(Foto: goal.com)

Tinggalkan Timnas Inggris, Ini Alasan Wilfried Zaha Perkuat Timnas Pantai Gading

Sebuah pilihan yang berani dari Wilfried Zaha (24 tahun), meninggalkan timnas Inggris untuk memperkuat Timnas Pantai Gading pada Piala Afrika 2017.

Menurut penyerang sayap Crystal Palace ini, ia tidak menyesal dan menyebut keputusannya memperkuat Tim Nasional Pantai Gading ketimbang Inggris sebagai "pilihan yang tepat".

Zaha (24) lahir di Abidjan, Pantai Gading, namun dibesarkan di London sejak usia empat tahun. Ia mulai bermain di sistem pemain muda Crystal Palace pada usia 12 dan telah dua kali memperkuat Inggris pada laga persahabatan.

Zaha akhirnya memutuskan untuk menjadi pemain timnas Pantai Gading yang ingin mempertahankan gelar Piala Afrika 2015 pada Piala Afrika 2017 di Gabon Januari ini.

"Saya berangkat ke Inggris dan saya tidak kembali ke negara (Pantai Gading). Jadi seluruh pendidikan saya dilakukan di negara adopsi dan yang paling normal adalah saya bermain untuk tim muda Inggris," kata Zaha.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah memiliki cukup waktu untuk menganalisis situasi dan memperhitungkan permohonan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading," lanjut dia.

"Sekarang saya telah memutuskan. Sekarang saya ingin bermain bersama Pantai Gading. Ini menguntungkan, pertama saya bangga bermain untuk negara saya, kemudian karena Pantai Gading memiliki pemain berkualitas dan selalu menghasilkan pemain berbakat. Jadi saya membuat pilihan yang tepat dan saya tidak menyesal," tegas Zaha.

Zaha sudah bermain dalam satu laga persahabatan untuk Pantai Gading saat mengalahkan Swedia 2-1 pada Minggu lalu.

Manajer Inggris Gareth Southgate, yang melatih Zaha di level U-21, pada Desember 2016 pernah membujuk Zaha agar mempertahankan performanya supaya dipanggil Timnas Three Lions. Namun Zaha memutuskan lain dan sudah siap membela Pantai Gading.

