(Foto: indosoccer)

Pemain Telstar Ini Berhasrat untuk Bela Timnas Indonesia

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang gencar - gencarnya melakukan naturalisasi pesepak bola asing demi mencapai target emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018.

Kementerian Pemuda dan Olahraga pun siap membantu rencana besar PSSI ini dan siap menjalin kerja sama dengan para Duta Besar Indonesia di negara-negara di Eropa dan Qatar. Kemenpora ingin mereka ikut memantau pemain-pemain sepak bola yang punya hubungan keturunan dengan Indonesia.

BACA JUGA: Pujian Buffon Untuk Emil Mulyadi

Banyak pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia tersebar di Eropa, salah satunya di negeri Belanda.

Nama Jordy Tutuarima mungkin tak asing, dirinya memiliki kakek yang berasal dari Ambon, Maluku. Bek asal SC Telstar ini ternyata memendam keinginan untuk bisa membela tim nasional Indonesia.

Jordy pun menyambut positif program naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI.

BACA JUGA: PSSI Akan Naturalisasi Kiper Juventus!

"Saya sangat setuju dengan rencana dari PSSI. Saya pikir ini bagus untuk masa depan timnas. Untuk menciptakan tingkat yang lebih tinggi di sepakbola," ujar Tutuarima kepada Bolalob.

"Dan tentu agar bisa memenangi Piala AFF di masa mendatang dan lolos ke turnamen yang lebih tinggi. Karena di turnamen AFF sebelumnya kita hanya finis di posisi runner-up. Saya pikir ini saat yang tepat untuk memenangi trofi itu. Indonesia Juara!," lanjutnya.

Jika ada kesempatan untuk bisa bermain di timnas Indonesia, Jordy siap memberikan yang terbaik, sama seperti yang rekannya tunjukan yakni Stefano Lilipaly.

BACA JUGA: Laju Gemilang Stefano Lilipaly Akhirnya Terhenti

"Sejujurnya ini adalah mimpi dan penghargaan besar jika bisa bermain untuk Indonesia, dan saya ingin bermain untuk negara dan darah saya. Jadi saya tentu berharap mereka akan bisa menaturalisasi saya untuk timnas Indonesia."

Jordy Tutuarima juga tercatat pernah membela timnas Belanda U-18 namun belum mencicipi caps di timnas Belanda senior. Sama seperti Lilipaly, Jordy Tutuarima juga memiliki darah Maluku dalam dirinya.

