(Foto: Bolalob)

Inilah 7 Kartini Futsal Indonesia Masa Kini

Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Hari peringatan perjuangan wanita Indonesia agar bisa setara dengan kaum Adam disegala bidang.

Kaum wanita di Indonesia pun hingga kini terus berjuang untuk penyetaraan, termasuk di olahraga futsal. Siapa sangka olahraga yang sering dimainkan oleh kamu lelaki ini kini juga sudah banyak dimainkan oleh kaum wanita. Bahkan sejak musim lalu sudah bergulir liga pro wanita Indonesia.

Para pemain futsal wanita pun bermunculan dan bahkan sudah diakui hingga level internasional. Berikut ini adalah 7 pemain futsal wanita di Indonesia yang bisa diibaratkan mereka adalah para Kartini futsal Indonesia.



1. Rani Mulyasari



siapa yang tidak kenal dengan Odoy sapaan dari Rani Mulyasari. Pemain mungil yang memiliki kecepatan luar biasa dari UNJ dan juga Jaya Kencana Angels. Beragam prestasi telah ia raih, termasuk berlaga di luar negeri. Bahkan ia kini sedang berlaga di Maladewa untuk tahun ketiganya, dan di dua tahun sebelumnya ia selalu meraih juara bersama klubnya, Club Immigration.

Pemain kelahiran Tangerang, 4 Maret 1993 ini kini membela Lampung Angels S-One. Kehebatannya dalam mencetak gol di lapangan futsal menjadikannya sebagai salah satu Kartini futsal Indonesia.

2. Fitri Rosdiana



Inilah pemain lincah dari UPI Antam Bandung yang juga pemain terbaik liga pro tahun 2015 saat membawa timnya menjadi juara. Pemain kelahiran Bandung, 26 Maret 1993 ini telah meraih banyak prestasi di futsal wanita Indonesia. Prestasi yang membuatnya selalu dipanggil timnas futsal wanita Indonesia.

Pemain yang selalu percaya jika proses latihan maksimal dan kerja keras akan memberikan hasil ini merupakan mahasiswa S2 keolahragaan di UPI. Pemain futsal yang layak menjadi idola karena tidak lupa akan pendidikan disaat dirinya sudah menjadi pemain pro terkenal. Sosok yang pantas menjadi salah satu Kartini Futsal Indonesia.

3. Novita Murni Piranti



Inilah pemain yang banyak diidolai oleh para pecinta futsal wanita di Indonesia. Pemain kelahiran Cianjur, 2 November 1990 ini bisa dikatakan kapten hebat yang dimiliki oleh UPI Bandung. Sudah banyak prestasi yang ditorehkannya untuk timnya ini, baik level kampus hingga umum, dan tentu saja yang terhebat adalah menjadi juara liga pro ditahun 2015 dan tahun lalu ikut membantu Jaya Kencana Angels menjadi juara AFF Futsal Club Championship 2016.

Ia pun memiliki harapan untuk bisa memberikan kontribusi di futsal putri Indonesia. Pemain yang layak menjadi idola dan salah satu Kartini futsal Indonesia.

4. Maulina Novryliani



Siapa yang tidak kenal dengan kapten timnas futsal Indonesia. Berawal dari pemain sepakbola dan kini menjadi pemain futsal, sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi. Tapi, siapa sangka pemain kelahiran Samarinda, 14 November 1987 ini merupakan lulusan S2 Pendidikan Keolahragaan UNJ yang kini menjadi guru olahraga SMAN 8 Tangerang Selatan.

Cimot sapaan akrabnya telah banyak meraih prestasi bersama UNJ dan juga klubnya sekarang Jaya Kencana Angels. Dirinya bahkan pernah bermain di luar negeri membela klub Maladewa. Sosok kapten idola para pemain futsal wanita ini sendiri memang layak menjadi salah satu Kartini futsal Indonesia.



