(Foto: bolalob)

Preview Piala Presiden 2017: Persiba VS PSM, Persela VS Persib

Pertandingan penentuan di Grup 3 Piala Presiden 2017 akan dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Jumat (17/2). Tuan rumah Persib Bandung akan berhadapan melawan Persela Lamongan sementara Persiba Balikpapan kontra PSM Makassar.

Persib saat ini berada dalam kondisi yang menguntungkan setelah menang dua kali dari dua laga yang telah dijalani. Hasil imbang sudah cukup bagi tim asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut untuk mengunci tiket ke babak perempat final.

Persib akan kembali mengandalkan penyerang Sergio van Dijk di lini depan. Sementara itu Erick Weeks Lewis akan kembali mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya.

Baca Juga
Perempat Final Piala Presiden 2017 Dihelat di Solo


Sementara itu dari kubu Persela, laga ini akan emosional bagi Samsul Arif. Maklum, Samsul musim lalu berseragam Persib dan ini akan menjadi pertemuan pertama setelah ia pindah.

Dalam pertandingan lainnya, PSM telah tersingkir tapi tidak akan mengalah begitu saja. Pelatih Robert Rene Alberts tentu tidak ingin timnya terus-terusan kalah.

Di Persiba, Marlon Da Silva terus menunjukkan ketajamannya. Sudah mencetak dua gol di Piala Presiden 2017, eks pemain Mitra Kukar tersebut tentu ingin menambah catatan golnya demi mengejar gelar pencetak gol terbanyak.

Jadwal Pertandingan Piala Presiden 2017, Jumat (17/2):

Persiba Balikpapan Vs PSM Makassar, Jumat 17 Februari, 15:00 INDOSIAR
Persela Lamongan Vs Persib Bandung, Jumat 17 Februari, 18:30 SCTV

