(Foto: reuters)

Oscar Klaim Liga Tiongkok Akan Saingi Liga Inggris

Gelandang Timnas Brasil, Oscar baru saja merampungkan kepindahannya dari Chelsea ke Shanghai SIPG. Ia merasa yakin Liga Tiongkok memiliki peluang untuk menyusul Liga Inggris dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Liga Tiongkok tengah gencar mendatangkan pemain bintang dunia dengan harga selangit. Oscar didatangkan SIPG dari Chelsea dengan biaya 60 juta euro dimana nilai ini menyamai transfer Luis Figo saat dibeli Real Madrid dari Barcelona.

Oscar menyebut kedatangan pemain bintang baik untuk Liga Tiongkok secara keseluruhan. Ia juga menyebut pemain-pemain asal Tiongkok juga memiliki kualitas yang baik dan membantu pemain asing untuk beradaptasi.

"Klub-klub di Tiongkok menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan pemain agar liga mereka semakin kuat," ujar Oscar kepada Sky Sports.

"Tentu Liga Inggris memiliki level pemain yang lebih tinggi tapi pemain Tiongkok juga bagus, mereka membantu kami untuk beradaptasi. Menurut saya Liga Tiongkok akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan dan dapat menyaingi Liga Inggris."

Selain Oscar, beberapa pemain bintang memang telah memutuskan untuk melanjutkan karier di Tiongkok pada bulan Januari ini. Axel Witsel, Carlos Tevez, dan John Obi Mikel menjadi deretan pemain terbaru yang gabung klub Tiongkok.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 16:57

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Menang atas Chelsea, Barcelona Juara UEFA Youth League 2018
Barcelona memenangkan final UEFA Youth League pertama mereka sejak 2014 pada hari Senin (23/4), usai menumbangkan Chelsea dengan skor 3-0 di Nyon.Gol pembuka cukup istimewa karena Barcelona memulainya dari lini belakang sebelum menemukan Abel Ruiz yang mengumpan Alejandro Marques.Marques kembali mencetak gol keduanya setelah turun minum. Dia mencuri bola dari Marc Guehi sebelum sukses membobol gawang lawan melalui sentuhan dinginnya. Gol ketiga Barca datang dari UEFA Youth League. [suggestedarticle]UEFA Youth League sendiri merupakan Liga Champions-nya tim akademi (U-19) dari setiap klub Eropa.Ini gelar kedua Barcelona, setelah mereka mendapatkannya pada tahun 2014 lalu. Sementara Chelsea sendiri sudah memiliki dua gelar yang mereka rebut pada musim 2014-15 dan 2015-16.Musim lalu klub asal Austria, RB Salzburg merupakan juara bertahan dari kompetisi ini.Kemenangan tim Barcelona U-19 di UEFA Youth League tentu menjadi bukti bahwa bakat-bakat di La Masia terus ada dan tak akan pernah habis.Pelatih Barca, Ernesto Valverde tentu akan melihat pemain yang layak untuk tampil di tim utama pada musim depan melalui jalur promosi. Beberapa nama seperti Ricard Puig yang tampil apik di partai final sudah beberapa kali mendapat panggilan untuk berlatih dengan pemain senior. ?? ¡¡¡Campeoooones, campeooones, oe, oe, oeeee!!!?? @FCBmasia pic.twitter.com/y1mWdYS1Qd — FC Barcelona (@FCBarcelona) April 23, 2018 ?? Així ha estat la celebració dels campions! / Alegría inmensa en Nyon?? https://t.co/jFTcy4CLmx ??#FCBMasia #UYL #ForçaBarça pic.twitter.com/DUahWLu1v4 — FC Barcelona - Masia (@FCBmasia) April 23, 2018
  385 kali
Di Mata Guardiola: "De Bruyne Lebih Pantas Dibanding Salah!"
Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA) telah menetapkan gelar Pemain Terbaik Liga Inggris musim ini jatuh ke tangan striker Liverpool, Mohamed Salah.Namun, Guardiola menilai Kevin De Bruyne lebih pantas untuk memenangkannya dibanding pemain asal Mesir itu.Salah dipilih oleh PFA dari beberapa nama kandidat yang dinominasikan seperti Kevin De Bruyne, David Silva, Leroy Sane, (Manchester City), Marcos Alonso (Chelsea), dan David de Gea (Manchester United).[suggestedarticle=3]Dari beberapa kandidat tersebut, nama Salah keluar sebagai pemenang berdasarkan nilai statistik dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA)Pemain asal Mesir tersebut total telah menorehkan 41 gol dalam 46 laga di semua kompetisi bersama Liverpool.Namun, pelatih Pep Guardiola tidak sependapat terhadap keputusan dari PFA.[pagebreak]Guardiola Menolak Salah[/pagebreak]Pelatih Man City itu menilai jika PFA seharusnya tak hanya melihat dari sisi statistiknya saja. Baginya, Kevin De Bruyne lah yang lebih pantas mendapat gelar tersebut."Saya tahu pendapat saya tentang penghargaan ini, jika (De Bruyne) tidak menang, selamat kepada orang yang akan menang. Akan tetapi, dari sudut pandang saya, ketika Anda menganalisis sembilan bulan atau 10 bulan, tidak ada pemain yang lebih baik darinya," kata Guardiola dikutip Soccerway."Dalam hal kontinuitas dan bermain setiap tiga hari di semua kompetisi, ia ada di sana." [suggestedarticle=3]"Saya minta maaf, mungkin dengan angka, ada angka yang lebih baik dari dirinya, tetapi tidak ada pemain di musim ini, dengan tim yang memenangkan (gelar) lima pertandingan sebelum akhir. Ia adalah yang terbaik," "Ini adalah pendapat saya dan pendapat para pemain bisa jadi lain lagi. Jika itu telah terjadi, maka selamat kepada orang yang akan menang -saya ingin merasa bahwa ia pantas mendapatkannya. Tetapi pada akhirnya, di waktu musim panas, kami akan menjadi juara di kandang dan, untuk itu terjadi, para pemain harus bermain."
  378 kali
Conte Dedikasikan Laga Final Piala FA untuk Pendukung
Antonio Conte mengaku puas sekaligus senang melihat Chelsea melenggang ke babak final Piala FA. Laga final kontra Manchester United tersebut sengaja dipersembahkan Conte untuk seluruh pendukung The Blues.Capaian Conte kali ini harus lebih baik dari musim lalu. Saat itu, The Blues menyerah 1-2 atas Arsenal di babak dan di kompetisi yang sama. "Kami memang layak memenangkan pertandingan ini (kontra Southampton) dan mencapai final untuk dua musim beruntun," ujar Conte kepada BBC Sports.[suggestedarticle=3]Para fan, kata dia, pantas mendapatkan kepuasan melihat tim yang mereka dukung melaju ke partai final. Conte lantas menegaskan, laga final Piala FA adalah untuk para penggemar."Kami sangat bahagia bisa mencapainya terutama para fan. Mereka pantas mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan seperti ini," ucapnya.Laga final Piala FA dijadwalkan berlangsung 19 Mei mendatang. Chelsea akan berhadapan dengan Manchester United yang secara dramatis menyingkirkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1. Sedangkan The Blues lolos ke babak final usai menghabisi perlawanan Southampton 2-0.
