(Foto: Bolalob)

Inilah 7 Kartini Futsal Indonesia Masa Kini

Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Hari peringatan perjuangan wanita Indonesia agar bisa setara dengan kaum Adam disegala bidang.

Kaum wanita di Indonesia pun hingga kini terus berjuang untuk penyetaraan, termasuk di olahraga futsal. Siapa sangka olahraga yang sering dimainkan oleh kamu lelaki ini kini juga sudah banyak dimainkan oleh kaum wanita. Bahkan sejak musim lalu sudah bergulir liga pro wanita Indonesia.

Para pemain futsal wanita pun bermunculan dan bahkan sudah diakui hingga level internasional. Berikut ini adalah 7 pemain futsal wanita di Indonesia yang bisa diibaratkan mereka adalah para Kartini futsal Indonesia.



1. Rani Mulyasari



siapa yang tidak kenal dengan Odoy sapaan dari Rani Mulyasari. Pemain mungil yang memiliki kecepatan luar biasa dari UNJ dan juga Jaya Kencana Angels. Beragam prestasi telah ia raih, termasuk berlaga di luar negeri. Bahkan ia kini sedang berlaga di Maladewa untuk tahun ketiganya, dan di dua tahun sebelumnya ia selalu meraih juara bersama klubnya, Club Immigration.

Pemain kelahiran Tangerang, 4 Maret 1993 ini kini membela Lampung Angels S-One. Kehebatannya dalam mencetak gol di lapangan futsal menjadikannya sebagai salah satu Kartini futsal Indonesia.

2. Fitri Rosdiana



Inilah pemain lincah dari UPI Antam Bandung yang juga pemain terbaik liga pro tahun 2015 saat membawa timnya menjadi juara. Pemain kelahiran Bandung, 26 Maret 1993 ini telah meraih banyak prestasi di futsal wanita Indonesia. Prestasi yang membuatnya selalu dipanggil timnas futsal wanita Indonesia.

Pemain yang selalu percaya jika proses latihan maksimal dan kerja keras akan memberikan hasil ini merupakan mahasiswa S2 keolahragaan di UPI. Pemain futsal yang layak menjadi idola karena tidak lupa akan pendidikan disaat dirinya sudah menjadi pemain pro terkenal. Sosok yang pantas menjadi salah satu Kartini Futsal Indonesia.

3. Novita Murni Piranti



Inilah pemain yang banyak diidolai oleh para pecinta futsal wanita di Indonesia. Pemain kelahiran Cianjur, 2 November 1990 ini bisa dikatakan kapten hebat yang dimiliki oleh UPI Bandung. Sudah banyak prestasi yang ditorehkannya untuk timnya ini, baik level kampus hingga umum, dan tentu saja yang terhebat adalah menjadi juara liga pro ditahun 2015 dan tahun lalu ikut membantu Jaya Kencana Angels menjadi juara AFF Futsal Club Championship 2016.

Ia pun memiliki harapan untuk bisa memberikan kontribusi di futsal putri Indonesia. Pemain yang layak menjadi idola dan salah satu Kartini futsal Indonesia.

4. Maulina Novryliani



Siapa yang tidak kenal dengan kapten timnas futsal Indonesia. Berawal dari pemain sepakbola dan kini menjadi pemain futsal, sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi. Tapi, siapa sangka pemain kelahiran Samarinda, 14 November 1987 ini merupakan lulusan S2 Pendidikan Keolahragaan UNJ yang kini menjadi guru olahraga SMAN 8 Tangerang Selatan.

Cimot sapaan akrabnya telah banyak meraih prestasi bersama UNJ dan juga klubnya sekarang Jaya Kencana Angels. Dirinya bahkan pernah bermain di luar negeri membela klub Maladewa. Sosok kapten idola para pemain futsal wanita ini sendiri memang layak menjadi salah satu Kartini futsal Indonesia.



5. Maya Muharina Fajriah



Inilah pemain futsal wanita yang sedang menjadi idola saat ini. Maya Muharina Fajriah, pemain futsal wanita yang juga mengenakan jilbab saat bermain ini tidak menjadi penghalang bagi dirinya menjadi pemain futsal. Kehadiran dirinya seolah-olah menyatakan jika jilbab bukanlah halangan bagi wanita untuk berpretasi di olahraga, terutama futsal.

