(Foto: Bola.com)

Curhatan Jack Brown Usai Tak Lolos Seleksi Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri baru saja mengumumkan 32 pemain yang lolos seleksi dan berhak melanjutkan ke tahapan lanjutan dalam pemusatan latihan.

Namun dari 32 nama itu tak ada satupun nama pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri yang lolos. Termasuk Brown bersaudara Jack dan George.

Coach Indra mengatakan, para pemain dari luar negeri tidak akan bisa mengikuti TC jangka panjang karena harus melanjutkan sekolahnya di negara tempatnya bermain masing-masing.

Selain alasan itu, sang pelatih juga menyatakan mereka tak cukup bagus untuk bersaing dengan para pemain lokal yang juga mengikuti seleksi selama ini.

Ibunda George dan Jack, Indah Brown, pun mengetahui bahwa kedua anaknya tidak lolos seleksi pada malam sebelumnya.

"Buat George dan Jack, dipanggil dan diberi kesempatan menjalani seleksi saja sudah bersyukur dan membahagiakan. Apalagi keduanya bisa berkenalan dengan pemain-pemain top di Timnas U-19. Mereka mengakui teman-teman yang mengikuti seleksi hebat-hebat. Skill mereka luar biasa dan kuat secara fisik karena terbiasa latihan di udara yang lembab," ujar Indah seperti dikutip dari Bola.com



Kakak-adik yang meniti karir dan sekolah di Inggris itu menilai kesempatan yang mereka dapatkan terlalu singkat, sehingga mereka tak bisa menunjukan permainan terbaiknya.

"George dan Jack sebenarnya berharap seleksi bisa diperpanjang lagi supaya mereka bisa beradaptasi dengan udara di Indonesia. Namun, sekalipun tidak diterima, mereka akan mencoba lagi tahun depan," lanjut Indah.