  227 kali
Conte Mulai Pesimistis Bicara Soal 4 Besar dan Liga Champions
Pelatih Chelsea Antonio Conte sepertinya pesimistis terkait peluang timnya lolos ke Liga Champions musim depan. Pelatih asal Italia itu belakangan enggan berandai-andai soal kompetisi paling bergengsi di benua Eropa tersebut.Sebagai juara bertahan English Premier League (EPL), Chelsea justru mengalami kemunduran pada musim 2017/2018. Mereka bahkan tercecer ke poisis ke lima klasemen sementara. Chelsea tertinggal dari Manchester City (sang juara), Manchester United (MU), Liverpool dan Tottenham Hotspur.[suggestedarticle=3]Beruntung, satu kekalahan dan satu imbang yang diderita Spurs membuat jarak Chelsea menuju Liga Champions terpaut lima angka. Andai dua kemenangan beruntun terakhir dapat dipertahankan hingga tiga laga tersisa, bukan tidak mungkin Chelsea akan kembali merasakan persaingan Liga Champions. Namun, andai Spurs juga mampu memenangi tiga laga tersisa, maka Chelsea harus menutup rapat harapannya tersebut.Conte pun telah menyadari sebuah hal yang sulit bagi Chelsea mengkudeta Spurs dari posisinya saat ini bahkan hingga akhir musim. "Targetnya adalah memberikan tekanan kepada tim yang berada di atas (klasemen EPL) kami. Kami ingin mendapatkan satu tempat di Liga Champions dan juga finish sebaik mungkin di liga," kata Conte kepada BBC Sports.[suggestedarticle=3]Untuk itu, Conte berharap timnya mampu menunjukkan permainan terbaik saat menghadapi MU di Final Piala FA 19 Mei mendatang. "Sangat penting bagi kami mencapai final Piala FA karena kesulitan di liga. Di EFL (Carabao) Cup, kami mencapai semi final saja, dan kami kehilangan banyak poin di Liga. Mungkin musim depan kami akan bermain di Liga Europa bukan di Liga Champions," ujarnya.Diketahui, musim ini Conte gagal membawa Chelsea menyegel sejumlah pertandingan dengan kemenangan. Hingga pekan ke-34 Chelsea terlempar dari empat besar dengan torehan 63 poin hasil dari 19 kali menang, enam kali imbang, dan sembilan kali kalah.
  279 kali
Wasit Ini Akhirnya 'Nyesel' Pernah Sakiti Chelsea di Liga Champions 2009
Pertandingan antara Chelsea melawan Barcelona pada semifinal Liga Champions pada tahun 2009, tentunya sampai saat ini masih menyisahkan kontroversi.Berbagai keputusan wasit Tom Henning Ovrebo, yang memimpin laga tersebut dinilai merugikan pihak Chelsea.Ada sekitar empat penalti yang seharusnya didapatkan Chelsea dalam laga itu. Diantaranya, saat handsball dilakukan oleh Gerard Pique dan Samuel Eto’o dalam kotak terlarang. Namun, wasit Ovrebo tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Selain itu, Ovrebo juga dinilai mengulur-ngulur waktu, sehingga membuat Andres Iniesta mampu membuat gol penentu kemenangan Barca di menit-menit akhir pertandingan.[suggestedarticle=3]Beberapa pemain Chelsea yang tidak terima atas keputusannya, memprotes keras sang wasit. Michael Ballack mengejar Ovrebo yang dinilai membuat keputusan yang tidak adil. Namun, protesnya tersebut diacuhkan oleh Ovrebo.Didier Drogba juga tak berdiam diri. Ia memaki habis-habisan sang wasit dengan kata-kata kotor. Sedangkan Jose Bosingwa mengatakan jika wasit Ovrebo adalah pencuri.Atas protes yang dinilai berlebihan tersebut, Drogba dihukum larangan bermain enam kali pertandingan. Bosingwa juga harus menerima ganjaran tiga kali larangan bertanding. [suggestedarticle]Protes ini juga berimbas pada pihak klub. Chelsea harus membayar denda sebesar 850000 pounds.Sembilan tahun setelah pertandingan tersebut, akhirnya wasit Ovrebo mengaku menyesal atas berbagai keputusannya yang merugikan pihak Chelsea.Namun, ia mengatakan jika kesalahannya itu bukan hanya terletak pada dirinya, tapi juga pemain serta pelatih."Itu bukanlah hari terbaik bagi saya, sungguh. Tapi semua kesalahan tersebut dilakukan oleh seorang wasit dan terkadang pemain ataupun pelatih. Terkadang anda tak berada dilevel yang seharusnya, namun bagaimana pun saya tak bisa berbangga atas performa kala itu”, kata Ovrebo pada Marca.com“Ada beberapa kesalahan dan semua orang punya pendat sendiri mengenai pertandingan. Namun saya menekankan pemain dan pelatih juga bersalah.” ujarnya[suggestedarticle]“Sudah jelas itu adalah pertandingan yang penting dan jelas mengejutkan. Dari situ sudah dapat dimaklumi akan banyak orang yang mengingat.” tambah Ovrebo.
