(Foto: goal.com)

Tinggalkan Timnas Inggris, Ini Alasan Wilfried Zaha Perkuat Timnas Pantai Gading

Sebuah pilihan yang berani dari Wilfried Zaha (24 tahun), meninggalkan timnas Inggris untuk memperkuat Timnas Pantai Gading pada Piala Afrika 2017.

Menurut penyerang sayap Crystal Palace ini, ia tidak menyesal dan menyebut keputusannya memperkuat Tim Nasional Pantai Gading ketimbang Inggris sebagai "pilihan yang tepat".

Zaha (24) lahir di Abidjan, Pantai Gading, namun dibesarkan di London sejak usia empat tahun. Ia mulai bermain di sistem pemain muda Crystal Palace pada usia 12 dan telah dua kali memperkuat Inggris pada laga persahabatan.

Zaha akhirnya memutuskan untuk menjadi pemain timnas Pantai Gading yang ingin mempertahankan gelar Piala Afrika 2015 pada Piala Afrika 2017 di Gabon Januari ini.

"Saya berangkat ke Inggris dan saya tidak kembali ke negara (Pantai Gading). Jadi seluruh pendidikan saya dilakukan di negara adopsi dan yang paling normal adalah saya bermain untuk tim muda Inggris," kata Zaha.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah memiliki cukup waktu untuk menganalisis situasi dan memperhitungkan permohonan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading," lanjut dia.

"Sekarang saya telah memutuskan. Sekarang saya ingin bermain bersama Pantai Gading. Ini menguntungkan, pertama saya bangga bermain untuk negara saya, kemudian karena Pantai Gading memiliki pemain berkualitas dan selalu menghasilkan pemain berbakat. Jadi saya membuat pilihan yang tepat dan saya tidak menyesal," tegas Zaha.

Zaha sudah bermain dalam satu laga persahabatan untuk Pantai Gading saat mengalahkan Swedia 2-1 pada Minggu lalu.

Manajer Inggris Gareth Southgate, yang melatih Zaha di level U-21, pada Desember 2016 pernah membujuk Zaha agar mempertahankan performanya supaya dipanggil Timnas Three Lions. Namun Zaha memutuskan lain dan sudah siap membela Pantai Gading.

