(Foto: indosoccer)

Pemain Telstar Ini Berhasrat untuk Bela Timnas Indonesia

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang gencar - gencarnya melakukan naturalisasi pesepak bola asing demi mencapai target emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018.

Kementerian Pemuda dan Olahraga pun siap membantu rencana besar PSSI ini dan siap menjalin kerja sama dengan para Duta Besar Indonesia di negara-negara di Eropa dan Qatar. Kemenpora ingin mereka ikut memantau pemain-pemain sepak bola yang punya hubungan keturunan dengan Indonesia.

BACA JUGA: Pujian Buffon Untuk Emil Mulyadi

Banyak pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia tersebar di Eropa, salah satunya di negeri Belanda.

Nama Jordy Tutuarima mungkin tak asing, dirinya memiliki kakek yang berasal dari Ambon, Maluku. Bek asal SC Telstar ini ternyata memendam keinginan untuk bisa membela tim nasional Indonesia.

Jordy pun menyambut positif program naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI.

BACA JUGA: PSSI Akan Naturalisasi Kiper Juventus!

"Saya sangat setuju dengan rencana dari PSSI. Saya pikir ini bagus untuk masa depan timnas. Untuk menciptakan tingkat yang lebih tinggi di sepakbola," ujar Tutuarima kepada Bolalob.

"Dan tentu agar bisa memenangi Piala AFF di masa mendatang dan lolos ke turnamen yang lebih tinggi. Karena di turnamen AFF sebelumnya kita hanya finis di posisi runner-up. Saya pikir ini saat yang tepat untuk memenangi trofi itu. Indonesia Juara!," lanjutnya.

Jika ada kesempatan untuk bisa bermain di timnas Indonesia, Jordy siap memberikan yang terbaik, sama seperti yang rekannya tunjukan yakni Stefano Lilipaly.

BACA JUGA: Laju Gemilang Stefano Lilipaly Akhirnya Terhenti

"Sejujurnya ini adalah mimpi dan penghargaan besar jika bisa bermain untuk Indonesia, dan saya ingin bermain untuk negara dan darah saya. Jadi saya tentu berharap mereka akan bisa menaturalisasi saya untuk timnas Indonesia."

Jordy Tutuarima juga tercatat pernah membela timnas Belanda U-18 namun belum mencicipi caps di timnas Belanda senior. Sama seperti Lilipaly, Jordy Tutuarima juga memiliki darah Maluku dalam dirinya.

