(Foto: covesia.com)

Presiden Sudah Tandatangani Keppres Naturalisasi, Ezra Siap Lawan Myanmar

Presiden Joko Widodo telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) pemain berdarah Manado Belanda Ezra Walian. Dengan surat ini Ezra resmi menjadi warga negara Indonesia.

Dengan terbitnya surat Keppres bernomor 5/PWI tahun 2017, tertanggal 20 Maret 2017 tersebut, Ezra siap tampil saat Timnas U-22 menjalani uji coba melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Selasa (21/3).



"Mengabulkan permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Ezra Harm Ruud Walian, lahir di Amsterdam, 22 Oktober 1997, untuk menjadi Warga Negara Republik Indonesia," tulis Keppres tersebut.

Meski sudah ditandatangani, Ezra diberikan waktu hingga tiga bulan untuk melakukan sumpah sejak pemberitahuan dikirim ke pemohon. Namun jika tidak dilakukan, keputusan tersebut batal.



Sebelumnya, Direktur Media dan Hubungan Internasional Hanif Thamrin mengaku, sudah berkomunikasi dengan AFC bahwa laga melawan Myanmar hanya sekadar ujicoba, sehingga hanya membutuhkan Keppres. Sedangkan pelatih Luis Milla telah berencana akan menurunkan Ezra di laga melawan Myanmar.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Setelah Jadi WNI, Followers Instagram Ezra Walian Melonjak Drastis
Ezra Walian merasakan popularitasnya di media sosial meningkat tajam setelah dirinya resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Dari awalnya puluhan ribu followers, kini pemain berusia 20 tahun tersebut memilih ratusan ribu pengikut.Memiliki darah Manado dari sang ayah, Ezra Walian berpeluang untuk menentukan akan membela Belanda atau Indonesia. Pemain usia 20 tahun tersebut akhirnya memilih untuk menjadi warga negara Indonesia pada Maret 2017 lalu.Nama Ezra Walian langsung melejit seketika saat dirinya resmi menjalani proses naturalisasi dan menjadi pemain Indonesia. Hal tersebut dirasakan Ezra di akun Instagram miliknya yang langsung dibanjiri followers asal Indonesia.[suggestedarticle=3]"Sebelum menjadi Warga Negara Indonesia saya memiliki 20 ribu followers. Setelah menjadi WNI dan ketika bermain untuk pertama kali. Kemudian bertambah 100 ribu dalam beberapa pekan." "Dan sekarang saya terus mendapat followers baru setiap hari. Sekarang di angka 340 ribu," ujar Ezra dalam wawancaranya bersama Jupiler League.Ezra kini menjadi salah satu ujung tombak klub Eereste Divisie, Almere City FC. Mantan pemain Jong Ajax tersebut sejauh ini sudah tampil dalam 13 laga dan mencetak empat gol.
  705 kali
Dua Pemain Timnas U-19 Siap Dicoba Luis Milla
Penampilan memukau di level klub ditunjukan oleh dua pemain tim nasional Indonesia U-19.Mereka adalah Syahrian Abimanyu bersama Sriwijaya FC dan Hanis Saghara dengan Bali United.Syahrian menjadi pilihan utama Rachmad Darmawan di lini tengah SFC, sementara Hanis mencetak satu gol dalam kemenangan Bali United 3-1 atas Tampines Rovers.Luis Milla sudah menaruh perhatian pada dua pemain tersebut dan siap dicoba di pemusatan latihan."Memang Hanis Saghara dan Abimanyu sudah jadi target kami juga, tapi pelatih akan me-rolling mereka di sesi latihan nanti mungkin [TC selanjutnya]," ucap Bima Sakti, asisten pelatih, Sabtu (20/1) pagi, di kawasan Senayan.[suggestedarticle]Pada pemusatan latihan (TC) timnas U-23 yang berlangsung hingga 21 Januari, Milla sudah memanggil beberapa jebolan timnas U-19. Mereka antara lain Rachmat Irianto, Muhammad Iqbal, Feby Eka Putra dan Egy Maulana Vikri."Memang sengaja ada beberapa pemain U-19 diikutkan di latihan U-23 supaya mereka bisa cepat adaptasi dengan gaya bermain yang kami akan terapkan nanti di U-19. Akan ada beberapa pemain lagi yang akan dicoba di U-23," pungkas Bima.