Pantai Gading masuk dalam Grup C Piala Afrika 2017 dan akan melawan Togo pada 16 Januari kemudian melawan Republik Demokratik Kongo dan Maroko.
editTerakhir diubah:  11/01/17 - 23:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Duo Liverpool Ini Minta Dimainkan Saat Uji Coba Brasil Hadapi Inggris
Duo Liverpool, Roberto Firmino dan Philippe Coutinho berharap dimainkan bersama oleh Timnas Brasil saat uji coba melawan tuan rumah Timnas Inggris di Stadion Wembley, London, Selasa (14/11) malam atau Rabu dinihari WIB.Keduanya yang biasa dengan suasana sepak bola Inggris, ingin menunjukkan bagaimana mereka bermain untuk timnas. "Coutinho adalah teman saya dan juga pemain besar," ungkap Firmino."Dia memiliki pemberi umpan yang jeli dan tau bagaimana penyerang membuat gol," tambah Firmino.BACA JUGA: Yakin Pindah ke Barcelona, Coutinho Sedang Cari Rumah di CatalunyaSoal perbedaan permainan Timnas Brasil dan Liverpool, menurut Firmino hampir sama. "Saya rasa sistem permainan Brasil dan Liverpool sama, pemain harus lebih banyak bergerak, banyak berimprovisasi, memanfaatkan lebar lapangan dan mengandalkan ketangguhan lapangan tengah," ungkap Firmino."Pemain lapangan tengah juga harus bisa kerjasama sampai lini depan bahkan bisa juga mencetak gol," tambahnya.Firmino menjelaskan, kesamaan lainnya Tim Brasil dan Liverpool adalah permainan kerjasama menjadi hal yang utama dan saling mengisi kekosongan untuk membuat permainan jadi lebih hidup.Lima pertemuan terakhir Inggris vs Brasil:21 Juni 2002: Brasil vs Inggris: 2-1, Piala Dunia 2002 1 Juni 2007: Inggris vs Brasil: 1-1, laga persahabatan14 November 2009: Brasil vs Inggris: 1-0, laga persahabatan6 Februari 2013: Inggris vs Brasil: 2-1, laga persahabatan2 Juni 2013, Brasil vs Inggris: 2-2, laga persahabatanPrakiraan Formasi Pemain:
  337 kali
Zaha Tenangkan Wenger Jika Akhirnya Sanchez Angkat kaki
Alexis Sanchez sepertinya bakal benar-benar meninggalkan Arsenal dalam waktu dekat ini. Hal itu ditunjukan dengan sikap manajemen yang mengklaim telah menemukan sosok pengganti pemain asal Chile itu.Arsenal telah menambatkan hatinya kepada winger serang asal Pantai Gading, Wilfried Zaha. Dari sejumlah laga yang telah dilakoni Zaha bersama Crystal Palace, Arsene Wenger cukup percaya bahwa pemain 25 tahun itu tepat sebagai pengganti Sanchez.Sebagai catatan, pada musim lalu Zaha berhasil memainkan 37 laga bersama Crystal Palace di semua ajang. Ia pun sukses mencetak tujuh gol dan 11 assist. Dan untuk musim ini, Zaha telah menyumbang dua gol dari lima laga yang dimainkannya.[suggestedarticle]Cedera lutut sempat membuatnya harus absen enam laga awal di Premier League. Setelah pulih, ia langsung ikut main lawan Chelsea dan mencetak satu gol dan membantu Palace menang 2-1. Seperti diketahui, Sanchez terus dikaitkan dengan sejumlah klub top menjelang pasar transfer musim dingin dibuka. Sebelumnya, Sanchez hampir saja menjadi milik Manchester City jika Thomas Lemar mau berseragam Arsenal pada transfer musim panas Agustus lalu.Arsenal sendiri sedang dikejar dateline untuk menjual Sanchez sebelum kontraknya benar-benar habis di akhir musim. Sejauh ini Sanchez santer diisukan bakal ke Paris Saint Germain dan Manchester City.[suggestedarticle]Untuk Zaha sendiri, Arsenal siap menyodorkan anggaran 35 juta pounds kepada Palace. Tapi sepertinya Arsenal harus membayar lebih dari angka tersebut, pasalnya eks pemaian Manchester United itu baru saja memperpanjang kontrak hingga 2022 mendatang.
  725 kali
Mourinho Takut Timnas Inggris Hanya Bertumpu pada Marcus Rashford
Timnas Inggris dipastikan tanpa enam pemain inti karena cedera, yakni Harry Kane, Dele Alli, Harry Winks, Raheem Sterling, Jordan Henderson, Fabian Delph pada pertandingan uji coba melawan Timnas Jerman dan Brasil.Tak salah jika Jose Mourinho, pelatih Manchester United was-was kalau Timnas Inggris akan bertumpu kepada pemain mudanya Marcus Rashford. Mourinho takut Rashford terkena cedera.Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate merasa prihatin dengan skuatnya yang bakal timpang dengan banyaknya pemain top absen. Padahal, ini uji coba penting menghadapi tim besar.BACA JUGA: Jose Mourinho Terbantu Kalender InternasionalKehilangan Harry Kane, Dele Alli dan Sterling di lini depan, praktis Southgate tak punya banyak pilihan selain mengandalkan Rashford di depan. Ini pula yang membuat Mourinho takut kalau pemain muda andalannya cedera, sementara persaingan Liga Primer Inggris kian keras.Southgate sendiri memanggil tiga pemain muda tambahan untuk menambal para pemain inti yang absen. Ketiga pemain yang dipanggil timnas Inggris adalah bek sayap Joe Gomez, gelandang Ruben Loftus-Cheek serta penyerang Tammy Abraham.Gomez mendapat panggilan dari timnas Inggris setelah tampil bagus bersama Liverpool di awal musim ini. Musim ini, pemuda 20 tahun itu sudah tampil delapan kali.Sementara Loftus-Cheek dan Abraham merupakan pemain muda Chelsea. Di musim 2017-2018, keduanya dipinjamkan oleh The Blues.Loftus-Cheek magang di Crystal Palace, sedangkan Abraham main di Swansea. Keduanya menunjukkan perkembangan bagus selama masa peminjaman sehingga menarik perhatian Southgate.Timnas Inggris akan menjamu Jerman di Stadion Wembley 10 November mendatang. Empat hari kemudian mereka akan menghadapi Brasil yang juga di Stadion Wembley.
  392 kali
Spurs Menang, Bukan Pencetak Gol yang Populer Tapi Cewek Satu Ini
Sepak bola Liga Inggris memang banyak daya tariknya. Selain para pemain bintang dan permainan atau persaingan itu sendiri, ada lagi yang menarik, yakni sisi lapangan.Saat Tottenham Hotspur menang tipis atas Crystal Palace 1-0, Minggu (5/11), bukan sang pencetak gol, Heung-Min Son yang dibicangkan, tapi justru cewek yang duduk di sebelah Dele Alli yang jadi pusat perhatian.BACA JUGA: Gol Tunggal Son Antarkan Spurs Menang dari Crystal PalacePada pertandingan ini Dele Alli, salah satu pemain kunci Spurs terpaksa absen karena sehari sebelumnya ia cedera hamstring. Cedera dadakan itu tak cuma ia harus absen membela Spurs, tapi juga Timnas Inggris yang akan beruji coba melawan Jerman dan Brasil.Ruby Mae, model cantik Inggris yang duduk di sebelah Dele Alli di bangu penonton, saat Spurs menang ini, disorot kamera televisi jelang pertandingan. Perhatian penonton di Stadion Wembley dan pemirsa tv langsung tertuju ke Ruby Mae.Cewek yang sekarang jadi gandengan Alli, dipertanyakan oleh warganet. Apakah ia benar-benar ingin menyaksikan sepak bola? Komentar lain berbunyi, "Teman wanita Dele Alli justru lebih atraktif."   🚘 👉🏾👉🏾 30% of at @misspap ends midnight with discount code BLOGGER30👈🏽👈🏽 A post shared by • Ruby Mae • (@rubymae3223) on Oct 13, 2017 at 12:09pm PDT
  2201 kali
Timnas Inggris Harus Belajar dari Tottenham Saat Tekuk Madrid
Timnas Inggris yang akan berjuang di Piala Dunia 2018, harus belajar dari permainan Tottenham Hotspur saat mengalahkan juara bertahan Real Madrid 3-1 dalam Liga Champions di Stadion Wembley.Hal ini diungkapkan kolumnis sepak bola Inggris, Desmond Kane dalam laman EuroSports. Kane dengan tegas menyebut Timnas Inggris harus belajar kepada Tottenham."Jika pelatih timnas Gareth Southgate ingin melihat bagaimana Inggris seharusnya mengatasi superioritas teknis menjelang putaran final Piala Dunia, maka putarlah lagi penampilan menakjubkan yang dinikmati oleh singa-singa muda Tottenham itu," kata Kane.BACA JUGA: Hasil Liga Champions, Kamis (2/11) Dinihari dan Klasemen SementaraMenurut dia, kemenangan Spurs atas Madrid, bukan saja kemenangan Spurs atas Real Madrid dalam sejarah klub itu, tetapi juga kemenangan pertama di kandang terhadap tim-tim Spanyol di kancah Eropa."Liga Primer adalah yang paling kaya di dunia, tapi tak ada yang bisa disandingkan dengan pengalaman mengalahkan yang terbaik di dunia," kata Kane.Pelatih Spurs Mauricio Pochettino menimpali, "Bisa mengalahkan Real Madrid, yang merupakan tim terbaik di dunia, adalah pengalaman fantastis bagi pemain dan klub," kata Pochettino.
  905 kali
Ini Dua Pilihan Arsenal Terhadap Karier Jack Wilshare
