2017 akan ada 36 klub yang terdegradasi ke divisi dibawahnya.

”Kompetisi Divisi Utama 2017 paling ketat karena dari 61 peserta akan disaring menjadi 24 tim," ujar Joko.

Jokdri sapaan akrabnya mengakui pemangkasan peserta Divisi Utama menjadi 24 tim pada 2018 dengan tujuannya agar kualitas kompetisi tidak berbeda jauh dengan level atasnya, Indonesia Super League (ISL).

”Dengan format dua wilayah, yang masing-masing ditempati 12 peserta, pertandingan akan sangat kompetitif untuk musim 2018,” tutur Jokdri.

”Dampaknya, nilai komersial jadi tinggi, sehingga klub mendapat revenue yang siginifikan untuk membiayai timnya.”

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kompetisi kasta kedua di tanah air itu:

1. Musim kompetisi dimulai Maret 2017, satu pekan setelah ISL bergulir. ISL sendiri digelar 26 Maret 2017.
2. Kompetisi akan berakhir pada Oktober 2017.
3. Diikuti total 61 klub termasuk Persebaya.
4. Jumlah klub yang terkena degradasi sebanyak 36 klub. Tujuannya memampatkan jumlah klub menjadi 24 untuk musim kompetisi 2018.
5. PSSI mewacanakan setiap peserta wajib mendaftarkan lima pemain di bawah 23 tahun.
6. Usia pemain maksimal 25 tahun. Namun, klub bisa mendaftarkan lima pemain di atas 25 tahun.
7. Klub boleh memainkan maksimal lima pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan.
8. Klub peserta tidak diperbolehkan merekrut pemain asing.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Edy Rahmayadi Cuti, Joko Driyono Resmi Pimpin PSSI
Edy Rahmayadi resmi cuti dari Ketua Umum PSSI dan menunjuk wakil ketua umum, Joko Driyono sebagai pelaksana tugas (Plt) tugas ketua umum hingga 30 Juni mendatang.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staff Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Langkah tersebut diambil setelah Edy Rahmayadi secara resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur Sumatera Selatan dan ajukan surat cuti seja 11 Februari hingga 30 Juni.[suggestedarticle=3]“Melalui rapat Exco PSSI, kami menerima cuti ketua umum, bapak Edy Rahmayadi dan menunjuk Joko Driyono sebagai plt Ketua Umum PSSI, terhitung sampai 30 Juni 2018,” ujar Iwan Budianto di Kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018).“Keputusan ini kami ambil untuk menjaga marwah PSSI agar jauh dari politik,” ia menambahkan.Iwan juga menambahkan, ketua umum sudah mengabarkan rancangan program strategis PSSI tahun 2018 sekaligus visi organisasi hingga 2034. Nantinya Joko Driyono juga terus berkomunikasi dengan Edy Rahmayadi.“Plt Ketum dan Exco tetap berkomunkasi dengan Edy Rahmayadi, khususnya mengenai program PSSI. Plt tetap jalankan amanat kongres lalu,” tandasnya.
Persebaya Surabaya Belum Terima Hadiah Juara Liga 2 2017
Pihak manajemen Persebaya Surabaya mengungkapkan, belum menerima hadiah juara Liga 2 musim 2017 dari pengeloa liga tersebut, PT Liga Indonesia Baru (PT.LIB). Hal ini diungkapkan manajer Persebaya, Chairul Basalamah yang meminta pihaknya PT LIB untuk segera melunasinya. Persebaya pun sempat berkomunikasi dengan direktur utama PT. LIB, Berlinton Siahaan. Namun, yang apa yang didapatinya tidak sesuai dengan harapannya. "Sudah tanya juga ke Pak Berlinton, tapi tetap tidak jelas. Ini jangan sampai jadi preseden buruk yang setiap tahun terjadi," kata Chairul seperti dikutip Goal.com, Rabu (14/2/2018).[suggestedarticle=3]Lebih dari itu, pihaknya pun enggan membicarakan ini ke publik andai PT LIB bicara dengan baik-baik. Penyakit ini pun telah terjadi berulang-ulang, bahkan menurutnya, LIB meminta agar uang hadiah tersebut diikhlaskan."Selama masih bisa komunikasi, ya ayo. Tapi, ini tidak ada komunikasi, jadi seperti kami mengejar-ngejar padahal ini kan hak kami. Dari awal sudah dijanjikan ada hadiahnya, ya harusnya tidak bisa seperti ini," ucap Chairul. [pagebreak]Penyakit Lama[/pagebreak]"Penyakit ini sudah pernah terjadi dan teman-teman (klub) yang lama juga mengatakan memang seperti ini. Bahkan menjadi bahan guyonan mereka bilang ikhlaskan saja. Menurut saya, ini tidak baik untuk liga," tutur Chairul.Tidak hanya Persebaya, PT LIB pun masih menunggak kepada peserta Liga 1 musim lalu. Mereka belum melunasi uang subsidi klub serta hak siar dan rating kepada semua kontestan kompetisi kasta teratas tersebut. LIB pun sempat beralasan, pihaknya terkendala dengan sponsor. Alhasil, mereka meminta klub bersabar dengan situasi yang terjadi ini. (Bobotoh.id)
