(Foto: Bolalob)

Nandy Sukma Wijaya, Flank Maut Asal Cicalengka Kebanggaan Warga Jabar

Siapa yang tidak kenal dengan Nandy Sukma Wijaya, pemain muda berbakat asal Bandung, Jawa Barat ini bermain gemiang di 2016. Dirinya menjadi salah satu pemain kunci lolosnya Biangbola Kaltim ke final four Pro Futsal League (PFL) 2016 hinggga akhirnya finish diperingkat ketiga.

Kegemilangannya membawa dirinya dipanggil mengikuti seleksi Timnas Futsal Indonesia dan dirinya terpilih menjadi bagian skuat Garuda berlaga di CFA International Futsal Tournament 2016 di Tiongkok. Di event tersebut Timnas Futsal berhasil menjadi runner-up.

Selepas dari Timnas Futsal, Nandy memperkuat Tim Futsal PON Jawa Barat yang berhasil dibawanya meraih medali emas. Prestasi yang membuat apparel asal Jepang terpincut untuk mengontraknya.

Bersama dengan Bolalob dan Mizuno Indonesia, Nandi berbicara tentang kiprahnya di futsal selama ini dan apa yang membuatnya bisa sukses sekarang.

1. Bisa diceritakan bagaimana seorang Nandy mengenal futsal dan bisa seperti sekarang?

Saya baru mengenal futsal itu semenjak kelas 3 SMP, sebelumnya saya hanya bermain bola di kampung halaman. Di SMP pun saya tidak pernah ikut kejuaraan futsal dimanapun, saya hanya bermain futsal fun futsal.

Semenjak saya masuk SMKN 1 Rancaekek yang berada di Kabupaten Bandung. Disitu saya mengikuti latihan futsal bersama kakak kelas di sekolah. Di SMK sering mengikuti kejuaraan di Kota dan Kabupaten Bandung. Lalu, pada saat saya kelas 3 SMK di ajak bergabung di klub liga amatir Bandung, NFC (New Futsal Club).

Setelah saya lulus sekolah saya mengikuti Porda membela Kota Bandung yang tuan rumahnya Kabupaten Bekasi ditahun 2014. Alhamdulillah, bisa meraih peringkat kedua. Pada 2015, saya ikut liga pro bersama Futsal Kota Bandung. Alhamdulillah bermain maksimal, meskipun dapat hasil yang kurang baik.

Tahun 2016, saya pindah klub ke Biangbola Kaltim. Alhamdulillah, di 2016 bersama Biangbola bermain maksimal sehingga saya dan teman-teman bisa memberikan prestasi peringkat ketiga PFL 2016.

Setelah itu, saya dapat pemanggilan Timnas. Meskipun pada saat seleknas saya bermain kurang maksimal dengan rencana Allah SWT, Alhamdulillah terpilih buat membela Timnas pada kejuaraan di Tiongkok dan mendapatkan medali perak.

Setelah dari Tiongkok saya kembali membela PON Jabar. Alhamdulillah, Allah SWT memberikan nikmat yang luar biasa kepada saya dan teman-teman PON Jabar menjuarai PON 2016 mendapatkan medali emas.



2. Menurut Nandy futsal itu apa sih?

Futsal itu hobi saya dan menurut saya futsal itu menyenangkan. Jangan menganggap futsal itu pekerjaan, anggap aja futsal itu hobi supaya kita bisa bermain lepas dan enjoy.

3. Seorang Nandy dikenal memiliki kecepatan dan gocekan maut. Menurut Nandi sendiri sebenarnya gaya permainannya itu seperti apa?

Menurut saya kelebihan saya hanya orang lain yang bisa menilai. Saya hanya bisa menjalanin karakter saya seperti ini, mempunyai dribble cepat dan menggocek lawan.



4. Nandy sendiri sebelum pertandingan biasanya ngapain dulu?

Sebelum pertandingan saya suku berimajinasi tentang hal positif. Tentang saya pada saat bermain baik di lapangan. Menurut saya hal positif yang kita pikirkan itu akan terbawa pada saat pertandingan.

5. PFL 2017 akan segera dimulai. Bagaimana persiapan seorang Nandy menyambut musim baru ini dan apa harapannya?

Sangat antusias untuk menyambut liga musim ini. Sejak 2 minggu sesudah PON, saya dan teman-teman sudah mengikuti pemusatan latihan bersama Biangbola Kaltim.