5. Maya Muharina Fajriah



Inilah pemain futsal wanita yang sedang menjadi idola saat ini. Maya Muharina Fajriah, pemain futsal wanita yang juga mengenakan jilbab saat bermain ini tidak menjadi penghalang bagi dirinya menjadi pemain futsal. Kehadiran dirinya seolah-olah menyatakan jika jilbab bukanlah halangan bagi wanita untuk berpretasi di olahraga, terutama futsal.

Pemain kelahiran Bogor, 19 Mei 1996 ini awalnya adalah jagoan atletik, hingga akhirnya ia beralih ke futsal saat di SMPN 3 Cibinong. Sekolah yang juga memiliki klub Netic Cibinong, klub yang dibelanya hingga ia kuliah saat ini. Dan jangan salah, ternyata ia juga memiliki lisensi futsal nasional level 1. Rajin beribadah, taat agama, jago main futsal, dan punya lisensi kepelatihan tentunya membuat dirinya layak menjadi salah satu Kartini futsal Indonesia.

6. Citra Adisti



Siapa yang tidak kenal dengan pemain kelahiran Tangerang, 25 Oktober 1989 ini. Kiper cantik dari Jaya Kencana Angels yang juga pemain timnas. Siapa sangka dirinya telah meraih S1 disela-sela kesibukannya bermain futsal dan kini sedang mengejar S2 Magister Akuntansi di Universitas Trisakti.

Kiper yang juga jago karate ini sudah banyak meraih prestasi bersama Jaya Kencana Angels, termasuk menjadi juara liga pada musim lalu yang membawanya meraih gelar pemain terbaik. Dirinya juga sukses membawa timnya meraih juara diajang internasional, AFF Futsal Club Championship 2016. Cantik, pintar, dan jago futsal layak menjadi Kartini futsal masa kini.

7. Deliana Fatmawati Junior Kaban



Kiper futsal wanita mungkin ada banyak, tapi juga handal sebagai wasit futsal dan sepak bola itu baru nilai lebih. Deliana Fatmawati Junior Kaban adalah kiper yang ikut membawa UPI Antam Bandung juara liga 2015, dan kini membela Muara Enim Unyted.

Siapa sangka pemain kelahiran Medan, 8 Juli 1988 ini mempunyai lisensi wasit futsal nasional. Ia bahkan telah beberapa kali memimpin pertandingan liga pro. Tentunya sangat layak untuk jadi Kartini futsal.
editTerakhir diubah:  20/04/18 - 18:02

