(Foto: indosoccer)

Pemain Telstar Ini Berhasrat untuk Bela Timnas Indonesia

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang gencar - gencarnya melakukan naturalisasi pesepak bola asing demi mencapai target emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018.

Kementerian Pemuda dan Olahraga pun siap membantu rencana besar PSSI ini dan siap menjalin kerja sama dengan para Duta Besar Indonesia di negara-negara di Eropa dan Qatar. Kemenpora ingin mereka ikut memantau pemain-pemain sepak bola yang punya hubungan keturunan dengan Indonesia.

BACA JUGA: Pujian Buffon Untuk Emil Mulyadi

Banyak pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia tersebar di Eropa, salah satunya di negeri Belanda.

Nama Jordy Tutuarima mungkin tak asing, dirinya memiliki kakek yang berasal dari Ambon, Maluku. Bek asal SC Telstar ini ternyata memendam keinginan untuk bisa membela tim nasional Indonesia.

Jordy pun menyambut positif program naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI.

BACA JUGA: PSSI Akan Naturalisasi Kiper Juventus!

"Saya sangat setuju dengan rencana dari PSSI. Saya pikir ini bagus untuk masa depan timnas. Untuk menciptakan tingkat yang lebih tinggi di sepakbola," ujar Tutuarima kepada Bolalob.

"Dan tentu agar bisa memenangi Piala AFF di masa mendatang dan lolos ke turnamen yang lebih tinggi. Karena di turnamen AFF sebelumnya kita hanya finis di posisi runner-up. Saya pikir ini saat yang tepat untuk memenangi trofi itu. Indonesia Juara!," lanjutnya.

Jika ada kesempatan untuk bisa bermain di timnas Indonesia, Jordy siap memberikan yang terbaik, sama seperti yang rekannya tunjukan yakni Stefano Lilipaly.

BACA JUGA: Laju Gemilang Stefano Lilipaly Akhirnya Terhenti

"Sejujurnya ini adalah mimpi dan penghargaan besar jika bisa bermain untuk Indonesia, dan saya ingin bermain untuk negara dan darah saya. Jadi saya tentu berharap mereka akan bisa menaturalisasi saya untuk timnas Indonesia."

Jordy Tutuarima juga tercatat pernah membela timnas Belanda U-18 namun belum mencicipi caps di timnas Belanda senior. Sama seperti Lilipaly, Jordy Tutuarima juga memiliki darah Maluku dalam dirinya.

