(Foto: goal.com)

Tinggalkan Timnas Inggris, Ini Alasan Wilfried Zaha Perkuat Timnas Pantai Gading

Sebuah pilihan yang berani dari Wilfried Zaha (24 tahun), meninggalkan timnas Inggris untuk memperkuat Timnas Pantai Gading pada Piala Afrika 2017.

Menurut penyerang sayap Crystal Palace ini, ia tidak menyesal dan menyebut keputusannya memperkuat Tim Nasional Pantai Gading ketimbang Inggris sebagai "pilihan yang tepat".

Zaha (24) lahir di Abidjan, Pantai Gading, namun dibesarkan di London sejak usia empat tahun. Ia mulai bermain di sistem pemain muda Crystal Palace pada usia 12 dan telah dua kali memperkuat Inggris pada laga persahabatan.

Zaha akhirnya memutuskan untuk menjadi pemain timnas Pantai Gading yang ingin mempertahankan gelar Piala Afrika 2015 pada Piala Afrika 2017 di Gabon Januari ini.

"Saya berangkat ke Inggris dan saya tidak kembali ke negara (Pantai Gading). Jadi seluruh pendidikan saya dilakukan di negara adopsi dan yang paling normal adalah saya bermain untuk tim muda Inggris," kata Zaha.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah memiliki cukup waktu untuk menganalisis situasi dan memperhitungkan permohonan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading," lanjut dia.

"Sekarang saya telah memutuskan. Sekarang saya ingin bermain bersama Pantai Gading. Ini menguntungkan, pertama saya bangga bermain untuk negara saya, kemudian karena Pantai Gading memiliki pemain berkualitas dan selalu menghasilkan pemain berbakat. Jadi saya membuat pilihan yang tepat dan saya tidak menyesal," tegas Zaha.

Zaha sudah bermain dalam satu laga persahabatan untuk Pantai Gading saat mengalahkan Swedia 2-1 pada Minggu lalu.

Manajer Inggris Gareth Southgate, yang melatih Zaha di level U-21, pada Desember 2016 pernah membujuk Zaha agar mempertahankan performanya supaya dipanggil Timnas Three Lions. Namun Zaha memutuskan lain dan sudah siap membela Pantai Gading.

