(Foto: bolalob)

5 Bintang Yang Paling Ditunggu Aksinya di Piala Afrika 2017

Piala Afrika 2017 akan dihelat di Gabon pada 14 Januari hingga 5 Februari. Jelang turnamen, ada lima pemain bintang yang aksinya layak untuk dinanti di turnamen dua tahunan tersebut.

Meski tidak ada Nigeria yang gagal lolos dari babak kualifikasi, turnamen ini tetap menarik untuk disaksikan. Tim-tim tangguh seperti Ghana, Kamerun, dan Aljazair akan bersaing untuk merebut gelar dari tangan Pantai Gading.

Bintang-bintang asal Afrika yang berkiprah di Eropa pun akan tampil di Piala Afrika 2017. Berikut adalah lima bintang yang aksinya paling ditunggu di Piala Afrika 2017.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)



Hingga paruh musim Bundesliga 2016/17, nama Aubameyang masih bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak. Total Aubameyang sudah mencetak 16 gol dalam 16 pertandingan. Jumlah ini tiga gol lebih banyak dari penyerang Koeln, Anthony Modeste yang berada di peringkat kedua. Aubameyang terbukti tetap tajam di level tim nasional. Ia sudah mengoleksi 21 gol dalam 52 pertandingan bersama Gabon. Aksi Aubameyang akan menjadi daya tarik tersendiri di Piala Afrika 2017.

2. Serge Aurier (Pantai Gading)



Aurier kerap kali menjadi sorotan karena perilaku kontroversialnya di luar lapangan. Namun di luar itu, pemain berusia 24 tahun tersebut merupakan bek kanan yang tangguh. Musim ini ia sudah tampil dalam 11 pertandingan bersama Paris Saint-Germain. Kiprahnya bersama Pantai Gading layak untuk ditunggu di Gabon nanti.

3. Andre Ayew (Ghana)



Pindah ke West Ham United, penampilan Andre Ayew tidak segemilang seperti saat di Swansea City. Namun Ayew tetaplah merupakan salah satu pemain bintang di Afrika saat ini. Ayew sudah memperkuat Timnas Ghana sejak tahun 2007 dengan 12 caps dalam 71 pertandingan. Dua kali gagal di final Piala Afrika, Ayew tentu bertekad membawa Ghana menjadi juara tahun ini.

4. Riyad Mahrez (Aljazair)



Mahrez merupakan sosok kunci atas keberhasilan Leicester City meraih gelar juara Premier League 2015/16. Penampilan apiknya di level klub bahkan membawanya terpilih menjadi pemain terbaik Afrika 2016. Mahrez kini berpeluang melanjutkan kiprah gemilangnya ke level tim nasional. Aljazair terakhir kali menjadi juara Piala Afrika pada tahun 1990. Kini harapan ada di pundak Mahrez untuk membawa Aljazair menjadi juara setelah 27 tahun.

5. Sadio Mane (Senegal)



Setelah hancur-lebur di Piala Afrika 2012 dan 2015, suporter Senegal kini menaruh harapan di pundak Sadio Mane. Performa apik bersama Liverpool tentu diharapkan menular ke tim nasional. Musim ini, Mane sudah menyumbangkan sembilan gol dalam 19 pertandingan bersama Liverpool. The Reds tentu merasa kehilangan Mane, tapi aksinya bersama Senegal akan sangat ditunggu oleh pencinta sepak bola.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 15:49