editTerakhir diubah:  07/02/17 - 17:01

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Musim Depan Stefano Liliplay Tetap Berseragam Cambuur
Meski Cambuur SC gagal mendapatkan promosi ke Eredivisie, Stefano Liliplay bakal tetap bertahan di klub tersebut. Gelandang berkebangsaan Indonesia itu optimistis klubnya bakal lebih baik musim depan.Lilipaly gagal membawa Cambuur promosi ke kasta tertinggi sepak bola Belanda. The Yellow gagal setelah di babak play off kalah dari MVV Maastricht.[suggestedarticle]Alih-alih mencari klub di Eredivisie, Lilipaly menyatakan diri bakal bertahan di Cambuur. Dalam sesi latihan di Stadion Maguwoharjo, pemain 27 tahun itu berniat membawa Cambuur juara musim depan.“Saya bakal bertahan di Cambuur. Musim depan akan menjadi juara dan promosi ke Eredivisie,” jelas Liliplay yang dikutip dari Goal Indonesia.Saat ini Lilipaly sedang fokus membela Indonesia dalam pertandingan uji coba internasional melawan Puerto Rico, Selasa (13/06/17). Ia berstatus pemain senior dalam skuat muda yang dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Asia dan SEA Games 2017.
Stefano Lilipaly Ingin Pensiun di Indonesia
Stefano Lilipaly, pemain naturalisasi berdarah Belanda-Indonesia berencana mengakhiri kariernya di Indonesia suatu saat nanti. Sementara ini Ia ingin melanjutkan karier di Eropa terlebih dulu, sebelum nantinya merumput di Indonesia hingga gantung sepatu.Lilipaly mentargetkan saat ini untuk berkarier di kompetisi Eropa, lalu nanti jelang pensiun ke Indonesia. "Setelah tiga tahun bermain di kompetisi Eropa, mungkin saya akan kembali ke Asia, karena saya ingin mengakhiri karier di Indonesia," kata Lilipaly. "Dukungan dan atmosfer di Indonesia sangat luar biasa. Namun, saat ini saya akan fokus di Eropa dulu dan sebisa mungkin mencapai level tertinggi,” ujar Stefano Lilipaly.[suggestedarticle]Stefano Lilipaly saat ini bermain untuk klub kasta kedua Liga Belanda, SC Cambuur, dan memberikan kontribusi besar bagi klubnya tersebut. Ia sebenarnya pernah merumput di Jepang bersama Consadole Sapporo dan sempat memperkuat Persija Jakarta di Indonesia.Namun, situasi sepakbola Indonesia saat itu sedang tidak kondusif sehingga Stefano Lilipaly memutuskan pulang ke Belanda. Pemain yang tampil cemerlang bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 ini pun mengenang masa-masa singkatnya di Persija. Ternyata, Stefano Lilipaly sangat mengagumi sosok Bambang Pamungkas alias Bepe."Kami bermain bersama di Persija dan dia (Bambang Pamungkas) adalah legenda. Bagi setiap pemain Indonesia, dia adalah idola. Dia bermain untuk Timnas Indonesia dalam waktu lama dan banyak mencetak gol penting," terang Lilipaly mengenai Bambang Pamungkas.“Dia pria yang menyenangkan dan senantiasa membantu para pemain muda, jadi dia sangat penting bagi Indonesia. Dia juga terjun di media, dia melakukan semuanya" tambah Lilipaly.
RIVAL WATCH: Beda dengan Indonesia, Malaysia Batasi Pemain Naturalisasi
Melakukan naturaslisai adalah salah satu cara untuk menambah kekuatan tim. Indonesia, misalnya, sudah melakukan cara cepat untuk menaikkan prestasi itu dengan menaturalisasi sejumlah pemain. Terakhir adalah Ezra Walian yang berpindah warga negara dari Belanda menjadi Indonesia.Salah satu rival berat Indonesia di lapangan hijau, Malaysia, juga menempuh cara serupa. Bedanya, federasi sepakbola Malaysia (FAM) menerapkan aturan dan kriteria yang lebih ketat dibandingkan Indonesia.