(Foto: Bola.com)

Curhatan Jack Brown Usai Tak Lolos Seleksi Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri baru saja mengumumkan 32 pemain yang lolos seleksi dan berhak melanjutkan ke tahapan lanjutan dalam pemusatan latihan.

Namun dari 32 nama itu tak ada satupun nama pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri yang lolos. Termasuk Brown bersaudara Jack dan George.

Coach Indra mengatakan, para pemain dari luar negeri tidak akan bisa mengikuti TC jangka panjang karena harus melanjutkan sekolahnya di negara tempatnya bermain masing-masing.

Selain alasan itu, sang pelatih juga menyatakan mereka tak cukup bagus untuk bersaing dengan para pemain lokal yang juga mengikuti seleksi selama ini.

Ibunda George dan Jack, Indah Brown, pun mengetahui bahwa kedua anaknya tidak lolos seleksi pada malam sebelumnya.

"Buat George dan Jack, dipanggil dan diberi kesempatan menjalani seleksi saja sudah bersyukur dan membahagiakan. Apalagi keduanya bisa berkenalan dengan pemain-pemain top di Timnas U-19. Mereka mengakui teman-teman yang mengikuti seleksi hebat-hebat. Skill mereka luar biasa dan kuat secara fisik karena terbiasa latihan di udara yang lembab," ujar Indah seperti dikutip dari Bola.com

Baca Juga
Ini Hasil Pertemuan Indra Sjafri dengan Orang Tua Pemain yang di Luar Negeri


Kakak-adik yang meniti karir dan sekolah di Inggris itu menilai kesempatan yang mereka dapatkan terlalu singkat, sehingga mereka tak bisa menunjukan permainan terbaiknya.

"George dan Jack sebenarnya berharap seleksi bisa diperpanjang lagi supaya mereka bisa beradaptasi dengan udara di Indonesia. Namun, sekalipun tidak diterima, mereka akan mencoba lagi tahun depan," lanjut Indah.