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Aksi Mane Loloskan Senegal ke Piala Dunia 2018
Aksi Sadio Mane menjadi kunci kemenangan Senegal untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Ini merupakan putaran final pertama sejak 15 tahun lalu di Jepang/Korea Selatan.Dalam lanjutan Grup D Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika, Senegal tidak terkalahkan dalam lima pertandingan yang ditutup manis menang atas Afrika Selatan, Sabtu (11/11/2017).[suggestedarticle]Skor dibuka oleh Diafra Sakho di menit ke-12 menyambut umpan terobos Mane untuk mengelabui kiper Itumeleng Khune.Mane kembali menjadi aktor gol kedua Senegal di menit ke-38, sepakan gelandang Liverpool itu ditepis Khune tapi bola memantul bek Thamsanqa Mkhize lalu masuk ke gawang sendiri. QUALIFIED! 👏Congratulations, 🇸🇳Senegal! 🎉They're heading back to the #WorldCup for the first time since 2002! #WCQ pic.twitter.com/HzVMDYsS7R — FIFA World Cup (@FIFAWorldCup) November 10, 2017 Kemenangan 2-0 atas Afrika Selatan cukup untuk Senegal memimpin grup dengan selisih lima poin. Kemenangan ini membuat hasil pertandingan terakhir, kembali melawan Afrika Selatan, tidak akan mengubah nasib Senegal.Senegal menjadi negara ketiga dari Afrika yang meraih tiket menuju Rusia. Sebelumnya Nigeria dan Mesir lebih dulu lolos ke Piala Dunia 2018.
  1424 kali
Karena Pernah Dipenjara, Aurier Batal Direkrut Barcelona
Sebelum berlabuh di Stadion Wembley, bek Tottenham asal Pantai Gading, serge Aurier mengaku, hampir bergabung dengan tim asal Kota catalan, Barcelona.Hal tersebut diungkapkan Aurier kepada Canal Plus, sekaligus ia menceritakan duduk masalah, mengapa dirinya gagal berlabuh di Camp Nou."Saya sudah bernegosiasi dengan Barcelona, negosiasi yang sangat maju. Saya pikir reputasi saya membuat empat atau lima klub besar Eropa takut," demikian ungkap Aurier.Aurier yang menunjukan performa gemilang bersama Paris Saint Germain rupanya mengundang ketertarikan Barcelona yang memang sedang krisis pemain belakang. Awalnya negosiasi berjalan baik ingga akhirnya berhenti begitu saja.[suggestedarticle]Sang pemain lantas menyadari bahwa bisa jadi karena kelakuan negatifnya membuat Barcelona menghentikan perburuan. Manajemen The Catalans pun akhirnya memilih mendatangkan bek muda Benfica, Nelson Semedo.Alih-alih lebih dekat ke Spanyol, Aurier malah 'deal' dengan Tottenham Hotspur. Tim asuhan Mauricio Pochettino membutuhkan tenaga pengganti di lini belakang setelah Kyle Walker berganti seragam Manchester City."Adalah keputusan tepat (untuk pergi meninggalkan PSG). Setelah beberapa saat, saya tidak merasa nyaman dengan media (Prancis). Bagi saya, itu tidak pernah berakhir. Setelah semuanya yang terjadi, saya merasa seperti tahanan, dengan kamera di belakang saya. Dengan terus bertahan di Prancis, saya tidak akan pernah membersihkan citra saya," kata Aurier.[suggestedarticle]Sebagai informasi, Aurier sempat dipenjarakan saat menyerang seorang polisi Prancis yang sednag bertugas. Bahkan Aurier pun sempat kedapatan menghina Laurent Blac (pelatih PSG saat itu).Pemain Timnas Pantai Gading itu menyadari bahwa kemungkinan Barcelona takut dengan kelakuan negatifnya, sehingga enggan mengambil risiko memboyongnya dari PSG.
  854 kali
Leicester City Tolak Jual Riyad Mahrez ke Barcelona
Riyad Mahrez pemain timnas Aljazair diincar banyak kklub besar Eropa, seperti Barcelona, AS Roma, namun klub Leicester City menolak melepaskan pemain potensial ini.Mahrez sempat mengeluarkan pernyataan dirinya ingin hijrah ke klub besar pada musim panas mendatang. Gayung pun bersambut, sejumlah klub Eropa menghubungi pemain ini untuk mendapat kesepakatan awal kontrak.Menurut Direktur AS Roma, Monchi, klub asal Italia siap menampung Mahrez, kalau memang Barcelona urung memboyong dia.BACA JUGA: Debut Manis Pelatih Claude Puel di Leicester CityMonchi kepada harian olah raga Italia, Gazzetta dello Sport menyatakan, "Kami memerlukan pemain sayap yang mengandalkan kaki kanan untuk menggantikan