Arsenal tengah merancang untuk memperpanjang kontrak pemain tengahnya, Jack Wilshere agar tak pindah secara bebas pada musim depan. Sementara Everton dan AS Roma sudah memberi tanda untuk menarik pemain ini.The Gunners dalam beberapa pekan ini akan mendekati agen Wilshere untuk membicarakan perpanjangan kontrak pemain tersebut. Jika tidak, maka Arsenal akan kehilangan pemain lagi, setelah Alexis Sanchez dan Mesut Ozil juga belum mau menandatangani perpanjangan kontraknya di klub tersebut.Wilshere adalah produk Arsenal dan sudah bergabung sejak usia 9. Namun dalam tiga tahun belakangan, pemain yang pandai dalam mengolah bola ini, tertimpa cedera berat.BACA JUGA: Janjikan Pentas Liga Inggris, Wenger Mulai Percaya Wilshere?Meski begitu, tenaga Wilshere sangat dibutuhkan di timnas Inggris asuhan Gareth Southgate. Dengan demikian, Arsenal harus menolong Wilshere dengan menurunkannya pada pertandingan selain Liga Inggris, bisa juga di Piala Liga pekan depan.Selain Everton dan AS Roma, ternyata Chelsea dan Manchester City juga menghendaki Wilshere hanya untuk memenuhi aturan kuota pemain lokal.Jika fisik Wilshere fit, ia bakal dipakai untuk pertandingan uji coba Timnas Inggris melawan Jerman dan Brasil.
  632 kali
Zaha Buka Kunci Kesuksesan Crystal Palace Redam Chelsea
Crystal Palace secara mengejutkan sukses meraih kemenangan 2-1 saat menjamu Chelsea dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada Sabtu (14/10) di Stadion Selhurst Park.Gol kemenangan Palace berhasil dicetak melalui gol bunuh diri Cesar Azpilicueta (menit ke-11) dan Wilfried Zaha (45').Sementara Chelsea sempat menyamakan kedudukan melalui tandukan Tiemoue Bakayoko pada menit ke-18.Momen gol bunuh diri Azpilicueta menjadi gol perdana Palace di kompetisi musim ini dalam delapan partai. Zaha menjelaskan itulah momen kebangkitan timnya."Gol pertama telah memberikan dampak besar kepada kepercayaan diri kami. Sebuah dorongan besar bagi tim. Gol yang saya cetak juga lahir di saat yang tepat. Sebab, jika tidak, Chelsea bakal langsung balik membalas," ucap Zaha dilansir BolaSport.com dari BBC."Semua impian bisa mengalahkan Chelsea di kandang sendiri. Tentu saja ini adalah awal dari sebuah kebangkitan dan kini tim memiliki kepercayaan diri yang lebih besar untuk mulai menapak naik di tabel klasemen," tuturnya.[suggestedarticle]Hasil ini tidak mengangkat posisi Palace dari dasar klasemen. Mereka mengoleksi tiga poin dari delapan pertandingan. Sementara itu, Chelsea tertahan di peringkat keempat dengan 13 angka.Berikutnya, Palace akan bertandang ke Saint James' Park untuk menantang Newcastle United, Sabtu (21/10/2017).
  232 kali
Gol Harry Kane Bawa Kemenangan Inggris atas Lithuania
Meski sudah lolos lebih dulu, namun Timnas Inggris tetap tampil ngotot pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F Zona Eropa, dengan mengalahkan tuan rumah Lithuania 1-0, Senin (9/10) dinihari WIB.Main di LFF Stadionas, Lithuania, Inggris tak mau memberikan ruang kepada tuan rumah. Gol The Three Lions ini dicetak striker kebanggaan Inggris saat ini, Harry Kane. Inggris kokoh di pucuk klasemen dengan 26 poin dari 10 pertandingan, sementara Lithuania di posisi lima dengan enam poin hasil satu kemenangan, tiga kali seri dan enam kalah.Satu-satunya gol di laga ini tercipta berkat hadiah penalti yang diberikan wasit setelah Verbickas melakukan pelanggaran terhadap Dele Alli di area kotak terlarang pada menit ke-27. Harry Kane yang maju sebagai eksekutor, sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna. Kane melesakkan bola ke sudut kiri gawang Lithuania.BACA JUGA: Sudah 13 Negara Lolos ke Piala Dunia 2018 RusiaRashford nyaris membawa Inggris menggandakan keunggulan pada menit 39 saat melesakkan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, namun kiper Lithuania masih sigap mengamankan gawangnya. Jelang babak pertama berakhir, Lithuania nyaris menyamakan kedudukan lewat tembakan voli Cernych tetapi bola melenceng tipis dari sasarannya.Inggris nyaris melakukan gol bunuh diri pada menit 56 saat Michael Keane melakukan penyelamatan dengan sundulannya setelah Cernych melesakkan bola ke arah gawang Inggris. Beruntung, kiper Butland mampu menyelamatkan keadaan.Kiper Setkus melakukan penyelamatan gemilang pada menit 68 saat menepis sundulan Cresswell usai menerima umpan dari Henderson. Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan tercipta.Susunan pemain:Lithuania: Setkus, Andriuskevicius, Girdvainis, Zulpa, Linas Klimavicius, Borovskij, Slivka (Chvedukas), Verbickas, Novikovas, Sernas (Matulevicius), Cernych.Inggris: Butland; Keane, Maguire, Stones; Trippier, Winks, Henderson, Cresswell; Alli (Lindgard), Kane, Rashford (Sturridge).