Pantai Gading masuk dalam Grup C Piala Afrika 2017 dan akan melawan Togo pada 16 Januari kemudian melawan Republik Demokratik Kongo dan Maroko.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 23:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Eks Pemain Timnas Inggris Ini Akui Pernah Dilecehkan Seksual Oleh Pamannya
Mantan pemain timnas Inggris, Kieron Dyer mengungkapkan dirinya pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh pamannya sendiri.Pemain berusia 39 tahun mengingat sebuah insiden memalukan ketika dia di masa remajanya yang membuat ia trauma sepanjang hidupnyaKieron Dyer menceritakan pada suatu malam yang mengerikan, ia pernah menghabiskan malam tersebut bersama pamannya saat ingat menginjak remaja di rumah pamannya.Pamannya yang bernama Kenny adalah orang yang dapat dipercaya oleh orang lain. Namun tindakannya yang menjijikkan pada suatu malam, telah mengubah pandangan dari Dyer.Dalam sebuah wawancara kepada Mail on Sunday seperti dilansir Mirror, Dyer menceritakan tentang bagaimana kejadian tersebut mengubah hidupnya.Ia mengatakan pada suatu malam ia tertidur di pangkuan Kenny, saat Dyer terbangun dan ia sudah menemukan tangan dari pamannya tersebut menurunkan celananya."Dia terus meminta saya untuk membiarkan dia menyelesaikan apa yang sedang dia lakukan. Sepertinya dia sedang dalam kesurupan. Dia mengatakan akan membelikan saya banyak coklat." kata Dyer."Dia menarik celana saya sampai ke pergelangan kaki saya, saya tahu dia melakukan sesuatu yang salah tapi saya terdiam, saya tidak bisa bergerak, saya tidak dapat berbicara, saya tidak dapat melakukan apapun.""Lalu dia menundukkan kepalanya ke pangkuan saya dan mulai mencoba melakukan oral seks pada saya, saya masih ketakutan, Anda tahu kapan Anda mengalami salah satu mimpi buruk itu saat Anda tidak bisa menjerit? seperti itulah kira-kira. Kemudian saya mendorongnya pergi, lalu saya menarik celana saya kembali .. "Jangan beritahu siapapun, ini rahasia kami." ungkapnya.Mantan gelandang Newcastle Dyer hanya memberi tahu ayahnya tentang pelecehan yang dia derita dalam beberapa bulan terakhir.Kemarahan itu pun tumbuh di dalam diri Dyer seiring berjalannya waktu. Tapi dia menyimpan rahasia itu, dan tidak pernah menceritakannya kepada siapapun sampai beberapa bulan kemudian.Dikabarkan Kenny meninggal saat Dyer berusia 21 tahun, tak lama setelah dia melakukan debut di Inggris.
  366 kali
David Beckham Ternyata Tengah Perang Terhadap Penyakit Ini
David Beckham, mantan bintang Manchester United dan Timnas Inggris, kali ini tengah perang teradap penyakit yang juga ada di Indonesia, malaria.Suami dari Victoria ini berperang melawan malaria lewat film pendek berjudul "Malaria must die - so millions can live".Ia tengah menyebar luaskan gerakan anti malaria itu lewat Yayasan 'Malaria No More UK'. Pada film pendek itu, Beckham dikerangkeng dalam kotak kaca dan dikerubuti nyamuk. Hal itu untuk menggambarkan cara malaria ditularkan lewat gigitan serangga penghisap darah.[suggestedarticle=3]"Serangga ini mengganggu tetapi di banyak bagian dunia yang lain gigitan nyamuk itu mengerikan dan maut," tutur Beckham.Kendati dalam beberapa tahun kampanye anti malaria menjaring sukses, namun menurut data WHO, malaria telah membunuh 445.000 orang setiap tahun."Ini sama sekali tidak bisa diterima," kata Beckham yang adalah anggota Malaria No More UK dan Duta Besar Kemanusiaan UNICEF.Mantan kapten Timnas Inggris yang pensiun dari sepak bola pada 2013 itu, tetap menjadi selebriti global. Kampanye "Malaria must die" secara khusus menekan para pemimpin 52 negara Commonwealth, termasuk Inggris, untuk mengadopsi kebijakan pemberantasan penyakit ini.