posisi yang selama ini ditempati Mohamed Salah. Semua kriteria cocok dengan kemampuan Mahrez. Hanya saja klub tempatnya bermain belum bersedia menjual dia.""Kalau saja rencana ini berakhir buntu, maka lebih baik beralih ke Patrick Schick, meski ia pemain yang juga tidak ideal untuk memenuhi kriteria yang kami inginkan. Tapi bisa saja untuk investasi klub di masa depan," kata Monchi.Barcelona kini sedang merintis untuk memboyong Philippe Coutinho dari Liverpool sebelum jendela transfer ditutup. Mahrez jadi sasaran alternatif Barcelona guna menambah kekuatan tim.Bersama Leicester City, Mahrez telah mencetak dua gol selama melakoni laga kompetisi Liga Inggris musim ini. Ia juga mampu membukukan empat assist.
  426 kali
Klopp Punya Kabar Baik untuk Pendukung Liverpool
Philippe Coutinho mungkin absen untuk Liverpool saat menghadapi Huddersfield Town. Namun, tidak semua kabar jadi buruk bagi The Reds pekan ini.Setelah dibantai 4-1 Tottenham Hotspur pekan lalu, Liverpool terancam tidak bisa menurunkan Coutinho ketika mencoba bangkit melawan Huddersfield. Kabar baiknya ada dua pemain yang mulai pulih dari cedera yaitu Adam Lallana dan Sadio Mane.[suggestedarticle]Manajer Liverpool Juergen Klopp bahkan optimistis Lallana dan Mane bisa bergabung setelah jeda internasional berikutnya. Sesuai jadwal FIFA akan jatuh pada 6-14 November."Waktunya tidak banyak, mudah-mudahan mereka bisa mulai berlatih saat jeda internasional dan setelahnya berlatih seperti biasa," kata Klopp."Adam pekan ini, untuk pertama, mulai bergabung untuk sesi latihan pemanasan. Wajahnya betul-betul bahagia soal ini!" tegas pria asal Jerman itu dilansir ESPN FC.
  825 kali
Mane Dipanggil Timnas Senegal Meski Cedera, Kok Bisa?
Pemanggilan Sadio Mane bikin pendukung Liverpool heran. Di tengah kondisi gelandang serang itu cedera justru dipanggil membela timnas Senegal.Mane diprediksi absen sekitar enam pekan setelah cedera hamstring dalam laga Senegal melawan Cape Verde. Pemain berusia 25 tahun ini sudah diminta memperkuat timnas untuk menghadapi Afrika Selatan untuk kualifikasi Piala Dunia 2018.[suggestedarticle]Jika melihat urutan jadwal maka Mane seharusnya baru pulih pada 18 November. Akan tetapi, eks Southampton diminta memberikan tenaganya untuk Senegal pada dua leg, yaitu 10 November dan 14 November. "Tidak perlu diragukan dia akan bersama kami untuk dua laga melawan Afrika Selatan dan dia akan fit 100%," kata pelatih Senegal, Aliou Cisse, dikutip dari The Guardian."Sampai sekarang dia masih latihan individu seperti berlari lurus tapi mulai pekan depan dia akan berlatih lebih beras dan mulai latihan bersama bola," imbuhnya.
  498 kali
Liverpool Bersiap Kehilangan Mane 6 Pekan
Pemain Liverpool Sadio Mane diprediksi bisa absen hingga waktu enam pekan akibat cedera hamstring yang ia dapat saat membela timnas Senegal.Mane, 25 tahun, harus ditarik keluar pada menit ke-89 usai Senegal memimpin 2-0 atas Tanjung Verde di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.Liverpool pun tak akan bisa menurunkan Mane di laga krusial melawan Manchester United akhir pekan ini di Liga Primer Inggris, lalu juga melawan Tottenham Hotspur dan juga laga Liga Champions melawan Maribor.Mane sudah mencetak tiga gol dalam lima pertandingan musim ini dengan Liverpool.[suggestedarticle]Senegal saat ini ada di posisi puncak Grup D dengan 8 poin. Mereka akan menghadapi dua laga krusial melawan Afrika Selatan pada November mendatang, dimana Mane juga bisa melewatkan laga itu.Sebelumnya di awal musim Mane meti mendapati larangan tampil dalam tiga laga, usai kartu merah ia dapat di laga melawan Manchester City.Liverpool memiliki rataan gol sebanyak 2.2 ketika Mane tampil, dan 1.6 gol ketika pemain itu absen.
  413 kali
Real Madrid Kini Pantau Penyerang Liverpool