Pemain kelahiran Bogor, 19 Mei 1996 ini awalnya adalah jagoan atletik, hingga akhirnya ia beralih ke futsal saat di SMPN 3 Cibinong. Sekolah yang juga memiliki klub Netic Cibinong, klub yang dibelanya hingga ia kuliah saat ini. Dan jangan salah, ternyata ia juga memiliki lisensi futsal nasional level 1. Rajin beribadah, taat agama, jago main futsal, dan punya lisensi kepelatihan tentunya membuat dirinya layak menjadi salah satu Kartini futsal Indonesia.

6. Citra Adisti



Siapa yang tidak kenal dengan pemain kelahiran Tangerang, 25 Oktober 1989 ini. Kiper cantik dari Jaya Kencana Angels yang juga pemain timnas. Siapa sangka dirinya telah meraih S1 disela-sela kesibukannya bermain futsal dan kini sedang mengejar S2 Magister Akuntansi di Universitas Trisakti.

Kiper yang juga jago karate ini sudah banyak meraih prestasi bersama Jaya Kencana Angels, termasuk menjadi juara liga pada musim lalu yang membawanya meraih gelar pemain terbaik. Dirinya juga sukses membawa timnya meraih juara diajang internasional, AFF Futsal Club Championship 2016. Cantik, pintar, dan jago futsal layak menjadi Kartini futsal masa kini.

7. Deliana Fatmawati Junior Kaban



Kiper futsal wanita mungkin ada banyak, tapi juga handal sebagai wasit futsal dan sepak bola itu baru nilai lebih. Deliana Fatmawati Junior Kaban adalah kiper yang ikut membawa UPI Antam Bandung juara liga 2015, dan kini membela Muara Enim Unyted.