  647 kali
Eks Asisten Pelatih Persija Resmi Tangani Timnas Wanita Indonesia
PSSI menunjuk Satia Bagdja menjadi pelatih Timnas Wanita Indonesia. Mantan asisten pelatih Persija Jakarta itu akan persiapkan tim untuk Piala AFF dan Asian Games.Tahun 2018 menjadi agenda padat bagi PSSI. Tak hanya timnas sepak bola dan futsal, tapi timnas wanita juga memiliki serangkaian agenda. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF Wanita pada bulan Juni-Juli mendatang. Lalu, timnas wanita juga akan mengikuti Asian Games 2018 pada Agustus di Jakarta. "Kami resmi memilih coach Satia Bagdja untuk menangani Timnas Wanita pada tahun 2018 ini. Kita ketahui beliau telah berpengalaman sebagai pelatih dan juga instruktur. Kami berharap tim sepak bola wanita kita bisa tampil kompetitif di ajang Piala AFF dan Asian Games," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, dari laman resmi PSSI.[suggestedarticle=3]Sementara itu, Satia Bagdja akui sudah mendapatkan surat keputusan penunjukkan dirinya menjadi pelatih timnas wanita. Ia akan bertugas dan dievaluasi setelah Asian Games 2018."Sebelumnya pada Januari lalu, saya bersama coach Ruly Nere dan coach Jan Saragih dipanggil PSSI untuk memberikan presentasi terkait Timnas Wanita di tahun 2018. Saat ini saya masih menunggu panggilan lagi dari PSSI untuk memberikan program Timnas Wanita," jelas Satia Bagdja.PSSI akan mengumumkan dalam waktu dekat program pemusatan latihan untuk timnas wanita. Para pemain timnas wanita, sebagian besar dari Piala Pertiwi yang diadakan pada Desember 2017.
  968 kali
TOP NEWS: Persija Akan Ladeni Timnas Indonesia di SUGBK, Edy Rahmayadi Cuti Sementara dari PSSI
Dalam persiapan menuju Asian Games 2018, Tim nasional Indonesia U-23 akan mengadakan beberapa laga uji coba dalam waktu dekat.Timnas Indonesia Akan Hadapi Klub Liga 1 Ini di SUGBKMenteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi agak menyayangkan keputusan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang tengah mengajukan cuti. Edy mengajukan cuti untuk fokus menjalani kampanye untuk Pilkada Sumatera Utara.Ketum PSSI Cuti, Menpora: Lagi Perang Kok CutiEdy Rahmayadi memutuskan untuk mengambil cuti sementara waktu dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Ia tengah fokus menghadapi pencalonannya dalam Pemilihan Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018.Edy Rahmayadi Cuti dari PSSI, Ini AlasannyaDitengah kesibukannya sebagai seorang Ustad, Yusuf Mansur belakangan ini terlihat aktif di dunia sepak bola Indonesia. Ia pun memeberkan keterkaitan antara dunia sepak bola dengan pesantren. Yusuf Mansur Beberkan Keterkaitan Sepak Bola dan Pesantren
  981 kali
Ketum PSSI Cuti, Menpora: Lagi Perang Kok Cuti
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi agak menyayangkan keputusan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang tengah mengajukan cuti. Edy mengajukan cuti untuk fokus menjalani kampanye untuk Pilkada Sumatera Utara.Indonesia kini masih terus berbenah untuk menyiapkan sejumlah event domestik maupun internasional. Di kancah domestik, sepak bola Indonesia masih terus berjuang dalam gelaran Piala Presiden dan juga menjelang Liga 1 2018 bergulir.Sedangkan untuk ajang internasional, Indonesia masih terus memperbaiki segala aspek jelang gelaran Asian Games 2018.[suggestedarticle=3]Dalam agenda yang cukup pada itu, Edy memilih untuk cuti agar tidak menyalahgunakan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Menanggapi hal tersebut, Menpora tampaknya agak menyayangkan keputusan Edy."Saya kaget mendengar itu (soal Edy Rahmayadi cuti). Lagi perang-perang gini, kok cuti," kata Menpora Imam Nahrawi di Jakarta."Saya tahunya dari media sosial. Nanti saya cari tahu alasannya apa," tandas dia.Joko Driyono ditunjuk sebagai Ketua Umum PSSI sementara menggantikan Edy yang terhitung cuti sejak 12 Februari.