Sebelumnya PSSI memanggil sebanyak 14 pemain Indonesia yang berlatih di luar negeri untuk memulai latihan perdana bersama Timnas Indonesia U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Kamis (6/4/2017) lalu.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Indra Sjafri dan Yusuf Mansur Punya Proyeksi Besar untuk Sepak Bola Indonesia
Diam-diam pelatih Indra Sjafri dan Ustad Yusuf Mansur punya proyeksi besar untuk membantu prestasi sepak bola Indonesia di masa depan. Kedua tokoh ini ingin membawa nama Indonesia ke pentas Piala Dunia 2034.Jika dihitung dari sekarang, maka masih 16 tahun lagi. Namun bagi Indra Sjafri dan Yusuf Mansur, waktu itu kian dekat, jika tidak ada gerakan yang dilakukan sejak dini.[suggestedarticle=3]Untuk itu, Indra Sjafri berencana akan mendirikan sebuah akademi sepak bola bernama Indra Sjafri Football Academy. Ia pun bertekad akan mencetak pemain-pemain berkualitas melalui akademinya tersebut. Nantinya, akademi ini akan menampung anak-anak usia 12 hingga16 tahun."Kami ingin pada Piala Dunia 2034, Indonesia bisa jadi tuan rumah. Pekerjaan ini 'kan tidak mungkin hanya dilakukan PSSI saja," ucap Indra seperti dikutip Goal.com. "Kita buat pemain bagus-bagus tapi enggak punya klub dan akademi lalu tersebar lagi begitu saja. Maka di sini perlu adanya akademi. Tidak sembarang pemain yang bisa masuk akademi ini. Harus berkualitas," jelas Indra.Ustadz kondang Indonesia, Yusuf Mansur berperan penting dalam perencangan Indra mendirikan akademi tersebut. Keduanya akan berkolaborasi karena merasa punya kesamaan dalam hal sepakbola."Saya ingin temani Coach Indra sesuai dengan apa yang diyakini saya. Cita-cita Coach Indra tentu bukan hanya beliau saja, melainkan kita semua. Itu mengapa, saya ikut ambil bagian bersama," kata Yusuf Mansur, pemilik perusahaan Paytren itu.
  1091 kali
Mantan Asuhan Indra Sjafri di Timnas U-19 Bakal Dikontrak Persis Solo
Persis Solo tengah mengumpulkan beberapa pemain muda berbakat. Termasuk Dedi Tri Maulana (19 tahun), mantan pemain timnas U-19 asuhan Indra Sjafri dan Ade Candra Sena (20 tahun)Kedua pemain tersebut telah menjalani tes medis di Klinik Budi Sehat, Solo, Selasa (13/2/2018). Ini menandakan mereka segera disodori kontrak oleh manajemen Persis dalam waktu dekat. Itupun dengan catatan hasil tes medis tidak menunjukkan kekurangan pada keduanya.[suggestedarticle=3]"Kedua pemain ini punya keunggulan. Kemampuannya sesuai dengan skema yang kami butuhkan. Memang kami usulkan untuk segera dikontrak," jelas Manajer Coach Persis, Freddy Muli seperti dikutip Radar Solo.Ade dan Dedi memang baru sepekan di Solo, namun jika melihat track record-nya, mereka punya potensi besar. Ade, pernah bermain di Frenz United Malaysia 2014 silam. Saat itu, pemain berposisi kiper ini bermain untuk kelompok usia 15 tahun.Dalam tim itu, dia bermain pada kejuaraan antar tim-tim se-Asia Tenggara. Baik dari Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia. Tak hanya itu, Ade juga pernah berlaga di turnamen Manchester United Premier Cup (MUPC) di Inggris untuk kelompok usia 15 tahun.Sementara Dedi Tri Maulana merupakan penggawa Timnas U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri. Dia ikut berlaga di turnamen Toulon, Perancis 2017. Lawannya saat itu adalah Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.Lalu dirinya juga bermain di ajang Piala AFF U-18 Myanmar 2018. Dedi dikenal pemain serba bisa, selain fullback kanan maupun kiri, juga bisa bermain untuk posisi winger. Pemain jebolan Diklat Ragunan, Jakarta itu langsung dilirik masuk timnas saat berhasil juara Piala Soeratin 2016 (KU-17) dengan tim Persab Brebes.
  3929 kali
Indra Sjafri Siap Bawa Persikota Tangerang Kembali ke Liga 1