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Lampu Hijau dari Pertamina, Persiba Segera Kembali Ke Balikpapan
Kabar baik datang bagi Persiba Balikpapan dari Pertamina, usai BUMN itu memberi lampu hijau untuk peminjaman Stadion Parikesit selama satu bulan.Sejak awal musim Liga 1 bergulir, Persiba harus bermain di Stadion Gajayana, Malang untuk melakoni laga kandang.Manajer umum Persiba Ryan Chong mengatakan, Pertamina Ru V Balikpapan telah memberikan surat resmi bernomor /E15000/2017/SO terkait peminjaman lapangan. Perusahaan minyak negara itu mengizinkan Persiba memakai stadion mulai 1 hingga 30 Juni.Dalam rentang waktu itu, Persiba mempunyai dua agenda laga kandang, yakni derby Kaltim melawan Borneo FC pada 3 Juni, dan menghadapi Bhayangkara FC, 19 Juni. Manajemen kini hanya menunggu jawaban dari PT LIB terkait penggunaan Stadion Parikesit.[suggestedarticle]Ryan menambahkan, saat ini panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persiba sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menggelar laga kandang di Parikesit sambil menunggu jawaban PT LIB.“Dari pihak PT LIB sudah memberitahukan kepada kami apa saja yang mesti kami benahi untuk menggelar laga home di Stadion Parikesit. Ada beberapa poin yang kami benahi,” ungkap Ryan dilansir akun Facebook resmi klub.“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Balikpapan yang sudah peduli, dan berusaha keras mengembalikan Persiba, sehingga pak wali kota [Rizal Effendi] juga ikut memperjuangkan. Akhirnya Pertamina setuju untuk meminjamkan kembali Stadion Parikesit untuk tim Persiba. Semoga segala urusan dan lain sebagainya dipermudahkan.”Tanpa dukungan suporter setia mereka, Persiba nampak kesulitan mendulang poin di Gajayana, Malang. Saat ini skuat berjuluk Beruang Madu ada di posisi buncit dengan raihan satu poin dalam tujuh laga.
Karena Lupa Lakukan 'Ritual' Khusus, Gawang Kiper Persib Ini Kebobolan?
Nama kiper kedua Persib Bandung, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby sempat mencuat ketika mencatat clean sheet dalam 3 pertandingan Liga 1. Gawangnya tetap perawan menghadapi serangan Persegres Gresik Udited, Persipura Jayapura dan Semen Padang.Namun, rekor bagus Deden, sapaan akrabnya, terhenti di laga kontra Pusamania Borneo FC (20/5/17). Gawangnya bobol dua kali dalam pertandingan yang berkesudahan seri 2-2 itu. Usai laga di GLBA itu, tiba-tiba muncul spekulasi gawang eks kiper Timnas U-23 itu kebobolan karena Deden lupa menjalani ritual khusus yang biasa dilakukan sebelum pertandingan. Tidak bisa dipungkiri, hal-hal seperti ini masih ada dalam kultur sepakbola Indonesia.Namun, anggapan itu ternyata tidak benar. Deden langsung menyangkal rumor yang tanpa dasar itu. [suggestedarticle]"Nggak ada ritual khusus sih, berjalan normal seperti biasanya. Berdoa saja supaya pertandingan berjalan lancar dan mendapatkan kemenangan," kata Natshir, seperti dikutip laman resmi Persib. Ihwal rekor clean sheet di 3 partai sebelumnya, dia menyebut bukan karena faktor ritual khusus. Tetapi, berusaha keras tampil sebaik mungkin dan juga berkat bantuan seluruh tim."Fokus saja pada pertandingan, konsentrasi, berusaha menampilkan yang terbaik. Di lapangan kami kerja bareng. Apapun hasilnya ya itu buah dari kerja sama tim," jelasnya.
Viking Cari 60 Bobotoh Se-Jawa Barat Penuhi Panggilan ke Rumah Ridwan Kamil
Pentolan Viking Persib Bandung, Yana Umar, mengatakan akan melakukan seleksi terhadap seluruh Bobotoh se-Jawa Barat untuk menyambut Raja dan Ratu Swedia. Dia hanya akan mengajak 60 Bobotoh untuk menemui Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Swedia. Viking hanya akan mengajak 60-an bobotoh terseleksi untuk menyambut kedatangan raja. Seperti diberitakan, Ratu Silvia dan Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia ke Bandung, Rabu, 24 Mei 2017. Wali Kota Ridwan Kamil akan memperkenalkan klub sepakvbola Persib Bandung dan kelompok pencintanya Viking kepada raja dan ratu."Saya juga kaget, Raja dan Ratu Swedia ingin bertemu kami. Tapi, yang pasti ini suatu kehormatan mendapat undangan ke Pendopo yang notabene acara kenegaraan, tapi ingin bertemu Viking. Jadi, bagi kami sangat luar biasa," ucap Yana.Pertemuan silaturahmi antara Raja dan Ratu Swedia dengan Viking rencananya akan dilakukan di pendopo rumah dinas Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Rabu (24/5/17).   