(Foto: goal.com)

Tinggalkan Timnas Inggris, Ini Alasan Wilfried Zaha Perkuat Timnas Pantai Gading

Sebuah pilihan yang berani dari Wilfried Zaha (24 tahun), meninggalkan timnas Inggris untuk memperkuat Timnas Pantai Gading pada Piala Afrika 2017.

Menurut penyerang sayap Crystal Palace ini, ia tidak menyesal dan menyebut keputusannya memperkuat Tim Nasional Pantai Gading ketimbang Inggris sebagai "pilihan yang tepat".

Zaha (24) lahir di Abidjan, Pantai Gading, namun dibesarkan di London sejak usia empat tahun. Ia mulai bermain di sistem pemain muda Crystal Palace pada usia 12 dan telah dua kali memperkuat Inggris pada laga persahabatan.

Zaha akhirnya memutuskan untuk menjadi pemain timnas Pantai Gading yang ingin mempertahankan gelar Piala Afrika 2015 pada Piala Afrika 2017 di Gabon Januari ini.

"Saya berangkat ke Inggris dan saya tidak kembali ke negara (Pantai Gading). Jadi seluruh pendidikan saya dilakukan di negara adopsi dan yang paling normal adalah saya bermain untuk tim muda Inggris," kata Zaha.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah memiliki cukup waktu untuk menganalisis situasi dan memperhitungkan permohonan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading," lanjut dia.

"Sekarang saya telah memutuskan. Sekarang saya ingin bermain bersama Pantai Gading. Ini menguntungkan, pertama saya bangga bermain untuk negara saya, kemudian karena Pantai Gading memiliki pemain berkualitas dan selalu menghasilkan pemain berbakat. Jadi saya membuat pilihan yang tepat dan saya tidak menyesal," tegas Zaha.

Zaha sudah bermain dalam satu laga persahabatan untuk Pantai Gading saat mengalahkan Swedia 2-1 pada Minggu lalu.

Manajer Inggris Gareth Southgate, yang melatih Zaha di level U-21, pada Desember 2016 pernah membujuk Zaha agar mempertahankan performanya supaya dipanggil Timnas Three Lions. Namun Zaha memutuskan lain dan sudah siap membela Pantai Gading.

