(Foto: goal.com)

Tinggalkan Timnas Inggris, Ini Alasan Wilfried Zaha Perkuat Timnas Pantai Gading

Sebuah pilihan yang berani dari Wilfried Zaha (24 tahun), meninggalkan timnas Inggris untuk memperkuat Timnas Pantai Gading pada Piala Afrika 2017.

Menurut penyerang sayap Crystal Palace ini, ia tidak menyesal dan menyebut keputusannya memperkuat Tim Nasional Pantai Gading ketimbang Inggris sebagai "pilihan yang tepat".

Zaha (24) lahir di Abidjan, Pantai Gading, namun dibesarkan di London sejak usia empat tahun. Ia mulai bermain di sistem pemain muda Crystal Palace pada usia 12 dan telah dua kali memperkuat Inggris pada laga persahabatan.

Zaha akhirnya memutuskan untuk menjadi pemain timnas Pantai Gading yang ingin mempertahankan gelar Piala Afrika 2015 pada Piala Afrika 2017 di Gabon Januari ini.

"Saya berangkat ke Inggris dan saya tidak kembali ke negara (Pantai Gading). Jadi seluruh pendidikan saya dilakukan di negara adopsi dan yang paling normal adalah saya bermain untuk tim muda Inggris," kata Zaha.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah memiliki cukup waktu untuk menganalisis situasi dan memperhitungkan permohonan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading," lanjut dia.

"Sekarang saya telah memutuskan. Sekarang saya ingin bermain bersama Pantai Gading. Ini menguntungkan, pertama saya bangga bermain untuk negara saya, kemudian karena Pantai Gading memiliki pemain berkualitas dan selalu menghasilkan pemain berbakat. Jadi saya membuat pilihan yang tepat dan saya tidak menyesal," tegas Zaha.

Zaha sudah bermain dalam satu laga persahabatan untuk Pantai Gading saat mengalahkan Swedia 2-1 pada Minggu lalu.

Manajer Inggris Gareth Southgate, yang melatih Zaha di level U-21, pada Desember 2016 pernah membujuk Zaha agar mempertahankan performanya supaya dipanggil Timnas Three Lions. Namun Zaha memutuskan lain dan sudah siap membela Pantai Gading.

Pantai Gading masuk dalam Grup C Piala Afrika 2017 dan akan melawan Togo pada 16 Januari kemudian melawan Republik Demokratik Kongo dan Maroko.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 23:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Video: Penonton Invasi ke Lapangan, Saat Senegal vs Pantai Gading di Perancis
Pihak panitia terpaksa menghentikan pertandingan persahabatan antara dua rival di Benua Afrika, Senegal dan Pantai Gading di dekat Paris, karena penonton menyerbu tengah lapangan dan menyerang pemain.Dalam pertandingan pada Senin (27/3) itu, kelompok penonton di luar stadion memanjat pagar keamanan dan masuk sebelum kekacauan terjadi, tepat ketika pertandingan memasuki waktu dua menit terakhir saat kedudukan sama kuat 1-1.Petugas pertandingan berusaha menjaga penyerbu lapangan tetap terkendali, dengan satu orang penggemar terlihat melakukan tekel ala olahraga rugby pada pemain Senegal Lamine Gassama di Charlety Stadium di pinggiran ibu kota Prancis itu.[suggestedarticle]Para pemain kemudian diminta oleh wasit Gohi Cyrac asal Perancis untuk masuk ke ruang ganti sebelum pertandingan dihentikan.Sadio Mane telah membuka skor bagi Senegal dengan penalti setelah 68 menit tetapi Gohi Cyriac menyamakan kedudukan tiga menit kemudian.Ini adalah kedua kalinya dalam lima tahun ke belakang, pertandingan antara kedua negara telah dihentikan karena gangguan penonton.Senegal telah didiskualifikasi dari Piala Afrika 2013 ketika kerusuhan pecah dalam laga playoff mereka dengan Pantai Gading pada Oktober 2012. Partai itu dihentikan setelah batu, botol, dan petasan dilemparkan ke lapangan di Dakar.[suggestedarticle]Laga yang dihentikan setelah menit ke-78 dengan Pantai Gading dalam keadaan memimpin 2-0 berkat dua gol dari Didier Drogba yang gol terakhir dari titik putihnya, memicu kekerasan yang melibatkan sejumlah besar penggemar Senegal.