Warga Bandung, Besok Rabu, Sri Baginda Raja Swedia, King Carl XVI Gustaf bersama Permaisuri Ratu Silvia, akan mengunjungi Kota Bandung. Mari kita sambut dengan keramahtamahan khas Bandung. Juga sekalian Raja dari budaya Viking ini akan kami pertemukan dengan bobotoh Viking Persib, sebagai silaturahmi budaya. Bobotoh yang mau dadah-dadah menyapa Raja Swedia ditunggu di alun-alun jam 12.30. jangan lupa pake jersey dan syal persib. Hatur Nuhun. *Biar mantap kita liburkan Kota Bandung hari Kamisnya. A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on May 22, 2017 at 5:13pm PDT "Viking kan asli itu Swedia. Itu merupakan hasil pembicaraan Dubes Swedia yang terkesan dengan viking berada di Indonesia, nama supporter bola di kota Bandung. Akhirnya disepakati dan boleh bertemu," urai Ridwan Kamil dalam rilis kepada media. Rencana penyambutan sudah disiapkan cukup matang. Meski agak mendadak, tetapi solidaritas Bobotoh tampaknya bakal memudahkan kesan istimewa yang ingin diberikan kepada Raja dan Ratu Swedia. "Besok anak-anak akan kumpul dulu di Stadion Persib (Sidolig) jam 13.00 WIB, kami akan bertemu di Pendopo. Rencananya hanya 50-60 anggota Viking, tapi kalau ada yang mau ikut silakan gabung," jelas Yana.[suggestedarticle]"Nantinya," tambah Yana, "Kita akan berfoto dan menyambut raja maupun ratu Swedia. Selain befoto, kita juga akan memberikan cenderamata atau merchandise Viking official seperti kaos, Jersey, ayal, topi dan lain lain." Bahkan jika memungkinkan, Viking juga akan menyiapkan atribut khusus khas Negara Swedia, yaitu tanduk. "Namun, itu kalau ada. Saat ini kami sedang pesan. Mudah-mudahan ada, dan kami selain memberi kenang-kenangan syal dan topi, juga akan memberi jam tangan kepada beliau dengan gambar Viking," kata pengurus Viking, Agus Rachmat alias Gusdul seperti dikutip dari Bola.com.
Ini 3 Pemain Bengal di Liga 1 2017
Liga 1 baru saja bergulir, namun dibalik ketatnya persaingan klub untuk merebut juara, ada hal kontroversial yang mewarnai kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia.Meski dunia sudah berganti rupa, tapi kasus pemukulan malah makin mencuat ke permukaan. Beberapa pemain top diganjar sanksi skorsing dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI karena aksi mereka yang tak terpuji.Ada beberapa pemain yang memicu kontroversial selama gelaran Liga 1 musim ini. Siapa saja mereka?Ferdinand Sinaga (PSM Makassar)Penyerang PSM Makassar ini memang terkenal dengan emosinya yang sering meluap. Mantan pemain Persib Bandung itu langsung diganjar kartu merah di pekan pertama Liga 1. Ferdinand yang emosi karena tak dapat bola, malah langsung memukul kepala pemain Persela Lamongan, Ivan Carlos. Ironisnya, saat itu ia baru saja bermain dari bangku cadangan di babak kedua. Tanpa ampun wasit Kusni pun mengeluarkan kartu merah.Ferdinand diskors selama empat pertandingan. Tapi tak hanya skorsing saja, Ferdinand pun diganjar denda Rp10 juta.Abduh Lestaluhu (PS TNI) Bek Abduh Lestaluhu sempat jadi perbincangan karena melakukan pemukukan ke penyerang Bhayangkara FC, Thiago Fortuoso. Emosi Abduh memuncak karena ia tak berhasil mendapatkan bola dari kaki Thiago.Alhasil gara-gara kasus ini Abduh pun diganjar hukuman berat larangan bertanding sebanyak lima laga dari Komdis PSSI dan denda sebesar Rp 10 juta.Sebelumnya ia sempat juga menjadi perbincangan karena melakukan aksi tak terpuji lainnya saat membela Timnas Indonesia. Ia dengan emosional menendang bola ke bench Thailand saat Indonesia membutuhkan gol kemenangan di final Piala AFF 2016.Manahati Lestusen (PS TNI)Manahati Lestusen sempat tertangkap kamera memukuk pemain PSM Makasar, Marc Klok dalam sebuah pertandingan Liga 1. Beruntungnya Manahati bebas dari jeratan kartu, karena wasit tak melihat hal tersebutNamun, Insiden yang melibatkan Manahati menjadi viral di dunia maya melalui sejumlah akun media sosial. Penggemar sepak bola Indonesia bereaksi dengan pelanggaran itu.Mayoritas menyesalkan mengapa Manahati, yang berstatus pemain langganan timnas serta aparat militer aktif, melakukan tindakan tidak sportif di lapangan.Komdis PSSI pun bereaksi cepat dengan menjatuhjan sanksi ke Manahati. Tiga kali larangan bertanding plus denda 10 juta meluncur kepadanya.
Raja dan Ratu Swedia, Hari Ini Jumpa Viking Fans Club Persib Bandung
