(Foto: Bolalob)

Nandy Sukma Wijaya, Flank Maut Asal Cicalengka Kebanggaan Warga Jabar

Siapa yang tidak kenal dengan Nandy Sukma Wijaya, pemain muda berbakat asal Bandung, Jawa Barat ini bermain gemiang di 2016. Dirinya menjadi salah satu pemain kunci lolosnya Biangbola Kaltim ke final four Pro Futsal League (PFL) 2016 hinggga akhirnya finish diperingkat ketiga.

Kegemilangannya membawa dirinya dipanggil mengikuti seleksi Timnas Futsal Indonesia dan dirinya terpilih menjadi bagian skuat Garuda berlaga di CFA International Futsal Tournament 2016 di Tiongkok. Di event tersebut Timnas Futsal berhasil menjadi runner-up.

Selepas dari Timnas Futsal, Nandy memperkuat Tim Futsal PON Jawa Barat yang berhasil dibawanya meraih medali emas. Prestasi yang membuat apparel asal Jepang terpincut untuk mengontraknya.

Bersama dengan Bolalob dan Mizuno Indonesia, Nandi berbicara tentang kiprahnya di futsal selama ini dan apa yang membuatnya bisa sukses sekarang.

1. Bisa diceritakan bagaimana seorang Nandy mengenal futsal dan bisa seperti sekarang?

Saya baru mengenal futsal itu semenjak kelas 3 SMP, sebelumnya saya hanya bermain bola di kampung halaman. Di SMP pun saya tidak pernah ikut kejuaraan futsal dimanapun, saya hanya bermain futsal fun futsal.

Semenjak saya masuk SMKN 1 Rancaekek yang berada di Kabupaten Bandung. Disitu saya mengikuti latihan futsal bersama kakak kelas di sekolah. Di SMK sering mengikuti kejuaraan di Kota dan Kabupaten Bandung. Lalu, pada saat saya kelas 3 SMK di ajak bergabung di klub liga amatir Bandung, NFC (New Futsal Club).

Setelah saya lulus sekolah saya mengikuti Porda membela Kota Bandung yang tuan rumahnya Kabupaten Bekasi ditahun 2014. Alhamdulillah, bisa meraih peringkat kedua. Pada 2015, saya ikut liga pro bersama Futsal Kota Bandung. Alhamdulillah bermain maksimal, meskipun dapat hasil yang kurang baik.

Tahun 2016, saya pindah klub ke Biangbola Kaltim. Alhamdulillah, di 2016 bersama Biangbola bermain maksimal sehingga saya dan teman-teman bisa memberikan prestasi peringkat ketiga PFL 2016.

Setelah itu, saya dapat pemanggilan Timnas. Meskipun pada saat seleknas saya bermain kurang maksimal dengan rencana Allah SWT, Alhamdulillah terpilih buat membela Timnas pada kejuaraan di Tiongkok dan mendapatkan medali perak.

Setelah dari Tiongkok saya kembali membela PON Jabar. Alhamdulillah, Allah SWT memberikan nikmat yang luar biasa kepada saya dan teman-teman PON Jabar menjuarai PON 2016 mendapatkan medali emas.



2. Menurut Nandy futsal itu apa sih?

Futsal itu hobi saya dan menurut saya futsal itu menyenangkan. Jangan menganggap futsal itu pekerjaan, anggap aja futsal itu hobi supaya kita bisa bermain lepas dan enjoy.

3. Seorang Nandy dikenal memiliki kecepatan dan gocekan maut. Menurut Nandi sendiri sebenarnya gaya permainannya itu seperti apa?

Menurut saya kelebihan saya hanya orang lain yang bisa menilai. Saya hanya bisa menjalanin karakter saya seperti ini, mempunyai dribble cepat dan menggocek lawan.



4. Nandy sendiri sebelum pertandingan biasanya ngapain dulu?

Sebelum pertandingan saya suku berimajinasi tentang hal positif. Tentang saya pada saat bermain baik di lapangan. Menurut saya hal positif yang kita pikirkan itu akan terbawa pada saat pertandingan.