  4682 kali
Indonesia Junior League 2018 Gulirkan 3 Liga Usia Muda
Kompetisi usia muda, Mayapada Indonesia Junior League (IJL) kembali bergulir. Ini adalah tahun ketiga, kompetisi yang mempertandingkan kelompok usia U-9 dan U-11 digelar.Bertempat di Lapangan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (11/2/2018), IJL 2018 diresmikan dan akan berjalan lebih semarak. Setidaknya ada 48 tim dan 963 pemain mengikuti kompetisi tersebut.Pada kompetisi tahun 2018 ini tak hanya mempertandingkan U-9 dan U-11 saja, tapi akan ada U-13 yang digelar pada bulan Juli atau sesudah kompetisi U-9 dan U-11. Kompetisi U-13 digelar hinggal Oktober."Ini tahun ketiga kami menggelar IJL, harapannya tentu saja kami ingin membantu perkembangan sepak bola usia muda dan tujuannya sudah pasti menyumbang pemain untuk timnas Indonesia," ujar CEO IJL, Rezza Mahaputra Lubis kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]"Musim ini terasa berbeda dengan musim lalu dan jumlah kontestan juga meningkat. Belum lagi akan ada U-13 yang baru bergulir tahun ini," tambahnya.Untuk itu pihaknya ingin terus mengembangkan kompetisi yang berbasis akar rumput. Tak hanya penyelenggaraan, namun IJL pun meningkatkan kualitas kompetisi agar mutu sepak bola usia Tanah Air terjaga dengan baik."Proses mereka (klub dan pemain) untuk bisa masuk ke IJL 2018 pun sangat berat. Verifikasinya sangat berat, mulai dari rekam jejak SSB (sekolah sepak bola) hingga kesiapan orang tua-pelatih-manajemen," lanjutnya.Selain itu keterwakilan wilayah pun jadi salah satu faktor pendukung. Rezza ingin kompetisi kali ini lebih merata dan punya atmosfer persaingan yang ketat.Musim lalu untuk U-9, SSB Salfas Soccer Tangerang menjadi juaranya. Sedangkan pada kategori U-11, SSB milik eks timnas, Firman Utina, yakni FU15 Bina Sentra keluar sebagai juara.