visibility  659 kali
Akhir Manis Karier Podolski, Bawa Kemenangan Jerman atas Inggris
Timnas Jerman berhasil memetik kemenangan tipis atas Inggris 1-0 dalam laga uji coba di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (23/3) dinihari WIB.Gol semata wayang itu dicetak kapten tim Lukas Podolski pada 69. Gol ini jadi penutup manis karier Podolski pada akhir performanya di timnas Jerman. This is how to bow out of international football...@Podolski10 on his final appearance for Germany @DFB_Team_EN 🔥👏 pic.twitter.com/cCQPjHBhiy — ITV Football (@itvfootball) March 22, 2017 Setelah partai ini, Podolski akan mengundurkan diri. Sebagai penghormatan, pelatih Joachim Loew secara khusus juga menunjuknya sebagai kapten pada laga ini.Tampil tanpa Mesut Ozil, Jerman main kurang greget. Justru tim asuhan Gareth Southgate lebih agresif dan mencatat beberapa peluang pada babak pertama. [suggestedarticle]Termasuk peluang emas dari Adam Lallana di menit ke-31. Ia berhasil merebut bola dari pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun, tendangannya masih membentur tiang.Lukas Podolski sejak awal tampak tampil paling ngotot untuk mencetak gol. Paling tidak tiga tembakan jarak jauh yang dilepaskan masih melenceng dari sasaran. Tapi skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.Gol tuan rumah yang dinanti-nanti akhirnya hadir di menit ke-69. Gol ini terasa spesial lantaran dicetak oleh Podolski lewat tendangan jarak jauhnya yang tak mampu dibendung Joe Hart.[suggestedarticle]Jerman nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-81 melalui pemain Manchester City Leroy Sane yang lolos dari kawalan pemain belakang. Tapi, ia lebih dulu dinyatakan dalam posisi offside.Podolski mendapat standing ovation dari penonton dan rekan-rekannya setelah ditarik keluar dan digantikan Sebastian Rudy di menit ke-85.Ini menjadi pertandingan terakhir, sekaligus spesial bagi Podolski bersama Der Panzer yang membawa kemenangan.Susunan pemain: Jerman: Marc-Andre ter Stegen; Joshua Kimmich, Mats Hummels, Antonio Rudiger, Jonas Hector; Julian Brandt (Andre Schurrle, 59’), Julian Weigl (Emre Can, 66’); Leroy Sane, Toni Kroos, Lukas Podolski (Sebastian Rudy, 84’); Timo Werner (Thomas Mueller, 77’).Inggris: Joe Hart; Michael Keane, Gary Cahill, Chris Smalling (John Stones, 85’); Kyle Walker, Jake Livermore (James Prowse, 83’), Eric Dier, Ryan Bertrand (Luke Shaw, 83’); Dele Alli (Jesse Lingard, 71’), Adam Lallana (Nathan Redmond, 66’); Jamie Vardy (Marcus Rashford, 70’).
visibility  1231 kali
Pantai Gading Resmi Dapatkan Pelatih Baru
Pantai Gading resmi mendapatkan pelatih baru. Mantan pelatih Timnas Belgia, Marc Wilmots didatangkan untuk menukangi Eric Bailly CS selama dua tahun ke depan.Wilmots ditunjuk untuk menggantikan posisi Michel Dussuyer yang mundur akibat kegagalan Pantai Gading di Piala Afrika 2017. Wilmots sendiri sebelumnya berstatus menganggur setelah gagal membawa Belgia juara Euro 2016.[suggestedarticle]Seperti yang dilansir oleh BBC, Wilmots belum akan melatih Pantai Gading pada laga internasional pekan ini. Menghadapi Rusia dan Senegal, Pantai Gading masih akan dipegang oleh Ibrahim Kamara.Pantai Gading sendiri membebani Wilmots target lolos ke Piala Dunia 2018. Di babak kualifikasi, Pantai Gading ada di Grup C bersama Maroko, Gabon, dan Mali.