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini Rahasia UPI Bandung Pertahankan Gelar Juara WPFL 2018
UPI Bandung memastikan diri meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2018. Kepastian ini harus ditunggu hingga akhir laga saat UPI menghadapi Netic Ladies Cibinong di matchday terakhir, Minggu (22/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.Hasil ini membuat UPI mencatatkan rekor sebagai salah satu tim futsal putri tersukses dalam sejara futsal wanita di Indonesia. Tiga gelar liga telah dikantongi UPI yang merupakan terbanyak dari tim-tim lainnya.Selain itu, UPI Bandung juga berhasil menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar juara liga futsal profesional wanita. Tiga gelar juara yang direbut UPI diraih pada musim 2015, 2017 dan 2018.[suggestedarticle=3]Novita Murni Piranti, kapten UPI Bandung, membeberkan rahasia UPI sehingga bisa mempertahankan gelar juara liga."UPI ya tiap tahun masih sama. Kita masih mengandalkan yang namanya rasa kekeluargaan serta bertarung dengan sungguh-sunggu di lapangan. Selain itu kita terus fokus dan tidak menganggap remeh lawan," ujar Novita."Tahun ini memang luar biasa karena gelar juara harus ditentukan di laga terakhir dan liga musim ini lebih menantang. Persaingan memang ketat," ujar Novita.Ini juga merupakan gelar liga terakhir untuk Novita sebagai pemain karena dirinya mengumumkan pensiun berlaga di liga.
  294 kali
Pensiun Dari Liga, Bagaimana Nasib Novita Murni di Timnas Futsal?
Novita Murni Piranti mengumumkan pensiun dari tim UPI Bandung sebagai pemain pasca meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2018.WPFL 2018 musim ini merupakan liga terakhir bersama UPI Bandung sebagai pemain. "Insya Allah tahun ini terakhir," kata Novita kepada Bolalob. "Kita jadi penikmat dan penonton saja musim depan," ujarnya.Lantas bagaimana kelanjutannya di timnas futsal putri Indonesia? Diungkapkannya, pemain berusia 27 tahun ini mengaku tetap bakal memperkuat timnas futsal putri Indonesia, apalagi skuat timnas bakal menghadapi ajang AFC Women's Futsal Championship 2018.[suggestedarticle=3]"Karena liga sudah beres, harus difokuskan lagi ke timnas. Ini jadi rintangan saya selanjutnya setelah membawa UPI meraih gelar juara," ungkapnya kepada Bolalob.Novita mengaku siap memberikan kemampuan maksimalnya jika terpilih masuk ke dalam skuat timnas futsal putri ke Thailand. Untuk rencana selanjutnya, pemain asal Cipanas, Jawa Barat ini, belum mau membeberkanya. "Fokus dulu untuk bulan Mei ini," ujarnya singkat.Indonesia bakal berlaga untuk pertama kalinya di AFC Women's Futsal Championship pada 2-12 Mei mendatang di Bangkok, Thailand. Srikandi merah putih berada di grup A bersama Macau, Taiwan dan tuan rumah Thailand.
  5917 kali
TERPOPULER: Kabar Bagus untuk Timnas Indonesia U-19, Bintang UPI Bandung Putuskan Pensiun
Keputusan mengejutkan diambil oleh Bintang Timnas Futsal Putri Indonesia yang juga penggawa UPI Bandung, Novita Murni Piranti, pasca membawa timnya, UPI Bandung, meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2018.Bintang Futsal Putri Ini Umumkan Pensiun Dari KlubnyaKabar baik datang untuk Tim Nasional Indonesia U-19, usai kiper andalan mereka Muhammad Riyandi sudah kembali berlatih usai cedera panjang. Pada tahun lalu kiper Barito Putera ini mendapat cedera cukup parah yakni ACL ketika tampil bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017.Sudah Pulih, Kiper Berbakat Timnas Ingin Tampil di Piala Asia U-19Selangor FA berharap Evan Dimas dan Ilham Udin bisa tetap tampil saat tim Gergasi Merah menghadapi Johor Darul Takzim (JDT). Sayangnya jadwal laga melawan JDT berada di pertengahan Anniversary Cup 2018.Selangor FA