  942 kali
Chelsea Tantang Manchester United di Final Piala FA
Chelsea sukses melaju ke partai final Piala FA usai mengalahkan Southampton dengan skor 2-0 di babak semifinal pada Minggu (22/4) di Stadion Wembley.Dua gol The Blues dicetak oleh Olivier Giroud pada menit ke-46 dan juga Alvaro Morata di menit ke-82.Ini adalah pencapaian final ke-12 bagi Chelsea sepanjang sejarah klub, dimana pada musim lalu mereka kalah dari Arsenal di Stadion Wembley dengan skor 1-2.[suggestedarticle]Chelsea akan menantang Manchester United di partai final yang akan digelar pada 19 Mei mendatang di Stadion Wembley.Kemarin United lebih dulu memastikan tempat di partai puncak dengan kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur.Terakhir kali kedua tim bertemu di partai final adalah pada musim 2006-07, saat itu Chelsea menang tipis dengan skor 1-0 atas United melalui gol dari Didier Drogba.Partai ini sekaligus menjadi reuni Jose Mourino dengan mantan klubnya, dimana ia meraih trofi FA pertama pada tahun yang sama.
  410 kali
Hasil Liga Inggris, Minggu (22/4), Klasemen dan Top Skor Sementara
Meski sudah menjadi juara Liga Inggris musim ini, Manchester City tak kehilangan gairah untuk menjalankan pertandingan sisa. Minggu (22/4/2018) di Stadion Etihad, Kevin de Bruyne dan kawan-kawan menekuk tim tamu Swansea City 5-0.Hasil itu menambah poin City menjadi 90 angka. Sedangkan Swansea City di peringkat ke-17 dan terancam masuk zona degradasi.Pada pertandingan lainnya, jelang mengakhiri karier di Arsenal, Arsene Wenger justru diberi kegembiraan, lantaran The Gunners menang atas West Ham United 4-1.Hasil ini tak mengubah posisi Arsenal di peringkat keenam dengan 57 angka. Paling dekat atau di peringkat kelima adalah Chelsea dengan 63 poin.Hasil PertandinganSabtu, 21 April 2018West Bromwich Albion 2 - 2 LiverpoolWatford 0 - 0 Crystal PalaceMinggu, 22 April 2018Arsenal 4 - 1 West Ham UnitedStoke City 1 - 1 BurnleyManchester City 5 - 0 Swansea CityKlasemen SementaraTop Skor Sementara
  2458 kali
Hasil Piala FA: Menang 2-0 atas Southampton, Chelsea Melaju ke Final
Chelsea berpeluang meraih gelar pada musim 2017/2018 setelah mengalahkan Southampton (Soton) 2-0 di Wembley, Minggu (22/4/2018). Dua gol Chelsea dicetak Olivier Giroud di menit ke-46 dan Alvaro Morata di menit ke-82.Kemenangan tersebut mengantar The Blues ke babak puncak Piala FA menantang Manchester United (MU) usai menang dramatis atas Tottenham Hotspur 2-1 di stadion yang sama.Jauh sebelum laga digelar tim besutan Antonio Conte memang diunggulkan ketimbang Soton. Tampaknya, prediksi tersebut menjadi kenyataan setelah Chelsea menguasai nyaris seluruh jalannya pertandingan, meski mereka hanya mampu menguasai 56 persen penguasaan bola.[suggestedarticle=3]Delapan menit usai pluit dibunyikan, Willian nyaris membuat Chelse unggul jika sepakannya menerima umpa Eden Hazard tidak membentur tiang. Setelahnya, Chelsea terus mencoba mengurung pertahanan Soton tetapi gol yang ditunggu tak kunjung tiba hingga kedua tim masuk kamar ganti.Namun, baru semenit jalannya babak kedua dimulai Chelsea justru berhasil unggul. Striker buangan Arsenal, Giroud mencatatkan namanya di papan skor usai menyelesaikan operan matang Hazard. Chelsea unggul 1-0 di menit ke-46.Setelah unggul satu gol, Conte meminta anak buahnya lebih kejam dan intens dalam menyerang. Akan tetapi, pihak lawan pun memiliki motivasi yang sama, yakni memenangkan pertandingan. Mark Hughes pun menginstruksikan anak asuhnya keluar menyerang.