[suggestedarticle]FAM secara tegas menolak opsi naturalisasi pemain yang benar-benar asing alias tidak punya unsur darah Malaysia sama sekali. Hanya pemain yang memiliki hubungan darah dengan Malaysia yang akan diproses lebih lanjut.”Kami tidak bisa puas dengan semangat untuk meningkatkan mutu sepak bola dengan memilih pemain naturalisasi. Ini juga seperti melakukan sabotase ke semua perencanaan pembinaan kami berbasis ke masa depan,” bunyi pernyataan yang dibuat oleh FAM.”Kebijakan untuk melakukan naturalisasi yang berlebihan sangat bahaya. Situasi ini berbeda dalam isu pemain berdarah campuran karena mereka memiliki hak kelahiran di sini,” bunyi pernytaan resmi itu seperti dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama.Meski mengakui hak semua orang tanpa kecuali untuk mengajukan permohonan naturalisasi yang merupakan hak setiap orang, FAM menegaskan akan sangat selektif. Terutama dengan kekhawatirkan hal itu hanya dilakukan untuk kepentingan pribadi sang pemain.[suggestedarticle]”Kami tidak perlu menjadi terlalu naif untuk berpikir bahwa pemain dari benua lain yang memohon paspor Malaysia, karena mereka hanya tertarik untuk bermain untuk Malaysia saja,” jelas FAM melalui pernyataan itu.”Tidak mustahil pemain-pemain ini akan menggunakan paspor Malaysia mereka sebagai pemain Asia untuk bermain di liga lain, yang seharunya ini dapat diantisipasi sejak awal.”
Liliplay Punya Misi Khusus Saat Timnas Berhadapan dengan Puerto Rico
Pemain naturalisasi Stefano Lilipaly memilii tugas khusus saat tim nasional Indonesia berhadapan dengan Puerto Rico dalam laga uji coba, Selasa (13/6) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.Luis Milla beserta dengan para asistennya sudah memiliki tugas khusus untuk pemain SC Cambuur itu."Kami 'ketambahan' pemain Stefano Lilipaly," ujar asisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti, saat ditemui seusai latihan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/6/2017).[suggestedarticle]Mantan pemain Persija Jakarta itu mesti absen di laga perdama uji coba pada Kamis lalu, melawan Kamboja dimana ia sedang menunggu kelahiran anak pertamanya di Belanda. Saat itu posisi Lilipaly digantikan oleh Adam Alis.Pemain berusia 27 tahun itu diprediksi akan tampil sejak menit awal dalam laga melawan Puerto Rico. Ia nampak akan bermain sebagai gelandang serang atau lebih menyerang."Kemungkinan ada tugas tersendiri untuk Stefano Lilipaly," ucap Bima Sakti."Yang pasti, dia akan beroprasi di sektor lebih ke depan ya," tuturnya.
visibility  1703 kali
Selain Jersey, Puerto Rico Juga Tak Bawa Peralatan Latihan
Kedatangan tim nasional Puerto Rico ke Indonesia memang patut dipertanyakan. Mereka nampak tidak siap dengan laga uji coba yang bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 13 Juni esok.Sebelumnya Puerto Rico ternyata tidak membawa jersey tandang, dimana jersey kandang mereka akan berbenturan dengan warna merah-putih milik Garuda.Situasi ini membuat PSSI harus menyiapkan kostum untuk Puerto Rico dengan menggandeng apparel lokal Indonesia.Selain jersey, negara asal Amerika Tengah itu juga tak membawa peralatan untuk berlatih.“Timnas Puerto Rico tidak membawa peralatan karena ingin menyewa di sini dan kami langsung berkoordinasi dengan panpel lokal untuk menyiapkan. Jadi nanti Puerto Rico menggunakan kostum produksi lokal Indonesia,” kata Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI, Hanif Thamrin.[suggestedarticle]Skuad Puerto Rico sendiri telah tiba di Indonesia dan sempat menjalani latih tanding melawan klub amatir di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, yang dimenangkan dengan skor telak 6-0. Pelatih Puerto Rico, Carlos Garcia Cantarero sendiri mengaku senang dengan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.