Di tengah kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia, Rabu (24/5) berkunjung ke Kota Kembang Bandung. Selain bekeliling kota, mereka dijadwalkan berjumpa dengan komunitas suporter Persib Bandung, Viking Fans Club.Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Raja dan Ratu Swedia itu tertarik ingin mengetahui pula ternyata ada komunitas Viking juga di Bandung yang beranggotakan jutaan orang."Pertemuan dengan Viking digelar atas permintaan Ratu Silvia. Rencananya, pertemuan itu akan dilaksanakan di Taman Alun-alun Kota Bandung," ungkap Emil, Selasa (23/5).[suggestedarticle]"Yang minta dari sana, ibu dubesnya terharu mungkin mendengar ada kata Viking yang mengambil inspirasi dari budayanya mereka dan sudah punya anggota jutaan," jelas Emil.Menurut Emil, pertemuan tersebut akan menjadi catatan sejarah, khususnya bagi komunitas Viking yang akan berjumpa dengan Raja 'Viking' sesungguhnya."Ini kan Raja Viking beneran bertemu dengan Viking, komunitas yang terinspirasi dari semangat itu," terang Emil.Menurut rencana, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia akan bertolak ke Bandung dengan menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta. Pertemuan itu rencananya dilaksanakan pada pukul 13.40-14.00 WIB.
Confirm! Umuh Tak AKan Mainkan Satu Marquee Player-nya
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar berencana mencari pemain anyar untuk menggantikan sang marquee player yang dianggap melempem.Pintu Persib kemungkinan besar sudah tertutup bagi Carlton Cole. Pria asal Inggris itu kabarnya akan diparkir hingga akhir putaran pertama Liga 1 2017 selesai. Umuh menegaskan dirinya akan melakukan intervensi terhadap komposisi tim. Ia kecewa dengan performa yang diperlihatkan Cole.Kebugaran Cole jadi penilaian utama Umuh. Manajer klub itu menilai Cole sering menghindari duel dengan pemain lawan yang membuatnya sering kehilangan bola.[suggestedarticle]“Saya sekarang akan tegas, akan ambil risiko apapun. Saya akan intervensi komposisi tim. Kami terus terang tidak puas, apalagi yang namanya Cole, tidak akan dimainkan lagi. Alasannya orang-orang sudah lihat, kelihatannya ada cedera,” ujar Umuh dilansir Simamaung.Jika tidak ada peningkatan penampilan dalam waktu dekat, manajemen akan mencari penyerang haus gol untuk menggantikan Cole di putaran kedua.“Cole kelihatan tidak ada peningkatan. Kami akan siapkan fisiknya, harus disiapkan juga sama pelatih fisik. Saya instruksikan suruh terus uji dia. Kalau enggak kuat, keluarkan. Saya tanya fisik dia ke pelatih memang masih kurang. Jauh dari harapan,” imbuh Umuh.
Kans Juara Persib di Mata Essien
Marquee player Persib Bandung, Michael Essien, angkat bicara soal performa Maung Bandung yang gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir kompetisi Liga 1 2017.Seperti diketahui, Persib harus puas menuai hasil imbang tanpa gol kontra Semen Padang, kemudian 2-2 melawan Borneo FC dengan kebobolan di menit akhir. [suggestedarticle]Manajer Persib, Umuh Muchtar, menyatakan Pangeran Biru harus kembali ke suasana kondusif demi mendapatkan hasil bagus sebagai penebus kegagalan mendulang poin penuh di kandang.“Saya ingin tim ini kembali kondusif. Harus ada evaluasi supaya ada peningkatan, karena sebelumnya tim ini sudah kompak,” tegas Umuh.Senada dengan komentar manajer klub, Essien optimistis performa Persib bisa meningkat. Bahkan kesempatan menjadi juara pun terbuka. [suggestedarticle]Pasalnya, Persib belum menelan kekalahan di tujuh pertandingan dan masih berada di jajaran papan atas klasemen sementara Liga 1.“Masih banyak pertandingan. Saya masih sangat, sangat optimis. Kami masih di tiga besar, peringkat dua, masih ada peluang. Sebelumnya, kalau kami tidak menang, ya seri. Tapi kami selalu dapat poin,” ujar Essien dilansir laman resmi klub.“Yang harus kami lakukan sekarang adalah mencari kemenangan di setiap pertandingan berikutnya.”Persib berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 13 poin dari 7 laga. Billi Keraf cs berselisih tiga angka dari sang pemuncak klasemen, PSM Makassar.
Diduga Diserang Pendukung Persib, Anggota The Jakmania Tewas
Seorang pendukung Persija Jakarta yang juga anggota Jakmania Cikarang, yakni Agen Astava (20) tewas dikeroyok ratusan orang yang diduga suporter Persib Bandung atau Viking. Kejadian tragis ini terjadi di perempatan lampu merah Cibitung, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, pada Minggu, 22 Mei 2017 malam lalu. Atau usai dirinya menyaksikan laga Persija melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi.Dilansir melalui akun Twitter @Jakmania_CKR pengeroyokan terhadap Agen bermula pada pukul 22.30 WIB rombongan Jakmania Cikarang melintas di lampu merah Cibitung usai menyaksikan laga Persija vs Bali United di Stadion Patriot, Kota Bekasi. Di lokasi kejadian, Agen bersama rombongan diserang