(Foto: Bola.com)

Curhatan Jack Brown Usai Tak Lolos Seleksi Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri baru saja mengumumkan 32 pemain yang lolos seleksi dan berhak melanjutkan ke tahapan lanjutan dalam pemusatan latihan.

Namun dari 32 nama itu tak ada satupun nama pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri yang lolos. Termasuk Brown bersaudara Jack dan George.

Coach Indra mengatakan, para pemain dari luar negeri tidak akan bisa mengikuti TC jangka panjang karena harus melanjutkan sekolahnya di negara tempatnya bermain masing-masing.

Selain alasan itu, sang pelatih juga menyatakan mereka tak cukup bagus untuk bersaing dengan para pemain lokal yang juga mengikuti seleksi selama ini.

Ibunda George dan Jack, Indah Brown, pun mengetahui bahwa kedua anaknya tidak lolos seleksi pada malam sebelumnya.

"Buat George dan Jack, dipanggil dan diberi kesempatan menjalani seleksi saja sudah bersyukur dan membahagiakan. Apalagi keduanya bisa berkenalan dengan pemain-pemain top di Timnas U-19. Mereka mengakui teman-teman yang mengikuti seleksi hebat-hebat. Skill mereka luar biasa dan kuat secara fisik karena terbiasa latihan di udara yang lembab," ujar Indah seperti dikutip dari Bola.com



Kakak-adik yang meniti karir dan sekolah di Inggris itu menilai kesempatan yang mereka dapatkan terlalu singkat, sehingga mereka tak bisa menunjukan permainan terbaiknya.

"George dan Jack sebenarnya berharap seleksi bisa diperpanjang lagi supaya mereka bisa beradaptasi dengan udara di Indonesia. Namun, sekalipun tidak diterima, mereka akan mencoba lagi tahun depan," lanjut Indah.