editTerakhir diubah:  07/02/17 - 17:01

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


APPI Respons Pembatasan Usia Pemain di Liga 1 dan Liga 2
Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) memberikan keterangan terkait dengan regulasi pemain yang diterapkan PSSI di kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Respons APPI keluar menyusul keputusan PSSI yang membatasi klub memiliki dua pemain di atas 35 tahun.Selain itu, PSSI juga mewajibkan setiap klub memiliki lima pemain di bawah usia 23 tahun. Bahkan, tiga diantaranya harus dimainkan di babak pertama.Tak hanya Liga 1, respons tersebut juga adanya regulasi untuk klub-klub Liga 2 yang dibatasi mengontrak pemain dengan usia 25 tahun ke atas.[suggestedarticle]Dalam rilis resmi APPI, mereka sudah mengirimkan surat berisi pendapat dan masukan kepada PSSI. Pernyataan tersebut bertujuan untuk melindungi hak pesepak bola Indonesia.“Selanjutnya dalam waktu dekat ini, kami dan beberapa perwakilan pesepak bola senior (di atas 35) juga akan melakukan pertemuan dengan PSSI guna membahas regulasi pembatasan usia yang beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh PSSI.”“Kami akan terus dan selalu berupaya mencari solusi yang terbaik untuk pesepak bola Indonesia terkait dengan regulasi pembatasan usia ini,"[suggestedarticle]“Oleh karenanya kami mohon kepada para pesepak bola Indonesia untuk bersabar dan menunggu hasil terbaik dari pertemuan kami dengan PSSI yang akan terselenggara dalam waktu dekat ini,” sebut rilis resmi dari APPI.Sebelumnya PSSI sudah menerapkan regulasi baru untuk pemain asing. Regulasi marquee player menjadi barang baru di kompetisi sepak bola Indonesia. Klub Liga 1 kini boleh memiliki pemain berstatus top dunia di luar kuota 2+1 atau dua pemain non-Asia dan satu pemain Asia.
visibility  1944 kali
Buffon Dukung Kiper Keturunan Indonesia Gantikan Posisinya di Timnas Italia
Gianluigi Buffon saat ini sudah berusia 39 tahun. Ia pun melihat ada empat kiper yang layak untuk menggantikannya di masa depan.Meski belum memiliki niat untuk pensiun, karier Buffon bersama Gli Azzurri tidak lama lagi. Menurut kiper Juventus tersebut ada empat nama yang layak menggantikannya.[suggestedarticle]Para kiper yang disebut Buffon adalah Gianluigi Donnarumma, Alex Meret, Mattia Perin, serta kiper keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi. Menurut Buffon keempatnya memiliki prospek cerah."Saya senang ketika melihat Donnarumma dan Meret. Saya bangga masih berada di timnas untuk melihat mereka berkembang dan menikmati potensi besar mereka," ujar Buffon seperti dikutip dari Football Italia."Saya senang Italia tidak akan mengalami masalah setelah saya pensiun. Bersama mereka, plus Mattia Perin dan Emil Audero, saya tidak akan menyesal ketika gantung sepatu," lanjut Buffon.[suggestedarticle]Nama Emil saat ini masih menjadi kontroversi. Ia sempat mendapat panggilan dari Timnas Indonesia untuk dinaturalisasi tapi Emil menolak karena lebih tertarik memperkuat Timnas Italia.
visibility  1284 kali
Resmi! Vamos Mataram Gaet Pemain Asal Belanda
Tim futsal Vamos Mataram kembali membuat kejutan setelah sebelumnya menggaet pelatih asing untuk menangani tim jelang putaran kedua Pro Futsal League 2017.Selain mendatangkan pelatih asal Belanda, Hicham Benhamou, rupanya Vamos juga mendatangkan pemain asal Belanda, Khalid El Hattach. Khalid datang pada 20 Maret lalu bersamaan dengan kedatangan Hicham.[suggestedarticle]Khalid sendiri memang merupakan pemain rekomendasi dari Hicham untuk didatangkan. Sempat ditangani Hicham di tim Groene Ster Vlissingen di liga utama negeri kincir angin, pemain timnas futsal Belanda ini pindah ke kompetisi Belgia bersama Real Noorderwijk sejak Januari lalu.Selain bermain futsal, Khalid juga memperkuat tim sepakbola VC Vlissingen yang berada di divisi kelima dari kompetisi sepakbola di Belanda.sudah menandatangani kontrak dengan manajemen dan akan melatih tim di pekan keempat PFL 2017 grup B pada 25-26 Maret mendatang   OFFICIAL ! Welcome to Vamos, Khalid El Hattach, Ali Abedin & coach Hicham Ben Hammou 🙏 RESMI ! Selamat datang di Vamos @khalid4790, @aliabedin.official & coach @hicham_benhammou 🙏 Vamos resmi mengontrak pelatih asal Belanda, coach Hicham, selain itu tambahan pemain asal Belanda @khalid4790 dan juga pemain asal Iran @aliabedin.official diharapkan bisa menambah kekuatan pemain vamos. Cek selengkapnya di vamosfutsal.com 👍 A post shared by Vamos Futsal (@vamosfcmataram) on Mar 24, 2017 at 2:54am PDT   A post shared by Hicham Benhammou (@hicham_benhammou) on Mar 20, 2017 at 4:20am PDT
visibility  8963 kali
Resmi! Vamos Mataram Datangkan Pelatih Belanda
Tim futsal Vamos Mataram membuat kejutan di bursa transfer paruh musim Pro Futsal League dengan mendatangkan pelatih asing.Pelatih asing ini ialah Hicham Benhamou asal Belanda. Hicham sudah tiba sejak 19 maret lalu di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dirinya merupakan pelatih yang sebelumnya menangani Groene Ster Vlissingen, tim dari kompetisi futsal profesional asal Belanda.[suggestedarticle]Kedatangan Hicham ke Indonesia ini sudah ramai diberitakan media Belanda. Bahkan Groene Star sejak 16 Maret lalu sudah merilis ucapan perpisahan untuk pelatih yang telah 4,5 tahun menangani tim tersebut.Laga melawan FC Marlene pada 19 Maret lalu menjadi laga terakhir Hicham bersama Groene Ster yang berakhir dengan kekalahan 2-4.Saat ini Groene Ster Vlissingen berada di peringkat keenam liga Belanda. Meski mempunyai empat laga sisa, peluang Groene Ster untuk meraih gelar juara sudah pupus.Hicham sudah menandatangani kontrak dengan manajemen dan akan melatih tim di pekan keempat PFL 2017 grup B pada 25-26 Maret.   OFFICIAL ! Welcome to Vamos, Khalid El Hattach, Ali Abedin & coach Hicham Ben Hammou 🙏 RESMI ! Selamat datang di Vamos @khalid4790, @aliabedin.official & coach @hicham_benhammou 🙏 Vamos resmi mengontrak pelatih asal Belanda, coach Hicham, selain itu tambahan pemain asal Belanda @khalid4790 dan juga pemain asal Iran @aliabedin.official diharapkan bisa menambah kekuatan pemain vamos. Cek selengkapnya di vamosfutsal.com 👍 A post shared by Vamos Futsal (@vamosfcmataram) on Mar 24, 2017 at 2:54am PDT   A post shared by Hicham Benhammou (@hicham_benhammou) on Mar 20, 2017 at 4:20am PDT
visibility  7126 kali
1490350018137 tag