  761 kali
Pelatih Timnas Inggris Cari Inspirasi Lewat Rugby
Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, sedang mencari inspirasi dari NFL atau turnamen olahraga Rugby. Hal ini untuk bekal saat Timnas Inggris akan berlaga di Piala Dunia Russia 2018. Ini merupakan karir pertamanya sebagai pelatih internasional di Piala Dunia bagi pelatih berusia 47 tahun itu.Southgate saat ini berada di Amerika Serikat untukmembahas mengenai tugas pembinaan, dan besiap untuk menghadiri acara Super Bowl ke-52 antara New England Patriots dan Philadelphia Eagles.Menyaksikan suasana NFL dari dekat dan di tingkat elit, Southgate merasa banyak hal yang bisa dipelajari dari olahraga tersebut yang bisa membantu Inggris dalam pertarungan di Piala Dunia Rusia 2018.[suggestedarticle=3]Inggris sering dikritik karena ketidakmampuan tim tersebut untuk bangkit mengambil kesempatan emas, dan Southgate merasa acara Super Bowl ini melambangkan tantangan untuk melawan lawan dengan pengalaman dalam pertandingan besar."Saya pikir selalu sulit untuk melawan orang-orang dengan pengalaman pertandingan besar di final," kata Southgate dilansir dari Sky Sports."Pengalaman saya di final adalah bahwa ada tingkat kinerja yang dapat Anda capai dan sangat sering orang berpikir bahwa Anda harus menemukan tingkat di atas untuk memenangkan final, dan mendekati tingkat normal Anda sebaik mungkin. Biasanya cukup karena orang melewatkan kesempatan besar dan ini sangat merugikan kinerja." Ujar Southgate."Biasanya orang-orang dengan pengalaman banyak yang bisa melewatinya, ini adalah keuntungan besar." tambah Southgate.Dengan semakin dekatnya turnamen Piala Dunia, Pelatih Inggris tersebut telah banyak melakukakan strategi-strategi jitu. Salah satunya dengan mengambil inspirasi dari olahraga mana pun yang dapat dia tonton, dengan melihat bagaimana metode yang berbeda mungkin bisa diterapkan pada sepak bola."Jika Anda selalu melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda akan mendapatkan hasil yang sama." tutur Southgate.
  316 kali
Setelah Sanchez, Kini Manchester United dan City Rebutan Pemain Ini
Dua klub kota Manchester, Manchester United dan Manchester City kembali perang transfer. Setelah Alexis Sanchez Kali ini kedua klub tersebut rebutan gelandang asal Pantai Gading ini.Pemain tersebut adalah Jean-Michael Seri yang kini bermain untuk klub Perancis, Nice. Menurut dailymail, pemain timnas Pantai Gading ini dibanderol 35 juta pounds atau sekitar Rp 662 miliar.Nice melemparkan penawaran tersebut kepada klub-klub besar, termasuk Manchester United dan Manchester City yang memang mencari pemain baru.[suggestedarticle=3]Jose Mourinho diproyeksikan akan kehilangan Michael Carrick dan Marouane Felleini pada akhir musim ini. Seri yang baru berusia 26, dinilai menjadi jawaban tepat atas dilepasnya kedua pemain tersebut oleh United.Sementara Pep Guardiola mencari pemain baru sebagai pengganti Yaya Toure yang akan keluar pada akhir musim ini. Tentu saja Seri juga bisa menjadi pelapis Fernandinho.Pada persaingan pertama, United menang dengan berani mengeluarkan dana dan gaji besar untuk mendapatkan Alexis Sanchez. Untuk Seri kita tunggu saja hasilnya sampai penutupan jendela transfer akhir Januari 2018 ini.
  1895 kali
The Walcott Tinggalkan Arsenal, Bergabung dengan Wayne Rooney