5. PFL 2017 akan segera dimulai. Bagaimana persiapan seorang Nandy menyambut musim baru ini dan apa harapannya?

Sangat antusias untuk menyambut liga musim ini. Sejak 2 minggu sesudah PON, saya dan teman-teman sudah mengikuti pemusatan latihan bersama Biangbola Kaltim.

Target saya tahun ini setiap pertandingan ingin slalu bermain maksimal dan memberikan kontribusi baik buat tim.

6. Sejak kapan Nandy ditunjuk Mizuno Indonesia jadi salah satu brand ambasador-nya dan bagaimaa perasaannya?

Sekitar 4 bulan yang lalu waktu pulang dari Tiongkok bulan September. Rasanya senang, Aalhamdulillah bersyukur Allah SWT memberikan nikmat lagi kepada saya. Awalnya saya tidak menyangka bisa dipilih sebagai atlet Mizuno.

7. Sebagai pemakai Mizuno, bisa ceritakan mengenai silo terbaru Mizuno Basara 103 Sala ini?

Untuk Mizuno Basara 103 Sala ini ada perbedaanya yang paling menonjol dibandingkan dengan Mizuno Basara 103 In. Dibagian solnya sedikit berbeda, Seri Sala solnya lebih halus dan empuk pada saat dipakai dan ringan juga buat bobot sepatunya.

Seri Sala ini juga punya ventilasi udara dibagian samping sepatunya. Jadi, kalau misalkan dipakai kaki kita ga akan terasa panas.



8. Ada pesan untuk pemain muda futsal biar bisa sukses?

Pesan dari saya harus percaya diri dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Kegagalan bukan akhir dari segalanya.
Ikhtiar kerja keras adalah kunci buat kita menjadi bisa.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan Sepatu Futsal Mizuno, ikuti Quiznya disini! Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
editTerakhir diubah:  12/01/17 - 09:54