Sebelumnya PSSI memanggil sebanyak 14 pemain Indonesia yang berlatih di luar negeri untuk memulai latihan perdana bersama Timnas Indonesia U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Kamis (6/4/2017) lalu.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ladeni Garuda Muda, Ada Wonderkid Chelsea dalam Skema Timnas Skotlandia
Gelaran Tournoi Tournament 2017 sudah semakin dekat. Semua tim mulai serius menyiapkan tim yang akan berlaga di turnamen tahunan bergengsi itu. Dari situs resmi turnamen, salah satu pesaing Indonesia, Skotlandia, mengumumkan 19 nama yang akan dibawa ke Perancis pada hari Rabu (17/5/17). Skotlandia, bersama Indonesia, tergabung di dalam Grup B bersama Brazil dan Republik Ceko.Skotlandia mengirimkan Timnas U-20 yang diisi oleh pemain-pemain kelahiran 1997 yang dipersiapkan menjalani babak kualifikasi Piala Eropa U-21 mulai bulan September. Pelatih Scot Gemmill memanggil 19 nama yang terdiri dari 4 striker, 7 gelandang, 6 bek dan 2 kiper."Semua pemain yang dipanggil mengetahui betapa penting arti turnamen ini untuk masa depan mereka dengan menunjukkan penampilan istimewa di level usia mereka saat ini," kata Gemmill di situs resmi federasi sepakbola Skotlandia.[suggestedarticle]Di antara 19 nama yang dipanggil, terselip satu nama yang cukup tenar karena kemampuannya. Dialah Ruben Sammut, gelandang muda yang sudah sejak umur 8 tahun ditempa di akademi Chelsea. Kariernya di The Blues terbilang cemerlang. Berkali-kali menyabet gelar juara dan menjadi langganan masuk tim utama beberapa jenjang level usia. Bahkan, berlatih dengan tim senior sudah kerap dilakoninya.Ruben tak canggung berada di lapangan latihan bersama bintang-bintang besar Chelsea. Berlatih bersama pemain sekelas John Terry, Eden Hazard, dan Diego Costa di era Jose Mourinho maupun Guus Hiddink tentu memberikan nilai plus tersendiri bagi permainannya.Pelatih Scot Gemmill mengaku antusias dengan kemungkinan menghadapi Indonesia dan kontestan lainnya di Grup B. Sebuah kesempatan untuk menambah jam terbang."Pertandingan di Perancis akan sangat menarik dan atraktif. Kami akan melawan tim non-Eropa yang sangat konsisten penampilannya," tambah Scot Gemmill.[suggestedarticle]Skotlandia U-20 di Turnamen Toulon 2017:Kiper: 1. Ross Doohan (Celtic), 2. Jack Ruddy (Wolverhampton Wanderers)Belakang: 3. Alex Iacovitti (Nottingham Forest)4. Zak Jules (Reading, on loan to Motherwell)5. Jamie McCart (Celtic, on loan to Inverness CT)6. Ross McCrorie (Rangers)7. Anthony Ralston (Celtic)8. Greg Taylor (Kilmarnock)Tengah: 9. Theo Archibald (Brentford)10. Jordan Holsgrove (Reading)11. Kyle Magennis (St Mirren)12. Aidan Nesbitt (Celtic)13. Ruben Sammut (Chelsea)14. Joe Thomson (Celtic)15. Iain Wilson (Kilmarnock)Depan: 16. Adam Frizzell (Kilmarnock)17. Ryan Hardie (Rangers)18. Greg Kiltie (Kilmarnock)19. Craig Wighton (Dundee)
visibility  1225 kali
Indra Sjafri Ingin Timnas U-19 Pelajari Gaya Brasil
Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri berharap bisa menjalani pertandingan uji coba melawan pemain asing asal Brasil di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.Indra ingin tim asuhannya beradaptasi dengan lapangan dan merasakan gaya bermain legiun asing asal Brasil, sebagai persiapan terakhir di tanah air sebelum Garuda Muda bertolak ke Prancis menghadapi Turnamen Toulon akhir bulan ini.Timnas U-19 telah melakukan TC di Bali jelang turnamen bergengsi itu. Hasilnya, mereka sempat ditahan Celebest FC kemudian anak asuh Indra kemarin mengalahkan Perseden Denpasar 2-0.[suggestedarticle]Indra tampaknya belum puas sehingga mengisyaratkan satu laga uji coba lagi melawan pemain berkebangsaan Brasil yang merumput di Indonesia. Ini dilakukan agar tim besutannya terbiasa mendapat tekanan dari pasukan negeri Samba, mengingat mereka berada di grup yang sama.“Nanti akan ada satu kali lagi sebelum kami ke Perancis. Kami harapkan di lapangan yang ukurannya sama dengan di Perancis. Kami mau main di Stadion Patriot Chandrabraga,” ucap Indra.“Nanti dikumpulkan pemain senior (dari Brasil). Saya ingin uji coba dengan lawan yang dominan. Lawan kami nanti Brasil, mereka pasti dominan. Saya ingin yang begitu. Dua kali uji coba di sini (Bali) saya tidak dapat itu. Saya ingin antisipasi lawan yang karakternya begitu," lanjut Indra dikutip dari FourFourTwo.