Pantai Gading masuk dalam Grup C Piala Afrika 2017 dan akan melawan Togo pada 16 Januari kemudian melawan Republik Demokratik Kongo dan Maroko.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 23:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Sering Dilanda Cedera, Wenger Tetap Yakin Welbeck Bisa Tembus Skuat Timnas Inggris
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger menilai jika Danny Welbeck bisa menjadi bagian dari skuad Piala Dunia Timnas Inggris meski sering dilanda cedera.Penampilan Welbeck pada musim ini seringkali diwarnai oleh cederanya.Pemain berusia 27 tahun itu juga harus bersaing di lini depan The Gunners bersama Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.Welbeck telah mencetak lima gol dalam lima penampilan terakhirnya bersama Arsenal.Pelatih Arsene wenger mengatakan bahwa Welbeck saat ini sedang mencoba bangkit usai pulih dari cederanya.Namun, Wenger yakin jika Welbeck dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate."Belakangan ini, penampilan Danny (Welbeck) sangat bagus. Dia memiliki kombinasi kekuatan, kecepatan dan tekad untuk bermain dalam kondisi terbaik," kata Wenger, seperti dikutip Independent.[suggestedarticle=3]Ketika ditanya mengenai kemungkinan Welbeck dipanggil ke skuad timnas Inggris, Wengern berkata, "Mungkin dia bisa masuk ke dalam skuat timnas Inggris karena ada ruang baginya. Dia bisa bermain melebar, entah di kanan, di kiri atau di tengah, dia juga bisa bermain dengan siapa saja, jadi jangan lupakan dia"
  216 kali
Legenda Chelsea Meninggal Dunia Di Usia 61 Tahun
Legenda Chelsea dan timnas Inggris, Ray Wilkins meninggal dunia diusia 61 tahun karena penyakit jantung pada hari Kamis (5/4).Wilkins sempat menjalani perawatan dalam kondisi koma di Rumah Sakit St George di Tooting, London Selatan. Sebelum akhirnya nyawanya tidak bisa tertolong. Meninggalnya Wilkins menjadi berita duka bagi publik sepakbola.Ucapan duka cita pun mengalir kepadanya dari mantan klub yang pernah ia bela seperti Chelsea, AC Milan, hingga Manchester United.Dalam karirnya sebagai pemain selama 24 tahun, Wilkins pernah memperkuat Chelsea, Manchester United, AC Milan, PSG, Rangers, QPR, Crystal Palace, Wycombe, Hibernian, Millwall dan Leyton Orient.[suggestedarticle=3]Selain itu, gelandang tersebut juga mencatatkan 84 pertandingan dan tigal gol untuk timnas Inggris, serta ikut bermain bersama The Three Lions dalam turnamen Piala Dunia yaitu tahun 1982 dan 1986.Setelah pensiun sebagai pemain, ia melanjutkan karirnya di dunia kepelatihan dengan mengawali jabatannya sebagai manajer klub QPR pada tahun 1994.Wilkins juga pernah menjadi assisten pelatih dari Chelsea selama tiga musim.
  425 kali
Ini Janji Defoe Jika Dirinya Kembali Dipanggil Timnas Inggris
Striker Bournemouth, Jermain Defoe mengatakan bahwa dia berjanji dapat membawa timnas Inggris berjaya kembali pada Piala Dunia 2018 jika ia dipilih untuk ke Rusia pada bulan Juni nanti.Defoe sedang berjuang untuk memperbaiki penampilannya di Bournemouth. Pemain berusia 35 tahun itu mengaku situasinya saat ini membuat ia frustrasi dan jauh dari kata ideal.Namun, Defoe yakin dia bisa memberikan segenap tenaganya bagi timnas Inggris jika ia dipanggil oleh manajer Gareth Southgate."Saya akan datang dan memenangkan Piala Dunia, sesederhana itu," kata Defoe dikutip dari Soccer News.[suggestedarticle=3]"Saya datang ke sini (di musim panas) sebagai pemain Inggris. Saya bekerja sangat keras untuk kembali ke skuad tersebut." jelasnya.Meski usianya tidak muda lagi, Defoe tidak mau bermain dari bangku cadangan. Ia merasa jika dirinya masih memiliki insting yang tajam dalam mencetak gol."Tidak seorang pun ingin duduk di bangku cadangan," kata Defoe. "Jika Anda sampai pada di mana Anda menerima untuk duduk di bangku cadangan maka Anda tidak seharusnya bermain. Saya tahu masih ada naluri mencetak banyak gol dalam diri saya." tutupnya.
  339 kali
Pemainnya Jalani Debut di Timnas Inggris, Burnley Harus Keluarkan Rp 8.5 Miliar
Klub Burnley harus membayar mahal usai pemainnya, James Tarkowski menjalani debut pertamanya di Timnas Inggris.Perjanjian kontrak tersebut didapatkan Burnley setelah merekrut Tarkowski dari Brentford, klub divisi 2 Liga Inggris.Dilansir dari SkySports, bahwa Burnley wajib membayar satu juta pound kepada Brentford jika menginginkan Tarkowski berlaga di pertandingan penting bersama timnas Inggris.Sedangkan jika pertandingan tersebut hanya sebatas laga persahabatan, Burnley wajib membayar sebesar 500 ribu pound.Dan apabila Tarkowski dijadikan sebagai pemain pengganti, maka biaya turun menjadi 250 ribu pound.[suggestedarticle=3]Pada pertandingan Selasa (27/3) lalu, Tarkowski menjalani debut bersama timnas Inggris pada pertandingan persahabatan melawan timnas Italia.Hal ini membuat Burnley harus membayar 500 ribu pound atau sekitar 8,5 miliar rupiah kepada Brentford sesuai dengan perjanjian kontraknya.Pada laga timnas Inggris melawan Italia sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1.Debut pertama Tarkowski terbilang gagal, disebabkan gol yang didapat Italia tercipta karena pelanggaran yang dilakukannya di kotak penalti.
