(Foto: bolalob)

Pemain Thailand Diharapkan Makin Banyak yang Berkarier di Luar Negeri

Chanatip Songkrasin telah resmi berseragam Consadole Sapporo mulai bulan Juli mendatang. Pemain dengan julukan 'Messi Jay' tersebut berharap langkahnya ini dapat membuka jalan pemain Thailand lain untuk berkiprah di luar negeri.

Chanatip dipinjam Consadole selama 18 bulan dan bila tampil apik bukan tidak mungkin ia dipermanenkan atau dilirik klub dari Eropa. Chanatip sendiri berharap ia dapat sukses sehingga klub-klub asing akan tertarik menggaet pemain asal Thailand.

"Saya ingin melakukan yang terbaik di J-League. Saya ingin mengembangkan diri saya dan membantu tim sebisa saya. Jika saya sukses, maka saya akan membuka jalan untuk pemain Thailand lain ke sini," ujar Chanatip.

Pemain terbaik Piala AFF 2014 dan 2016 tersebut mengaku bangga dapat bermain di Jepang. Dengan merendah ia menyebut hanyalah pemain yang biasa-biasa saja.

"Saya sangat senang sebenarnya. Terima kasih Consadole telah tertarik kepada saya meski saya hanya pemain yang biasa saja," ucap pemain berusia 23 tahun tersebut.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 14:20