visibility  535 kali
Jermain Defoe Kembali Masuk Skuat Timnas Inggris
Krisis pemain depan embuat pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate turut memanggil pemain Sunderland Jermain Defoe untuk pertama kalinya sejak tahun 2013 silam.Dua laga yakni ujicoba melawan Jerman (22/3) dan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Lithuania (26/3) akan dihadapi oleh Inggris pada pekan depanCedera Harry Kane (Tottenham) dan Wayne Rooney (Manchester United) menjadikan Defoe sebagai alternatif utama lini depan Three Lions.[suggestedarticle]Musim ini bersama Sunderland, Defoe menampilkan permainan yang memukau dengan mencetak 14 gol dalam 27 pertandingan.Defoe terakhir kali bermain untuk timnas Inggris pada November 2013 lalu saat berhadapan dengan Chile di Wembley.Debut Defoe adalah pada tahun 2004 ketika Inggris berhadapan dengan Swedia. Total 55 caps dan 19 gol sudah dimiliki oleh Defoe selama membela timnas Inggris.Juga turut kembali masuk ke skuat Inggris adalah bek kiri Manchester United Luke Shaw.Berikut skuat lengkap Three Lions:Kiper: Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Torino), Tom Heaton (Burnley)Bek: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Nathaniel Clyne (Liverpool), Phil Jones (Manchester United), Michael Keane (Burnley), Luke Shaw (Manchester United), Chris Smalling (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Tottenham)Gelandang: Dele Alli (Tottenham), Michail Antonio (West Ham), Ross Barkley (Everton), Eric Dier (Tottenham), Adam Lallana (Liverpool), Jake Livermore (West Brom), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal), Nathan Redmond (Southampton), Raheem Sterling (Manchester City), James Ward-Prowse (Southampton)Striker: Jermain Defoe (Sunderland), Marcus Rashford (Manchester United), Jamie Vardy (Leicester City).
visibility  781 kali
Ini Keputusan Terbaru Wayne Rooney
Kabar soal rencana hengkangnya Wayne Rooney dari klub Manchester United sempat menghangat belakangan ini. Bahkan, Kamis (23/2), agen Rooney, Paul Stretford, terbang ke Tiongkok untuk melakukan pendekatan dengan klub Liga Super Tiongkok. Tapi, akhirnya ini keputusan Rooney,Kapten timnas Inggris, Rooney memutuskan bertahan di Manchester United. Pilihan ini sekaligus mengakhiri spekulasi yang menyebutkan dia akan pindah ke Tiongkok."Kendati ada minat yang ditunjukkan dari klub-klub lain, yang membuat saya terhormat, saya ingin mengakhiri spekulasi belakangan ini dan mengatakan bahwa saya bertahan di Manchester United," kata Rooney seperti dikutip Reuters.[suggestedarticle]Media massa Inggris sebelumnya melaporkan bahwa agen Rooney, Paul Stretford, berada di Tiongkok untuk melihat peluang, apakah dia bisa menegosiasikan penyerang Inggris itu pindah dari United untuk bergabung dengan Liga Super Tiongkok.Rooney (31 tahun) tak bisa menjadi pemain inti di bawah kepelatihan Jose Mourinho dan berjuang menghadapi masalah kebugaran menjelang final Piala Liga melawan Southampton di Wembley, Minggu pekan ini.Dia absen saat klubnya menang melawan St Etienne pada Liga Europa Kamis dini hari kemarin, akibat cedera hamstring yang membuat Mourinho tidak bisa menjamin dia masih di Old Trafford dalam tahun terakhir kontraknya yang akan habis setelah musim 2017-2018.[suggestedarticle]Januari lalu Rooney mematahkan rekor gol United yang selama ini dipegang Bobby Charlton. Tapi tersisih dalam perburuan menjadi pemain inti dari pemain-pemain seperti Paul Pogba, Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan dan Marcus Rashford.Dalam satu pernyataan pada laman United, Rooney berkata, "Saya berharap saya bisa bermain penuh untuk mengantarkan tim dalam meraih sukses di empat barisan depan".