  1865 kali
DIARY: Luis Milla Pantau Pemain di Piala Presiden 2018, Pelatih Punya Rencana Lain untuk Egy Maulana
Pelatih timnas Luis Milla punya alasan khusus mengapa dirinya tak sering memainkan Egy Maulana dalam timnas U-23 dan timnas senior. Alasan tersebut terungkap dari asisten pelatih timnas U-23 Bima Sakti di Jakarta, Jumat (19/1/2018).Ini Alasan Luis Milla Tak Sering Mainkan Egy MaulanaAsisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti melihat anak asuhnya mengalami perkembagan pesat selama pemusatan latihan kali ini.2 Pemain Ini Paling Berkembang di TC Timnas IndonesiaTim pelatih Timnas Indonesia akan memantau pemain di Piala Presiden 2018. Hal itu dilakukan untuk mencari pemain terbaik jelang Asian Games 2018.Pelatih Timnas Indonesia Cari Pemain di Piala Presiden 2018
  818 kali
TERPOPULER: Vietnam U-23 Buat Sejarah, Klub Baru Luis Milla
Tim nasional Vietnam U-23 berhasil menaklukkan Irak U-23 untuk melaju ke semifinal Piala AFC U-23, Sabtu (20/1/2018). Kemenangan Vietnam tersebut diraih lewat drama adu penalti.Sejarah! Vietnam U-23 Tembus Semifinal Piala AFC 2018Kemenangan Dekings Bogor FC di Pro Futsal League 2018 hari pertama pada Sabtu (20/1) dengan skor 6-2 atas Dyvy SFC Planet menjadi kemenangan terbesar di hari pertama pekan perdana yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta.Ini Klasemen Sementara Grup A Pro Futsal League 2017 Hingga Matchday 1Perjalanan Malaysia U-23 untuk terus melaju di Piala AFC U-23 harus terhenti setelah takluk dengan skor tipis 1-2 dari Korea Selatan, Sabtu (20/1). Meski gagal melaju ke semifinal, Malaysia U-23 sudah mencetak sejarah dengan melangkah ke perempat final untuk pertama kali di Piala AFC U-23.Malaysia Gagal Melangkah ke Semifinal Piala AFC U-23 Anak dari pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, Luis Milla Manzanares resmi berganti klub pada bursa transfer musim dingin ini. Milla Manzanares direkrut oleh klub dari kompetisi kasta kedua Spanyol, Tenerife.Luis Milla Resmi Direkrut Klub Kasta Kedua SpanyolWomen Pro Futsal League 2018 hari pertama telah digelar pada Sabtu (20/1) di GOR Amongrogo, Yogyakarta yang memainkan dua laga.Hasil Matchday 1 Women Pro Futsal League 2018
  3372 kali
Jika Test Event Gagal, Timnas U-23 Akan Lawan Klub Liga 1
Tim nasional Indonesia U-23 sedang dalam persiapan untuk tampil di Asian Games U-23 yang akan dihelat di Jakarta pada tahun ini.Persiapan pun dilakukan oleh Luis Milla mulai awal tahun ini dengan merencanakan beberapa laga uji coba.PSSI pun sedang merancang test even Asian Games yang dijadwalkan pada bulan Februari nanti. Namun jika agenda itu batal, Luis Milla siap mencari lawan tanding lain termasuk dari klub Liga 1."Besok kita hanya ada internal game saja. Kemudian Februari nanti kami akan uji coba dengan klub Liga 1 karena mereka juga sedang persiapan," ucap Bima Sakti, asisten pelatih timnas.[suggestedarticle]Namun Bima tak mau membuka klub Liga 1 mana yang akan menjadi lawan tanding mereka."Yang pasti pelatih sudah mempersiapkan, karena semua tim di liga pasti sudah siap karena mereka sudah mempersiapkan tim untuk kompetisi bulan Maret. Kemungkinan akan kami ambil tim yang bisa memberi banyak pelajaran untuk tim U-23," lanjutnya.Seperti diketahui pada tahun lalu timnas U-23 juga pernah menguji beberapa klub tanah air, seperti Persija Jakarta dan juga Persita Tangerang.Sementara mengenai persiapan test event, Bima Sakti mengatakan pihaknya hanya menunggu kepastian. Seandainya tidak bisa digelar pada Februari mendatang, tim pelatih Timnas U-23 akan tetap memanggil pemain untuk menjalani pemusatan latihan seperti biasa. "Soal test event pokoknya kami siap saja, kalau jadi alhamdulillah. Kalau seandainya gak jadi, kami tetap jalankan program pemusatan latihan," tuturnya."Andai jadi (test event) maka kami tetap minta dijalankan sesuai dengan regulasi Asian Games," tutup Bima Sakti.