  1731 kali
Gianfranco Zola: Kini Inggris di Atas Italia Soal Pemain Muda Berbakat
Mantan pelatih Chelsea dan pemain legendaris timnas Italia Gianfranco Zona mengungkapkan, kini Italia tak banyak memiliki pemain muda berbakat. Soal yang satu ini, Inggris tengah di atas Italia."Realitasnya sekarang seperti itu, kami tak masuk Piala Dunia 2018," ungkap Zola kepada Gazzetta dello Sport, Selasa (27/3/2018).Menurut Zola, dirinya tak melihat apa yang sekarang terjadi, namun berkeinginan apa yang harus dicapai pada masa mendatang. "Ini waktunya untuk membangun kembali, kami harus memulai dari fondasi untuk mengembalikan reputasi sepak bola kami ke tingkat tinggi," ungkap Zola.[suggestedarticle=3]Zola menyebut, Italia melakukan kesalahan karena tidak memberikan nilai tambah kepada pemain timnas dalam setiap pertandingan yang dimainkan."Pertanyaannya, mengapa kita tidak memproduksi para juara?," singgung Zola.Menurut Zola, di luar Lorenzo Insigne dan Simone Verdi, pemain muda mana yang mendapatkan tempat di tim nasional. "Apakah kita tak punya pemain muda yang bisa lebih baik dari seniornya," katanya. "Intinya, kita kehilangan pemain berbakat," tegas Zola.Zone menerangkan, basis elemen dari pembangunan sepak bola ada dua, tim muda dan amatir. Pada pemain muda, konsep yang ditekankan beberapa tahun ini hanya kepada hasil bukan pengembangan."Pada tim muda sekarang ini banyak pemain asing karena fokusnya kepada hasil, bukan pengembangan pemain berbakat. Sementara pada sektor amatir mulai terhenti, karena hantaman ekonomi dan peraturan yang ketat," jelas Zola."Sekarang, Inggris berada di depan kita, bukan karena faktor uang tapi mereka memberikan perhatian kepada para pemain muda," ungkap Zola.Menurut Zola, Italia harus belajar banyak dari Jerman yang sempat jatuh sepak bolanya setelah reunifikasi. "Tapi mereka membangun kembali dan menampung kritik untuk bangkit. Mereka selalu melihat bagaimana ke depan," tutur Zola.
  523 kali
Kisah David Beckham Saat Dianggap Tak Layak Bela Timnas Inggris
David memiliki pesan untuk para pemain muda Indonesia agar terus berjuang untuk mengejar mimpi mereka. Beckham bahkan sempat bercerita saat dirinya dianggap tidak layak untuk bermain bermain untuk tim nasional Inggris saat masih kecil.Beckham sempat berkisah tentang masa kecilnya yang dianggap tidak akan mampu menjadi pemain hebat. Pemain yang sempat membela Manchester United dan Real Madrid tersebut mengungkapkan agar para anak-anak bisa terus yakin mereka bisa menjadi pemain hebat di masa depan."Teruslah bersenang-senang dan menikmati pertandingan karena ini adalah permainan terbesar dan paling terkenal di dunia," ujar Beckham.[suggestedarticle]Pemain yang sempat membela PSG tersebut juga sempat dianggap tidak layak untuk bisa tampil membela timnas Inggris karena postur tubuh yang kurang mumpuni."Kamu terlalu kecil, tidak cukup kuat dan kamu tidak akan pernah bermain untuk negara kamu. Sekarang 30 tahun kemudian, saya mencatatkan 115 penampilan bersama timnas dan bermain dalam tiga piala dunia dan saya memiliki karier yang cukup bagus," tutur Beckham.Naik dan turun dalam perjalanan hidup memang selalu ada, namun Beckham mengungkapkan untuk para pemain muda tetap berjuang meski dalam masa sulit."Pesan saya untuk anak-anak di luar saya, akan ada waktu yang sulit tapi percayalah pada dirimu sendiri dan teruslah nikmati sepak bola," kata Beckham.
  2554 kali
Gol Lingard Bawa Kemenangan Inggris atas Belanda di Amsterdam
Jesse Lingard pemain Manchester United mencetak gol tunggal kemenangan timnas Inggris atas tuan rumah Belanda 1-0 pada uji coba di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu (24/3/2018) dinihari WIB.Kekalahan ini menodai debut Ronald Koeman sebagai pelatih Belanda dan membuat penampilan pertama Virgil van Dijk sebagai kapten menjadi kurang berkesan.Di sisi lain, gol tersebut merupakan yang pertama bagi Lingard untuk timnas senior Inggris. Ia pun menjadi pemain muda kedua dari Manchester United yang menyumbangkan gol pada era kepelatihan Gareth Southgate setelah Marcus Rashford.