Rela Lepas Evan dan Ilham, Tapi...Bintang Liverpool asal Mesir Mohamed Salah mengalahkan sejumlah pesepakbola tenar yang bermain di Premier League untuk menyabet gelar Professional Footballers' Association (PFA) Players of The Year 2018. Gelar tersebut diterima Salah, Senin dini hari WIB (23/4/2018).Salah Resmi Sandang Penghargaan PFA Players of The Year 2018Almere City berhasil meraih tiket untuk lolos ke babak play-off promosi ke Eredivisie. Hal ini praktis membuat Ezra Walian berpeluang bermain di Eredivisie musim depan.Ezra Walian Berpeluang Main di Eredivisie Musim Depan
  2789 kali
Bintang Futsal Putri Ini Umumkan Pensiun Dari Klubnya
Keputusan mengejutkan diambil oleh Bintang Timnas Futsal Putri Indonesia yang juga penggawa UPI Bandung, Novita Murni Piranti, pasca membawa timnya, UPI Bandung, meraih gelar juara Women Pro Futsal League 2018.Setelah memastikan gelar juara pada saat mengalahkan Netic Cibinong pada Minggu (22/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Novita mengumumkan pensiun kepada rekan-rekannya di UPI Bandung.[suggestedarticle=3]Pengumuman pensiunnya Novita ini diwarnai dengan suasana haru dalam tim. Saat dikonfirmasi, Novita membenarkan rencananya ini. "Insya Allah tahun ini terakhir," kata Novita kepada Bolalob. "Kita jadi penikmat dan penonton saja musim depan," ujarnya.Novita baru mengungkapkan bakal pensiun dari klub dan tidak akan bermain di liga musim depan. "Sudah capek aja. Sudah waktunya istirahat," ucapnya.Di UPI Bandung, Novita membawa tim kampus ini menjuari tiga gelar liga pada musim 2015, 2017 dan terakhir 2018. Selain itu dirinya juga menyabet gelar pemain terbaik liga pada 2017. Bukan hanya di klub, di timnas futsal Novita masih menjadi andalan sejak 2011 hingga sekarang.
  15202 kali
Ujicoba Internasional Pertama Sebagai Kapten, Ini Kata Novita Murni Piranti
Novita Murni menjadi penyelamat timnas futsal putri Indonesia tatkala sontekannya di menit 28 membuat tim terhindar dari kekalahan atas Malaysia di ujicoba Internasional pada Rabu (18/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat."Gol saya itu berkat kerja keras semua pemain," ucapnya. Meski sudah hampir tujuh tahun membela timnas futsal putri Indonesia, Novita mengaku cukup gugup karena bermain di kandang sendiri dan menghadapi tekanan besar melawan Malaysia.[suggestedarticle=3]"Pertandingan tadi memang tegang ya dan saya gugup. Setelah dari SEA Games kami bertemu lagi. Meski cuma persahabatan ini menyangkut harga diri Bangsa. Kita pernah menang di Malaysia. Sempat tertinggal dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan, setidaknya tidak kalah di kandang," ujarnya.Laga ini juga menjadi spesial buat Novita karena untuk pertama kalinya dirinya menjadi kapten di timnas futsal putri Indonesia. "Ini pertama kalinya saya menjadi kapten di timnas, pastinya gugup karena ini tanggung jawab besar membela bangsa sendiri," tandasnya.Novita berharap kedepannya skuat garuda bisa tampil lebih baik dan lebih siap. Indonesia punya satu laga lainnya di arena yang sama melawan tim yang sama pada Kamis (19/4) sebelum kembali berlatih mempersiapkan tim jelang AFC Women's Futsal Championship 2018.
  652 kali
Player of The Month WPFL 2018, Maret: Novita Murni Piranti