Pantai Gading masuk dalam Grup C Piala Afrika 2017 dan akan melawan Togo pada 16 Januari kemudian melawan Republik Demokratik Kongo dan Maroko.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 23:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Akhir Manis Karier Podolski, Bawa Kemenangan Jerman atas Inggris
Timnas Jerman berhasil memetik kemenangan tipis atas Inggris 1-0 dalam laga uji coba di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (23/3) dinihari WIB.Gol semata wayang itu dicetak kapten tim Lukas Podolski pada 69. Gol ini jadi penutup manis karier Podolski pada akhir performanya di timnas Jerman. This is how to bow out of international football...@Podolski10 on his final appearance for Germany @DFB_Team_EN 🔥👏 pic.twitter.com/cCQPjHBhiy — ITV Football (@itvfootball) March 22, 2017 Setelah partai ini, Podolski akan mengundurkan diri. Sebagai penghormatan, pelatih Joachim Loew secara khusus juga menunjuknya sebagai kapten pada laga ini.Tampil tanpa Mesut Ozil, Jerman main kurang greget. Justru tim asuhan Gareth Southgate lebih agresif dan mencatat beberapa peluang pada babak pertama. [suggestedarticle]Termasuk peluang emas dari Adam Lallana di menit ke-31. Ia berhasil merebut bola dari pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun, tendangannya masih membentur tiang.Lukas Podolski sejak awal tampak tampil paling ngotot untuk mencetak gol. Paling tidak tiga tembakan jarak jauh yang dilepaskan masih melenceng dari sasaran. Tapi skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.Gol tuan rumah yang dinanti-nanti akhirnya hadir di menit ke-69. Gol ini terasa spesial lantaran dicetak oleh Podolski lewat tendangan jarak jauhnya yang tak mampu dibendung Joe Hart.[suggestedarticle]Jerman nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-81 melalui pemain Manchester City Leroy Sane yang lolos dari kawalan pemain belakang. Tapi, ia lebih dulu dinyatakan dalam posisi offside.Podolski mendapat standing ovation dari penonton dan rekan-rekannya setelah ditarik keluar dan digantikan Sebastian Rudy di menit ke-85.Ini menjadi pertandingan terakhir, sekaligus spesial bagi Podolski bersama Der Panzer yang membawa kemenangan.Susunan pemain: Jerman: Marc-Andre ter Stegen; Joshua Kimmich, Mats Hummels, Antonio Rudiger, Jonas Hector; Julian Brandt (Andre Schurrle, 59’), Julian Weigl (Emre Can, 66’); Leroy Sane, Toni Kroos, Lukas Podolski (Sebastian Rudy, 84’); Timo Werner (Thomas Mueller, 77’).Inggris: Joe Hart; Michael Keane, Gary Cahill, Chris Smalling (John Stones, 85’); Kyle Walker, Jake Livermore (James Prowse, 83’), Eric Dier, Ryan Bertrand (Luke Shaw, 83’); Dele Alli (Jesse Lingard, 71’), Adam Lallana (Nathan Redmond, 66’); Jamie Vardy (Marcus Rashford, 70’).
visibility  1047 kali
Pantai Gading Resmi Dapatkan Pelatih Baru
Pantai Gading resmi mendapatkan pelatih baru. Mantan pelatih Timnas Belgia, Marc Wilmots didatangkan untuk menukangi Eric Bailly CS selama dua tahun ke depan.Wilmots ditunjuk untuk menggantikan posisi Michel Dussuyer yang mundur akibat kegagalan Pantai Gading di Piala Afrika 2017. Wilmots sendiri sebelumnya berstatus menganggur setelah gagal membawa Belgia juara Euro 2016.[suggestedarticle]Seperti yang dilansir oleh BBC, Wilmots belum akan melatih Pantai Gading pada laga internasional pekan ini. Menghadapi Rusia dan Senegal, Pantai Gading masih akan dipegang oleh Ibrahim Kamara.Pantai Gading sendiri membebani Wilmots target lolos ke Piala Dunia 2018. Di babak kualifikasi, Pantai Gading ada di Grup C bersama Maroko, Gabon, dan Mali.
visibility  395 kali
Jermain Defoe Kembali Masuk Skuat Timnas Inggris
Krisis pemain depan embuat pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate turut memanggil pemain Sunderland Jermain Defoe untuk pertama kalinya sejak tahun 2013 silam.Dua laga yakni ujicoba melawan Jerman (22/3) dan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Lithuania (26/3) akan dihadapi oleh Inggris pada pekan depanCedera Harry Kane (Tottenham) dan Wayne Rooney (Manchester United) menjadikan Defoe sebagai alternatif utama lini depan Three Lions.[suggestedarticle]Musim ini bersama Sunderland, Defoe menampilkan permainan yang memukau dengan mencetak 14 gol dalam 27 pertandingan.Defoe terakhir kali bermain untuk timnas Inggris pada November 2013 lalu saat berhadapan dengan Chile di Wembley.Debut Defoe adalah pada tahun 2004 ketika Inggris berhadapan dengan Swedia. Total 55 caps dan 19 gol sudah dimiliki oleh Defoe selama membela timnas Inggris.Juga turut kembali masuk ke skuat Inggris adalah bek kiri Manchester United Luke Shaw.Berikut skuat lengkap Three Lions:Kiper: Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Torino), Tom Heaton (Burnley)Bek: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Nathaniel Clyne (Liverpool), Phil Jones (Manchester United), Michael Keane (Burnley), Luke Shaw (Manchester United), Chris Smalling (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Tottenham)Gelandang: Dele Alli (Tottenham), Michail Antonio (West Ham), Ross Barkley (Everton), Eric Dier (Tottenham), Adam Lallana (Liverpool), Jake Livermore (West Brom), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal), Nathan Redmond (Southampton), Raheem Sterling (Manchester City), James Ward-Prowse (Southampton)Striker: Jermain Defoe (Sunderland), Marcus Rashford (Manchester United), Jamie Vardy (Leicester City).
visibility  675 kali
Ini Keputusan Terbaru Wayne Rooney
Kabar soal rencana hengkangnya Wayne Rooney dari klub Manchester United sempat menghangat belakangan ini. Bahkan, Kamis (23/2), agen Rooney, Paul Stretford, terbang ke Tiongkok untuk melakukan pendekatan dengan klub Liga Super Tiongkok. Tapi, akhirnya ini keputusan Rooney,Kapten timnas Inggris, Rooney memutuskan bertahan di Manchester United. Pilihan ini sekaligus mengakhiri spekulasi yang menyebutkan dia akan pindah ke Tiongkok."Kendati ada minat yang ditunjukkan dari klub-klub lain, yang membuat saya terhormat, saya ingin mengakhiri spekulasi belakangan ini dan mengatakan bahwa saya bertahan di Manchester United," kata Rooney seperti dikutip Reuters.[suggestedarticle]Media massa Inggris sebelumnya melaporkan bahwa agen Rooney, Paul Stretford, berada di Tiongkok untuk melihat peluang, apakah dia bisa menegosiasikan penyerang Inggris itu pindah dari United untuk bergabung dengan Liga Super Tiongkok.Rooney (31 tahun) tak bisa menjadi pemain inti di bawah kepelatihan Jose Mourinho dan berjuang menghadapi masalah kebugaran menjelang final Piala Liga melawan Southampton di Wembley, Minggu pekan ini.Dia absen saat klubnya menang melawan St Etienne pada Liga Europa Kamis dini hari kemarin, akibat cedera hamstring yang membuat Mourinho tidak bisa menjamin dia masih di Old Trafford dalam tahun terakhir kontraknya yang akan habis setelah musim 2017-2018.[suggestedarticle]Januari lalu Rooney mematahkan rekor gol United yang selama ini dipegang Bobby Charlton. Tapi tersisih dalam perburuan menjadi pemain inti dari pemain-pemain seperti Paul Pogba, Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan dan Marcus Rashford.Dalam satu pernyataan pada laman United, Rooney berkata, "Saya berharap saya bisa bermain penuh untuk mengantarkan tim dalam meraih sukses di empat barisan depan".
visibility  1681 kali
1487892653653 tag