visibility  603 kali
Menang Lawan Perseden, Indra Sjafri Masih Belum Puas
Setelah ditahan imbang oleh Celebest FC (1-1) dalam laga uji coba pertama di Bali, tim nasional Indonesia kembali mengadakan uji tanding melawan klub Liga 2 Perseden Denpasar, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (19/5). Dalam laga ini skuat asuhan Indra Sjafri menang 2-0 melalui gol dari Witan Sulaiman di menit ke-21 dan Feby Eka Putra di menit 79.Menurut Indra, anak asuhannya sudah bermain bagus di pertandingan tersebut. Akan tetapi, penyelesaian akhir masih perlu dipebaikinya. Hal tersebut dilakukan supaya timnas Indonesia U-19 dapat meraih hasil maksimal ke depannya."Saya pikir mereka sudah senang, nyaman bermain tetapi maklum anak muda jadi kurang bisa. Ini lawannya siapa, kita bukan main-mainin dia, tapi seolah-olah dimainin. Akhirnya lawan main force dan ada beberapa pemain yang harus diganti karena cedera. Ini yang harus kita perbaiki nanti," kata Indra seperti dilansir oleh situs resmi PSSI."Komunikasi antara pemain bertahan dan penjaga gawang harus diperbaiki juga. Ini karena masih terjadi kesalahan di sektor tersebut," tambahnya.[suggestedarticle]Setelah uji coba ini rombongan timnas U-19 kembali ke Jakarta. Tim yang dilatih Indra Sjafri ini akan bersiap berangkat ke Perancis untuk ikut Toulon Tournament 2017. Di turnamen internasional itu timnas U-19 tergabung di Grup C bersama Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia."Kalau formasi kan nanti sebelum Piala AFF [U-18]. Yang jelas delapan pemain saya pikir sudah dapat tiket dan susah digusur. Dari sisi position lebih bagus sekarang, lebih efektif. Tapi dari sisi skor, masih sama. Banyak yang harus gol tapi enggak jadi gol," tukasnya.
visibility  880 kali
Usai Hadapi Celebest FC, Timnas U-19 Pilih Main Sepak Takraw
Timnas Indonesia U-19 tak hanya bersentuhan dengan sepak bola saat melakukan pemusatan latihan di Bali. Anak asuh Indra Sjafri itu ternyata juga memainkan sepak takraw.Usai bermain melawan Celebest FC yang berkesudahan 1-1, Rabu (17/05/17), Skuat Garuda Muda langsung menggelar recovery.[suggestedarticle]Egy Maulana dkk, langsung bermain sepak takraw di Pantai Sanur, Bali, Kamis (18/05/17) pagi. “Sesi recovery training Timnas U-19 di "Bali Beach Hotel" Sanur-Bali,” tulis @indrasjafri.   Sesi Recovery Training TIMNAS U-19 di "Bali Beach Hotel" Sanur - Bali #bangkitsepakbolaindonesia #semangatmenolakmenyerah A post shared by Indra Sjafri Official Account (@indrasjafri) on May 17, 2017 at 6:50pm PDT Hal tersebut dilakukan Indra Sjafri untuk memperbanyak variasi latihan Timnas U-19. “Program latihan di Bali bermacam-macam nanti. Saya sudah buat, tinggal nanti di saya informasikan lebih lanjut. Takutnya ada perubahan,” tandasnya.
visibility  695 kali
Penyelesaian Akhir Masih Jadi Fokus Utama Timnas U-19
Timnas Indonesia U-19 hanya bermain imbang 1-1 dalam laga uji coba melawan klub Liga 2, Celebest FC, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (17/5/20170). Timnas unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh Feby Eka pada menit ke-32, namun Celebest bisa menyamakan kedudukan lewat penalti Ari Kiswanto pada masa injury time babak kedua.Usai laga pelatih Garuda muda Indra Sjafri menilai anak asuhnya sudah bermain cukup baik, namun dirinya masih menyoroti penyelesaian akhir di depan gawang lawan."Awalnya kami mengira mereka mampu memberikan tekanan, namun malah terbalik. Celebest tim bagus, namun penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah kami," ujar Indra Sjafri."Kami harus lebih serius dalam menyelesaikan peluang. Saat melawan Patriot FC ada tiga peluang dan dua menjadi gol. Kami tampil dominan, namun tetap harus ada perbaikan. Kekurangan yang ada akan kami benahi," ia menambahkan.