Siapa sangka pemain kelahiran Medan, 8 Juli 1988 ini mempunyai lisensi wasit futsal nasional. Ia bahkan telah beberapa kali memimpin pertandingan liga pro. Tentunya sangat layak untuk jadi Kartini futsal.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Hattrick Novita Murni Pimpin UPI Bandung Kalahkan Muara Enim United
Juara bertahan UPI Bandung kembali meraih kemenangan dalam lanjutan Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 setelah mengalahkan Muara Enim United.Pada laga yang berlangsung di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (3/2/2018) tadi, UPI tampil perkasa untuk menaklukkan Muara Enim dengan skor 5-1.[suggestedarticle=3]UPI langsung tancap gas sejak awal laga dan berhasil unggul cepat di menit ke-2 melalui Fitri Rosdiana. Sudah unggul, tekanan UPI tetap tidak berhenti dan berhasil menambah dua gol lewat tendangan keras Novita Murni Piranti di menit ke-11 dan 15'. Babak pertama berakhir untuk keunggulan UPI atas Muara Enim dengan skor 3-0.Pada babak kedua, UPI lagi-lagi langsung mengurung pertahanan Muara Enim. Hasilnya mereka berhasil menambah keunggulan melaluI Yunita Sari di menit ke-36'. Muara Enim sempat memperkecil beberapa detik kemudian melalui Cindy Darmawan.Tapi, gol ketiga Novita di menit ke-39 menutup perlawanan Muara Enim. Pertandingan berakhir untuk kemenangan UPI atas Muara Enim dengan skor 5-1.
  664 kali
Jangan Jadi Kiper, Itu Berat, Kamu Gak Akan Kuat, Biar Citra Saja
Siapa yang tidak mengenal Citra Adisti, kiper nomor satu Timnas Futsal Indonesia yang kini membela Kebumen Angels.Citra pun sedikit curhat tentang posisinya sebagai kiper futsal di akun instagramnya. Bagaimana seorang kiper meski melakukan berbagai penyelamatan gemilang akan musnah begitu saja jika melakukan satu kesalahan yang berakibat timnya kalah.[suggestedarticle=3]@citraadistiEnaknya jadi penjaga gawang :1. Bajunya beda sendiri.Gaenaknya jadi penjaga gawang :1. Latihan paling capek.2. Menang ga dliat, kalah jadi sorotan.3. Seribu penyelamatan akan dlupakan ketika melakukan 1 kesalahan.4. Ga fokus sedetik aja gawang bisa kebobolan.5. Pait2nya kalo kebobolan harus kuat2 bangkitin mental sendiri.6. Pemain salah masih ada yg cover, kiper salah langsung ke gawang.7. Ngasih tau dkira marah-marah. 😄8. Perlu banyak kesabaran dan pembuktian untuk jd kiper utama.9. Zhefgaklfhskfkfhslauqhll (pokoknya banyak) Masih mau jadi penjaga gawang?Jaga hati aja dlu yaaaa   Enaknya jadi penjaga gawang : 1. Bajunya beda sendiri. Gaenaknya jadi penjaga gawang : 1. Latihan paling capek. 2. Menang ga dliat, kalah jadi sorotan. 3. Seribu penyelamatan akan dlupakan ketika melakukan 1 kesalahan. 4. Ga fokus sedetik aja gawang bisa kebobolan. 5. Pait2nya kalo kebobolan harus kuat2 bangkitin mental sendiri. 6. Pemain salah masih ada yg cover, kiper salah langsung ke gawang. 7. Ngasih tau dkira marah-marah. 😄 8. Perlu banyak kesabaran dan pembuktian untuk jd kiper utama. 9. Zhefgaklfhskfkfhslauqhll (pokoknya banyak) Masih mau jadi penjaga gawang? Jaga hati aja dlu yaaaa 😂 #CA1 #citraadisti #goalie #goalkeeper #kebumenunitedangels #pumaathlete #pumafootball A post shared by Citra Adisti (@citraadisti) on Jan 31, 2018 at 2:23am PST
  1392 kali
UPI Bandung Siap Pertahankan Gelar Juara Women Pro Futsal League
UPI Bandung siap mempertahankan gelar juara Women Pro Futsal League (WPFL) di musim 2018 ini.UPI telah dua kali menjadi juara WPFL, yaitu di musim 2015 dan di musim 2017 kemarin. Sementara di musim 2016, UPI harus puas sebagai runner-up di bawah Jaya Kencana Angels.Musim 2018 pun akan mulai bergulir pada 20 Januari besok di GOR Amongrogo Yogyakarta yang akan menggelar pekan pertama WPFL 2018. UPI akan melakoni laga pertama melawan tim promosi Pansa FC Bantul di hari Sabtu (20/1) besok.[suggestedarticle=3]Novita Murni Piranti selaku kapten UPI menyatakan jika timnya siap untuk mempertahankan gelar juara. Persiapan yang sudah berjalan membuat ia dan rekan-rekannya siap untuk melakoni laga pertama. Meski ia sadar jika mempertahanan gelar juara akan lebih sulit dibanding merebut."Kalo beban pastilah ada soalnya kita juga kan berusaha untuk mempertahankan piala lagi, karena banyak yang bilang mempertahankan itu lebih sulit daripada merebut," ungkapnya kepada Bolalob."Insyaallah siap. Karena kita pun sudah melakukan persiapan yang ckup matang jadi ga ada kata ga siap untuk pertandingan nanti," pungkasnya.
  555 kali