  1623 kali
Pelatih Timnas Indonesia Cari Pemain di Piala Presiden 2018
Tim pelatih Timnas Indonesia akan memantau pemain di Piala Presiden 2018. Hal itu dilakukan untuk mencari pemain terbaik jelang Asian Games 2018.Skuat Garuda saat ini sedang jalani pemusatan latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, hingga 21 Januari. Hari terakhir akan ada internal game, guna melihat performa usai jalani materi latihan yang diterapkan pelatih Luis Milla.[suggestedarticle=3]Timnas kembali berkumpul pada Februari mendatang. Besar kemungkinan akan ada wajah baru dalam pemusatan latihan nanti."Kemungkinan ada pemain baru, karena kami (tim pelatih) berniat keliling di Piala Presiden. Kami ingin melihat pemain-pemain lainnya," kata Bima Sakti, Jumat (19/1/2018).Piala Presiden baru saja dimulai dan berakhir pada 17 Februari. Rentang waktu yang cukup panjang membuat tim pelatih bisa leluasa melihat performa para pemain yang bermain di turnamen pramusim tersebut.
  1144 kali
2 Pemain Ini Paling Berkembang di TC Timnas Indonesia
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti melihat anak asuhnya mengalami perkembagan pesat selama pemusatan latihan kali ini.Bima menyebut dua pemain alami peningkatan pesat, mereka adalah Osvaldo Haay dan Febri Hariyadi. Kedua merupakan pemain sayap yang berkembang dengan skema latihan Luis Milla."Febri dan Osvaldo paling menonjol, tapi saya pikir semua pemain punya kelebihan masing-masing. Keduanya unggul kolaborasi dengan pemain lain," tambah Bima.[suggestedarticle=3]Bima juga menambahkan bahwa Luis Milla sangat puas dengan anak asuhnya selama latihan. Mantan pelatih Spanyol U-21 menilai para pemainnya cepat beradaptasi dengan apa yang diinginkannya."Adaptasi pemain baru dengan pemain lama cukup cepat. Kemudian Coach Luis juga sangat puas dengan kinerja mereka," ujar Bima."Pemain muda semuanya bagus terlebih Rachmat Irianto. Dia punya visi main bolanya sangat bagus," tandasnya.Timnas akan melakukan internal game pada sesi latihan terakhir, Minggu (20/1/2018). Sesi tersebut juga untuk melihat hasil selama latihan dalam delapan hari sebelumnya.