Target saya tahun ini setiap pertandingan ingin slalu bermain maksimal dan memberikan kontribusi baik buat tim.

6. Sejak kapan Nandy ditunjuk Mizuno Indonesia jadi salah satu brand ambasador-nya dan bagaimaa perasaannya?

Sekitar 4 bulan yang lalu waktu pulang dari Tiongkok bulan September. Rasanya senang, Aalhamdulillah bersyukur Allah SWT memberikan nikmat lagi kepada saya. Awalnya saya tidak menyangka bisa dipilih sebagai atlet Mizuno.

7. Sebagai pemakai Mizuno, bisa ceritakan mengenai silo terbaru Mizuno Basara 103 Sala ini?

Untuk Mizuno Basara 103 Sala ini ada perbedaanya yang paling menonjol dibandingkan dengan Mizuno Basara 103 In. Dibagian solnya sedikit berbeda, Seri Sala solnya lebih halus dan empuk pada saat dipakai dan ringan juga buat bobot sepatunya.

Seri Sala ini juga punya ventilasi udara dibagian samping sepatunya. Jadi, kalau misalkan dipakai kaki kita ga akan terasa panas.



8. Ada pesan untuk pemain muda futsal biar bisa sukses?

Pesan dari saya harus percaya diri dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Kegagalan bukan akhir dari segalanya.
Ikhtiar kerja keras adalah kunci buat kita menjadi bisa.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan Sepatu Futsal Mizuno, ikuti Quiznya disini! Jangan lupa untuk kunjungi www.mizuno.id dan ikuti terus social media Mizuno Indonesia di Instagram, Facebook dan Twitter.
editTerakhir diubah:  12/01/17 - 09:54