editTerakhir diubah:  07/02/17 - 17:01

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Bali United Masih Seret Gol, Lilipaly Bicara Chemistry
Stefano Lilipaly menilai chemistry di lini depan Bali United masih bisa terus meningkat. Kurang padunya lini depan Bali United membuat skaud berjuluk Serdadu Tridatu tersebut sulit untuk mencetak gol.Bali United musim lalu dikenal sebagai tim paling produktif di Liga 1. Kehilangan Sylvano Comvalius tampaknya masih belum dapat tergantikan di lini depan Bali United.Kehadiran Spasojevic di lini depan diprediksi akan menjadi mesin gol Bali United, namun hingga pekan kelima masih belum terbukti. Sejauh ini Bali United menjadi tim keempat yang paling minim mencetak gol di Liga 1 2018 dengan torehan lima gol.[suggestedarticle=3]Lilipaly mengungkapkan belum padunya lini depan Bali United karena para pemain masih terus mencari cara terbaik untuk bisa tampil kompak. Lilipaly menilai lini depan Bali United masih bisa terus berkembang untuk semakin tajam.[pagebreak]Masih Bisa Lebih Baik[/pagebreak]"Ya kita masih bisa lebih baik lagi," kata Lilipaly saat ditanya tentang chemistry lini depan Bali United, Senin (23/4)."Karena kami memiliki banyak pemain kualitas. Tetapi itu bagian dari proses," kata Lilipaly.Bali United sejauh ini menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan dalam lima laga Liga 1 2018. Dari lima laga, Bali United berhasil bercokol di peringkat keempat dengan sembilan poin.
  472 kali
TOP NEWS: Kondisi Terkini Kurnia Meiga, Pemain Belanda Keturunan Maluku Juara di Belanda
Teka-teki kondisi kesehatan penjaga gawang timnas Indonesia dan Arema FC, Kurnia Meiga Hermansyah mulai diungkap ke publik.Beri Kejutan Pada Putrinya, Kurnia Meiga Ungkap Kondisi TerbarunyaTimnas Indonesia U-23 lakukan persiapan untuk Anniversary Cup 2018. Namun, turnamen yang berlangsung pada 27 April hingga 3 Mei itu berbentrokan dengan laga klasik Persija Jakarta kontra Persib Bandung di Liga 1.Pelatih Timnas Serahkan Izin Pemain Persija dan Persib kepada PSSITimnas Indonesia U-23 memulai latihan perdana untuk Anniversary Cup di Lapangan ABC Senayan. Namun, skuat timnas belum lengkap 24 pemain dan hanya ada 15 pemain yang berlatih.Latihan Perdana Timnas Indonesia U-23 Tanpa Kehadiran 9 PemainFeyenoord Rotterdam berhasil menjadi juara Piala Belanda atau KNVB Cup usai di partai final mengalahkan AZ Alkmaar 3-0 di Stadion De Kuip, Minggu (22/4/2018). Pemain Keturunan Indonesia Antar Klubnya Juara Piala Belanda
  2314 kali
Timnas Indonesia Ditantang Perguruan Toho, Ini Komentar PSSI
Saat ini Instagram tengah dipenuhi akun-akun yang mengatasnamakan tokoh-tokoh di serial Captain Tsubasa. Akun instagram resmi milik PSSI tidak luput dari 'serangan' akun-akun ini.Menariknya salah satu komentar ditanggapi oleh admin media sosial PSSI. Komentar yang ditanggapi adalah dari Wakashimazu. Wakashimazu sendiri merupakan karakter penjaga gawang dari Perguruan Toho."Kami harap timnas kalian bertemu tim Toho kami yang terkenal di seluruh dunia, nanti kami bantai kalian," tulis akun tersebut.[suggestedarticle=3]PSSI menanggapi tantangan ini dengan kocak. PSSI menyebut lebih tertarik berhadapan melawan Nankatsu."Kami lebih tertarik menghadapi Nankatsu yang dihuni duet emas Tsubasa Ozora-Taro Misaki plus kiper mumpuni Genzo Wakabayashi dibanding tim Anda. Lebih menantang," tulis PSSI.Setelah itu komentar tersebut semakin ramai dibanjiri oleh akun-akun yang mengatasnamakan karakrter di Captain Tsubasa. Ada akun-akun seperti Kojiro Hyuga, Taro Misaki, dan Roberto Hongo. Ada-ada saja!
  3969 kali
Daftar Pemain Uzbekistan di Anniversary Cup 2018