Sebelumnya PSSI memanggil sebanyak 14 pemain Indonesia yang berlatih di luar negeri untuk memulai latihan perdana bersama Timnas Indonesia U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Kamis (6/4/2017) lalu.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Egy Maulana Vikri dan 28 Pemain Timnas U-19 Jalani TC di Yogyakarta
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan (TC) pada 20 hingga 29 Juni mendatang. TC dilakukan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).Pada TC kali ini, Indra Sjafri melakukan persiapan untuk hadapi Piala AFF U-19 2018. Turnamen tersebut akan diadakan di Sidoarjo dan Gresik pada 1-14 Juli.Skuat Garuda Nusantara akan berada di Grup A bersama dengan Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina."Jelang Piala AFF U-19 kami melakukan pemantapan latihan di Yogyakarta. Kami memanggil 29 pemain, yang sebagian besar semua pemain pernah dipanggil di TC sebelumnya," kata Indra Sjafri dalam laman resmi PSSI.[suggestedarticle=3]Indra berharap para pemainnya fokus dalam TC di Yogyakarta. Pemain akan jalani menu latihan dan fokus untuk dapatkan hasil terbaik di Piala AFF U-19."Saat TC di Yogyakarta, kami tim pelatih seperti biasa memberikan semua materi latihan kepada pemain. Kami juga sudah melakukan evaluasi apa saja kekurangan tim ini. Pada TC kali ini, kami juga melakukan analisa terhadap tim-tim lawan yang akan kami hadapi di Piala AFF U-19," tambah pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF tahun 2013 ini.Dari 29 pemain yang dipanggil, bintang Timnas U-19 seperti Egy Maulana, Nurhidayat, Firza Andika, M Iqbal, Asnawi Mangkualam, Rifad Marasabessy, M Lutfhi, M Rafli turut mengisi komposisi skuat. Satu nama pemain baru yang dipanggil yakni David Kevin Rumakiek dari Persipura.Sedangkan tiga pemain Saddil Ramdani, Feby Eka Putra, dan Hanis Saghara akan menyusul bergabung ke Yogyakarta pada 24 Juni usai jalani TC bersama Timnas Indonesia U-23.[pagebreak]Berikut 29 pemain Timnas Indonesia U-19[/pagebreak]Berikut 29 Pemain Timnas U-19 TC YogyakartaKiper1. M. Aqil Savik (Persib)2. Gianluca Rossy (Persija)3. Rakasurya Handika (Bali United)4. M. Riyandi (Barito Putera)Belakang5. Nurhidayat Haris (Bhayangkara FC)6. Julyano Pratama (Ragunan)7. Kadek Raditya (Persiba Balikpapan)8. Dedi T Maulana (Persis)9. Firza Andika (PSMS) 10. Irsan Lestaluhu (Madura United)11. M. Firly ( Bogor FC )12. Asnawi Mangku Alam ( PSM )13. Samuel Christianson (Sriwijaya FC)14. M. Rifad Marasabessy ( Madura United)15. David Kevin Rumakiek (Persipura)Tengah16. M. Luthfi Kamal (Mitra Kukar) 17. Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC)18. Witan Sulaeman (Ragunan)19. Resky Fandi (Martapura)20. Muhammad Iqbal (Persika)21. Todd Rivaldo (Persipura)22. M. Rafi Syaharil ( Barito Putera )23. Saddil Ramdani (Persela) 24. Feby Eka (Bali United) 25. Gunansar Mandowen (Persipura)26. Egy Maulana (Lechia Gdansk)Depan27. Hanis Saghara (Bali United)28. Aji Kusuma (Persika)29. M Rafli Mursalim (Mitra Kukar)
  856 kali
Beberapa Pemain Pilar 'Tinggalkan' Timnas U-19
Indra Sjafri harus legawa. Pasalnya, beberapa pemain pilar terpaksa meninggalkan latihan Timnas U-19 yang diasuhnya, pada latihan perdana di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (19/6/2018).Usai libur Idul Fitri, Indra Sjafri mengumpulkan kembali asuhannya di Yogyakarta. Namun, beberapa pemain inti tak bisa ikut serta termasuk Egy Maulana Vikri yang terbang ke klub anyarnya, Lechia Gdansk.Kemudian ada beberapa nama yang absen yakni Hanis Sagara, Feby Eka Putra, dan Saddil Ramdani. Mereka bergabung dengan Timnas U-23 yang akan melakukan uji coba melawan Korea Selatan. "Egy juga belum, dia kembali ke klubnya," kata Indra Sjafri pelatih Timnas U-19, usai memimpin latihan pada Selasa (19/6).