(Foto: Bleacher Report)

Dihujani Kritik, Infantino Buka Suara Tentang Ekspansi Piala Dunia

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan keputusan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim adalah langkah yang tepat.

Pengambilan suara dari para anggonta FIFA telah memenangkan penambahan peserta yang akan dimulai pada edisi tahun 2026 itu, bukan hanya karena uang saja.

"Ini sebaliknya, ini adalah keputusan sepakbola," ujar Infantino pada BBC. "Semua format memiliki keunggulan dalam sisi finansial. Kami nyaman dengan situasi yang berdasarkan keputusan olahraga."

Nantinya 48 tim kontestan putaran final akan dibagi menjadi 16 grup yang akan berisia masing - masing tiga negara.

"Ini adalah keputusan yang bersejarah yang akan menjadi pintu masuk pada Piala Dunia Abad 21," lanjut Infantino.

Pria berusia 46 tahun itu mengatakan bahwa meningkatnya jumlah tim yang berpartisipasi akan meningkatkan juga kualitas negara pada saat terjun di putaran final.
"Kosta Rika menyingkirkan Inggris dan Italia di Piala Dunia terakhir, tim yang solid dan masih banyak tim lain yang bisa melakukan itu di Piala Dunia."

"Saya percaya itu adalah contoh nyata dalam perkembangan, karena banyak negara yang akan mendapat kesempatan untuk lolos jadi mereka akan memperbaiki sepakbola mereka di tingkat atas dan juga level pembinaan."