  3172 kali
Bekuk NEC, Almere City Raih Tiga Kemenangan Beruntun
Almere City berhasil meraih kemenangan 3-2 kontra NEC dalam lanjutan Jupiler League 2018, Sabtu (20/1) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Almere City meraih catatan tiga kemenangan beruntun.Sebelumnya Almere City berhasil mengalahkan Eindhoven dan Den Bosch. Kemenangan ini pun mengantarkan Almere City naik ke peringkat enam klasemen sementara.[suggestedarticle=3]Kemenangan Almere City dalam laga ini dibuka oleh gol Jerge Hoefdraad di menit ke-29. Anass Ahannach menggandakan keunggulan Almere City jelang babak pertama berakhir.Di babak kedua, Nec memperkecil ketertinggalan lewat Sven Braken di menit ke-55. Dua menit berselang, Almere City kembali menjauh lewat gol Silvester van der Water.Sven Braken mencetak gol keduanya dalam laga ini pada menit ke-74. Namun tiga poin tetap menjadi milik Almere City lewat kemenangan 3-2.
  1114 kali
Luis Milla Resmi Direkrut Klub Kasta Kedua Spanyol
Anak dari pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, Luis Milla Manzanares resmi berganti klub pada bursa transfer musim dingin ini. Milla Manzanares direkrut oleh klub dari kompetisi kasta kedua Spanyol, Tenerife.Tenerife mendatangkan Milla Manzanares dari CF Fuenlabrada. Fuenlabrada tidak bisa menolak tawaran Tenerife karena klausul pelepasan di dalam kontrak Milla Manzanares dibayar oleh tim asuhan Jose Luis Marti tersebut.[suggestedarticle=3]"Luis Milla Manzanares bukan lagi pemain CF Fuenlabrada. Tenerife membayar klausul pelepasan dalam kontraknya dan Milla pun ingin bergabung dengan mereka," tulis Fuenlabrada dalam pernyataan resminya."Kami berharap semoga ia beruntung bersama klub barunya," lanjut pernyataan tersebut.Milla dalam akun twitternya berterima kasih kepada Fuenlabrada. Ia berharap eks klub anaknya tersebut dapat meraih promosi musim ini."Menurut saya Fuenlabrada layak mendapat tiket promosi. Terima kasih dan sampai bertemu," tulis Milla.
  13615 kali
Ini Alasan Luis Milla Tak Sering Mainkan Egy Maulana
Pelatih timnas Luis Milla punya alasan khusus mengapa dirinya tak sering memainkan Egy Maulana dalam timnas U-23 dan timnas senior. Alasan tersebut terungkap dari asisten pelatih timnas U-23 Bima Sakti di Jakarta, Jumat (19/1/2018).Menurut Bima Sakti, Egy tidak bisa dipaksakan untuk menjadi starter untuk timnas U-23 dan timnas Senior karena pemain berusia 17 itu harus melewati proses."Pelatih Luis Milla ingin Egy berproses pelan-pelan jadi tidak langsung dimainkan penuh," ujar Bima Sakti ketika ditemui di Lapangan A, Senayan, Jakarta.[suggestedarticle=3]Meski begitu, Bima Sakti melanjutkan, Egy sudah menunjukkan perkembangan yang sangat baik selama mengikuti pemusatan latihan baik bersama timnas U-23 maupun timnas senior. Hanya saja pemain yang baru berusia 17 tahun tersebut dianggap perlu mengasah kemampuan bertahannya."Penting bagi Egy untuk menyeimbangkan kemampuan menyerang dan bertahan. Ke depan, dalam laga-laga timnas selanjutnya, sangat mungkin dia masuk starting eleven," ujar Bima Sakti.Egy Maulana Vikri sudah 19 kali memperkuat tim nasional baik U-19 saat masih dilatih Indra Sjafri, U-23 dan senior sepanjang tahun 2017 sampai awal 2018.Namun, dalam timnas asuhan Luis Milla yakni U-23 dan senior, Egy tidak pernah terpilih masuk ke 11 pemain utama tim (starting eleven) dan rata-rata durasi bermainnya tak lebih dari 20 menit dalam satu pertandingan.Padahal sepanjang tahun 2017, berdasarkan catatan PSSI, Egy merupakan pemain tim nasional Indonesia tersubur dengan 13 gol yang semuanya dicetak di timnas U-19, sekaligus pembuat assist terbanyak dengan lima assist.
  80008 kali
1516415402261 tag