Pemain cepat sayap kanan Arsenal The Walcott dikabarkan memilih bergabung dengan Wayne Rooney dan kawan-kawan di klub Everton.Menurut The Times, Everton berani mengeluarkan dana 20 juta pounds untuk mendapatkan Walcott dari The Gunners pada Januari 2018 ini.Walcott belakangan memang jarang ditampilkan Arsenal di Liga Inggris. Ia hanya main enam kali dari 23 pertandingan Liga Inggris musim ini.[suggestedarticle=3]Tentu saja hal itu membuat posisi Walcott kian sulit untuk masuk tim nasional Inggris yang bakal tampil di Piala Dunia 2018 Rusia.Dengan bergabungnya ke Everton, Walcott berharap dapat sering dimainkan oleh pelatih Sam Allardyce yang juga sempat menangani timnas Inggris.Arsenal sendiri harus melepas Walcott yang kontraknya berakhir pada musim ini agar mendapatkan dana tambahan. Jika tidak, maka Walcott bisa pindah secara bebas pada Agustus 2018 nanti.
  1344 kali
Jadi Incaran Tim Besar, Zaha Tegaskan Bertahan
Pemain sayap Crystal Palaca Wilfried Zaha, memastikan bahwa ia tidak berniat meninggalkan klub London tersebut di bursa transfer Januari ini.Performa Zaha di Liga Inggris memang kian mengkilap bersama tim asuhan Roy Hodgson tersebut. Setelah gagal di musim sebelumnya bersama Manchester United, perlahan tapi pasti ia semakin tampil baik bersama Palace di setiap pertandingan. Ia pun menjadi pemain penting di dalam tim.[suggestedarticle]Meski musim ini Palace tercecer di peringkat 17 klasemen sementara, namun Zaha tampil produktif dengan mencetak empat gol serta memotivasi lini serang tim.Tak khayal jika tim-tim besar macam Arsenal, Chelsea, Manchester City, dan Tottenham Hotspur menyatakan ketertarikannya dengan pemain berusia 25 tahun tersebut.[suggestedarticle]Menurut laporan media Inggris, pemain internasional Pantai Gading ini bertekad untuk bertahan bersama Palace. Hal itu diutarakannya saat ia ditanya kemungkinan akan tinggal lebih lama di Sellhurst Park."Ya, saya (akan bertahan)," ujarnya kepada BBC Sport.[suggestedarticle]Jawaban ini sekaligus meredam ambisi klub-klub besar yang menginginkan jasanya. Meski sebelumnya pelatih Roy Hodgson tidak dapat menjamin Zaha akan bertahan, namun ia diyakinkan oleh para petinggi klub bahwasannya tidak akan ada kesepakatan yang dilakukan.
  310 kali
Yaya Toure Tak Jadi Pensiun, Ini Penyebabnya
Yaya Toure gelandang klub Manchester City, dikabarkan membatalkan keputusannya untuk pensiun dari timnas Pantai Gading. Menurut pelatih timnas negaranya, Dimitri Seluk, ia mengabarkannya lewat telepon.Dimitri Seluk mengatakan, pada Selasa (26/12), pemain berusia 34 tahun tersebut bersedia untuk kembali berseragam timnas Pantai Gading, jika mendapatkan panggilan. Terakhir kali Yaya Toure bermain untuk negaranya pada September 2016."Yaya @YayaToure telah memutuskan untuk kembali ke tim nasional Pantai Gading. Dia ingin memenangkan trofi lain dengan Pantai Gading," demikian cuitan Seluk pada akun Twitter.[suggestedarticle=3]Toure telah bermain dalam 100 laga untuk negaranya, dan ambil bagian saat Pantai Gading memenangkan Piala Afrika 2015.Di sisi lain, peran Toure dalam tim Manchester City mulai berkurang karena hanya turun lapangan sebanyak delapan kali dari semua kompetisi. Meski begitu ia telah menandatangani perpanjangan kontrak selama satu tahun pada awal tahun ini.Kesempatan Toure untuk bermain memperkuat timnas Pantai Gading, saat Piala Afrika 2019, sementara tim dari Benua Afrika itu tidak lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia.
  1206 kali
Yaya Toure Batal Pensiun dari Timnas Pantai Gading
Gelandang Manchester City, Yaya Toure sempat menyatakan pensiun dari Timnas Pantai Gading pada bulan September 2016. Namun, Yaya memutuskan untuk menganulir keputusan tersebut.Melalui akun twitternya, Yaya mengumumkan hal tersebut. Ia ingin kembali membela Pantai Gading dalam rangka membantu pengembangan pemain-pemain muda di sana.[suggestedarticle=3]"Saya cinta negara saya dan saya tersedia untuk seleksi timnas. Saya ingin membantu generasi berikutnya dan menggunakan pengalaman untuk membanggakan seluruh rakyat Pantai Gading," kicau Toure.Keputusan ini dibenarkan oleh agen Yaya, Dimitry Seluk. Menurutnya, Toure ingin memenangkan lebih banyak trofi untuk negaranya."Yaya memutuskan kembali ke timnas Pantai Gading. Ia masih ingin memenangkan trofi lainnya bersama Pantai Gading," jelas Seluk.Yaya saat ini berusia 34 tahun. Prestasi terbaiknya adalah saat membawa Pantai Gading juara Piala Afrika pada tahun 2015 lalu.