  1181 kali
DIARY: Pemain Arsenal Tajir Mendadak, Ketum PSSI Cuti Urusan Sepakbola
Masih ingat dengan nama Mathieu Flamini? Ya, gelandang enerjik asal Perancis yang pernah menjadi motor di lini tengah Arsenal pada periode tahun 2004-08 dan 2013-2016 lalu.Punya Perusahaan Biokimia, Mantan Pemain Arsenal Ini Jadi MiliarderPSMS Medan akan tanpa salah satu pemain seleksi yakni Samuel Nainggolan dalam babak semifinal Piala Presiden 2018 melawan Persija Jakarta.Pemain Australia Keturunan Indonesia Tinggalkan PSMS MedanEdy Rahmayadi memutuskan untuk mengambil cuti sementara waktu dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Ia tengah fokus menghadapi pencalonannya dalam Pemilihan Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018.Edy Rahmayadi Cuti dari PSSI, Ini AlasannyaLuis Milla tepat setahun menukangi Timnas Indonesia pada Jumat (9/2). Momen tersebut, ia rayakan lewat unggahan foto di akun instagram pribadinya, @luismillacoach.Ini Perasaan Luis Milla Usai Setahun Tangani Timnas Indonesia
  1577 kali
Belum Bayar Subsidi Ke Klub, Ini Tanggapan PT LIB
Musim 2018 Liga 1 akan digelar dalam beberapa pekan kedepan, namun hingga saat ini setiap kontestan belum menerima uang subsidi dan juga hak siar televisi musim lalu.Kondisi ini ditengarai karena pihak sponsor yang belum melunasi kewajibannya kepada PT LIB.Menanggapi hal ini PT LIB melalui sang CEO Risha Adi Wijaya mengatakan tak semuanya belum terbayar, beberapa tim sudah menerima subsidi musim lalu namun belum keseluruhan."Terus terang karena memang bukan hanya LIB dan klub, tapi ada partner kami. Nah, kalau dari salah satu di antaranya, misal partner belum memenuhi komitmen ya akibatnya juga LIB tak bisa memenuhi komitmen kepada klub," ujar Risha saat dihubungi wartawan.[suggestedarticle=3]PT LIB berjanji akan segera menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat."Memang tak mudah, karena komitmen yang harus dibayarkan kepada kami itu cukup besar, makanya kami sedang menekan partner untuk segera memenuhi kewajibannya karena memang dari situ kai bisa memenuhi kewajiban kepada klub," papar dia.Soal tindakan LIB kepada pihak sponsor, Risha menjawab, "Kami hampir setiap hari komunikasi. Memang sebenarnya komitmennya itu pada Desember, Januari dan Februari."
  1055 kali
Edy Rahmayadi Cuti dari PSSI, Ini Alasannya
Edy Rahmayadi memutuskan untuk mengambil cuti sementara waktu dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Ia tengah fokus menghadapi pencalonannya dalam Pemilihan Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018."Walaupun tidak ada dalam aturan PSSI untuk saya harus cuti. Tapi saya harus tahu ini begitu banyak pekerjaan PSSI. Tak mungkin saya berada di sini sedang melakukan kepentingan pribadi sehingga mengorbankan organisasi yang benar-benar ini mandat rakyat," kata Edy kepada para wartawan di Medan, Jumat (9/12/2018).[suggestedarticle=3]Menurut Edy, jabatan PSSI sebagai Ketua Umum PSSI merupakan mandat rakyat. Karena itu, ia mengajukan cuti terhitung mulai saat dirinya dinyatakan resmi sebagai calon gubernur."Sebelumnya saya tidak pernah menggunakan organisasi PSSI ini untuk kepentingan saya pribadi. Jadi kalau ada orang yang berbicara itu sangat salah," jelas Edy yang kelahiran kota Sabang, 56 tahun lalu.Edy memutuskan cuti mulai 12 Februari hingga akhir Juni 2018. Dalam masa cutinya itu, kepemimpinan PSSI untuk sementara akan dikelola oleh wakilnya, yakni Joko Driyono, beserta sekjen Ratu Tisha sebagai pembantu dan para Komite Eksekutif (Exco).Menurut Edy, ia memastikan agenda kerja PSSI terus berjalan. Itu karena kegiatan PSSI disorot langsung oleh FIFA. Seperti diketahui, Edy berpasangan dengan calon wakilnya, yakni Musa Rajekshah. Pasangan ini diusung oleh Partai Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, dan NasDem.
  1202 kali
DIARY: PSSI Bayar Hutang ke Mantan Ketum, Essien Bisa ke Persipura
Federasi sepakbola Indonesia atau PSSI berjanji akan segera menyelesaikan masalah hutang kepada ketua umum terdahulu La Nyalla Matalitti.PSSI Akan Cicil Hutang pada La NyallaLiga 1 2018 sedianya mulai digelar pada akhir Februari 2018, ternyata diundur hingga awal Maret 2018. Mundur berarti klub menambah biaya untuk satu musim.Jadwal Liga 1 2018 Digeser, Klub Terpaksa Tambah AnggaranLangkah besar dalam memperbaiki kompetisi sepakbola di Indonesia kembali diambil PSSI, usai mereka mendatangkan wasit top asal Jepang, Toshiyuki Nagi.PSSI Tunjuk Wasit Jepang Sebagai Direktur TeknikNasib Michael Essien bersama dengan Persib Bandung masih tanda tanya, usai Maung Bandung menanti kedatangan pemain asing asal Argentina Jonathan Bauman dalam waktu dekat.Persipura Berpeluang Rekrut Essien?
  2273 kali
1518235202107 tag