[suggestedarticle=3]Menurutnya, Egy yang saat ini berada di Polandia baru akan bergabung pada 25 Juni mendatang. TC dilakukan untuk mempersiapkan tim guna menghadapi turnamen Piala AFF U-19 pada awal bulan depan. "Kami sekarang sudah fokus untuk turnamen Piala AFF," jelas Indra Sjafri.Dalam latihan tersebut diikuti oleh sekitar 11 pemain. Namun akan berangsur mulai lengkap pada Rabu (20/6) ini. Menurut Indra Sjafri, dalam TC tahap kedua ini akan diagendakan sekali uji coba melawan tim lokal. Uji coba akan dilakukan pada 27 Juni mendatang di Yogjakarta. Namun untuk lawannya, apakah dari klub Liga 1 atau Liga 2 masih belum ada kepastian."Nanti dengan tim lokal. Belum tahu nanti siapa lawannya, masih kami hubungi untuk kepastiannya," tutur Indra Sjafri seperti dikutip jawapos.com.
  1772 kali
Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia U-19 Jalani TC Tahap Kedua
Timnas Indonesia U-19 kembali menggelar pemusatan latihan tahap kedua di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai Selasa (19/6/2018).Pelatih Indra Sjafri masih memanggil sebanyak 28 pemain dalam TC yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-18 Juli mendatang. Namun baru 11 pemain yang sudah bergabung.Beberapa pemain justru mendapat panggilan dari Luis Milla di timnas U-23. Mereka adalah Saddil Ramdani (Persela Lamongan), Feby Eka Putra (Bali United), dan Hanis Saghara (Bali United).[suggestedarticle=3]Sementara Egy Maulana Vikri sudah harus berlatih dengan klub barunya di Polandia, Lechia Gdansk.Daftar 11 pemain yang sudah bergabung latihan antara lain:Tiga kiper Muhammad Riyandi, Rakasurya Handika, Gianluca Pagliuca Rossy. Lalu Dedi Tri Maulana, Muhammad Firly, Juliyano Pratama, Kadek Raditya, Firza Andika (belakang), M. Lutfi Kamal Baharsyah, M. Rafi Syahril, M. Iqbal (tengah), serta dua penyerang M. Rafli Mursalim dan Aji Kusuma."Kita fokus ke turnamen AFF nanti tanggal 1 Juli 2018, mulai hari ini baru datang 11 pemain ya, kecuali Saddil, Sagara sama Feby dipanggil Timnas U-23 sama Egy bergabung ke klubnya," kata Indra Sjafri usai memimpin latihan.[pagebreak]Rencana Uji Coba[/pagebreak]Rencananya timnas U-19 akan melakoni satu laga uji coba melawan tim lokal pada 27 Juni mendatang di Sidoarjo."Untuk lawan siapa kita belum tentukan. Nanti rencana melawan tim lokal tanggal 27," tutur Indra.
  1302 kali
Jerman Jadi Jagoan Indra Sjafri di Piala Dunia 2018
Demam Piala Dunia 2018 dirasakan oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Sang pelatih punya jagoan di event empat tahunan itu.Indra Sjafri menjagokan Jerman, sang juara bertahan Piala Dunia. Kultur sepak bola Jerman membuat pelatih asal Sumatera Barat itu yakin dengan peluang Der Panzer pertahankan gelar juara.[suggestedarticle=3]"Mereka (Jerman) punya kultur sepak bola dan kompetisi negara yang sangat memungkikan timnas mereka menjadi lebih kuat," ujar Indra Sjafri, Kamis (14/6/2018)."Jerman punya federasi yang konsister dalam membangun timnas dengan pelatih dan program yang jelas. Kualitas pelatihnya punya pengalaman di Piala Dunia.Jerman memang menjadi favorit juara di gelaran Piala Dunia kali ini. Manuel Neuer dkk tergabung di Grup F bersama dengan Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Laga pertama Jerman akan berhadapan dengan Meksiko, pada Minggu (17/6/2018).
  444 kali
Batal di Pakansari, AFF Tunjuk Stadion Ini Untuk Gelar Piala AFF U-19 2018
Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) baru saja merilis kabar baru mengenai stadion yang akan dipakai untuk ajang Piala AFF U-19 2018.Turnamen ini semulanya akan dihelat di Stadion Pakansari, Bogor pada 1-15 Juli 2018, namun AFF memastikan semua laga akan digelar di Jawa Timur.Dua stadion yang akan dipakai dalam turnamen ini adalah Stadion Joko Samudro (Gresik) dan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.[suggestedarticle]Turnamen ini sendiri diikuti oleh 11 negara, termasuk Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah.Grup A dihuni juara bertahan Thailand, tuan rumah Indonesia, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina. Sementara Grup B diisi Malaysia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, serta Brunei Darussalam.Jadwal Penyisihan Grup A:1 Juli 2018 Jam 15.30 WIB Vietnam vs Thailand (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Singapura vs Filipina (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Indonesia vs Laos (Stadion Gelora Delta)3 Juli 2018Jam 15.30 WIB Thailand vs Laos (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Indonesia vs Singapura (Stadion Gelora Delta)Jam 19.00 WIB Vietnam vs Filipina (Stadion Gelora Delta)5 Juli 2018Jam 15.30 WIB Laos vs Vietnam (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Filipina vs Indonesia (Stadion Gelora Delta)Jam 19.00 WIB Thailand vs Singapura (Stadion Gelora Delta)7 Juli 2018Jam 15.30 WIB Singapura vs Laos (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Filipina vs Thailand (Stadion Gelora Delta)Jam 19.00 WIB Indonesia vs Vietnam (Stadion Gelora Delta)9 Juli 2018Jam 15.30 WIB Laos vs Filipina (Stadion Joko Samudro)Jam 19.00 WIB Vietnam vs Singapura (Stadion Gelora Delta)Jam 19.00 WIB Thailand vs Indonesia (Stadion Gelora Delta) 12 Juli 2018: Semifinal 1 (Stadion Gelora Delta)13 Juli 2018: Semifinal 2 (Stadion Gelora Delta)14 Juli 2018: Perebutan peringkat ketiga (Stadion Gelora Delta)15 Juli 2018: Final (Stadion Gelora Delta)
  4963 kali
PSSI Ingin Timnas U-19 Dipecah Jadi 3 Kelompok
PSSI berencana membagi tiga kelompok untuk Timnas Indonesia U-19. Hal tersebut dilakukan karena adanya perbedaan fisik pemain.Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria akan membicarakan rencana itu dengan Direktur Teknik Danurwindo dan pelatih Indra Sjafri."Timnas U-19 memiliki pemain ada yang reguler main di tim Liga 1, ada yang hanya sebagai pemain pengganti saja atau jarang main, dan ada yang belum mempunyai klub," kata Ratu Tisha beberapa waktu lalu di Pakansari, Kabupaten Bogor.[suggestedarticle=3]"Dari ketiga kategori pemain ini, pasti memiliki fisik yang berbeda-beda. Tentu PSSI ingin nantinya program dari Danurwindo dan coach Indra Sjafri, solusinya bisa menyamakan fisik para pemain," lanjut Ratu Tisha.Tahun ini, timnas U-19 akan mengikuti dua ajang internasional, yakni Piala AFF di Sidoarjo, 4-14 Juli. Lalu Piala Asia U-19 pada 18 Oktober sampai 4 November.Skuat Garuda Nusantara tergabung di Grup A Piala Asia U-19 2018 bersama Qatar, Taiwan, dan Uni Emirat Arab. Sedangkan di Piala AFF U-18, Timnas U-19 tergabung dengan Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Laos.
  4755 kali
Usai Lebaran, Indra Sjafri Kembali Kumpulkan Pemain
Tim Nasional Indonesia U-19 kembali akan menggelar pemusatan latihan keduanya bersama Indra Sjafri usai hari raya Idul Fitri.Sebelumnya selama dua pekan sebanyak 28 pemain sudah menjalani pemusatan latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, dan diakhiri dengan dua laga uji coba.[suggestedarticle=3]Timnas U-19 sendiri kalah dalam dua laga uji coba itu, yakni melawan Persis Solo (0-2) dan PSS Sleman (0-3).“Dari hasil laga uji coba kedua ini, kami sudah bisa evaluasi siapa-siapa saja pemain yang bisa ikut TC tahap berikutnya yang dimulai tanggal 19 Juni mendatang," kata Indra Sjafri."Sekali lagi di dua uji coba ini bukan soal menang kalah, karena kami sedang menyusun tim dengan materi pemain yang pas,” Indra Sjafri, menambahkan.Seperti diketahui, timnas U-19 sedang dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-19 2018 dan Piala Asia U-19 2018.target juara dicanangkan PSSI kepada timnas U-19 saat turun di ajang Piala AFF mereka, sementara di Piala Asia ditargetkan minimal menembus babak semi-final agar mendapatkan satu tiket ke Piala Dunia U-20 2019.