Ketangguhan UPI Bandung masih terasa di bulan ketiga bergulirnya Women Pro Futsal League 2018 pada Maret lalu.Mental juara dan strategi yang cukup baik diperlihatkan UPI Bandung, terutama saat di laga penentuan menghadapi Kebumen Angels pada 24-25 Maret lalu di GOR Amongrogo, Yogyakarta.Sempat kalah dengan skor telak 3-0, UPI Berhasil membaalikan keadaan di pertemuan kedua di pekan yang sama lewat skor tipis 2-1. Kemenangan ini membuat UPI satu langkah lebih maju mempertahankan gelar WPFL 2018 dan cukup mengamankan laga sisa dengan kemenangan.[suggestedarticle=3]Novita Murni Piranti, kapten UPI, belum terbantahkan menjadi salah satu roh permainan serta jalan keluar dari skuat UPI Bandung. Gol concong bolanya di menit akhir babak pertama pertemuan kedua melawan Kebumen Angels membuat UPI mengunci kemenangan.Kecerdikan Novita membaca situasi membuatnya hingga saat ini menjadi kunci keberhasilan UPI Bandung di WPFL 2018.Novita hanya berharap penampilannya bisa membantu UPI Bandung untuk mempertahankan tren positif. "Saya hanya berharap UPI mampu tampil konsisten dan bisa mempertahankan gelar juara liga," ujarnya.Novita berhasil menyabet gelar pemain terbaik bulan Maret versi redaksi Bolalob.   Selain memilih POTW di setiap minggunya, Bolalob juga memilih Player of The Month setiap Bulannya. ㅤㅤ Dan untuk POTM Women Pro Futsal League 2018 di bulan Maret, Bolalob memilih Novita Murni dari UPI Bandung. ㅤㅤ Bermain apik di bulan Maret dan memimpin rekan-rekannya dengan sangat baik sehingga mampu mengambil alih puncak klasemen sementara dari Kebumen United Angels. Kini, UPI Bandung kembali difavoritkan untuk mempertahankan gelar juara Women Pro Futsal League tahun ini dan hanya butuh dua kali kemenangan lagi. Captain Idola! 👏👏 ㅤㅤ #WPFL2018 #POTM A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Apr 5, 2018 at 3:43am PDT src="//www.instagram.com/embed.js">
  337 kali
Ini Kesan Bintang UPI Bandung Terhadap Pelatih Baru Timnas Futsal Putri
Novita Murni Piranti merasakan kembali beratnya bekerja keras di seleksi timnas futsal putri Indonesia menuju AFC Women's Futsal Championship 2018.Apalagi menurut kapten UPI Bandung ini, pelatih baru timnas futsal putri dari Jepang, Kensuke Takahashi, menuntu para pemain seleksi agar bisa disiplin dan mau memberikan yang terbaik.[suggestedarticle=3]"Kita harus bisa menyesuaikan kebudayaan dan cara melatih mereka. Kendalanya mungkin dari cara berkomunikasi karena kalau pakai translator mungkin lebih lama cara menjelaskannya," ujar Novita. Itu tak menjadi halangan berarti. Kensuke tetap ingin para pemain bekerja keras di lapangan."Materi latihannya tidak berbeda jauh dengan lokal. Tetapi pelatih sekarang menuntun untuk lebih bekerja keras dan disiplin, jad kita itu harus main cepat dan agresif dari awal. Apalagi sekarang seleksi hanya sebentar dan dia menuntut kita harus maksimal bekerja keras, disiplin dan inisiatif," ungkap pemain asli Cipanas, Bogor ini.Novita berharap pelatih baru ini membawa semangat baru untuk membawa futsal Indonesia berjaya di pentas Internasional.
  1228 kali
Player of The Week: Novita Murni Piranti Kembali Jadi Kunci
Sempat takluk di pertemuan pertama, UPI Bandung berhasil bangkit dan mengalahkan Kebumen Angels United di laga kedua pada Minggu (25/3) di pekan 10 Women Pro Futsal League 2018 di GOR UNY Yogyakarta.Hasil ini membuat UPI Bandung di atas angin. Ini karena UPI masih punya empat laga lagi dengan poin maksimal 39. Sedangkan Kebumen hanya punya dua laga sisa dengan poin maksimal 37.Novita Murni Piranti menjadi penentu kemenangan di laga kedua tersebut. Kecerdikannya mencari celah pertahanan diselesaikan lewat concongan keras di akhir babak pertama. Gol tersebut menjadi yang terakhir di laga tersebut dan mengunci kemenangan.[suggestedarticle=3]"Dua pertandingan terakhir memang luar biasa. Walaupun di hari Sabtu sempat kalah, tapi Alhamdulillah kami bisa membuktikan dan merebut poin di hari minggu dari Kebumen," kata Novita."Kebumen tim yang tangguh dan sulit dikalahkan. Tapi tidak ada yang tidak mungkin selama kita masih mau berjuang bersama-sama. Suatu pengalaman yang luar biasa karena tahun lalu kami menghadapi situasi seperti ini dengan Jaya Kencana Angels," ungkap Novita.UPI Bandung harus menyapu bersih empat kemenangan untuk mengunci sekaligus mempertahankan gelar juara WPFL."Semoga saya dan tim bisa konsisten sampai di pertandingan terakhir karena masih menyisakan empat laga lagi. Mohon doa dan dukungannya," pungkas Novita.   