(Foto: PT GTS)

36 Klub Akan Terdegradasi Dari Divisi Utama 2017

Salah satu keputusan penting dari Kongres Tahunan PSSI 2017 adalah pengurangan peserta kompetisi Divisi Utama pada akhir musim 2017.

Divisi Utama musim 2018 hanya akan diisi 24 klub, dalam artian pada akhir musim 2017 akan ada 36 klub yang terdegradasi ke divisi dibawahnya.

”Kompetisi Divisi Utama 2017 paling ketat karena dari 61 peserta akan disaring menjadi 24 tim," ujar Joko.

Jokdri sapaan akrabnya mengakui pemangkasan peserta Divisi Utama menjadi 24 tim pada 2018 dengan tujuannya agar kualitas kompetisi tidak berbeda jauh dengan level atasnya, Indonesia Super League (ISL).

”Dengan format dua wilayah, yang masing-masing ditempati 12 peserta, pertandingan akan sangat kompetitif untuk musim 2018,” tutur Jokdri.

”Dampaknya, nilai komersial jadi tinggi, sehingga klub mendapat revenue yang siginifikan untuk membiayai timnya.”

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kompetisi kasta kedua di tanah air itu:

1. Musim kompetisi dimulai Maret 2017, satu pekan setelah ISL bergulir. ISL sendiri digelar 26 Maret 2017.
2. Kompetisi akan berakhir pada Oktober 2017.
3. Diikuti total 61 klub termasuk Persebaya.
4. Jumlah klub yang terkena degradasi sebanyak 36 klub. Tujuannya memampatkan jumlah klub menjadi 24 untuk musim kompetisi 2018.
5. PSSI mewacanakan setiap peserta wajib mendaftarkan lima pemain di bawah 23 tahun.
6. Usia pemain maksimal 25 tahun. Namun, klub bisa mendaftarkan lima pemain di atas 25 tahun.
7. Klub boleh memainkan maksimal lima pemain berusia di atas 25 tahun dalam satu pertandingan.
8. Klub peserta tidak diperbolehkan merekrut pemain asing.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Menpora Apresiasi Kinerja PSSI Yang Hukum Wasit 'Nakal'
Baru-baru ini PSSI telah menjatuhkan sanksi skorsing terhadap 8 wasit dan 10 asisten wasit yang bertugas di Liga 1 maupun Liga 2 2017.Mereka diprediksi tak tampil sesuai harapan dari PSSI dalam memimpin sebuah laga, sehingga diistirahatkan hingga waktu yang belum ditentukan.Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun menapreasiasi tindakan yang dilakukan oleh PSSI ini.“Silahkan, itu domain PSSI dengan Komisi Disiplin-nya. Silahkan lakukan tindakan tegas, berani dan tidak pilih kasih,” kata Imam Nahrawi.[suggestedarticle]Sebelumnya Wakil Ketua Umum sekaligus Plt. Sekjen PSSI, Joko Driyono membenarkan tentang banyaknya protes dari klub terkait kinerja wasit baik di Liga 1 maupun Liga 2."Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit,” ujar Jokdri.“Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan. Tujuannya adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. Jumlah pengganti wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan,” tambahnya. “PSSI sudah menerima 17 protes mengenai wasit dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2,” paparnya.
visibility  576 kali
Penampilan Stefano Lilipaly di Belanda Pikat Luis Milla
Tim nasional Indonesia U-22 dijadwalkan akan memainkan dua laga uji coba internasional pada bulan Juni mendatang.Pada 8 Juni, timnas Indonesia akan melawan Kamboja. Sedangkan pada 13 Juni melawan Puerto Rico. Nantinya dalam dua laga itu pelatih Luis Milla akan menyelipkan beberapa nama pemain senior yang akan dipadu dengan pemain U-22.PSSI sendiri melalui Deputi Sekjen PSSI, Fanny Riawan membenarkan bahwa salah satu nama yang memikat hati Luis Milla adalah Stefano Lilipaly. Gelandang naturalisasi yang saat ini bermain untuk SC Cambuur di Liga Belanda."Tergantung pelatih, tapi yang jelas kan Anda lihat sendiri. Saya juga sering tanya ke Milla, 'Bagaimana Lillipaly? Lagi bagus kan?' Dia bilang, 'Tidak usah khawatir, pokoknya saya bikin surprise'." kata Fanny."Tapi kalian sudah tahu sendiri, coach Milla seperti apa. Dia selalu bilang, 'Nomor satu sikap,'. Jadi mau saya berkata seperti apapun, menurut dia kalau sikap seorang pemain tidak oke, dia tidak mau rekrut," katanya menambahkan.