Beberapa media mengklaim bahwa ekspansi jumlah peserta Piala Dunia akan membawa pemasukan senilai 5.29 miliar pound, dimana itu akan meningkatkan profit sebesar 521 juta pound kepada FIFA.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Piala Dunia U-20 Gudangnya Calon Bintang Masa Depan
Salah satu ajang sepak bola terbesar untuk para pemain muda di ajang internasional Piala Dunia U-20 sudah dimulai per Sabtu (20/5/2017), Dalam edisi ke-21 ini, Negeri Gingseng, Korea Selatan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya ajang Piala Dunia U-20 ini.Sebanyak 24 kontestan bersaing memperebutkan status sebagai tim nasional terbaik sejagat di level U-20.Ajang ini dinilai sebagai salah satu tempat untuk mencari pemain muda berbakat dari seantero dunia. Banyak pemandu bakat dari seluruh klub elit dunia hadir dalam ajang dua tahunan ini.Banyak nama beken lahir dari ajang ini sebut saja, Sergio Aguero, Lionel Messi, Javier Saviola, Paul Pogba hingga Adama Traore.Dari tanggal 20 Mei sampai 11 Juni, generasi baru dari tim seperti Argentina akan berusaha membawa negara ini meraih kemenangan ketujuh, dimulai dengan duel sengit melawan Inggris di Jeonju World Cup Stadium. Dengan tuan rumah Korea Selatan dan Guinea melengkapi ketatnya grup A.[suggestedarticle]Pelatih Argentina Claudio Ubeda menantikan tantangan tersebut. "Kami memiliki catatan bagus di turnamen ini," ujarnya. "Penting untuk memulai awal yang baik dan kami tahu bahwa kami memiliki pertandingan pembuka yang sangat sulit melawan Inggris."Inggris masih berusaha mematahkan buruknya mereka di turnamen ini meski pelatih Paul Simpson tampil dengan daftar berbakat yang terdiri dari bakat Liga Primer Inggris termasuk tiga dari juara Chelsea dan lima dari Everton."Saya senang dengan skuad yang bisa kami kumpulkan di sini dan benar-benar melihat ke depan untuk melihat para pemain tampil di panggung yang indah," kata Simpson saat tiba di Korea. "Mudah-mudahan, kita bisa menghibur masyarakat Korea Selatan dan mendapatkan beberapa hasil positif."
FIFA Selidiki Mega Transfer Paul Pogba
Federasi Sepak bola Internasional atau FIFA akan menyelidiki transfer Paul Pogba ke Manchester United yang menjadi rekor termahal dunia, menurut seorang sumber FIFA, Selasa (9/5) waktu setempat.Manchester United memecahkan rekor transfer dunia, yakni senilai 89,3juta pound atau sekitar Rp 1,5 triliun pada 2016 guna mendatangkan Pogba dari Juventus pada 2016.United bisa dikatakan mengeluarkan dana yang sangat besar demi mendatangkan kembali Pogba yang pernah berseragam 'Setan Merah' pada 2011, kemudian pindah ke Juventus pada 2012 hingga 2016.[suggestedarticle]Rekor transfer itu mengalahkan catatan termahal sebelumnya yang dipegang Real Madrid saat merekrut pemain Wales, Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada 2013.Pihak FIFA sendiri belum mengeluarkan keterangan resmi lebih lanjut mengenai hal-hal yang akan diselidiki terkait proses transfer Pogba dari Juventus ke United.
visibility  1655 kali
Ranking FIFA Indonesia Kembali Alami Penurunan
FIFA telah mengeluarkan ranking untuk bulan Mei 2017. Peringkat Indonesia kembali mengalami penurunan dan saat ini ada di peringkat 177.Pada bulan April lalu, Tim Merah-Putih juga mengalami penurunan delapan tingkat. Pada ranking terbaru bulan ini, Indonesia harus rela turun dua tingkat.Indonesia pada tahun ini memang belum mendapat poin berarti. Satu-satunya laga internasional sudah dijalani yakni kontra Myanmar berujung dengan kekalahan 1-3.[suggestedarticle]Bila dibandingkan negara rival di Asia Tenggara, Indonesia ada di peringkat ke-9. Indonesia tertinggal berturut-turut dari Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Laos. Indonesia hanya unggul dari dua rival lainnya yakni Brunei dan Timor-Leste.Kini tim asuhan Luis Milla harus berjuang untuk meraup poin di laga-laga internasional berikutnya. Terdekat Tim Merah-Putih akan melakoni laga uji coba di tanggal 5 dan 13 Juni.Hingga saat ini, lawan di tanggal 5 Juni masih menunggu konfirmasi. Sementara tanggal 13 Juni, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Puerto Rico.
visibility  3069 kali
FIFA Minta Penjabaran Soal Aturan Liga 1 dan Tawarkan Bantuan Tenaga Ahli
Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) meminta dijabarkan lagi soal aturan Liga 1 dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) khususnya yang berkaitan dengan regulasi baru pergantian pemain dan kebijakan U-23 (pemain di bawah usia 23 tahun).Hal ini disampaikan FIFA dalam surat resminya kepada PSSI bertanggal 12 April 2017 yang ditandatangani Deputi Sekretaris Jenderal FIFA Marco Villiger dan Kepala Sepak Bola Profesional FIFA James Johnson. Surat ini dikirim sebagai balasan surat PSSI yang diterima FIFA pada 4 April 2017."PSSI sudah mengeluarkan wacana berguna demi meningkatkan kualitas Liga 1 dan itu sangat penting. Kami antusias menerima pandangan terperinci PSSI mengenai hal ini," tulis FIFA dalam surat yang diterima media resmi PSSI di Jakarta, Jumat.Satu yang dianggap penting oleh FIFA dalam dokumen resmi itu adalah tentang seperti apa konsekuensi jika nantinya regulasi tidak bisa berjalan sesuai rencana.[suggestedarticle]"Apakah jika ada pelanggaran oleh satu tim terhadap regulasi, kemenangan akan milik tim lawan? Lalu apakah PSSI bermaksud memainkan tiga pemain U-23 di setiap laga atau apakah pembatasan itu dimaksudkan untuk diterapkan kapan saja?" tulis PSSI.Sementara terkait penambahan pergantian pemain dari tiga kali, seperti yang diatur dalam "Laws of The Game", menjadi lima kali, FIFA tidak menyatakan secara gamblang setuju atau tidak.Organisasi yang dipimpin Gianni Infantino itu hanya meminta PSSI menjabarkan lagi bagaimana kebijakan pergantian pemain dijalankan, bagaimana skenario kalau ada pemain cedera dan diusir dari pertandingan.FIFA sendiri secara umum menghargai tujuan regulasi baru Liga 1, termasuk aturan pemain U-23, adalah untuk pengembangan pesepak bola muda Indonesia. Namun, FIFA menganggap pengembangan pemain muda proses yang memerlukan kerja sama antara federasi, liga, dan pemerintah.Oleh karenanya, FIFA menyatakan perlu melakukan pengamatan secara langsung mengenai hal tersebut, seperti sudah dilakukan di berbagai negara yang memiliki metode pengembangan pemain muda berbeda-beda.Terkait persoalan tersebut, FIFA menawarkan bantuan analisa dan penilaian berjalannya proses pengembangan pemain muda itu kepada PSSI."Sebagai penutup, kami mendukung keinginan PSSI untuk mengembangkan pemain muda dan bersedia memberikan pendapat ahli jika diinginkan," tutup FIFA dalam suratnya.Menanggapi surat FIFA tersebut, PSSI menganggap itu adalah bentuk arahan dari FIFA dan segera berkomunikasi lebih lanjut."PSSI akan membangun komunikasi intens dengan FIFA, menjelskan perincian konsep percepatan pengembangan sepak bola di Indonesia, khususnya pelaksanaan regulasi U-23 di kompetisi Liga 1," ujar Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi, seperti dikutip antaranews.com.
visibility  2564 kali
PSSI Ungkap Reaksi FIFA Terkait Aturan Lima Pergantian Pemain
Aturan lima pergantian pemain di Liga 1 Indonesia 2017 hingga kini masih menjadi perdebatan. Namun wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono mengklaim sejauh ini respon positif diberikan oleh FIFA.Aturan ini memang menabrak aturan dasar FIFA yang hanya memperbolehkan tiga pergantian pemain di laga resmi. Namun PSSI terus melakukan komunikasi intens dengan badan organisasi sepak bola dunia tersebut.[suggestedarticle]Alasan yang diungkap adalah minimnya jumlah pemain profesional di Indonesia. Padahal penduduk yang ada di Tanah Air mencapai 250 juta jiwa."Komunikasi kami dengan FIFA berlangsung dengan baik dan sangat intens. Mereka juga menyambut positif terobosan baru kami dengan regulasi tersebut yang di mana Indonesia sangat membutuhkan jumlah pemain sepak bola," ujar Jokdri seperti dikutip dari Goal.Jokdri pun berharap jawaban resmi segera diberikan oleh FIFA. Dengan surat resmi tentu PSSI dapat tenang dalam menjalankan kebijakan ini."Mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ke depan ada balasan resmi dari FIFA," harap Jokdri.
visibility  4263 kali
Twitter FIFA Diserbu Netizen Asal Indonesia, Ada Apa?
Twitter resmi FIFA mendadak diserbu oleh netizen asal Indonesia. Alasannya adalah kicauan FIFA saat menyambut datangnya Liga 1 Indonesia akhir pekan ini.Memasang foto Michael Essien yang memang menjadi daya tarik di kompetisi tahun ini, FIFA menyambut datangnya Liga 1 Indonesia. "Liga 1 Indonesia yang baru akan dimulai pekan ini."Kicauan ini memicu pro dan kontra netizen. Ada yang menyoroti mengapa yang dipasang foto Essien dan logo Persib Bandung. "Fotonya pas @persib dan @MichaelEssien .. Serasa liga sendiri," tulis akun twitter @Hristo_Rizqi.Foto ini sendiri mendapat sambutan positif dari Bobotoh. "Claasss atuh Sib @persib diangkat FIFA," kicau akun twitter @BantenGutter.Sementara itu ada pula yang memanfaatkan momen ini untuk menanyakan regulasi lima pergantian pemain yang bertentangan dengan aturan FIFA. "how about the 5 substitutions mate? is it allowed?" tulis akun twitter @si_reja.Pekan pertama Liga 1 Indonesia akan dimulai tanggal 15 April. Pertandingan pembuka rencananya akan mempertemukan Barito Putera lawan Mitra Kukar serta Bhayangkara FC melawan Perseru Serui. New Indonesian Liga 1 starts this weekend 🙌 🇮🇩 pic.twitter.com/H3KNOeY3xE — FIFA.com (@FIFAcom) April 10, 2017
