Stadion Batakan Bakal Semewah Emirates Stadium


  •    Gerry Putra
  •    09/05/17 - 08:45
  •    10.820

Stadion Batakan Bakal Semewah Emirates Stadium
Tribunnews

Kemegahan Stadion Batakan di Balikpapan mulai dibandingkan dengan stadion milik Arsenal, Emirates Stadium di London, Inggris.

Stadion kandang Persiba Balikpapan ini punya kapasitas 42 ribu penonton ini didesain modern sebagai arena sepak bola.

Fasilitas pendukung yang dibangun di antaranya ruang press conference standar FIFA, dan dua gedung olahraga (GOR) untuk voli dan bulutangkis sesuai master plan.

Baca Juga :


Khusus ruangan pemain dilengkapi ruang pelatih, ruang pemanasan, ruang kesehatan, toilet, urinoir, dan tempat baju.

Manager PT Waskita Karya, Muhammad Anugrah, sebagai kontraktor Stadion Batakan mengatakan bahwa hampir 80 persen bahan pembangunan stadion diimpor dari luar Indonesia.

"Hampir seluruh equitment mechanical 80 persen itu impor dari luar negeri seperti genset, speaker, lift, eskalator," ujar Muhammad.

Baca Juga :


Stadion ini juga dilengkapi dengan 8 lift dan 12 eskalator. Lift dan eskalator itu pun langsung diimpor langsung dari Tiongkok.

Tribune penonton pun nantinya dibagi menjadi tiga kelas, yakni bisnis, VIP, dan ekonomi. Kelas VIP juga dibagi lagi menjadi indoor dan semi outdoor. VIP juga ada dua jenis kaca, yakni bening dan gelap.

Tribun bisnis dibagi menjadi empat tribun khusus disabilitas, dan 26 tribun umum kelas bisnis. Ada pula podium kehormatan di tribun timur khusus, untuk para pejabat pemerintah dan tamu‑tamu penting.

Baca Juga :


"Tribun bisnis disediakan untuk penyandang cacat. Ada pua podium kehormatan untuk presiden, gubernur dan lain sebagainya, sementara di VIP ada indoor dan semi outdoor dengan kaca hitam dan kaca bening, selebihnya tribun ekonomi," lanjut Muhammad

Sementara untuk rumput lapangan, Stadion Batakan mengguakan rumput jenis Zoysia Matrella yang tingkat kehalusannya sangat baik. Jenis rumput tersebut memang standar FIFA untuk stadion sepak bola di seluruh dunia.

Stadion ini menelan anggaran Rp 1,2 triliun. Tak heran bila dengan segala fasilitas tersebut, Stadion Batakan bakal menjadi stadion termewah yang dimiliki Indonesia, dan bahkan Asia Tenggara.






Video Trending



Berita Terkait


1583551801694

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?