Tanggung Jawab Besar Menanti Citra Adisti di Kebumen Angels
Citra Adisti akan membela tim baru di Women Pro Futsal League (WPFL) 2018, Kebumen Angels.Setelah mengenakan jersey Jaya Kencana Angels di liga pro sejak 2015, untuk pertama kalinya Citra akan mengenakan jersey tim lain. Tentunya sebuah tanggung jawab yang baru bagi kiper nomor satu Timnas Futsal Putri Indonesia ini.[suggestedarticle=3]"Rasanya tanggung jawabnya lebih besar aja sekarang. Ga mau ngecewain orang-orang yang udah percaya sama Citra. Semoga aja bisa berguna dan bermanfaat dimana pun Citra main.," ungkapnya kepada Bolalob."Saya selalu optimis. Percaya hasil ga akan khianatin proses. Doakan saja semoga bisa mengulang kembali juara di tim ini," pungkasnya.Patut dinantikan bagaimana kiprah Citra bersama tim barunya ini di WPFL 2018. Apakah bisa membawa tim barunya ini juara atau tidak.
  839 kali
Kebumen Angels Siap Tempur di Women Pro Futsal League 2018
Kebumen Angels menjadi salah satu tim favorit di Women Pro Futsal League (WPFL) 2018.Kedatangan Citra Adisti dan Maulina Novryliani sudah jelas menambah daya gempur tim asal Jawa tengah ini. Terlebih persiapan mereka pun sudah cukup lama sejak November tahun lalu.Citra yang merupakan pemain anyar pindahan dari Jaya Kencana Angels menyatakan timnya sudah siap tempur. Persiapan lama membuat mereka optimis mampu mengarungi WPFL 2018 dengan prestasi gemilang.[suggestedarticle=3]"Persiapannya sudah 99 persen. Tinggal mental aja. Kita sudah persiapan lama. Insha Allah udah pada siap," ungkap Citra kepada Bolalob."Tim sudah lebih kompak. Kebanyakan pemain muda jadi semangatnya lagi besar-besarnya," pungkasnya.
  868 kali
Citra Adisti: Futsal Bukan Soal Permusuhan, tapi Persahabatan
Pemain futsal berpindah klub sudah biasa, mulai dari ingin mendapatkan tantangan baru ataupun ingin berprestasi dengan tim lain.Musim lalu menjadi rekan satu tim, musim ini bisa jadi lawan di lapangan. Seperti yang diungkapkan oleh Citra Adisti, kiper anyar Kebumen Angels yang musim lalu bermain untuk Jaya Kencana Angels.Berkostum Kebumen, mau tidak mau Citra akan menghadapi mantan timnya di Women Pro Futsal League (WPFL) 2017. Tapi, bagi Citra sendiri, futsal adalah soal persahabatan.[suggestedarticle=3]Meski kini akan bermusuhan di lapangan, tapi di luar akan selalu menjadi kawan dengan terus menjaga persahabatan. Jadi, bagi kamu yang suka ribut di lapangan futsal mendingan contohin Citra dan juga pemain futsal pro lainnya yang terus menjaga persahabatan dan silaturahum di luar lapangan.Persaingan hanya 2x40 menit, selebihnya bersahabat dan dengan cara itu futsal Indonesia akan terus maju.@citraadisti Tahun lalu mati2an nahan gempuran @kebumenangelsfutsal Tahun ini bakal mati2an jaga gawang kebumen.Dulu lawan skrg kawan. Karena futsal bukan tentang permusuhan tapi tentang persahabatan.Bismillahirrahmanirrahim semoga tahun 2018 bisa lebih baik   Tahun lalu mati2an nahan gempuran @kebumenangelsfutsal Tahun ini bakal mati2an jaga gawang kebumen. Dulu lawan skrg kawan. Karena futsal bukan tentang permusuhan tapi tentang persahabatan. 😊 Bismillahirrahmanirrahim semoga tahun 2018 bisa lebih baik 😇 #CA1 #citraadisti #goalie #goalkeeper #kebumenunitedangels A post shared by Citra Adisti (@citraadisti) on Jan 1, 2018 at 1:10am PST
  530 kali
Citra Adisti: Saya Tidak Akan Pernah Menyerah
Siapa yang tidak mengenal Citra Adisti, kiper nomor satu Timnas Futsal Indonesia yang kini membela Kebumen Angels.Citra memberikan kata-kata inspiratif melalui akun instagramnya bagaimana dirinya tidak pernah menyerah. Kata-kata yang berhasil ia buktikan sejak dirinya terjun di dunia futsal profesional.Terjun bersama Jaya Kencana Angels di tahun 2015, ia hanya bisa membawa timnya menjadii runner-up. Tapi, tahun berikutnya dirinya pantang menyerah dan berhasil membawa JK Angels menjadi juara.[suggestedarticle=3]Termasuk saat dirinya membela Timnas Futsal, dirinya berkali-kali gagal masuk Timnas Futsal. Hingga akhirnya ia menjadi kiper utama di SEA Games 2017 dan membuat sejarah dengan memberikan medali perunggu bagi Indonesia.@citraadisti Pernah liat saya menyerah?Kalah, ditolak, diabaikan, diacuhkan, diragukan, sakit hati, semuanya pernah.Hanya satu hal yg tidak akan pernah saya lakukan dlm hidup ini. Yaitu menyerah.Karena saya sadar, segala sesuatu yg ada di dalam hidup ini harus diperjuangkan.   Pernah liat saya menyerah? Kalah, ditolak, diabaikan, diacuhkan, diragukan, sakit hati, semuanya pernah. Hanya satu hal yg tidak akan pernah saya lakukan dlm hidup ini. Yaitu menyerah. Karena saya sadar, segala sesuatu yg ada di dalam hidup ini harus diperjuangkan. "Ketika kamu dan brand yg membesarkanmu tumbuh bersama." Thanks @narrowindonesia 😊❤ #CA1 #citraadisti #goalie #goalkeeper #kebumenunitedangels #narrowindonesia #pumaathlete #pumafootball A post shared by Citra Adisti (@citraadisti) on Dec 7, 2017 at 6:17pm PST