Lini depan Liverpool menyajikan permainan impresif pada awal musim Liga Primer Inggris 2017/2018. Real Madrid pun memantau salah satu penyerang The Reds.Skuad asuhan Juergen Klopp hanya kalah tajam dari duo Manchester. Sadio Mane menjadi andalan Liverpool menggedor gawang lawan dengan mencetak tiga gol dari empat pertandingan.[suggestedarticle]Seperti diberitakan media Spanyol Ok Diario, penampilan Mane membuat Mandrid memantaunya. Pemain berusia 25 tahun itu rencananya diproyeksikan sebagai pelapis Karim Benzema.Mane yang bergabung dengan Liverpool sejak bursa transfer musim panas 2016 sudah mencetak 16 gol di liga domestik. Namun, pemain asal Senegal tersebut sedang dilarang bertanding sebanyak tiga laga karena hukuman kartu merah.
  792 kali
Mane Cari Nomor Hape Kiper Manchester City
Sadio Mane masih tak enak hati dengan kiper Manchester City Ederson terkait tendangan brutal ke wajah kiper asal Brasil itu. Akibat insiden tersebut, luka mantan kiper Benfica itu harus dijahit.   Mane melanggar Ederson dalam pertemuan Liverpool dan Man City dua pekan lalu yang berakhir 5-0 untuk The Citizens di Etihad. Tapi sampai saat ini kedua pemain belum bertemu langsung dan Mane ingin meminta maaf secara langsung kepada Ederson.[suggestedarticle]   "Saya belum bicara dengan Ederson, tapi saya sudah menulis sesuatu di Facebook. Kami tidak mengenal satu sama lain tapi saya ingin punya nomor teleponnya dan meminta maaf. Meski, saya rasa semuanya sudah baik-baik saja saat ini," ujar Mane dikutip dari ESPN FC.   "Jujur, saya merasa tidak enak setelah insiden tersebut. Saya tentu berpikir soal kartu merah itu, tapi kami hanyalah manusia dan kami harus bersikap baik kepada siapapun," imbuh pemain asal Senegal tersebut.   Kondisi Ederson sebetulnya cepat pulih karena berselang empat hari sejak insiden itu sudah kembali bermain membela Man City kontra Feyenoord di Liga Champions.
  1332 kali
Sadio Mane Lebih Penting Ketimbang Coutinho
Legenda Liverpool, Jamie Carragher menilai peran Sadio Mane bakal lebih besar ketimbang Philippe Coutinho. Dimana sepanjang musim panas ini, Coutinho selalu dihubungkan dengan Barcelona. Pemain asal Brasil itu bahkan sempat mesti absen membela Liverpool dan 'diasingkan' oleh manajemen klub agar tetap bertahan di Anfield."Kita berbicara banyak tentang Coutinho, tapi Mane adalah pemain terpenting bagi Liverpool. Sayang dia melewatkan tiga pertandingan berikutnya," ujar bekas bek the Reds tersebut, dikutip dari Football Italia, Kamis (14/9).Mane sendiri terkena kartu merah saat Liverpool berhadapan dengan Manchester City. Dalam laga itu The Reds menelan kekalahan telak 0-5.Mantan pemain Southampton itu menabrakan kakinya ke kepala dari kiper City, Ederson. Wasit tanpa ragu memberinya kartu merah langsung.Ia pun mesti menjalani hukuman larangan tampil sebanyak empat pertandingan. [suggestedarticle]Pada laga perdana di Liga Champions, Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Sevilla di Anfield. Carragher menyoroti kegagalan Roberto Firmino mengeksekusi penalti. "Kami sedikit kecewa, tapi kami profesional, dan kami berada di belakangnya," ujar pria 39 tahun itu.
  509 kali
Ini Jawaban FA Soal Banding Liverpool
Federasi Sepak Bola Inggris (FA) bersikap tegas terkait keputusan kartu merah Sadio Mane ketika Liverpool bertandang ke markas Manchester City, Sabtu (13/9/2017). Mane dikartu merah pada babak pertama saat Liverpool kalah 5-0 dari Man City di Etihad karena mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mencederai kiper Ederson. Wasit Jon Moss menganggap hal itu berbahaya.[suggestedarticle]Namun, Liverpool melihat tidak ada niat sengaja dari Mane untuk melakukannya. Usaha banding pun dilakukan menyangkut sanksi tak boleh berlaga sepanjang tiga pertandingan untuk Mane. Apa boleh buat, permintaan The Reds itu ditolak."Hukuman tiga pertandingan Sadio Mane akan segera diberlakukan. Klaim hukuman yang dianggap berlebihan telah ditolak setelah sidang Komisi Regulasi Independen," bunyi pernyataan resmi FA.Mane akan absen saat Liverpool meladeni Burnley, Leicester City dan Newcastle United. Kabar baiknya, Philippe Coutinho sudah kembali bergabung latihan dalam skuad asuhan Jurgen Klopp.
  896 kali
1505305802198 tag