Uzbekistan akan membawa sebanyak 23 pemain dalam ajang PSSI Anniversary Cup 2018, yang dimulai pada 27 April 2018 di Stadion Pakansari, Bogor.Negara Asia Timur ini datang menggantikan Malaysia yang mundur beberapa pekan lalu. Peserta lain adalah Bahrain dan Korea Utara.[suggestedarticle]Juara Piala Asia U-23 di China Januari lalu ini datang dengan banyak perubahan dalam komposisi pemain. Tercatat hanya ada beberapa nama saja yang dibawa ke Indonesia yang merupakan skuat juara. Seperti penjaga gawang Ergashev Botirali dan juga striker Sidorov Andrey.Dibawah pelatih Ravshan Khaydaro, Uzbekistan membawa 23 pemain dan tentu berharap membuktikan mereka layak menjadi kuda hitam baru di benua Asia.Skuat Uzbekistan U-23KiperErgashev Botirali, Ergashev UmidjonBelakangAlijonov Khojiakbar, Alijanov Ilkhomjon, Gofurov Husniddin, Muydinov Abubakir, Mukhitdinov Sharof, Narzullaev DoniyorjonTengahAbdullaev Abdulla, Alikulov Khusniddin, Kenjabaev Islom, Kodirkulov Sanjar, Nurulloev Sukhrob, Rustamov Oybek, Sidorov Andrey, Ulmasaliev Avazbek, Amonov AzizbekDepanTukhtasinov NurilloPelatih: Ravshan Khaydarov (Uzbekistan)Jadwal Pertandingan PSSI Anniversary Cup 2018:Jumat 27 April 201816.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara19.30 WIB: Indonesia vs BahrainSenin 30 April 201816.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan19.30 WIB: Indonesia vs Korea UtaraKamis 3 Mei 201816.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan
  1001 kali
Pemain Keturunan Indonesia Antar Klubnya Juara Piala Belanda
Feyenoord Rotterdam berhasil menjadi juara Piala Belanda atau KNVB Cup usai di partai final mengalahkan AZ Alkmaar 3-0 di Stadion De Kuip, Minggu (22/4/2018). Mantan penyerang Manchester United, Robin van Persie mencetak satu gol pada menit ke-57. Sementara dua gol Feyenoord lainnya diciptakan Nicolai Jorgensen (28') dan Jens Toornstra (90+3).Pemain keturunan Indonesia yakni Kevin Diks memiliki andil dalam kesuksesan Feyenoord meraih gelar ini.Diks tampil penuh mengisi posisi bek kanan Feyenoord dalam 90 menit. Uniknya ini adalah gelar kedua ia secara beruntun, setelah pada musim lalu ia membantu Vitesse merebut trofi ini.[suggestedarticle]Pemain berusia 21 tahun ini didatangkan Feyenoord di awal musim dengan status pemain pinjaman dari raksasa Serie A Italia, Fiorentina.Diks yang memiliki arah Maluku dari kakeknya merupakan jebolan akademi Vitesse sebelum melakukan debut di pentas Eredivisie pada bulan Agustus 2014 lalu.  Kemudian, pada September 2016 kemarin, Kevin direkrut klub raksasa Italia, Fiorentina, dengan kontrak 5 tahun.Dirinya pernah memperkuat tim nasional Belanda junior dari U-19 (4 caps), U-20 (5 caps) serta U-21 (2 caps).Sepanjang sejarah Feyenoord sudah mengoleksi 13 Piala Belanda, dimana terakhir kali mereka memenangi titel ini pada musim 2015-2016. B E K E R B A Z E N ??#azfey #Feyenoord pic.twitter.com/3UorrQehbo — Feyenoord Rotterdam (@Feyenoord) April 22, 2018
  4416 kali
Bertemu 3 Tim Besar Asia, Ini Target Luis Milla di Anniversary Cup 2018
Pekan depan Tim Nasional Indonesia U-23 akan tampil di ajang Anniversary Cup 2018 yang digelar oleh PSSI di Stadion Pakansari, Bogor.Bersama dengan tiga negara lain yakni Bahrain, Uzbekistan dan juga Korea Utara, skuat Garuda akan saling menguji persiapan mereka jelang Asian Games 2018.Pelatih timnas U-23, Luis Milla telah memanggil sebanyak 24 pemain yang akan menjalani pemusatan latihan singkat lalu tampil di tiga laga tersebut.Sebanyak 21 pemain berusia di bawah 23 tahun plus tiga pemain senior dipanggil oleh Milla, sebagai rangkaian persiapan mereka tampil di ajang sesungguhnya pada Agustus mendatang dengan tiga pemain senior."Kami memanggil 24 pemain untuk menghadapi tim-tim kuat di Asia. Saya ingin pemain belajar dari turnamen ini. Jadi bukan soal menang atau kalah, tapi saya dapat melihat sampai di mana level dan perkembangan permainan mereka. Intinya Timnas Indonesia akan bermain maksimal di ajang tersebut," ujar Luis Milla.