  642 kali
Awas Makin Jatuh Cinta, Hobi Lain Kiper Cantik Ini Bikin Hati Gimana Gitu
Siapa yang tidak kenal dengan Citra Adisti, kiper cantik idola yang juga penggawa Timnas Futsal Putri Indonesia.Citra dianggap sebagai kiper terbaik futsal putri Indonesia. Gelar juara telah banyak ia raih, baik lokal maupun internasional. Dan yang teranyar adalah dirinya sukses membantu Timnas Futsal Putri meraih medali perunggu di SEA Games 2017.Tapi, siapa sangka ternyata dirinya memiliki hobi yang bisa membuat para penggemarnya semakin jatuh cinta kepadanya. Hobinya adalah bernyanyi dengan diringi bermain gitar. Yap, selain handal menjaga gawang, Citra pun piawai memetik gitar.[suggestedarticle]"Saya bermain gitar dari SMP. Sebenarnya SD di les-in piano sama orangtua, tapi ga passion ke piano soalnya ribet ga bisa dibawa kemana-mana. Akhirnya, belajar main gitar dan sempat kursus juga private," ungkapnya kepada Bolalob."Aku kalo suka apa-apa selalu totalitas dan Alhamdulillah, Mama dan Papa selalu ngedukung. Aku sendiri sukanya musik pop," pungkasnya.Mau lihat betapa merdu suara Citra, simak videonya dibawah ini.   "Kamu adalah bukti dari indahnya paras dan hati. Kau jadi harmoni saat ku bernyanyi tentang terang dan gelapnya hidup ini. Kaulah bentuk terindah dari baiknya Tuhan padaku. Waktu tak mengusaikan indahmu. Kau anugerah terhebat bagiku, tolong kamu camkan itu." -Virgoun Thanks God 😇 #CA1 #citraadisti #goalie #goalkeeper #covervirgoun #bukticover A post shared by Citra Adisti (@citraadisti) on Oct 13, 2017 at 1:01am PDT
  799 kali
Sebaiknya Jangan Macam-Macam Sama Bintang Timnas Futsal Putri Satu Ini
Siapa yang tidak kenal dengan Novita Murni Piranti, pemain yang dianggap sebagai pemain futsal putri terbaik Indonesia saat ini.Siapa sangka ternyata dirinya sedang menggeluti hobi lain yang jauh dari futsal, yaitu bela diri. Tidak main-main, dirinya berlatih Muaythai. Pemain yang biasa disapa Apem ini mengaku coba-coba sekaligus menjaga kondisi melalui olahraga ini.[suggestedarticle]"Coba-coba kenal latihan Muaythai. Gerakan juga baru tangan sama variasi dilutut belum ke tendangan. Masih pemula ini, mah," ujarnya kepada Bolalob."Buat jaga kondisi aja. Selain iseng awalnya biar tau aja Muaythai kayak gimana kan udah rame juga olahraga Muaythai sekarang dan kayaknya seru juga. Kalo nyoba dan ternyata emang seru dan pegel karena ga biasa olahraga tangan," pungkasnya.   Thanks coach @nuritia buat latihan nya👍 Awalnya cuman pngn tau olahraga yg lagi rame skrng yaitu muaythai(udah nya sakit bdan jgaa ini😅😅)seru jga kok apalagi d latih oleh personal trainer dr @officialfitnco yg profesional dan berkualitas ga lupa bersertifikat jga jdi ga akan ragu deh👍👍💪💪 Yuk yg mau coba dan mau kepoin bisa d liat di @officialfitnco A post shared by Novita Murni Piranti (@novitaapem_06) on Oct 12, 2017 at 6:19pm PDT Tampaknya, buat yang mau macem-macem sama Apem harus mikir dua kali, deh.
  1512 kali
Keren! Kiper Timnas Futsal Putri Indonesia Diincar Klub Thailand
Kiper nomor satu Timnas Futsal Putri Indonesia, Citra Adisti dikabarkan mendapat tawaran dari klub asal Thailand.Citra yang bermain gemilang di SEA Games 2017 lalu hingga memberikan medali perunggu bagi Timnas Futsal menjadi tembok tangguh saat Timnas Futsal menahan imbang Thailand. Penampilan Citra ini pun ternyata dipantau oleh klub asal Thailand.[suggestedarticle]Pathumthani University menjadi tim yang mengincar Citra untuk memperkuat tim mereka di Liga Futsal Wanita Thailand 2017 yang rencananya digelar di bulan Mei atau Juni. Tentunya ini menjadis ebuah kebanggaan tersendiri bagi pemain Indonesia jika benar bisa berlaga di Thailand.Citra sendiri saat ini akan memulai persiapan dengan tim barunya Kebumen Angels yang akan berlaga di Women Pro Futsal League (WPFL) 2018. Tentunya dirinya akan fokus membela Kebumen terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan ke Thailand atau tidak.
  5055 kali
1506686114650 tag