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Indonesia Tuan Rumah, Ini Pembagian Grup Piala AFF Wanita 2018
Sepak bola wanita di Indonesia dipastikan akan menggeliat pada tahun 2018. Ya, Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Piala AFF U-16 Wanita 2018 dan Piala AFF Wanita 2018.Sebelumnya, sepak bola wanita seolah terabaikan oleh PSSI. Kini dengan kepastian ini menarik untuk ditunggu kiprah timnas wanita di turnamen internasional.[suggestedarticle]Di Piala AFF Wanita U-16, Timnas Indonesia tergabung di Grup B. Indonesia akan bersaing dengan Thailand, Kamboja dan Laos. Sementara itu Grup A dihuni oleh Filipina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.Untuk Piala AFF Wanita, Indonesia tergabung di Grup B. Indonesia akan melawan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Singapura. Sementara itu di Grup A ada Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, dan Kamboja.Selain dua ajang bergengsi ini, Indonesia juga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dua ajang lain. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-18 2018 dan Piala AFF Futsal 2018.Piala AFF Wanita U-16 2018Grup A: Filipina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, SingapuraGrup B: Thailand, Kamboja, Laos, IndonesiaPiala AFF Wanita 2018Grup A: Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, KambojaGrup B: Vietnam, Myanmar, Filipina, Indonesia, Singapura
visibility  645 kali
Ada Dua Tim ASEAN, Ini 20 Tim yang Sudah Memastikan Diri Lolos ke Piala Asia 2019
Piala Asia 2019 akan berlangsung di Uni Emirat Arab. Sejauh ini sudah 20 tim yang memastikan diri lolos ke ajang bergengsi tersebut.Tim pertama yang lolos tentu adalah tuan rumah Uni Emirat Arab. Tim-tim lain yang lolos adalah yang menjadi juara grup di Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2018.Daftar tim tersebut adalah Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Suriah, Qatar, Australia, Iran, Uzbekistan, Irak, Tiongkok, serta wakil Asia Tenggara, Thailand.[suggestedarticle]Dari babak kualifikasi, sudah ada delapan tim yang memastikan diri lolos. Palestina dan Oman sudah dipastikan menjadi dua tim teratas di Grup D. Satu tim lainnya dari Grup A yakni India juga sudah pasti lolos.Di Grup B Lebanon sudah dipastikan lolos. Vietnam dan Yordania di Grup C pun sudah memastikan diri mendapat satu tempat. Dua tempat lagi berasal dari Grup D yakni Bahrain dan Turkmenistan.Empat tempat lagi akan diperebutkan pada matchday terakhir babak kualifikasi yakni tanggal 27 Maret. Berikut adalah daftar tim yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Asia 2019:1. Uni Emirat Arab2. Jepang3. Korea Selatan4. Iran5. Arab Saudi6. Australia7. Thailand8. Suriah9. Irak10. Tiongkok11. Uzbekistan12. Qatar13. Palestina14. Oman15. India16. Vietnam17. Lebanon18. Turkmenistan19. Bahrain20. Yordania
visibility  2341 kali
Tak Hanya di Indonesia, Liga Thailand Juga Bermasalah dengan Wasit Lokal
Tak hanya terjadi di sepakbola Indonesia, di Thailand para suporter dan fans pun mulai meragukan kapasitas para pengadil di atas lapangan.Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT) Somyot Poompunmuang mengakui bahwa insiden mengenai keputusan wasit yang bias telah merusak reputasi kompetisi domestik mereka.Seperti kabar yang dilansir oleh Bangkok Post, usai pertemuan dengan operator Liga Thailand kemarin, Somyot mengatakan masih banyak pelanggaran yang dibuat oleh pihak tertentu, dimana mereka memanfaatkan hal ini (kecurangan) demi kepentingan sepihak. Pihak FAT pun ingin memberikan edukasi kepada wasit lokal di masa mendatang. "Kami telah mencapai sebuah tingkat bahwa fans tak lagi mempercayai wasit lokal dan itu merusak pandangan negara kita," ujar Somyot."Saya pun menunda dalam menggunakan wasit asing untuk beberapa laga penting di Piala FA ataupun Piala Liga.""Sebagai ketua sepakbola Thailand, ini tugas saya untuk memberanikan wasit lokal dan saya ingin melihat penampilan mereka dalam tugas, terutama dalam sikap dan integritas.""Final Piala Liga dan Piala FA telah menggunakan wasit lokal dan Saya harap mereka menunjukannya dengan baik dalam kesempatan ini dan membuktikan diri."[suggestedarticle]Buriram United sendiri keluar sebagai juara Liga Thailand 2017, usai menang atas BEC Tero Sasana dengan skor 4-0 pada pekan ke-32 Liga Thailand di I-Mobile Stadium, Rabu (08/11/17).Kemenangan atas BEC Tero Sasana membuat Buriram United semakin kokoh di puncak klasemen Liga Thailand dengan 80 poin dari 32 laga. Poin itu tidak bisa dikejar Muangthong United yang menempati peringkat kedua meski menyisakan satu pertandingan lebih banyak.
visibility  1105 kali
Mafia Wasit Hantam Liga Thailand
Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompunmuang mengakui bahwa masalah perwasitan menghantam liga di negaranya. Praktek mafia wasit ia akui makin merajalela.Dalam pertemuan dengan operator Liga Thailand, Thai League Co, Somyot menyebut modus yang dilakukan klub dan wasit. Biasanya wasit bersedia menguntungkan salah satu tim bila mendapat keuntungan untuk pribadi dari tim yang bersangkutan.[suggestedarticle]"Kami mencapai level dimana suporter tidak percaya wasit asal Thailand dan ini menghancurkan citra negara kami," ucap Somyot kepada Bangkok Post."Saya mendapat usul agar wasit asing digunakan di pertandingan penting. Sebagai pimpinan FAT saya mendorong wasit lokal untuk memperbaiki diri karena saya ingin melihat mereka adil dan menunjukkan performa baik," jelasnya.Beberapa klub lokal di Thailand musim ini memang melontarkan kritik keras terhadap kinerja wasit. Salah satu tim yang kerap kali mengkritik adalah Muangthong United.
visibility  2350 kali
Andik Vermansah Bisa Saja Berlabuh di Thailand