“Baik, sangat baik. Saya selalu bilang, masyarakat di belahan bumi sini, Asia, merupakan orang-orang yang sangat ramah. Selalu tersenyum dan membantu Anda,” ujar pelatih asal Spanyol yang pernah menukangi Atletico Madrid ini.“Saya sangat memahami hal itu dengan baik. Meski nanti kami akan jadi musuh mereka pada 13 Juni, saya tetap berterima kasih dengan sambutan hangat yang mereka berikan pada kami,” tutup Carlos Garcia Cantarero.Tentu laga uji coba internasional ini patut dipertanyakan, apakagi menyangkut persiapan timnas Indonesia U-22 dalam menghadapi SEA Games 2017 bulan Agustus mendatang.Saat ini Puerto Rico ada di peringkat ke-133 pada rangking FIFA, sementara Indonesia ada di peringkat ke-177.Di laga uji coba sebelumnya, Indonesia sukses mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 di Phnom Penh.
visibility  7968 kali
Stefano Lilipaly Berharap Putranya Jadi WNI
Pemain naturalisasi Indonesia Stefano Lilipaly kembali bergabun dengan timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Puerto Rico, Selasa (13/6) mendatang.Lilipaly sempat absen ketika dipanggil di laga uji coba melawam Kamboja, karena sedang menunggu kelahiran putra pertamanya dari sang istri Carmen Rowena.Putra pertama dari pemain Cambuur itu diberi nama Jax Ellion, ia pun mengungkapkan rasa syukur dan bahagia usai kelahiran anaknya tersebut."Ini adalah hal yang paling luar dalam hidup ketika Anda menjadi seorang ayah, jadi saya sangat bahagia," ucap Fano ketika ditemui."Jax adalah nama yang kami suka dan Ellion adalah dari singa 'Lion'. Hewan yang kuat dari hutan, itu adalah hal yang kami suka dan kami harapkan dia kuat seperti singa yang merupakan raja hutan," imbuh pemain Cambuur SC itu.[suggestedarticle]Ia berharap putranya kelak bisa mengikuti jejaknya sebagai seorang pemain sepakbola. Mantan pemain Persija Jakarta itu juga memastikan bahwa anaknya akan menjadi warga negara Indonesia."Tentu saya sangat senang jika dia ingin menjadi pesepakbola, tapi saya akan senang jika dia senang. Saya tidak masalah dia menjadi apa, yang penting dia menjadi apa yang dia sukai. Selama dia senang, maka saya akan senang.""Tentu saja dia akan menjadi orang Indonesia, karena saya orang Indonesia," jawab Fano ketika ditanya terkait kewarganegaraan anaknya nanti.
visibility  3555 kali
TERPOPULER: Lilipaly Gabung Timnas Indonesia, Duet Baru Andik
Stefano Lilipaly sudah tiba di Jakarta dan akan segera bergabung dengan skuad Tim Nasional lainnya di Yogyakarta. Lilipaly sebelumnya absen karena harus menemani sang istri menjalani proses persalinan.Usai Temani Istri, Lilipaly Segera Gabung Skuad TimnasDjadjang Nurdjaman memastikan akan kembali mendampingi Persib Bandung. Ia akan menjalani kewajibannya sebagai juru taktik Maung Bandung saat laga melawan Persiba Balikpapan akhir pekan ini.Djadjang Pastikan Kembali Dampingi Persib BandungAndik Vermansah akan berduet dengan pemain kelahiran Madri yang pernah tampil untuk Atletico Madrid. Pemain usia 32 tahun tersebut direkrut Selangor FA untuk menggantikan pemain lain yang masih bergelut dengan cedera.[suggestedarticle]Andik Akan Duet Dengan Eks Tandem Aguero & Torres di Selangor FAInter Milan melakukan perubahan cepat. Luciano Spalletti (58 tahun) ditunjuk sebagai pelatih baru dan menjadi pelatih kesepuluh Inter Milan dalam tujuh tahun terakhir.Luciano Spalletti Resmi Tangani Inter MilanArgentina identik dengan Lionel Messi. Maka sangat wajar jika publik Singapura marah besar menyusul kabar yang menyebutkan sang bintang besar itu batal datang untuk menjalani laga uji coba melawan di Kallang, Singapura, 13 Juni mendatang. Messi Lebih Memilih Mengurus Pernikahannya, Suporter Singapura Meradang
visibility  5827 kali
Ikut Latihan Perdana, Ini Kata Stefano Lilipaly Tentang Luis Milla