Klub Persikota Tangerang resmi lahir kembali usai mendapatkan dana segar dari investor baru yakni Ustad Yusuf Mansur.Bangkitnya Persikota Tangerang ditandai dengan perkenalan manajemen tim di Tugu Adipura Kota Tangerang bersama dengan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dan jajaran PSSI Kota Tangerang.Mantan pelatih timnas Indonesia, Indra Sjafri akan menjadi arsitek Persikota, dimana Ustad Yusuf Mansur akan menjadi manajer tim.Indra Sjafri mengatakan, jika dirinya akan menargetkan masuk dan juara di Liga 1. “Targetnya adalah Liga 1 harga mati,” kata Indra Sjafri."Persikota Tangerang adalah milik masyarakat Kota Tangerang, sehingga dibutuhkan dukungan untuk Persikota."[suggestedarticle=3]Klub yang pernah menjadi juara Divisi Satu dan Utama tersebut saat ini tampil di Liga 3.Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, kembalinya Persikota dalam dunia pesepakbolaan ini adalah sebagai bentuk kepedulian akan dunia sepakbola. Untuk itu, dibutuhkan dukungan untuk kemajuan Persikota.“Persikota adalah tim kebanggaan Kota Tangerang. Semoga Persikota bisa bersaing dalam pesepakbolaan Indonesia,” pungkas Arief yang juga berharap tak ada lagi tawuran antar suporter di kotanya."Jangan ada lagi tawuran antar suporter, dan junjung tinggi sportivitas dalam pertandingan."
  4114 kali
DIARY: Klub Liga 3 Angkat Mantan Pelatih Timnas U-19, Liga 1 Dimulai Awal Maret
Malang United kembali membuat sensasi di sepakbola Indonesia, usai mereka menetapkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik klub.Indra Sjafri Punya Jabatan Baru di Klub Liga 3 IniPenyerang Persija Jakarta, Ivan Carlos pada Selasa (6/2) menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bintaro, Tangerang Selatan.Operasi Ivan Carlos Berjalan LancarPT Liga Indonesia Baru (LIB) menargetkan kompetisi Liga 1 2018 akan mulai bergulir pada 3 Maret 2018.PT LIB Berupaya Liga 1 Kick-off Awal MaretPerlahan tapi pasti Persipura Jayapura mulai menyiapkan skuat mereka jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018.Persipura Baru Punya 14 Pemain untuk Musim 2018
  1124 kali
Ustadz Yusuf Mansur Sudah Lama Ingin Punya Klub
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri tak sendirian datang ke Kota Malang pada Selasa (6/2/2018). Ia datang bersama dengan Ustad kawakan, Yusuf Mansur.Kedua rekan ini terlihat selalu bersama dalam beberapa kesempatan dalam mengunjugi markas klub tanah air.Jika sebelumnya mereka mendatangi Persikota Tangerang dan Persika Karawang, kali ini giliran klub Liga 3 Malang United yang dikunjunginya.Baik Indra Sjafri dan juga Yusuf Mansur resmi menukangi klub Liga 3, Malang United, yang baru saja diresmikan pada 30 Januari 2017. Hal itu diketahui dari unggahan foto tim melalui akun instagram mereka, [suggestedarticle]Mereka memiliki jabatan cukup penting di klub milik Djoko Purwoko tersebut.Jika Indra Sjafri akan menjabat sebagai direktur teknik Malang United. Sedangkan, Yusuf Mansur menjadi Presiden Kehormatan klub.“Ini seperti menjawab doa saya karena saya ingin dikenalkan, dan dipertemukan dengan orang-orang yang ikhlas membangun sepak bola Indonesia. Saya tidak ragu menunjuk beliau ini sebagai direktur teknik di sini,” ujar Djoko Purwoko.“Bagi kami tidak ada niat menafikan, atau tidak percaya dengan pelatih Indonesia. Namun, mindset harus diubah. Saya sudah bilang ke coach Indra untuk mencarikan pelatih berkualitas dari luar negeri yang bagus di pembinaan.”“Pelatih asing akan membuat seleksi kami tidak menerima titipan. Yang kedua, tidak hanya melatih, namun dia juga transfer ilmu kepada asisten pelatih kami, karena memang kami juga memberikan syarat minimal AFC C untuk asistennya.”[pagebreak]Kesamaan visi[/pagebreak]Malang United sudah melakukan seleksi pemain untuk Liga 3 zona Asprov Jatim yang sudah diputar di awal Maret mendatang. Mereka bahkan berani mendatangkan pelatih top berpengalaman pada diri Zoran Maric asal Serbia untuk membawa klub langsung prmosi ke Liga 2 pada 2019.Indra Sjafri sendiri mengatakan bahwa Yusuf Mansur sudah lama berkeinginan untuk memiliki sebuah klub profesional."Kira-kira empat tahun saya sudah mengenal beliau [Yusuf Mansur]. Kalau bicara serius [untuk membangun klub], itu memang sudah lama ketika kami diskusi untuk membangun sepak bola," ujar mantan pelatih timnas U-19 itu seperti dikutip dari CNN."Intinya, hidup saya tidak akan lepas dari sepak bola. Perannya bisa berbeda-beda, tapi kami akan tetap membangun sepak bola Indonesia," terang Indra Sjafri.Total sudah ada tiga klub yang diyakini mendapat suntikan modal dari Yusuf Mansur. Di antara nama klub itu antara lain Persika Karawang (Liga 2), Malang United, dan Persikota Tangerang (Liga 3).Kabar beredar bahwa Indra akan mengisi jabatan CEO di klub-klub itu. Meski demikian dirinya enggan bicara lebih jauh terkait detail pendirian klub-klub tersebut."Belum, saya belum mau bicara itu [detail rencana pendirian klub]. Tunggu tanggal 11 [Februari], akan kami sampaikan semuanya. Doakan saja Insyaallah segera jadi," ucap Indra Sjafri, menutup pernyatannya.