[suggestedarticle]Saat ini bersama Cambuur, Lilipaly sedang memainkan babak play-off promosi Eredivisie. Dimana di akhir klasemen Eerste Divisie (divisi dua Belanda) mereka finis di posisi tiga.Sejak pindah ke Cambuur dari Tlstar pada bursa transfer musim dingin Januari lalu, Lilipaly memainkan total 17 partai dengan mencetak 8 gol.
visibility  3793 kali
Komdis PSSI Naikkan Standar Hukuman untuk Pemain Bengal
Komisi Disiplin (Komdis) PSSI bakal menaikan standar hukuman bagi pemain yang bengal di Liga 1. PSSI ingin membuat efek jera bagi pemain yang melanggar aturan kompetisi.Hal ini seperti diutarakan oleh Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin. Bagi Asep peningkatan standar hukuman dalam sepakbola Indonesia sudah semakin berat dibandingkan dengan sebelumnya.[suggestedarticle]"Standar hukuman kita sebenarnya sudah lebih berat. Ambil contoh kemarin saat kita menghukum Abduh Lestaluhu dan Ferdinand Sinaga kalau dalam standarnya mereka hanya dihukum larangan dua laga. Tapi kemarin kita tingkatkan mejadi empat laga larangan bermain," ucap Asep yang dikutip dari Indosport.Asep juga mengatakan bahwa naiknya standar hukuman dari Komdis PSSI karena mereka ingin para pemain menjaga sikap. Apalagi Liga 1 merupakan kompetisi resmi sepak bola Indonesia."Kita saat ini sudah bukan masa belajar lagi. Mungkin masa belajar sudah kemarin saat TSC yang haya turnamen. Tapi ini sudah kompetisi resmi maka hukuman akan lebih berat bagi mereka yang melanggar," tandas Asep.
visibility  1140 kali
PSSI Berhentikan 8 Wasit dan 10 Asisten Wasit
Berdasarkan laporan dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI memberhentikan untuk sementara waktu 8 wasit dan 10 wasit yang memimpin liga, setelah melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga.Djoko Driyono, Wakil ketua umum PSSI mengatakan, pertemuan dengan PT LIB itu untuk mengevaluasi pelaksanaan kompetisi pada dua level tersebut. Tapi Joko tak mau membeberkan 18 perangkat pertandingan yang diberhentikan sementara.[suggestedarticle]"Ke 18 perangkat pertandingan itu terdiri dari delapan wasit dan sepuluh asisten wasit. Dari jumlah itu, jumlah wasit di Liga 2 yang diistirahatkan lebih banyak. Sedangkan asisten wasit yang diberhentikan sementara didominasi Liga 1," terang Djoko."Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit. Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan," sambung Djoko, seperti dikutip antaranews.com, Selasa (16/5).Menurut Djoko, tujuan dari keputusan ini adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. "Jumlah pengganti wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan,” sebut Djoko.
visibility  3772 kali
Liga 1 Tetap Jalan Terus Saat SEA Games Berjalan
