(Foto: Bolalob)

(Belum) Ada Nama Michael Essien di Tembok Legenda Chelsea

Nama Michael Essien seketika melambung tinggi ketika diberitakan resmi dikontrak oleh Persib Bandung. Berita kepindahan pemain dengan status marquee player di kompetisi Liga 1 itu bukan hanya mengguncang Indonesia, tetapi juga dibahas oleh media internasional - dan bahkan belakangan menjadi salah satu sebab situs resmi FIFA diserbu jutaan netizen.

Legenda Chelsea!

Demikian sebagian besar media Indonesia melabeli sosok Michael Essien. Tujuh musim berbaju The Blues adalah justifikasi yang cukup pantas untuk menyematkan predikat legenda Chelsea padanya. Apalagi kontribusinya lumayan mentereng: mencetak 17 gol dalam 168 penampilan.

Lemari piala Essien yang datang ke Chelsea Agustus 2005 sebagai pemain termahal senilai 24,4 juta pounds - mengalahkan harga Didier Drogba semusim sebelumnya, penuh gelar juara. Di sana berderat gelar Premier League 2 kali (2005/06, 2009–10), FA Cup 4 kali (2006/07, 2008/09, 2009/10, 2011/12), Piala Liga 2006/07, FA Community Shield 2009 dan UEFA Champions League 2011/12.



Namun, dengan pencapaian itu, ternyata ketika Bolalob berkunjung ke markas Chelsea di kota London, Inggris; nama Michael Essien belum ada di dalam deret pemain besar yang dipajang di tembok bersejarah Stadion Stamford Bridge. Total ada 16 pemain yang dipajang di memorial wall itu, tetapi tidak ada nama Michael Essien.

Deretan pemain legenda itu dipajang di The Shed Wall, satu-satunya peninggalan stadion Stamford Bridge lama sebelum direnovasi menjadi lebih modern pada 1994. Tembok itu sengaja dipertahankan meski terlihat kuno dan rapuh di antara bangunan-bangunan baru yang lebih modern.



Terletak di bagian selatan stadion, The Shed End dibangun pada 1930 dengan nama asli Fulham Road End. Bagian ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya suporter die hard dengan suara lantang meneror lawan, sebelum akhirnya dirobohkan pada 1994 ketika Liga Inggris mengharuskan semua penonton harus duduk di dalam stadion sebagai imbas tragedi Hillsborough.

Mulai dioperasikan mulai musim 1997-98, bagian atas The Shed End dikenal sebagai tempat terbaik menonton pertandingan. Sejak 2005, bagian ini diperuntukkan bagi suporter tim tamu dengan kapasitas 3 ribu penonton - atau setengah dari kapasitas total The Shed End.

Satu hal lain yang sangat istimewa dan tak dimiliki bagian lain di stadion ini adalah adanya abu Peter Osgood - legenda terbesar Chelsea, yang dikubur di bawah titik pinalti The Shed End pada 2006. Di tempat inilah abu pemain berjuluk The King of STamford Bridge itu bersemayam untuk selamanya. 