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


2 Pemain Anyar Dari Thailand Diprediksi Cepat Beradaptasi Dengan IPC Pelindo
IPC Pelindo II Jakarta bakal kedatangan dua pemain baru yaitu dua bintang timnas Thailand, Jetsada Chudech dan Chaivat Jamgrajang.Jetsada Chudech sendiri merupakan pivot yang berasal dari klub Royal Navy dan sudah jadi andalan timnas futsal Thailand selama 10 tahun belakangan. Sementara Chaivat yang berposisi Anchor berasal dari klub Thai Port yang juga masuk skuat utama tim gajah perang selama beberapa tahun belakangan.Kedua tim direkrut Pelindo dengan status pinjaman dari klubnya dan akan kembali setelah PFL 2018 usai.[suggestedarticle=3]Mengenai adaptasi pemain, Dadang Iskandar, pelatih IPC Pelindo, memprediksi keduanya tidak akan mempunyai kendala banyak karena sistem yang diterapkan skuatnya sama dengan Thailand."Kalau untuk adaptasi sistemnya Pelindo dan Thailand sama. Jadi tidak ada masalah. Semoga kita bisa maksimalkan mereka di pekan ketiga besok," ujar Dadang kepada Bolalob.Kedua pemain Thailand ini tiba di Indonesia pada Selasa (20/2) mendatang dan punya waktu tiga hari untuk beradaptasi sebelum berlaga di pekan ketiga PFL 2018 pada 24-25 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya, Jawa Timur.
  494 kali
Menanti Gebrakan Tim-tim Grup A PFL 2018 di Bursa Transfer Paruh Musim
Bursa Transfer paruh musim Pro Futsal league 2018 grup A resmi dibuka setelah menyelesaikan pekan ketiga.Kedelapan tim boleh melakukan penambahan lima pemain di bursa transfer paruh musim ini. Meski begitu tetap nantinya hanya ada 18 pemain yang berada dalam daftar skuat. Beberapa tim terlihat belum tampil maksimal di enam laga awal. Hanya Vamos Mataram dan SKN FC Kebumen yang berhasil konsisten dengan meraih lima kemenangan dari enam laga. Gebrakan lainnya perlu dilakukan tim-tim untuk menambal sulam skuatnya.[suggestedarticle=3]Bursa transfer paruh musim ini menjadi kesempatan untuk tampil beda dan bangkit laga di empat sembilan laga delapan laga berikutnya. Gebrakan transfer bukan hanya membawa pemain asing saja, tetapi pemain-pemain yang potensial menjadi andalan di tim baru.Selain itu patut ditunggu kiprah Vamos Mataram yang masih punya tiga slot lagi untuk penambahan pemainnya. Di putaran kedua musim lalu Vamos merekrut dua pemain asing yaitu Ali Abedin (Iran) dan Khalid El Hattach (Belanda) serta menggaet pelatih asal Belanda, Hicham Benhamou.Ketiga orang tersebut menjadi pembeda Vamos di putaran kedua dan mampu membawa mereka ke tangga juara.
  551 kali
Bursa Transfer Paruh Musim Grup A PFL 2018 Resmi Dibuka!
Pro Futsal League 2018 grup A telah menyelesaikan pekan ketiga pada 17-18 Februari ini di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Delapan tim peserta telah memainkan enam laga hingga pekan ketiga ini.Usainya gelaran PFL 2018 grup A pekan ketiga ini juga berarti jendela transfer paruh musim PFL 2018 telah dibuka meski menyisakan satu laga lagi di putaran pertama. Bursa transfer PFL 2018 grup A dibuka selama dua minggu pada 19 Februari hingga 2 Maret mendatang.[suggestedarticle=3]Kedelapan tim boleh melakukan penambahan lima pemain di bursa transfer paruh musim ini. Meski begitu tetap nantinya hanya ada 18 pemain yang berada dalam daftar skuat. Perlu bursa transfer antar pemain dari klub perserta PFL 2018 ini harus menyertakan surat keluar dari klub lamanya agar proses perpindahan disahkan Federasi Futsal Indonesia.Pemain rekrutan anyar dari bursa transfer paruh musim sudah bisa berlaga di matchday ketujuh putaran pertama pada pekan keempat grup A, 3-4 Maret mendatang.
  557 kali
2 Bintang Timnas Thailand di Black Steel Dituntut Bisa Beradaptasi Dengan Tim
Meski berstatus bintang dan merupakan salah satu mega transfer Black Steel Manokwari, dua penggawa bintang timnas Thailand, Suphawut Thueanklang dan Kritsada Wongkaeo, harus tetap bekerja keras dalam tim.Menurut Yori van der Torren, pelatih Black Steel Manokwari, kedua pemain tidak diistimewakan dalam tim karena setiap pemain harus bekerja keras untuk menjadi bagian dari perjalanan Black Steel di liga musim ini.[suggestedarticle=3]"Kita satu tim satu kolektivitas. Kita enggak ngandelin orang. Mereka akan gabung dan mereka harus kerja keras serta tampilkan performa bagus," kata Yori kepada Bolalob beberapa waktu lalu."Mereka bawa ilmu dan pengalaman, kita juga akan belajar banyak di lapangan, tetapi tetap kita harus kerja keras biar performa tidak jelek," ujar pelatih asal Belanda tersebut.Kedua pemain punya waktu satu minggu untuk beradaptasi dengan tim sebelum berlaga di pekan ketiga Pro Futsal League 2018 pada 24-25 Februari mendatang di GOR UNESA, Surabaya."Kita akan lihat performa mereka cocok atau tidak. Tetapi di luar hal itu saya tetap percaya diri tanpa mereka kita tetap bisa kasih performa yang bagus," pungkas Yori.