Akhirnya kerinduan Stefano Lilipaly dengan Timnas Indonesia terlampiaskan juga. Usai menyaksikan kelahiran putra pertamanya, Fano langsung terbang ke Indonesia.Sabtu 10/6/17) Stefano Lilipaly berkesempatan menjalani latihan perdana Timnas U-22 di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang.Stefano Lilipaly terlihat antusias menjalani sesi latihan bersama 4 pemain senior lain dan pemainppemain muda Indonesia. Usai latihan, dia tak lupa memberi komentar terhadap Luis Milla.[suggestedarticle]"Luis Milla pelatih yang bagus. Dia berasal dari Eropa, Spanyol. Jadi dia tahu bagaimana sepak bola yang bagus," kata Stefano Lilipaly seperti dikutip dari Topskor."Menurut saya Luis Milla kuat secara taktikal dan itu bagus untuk sepak bola Indonesia. Saya senang dilatih Luis Milla," tambahnya.Stefano Lilipaly berkesempatan menjalani debut melawan Puerto Rico dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Slaman, Yogyakarta pada Selasa depan (13/6/17).
visibility  11323 kali
Bahagia Jadi Ayah, Ini Arti Nama Anak Lilipaly
Kamis (8/6/2017) dini hari lalu waktu Belanda adalah momen yang membahagiakan untuk gelandang SC Cambuur, Stefano Lilipaly. Istri tercintanya, Carmen Rowena telah melahirkan putra pertama mereka yang telah dinantikan."Dia (Carmen) hebat. Saya sangat bangga dan rasa hormat yang dalam bagaimana dia telah melahirkan putra saya," ungkap Lilipaly.Keduanya telah menunggu peristiwa ini sejak sepekan lalu. Karena jadwal persalinan yang diprediksi oleh kandungan mereka jatuh pada 29 Mei.Proses persalinan ini memberikan inspirasi Lilipaly untuk putranya yang diberi nama Jax Elion Lilipaly."Kami suka nama Jax dan Elion. Kamu tahu raja hutan itu adalah singa (inggris: Lion). Jadi kami ingin ada semangat seorang petarung di dalam dirinya," terang Lilipaly.Lantaran menunggu lahirnya buah hati, Lilipaly harus absen dari panggilan Timnas Indonesia dalam uji coba melawan Kamboja pada Kamis (8/6). Pelatih Luis Milla pun memanggil Adam Alis sebagai gantinya.Kini pemain usia 27 tahun, harus segera kembali memenuhi panggilan skuat Garuda untuk laga persahabatan lainnya melawan Puerto Riko di Stadion Maguwaharjo, Sleman pada 13 Juni 2017 nanti."Saya telah tiba di Jakarta bersama Timnas", imbuhnya.
visibility  5444 kali
Kualifikasi Piala Dunia Grup A Zona Eropa: Belanda Buka Peluang Putaran Final
Timnas Belanda yang sempat terpuruk di kualifikasi Piala Dunia 2018 grup A zona Eropa menghantam Luksemburg untuk menjaga peluang tampil di putaran final.Bermain di hadapan pendukung sendiri, Sabtu (10/6/2017) dini hari WIB, Belanda berhasil mengalahkan Luksemburg 5-0. Tambahan tiga poin membuat mereka menjaga asa mengejar Swedia dan Prancis.[suggestedarticle]Tampil menekan sejak menit pertama, Belanda membuka keran gol di menit ke-21. Arjen Robben dengan sepakan khas kaki kirinya mengubah kedudukan. Wesley Sneijder menggandakan skor di menit ke-34.Keunggulan 2-0 untuk skuat asuhan Dick Advocaat itu bertahan hingga babak pertama berakhir.Usai turun minum, De Oranje kembali menekan Luksemburg. Giliran Georginio Wijnaldum menambah gol ketiga di menit ke-62. Berada di atas angin, pemain muda Quincy Promes masuk saat 66 menit dan empat menit kemudian ia menjadikan skor 4-0.[suggestedarticle]Gol terakhir dicetak Vincent Janssen dari titik putih pada menit ke-83 setelah striker Tottenham Hotspur itu dijatuhkan di kotak penalti.Belanda berada di posisi ketiga dengan mengantongi 10 poin dari enam pertandingan, tertinggal tiga poin dari Swedia dan Prancis di peringkat satu serta dua. Sedangkan Luksemburg menghuni dasar grup dengan satu poin.
visibility  961 kali
1497058684511 tag