[suggestedarticle]Hal senada dilontarkan oleh pelatih Celebest, Rudy Eka Priyambada, yang menilai Timnas Indonesia U-19 masih punya pekerjaan rumah banyak untuk membangun fondasi dalam bermain."Saya cukup senang karena konsistensi anak-anak terjaga dengan cara kami bermain. Menurut saya coach Indra ada pekerjaan rumah untuk mendapatkan ciri khas permainan seperti timnas U-19 dulu," ia menuturkan.Setelah laga uji coba ini, Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga uji coba melawan Perseden Denpasar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (19/5/2017).
visibility  169 kali
Ini PR Timnas U-19, Usai Ditahan Imbang Celebes FC
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri mengaku, masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan asuhannya, usai mereka bermain imbang awan Celebes FC 1-1 dalam uji coba di Bali, Rabu (17/5).Dalam laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, itu, Garuda muda mencetak gol melalui Feby Eka di menit ke 32. Sementara gol penyama Celebest FC ditorehkan oleh Ari Kiswanto melalui tendangan penalti di menit 90.Pelatih Indra Sjafri mengatakan, sebenarnya timnas tampil menekan lawan selama laga, tetapi tidak bisa mencetak gol karena lemahnya penyelesaian akhir.[suggestedarticle]"Penyelesaian akhir memang masih menjadi PR kami. Anak-anak harus lebih serius menyelesaikan peluang. Semoga kekurangan itu bisa kami benahi," ujar Indra usai pertandingan.Sementara kubu Celebest United menyambut positif hasil pertandingan persahabatan tersebut. Pelatih Celebest Rudy Eka mengatakan, asuhannya  tampil konsisten."Saya cukup senang karena konsistensi permainan kami terjaga dengan baik," tutur Rudy, sembari mengungkapkan harapan pelatih Indra Sjafri bisa menemukan ciri khas permainan timnas U-19.Selanjutnya, timnas U-19 akan berhadapan dengan Perseden Denpasar pada Jumat (19/5), mulai pukul 16.00 WITA, masih di Stadion I Wayan Dipta, Bali.Timnas U-19 sendiri sedang dipersiapkan untuk berkiprah di beberapa kompetisi. Kejuaraan terdekat yang akan diikuti adalah Turnamen Toulon 2017 di Perancis. Indonesia berada di Grup C, memulai petualangannya pada Rabu (31/5) melawan Brazil, kemudian dilanjutkan dengan laga kontra Republik Ceko, Sabtu (3/6) dan terakhir Skotlandia, Selasa (6/6).
visibility  714 kali
TC di Bali Akan Jadi Penentuan Skuat Timnas U-19 ke Toulon
Tim nasional Indonesia U-19 sudah tiba di Bali pada Selasa (16/5/2017) siang untuk melakukan pemusatan latihan.Dibawah arahan pelatih Indra Sjafri, skuat Garuda muda membawa 30 pemain ke Bali, sebagai bentuk persiapan mereka jelang menghadapi Turnamen Internasional di Toulan, Prancis, 29 Mei 2017.Nantinya selama satu pekan Egy Maulana dkk. akan menjalani dua laga uji coba melawan klub lokal yakni Perseden Denpasar dan Celebest FC."Sebelum tampil di AFF dan AFC, kami ikut dulu turnamen di Prancis. Di turnamen ini kuota yang ditentukan panitia hanya 20 pemain saja. Tapi kami bawa 2 pemain lagi sebagai cadangan," ujar Indra Sjafri seperti dilansir dari Kompas.com[suggestedarticle]Sebanyak delapan pemain tersisa yang ikut ke Bali akan dikembalikan lagi ke Pemusatan Latihan di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur."Delapan pemain ini bukan tereliminasi, tapi mereka balik ke Cijantung. Lagian panitia di Prancis juga hanya membatasi 20 pemain saja," ujar pelatih asal Padang, Sumatera Barat ini.Selain itu, para penggawa timnas U-19 juga diagendakan untuk mengunjungi tempat wisata di Pulau Dewata. Para pemain akan kembali ke Jakarta, 20 Mei mendatang.Tim nasional Indonesia U-18 yang dipersiapkan tampil di Piala AFF 2017 dan Kualifikasi Piala Asia 2017.Berikut agenda timnas U-19 selama di Bali:Selasa (16/5)Pagi: Berangkat ke BaliSiang: IstirahatSore: Latihan di Stadion Kapten I Wayan DiptaMalam: IstirahatRabu (17/5)Pagi: Wake up session (hotel)Siang: Team briefing Sore: Uji coba melawan Celebest FCMalam: IstirahatKamis (18/5)Pagi: Recovery training (GOR Ngurah Rai)Siang: IstirahatSore: IstirahatMalam: EvaluasiJumat (19/5)Pagi: Wake up session (hotel)Siang: Team briefingSore: Uji coba melawan Perseden DenpasarMalam: EvaluasiSabtu (20/5)Pagi: Recovery training (hotel)Siang: WisataSore: WisataMalam: Kembali ke Jakarta