  574 kali
Gol Harry Kane Saat Injury Time, Loloskan Inggris ke Piala Dunia 2018 Rusia
Timnas Inggris memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, setelah menang tipis atas Slovenia 1-0 berkat gol tunggal Harry Kane saat injury time di Stadion Wembley, London, Jumat (6/10) dinihari WIB.Kemenangan ini membawa Inggris bertengger di peringkat pertama Grup F dengan 23 poin dan tidak bisa dikejar oleh pesaing lainnya. Inggris masih menyisakan satu partai, yakni melawan Lithuania 8 Oktober mendatangSkotlandia yang mengalahkan Slowakia 1-0 berada diurutan kedua dengan 17 poin, dan akan berebut posisi playoff pada pertandingan terakhir melawan Slovenia pekan depan. Pada jalannya laga, Inggris mengambil inisiatif serangan melalui tusukan-tusukan dari sisi sayap kanan dan kiri mengandalkan pergerakan cepat penyerang sayap Manchester United Marcus Rashford.Namun strategi menyerang Inggris dimanfaatkan tim tamu untuk melancarkan serangan balik. Josip Ilicic nyaris mencuri gol dari skema serangan balik, namun beruntung bagi Inggris karena bola bisa diamankan  kiper Joe Hart pada menit 9.Kiper Slovenia, Jan Oblak, mengamankan gawangnya dari tendangan bebas Jordan Henderson menyusul pelanggaran kepada Rashford di sisi kiri dekat kotak penalti pada menit 25.Inggris terus melancarkan serangan melalui sayap dan sesekali mencuri kesempatan untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga babak pertama berakhir.Pada babak kedua, pasukan Gareth Southgate memiliki beberapa peluang dari pergerakan Raheem Sterling yang beroperasi di sayap kanan. Namun sepakan pemain depan Manchester City itu tidak akurat menuju gawang pada menut 70.Umpan Rashford kepada Kane pun kerap terbaca oleh barisan pertahanan Slovenia. Southgate kemudian mengubah strategi dengan menurunkan Michael Keane menggantikan Sterling sehingga Inggris bermain dengan tiga bek tengah.Inggris akhirnya memastikan kemenangan 1-0 pada menit 90+4 melalui sentuhan Harry Kane yang meneruskan umpan Kyle Walker dari sayap kanan. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.Susunan pemain:Inggris (4-2-3-1): Hart; Walker, Stones, Cahill, Bertrand; Henderson, Dier; Oxlade-Chamberlain, Sterling, Rashford; Kane.Slovenia (4-2-3-1): Oblak; Struna, Mevlja, Cesar, Jokic; Rotman, Krhin; Bezjak, Ilicic, Verbic; Sporar.
  3506 kali
Kane Jadi Kapten Timnas Inggris Hadapi Slovenia
Harry Kane bakal menjadi penerus Wayne Rooney sebagai kapten permanen tim nasional Inggris setelah ditunjuk pelatih Gareth Southgate menjadi kapten untuk laga kualifikasi Piala Dunia melawan Slovenia di Stadion Wembley, London, Kamis (5/10) malam atau Jumat dinihari WIB.Timnas Inggris tinggal membutuhkan satu kemenangan dan satu hasil seri dalam dua pertandingan terakhir untuk memastikan diri lolos dari Grup F zona Eropa ke Piala Dunia 2018 Rusia. Dalam beberapa bulan terakhir sejak mundurnya Rooney, Southgate memang merotasi jabatan kapten kepada tiga orang pemain reguler di Timnas Inggris yaitu Harry Kane, gelandang Liverpool Jordan Henderson dan bek Chelsea Gary Cahill.Kane, penyerang Tottenham berusia 24 tahun itu, menjadi kapten Inggris saat melawan Skotlandia dan Prancis pada akhir musim lalu. Jordan Handerson mengambil alih ban kapten saat melawan Malta dan Slowakia bulan lalu.BACA JUGA: Antisipasi Habisnya Era CR7, Real Madrid Bakal Beli Harry Kane"Dia adalah kapten untuk melawan Slovenia, yang sudah dia ketahui sebulan lalu. Kami sudah membicarakannya," kata Southgate pada konferensi pers di tempat latihan Tottenham di Enfield, London utara."Dia adalah seseorang yang kualitas kepemimpinannya sangat berharga bagi kita sebagai sebuah tim. Dia berada dalam momen yang sangat bagus sekaligus dalam penampilannya," ujar Southgate.Kane sudah mencetak 13 gol dalam delapan penampilan terakhirnya untuk klub dan negaranya. "Itu membuat saya sangat bangga," tambah Southgate."Sebagai anak-anak Anda ingin bermain untuk negara Anda dan selalu bermimpi menjadi kapten, terutama berjalan di Wembley. Itu akan menjadi hal yang menakjubkan bagi saya secara pribadi," timpal Kane.Prakiraan Formasi Pemain
  311 kali
1507196401879 tag