Belum ada penjelasan apakah abu itu akan dipindahkan atau dipertahankan sehubungan dengan rencana pembangunan ulang STamford Bridge yang akan segera dimulai akhir musim ini dan berlangsung selama 3 musim penuh.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Chelsea Siapkan Dana Besar untuk Datangkan Pemain Juventus Ini
Chelsea dikabarkan sudah menyiapkan dana besar untuk bisa mendatangkan bek kiri Juventus, Alex Sandro pada jendela transfer musim panas 2017. Chelsea menyiapkan dana hingga 60 juta euro untuk mendatangkan mantan pemain Porto tersebut.Penampilan Alex Sandro di Juventus menarik perhatian sejumlah klub besar termasuk Chelsea. Musim lalu, Alex Sandro tampil dalam 43 laga dengan raihan tiga gol dan tujuh assist. Alex Sandro bahkan berhasil menggeser Patrice Evra yang dari posisi tersebut.[suggestedarticle]Antonio Conte dikabarkan menginginkan pemain asal Brasil tersebut untuk mengisi posisi sayap kiri Chelsea. Surat kabar Italia bahkan memprediksi Chelsea siap memberikan tawaran hingga 60 juta euro atau senilai 892 miliar rupiah untuk mendatangkan Alex Sandro.La Gazzetta dello Sport mengklaim Chelsea sebelumnya sudah memberikan penawaran hingga 50 juta euro namun ditolak Juventus. Pemain usia 26 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan Juventus hingga Juni 2020.
visibility  577 kali
Pogba Bercerita Hal Ekstrem yang Dilakukan Mourinho Saat United Kalahkan Chelsea
Paul Pogba menceritakan kejadian unik tentang Jose Mourinho saat Manchester United menang 2-0 atas Chelsea di ajang Premier League 2016/17. Pada laga tersebut Mourinho mendadak mengubah formasi tim sebelum laga berlangsung.Laga melawan Chelsea pada April 2017 menjadi salah satu pertandingan yang paling berkesan untuk United. Tidak diunggulkan pada laga tersebut, United justru mampu menang dengan skor 2-0 lewat gol yang diciptakan Marcus Rashford dan Ander Herrera.Pogba menilai Mourinho memang pantas mendapat julukan tersebut karena dia memang berbeda dengan pelatih lainnya. "Dia Special One karena dia menang. Tekadang dia melakukan hal yang ekstrem," ujar Pogba pada Sky Sport."Melawan Chelsea, dia mengganti formasi kami sesaat sebelum pertandingan dimulai. Kami tidak pernah berlatih dengan itu sebelumnya tapi itu berjalan bagus. Itu spesial," ucap Pogba."Dia memenangkan tiga trofi pada tahun pertamanya, itu juga spesial. Dia layak mendapatkan julukan itu," kata Pogba.
visibility  2644 kali
Bonucci Beri Tanggapan Tentang Rumor Dirinya Gabung Chelsea
Leonardo Bonucci memberikan tanggapan mengenai isu transfer dirinya dari Juventus ke Chelsea. Bonucci menyatakan kabar tersebut hanya sekadar gosip belaka.Penampilan gemilang Bonucci di lini belakang Juventus membuat pemain usia 30 tahun tersebut gencar dikaitkan dengan sejumlah klub besar. Chelsea digadang-gadang menjadi salah satu klub peminat Bonucci karena sang pelatih, Antonio Conte yang pernah membuat pemain asal Italia tersebut menjadi sosok andalan di lini belakang Juventus.[suggestedarticle]Menanggapi hal tersebut Bonucci hanya menyatakan itu semua hanya sebuah rumor yang beredar di jendela transfer. "Itu hanya gosip," ujar Bonucci pada ESPN.Bonucci menegaskan dirinya tidak akan terpengaruh dengan isu lainnya saat pelatih Juventus, Massimiliano Allegri dilirik klub Premier League. Eks pemain Bari tersebut menyatakan ia akan tetap bersama Juventus hingga kontraknya habis."Saya tidak tahu apakah Allegri akan ke Premier League, tapi saya akan menjadi bagian klub ini hingga 2021," ucap Bonucci.Bergabung dengan Juventus sejak 2010, Bonucci sudah mengoleksi lebih dari 300 pertandingan bersama tim Putih-Hitam dan meraih berbagai gelar domestik.
visibility  498 kali
Usai Tragedi Manchester, Chelsea Batal Gelar Pawai