visibility  555 kali
Klub Ini Manfaatkan Uji Coba dengan Timnas U-19 untuk Persiapan Liga 3
Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri akan melakukan pemusatan latihan di Pulau Bali mulai tanggal 15-20 Mei 2017.Selama berada di Bali skuad Garuda Jaya akan melakoni dua laga uji coba menghadapi Celebest FC (17/5) dan Perseden Denpasar (19/5).Kesempatan uji coba dengan Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri dimanfaatkan betul oleh Perseden Denpasar sebagai persiapan jelang menghadapi kickoff Liga 3 2017.Menurut pelatih Perseden Denpasar, A.A Bramastra skuad Laskar Catur Muka akan memanfaatkan kesempatan uji coba nanti untuk mengasah kemampuan pemain Perseden sebelum kickoff Liga 3.‘Uji coba menghadapi Timnas U19 nanti kami manfaatkan untuk menguji kemampuan pemain secara individu dan tim, apapun hasilnya nanti akan kami evaluasi untuk menghadapi Liga 3,’ tutur pelatih yang biasa disapa Gung Bram ini.[suggestedarticle]‘Walaupun persiapan pembentukan tim Perseden baru dua minggu tapi uji coba menghadapi Timnas U-19 nanti momentum bagus untuk melihat perkembangan permainan tim.’ Imbuhnya.Laga uji coba Perseden Denpasar menghadapi Timnas Indonesia U-19 akan digelar pada hari Jumat, 19 Mei 2017, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Pertandingan nanti merupakan rangkaian persiapan Timnas Indonesia U-19 jelang mengikuti turnamen di Perancis.Laporan kontributor Bolalob.com Ruddy Khaizan langsung dari Bali.
visibility  942 kali
Jelang Toulon 2017, Ini Instruksi Indra Sjafri untuk Garuda Muda
Timnas U-19 Indonsesia sudah mulai bersiap menghadapi Turnamen Toulon. Pelatih Indra Sjafri pun memberikan instruksi kepada pemain asuhannya.Indonesia akan tampil di Prancis pada 29 Mei mendatang. Skuat 'Garuda Muda' tergabung di Grup C bersama Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.[suggestedarticle]Turnamen itu merupakan ajang bergengsi tingkat dunia yang melibatkan timnas U-21 di setiap negara peserta. Kesempatan ini menjadi persiapan timnas U-19 menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 dan Piala AFF U-19 2017.Saran yang diberikan oleh Indra kepada timnas U-19 adalah agar cepat beradaptasi dengan lingkungan. Terlebih iklim Asia Tenggara dan Eropa berbeda jauh.[suggestedarticle]"Kami sudah mulai memberikan video-video soal turnamen Toulon dan penampilan-penampilan tim peserta," kata Indra dikutip dari Indosport."Kami kasih tahu ke pemain tentang suhu di sana seperti apa, kami sudah kasih catatan dan apa saja yang harus dibawa," ujar Indra.Jelang ajang itu, timnas U-19 akan lebih dulu menjalani pemusatan latihan di Bali. Egi Maulana dkk. rencananya menjalani ujicoba lawan tim lokal, yaitu Celebest FC, PS Bandung, dan Perseden Denpasar.
visibility  1576 kali
Indra Sjafri: Widodo Sosok yang Pas untuk Bali United
Bali United sudah resmi dilatih oleh Widodo Cahyono Putro. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri pun berkomentar terkait hal tersebut.Indra Sjafri menilai Widodo merupakan pelatih muda yang pas dengan filosofi sepak bola Bali United. Indra pun mengaku cukup mengenal kepribadian Widodo."Saya pikir Widodo sosok yang pas. Dia juga konsen dengan pemain usia muda," jelas Indra yang dilansir dari Indosport.[suggestedarticle]Eks pelatih Bali United itu mengatakan Widodo merupakan sosok yang mau memberikan kesempatan memainkan pemain muda. Saat ini banyak pelatih yang tak mau ambil resiko dengan memainkan pemain muda. Minimnya pengalaman disertai skill yang belum mumpuni, justru membahayakan sang pelatih, sehingga pelatih lebih memilih pemain senior."Jarang ada pelatih yang mau mempertaruhkan kredibilitas dia, untuk memberikan kesempatan pada pemain muda," tandasnya Indra.
visibility  670 kali
1494595801395 tag