Kontrak Andik Vermansah akan habis pada akhir tahun ini bersama dengan Selangor FA.Pemain andalan timnas Indonesia ini pun mulai memikirkan pelabuhan terbarunya dalam waktu dekat. Namun dirinya memastikan bukan Indonesia yang akan menjadi klub barunya.Andik masih memprioritaskan klub Malaysia dan juga Thailand untuk musim baru mendatang.[suggestedarticle]Sang agen, Muly Munial menjelaskan bahwa Andik masih akan memprioritaskan tawaran dari luar Indonesia. Walau seperti diketahui klub Liga 2 Persebaya Surabaya dan juga Madura United berhasrat merekrut Andik."Semua tawaran kami tampung, ada banyak klub-klub lokal yang mau sama Andik. Tapi, kami masih memprioritaskan bermain di luar negeri, terutama di Liga Malaysia atau Thailand," kata Muly, seperti dikutip dari Detik.Pemain kelahiran Jember ini menjadi salah satu figur andalan Selangor dalam empat musim keberadaannya di Liga Malaysia.
visibility  3115 kali
Buriram United Jadi yang Terbaik di Liga Thailand
Buriram United resmi mengunci gelar juara Liga Thailand. Ini setelah kemenangan telak 4-0 atas BEC Tero Sasana, Rabu (8/11).Buriram saat ini mengoleksi 80 poin. Buriram unggul 14 poin atas Muangthong dengan sisa tiga pertandingan. Muangthong sendiri gagal menjadi juara setelah kalah 1-2 dari Ubon UMT.[suggestedarticle]Bagi Buriram ini merupakan gelar keenam sepanjang sejarah klub. Sebelumnya, klub yang diperkuat oleh eks penggawa Persib Bandung, Suchao Nuchnum tersebut terakhir kali menjadi juara di tahun 2015.Dengan hasil ini maka Buriram mendapat tiket lolos langsung ke Liga Champions Asia. Sementara itu Muangthong dan Bangkok United masih bersaing untuk memperebutkan tempat kedua yang merupakan tiket ke babak kualifikasi Liga Champions Asia.
visibility  1306 kali
Timnas Indonesia U-19 Berpeluang Balas Dendam Kontra Thailand dan Malaysia
Malaysia dan Thailand menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia U-19 dalam dua ajang terakhir yang diikuti. Kini tim asuhan Indra Sjafri berpeluang untuk balas dendam tahun depan.Undian untuk Piala Asia U-19 2018 memang belum dilakukan. Namun Timnas Indonesia, Thailand, dan Malaysia ada di pot yang berbeda-beda dimana hal ini membuka peluang bagi Garuda Nusantara untuk menghadapi musuh lama di babak fase grup.[suggestedarticle]Timnas Indonesia selaku tuan rumah masuk ke pot 1. Thailand ditempatkan di pot 3 sementara Malaysia di pot 4.Thailand menjegal langkah Timnas Indonesia pada Piala AFF U-18. Kala itu Egy Maulana Vikri CS kalah lewat drama adu penalti.Sementara itu Malaysia menjegal Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Harimau Muda berhasil menerkam Garuda Nusantara lewat kemenangan telak 4-1.Piala Asia U-19 akan berlangsung pada bulan Oktober tahun depan. Menarik untuk ditunggu hasil undian babak fase grup turnamen ini.
visibility  4533 kali
Mantan Pemain Persib Bawa Klubnya Juara Liga Thailand
Nama Suchao Nutnum tentunya tak asing bagi pecinta sepak bola nasional, apalagi bagi pendukung Persib Bandung, Bobotoh. Gelandang asal Thailand tersebut menjadi salah satu pemain yang karirnya bisa dibilang cukup cemerlang di Indonesia meski hanya setengah musim membela klub berjulukMaung Bandung tersebut.Suchao datang ke Tanah Air membela Persib Bandung pada 2009 lalu dengan status pinjaman dari TOT FC. saat membela Maung Bandungdi kompetisi Indonesia Super League (ISL), penampilan Suchao langsung memikat Bobotoh.Pemain berusia 34 tahun ini baru saja membawa Buriram United memastikan gelar juara Liga Thailand, usai meraih kemenangan 4-0 atas BEC Tero Sasana, Rabu (8/11) WIB.Raihan poin sempurna membuat Buriram kokoh di puncak klasemen dengan 80 poin dari 32 laga. Torehan angka tersebut sudah cukup untuk memastikan gelar juara Liga Thailand 2017.Hal itu karena peringkat kedua, Muang Thong United yang pada saat bersamaan menelan kekalahan dari Ubon UMT cuma punya 66 angka dari 31 pertandingan.[suggestedarticle]Suchao memperkuat Buriram setelah kembali dari Persib 2010 silam. Ia pun menjadi kapten sejak saat itu dan menjadi figur penting di klub berjuluk The Thunder Castles.Dikapteni oleh Suchao, Buriram meraih lima gelar juara liga dalam tujuh tahun terakhir. Sebelumnya, Buriram cuma punya satu koleksi gelar juara liga yang diraih tahun 2008.
visibility  8837 kali
Empat Tim ASEAN Lolos ke Piala Asia U-19 2018
ASEAN resmi mengirimkan empat wakil ke Piala Asia U-19 2018. Kepastian ini didapat setelah Malaysia U-19 dan Thailand U-19 menjadi dua dari runner-up terbaik.Malaysia menjadi runner-up Grup F sementara Thailand runner-up Grup I. Keduanya menjadi runner-up terbaik bersama Taiwan, Korea Utara, dan Irak.[suggestedarticle]Sementara itu dua tim ASEAN lainnya yang lolos adalah Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam U-19. Vietnam U-19 lolos dengan kapasitas sebagai juara Grup H.Timnas Indonesia memang hanya menempati peringkat ketiga Grup F. Namun status tuan rumah membuat Egy Maulana Vikri CS otomatis langsung lolos.
visibility  3667 kali
Kualifikasi Piala Asia U-19 2018: Thailand Dibekuk Jepang, Vietnam Sempurna
Thailand U-19 mengakhiri Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan kekalahan. Thailand U-19 takluk 1-2 dari tim kuat Jepang U-19 pada Rabu (8/11).Dalam laga ini penggawa Jepang, Kyosuke Tagawa menjadi penentu kemenangan dengan dua gol yang ia cetak. Thailand hanya mampu membalas sekali lewat Chokanan Saima-in.[suggestedarticle]Dengan hasil ini Jepang memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2018 dengan status juara Grup I. Thailand yang menjadi runner-up masih harus melihat hasil di grup lain apakah bisa menjadi satu dari runner-up terbaik atau tidak.Dalam pertandingan lainnya, Vietnam menutup Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan sempurna. Vietnam meraup tiga kemenangan dalam tiga laga setelah mengalahkan Laos dengan skor 4-0.Vietnam telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2018 dengan status juara Grup H.
visibility  12989 kali
1510126801719 tag