Chelsea mengurungkan niat mereka untuk melakukan konvoi usai memastikan gelar juara Premier League. Tragedi di Manchester menjadi batalnya Chelsea melakukan konvoi di London.Manchester baru saja diguncang tragedi terorisme yang menewaskan 22 nyawa karena bom bunuh diri saat konsir Ariana Grande. Kondisi tersebut membuat Chelsea lebih mementingkan keselamatan semua pihak dibanding memaksakan kehendak mereka untuk merayakan gelar juara bersama fans. Chelsea sebelumnya sudah menjadwalkan akan akan melakukan pawai, Kamis (25/5).[suggestedarticle]"Kami semua yang berada di Chelsea Football Club berbelasungkawa kepada mereka yang terkena dampak serangan teror di Manchester. Kami terus memikirkan para korban dan keluar mereka dan teman," tulis Chelsea di situs resmi mereka."Mengingat kejadian tragis ini, sepertinya tidak pantas untuk melakukan konvoi kemenangan di London pada hari Minggu.""Kami sangat yakin, demi kepentingan semua orang, ini adalah tindakan yang benar. Kami yakin pendukung kami akan memahami situasi ini."
visibility  345 kali
John Terry Dapat Hadiah Sabuk Juara WWE
John Terry mendapat hadiah spesial dari salah satu legenda WWE, Triple H usai Chelsea menjuarai Premier League. Triple H memberikan selamat beserta sabuk juara WWE kepada Terry.Chelsea berhasil memastikan gelar juara Premier League musim 2016/17 usai menyudahi perlawanan rival terdekat mereka, Tottenham Hotspur. Meski baru akan melakukan perayaan pada pekan ke-38, sudah ada yang memberikan hadiah untuk merayakan gelar tersebut.[suggestedarticle]Juara WWE 14 kali, Triple H mengirim hadiah spesial untuk John Terry berupa sabuk juara WWE lengkap dengan logo Chelsea di sisi kanan dan kini. Terry pun berfoto di Stamford Bridge dengan sabuk tersebut layaknya seorang juara: Congratulations to John Terry and @ChelseaFC on winning the @PremierLeague! pic.twitter.com/22G7R32emY — Triple H (@TripleH) 20 May 2017 Dalam twitternya, Triple H memberikan ucapan selamat yang beruliskan "Selamat untuk John Terry dan Chelsea telah menjuarai Premier League" Gelar ini merupakan gelar liga yang keenam untuk Chelsea dalam sejarah klub.
visibility  306 kali
Conte Akan Bertahan di Chelsea, Jika...
Pelatih Chelsea, Antonio Conte mengungkapkan syarat dirinya akan bertahan di Chelsea musim depan. Conte memastikan akan bertahan jika keluarga yang ada di Italia pindah ke London.Conte sukses membawa Chelsea meraih gelar juara Premier League 2016/17, namun hal tersebut tidak menjadi alasan utama dirinya akan tetap berada di Inggris. Eks pelatih Juventus tersebut menyatakan dirinya tidak akan meneruskan karir di Inggris jika tidak bersama keluarganya.[suggestedarticle]"Saya tidak akan melanjutkan tahun berikutnya di sini jika sendirian. Istri saya Elisabetta dan saya memutuskan pindah pada Januar saat anak perempuan saya menyelesaikan sekolah di Turin. Mereka akan pindah jika saya bertahan di Chelsea," ujar Conte dilansir Soccerway.Sejumlah kabar sempat melaporkan Conte akan kembali ke Italia untuk menukangi salah satu klub Serie A. Kabarnya Inter Milan yang akan memecat Stefano Pioli akhir musim ini siap menampung pelatih yang pernah membawa Juventus meraih tiga gelar Scudetto beruntun sebagai manajer.
visibility  1119 kali
Kante Mau 4 Trofi Bersama Chelsea Musim Depan
Sukses meraih dua gelar Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir tak membuat gelandang Chelsea N’Golo Kante berpuas diri.Tak tanggung-tanggung, Kante menargetkan raihan empat trofi bersama Chelsea pada musim depan.Sejak didatangkan dari Leicester City di awal musim dengan 32 juta pound, Kante menunjukan kapasitasnya sebagai gelandang tenaga kuda di sepanjang musim ini.Selain gelar pemain terbaik Liga Inggris versi PFA, Kante juga mendapat penghargaan pemain terbaik Premier League 2016-2017 versi Football Writers’ Association (FWA).“Musim depan kami akan menghadapi tantangan baru. Kami akan berusaha untuk memenangi empat gelar sekaligus, yaitu Premier League, Piala FA, Piala Liga dan Liga Champions.”[suggestedarticle]“Chelsea adalah satu di antara klub top Eropa. Oleh karena itu, kami ingin memenangi segalanya. Empat gelar dalam satu musim merupakan tantangan Chelsea berikutnya,” ujar Kante.Total 39 pertandingan dijalani Kante sepanjang musim ini untuk Chelsea, ia menjadi pemain yang menjuarai Premier League dua musim berturut-turut dengan klub yang berbeda. Nama lain yang juga memiliki catatan serupa adalah Mark Schwarzer (Chelsea 2014-15, Leicester City 2015-16).