[suggestedarticle]Salah satu nama yang dipanggil dan menjadi andalan Milla adalah Febri Hariyadi. Gelandang muda asal Persib Bandung ini sependapat dengans ang pelatih mengenai tujuan utama timnas berhadapan dengan tiga negara kuat Asia."Pertandingan ini buat saya merupakan pertandingan bagus karena lawan-lawan yang ada pun bagus. Semoga kami bisa mendapatkan pelajaran dan bisa mencari pengalaman untuk bermain di Asian Games," ujar bintang Timnas Indonesia U-23 yang terkenal dengan dribel dan kecepatan yang luar biasa itu.Adapun jadwal lengkap turnamen Anniversary Cup 2018 adalah sebagai berikut:Jumat, 27 April 2018 16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara 19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain.Senin, 30 April 2018 16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan 19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara.Kamis, 3 Mei 2018 16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain 19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan
  1487 kali
PSSI Anniversary Cup 2018: Bahrain Bawa Banyak Pemain ke Indonesia
Tim Nasional Bahrain U-23 akan membawa rombongan besar dalam lawatan mereka ke Indonesia pada pekan depan.Bahrain menjadi salah satu lawan di ajang PSSI Anniversary Cup tahun 2018, bersama dengan Korea Utara dan juga Uzbekistan.Melalui rilis resmi dari PSSI, dalam lawatan kali ini setidaknya ada 35 pemain yang dibawa oleh pelatih Samir Chammam, dan juga 11 ofisial tim.Dalam kelompok usia U-23 Indonesia belum pernah berjumpa dengan Bahrain. [suggestedarticle]Namun untuk level senior, Indonesia pernah mengalahkan mereka saat Piala Asia 2007 dimana gol dari Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas membuat tim Garuda memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.Bahrain akan menjadi lawan perdana skuat Garuda di ajang Anniversary Cup, yang akan dimulai pada 27 April 2018 di Stadion Pakansari, Bogor.Daftar Nama-nama Ofisial dan Pemain Timnas Bahrain U-23OfisialKHALED ALKHALIFA – MANAGER, AHMED ALKHALIFA – TEAM MANAGER, HAMAD ALKHALDI – TEAM MANAGER, SAMIR CHAMMAM – COACH, BADER BUBEDAIR – ASSISTANT COACH, ABDULLA BELAL – GOALKEEPER COACH, MOHAMED SELLAMI – FITNESS COACH, SAYED MOAYYED REDHA – DOCTOR, SHAWQI ALSHENOW – DOCTOR, EMAN ISMAIL – EQUIPMENT OFFICER, ANIMISH KUMAR – MASSAGERPemainKiper: ABDULAZIZ ALKANDARI, ANWAR MOHSEN, AMMAR AHMED, YUSUF SHABAANBelakang: ALI YAHYA, AHMED BUGHAMMAR, HUSAIN SABBA, HAMED ALSHAMSAN, HUSAIN ALKHAYYAT, SAYED MOHAMED SHUBBAR, MURTADHA ALI, SALEM HASAN, QASIM OBAID, SALEM SALEM, MUSAB BUHAYEDTengah: MOHAMED MARHOON, HASAN MADAN, ABDULRAHMAN BURESHAID, HAMZA ALJUBAN, JASIM ABDULLA, AHMED SANAD, YASEER BALOSH, JASIM ALSALAMA, ADNAN ALSHIRAH, SALEH ALASHBAN, ABBAS ALASFOOR, SALMAN MAHMOODDepan:ABDULLA ALJAZEERI, ABDULAZIZ ALMANSOORI, MAHMOOD ALBANNA, HASAN ALKARRANI, HASHIM HASHIM, AHMED ALSHEROOQI, ABDULLA ALHAYKI, SAYED EBRAHIM MOHSEN
  1295 kali
Kick-off Liga 1 U-19 Temui Titik Terang
PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi sudah memiliki jadwal untuk dimulainya Liga 1 U-19 musim 2018.COO LIB, Tigor Shalomboboy mengatakan bahwa Liga 1 U-19 akan dimulai setelah hari raya Idul Fitri.PT LIB belum menemukan format pasti untuk kompetisi pemain muda ini, mereka pun terus melakukan kordinasi dan komunikasi dengan para peserta Liga 1."Liga U-19 kita masih dalam tahap untuk mencari formulanya karena agak berbeda konsepnya dengan hanya melibatkan tim Liga 1. Kita ingin ini menjadi dikenal masyarakat dan kick-off mungkin habis lebaran, sekitar Juli nanti," ujar Tigor.[suggestedarticle=3]Menurut Tigor format kompetisi untuk Liga 1 U-19 tidak akan banyak mengalami perubahan dari musim lalu. Dimana Liga 1 U-19 akan menggunakan sistem penyisihan grup dengan kompetisi penuh (home away). Setelahnya di babak delapan besar hingga final akan dilakukan secara single match."Format kompetisinya masih sama seperti sebelumnya, masih menggunakan babak grup kemudian single match di babak selanjutnya," tutup Tigor.Musim lalu Persipura Jayapura U-19 keluar sebagai jawara liga U-19, usai menaklukan Persib U-19 di partai final dengan skor 1-0.
  964 kali
Dituding Miring, Komdis PSSI Sebut Sanksi Arema Sesuai dengan Peraturan
Komdis PSSI belum lama ini mengeluarkan sanksi terhadap sejumlah klub Liga 1. Arema FC mendapat sanksi paling besar, yakni total Rp300 juta.Selain denda uang, Arema juga mendapat hukuman penutupan tribune timur Stadion Kanjuruhan saat menjamu Persipura Jayapura (27/4/2018) dan PSM Makassar (13/5/2018).Banyak pihak menilai sanksi kepada Arema masih dalam kategori ringan. Musim lalu Persib Bandung didenda Rp45 juta dan pelarangan bobotoh memakai atribut akibat invasi ke lapangan saat laga kontra Bhayangkara FC.[suggestedarticle=3]Lalu ada pula PSM Makassar yang mendapat sanksi tanpa penonton karena sempat terjadi kericuhan saat laga kontra Bali United.Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin angkat bicara terkait dengan pembicaraan publik. Pihaknya menyebut keputusan sanksi Arema sudah diambil dengan peraturan yang berlaku."Dalam rapat yang telah digelar, kami, lima anggota Komdis, sudah memutuskannya. Termasuk juga didalamnya mempertimbangkan kasus-kasus yang telah terjadi sebelumnya," ujar Asep."Kalau kasus (hukuman) Persib, hukuman yang sudah dijatuhkan merupakan akumulasi dari kasus-kasus mereka sebelumnya yang hampir sama dilakukan oleh suporternya, jadi karena akumulasi, makanya berat."Asep menyatakan terkait putusan yang telah dijatuhkan, pihaknya juga sudah berkirim surat kepada Arema. Dalam surat itu disebutkan jika Arema dan suporternya melakukan kesalahan lagi dalam pertandingan ke depan, sanksi lebih berat akan diberikan."Itu berlaku untuk semua peserta (klub). Agar ada efek jera bagi klub," tandasnya.
  1492 kali
Sempat Hampir Perkuat Timnas Indonesia, Pemain Ini Mapan di Liga Belanda
Ada yang ingat dengan Joey Suk? Ya, pemain asal Belanda ini sempat nyaris dinaturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia pada tahun 2011 lalu.Kala itu, Joey masuk ke dalam rombongan bersama Diego Michiels cs. Namun bila sahabatnya, Diego lancar menjadi WNI, proses Joey mengalami hambatan."Saya ketika itu memang sempat mengurus (proses menjadi WNI). Namun setelah itu tidak ada kelanjutan (dari PSSI)," ucap Joey kepada Bolalob. [suggestedarticle=3]Setelah itu nama Joey praktis hilang dari peredaran sepak bola nasional. Joey pun tetap berkarier sebagai pemain sepak bola di Belanda.Joey saat ini membela klub kasta kedua Belanda, Go Ahead Eagles. Musim ini ia punya catatan bagus bersama Go Ahead Eagles.Joey total tampil 35 kali di ajang Jupiler League. Memiliki posisi sebagai gelandang, Joey membuat tiga gol dan 10 assist.Sayangnya peringkat Go Ahead Eagles saat ini tidak sesuai harapan. Dari 36 pertandingan, Go Ahead Eagles mengumpulkan 37 poin dan ada di peringkat 17 klasemen sementara.
  5356 kali
1524297602290 tag