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Raih Gelar Juara, UPI APK Permata Tetap Ingin Menang di Laga Sisa
Tim futsal UPI APK Permata meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2017 pasca kemenangan besar 17-3 atas IAIS Soreang di Matchday 22 pada Sabtu (22/4) di GOR 17 Desember, Mataram, Nusa Tenggara Barat.Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan mereka sebagai juara Women Pro Futsal League 2017 meski masih menyisakan tiga laga.Ini dikarenakan Jaya Kencana Angels di hari yang sama harus takluk atas Kebumen Angels dengan skor 2-1 dan membuat poin mereka tetap yaitu 22. Jaya Kencana Angels yang masih punya tiga laga sisa hanya akan mendapatkan poin maksimal 31 atau sama seperti yang didapatkan oleh UPI saat ini.[suggestedarticle]Jika poin kedua tim ini sama, UPI tetap yang akan unggul karena mereka menang head to head. Ini berkat dua kemenangan mereka atas JK Angels di laga minggu lalu di Yogyakarta. UPI hanya butuh tambahan satu poin lagi jika memang tak ingin unggul secara head to head."Meskipun sudah juara kami tetap akan tampil maksimal di laga tersisa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata pelatih UPI yang juga pembina tim, Dikdik Jafar Sidik."Dari sisi permainan masih banyak yang harus ditingkatkan lagi. Makanya kita akan coba kembangkan di laga sisa," pungkasnya.
visibility  251 kali
Gelar Juara WPFL 2017 Dipersembahkan UPI Untuk Almarhum Rektor
Tim futsal UPI APK Permata berhasil meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2017 meski masih menyisakan dua laga lagi.Raihan gelar juara UPI ini dipersembahkan khusus untuk mendiang rektor mereka, Prof, H. Furqon M.A., Ph.D yang meninggal pada Sabtu (22/4) pagi atau beberapa jam sebelum UPI memastikan diri meraih gelar juara WPFL dengan kemenangan atas IAIS Soreang."Kami mempersembahkan gelar ini untuk lembaga yaitu UPI Bandung dan secara khusus Almarhum Rektor yang selalu mendukung kami," kata Dikdik Jafar Sidik, pelatih sekaligus pembina tim UPI.[suggestedarticle]Kapten UPI, Novita Murni Piranti, mengatakan, almarhum merupakan salah satu penopang dan pendukung yang selalu berada dibalik kesukesan tim UPI meraih berbagai gelar."Selama ini pak Furqon sangat mendukung yang namanya futsal putri UPI. Yang diinginkan prestasi dan selama ini prestasi kami semakin ke sini semakin bagus. Makanya di liga sangat mendukung," ucap Novita kepada Bolalob.Hasil ini juga membuat UPI APK Permata bakal mewakili Indonesia di ajang AFF Invitational Futsal Club Championship pada Juli mendatang.   Mengheningkan cipta dari para pemain UPI Permata APK untuk meninggalnya Rektor UPI Bandung, Prof, H. Furqon M.A., Ph.D. tadi pagi. Bolalob mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya Rektor UPI. #WPFL2017 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Apr 22, 2017 at 2:22am PDT
visibility  594 kali
Jelang Kontra Timnas Futsal U-20, Skuat Vamos Mataram Libur 2 Hari
Tim futsal Vamos Mataram tak mempunyai persiapan khusus dalam menghadapi laga ujicoba kontra Timnas Futsal U-20 pada Kamis (27/4) mendatang di GOR 17 Desember, Mataram, Nusa Tenggara Barat.Menurut pelatih Hicham Benhamou, skuatnya akan diliburkan selama dua hari sebelum laga ujicoba. Ini karena para pemain sudah terkuras tenaganya di laga pekan keenam grup B Pro Futsal league 2017 pada 22-23 April lalu di Mataram."Kita akan libur dua hari. Mereka akan bersantai," kata Hicham kepada Bolalob.[suggestedarticle]Hicham memberikan waktu luang untuk para pemain karena kerja keras mereka yang telah meraih kemenangan penting kontra Bintang Timur pada Minggu (23/4) lalu.Kemenangan ini membuat Vamos berhasil lolos ke final four sekaligus menggusur tempat BTS di puncak klasemen.
visibility  763 kali
Hitung-hitungan! IPC Pelindo II Jakarta dan 2 Laga Hidup Mati di Mataram
Dua tiket final four Pro Futsal League (PFL) 2017 Grup A masih diperebutkan oleh tiga tim, yaitu Permata Indah Manokwari, Mataram FC NTB, dan IPC Pelindo II Jakarta.Juara tiga kali liga futsal Indonesia, IPC yang kini berada diperingkat ketiga pun berpeluang lolos ke final four. IPC hanya kalah selisih gol dari Mataram yang berada diperingkat kedua dengan poin sama 22. Sementara IPC hanya berselisih tiga poin dengan pimpinan klasemen, Permata.Nasib IPC, lolos atau tidaknya ke final four akan ditentukan dipekan terakhir PFL 2017 Grup A yang akan berlangsung di GOR 17 Desember Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 29 dan 30 April besok. IPC akan menghadapi permata dihari Sabtu dan Mataram dihari Minggu. Bisa dikatakan, ini adalah duel hidup mati siapa yang bakal lolos ke final four.IPC dipastikan lolos ke final four jika mampu menyapu bersih dua kemenangan dipekan terakhir. Bahkan IPC cukup menang melawan Mataram meski saat melawan Permata kalah. Tapi, jika imbang bahkan kalah maka IPC harus kembali mengubur mimpi mereka lolos ke final four.   Permata Indah Manokwari, Mataram Fc dan IPC Pelindo II Jakarta berebut 2 tiket menuju Jogja bulan depan! Giga FC Kota Metro membutuhkan lebih dari keajaiban untuk ke Final Four. Tersisa 2 pertandingan. Menurut kamu siapa yang akan melaju ke Final Four? #PFL2017 Klasemen lengkap klik link di bio kita ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Apr 16, 2017 at 7:02am PDT
visibility  1072 kali
1493100901443 tag