  794 kali
Indra Sjafri Tambah Striker untuk TC Timnas U-19 Bulan Juli
Indra Sjafri akan mencari penyerang lagi untuk Timnas Indonesia U-19. Kebutuhan tersebut untuk memperkuat tim di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19.Kebutuhan tersebut timbul setelah Timnas U-19 sulit untuk mencetak gol pada dua laga uji coba melawan Persis Solo (kalah 0-3) dan PSS Sleman (0-2). [suggestedarticle=3]"Hanis Saghara, Aji Kusuma, dan Muhammad Rafli masih belum cukup," ujar Indra Sjafri, beberapa waktu lalu."Kami akan tambah lebih dari satu atau dua penyerang dari Liga 3," tambah pelatih asal Sumatera Barat itu.Timnas akan kembali melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta usai Hari Raya Idul Fitri. Pemusatan latihan itu akan berlangsung pada 19 Juli.Penambahan kuota striker kemungkinan baru akan dilakukan pada masa training camp (TC) setelah Lebaran. TC tahap kedua ini akan berlangsung di Yogyakarta mulai 19 Juli.
  1844 kali
Garuda Muda Akan Jalani Uji Coba Internasional
PSSI akan menjadwalkan tim nasional U-19 untuk menjalani laga uji coba internasional jelang menghadapi Piala AFF U-18. Timnas U-19 sebelumnya bahkan harus menyerah dua kali dari klub lokal.Pada pemusatan latihan pertama di Yogyakarta, Timnas U-19 sempat dua kali menjalani uji coba melawan Persis Solo dan PSS Sleman. Sayangnya pada dua laga tersebut, Egy Maulana dan kawan-kawan harus kalah dan gagal mencetak gol.[suggestedarticle=3]Timnas U-19 harus menyerah 0-3 dari Persis Solo dan tumbang 0-2 dari PSS Sleman.Usai pemusatan latihan berakhir, PSSI mengungkapkan akan menyiapkan laga uji coba melawan negara lain sebelum Piala AFF U-18 bergulir"Minimal sekali uji coba internasional. AFF target kami juara," kata Ratu Tisha, Sekjen PSSI."Permainan harus dibenahi lagi, waktunya hanya tinggal sebulan sebelum masuk AFF. Saya yakin tim pelatih sudah ada beberapa strategi," ujar Ratu Tisha.Piala AFF U-18 akan digelar pada 1-14 Juli 2018 di Stadion Pakansari dan Gelora Delta Sidoarjo. Pada turnamen tersebut timnas U-19 tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina dan Laos.
  2471 kali
Ternyata Indra Sjafri Dapat Pesan Khusus dari Lechia Gdansk Terkait Egy Maulana
Lechia Gdansk memberikan pesan khusus kepada pelatih timnas U-19, Indra Sjafri agar terus menjaga kondisi Egy Maulana Vikri. Usai pemusatan latihan bersama timnas U-19, Egy akan kembali ke Polandia untuk bergabung dengan Lechia Gdansk dalam waktu dekat.Pada pemusatan latihan tahap pertama tim nasional U-19 di Yogyakarta, skuad asuhan Indra Sjafri menjalani dua laga uji coba. Sayangnya timnas U-19 harus kalah pada dua laga tersebut saat melawan Persis Solo dan juga PSS Sleman.[suggestedarticle=3]Pada dua laga tersebut, Egy Maulana bermain penuh sebagai penggedor lini serang timnas U-19. Keputusan tersebut tampaknya tidak lepas dari pesan yang sempat diberikan oleh Lechia Gdansk agar menjaga kondisi fisik Egy."Egy selalu bermain penuh agar fisiknya tetap terjaga, itu yang dipesankan oleh klubnya pada saya. Mereka akan menjalani pre season dan tanggal 10 nanti Egi akan kembali ke Polandia," ungkap Indra Sjafri.Dalam dua laga uji coba tersebut, timnas U-19 bahkan tak mampu mencetak gol karena harus kalah 0-3 dari Persis dan 0-2 dari PSS Sleman.
  5037 kali
1528014601794 tag