visibility  12579 kali
PSSI Nyatakan Aturan Pergantian Lima Pemain Jalan Terus
Meski belum mendapat restu dari FIFA, pergantian lima pemain dalam satu pertandingan Liga 1 Indonesia tetap jalan terus. Hal ini diungkapkan oleh wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono.Menurut Joko, hingga kini pihaknya memang masih menunggu jawaban dari FIFA. Tapi karena liga akan dimulai akhir pekan ini, aturan lima pergantian pemain akan tetap diterapkan di pekan perdana.[suggestedarticle]"Kami tidak hanya sekadar minta aturan ini disetujui atau tidak. FIFA penting untuk tahu background seperti apa. FIFA pun juga dalam frekuensi yang sama ada pertimbangan rasional. Kami sama-sama menunggu karena proses diskusi ini masih berjalan," ujar Jokdri."Ya, tetap kami akan pakai aturan lima pemain itu, meskipun FIFA belum kasih lampu hijau," tegasnya.Aturan resmi FIFA memang hanya memperbolehkan tiga pergantian pemain untuk pertandingan resmi. Hal berbeda berlaku untuk pertandingan uji coba dimana masing-masing tim bebas melakukan pergantian pemain.
visibility  1613 kali
FIFA Sambut Datangnya Liga 1 Indonesia 2017
Liga 1 Indoenesia akan dimulai akhir pekan ini. Badan organisasi sepak bola dunia, FIFA pun turut menyambut datangnya Liga yang sempat absen dua tahun ini.Liga resmi di Indonesia memang sempat absen lama karena sanksi dari FIFA. Terhenti di tengah jalan pada tahun 2015, di tahun 2016 bergulir liga tidak resmi yakni Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.[suggestedarticle]Dengan memasang foto Michael Essien yang memang menjadi daya tarik di kompetisi tahun ini, FIFA menyambut datangnya Liga 1 Indonesia. "Liga 1 Indonesia yang baru akan dimulai pekan ini."Pekan pertama Liga 1 Indonesia akan dimulai tanggal 15 April. Pertandingan pembuka rencananya akan mempertemukan Barito Putera lawan Mitra Kukar serta Bhayangkara FC melawan Perseru Serui. New Indonesian Liga 1 starts this weekend 🙌 🇮🇩 pic.twitter.com/H3KNOeY3xE — FIFA.com (@FIFAcom) April 10, 2017
visibility  2250 kali
Timo Scheunemann Sebut PSSI Berpotensi Langgar Aturan FIFA
PSSI tengah menggodok kemungkinan untuk menerapkan aturan pergantian lima pemain dalam satu pertandingan. Pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann mengkritik hal tersebut dimana hal tersebut melanggar aturan FIFA.Menurut Timo tiga kali pergantian pemain adalah aturan dasar dari FIFA dan tidak mungkin dilanggar. Ia menyarankan pergantian pemain tetap tiga dan pemain di bawah 23 tahun yang wajib main dikurangi menjadi dua.[suggestedarticle]“Ya itu tidak sesuai dengan aturan FIFA, kalau saya yang ditanya, masing-masing klub memainkan dua pemain muda dan tetap hanya boleh melakukan tiga pergantian, tetap seperti aturan FIFA,” ujar Timo seperti dikutip dari Indosport.“Kalau ada dua pemain muda, tiga pergantian kan masih bisa dilakukan dan itu bakal lebih efektif. Itu membuat tim berpikir dua kali mengeluarkan pemain mudanya,” lanjutnya.Menurut Timo kondisi tersebut adalah yang paling ideal. Pemain muda tetap mendapat kesempatan bermain dan pergantian pemain tetap tiga sesuai aturan FIFA.
visibility  5034 kali
Ranking FIFA: Brasil Menyodok ke Puncak, Indonesia Terjerembab
FIFA telah merilis ranking terbaru per tanggal 6 April 2017. Brasil sukses kembali ke puncak setelah terakhir kali tujuh tahun lalu. Sementara itu peringkat Indonesia mengalami penurunan delapan tingkat.Hasil impresif yang dipetik Brasil pada bulan Maret dengan mengalahkan Uruguay dan Paraguay membuat Neymar CS meraih poin signifikan. Hal ini bertolak belakang dengan Argentina yang menang atas Chile tapi kalah dari Bolivia. Hasil ini membuat Albiceleste turun ke peringkat dua.[suggestedarticle]Sementara itu kekalahan dari Myanmar 1-3 membuat Indonesia gagal meraup poin. Pada akhirnya Tim Merah-Putih harus rela turun delapan tingkat ke peringkat 175.Indonesia bahkan harus rela disalip Kamboja dan Laos yang masing-masing kini ada di peringkat 173 dan 174. Kini menjadi tugas PSSI untuk rutin menggelar uji coba dua kali dalam FIFA Matchday agar poin Indonesia tidak semakin tertinggal dari negara pesaing.Berikut Ranking FIFA 1-10:Berikut Ranking FIFA 170-180:
visibility  5068 kali
1491471047282 tag