  5336 kali
TERPOPULER: Klub Baru Indra Sjafri, Wakil ASEAN Kembali Torehkan Prestasi di Asia
Malang United kembali membuat sensasi di sepakbola Indonesia, usai mereka menetapkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik klub. Presiden Klub Malang United, Djoko Purwoko menyebut lewat akademi Malang United ini dirinya berharap akan lahir bibit-bibit pemain muda berbakat.Indra Sjafri Punya Jabatan Baru di Klub Liga 3 IniPenyerang Sriwijaya FC Alberto 'Beto' Goncalves tidak hanya berharap bisa berprestasi bersama Sriwijaya FC, bomber berdarah Brasil itu juga berharap bisa tampil membela Tim Nasional Indonesia.Di Usia 37 Tahun, Beto Goncalves Masih Punya Hasrat Bela Timnas IndonesiaAFC Futsal Championship 2018 tengah berlangsung di China Taipei sejak 1 Februari kemarin hingga 10 Februari nanti. Dua wakil Asia Tenggara menorehkan prestasi dalam ajang ini.Keren! 2 Negara Asia Tenggara Lolos ke Perempatfinal AFC Futsal Championship 2018Perlahan tapi pasti Persipura Jayapura mulai menyiapkan skuat mereka jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018. Pelatih anyar mereka Peter Butler sudah memilih beberapa nama pemain muda hasil seleksi untuk dipromosikan ke tim utama.Persipura Baru Punya 14 Pemain untuk Musim 2018PT Liga Indonesia Baru (LIB) menargetkan kompetisi Liga 1 2018 akan mulai bergulir pada 3 Maret 2018. Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy mengungkapkan bahwa jadwal Liga 1 2018 sebenarnya sudah rampung.PT LIB Berupaya Liga 1 Kick-off Awal Maret
  3968 kali
Indra Sjafri Punya Jabatan Baru di Klub Liga 3 Ini
Malang United kembali membuat sensasi di sepakbola Indonesia, usai mereka menetapkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik klub.Presiden Klub Malang United, Djoko Purwoko menyebut lewat akademi Malang United ini dirinya berharap akan lahir bibit-bibit pemain muda berbakat. Untuk itu dirinya menunjuk mantan pelatih timnas Indonesia U-19 ini sebagai sosok utama dalam pengembangan pemain muda."Dalam waktu dekat akademi untuk usia 12-13 tahun tersebut akan kami buka. Kemungkinan besar untuk akademinya nanti tidak berbayar," ucapnya Rabu (7/2/2018).Pria yang juga anggota TNI itu menambahkan, dengan bantuan sosok yang sudah berpengalaman seperti Indra Sjafri, dirinya optimistis akademi ini nanti bisa berjalan maksimal.Akademi Malang United tak akan memungut biaya untuk para pemain muda berbakat."Kami mencari kualitas. Sehingga tidak dipungut biaya untuk akademinya nanti. Harapanya dengan adanya akademi pemain muda ini, ketika sudah memasuki usia matang mereka bisa berprestasi," imbuhnya.[pagebreak]Akademi gratis[/pagebreak]Tak sampai disitu, Djoko menyebut untuk bisa memaksimalkan potensi akademinya, dalam satu tahun ini akan ada training centre di Eropa.Namun, negara mana yang akan dituju, dirinya masih enggan membeberkan dengan rinci."Rencananya ada dua kali TC di sana. Tetapi hanya untuk akademi, kalau untuk klub masih belum," tutupnya.[suggestedarticle=3]Indra tak datang sendiri ke Malang, ia hadir bersama dai kondang Yusuf Mansur memaparkan program pembinaan usia muda, dan akan menerbitkan buku kurikulum sepakbola Indonesia.“Kurikulum yang kami susun adalah sebuah panduan untuk mencapai tujuan. Jadi untuk akademi, kami ingin memberikan kurikulum sepakbola yang betul-betul konkrit. Tidak hanya mengajarkan skill seperti mengontrol ataupun mengumpan, namun juga fisik dan sains yang terkadang dilupakan orang,” beber Indra.“Proses belajar yang pertama adalah pengenalan. Jika pengenalan salah, akan sulit ke tahap berikut. Masalah basic dan taktikal harus diperbaiki sejak dini. Bagaimana pelatih mau membangun taktikal yang baik jika kualitas dasar pemain sepakbola itu tidak baik.”“Selanjutnya di kurikulum nanti kami ajarkan mental. Saya baca literatur pemain muda di Jepang, yang pertama dipelajari bukan menendang bola, namun attitude dan respek, bagaimana dirinya menghargai dirinya sendiri. Bagaimana dia menghargai kemenangan orang lain, wasit dan sebagainya.”
  10106 kali
Setelah Persikota, Giliran Klub Ini Dibidik oleh Ustad Yusuf Mansur