visibility  2088 kali
Franck Kessie: MU Tim Favorit Saya
Pemain muda berbakat Atalanta Franck Kessie mengatakan kepindahannya ke Manchester United akan menjadi mimpi terbesarnya di masa mendatang.Kessie, 20 tahun, menjadi incaran sejumlah klub top Eropa, mulai dari Chelsea, Everton hingga Roma.Pemain asal Pantai Gading ini menjalani musim terbaiknya bersama Atalanta di Serie A pada musim ini. Total 21 laga dan tujuh golnya membawa Atalanta bertengger di posisi lima klasemen hingga pekan ke-25.[suggestedarticle]"Sepanjang Januari saya tidak mendengar apapun terkait Roma. Saya fokus berlaga di Piala Afrika," ujar Kessie seperti dikutip dari Tuttomercatoweb, Rabu (22/2)"Saya suka Liga Primer Inggris dan khususnya Manchester United, tim impian saya.""Chelsea? Mereka juga klub hebat, tidak ada yang bisa menolak mereka, tapi saya memimpikan tentang United."[suggestedarticle]Kessie bisa menjadi opsi pengganti Micahel Carrick di lini tengah United pada musim depan, dimana kontrak Carrick akan usai pada akhir musim ini.Media Inggris sendiri mengklaim bahwa bek United Eric Bailly telah merekomendasikan kompatriotnya itu kepada Jose Mourinho, yang terkesan dengan permainan Kessie untuk timnas Pantai Gading di Piala Afrika lalu.
visibility  661 kali
Ini Rahasia Pelatih Hugo Broos Membawa Kamerun Juara Piala Afrika 2017
Setelah menanti selama 15 tahun, akhirnya Kamerun kembali sukses menjadi juara Piala Afrika 2017, setelah menang di final secara dramastis atas Mesir 2-1, Minggu (5/2) atau Senin dinihari WIB. Lalu, apa rahasia Kemarun hingga kembali sukses?Keberanian pelatih Hugo Broos menjadi penentu awal kebangkitan Kamerun dalam persaingan sepak bola Afrika antara negara kali ini. Hal pertama yang dilakukan pelatih asal Belgia ini, mencoret para pemain tua dari jajaran timnas Kamerun dan digantikan dengan darah muda yang segar.Sejak ditunjuk menjadi pelatih timnas Kamerun, Fenruari 2016, Broos dikritik media lokal karena tak memanggil pemain berpengalaman. Malah ia merekrut para pemain muda, di mana ada yang belum pernah masuk timnas.Tapi, langkah berani Broos itu kemudian berbuah manis, setelah skuadnya mempersembahkan trofi ketika pemain pengganti Vincent Aboubakar mencetak gol penentu juara. Sebelumnya sundulan Nicolas Nkoulou berhasil menyamakan gol Mesir yang dicetak Mohamed Elneny.BACA JUGA: Kamerun Juara Piala Afrika 2017, Kalahkan Mesir di Final"Ketika saya datang ke Kamerun setahun lalu, saya mendapati sekelompok pemain tua dan tak punya motivasi. Saya harus mengubahnya," kata Broos kepada wartawan."Para pemain bermain tanpa antusiasme, tidak bermain demi tim nasional melainkan karena diharuskan, karena pelatih mengundang mereka," sambung dia. "Oleh karena itu saya sedikit mengubah tim, memasukkan beberapa pemain muda dan saya kira itu berhasil," tambah Broos.Mesir diperkuat para pemain berpengalaman, seperti duo Ahmed Fathi dan kiper Essam El Hadary yang sudah tujuh kali memperkuat negaranya pada Piala Afrika, sedangkan Kamerun hanya memiliki Nkoulou yang pernah bermain pada babak knockout Piala Afrika sebelum turnamen edisi ini.Di tengah absennya para pemain senior seperti Joel Matip, Aurelien Chedjou dan Eric-Maxim Choupo Moting, para pemain muda seperti Christian Bassogog dan Fabrice Ondoa bersama dengan bek tengah berpengaruh Michael Ngadeu Ngadjui, telah membuktikan mereka mampu mengemban tugas."Membalas wartawan adalah hal paling bodoh yang bisa dilakukan seorang pelatih," sambung Broos, ketika ditanya apakah dia senang telah membuktikan media massa selama ini salah tentang dia. "Saya bekerja untuk mendapatkan hasil, dan saya senang sekali telah menjuarai Piala Afrika," tutur Broos."Ini awal yang baik. Saya tidak memasalahkan pers mengkritik pemain-pemain saya, yang saya minta adalah mereka adil dan objektif. Saya harap setelah kami juara, hubungan kami dengan media akan membaik," tutupnya.