[suggestedarticle=3]Permainan Inggris terlihat menjanjikan dan menepis anggapan bahwa pasukan Gareth Southgate itu terlalu tergantung dengan Harry Kane, karena Inggris tetap menang kendati striker Tottenham Hotspur itu absen pada laga ini.Lingard mencetak gol kemenangan negaranya pada menit 59 melalui sebuah sepakan keras menyusul umpan Danny Rose yang tak mampu diantisipasi Kevin Strootman.Inggris juga mencatatkan kinerja pertahanan baik dengan empat pertandingan tanpa kebobolan dengan penampilan solid bek Kyle Walker dan John Stones dalam skema 3-4-3.Susunan pemain:Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, Jon Stones, Joe Gomez (Eric Dier 89); Kieran Trippier, Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Danny Rose (Ashley Young 71); Jesse Lingard (Dele Alli 68), Raheem Sterling (Danny Welbeck 68), Marcus Rashford (Jamie Vardy 68).Belanda: Jeroen Zoet; Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij (Wout Weghorst 89), Virgil van Dijk; Hans Hateboer, Georginio Wijnaldum, Kevin Strootman (Donny van de Beek 89), Patrick van Aanholt; Quincy Promes (Davy Proepper 66), Bas Dost (Ryan Babel 66), Memphis Depay.
  1143 kali
Koeman Tunjuk Van Dijk Jadi Kapten Timnas Belanda
Ronald Koeman sebagai pelatih Timnas Belanda, mulai merangkai kembali tim 'Oranye' itu yang gagal tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia 2018. Ia memasukkan beberapa darah baru dan menunjuk Virgil van Dijk jadi kapten tim.Bagi pemain belakang Liverpool ini, penunjukannya sebagai kapten adalah untuk kali pertama pada satu hari menjelang pertandingan persahabatan melawan timnas Inggris, Jumat (23/3/2018).Van Dijk yang pernah bermain di bawah arahan Koeman di Southampton, menjadi pemain bertahan termahal di dunia ketika ia diboyong Liverpool pada Januari dengan transfer senilai 75 juta pound.[suggestedarticle=3]Pemain 26 tahun itu menggantikan Arjen Robben sebagai kapten, setelah pemain sayap Bayern Muenchen itu mengundurkan diri dari sepak bola internasional pada Oktober 2017."Menjadi kapten Belanda merupakan sesuatu yang sangat istimewa," kata Van Dijk pada konferensi pers yang berlangsung pada Kamis (22/3) malam. "Saya berharap saya dapat melakukannya dan semakin baik setiap harinya," tambahnya.Bek tengah itu akan memimpin Belanda wajah baru pada pertandingan perdana Koeman, ketika Belanda ingin menghapus kekecewaan akibat gagal lolos ke Piala Dunia tahun ini.Van Dijk juga akan berhadapan dengan sejumlah rekan setimnya di Liverpool pada pertandingan persahabatan yang berlangsung Jumat di Amsterdam, termasuk kapten klub Jordan Henderson, sesama pemain bertahan Joe Gomez, dan gelandang Alex Oxlade-Chamberlain serta Adam Lallana."Itu akan menjadi pertandingan istimewa," tambah Van Dijk. "Ini merupakan awal besar bagi kami, sedikit seperti start ulang, dan kami harus memperlihatkan apa yang kami kerjakan," kata Van Dijk.
  687 kali
Mantan Pemain Timnas U-21 Inggris Akan Gabung Ke Jamaica
Mantan gelandang timnas Inggris U-21 dan Manchester United, Ravel Morrison, telah mengumumkan bahwa dia akan bergabung bersaama Timnas Jamaica dengan mengubah status kewarganegaraannya.Dilansir dari BBC, bahwa pemain berusia 25 tahun tersebut sedang mempertimbangkan untuk menyatakan dirinya bersedia memperkuat negara Jamaica.Morrison saat ini bermain untuk klub Meksiko, Atlas setelah dipinjamkan dari Lazio.Morrison sendiri pernah bermain untuk Timnas Inggris di tingkat U-21.Gelandang tersebut mengatakan bahwa dia berharap bisa menyelesaikan persyaratannya dengan Federasi Sepak Bola Jamaika dalam beberapa hari mendatang."Sampai ke Jamaika," Kata Morrison. "Menyortir dokumen minggu ini dan siap untuk pertandingan selanjutnya."[suggestedarticle=3]"Berharap dapat menonton pertandingan (Jamaica) pada hari Minggu (melawan Antigua dan Barbuda)."Morrison mengawali karirnya di akademi Manchester United dan ia pernah menjadi pemenang FA Youth Cup tahun 2011 bersama Paul Pogba dan Jesse Lingard.Morrison mendapat pujian dari mantan bek Man United dan timnas Inggris, Rio Ferdinand sebagai pemain muda terbaik yang pernah ia lihatLalu pada tahun 2012 ia meninggalkan Manchester United dan pergi ke West Ham, kemudian gelandang tersebut dipinjamkan ke Birmingham City, QPR dan Cardiff City, sebelum akhirnya bergabung dengan Lazio pada tahun 2015.
  903 kali
Bertrand Undurkan Diri Dari Skuad Timnas Inggris
Ryan Bertrand telah mengundurkan diri dari skuad Timnas Inggris menjelang laga persahabatan melawan Belanda dan Italia karena cedera punggung yang dialaminya.Dalam akun Twitter resmi timnas Inggris menjelaskan bahwa Bertrand telah kembali ke Southampton untuk menjalani proses pemulihan lebih lanjut tentang masalah cederanya.Bertrand akan melewatkan pertandingan uji coba Timnas Inggris jelang bergulirnya perhelatan Piala Dunia 2018 di Russia.Timnas Inggris dijadwalkan akan jalani ujicoba melawan Belanda di Amsterdam Arena pada hari Sabtu (24/3) dan Italia di Stadion Wembley, Rabu (28/3).Danny Rose dan Ashley Young kemungkinan akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Ryan Bertrand di skuad Timnas Inggris.
  1555 kali
1521612601566 tag