visibility  348 kali
Chelsea Mengincar Dua Bintang AS Roma Ini
Usai memastikan menjuarai Liga Primer Inggris 2016/2017, pelatih Antonio Conte langsung mempersiapkan skuatnya untuk mengarungi Liga Champions musim depan dengan mengincar dua pemain AS Roma.Ia pun mengirim mengirimkan pemandu bakat untuk memantau dua bidikannya, Antonio Rudiger dan Radja Nainggolan, pada pertandingan melawan Juventus, Minggu (14/5) waktu setempat atau Senin waktu Indonesia.Menurut Tuttomercatoweb, perwakilan Antonio Conte itu berada di Stadion Olimpico guna mengamati dua pemain incaran Chelsea, yaitu bek tengah Rudiger dan gelandang Radja Nainggolan.[suggestedarticle]Keduanya memang berulang kali dikaitkan dengan kabar kepindahan ke Stamford Bridge, dan menolak meninggalkan AS Roma pada bursa transfer musim panas lalu.Meski begitu, situasi di AS Roma bisa berubah menyusul kontrak pelatih Luciano Spalletti yang akan berakhir pada Juni ini dan belum jelas siapa sosok pengganti Spalletti pada musim depan.AS Roma juga masih bertarung dengan Napoli guna memperebutkan posisi kedua klasemen Serie A, sebagai jaminan klub agar lolos langsung ke putaran utama Liga Champions musim depan.Keberhasilan AS Roma lolos langsung ke Liga Champions dan keputusan pelatih baru AS Roma, tentunya akan menjadi kunci transfer kedua pemain itu ke Chelsea.
visibility  1002 kali
Hazard Sebut Chelsea Juara Berkat Arsenal
Eden Hazard mengungkapkan kekalahan atas Arsenal pada 24 September 2016 di Premier League menjadi pemicu raihan bagus Chelsea yang berakhir dengan gelar juara. Hal tersebut dianggap menjadi titik balik Chelsea untuk tampil lebih baik.Perjalanan Chelsea meraih gelar juara Premier League musim 2016/17 tidak sepenuhnya mulus. Chelsea sempat kesulitan di awal musim dan menderita sejumlah kekalahan. Takluk 0-3 dari Arsenal pada 24 September 2016 di Stadion Emirates menjadi momen yang paling diingat Hazard "Luar biasa bisa merayakan bersama fans. Pertandingan sangat sulit. Kami sangat senang," ujar Hazard dilansir The Sun."Kami telah bicara sangat bangyak tentang manajer. dia fantastis dan di berusaha begitu keras saat latihan. Pujian untuk dia dan para pemain," ucap Hazard."Kami kalah dari Arsenal dan kemudian kami meraih rentetan kemenangan yang luar biasa. Itu saat kami mengatakan bisa menjuarai liga," kata Hazard.Kekalahan atas Arsenal tersebut membuat Antonio Conte mengubah formasi menjadi 3-4-3 yang mampu mendulang hasil gemilang dengan 13 kemenangan beruntun di Premier League. Chelsea akhirnya mampu memastikan gelar juara Premier League di pekan ke-36 atau menyisakan dua laga sisa. Poin Chelsea sudah dipastikan tidak akan dapat dikejar oleh Tottenham Hotspur yang berada di posisi kedua.
visibility  1289 kali
Tottenham Belum Menyerah Kejar Chelsea
Manajer Tottenham, Mauricio Pochettino masih belum menyerah dalam perburuan gelar juara Premier League. Kekalahan Tottenham atas West Ham membuat Chelsea hanya butuh enam poin lagi untuk juara.Kekalahan Tottenham atas West Ham, Sabtu (6/5) membuat kans tim berjuluk the Lily Whites untuk meraih gelar juara semakin tipis. Menyisakan tiga laga, Tottenham kini tertinggal empat poin dari Chelsea yang masih punya empat laga sisa.Secara matematis, kans Tottenham untuk menjuarai Premier League belum habis dan Pochettino memilih belum menyerah dalam perburuan gelar juara."Ini belum berakhir. Kami harus menunggu tapi akan sulit untuk mengejar Chelsea," ujar Pochettino dilansir BBC."Saya tetap tenang, tapi saya kecewa, jelas. Kami melewatkan kesempatan memangkas jarak," lanjut Pochettino.Chelsea hanya butuh dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara Premier League. Kemenangan atas Middlesbrough (8/5) dan West Brom (12/5) bisa menjadi penentu gelar juara Chelsea musim ini.
visibility  418 kali
1494060918450 tag