Ini dia Player of The Week pekan 10 Women Pro Futsal League 2018, Novita Murni dari UPI Bandung. Walaupun di pertandingan pertama tim nya kalah, namun dipertandingan kedua dirinya mampu memimpin rekan-rekannya dengan baik dan berhasil mengalahkan Kebumen United Angels sehingga kembali membuka jalan UPI Bandung untuk bisa raih gelar juara WPFL karena masih memiliki 4 pertandingan sisa. Setuju dengan pilihan bolalob? Siapa POTW pilihan kamu? #POTW #WPFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Mar 26, 2018 at 2:08am PDT
  223 kali
Player of The Week: Novita Murni Piranti, Konsistensi Tanpa Henti Jagoan UPI
UPI bandung kembali menyapu bersih dua laga di pekan kedelapan Women Pro Futsal League (WPFL) 2018.Pekan kedelapan berlangsung di GOR 17 Desember Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 10 dan 11 Maret kemarin. Di pekan kedelapan, UPI berhasil menaklukkan rival mereka, Jaya Kencana Angels dengan skor 2-0, dan Banteng Muda Malang dengan skor 7-1.Kegemilangan UPI di pekan kedelapan kemarin, tidak terlepas dari peran kapten mereka, Novita Murni Piranti. Pemain yang biasa disapa Apem ini kembali memperlihatkan kehebatannya sebagai pemain futsal putri Indonesia terbaik saat ini di pekan kedelapan kemarin.[suggestedarticle=3]"Alhamdulilah, masih dipercaya jadi player of the week, tapi sebenernya semua pemain UPI berhak jadi player of the week juga karena berkat kerja sama tim kita bisa sapu bersih pertandingan di Lombok," ungkapnya kepada Bolalob."Kita bermain bersama bukan sendiri. Jadi, titel ni pantas buat semua pemain yang terlibat," lanjutnya."Semoga ini bisa jadi motivasi untuk saya dan tim untuk bisa lebih baik lagi, dan konsisten disetiap pertandingan karena masih ada enam pertandingan yang harus kita jalanin," pungkasnya.   Ini dia Player of The Week pekan 8 Women Pro Futsal League 2018, Novita Murni Piranti dari UPI Bandung. Tidak usah diragukan lagi kehebatannya sang kapten dari UPI Bandung ini, berhasil mencetak 3 gol pada minggu ini dan berhasil menjaga pertahanan UPI Bandung yang hanya kebobolan satu gol pada minggu ini. Berkat kehebatan dari Novita, UPI Bandung berhasil salip Kebumen United Angels di klasemen sementara. Setuju dengan pilihan bolalob? Siapa POTW pilihan kamu? #POTW #WPFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Mar 12, 2018 at 5:19am PDT
  465 kali
Citra Adisti Senang Banget Timnas Futsal Putri Akhirnya Ikut AFC Womens Futsal
Timnas Futsal Putri Indonesia akan menciptakan sejarah baru jika berlaga di AFC Womens Futsal Championship 2018 nanti.Ini akan menjadi keikutsertaan pertama bagi Srikandi Futsal Indonesia diajang AFC Womens Futsal. Citra Adisti selaku kiper Timnas Futsal Putri pun menyambut gembira dengan keikutsertaan Indonesia diajang tersebut."Seneng, akhirnya timnas putri bisa main di level yang lebih tinggi," ungkap Citra kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]"Yang pasti persiapan harus jelas. Materi pelatih dan pemain yang berkualitas. Karena ini udah level Asia bukan Asia Tenggara saja," lanjutnya."Sebagai pemain, Citra pengen timnas putri berprestasi bukan hanya partisipasi aja," pungkasnya menutup pembicaraan.AFC Womens Futsal Championship 2018 sendiri akan digelar di Bangkok, Thailand pada 2-12 Mei mendatang. Total 15 tim akan berpartisipasi di gelaran kedua turnamen ini.
  606 kali
1519885201311 tag