  319 kali
Miris! Mantan Bintang Arsenal Alami Kebangkrutan
Nama Emmanuel Eboue tentu tak asing bagi para fans Arsenal, dimana sosok asal Pantai Gading itu mengisi posisi bek kanan The Gunners selama tujuh musim.Nama Eboue sempat bersinar saat berseragam Arsenal di medio 2004 hingga 2011 silam. Ia pun menjadi langganan timnas Pantai Gading Eboue dan pernah mencetak gol yang membawa timnya itu melaju ke final Piala Afrika 2012 silam.Namun saat ini kisah sedih harus dihadapi oleh Eboue, usai dirinya harus mengalami kebangkrutan dan diceraikan sang istri.Bahkan ia sempat menumpang tidur di rumah temannya untuk menghindari kejaran dari pihak pengadilan. Eboue juga mengatakan dirinya tidak bertemu ketiga anaknya sejak Juni silam."Saya tidak mampu membayar uang untuk pengacara. Saya berada di rumah tapi saya takut, karena saya tidak tahu kapan polisi akan datang,” ujar Eboue seperti dilansir dari Mirror."Terkadang saya mematikan lampu karena saya tidak ingin orang tahu bahwa saya ada di dalam. Saya meletakkan semua barang-barang di balik pintu," tambahnya.[suggestedarticle]Dirinya sempat dianggap menderita gangguan mental dan pikiran untuk bunuh diri demi lari dari masalah kerap kali membayanginya.Saat ini Eboue berharap Arsenal atau Asosiasi Pemain Sepak Bola PFA, bisa memberikannya pekerjaan walau bukan pekerjaan yang signifikan."Saya akan menerima pertolongan dari manapun tapi jika mantan klub saya mau membanti, saya akan sangat-sangat senang. Mungkin saya bisa membantu para pemain muda. PFA juga sempat membantu saya ketika ada masalah dengan agen, jika mereka memberikan pekerjaan, meski bukan pekerjaan besar, akan sangat baik. Saya malu jika melihat para pemain lain yang sempat bermain bersama atau saya lawan. Tapi, ini masalah saya dan saya harus bisa mengatasinya," curhat Eboue."Saya senang melihat Thierry Henry di televisi. Tapi, itu juga menyakitkan karena kadang saya berpikir seharusnya juga bisa berada di sana (menjadi pandit)," tutup dia.
  1353 kali
Peminat Zaha Kian Banyak, City Datang dengan 40 Juta Pounds
Pemain sayap Crystal Wilfried Zaha, terus mendapat perhatian dari tim-tim besar di Liga Inggris. Setelah Tottenham Hotspur dan Chelsea, kini Manchester City pun dikabarkan ikut dalam antrean mendapatkan Zaha.Menurut Mirror, Manchester City kabarnya sudah menyiapkan dana segar 40 juta poundsterling untuk mendaratkan Zaha ke Etihad Stadium. City pun diklaim telah memulai pembicaraan dengan Palace untuk mendapatkan kesepakatan potensial bagi Zaha.[suggestedarticle]Langkah yang dilakukan City untuk Zaha ini terbilang mengejutkan karena sejatinya klub asuhan Pep Guardiola mengincar penyerang Arsenal, Alexis Sanchez. Namun, The Citizens mendapatkan persaingan ketat dari jawara Liga Prancis, Paris Saint-Germain yang juga menyatakan ketertarikannya kepada pemain timnas Chile tersebut.Menghadapi persaingan ketat dari PSG, City mulai ancang-ancang mencari target lain. Dan sosok Zaha dianggap sebagai alternatif sepadan jika City tak lagi meneruskan operasinya untuk Sanchez.[suggestedarticle]Pihak Palace kemungkinan tak akan berpikir panjang jika ada tawaran menggiurkan yang datang untuk membawa Zaha keluar dari Selhust Park.
  1248 kali
1513748401340 tag