[suggestedarticle=2]Setelah beberapa kali adegan jual beli serangan dilancarkan kedua kesebelasan gol yang diinginkan belum juga terjadi. Namun, saat laga memasuki menit ke-80, seluruh pendukung Chelsea bersorak saat Morata yang masuk menggantikan Giroud menggandakan keunggulan.Kerja sama antardua pemain Spanyol berbuah manis. Umpan terukur yang dilepaskan Azpilicueta segera saja ditanduk Morata untuk menjebol gawang Southampton. Kedudukan 2-0 pun menjadi penghias akhir laga semifinal PIala FA tersebut.Susunan PemainChelsea: 1 W. Caballero, 24 G. Cahill, 28 Azpilicueta, 33 Emerson, 2 A. Rudiger, 4 Fabregas (11 Pedro, 76), 22 Willian (14 T. Bakayoko, 64), 15 V. Moses, 10 E. Hazard, 7 N. Kante, 18 O. Giroud (9 Alvaro Morata, 80)Southampton: 13 A. McCarthy, 3 M. Yoshida, 21 R. Bertrand, 2 Cedric Soares, 35 J. Bednarek (20 M. Gabbiadini, 78), 6 W. Hoedt, 14 Oriol Romeu, 18 M. Lemina, 23 P. Hojbjerg (11 D. Tadic, 63), 7 S. Long (22 N. Redmond, 63), 10 C. Austin
  456 kali
Alonso Diskors, Conte Masih Pikir-pikir Mainkan Emerson Jelang Hadapi Southampton
Pelatih Chelsea, Antonio Conte belum bisa memastikan apakah ia akan memainkan Emerson Palmieri jelang hadapi Southampton pada semifinal FA Cup, Minggu (22/4)Seperti diketahui, Chelsea harus berupaya mencari pengganti Marcos Alonso yang sedang menjalani skorsingnya karena telah melakukan kekerasan terhadap striker Southampton, Shane Long.Emerson didatangkan dari Roma dengan transfer mencapai 17,5 juta poundsterling pada bulan januari lalu.Pemain berusia 23 tahun tersebut tampil cukup baik saat mengantarkan Chelsea memenangkan laga melawan Burnley 2-1 pada pekan lalu.Conte terkesan atas penampilan Emerson. Tapi, dirinya masih ragu untuk memainkan Emerson pada laga semifinal FA Cup melawan Southampton."Pada saat ini, sangat sulit untuk menjawab (apakah emerson akan tampil)." kata Conte dikutip dari Daily Star."Emerson tidak terlalu banyak memiliki pertandingan dan saat (melawan Burnley) dia memainkan pertandingan yang sangat bagus."Menurut saya kemarin dia memainkan pertandingan yang sangat bagus secara defensif dan ofensif."Saya pikir dia harus sedikit lebih positif dan memiliki lebih banyak kesempatan dalam duel satu lawan, karena dia memiliki karakteristik untuk mengalahkan seorang pemain," [suggestedarticle=3]"Dia (Emerson) adalah pemain muda yang merupakan prospek yang sangat bagus untuk Chelsea.""Saya punya dua hari untuk membuat keputusan terbaik untuk pertandingan hari Minggu, untuk memahami siapa pemain yang sudah pulih, dan kemudian membuat keputusan terbaik."Saya punya waktu dua hari untuk membuat keputusan terbaik bagi para pemain saya untuk pertandingan hari Minggu, jadi kami akan melihat siapa yang pulih dengan baik tetapi pastinya, Emerson berpeluang turun di hari Minggu." ujarnya.