ratusan suporter Persib se-Bekasi Raya menggunakan senjata tajam. Agen melakukan perlawanan dengan tangan kosong, hingga akhirnya mendapat bacokan senjata tajam bertubi-tubi di sekujur tubuhnya. Korban sempat dilarikan ke klinik terdekat, namun karena luka berat Agen pun dilarikan ke RS yang memiliki peralatan lengkap. Pada pukul 05.00 WIB, Agen mengembuskan nafas terakhir dan langsung dibawa oleh pihak keluarga ke Indramayu, Jawa Barat, untuk dimakamkan. [suggestedarticle]"Diduga viking yang berkumpul bukan hanya akamsi, melainkan viking se-Bekasi Raya yang memang sudah all-out untuk membabi buta," kicau akun @Jakmania-CKR. Akun resmi Jakmania Cikarang ini pun berkicau,"Kami The Jakmania Cikarang Raya mengultimatum pihak kepolisian Cikarang Barat hingga Polres, jikalau tidak mengusut tuntas," kicaunya. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari kepolisian setempat terkait pengeroyokan yang menewaskan korban. Usai kejadian ini Pengurus Pusat the Jakmania pun merilis pernyataan berikut:"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami segenap Pengurus Pusat (PP) the Jakmania turut berduka dan merasa kehilangan atas meninggalnya simpatisan Persija dari Cikarang Agen Astava (20th). Semoga semua amal ibadah Alm serta segala kesalahannya diampuni Allah SWT.Kami juga mengimbau teman-teman the Jakmania di manapun untuk menahan diri dan tidak terprovokasi oleh informasi maupun berita yang beredar.Kami berharap duka ini menjadi yang terakhir. Ke depannya, kita harus terus menjaga situasi kondusif ini agar kita bisa terus menyaksikan Persija bertanding di sekitar Jakarta."
Wonderkid Persib Ini Sekarang Juga Jadi Youngest Goalscorer
Menjadi yang terbaik, tercepat, pun termuda pastilah memberikan kebanggaan tersendiri bagi sang empunya gelar. Tak terkecuali bagi Gian Zola Nasrullah yang remi memcahkan rekor saat bertanding melawan Pusamania Borneo FC di partai kandang klubnya, Persib Bandung, Sabtu (20/5/17).Hari itu pemain kelahiran 5 Agustus 1998 ini resmi memecahkan rekor Pencetak Gol Termuda di kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017. Hari itu dia mencetak gol saat berumur 18 tahun 9 bulan. Gian Zola memecahkan rekor pencetak gol termuda yang sebelumnya dipegang oleh TM Ichsan, pemain Bhayangkara FC. Ichsan saat itu mencetak gol di umur 19 tahun. Sebelumnya, rekor ini bergantian dipegang oleh Marinus Mariyanto Wanewar (Persipura) dan Felgianus Billy Keraf (Persib).Sayang, rasa bangga memecahkan rekor tertutupi kegagalan meraup poin 3. Gelandang Timnas U-22 ini mengaku tak terlalu hirau dengan rekor pribadi. Sebaliknya, dia lebih suka jika timnya menang.[suggestedarticle] "Hasil kemarin tentunya bikin kecewa, termasuk pemain. Zola lebih senang kalau tim menang dibandingkan punya rekor pribadi," katanya seperti dikutip dari Liputan6.com.Toh, dia tak mau larut dalam kesedihan. Kompetisi masih panjang. Ada banyak tersedia ruang dan waktu untuk memperbaiki diri."Kita harus segera bangkit. Kalau Zola pribadi akan memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan yang sudah ada semoga ke depan bisa lebih baik lagi," ucapnya.
visibility  607 kali
Djanur Kini Tak Lagi Bebas Pilih Pemain Persib
Kekecewaan dan kemarahan Manajer Umum Persib Bandung, Umuh Muchtar, tak hanya dikeluarkan secara verbal. Tokoh penting dalam struktur tim Maung Bandung ini memutuskan akan mengambil tindakan konkret untuk memperbaiki tim."Kemarin itu hasil yang sangat menyakitkan sekali. Sudah dua kali kemenangan di depan mata buyar. Apalagi kemarin di kandang. Seri itu sama saja dengan kalah. Harus ada perubahan strategi dan mulai sekarang saya akan langsung intervensi ke dalam tim," tegas Umuh seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.Meski tak merinci apa bentuk intervensi kepada pelatih dan tim, Umuh betul-betul mengharapkan perubahan pada timnya. Tidak boleh ada lagi hasil mengecewakan.[suggestedarticle]"Harus ada perubahan. Pelatih Persib harus lebih berani dalam strategi dan juga harus tegas kepada pemain," kata Umuh.Kegegalan meraih poin penuh setelah sempat unggul melawan PS TNI dan PBFC menjadi catatan penting bagi tim. Melawat ke kandang Bali United, 31 Mei, Persib Bandung dituntut mendapat hasil maksimal."Ya untuk menghadapi Bali, harus kita siapkan benar-benar dari sekarang. Harus ada perubahan yang lebih baik. Kalau masih begitu-begitu saja, pasti ada efeknya kepada pelatih, tapi kita tunggu saja bagaimana ke depannya," kata Umuh.
visibility  2660 kali
1495455302150 tag