  917 kali
Kedatangan 2 Pemain Thailand, Ini Harapan IPC Pelindo
Hanya meraih satu kemenangan dari empat laga yang telah dilakoni tentunya membuat IPC Pelindo II Jakarta sedikit was-was. Meski begitu, ada 10 laga lagi yang harus diperjuangkan di Pro Futsal league 2018.Apalagi di 10 laga selanjutnya, IPC Pelindo II sudah kedatangan dua pemain rekrutan anyar mereka yang merupakan bintang timnas Thailand, Jetsada Chudech dan Chaivat Jamgrajang. Kedua pemain diharapkan mampu menambah daya gedor skuat Pelindo yang di empat laga punya permasalahan dalam soal penyelesaian akhir.[suggestedarticle=4]"Tentunya ada pivot dan Anchor baru ini akan kita padukan dengan yang ada. Mudah-mudahan mereka bisa bantu untuk berikan hasil yang terbaik untuk kami," kata Dadang Iskandar, pelatih kepala IPC Pelindo, kepada Bolalob.Jetsada Chudech sendiri merupakan pivot yang berasal dari klub Royal Navy dan sudah jadi andalan timnas futsal Thailand selama 10 tahun belakangan. Sementara Chaivat yang berposisi Anchor berasal dari klub Thai Port yang juga masuk skuat utama tim gajah perang selama beberapa tahun belakangan.Kedua tim direkrut Pelindo dengan status pinjaman dari klubnya dan akan kembali setelah PFL 2018 usai.
  775 kali
Wonderkid Kebumen Pimpin Daftar Top Skor Women Pro Futsal League 2018
Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 telah menggelar matchday kesepuluh pada Minggu (18/1/2018).Pada pekan kelima ini, 4 tim yang berlaga adalah Kebumen Angels, Jaya Kencana Angels, Banteng Muda Malang, dan Muara Enim United. Dinar Kartika Sari dari Kebumen Angels masih memimpin daftar top skor WPFL 2018 dengan 10 gol.[suggestedarticle=3]Berikut daftar top skor sementara WPFL 2018 hingga matchday kesepuluh.10 GolDinar Kartika Sari (Kebumen United Angels)7 GolTugiyati (Banteng Muda Malang)Febriana Kusumaningrum (Kebumen United Angels)6 GolAnggi Puspita Sari (Jaya Kencana Angels)Syenida Meryfandina (Jaya Kencana Angels5 GolFitri Rosdiana (UPI Bandung)Novita Murni Piranti (UPI Bandung)4 GolDevi Fitriana Hutami Putri (Jaya Kencana Angels)Rahma Wulan Aprilita (Jaya Kencana Angels)Dhia Putri Hapsari (Kebumen United Angels)Nisma Francida Rusdiana (Kebumen United Angels)[suggestedarticle]3 GolSuciana Yuliani (Kebumen United Angels)Yunita Sari (UPI Bandung)Rizky Amalia Putri (NPS FC Surabaya)Jesella Arifya Sari (Banteng Muda Malang)2 GolFransiska Bella (Banteng Muda Malang)Dwie Aprillia Fitria Murti (Pansa FC Bantul)Nava Rina Fatmawati (Banteng Muda Malang)Riri Junian Nella (Netic Ladies Cibinong)Mila Nurkarmila (Kebumen United Angels)Maya Muharina Fajriah (Netic Ladies Cibinong)Maulina Novryliani (Kebumen United Angels)Sopia (Netic Ladies Cibinong)Galuh Candra Kirana Putri Prasetya (Netic Ladies Cibinong)Dewi Tia Safitri (Pansa FC Bantul)Widia Safitri (NPS FC Surabaya)Leni Yuliani (Muara Enim United)Restu khoerunnisa (Muara Enim United)Regina Tiofanny Herdiyanta (Banteng Muda Malang)Fitriya Hilda (Jaya Kencana Angels)
  644 kali
Kebumen Angels Puncaki Klasemen Sementara Women Pro Futsal League 2018
Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 telah menggelar matchday kesepuluh pada Minggu (18/1/2018).Pada pekan kelima ini, 4 tim yang berlaga adalah Kebumen Angels, Jaya Kencana Angels, Banteng Muda Malang, dan Muara Enim United. Pada matchday kesepuluh, Kebumen berhasil mengalahkan JK Angels di laga super big match.[suggestedarticle=3]Berikut klasemen sementara WPFL 2018 hingga matchday kesepuluh.   Kebumen United Angels kukuhkan diri pada klasemen sementara #WPFL2018 setelah memenangkan pertandingan melawan Jaya Kencana Angels. Peringkat berapa jagoan kalian? Kalau mau lihat hasil dan klasemen selengkapnya bisa kalian cek di stories atau di bio yah #WPFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 18, 2018 at 7:15am PST
  572 kali
Inilah Hasil Matchday 10 Women Pro Futsal League 2018
Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 telah menggelar matchday kesepuluh pada Minggu (18/1/2018).Pada pekan kelima ini, 4 tim yang berlaga adalah Kebumen Angels, Jaya Kencana Angels, Banteng Muda Malang, dan Muara Enim United. Pada matchday kesepuluh, Kebumen berhasil mengalahkan JK Angels di laga super big match.[suggestedarticle=3]Berikut hasil matchday kesepuluh WPFL 2018.Minggu, 18 Februari 2018 19. Banteng Muda Malang 6-1 Muara Enim United   FT: Banteng Muda Malang 6 x 1 Muara Enim United! Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #WPFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 18, 2018 at 5:00am PST 20. Kebumen Angels 5-2 Jaya Kencana Angels   FT: Kebumen Angels 5 x 2 Jaya Kencana Angels! Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #WPFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 18, 2018 at 7:00am PST
  439 kali
Momen Menarik di Matchday 6 Grup A Pro Futsal League 2018
Pro Futsal League 2018 telah menyelesaikan matchday 6 grup A pada Minggu (18/2) di GOR Amongrogo, Yogyakarta.Beberapa momen berhasil tertangkap kamera Bolalob di matchday 6 ini seperti kemenangan gol Debut Khairul Effendy Bahrin serta kedatangan dua tamu pemain dari grup sebelah.Berikut beberapa momen di matchday 6 PFL 2018:Gol Debut Bintang Timnas Malaysia   Khairul Effendy atau biasa dipanggil Ayon, sukses mencetak gol debutnya bersama SKN FC Kebumen di Pro Futsal League 2018 👏🏻🔥#PFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 6:51pm PST Salah satu penonton di GOR Amongrogo   Ardiansyah Runtuboy dan Evan hadir di GOR Amongrogo menonton laga Vamos Mataram vs My Futsal Cosmo FC. Liburan diisi dengan menonton laga grup lain boy. #PFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 10:56pm PST Wonderkid Vamos Menunjukan tajinya   MOTM: Vamos Mataram 5 x 3 My Futsal Cosmo FC! Anzar dari Vamos Matram! Permainan yang semakin istimewa diperlihatkan Anzar dari hari ke hari. Hari ini dia sukses menceploskan satu gol dan satu assist sekaligus sukses mengobrak-abrik pertahanan MFC. Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #PFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 11:43pm PST Kebumen Angels Berjaya di Rematch   FT: Kebumen Angels 5 x 2 Jaya Kencana Angels! Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #WPFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 18, 2018 at 7:00am PST
  579 kali
4 Pemain yang Tampil Gemilang di Matchday 6 Grup A PFL 2018
Pro Futsal League 2018 telah menyelesaikan matchday 6 grup A pada Minggu (18/2) di GOR Amongrogo, Yogyakarta.Empat pemain tampil gemilang dan berhasil menjadi man of the match versi bolalob. Pemain muda Vamos asal Makassar, Anzar, kembali menjadi pusat perhatian dengan penampilan cemerlangnya bersama Vamos.Anzar kembali menjadi MOTM setelah di laga sebelumnya, hattrick pemain berkaki kidal ini membawanya menjadi MOTM. Sementara kiper Lucky Darmawan dari Dyvy SFC Planet menjadi MOTM untuk yang kedua kalinya.Berikut 4 MOTM di matchday 6:Ariansyah - SKN FC Kebumen   MOTM: SKN FC Kebumen 9 x 1 Dumai FC Riau! Ariansyah dari SKN FC Kebumen! Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #PFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 7:51pm PST Lucky Darmawan - Dyvy SFC Planet   MOTM: APK Samarinda 2 x 5 Dyvy SFC Planet! Lucky Darmawan dari Dyvy SFC Planet! Berhasil bermain gemilang melakukan beberapa penyemalatan dan bawa Dyvy sukses mengamankan 3 poin tambahan. Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #PFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 10:02pm PST [suggestedarticle=3]Anzar - Vamos Mataram   MOTM: Vamos Mataram 5 x 3 My Futsal Cosmo FC! Anzar dari Vamos Matram! Permainan yang semakin istimewa diperlihatkan Anzar dari hari ke hari. Hari ini dia sukses menceploskan satu gol dan satu assist sekaligus sukses mengobrak-abrik pertahanan MFC. Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #PFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 17, 2018 at 11:43pm PST Ikrima Nofiansyah - Dekings Bogor FC   MOTM: Dekings Bogor FC 3 x 1 Giga FC Kota Metro! Ikrima Nofiansyah dari Dekings Bogor FC! Satu gol dan satu assist sekaligus memberikan tiga poin tambahan untuk Dekings. Link streaming, match live update ataupun update terbaru tentang #PFL2018, klik link di bio atau slide di Stories ya! A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Feb 18, 2018 at 2:07am PST
  725 kali
1518969602093 tag