Ajang Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia akan dimulai pada 9-30 Agustus mendatang.Tim nasional Indonesia U-22 pun dipastikan akan ikut tampil dalam ajang dua tahunan ini di cabang sepakbola, namun PSSI memastikan Liga 1 akan tetap berjalan disaat Sea Games dipertandingkan.Jika mengacu jadwal SEA Games, Liga 1 saat itu memasuki pekan ke-19 hingga pekan ke-22. Terlalu berisiko jika PSSI atau PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi jika meliburkan Liga 1.[suggestedarticle]"SEA Games jalan, liga tetap jalan. Masalah penjadwalan sama seperti Piala AFF 2016. Kita belum ada pembicaraan dengan PSSI terkait ini. Dari awal kita sudah masukkan SEA Games bagian dari penjadwalan," ujar Tigor saat ditemui di kantor PSSI, Senin 15 Mei 2017."Dari PSSI juga tidak ada permintaan setop kompetisi sementara, karena jumlahnya tidak terlalu banyak yang dipanggil Timnas, karena hampir semua klub dapat kesempatan kirim pemain ke Timnas," sambung Tigor.Sebelumnya, Tigor juga mengungkapkan Liga 1 tetap bergulir meski bulan Ramadan. Pertandingan terakhir bulan Ramadan digelar sebelum libur Hari Raya Idul Fitri, yakni 19 Juni 2017.
visibility  761 kali
Sudah Tujuh Orang Jadi Calon Sekjen PSSI
Tujuh orang sudah mendaftarkan diri sebagai calon Sekretaris Jenderal PSSI sampai Senin (15/5). Merekan memperebutkan lowongan posisi yang ditinggalkan Ade Wellington."Sudah tujuh orang yang mendaftar ke PSSI. Mari kita tunggu saja sampai tanggal 20 Mei," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, yang saat ini juga menjabat pelaksana tugas Sekjen PSSI, di Kantor PSSI, Jakarta.Namun, PSSI enggan memberi tahu identitas ataupun latar belakang tujuh nama yang sudah mengajukan diri  tersebut. PSSI mempersilakan siapa pun warga masyarakat yang merasa mampu untuk mendaftarkan diri untuk posisi sekretaris jenderal PSSI.[suggestedarticle]PSSI membuka kesempatan tersebut sejak Selasa (9/5) sampai Sabtu (20/5). "Silakan mengirimkan curriculum vitae langsung ke Kantor PSSI," ujar Kepala Staf Ketua Umum PSSI Iwan Budianto.Proses pencarian penjabat Sekjen PSSI kemudian berlanjut sehari setelah penutupan pendaftaran hingga 25 Mei 2017. Di mana pada rentang itu PSSI akan melakukan seleksi serta uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada para calon sekjen.Sekretaris Jenderal PSSI sebelumnya, Ade Wellington, mengundurkan diri dari posisinya pada 10 April 2017. Demi mengisi kursi kosong itu, PSSI menugaskan Joko Driyono merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen mulai 11 April 2017.Nantinya, keputusan akhir diterima atau tidaknya seseorang menjadi sekjen PSSI berada di tangan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.Sebagai informasi, Kantor PSSI berlokasi di Menara Generali - Gran Rubina Business Park, Kawasan Rasuna Epicentrum Lantai 17, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, 12940, dengan nomor telepon 021-29115678.
visibility  568 kali
Sudah 'Kelayapan' di Jalan, Persib Punya Bus Baru?
Publik sepak bola Bandung, khususnya Bobotih digemparkan dengan adanya penampkan bus Persib di sosial media. Meski belum ada kabar resmi, tapi beberapa foto bus dan STNK pun sudah tersebar di Twitter. Akun @hooliganbdg mengunggah foto bus dan yang mempunyai nama PT Persib Bandung Bermartabat. Tanjungsari Deuk Ngangkut Lauk Heula Keur Nguseup pic.twitter.com/JvfVeAgS8H — autputzer (@hooliganbdg) May 14, 2017 pic.twitter.com/tLCVQOvJlD — autputzer (@hooliganbdg) May 13, 2017 Lalu, akun Twitter @DadanAyep juga ikut mengunggah penampakan bus Persib. Bus modern itu dipenuhi warna biru yang merupakan warna kebanggaan Maung Bandung.Bus memang menjadi salah satu yang dijanjikan oleh manajemen Persib. Selain itu, bus juga menjadi moda transportasi yang sangat dibutuhkan tim kebanggan Kota Bandung.
visibility  2234 kali
Exco Tak Setuju, Jika Orang Asing Ditunjuk Menjadi Sekjen PSSI