Sempat dikabarkan meminati Persikota Tangerang beberapa waktu lalu, kali ini Ustad Yusuf Mansur justru mendekat ke klub lain.Klub itu adalah Persika Karawang yang tampil di Liga 2. Hal ini terungkap usai Ustad Yusuf Mansur bersama dengan mantan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri datang mengunjuni Persika dalam sesi latihan pada Senin (29/1) sore, di Stadion Singaperbangsa, Karawang.Belum diketahui peran apa yang akan dimiliki oleh Ustad Yusuf Mansur di Persika."Menjadi siapa-siapanya di dalam PT Persika Singaperbangsa, nanti saja ya," ucap Rakhmat Gunadi, manajer Persika. Selamat datang di PT Persika Singaperbangsa (Persika Karawang) bpk Ustadz Yusuf Mansyur dan Coach Indra Sjafri ????#PersikaJawara #MenujuLiga1 #Liga1HargaMati pic.twitter.com/yaTLD53lv1 — Persika Karawang FC (@OfficialPersika) January 29, 2018 Kehadiran Ustaz Yusuf Mansur di PT Persika Singaperbangsa diharapkan oleh sang manajer akan menjadi tren positif bagi tim sepak bola kebanggaan kota Karawang.[suggestedarticle]Sedangkan Indra Sjafri sendiri rencananya akan membuka sekolah sepakbola atau akademi di kota tersebut dalam waktu dekat."Ini semua demi kemajuan persepakbolaan di Kabupaten Karawang. Ditambah lagi dengan kehadiran coach Indra Sjafri juga yang akan membuka Academy Football Indra Sjafri di Karawang," katanya.Rakhmat menyebut kunjungan Ustaz Yusuf Mansur bersama pelatih Indra Sjafri untuk memberikan dukungan finansial terhadap Persika Karawang."Apalagi Persika Karawang ini memiliki target untuk menjadi juara di Liga 2 Indonesia dan naik kasta menuju Liga 1 Indonesia," ujarnya.
  13554 kali
Ustad Yusuf Mansur Bakal Danai Klub Legendaris Ini
Ustad kondang Yusuf Mansur ternyata tertarik untuk mendanai klub sepak bola. Menurut keterangan pelatih Indra Sjafri, Yusuf Mansur berniat jadi investor klub Persikota Tangerang.Klub yang berjuluk 'Bayi Ajaib' ini pernah mentereng prestasinya pada era-90-an. Prestasi yang diraihnya, menjadi juara Divisi 2 pada musim 1995/1996, lalu juara Divisi 1 1996/1997. Kemudian beranjak lagi menjadi juara Divisi Utama 1998/1999.Namun sekarang nasibnya tak menentu. Persikota terpuruk dan harus bersaing dari bawah lagi, Liga 3.[suggestedarticle=3]Nah, dalam kondisi ini, menurut Satelitnews, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah meminta bantuan kepada Ustad Yusuf Mansur untuk turun tangan membantu pendanaan agar prestasi Persikota naik kembali.Pertemuan walikota dan Ustad Yusuf Mansur itu juga didampingi oleh mantan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri. Dalam pertemuan tersebut, Arief menawarkan kepada Yusuf Mansur untuk mengelola Persikota, tapin belum dibahas secara teknis pengambilalihan klub yang berdiri pada tahun 1994 tersebut.“Perlu ada kesamaan visi terlebih dahulu sebelum mengambil alih Persikota. Ustadz Yusuf Mansur inginnya sih Persikota merger lebih dahulu dengan Persitangsel. Kemudian apabila ingin membeli Persikota, kepada siapa harus membayar?" kata Indra Sjafri dikutip dari Satelitnews.
  45290 kali
Bek Timnas U-19 Ungkap Metode Latihan Luis Milla
Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain tim nasional Indonesia U-19 yang dipanggil oleh Luis Milla, dalam pemusatan latihan jelang Asian Games 2018.Bek Persebaya Surabaya ini merupakan palang pintu timnas U-19 di ajang kualifikasi Piala Asia U18 dan juga Piala AFF U18 beberapa waktu lalu. Rian sapaan akrab sang pemain mengungkapkan perbedaan metode pelatihan Luis Milla dengan pelatihnya terdahulu yakni Indra Sjafri.Jika bersama Indra Sjafri dirinya lebih diminat bersabar dalam mengalirkan bola, berbeda dengan Milla yang ingin para pemainya cepat dalam melakukan operan.“Sedikit berbeda ya, di sini kami harus bermain lebih cepat dan tidak lama dalam memegang bola. Kalau dulu di U-19, harus lebih sabar ketika memegang bola untuk tahu dulu ke mana bola itu harus diarahkan,” ujar Rian.[suggestedarticle]Selain Rian, dua nama lain dari Persebaya yang ikut dalam latihan U-23 ini antara lain Irfan Jaya dan Osvaldo Haay.Putra dari legenda Persebaya dan juga timnas Bejo Sugiantoro itu bukan satu-satunya nama dari timnas U-19 yang ikut berlatih. Masih ada nama lain seperti Egy Maulana, Feby Eka dan Muhammad Iqbal yang juga dipanggil.
  5162 kali
1516285801416 tag