  341 kali
Arsene Wenger Dikabarkan Terpaksa Mengundurkan Diri
Arsene Wenger menyatakan pada Jumat (20/4/2018) bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari jabatan manajer Arsenal pada akhir musim ini. Mengacu pernyataan Wenger di situs resmi Arsenal, Wenger mengundurkan diri atas keinginan sendiri.Namun, The Sun dan Metro mengklaim, bahwa Wenger sebenarnya tidak ingin mengundurkan diri pada akhir musim ini. Wenger disebut terpaksa keluar karena tekanan dari pemilik Arsenal, Stan Kroenke. Wenger disebut diancam dipecat pada akhir musim ini jika ia tak mengundurkan diri. Sebagai catatan, Wenger menyatakan mengundurkan diri dalam keadaan memiliki kontrak dengan Arsenal hingga Juni 2019. [suggestedarticle=3]Terlepas apakah Wenger mengundurkan diri terpaksa atau tidak, desakan dari suporter Arsenal yaitu supaya Wenger mundur dinilai sejumlah kalangan memiliki pengaruh besar dalam pengunduran diri Wenger. Desakan itu muncul antara lain karena Arsenal gagal finis di zona Liga Champions pada 2016-2017 dan terancam finis di posisi lebih buruk pada musim ini.Pada Premier League musim lalu, Arsenal finis di peringkat kelima dengan nilai 75, atau kalah satu angka dari penghuni peringkat keempat, Liverpool. Musim ini, dengan lima laga tersisa, Arsenal berada di posisi keenam dengan nilai 54 atau kalah 14 angka dari Tottenham Hotspur yang ada di peringkat keempat.[pagebreak]Komentar Ian Wright[/pagebreak]Pengunduran diri Wenger juga dinilai tidak wajar oleh mantan pemain Arsenal Ian Wright, mengingat Arsenal masih punya peluang untuk memperbaiki keadaan. Arsenal masih punya agenda semifinal Liga Europa melawan Atletico Madrid dan dengan begitu berpeluang meraih trofi dan tampil di Liga Champions musim depan."Arsene Wenger adalah orang yang memegang prinsip, kejujuran, dan integritas. Itulah kenapa saya yakin bahwa ia telah dipecat dan bukan mengundurkan diri. Mengenai kritik dan penolakan terhadapnya, Wenger tak pernah menjadi orang yang mundur sebelum kontrak berakhir," ujar Wright."Ini adalah situasi yang menyedihkan dan hal ini terjadi. Saya tidak berpikir kita akan menemukan siapa yang bertanggung jawab karena mereka akan bersembunyi di balik satu sama lain. Suatu hari, Wenger akan menggelar konferensi pers tanpa memberikan petunjuk soal ini. Setelahnya, ia pergi. Ini tak akan selesai.""Namun, Wenger bisa pergi dengan kepala tegak. Itulah kenapa, apa pun hasilnya, merupakan keharusan bahwa ia mendapatkan penghormatan sebagai Arsenal sejati dan legenda sepak bola. Kita semua berutang sangat banyak kepadanya," tutur Wright.Sementara itu, menurut Nigel Winterburn, mengundurkan diri dari Arsenal tidak berarti Wenger akan pensiun. Bahkan, menurut pemberitaan di Inggris, Wenger akan bernegosiasi dengan Paris Saint-Germain dan AS Monaco dalam waktu dekat ini.
  665 kali
1524388201639 tag