Gusti Randa sebagai salah satu anggota Executive Committee (Exco) PSSI, tak setuju dengan pernyataan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang menyebut posisi sekretaris jenderal (sekjen) bisa dijabat orang asing.Menurut Gusti Randa, kebijakan menggunakan tenaga asing di posisi sekjen tersebut, bukan keputusan populis."Karena Sekjen itu adalah posisi paling sentral di organisasi ini. Jadi, tidak dibenarkan kalau posisi itu bisa dikendalikan orang asing," jelas Gusti Randa seperti dilansir Jawa Pos, Minggu (14/5).[suggestedarticle]"Kalau memang ada tenaga kerja asing, itu sebaiknya di posisi yang lain saja, seperti tenaga ahli atau lainnya. Bukan di posisi Sekjen," terang mantan aktor tanah air itu.Memang dalam kepengurusan PSSI sebelumnya, otoritas tertinggi sepak bola tanah air tersebut pernah mengontrak sejumlah tenaga asing.Salah satunya adalah Pieter Huistra, pria asal Belanda yang diberikan peran sebagai direktur teknik PSSI. Namun, belum genap setahun mengabdi di Indonesia, Huistra harus kembali ke negaranya lantaran PSSI dibekukan oleh pemerintah.Dengan begitu, Gusti menambahkan bahwa, dia akan membahas isu penggunaan tenaga asing di posisi Sekjen tersebut di rapat internal Exco. "Saya pikir isu ini cukup sensitif," kata Gusti Randa."Jadi, untuk mendapat keputusan yang benar-benar kompak di level Exco, kami harus merapatkannya lebih dulu dengan teman-teman yang lain," tambahnya.Senada dengan Gusti, salah satu mantan anggota Exco PSSI, Deddy Reva Utomo mengungkapkan, posisi sekjen adalah pusat informasi dan strategis organisasi sepak bola tanah air. Sehingga sangat disayangkan kalau dipegang oleh orang luar."Dan, saya kira masih banyak warga negara Indonesia yang berkompeten untuk posisi Sekjen itu," ucapnya,Seperti yang diketahui, PSSI secara resmi membuka pendaftaran kepada publik Indonesia untuk posisi Sekjen tersebut, tiga hari lalu.Edy pun menyatakan bahwa, pembukaan pendaftaran posisi sekjen tersebut tidak hanya diperuntukan kepada warga negara Indonesia saja, melainkan juga warga negara asing.
visibility  721 kali
Persija Mengaku Salah Soal Bule, Minta Maaf Kepada PSSI
Akhirnya Persija Jakarta mengambil sikap resmi seputar kontroversi absennya Rezaldi Hehanusa dari pemusatan latihan Timnas U-22 beberapa waktu lalu. Tak ingin memperpanjang polemik, manajemen Tim Macan Kemayoran berinisiatif menyelesaikan persoalan.Bule, sapaan akran Rezaldi Hehanusa, batal bergabung dengan Timnas U-22 dengan alasan cedera. Masalahnya, dia terlihat baik-baik saja dan bisa tampil penuh saat Persija melawat ke kandang Persela Lamongan. [suggestedarticle]"Mungkin ada kesalahan dari manajemen, dan kita sudah bikin surat permintaan maaf kepada PSSI," jelas Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, seperti dilansir Goal.com.Menurut Gede, pihaknya sebenarnya sangat mendukung pemanggilan Rezaldi ke Timnas U-22. Tidak ada maksud untuk menghalangi. "Kita tidak akan mengulanginya lagi. Kalau memang kemarin kita menganggap ada miskomunikasi dan kita melakukan kesalahan," tambahnya.
visibility  3209 kali
'Perang' Lawang Kamboja, Ketum PSSI Inginkan Kemenangan
Timnas Indonesia bakal menjalani pertandingan internasional melawan tuan rumah pada 8 Juni 2017. Ketum PSSI, Edy Rahmayadi berpesan Skuat Garuda tak boleh kalah dari Kamboja.Keinginan ketua umum yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI AD itu menyebut Timnas harus punya tekad kuat agar tak menderita kekalahan seperti lawan Myanmar.[suggestedarticle]"Tidak ada kata kalah karena itu sama saja seperti mayat berjalan," ujar Edy yang dilansir dari Tribunnews.Edy juga yakin dengan kemampuan Luis Milla yang kini melatih Timnas Indonesia, baik senior maupun U-22."Milla pernah membawa Spanyol U-21 juara, jadi buatlah Indonesia juara, doakan lah," tandasnya.
visibility  2259 kali
1494582302151 tag