visibility  800 kali
Kamerun Juara Piala Afrika 2017, Kalahkan Mesir di Final
Kamerun untuk kelima kalinya (1984, 1988, 2000, 2002, 2017) sukses menjadi juara Piala Afrika, setelah di final 2017 menang secara dramatis atas Mesir 2-1 di Gabon, Senin (6/2) dinihari WIB. Vincent Aboubakar's goal that wins @FecafootOfficie the 2017 African Nations Cup pic.twitter.com/U9Nb2CiCFa #AFCON2017 🇨🇲 — DiskiStyle (@DiskiStyle) February 5, 2017 Kemenangan itu ditentukan oleh striker Vincent Aboubakar yang menciptakan sebuah gol brilian pada menit 88. Kamerun yang delapan pemainnya menarik diri sebelum turnamen ini, tertinggal lebih dulu 0-1 setelah gelandang Mohamed Elneny membawa Mesir unggul sampai akhir babak pertama.Nicolas N'Koulou menyamakan kedudukan pada menit 59. Mesir terlihat kelelahan ketika Kamerun malah menciptakan banyak peluang sebelum Aboubakar mencetak gol penentu kemenangan. #CAN2017 #EGYCMR ⚽⚽⚽ #CAN2017 - Finale#Egypte 1:2 #Cameroun #Cameroon defeats #Egypt for #AfricanCupofNations pic.twitter.com/bdELCAnmI5 — MaarMaarMedia (@MaarMaarMedia) February 5, 2017 Ini adalah trofi Piala Afrika pertama Kamerun sejak 2002 yang sekaligus menggagalkan ambisi Mesir yang kembali masuk turnamen ini setelah terakhir kali menjuarainya pada 2010. Bagi Mesir, kekalahan pada partai final ini adalah yang pertama dalam 25 pertandingan Piala Afrika yang dijalani Mesir sejak 2004.Juara Piala Afrika dari tahun ke tahun1. Mesir - 19572. Mesir - 19593. Ethiopia- 19614. Ghana - 19635. Ghana - 19656. R.D Kongo - 19687. Sudan - 19708. Kongo - 19729. Tunisia - 197410. Maroko - 197611. Ghana - 197812. Nigeria - 198013. Ghana - 198214. Kamerun - 198415. Mesir - 198616. Kamerun - 198817. Aljazair - 199018. Pantai Gading - 199219. Nigeria - 199420. Afrika Selatan - 199621. Mesir - 199822. Aljazair - 200023. Kamerun - 200224. Tunisia - 200425. Mesir - 200626. Mesir - 200827. Mesir - 201028. Zambia - 201229. Nigeria - 201330. Pantai Gading - 201531. Kamarun - 2017
visibility  1633 kali
Ungkapan Emosional John Terry untuk Sahabatnya
Pemain legendaris Chelsea Frank Lampard resmi mundur dari karir profesionalnya yang sudh dijalani hampir 21 tahun lamanya.Pesan emosional pun datang dari rekan dan juga sahabat Lampard yakni John Terry.Menurut Terry, Lampard merupakan pemain yang memiliki dedikasi tinggi bagi tim yang dibelanya. Bersama Chelsea, pemain asal Inggris tersebut telah menyumbangkan tiga gelar Liga Inggris, empat gelar FA Cup, dan satu trofi Europa League dan Liga Champions.Bersama dengan Lampard, Terry berhasil mempersembahkan 13 trofi untuk Chelsea, termasuk mendaratkan titel Liga Champions perdana ke Stamford Bridge pada musim 2011-2012.   @franklampard has today announced his retirement from football. The GREATEST player in the history of our great football club @chelseafc It was an absolute pleasure playing with you mate and seeing first hand the dedication and hard work you put in, on and off the pitch, the best trainer by a million miles every single day, inspiring me and everyone at the club. I miss you next to me in the dressing room and miss you grabbing a bag of balls after training when everyone went inside. You stayed out working on your finishing, 20 goals a year wasn't good enough for you, every year you wanted 25,30 goals I love that about you ?????? I will miss you getting 4 cones and doing sprints after training ?????? setting the example for the kids in the academy. All the great memories together winning trophy after trophy year after year I will never forget ?? you have won everything and should be extremely proud. It's been my pleasure and honour to play and experience all those great moments with you. 648 appearances ( we nearly caught Peter Bonetti and Ron Harris ??) 211 goals ?? unbelievable achievement ???? A gentleman both on and off the pitch, leader in the dressing room and if I could choose one person next to me in the trenches it would be you. A great dad to your two beautiful girls and I'm proud to call you my mate Good Luck for the future, whatever you choose to do will be a huge success Love Ya Lampsy ?? LEGEND HERO INSPIRATION + THE BEST EVER A photo posted by John Terry (@johnterry.26) on Feb 2, 2017 at 6:30am PST "(Dia) Pemain terbaik dalam sejarah klub sepak bola kami," kata Terry dalam akun Instagram pribadinya."Saya tidak akan pernah melupakan semua kenangan indah meraih trofi demi trofi setiap tahunnya. Anda sudah memenangi segalanya dan patut untuk sangat berbangga," ucap Terry.Mantan kapten Chelsea dan juga timnas Inggris ini merasa bangga bisa berada satu lapangan bersama Lampard selama 13 tahun."Sebuah kegembiraan dan kehormatan dapat bermain dan menikmati semua pengalaman hebat bersama Anda. Saya bangga menyebut Anda sebagai kawan," ujar Terry."Semoga beruntung di masa depan, apapun yang Anda pilih pasti akan mengalami kesuksesan besar," tuturnya lagi.Selama membela The Blues, Lampard sudah 648 kali tampil dan menempati urutan ke-4 dalam pemilik penampilan terbanyak untuk klub. Dia tepat berada di bawah posisi Terry (712).
visibility  590 kali
Bungkam Ghana, Kamerun Melaju ke Final Piala Afrika 2017
Kamerun berhasil mengalahkan Ghana 2-0 dalam babak semifinal Piala Afrika 2017, Jumat (3/2) dini hari WIB. Keberhasilan ini membawa Kamerun melangkah ke babak final untuk menghadapi Mesir.Pertandingan babak pertama berjalan menarik dan ketat. Kedua tim berusaha mencetak gol tapi sayang penyelesaian akhir yang kurang tajam membuat skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.BACA JUGA: Mesir Melaju ke Final Piala Afrika 2017Memasuki babak kedua, Ngadeu Ngadjui membuka keunggulan Kamerun di menit ke-72. Ngadjui memanfaatkan situasi tendangan bebas untuk membobol gawang Ghana yang dikawal oleh Brimah Razak.Kemenangan Kamerun dipastikan di injury time lewat gol dari Christian Bassogog. Kamerun pun menutup pertandingan dengan skor 2-0 dan melaju ke final untuk pertama kalinya sejak tahun 2009.Di babak final, Kamerun akan berhadapan melawan Mesir pada Senin (6/2). Mesir sendiri melaju ke babak final setelah mengalahkan Burkina Faso di babak semifinal.
visibility  885 kali
1486092070846 tag