(Foto: bolalob)

Kata-kata Motivasi Ini Buat Indonesia Bangkit dan Menang Atas Tajikistan

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor atas Tajikistan di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2017 pada Selasa (16/5) di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand.

Indonesia sendiri sempat tertinggal 2-1 di babak pertama. Namun di babak kedua skuat asuhan Yori van der Torren bangkit dan mengakhiri laga dengan kemenangan 5-3.

Kapten timnas futsal U-20, Anton Cahyo Nugroho, membeberkan kunci kebangkitan skuatnya di babak kedua hingga berbalik menang.

"Dari segi permainan memang banyak grogi dan demam panggung. Mungkin pertama kali debut di Internasional. Tapi dari segi semangat anak-anak luar biasa. Apalagi ditambah motivasi tim kepelatihan di istirahat babak pertama," ujar Anton.





"Staf pelatih tadi cuma mengingatkan. Kita jangan mau diinjak-injak sebagai bangsa Indonesia. Kita ini negara besar banyak penduduknya. Itu jadi motivasi buat teman-teman untuk bisa bangkit di babak kedua," ungkap pemain BJL 2000 Shiba ini.

Anton mengapresiasi kerja keras seluruh rekan-rekannya dan juga staf kepelatihan timnas yang mampu mempersembahkan kemenangan pertama.

Namun skuat juga diingatkan agar jangan terlena dengan hasil ini dan juga langsung mengalihkan fokus ke laga selanjutnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Indonesia Banjir Event AFF di Tahun 2018, Ini Komentar PSSI
PSSI dipastikan akan padat agenda pada tahun 2018. Setidaknya ada tujuh gelaran turnamen AFF. Tak hanya sepak bola, agenda futsal pun turut memeriahkan gelaran event AFF tahun depan. "Ada tujuh event yang konfirmasi di Komite Kompetisi AFF dan beberapa berlangsung di Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Senin (20/11/2017)."Mulai dari Piala AFF Futsal, AFF Futsal Club Championship 2018, lalu AFF Women U-16 dan senior, Soccer Beach AFF, Piala AFF U-15, dan Piala AFF U-18," lanjutnya.[suggestedarticle]Joko Driyono mengatakan bahwa event tersebut bakal dimanfaatkan oleh Indonesia untuk beberapa kepentingan. Pasalnya event AFF kemungkinan besar akan bentrok dengan Asian Games dan Piala Asia U-19.. ."Pertama footbaall development sendiri, tidak hanya dari aspek teknis tapi juga pengelolaan event dan SDM event, serta perangkat lain kita manfaatkan,""Kita ingin momentum itu agar sepak bola di Indonesia juga bisa menjadi industri dan ini menjadi tantangan bagi PSSI," tandasnya.
visibility  805 kali
Infografik Keikutsertaan Timnas Futsal Indonesia di AFC Futsal Championship
Indonesia kembali gagal lolos ke AFC Futsal Championship untuk kedua kalinya sejak Indonesia ikut dievent ini tahun 2002 silam.Kegagalan lolosnya Indonesia ke semifinal AFF Futsal Championship 2017 berimbas gagal pula Indonesia ke putaran final AFC Futsal Championship 2018. Indonesia sendiri telah lolos ke putaran final sebanyak 9 kali dari 11 kali keikutsertaan di event ini.[suggestedarticle=3]Artinya, Timnas Futsal telah dua kali gagal lolos ke putaran final, yaitu ditahun 2007 dan 2017. Total Indonesia absen sebanyak 6 kali, 2 kali gagal lolos dan 4 kali memang tidak ikut serta.Berikut infografi keikutsertaan Indonesia di AFC Futsal Championship.   Daftar keikusertaan @timnasfutsal Indonesia di ajang AFC Futsal Championship! Kalau tahun 2016 Indonesia tidak ikut serta karena masih kena banned pada kualifikasi 2015, tahun 2018 Indonesia tidak ikut karena gagal pada kualifikasi tahun ini! #TimnasFutsal #AFCFC2017 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Nov 16, 2017 at 2:14am PST
visibility  432 kali
Inilah Mengapa Tidak Ada Nama Indonesia di Pengundian AFC Futsal Championship 2018
Tidak ada nama Indonesia didalam pot pengundian AFC Futsal Championship 2018 yang akan diundi pada akhir November nanti.Ketidakadaan nama Indonesia ini memang sudah sewajarnya karena tidak lolos ke putaran final AFC Futsal Championship 2018. Indonesia tidak lolos setelah kalah bersaing di AFF Futsal Championship 2017 yang digunakan sebagai babak kualifikasi zona Asean.[suggestedarticle=3]Hanya empat tim dari Asean yang lolos ke AFC Futsal Championship 2018, yaitu Malaysia, Myanmar, Vietnam dan Thailand yang lolos ke semifinal AFF Futsal Championship 2017 lalu. Indonesia gagal bersaing dengan Myanmar dan Vietnam di Grup A babak penyisihan. Indonesia pun harus menelan pil pahit gagal lolos untuk kali kedua diajang AFC Futsal Championship.Ini juga untuk dua edisi berturut-turut Indonesia tidak tampil diputaran final AFC Futsal Championship. Diedisi 2016, Indonesia juga absen karena terkena sanksi FIFA. Edisi terakhir Indonesia tampil adalah ditahun 2014 di Tiongkok.Semoga saja futsal Indonesia segera bangkit dan bisa kembali bersinar di Asean, dan bisa lolos ke putaran final AFC Futsal Championship 2020. Terlebih edisi 2020 juga akan menjadi babak kualifikasi untuk berlaga di Piala Dunia Futsal 2020.
visibility  1379 kali
Siap-siap! Timnas Futsal Indonesia Bakal Kenakan Jersey Baru
PSSI sudah menjalin kerja sama dengan Nike untuk kebutuhan apparel Timnas Indonesia.Kedua belah pihak sepakat untuk kembali menjalin kerja sama jangka panjang, di Hotel Grand Zuri, Cikarang, Rabu (16/11/2017).Nike akan memasok semua kebutuhan apparel Timnas Indonesia segala level usia, termasuk juga dengan Timnas Futsal Indonesia.[suggestedarticle]"Ya, selain timnas sepak bola di segala level, Nike juga akan memasok kebutuhan timnas futsal," ujar Rawindra Ditya kepada Bolalob.Sebelumnya timnas futsal memang sempat mendapat apparel yang berbeda jika berlatih. Pria yang akrab disapa Windra itu pun berupaya untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk futsal.[suggestedarticle]"Futsal ini kan masih di bawah PSSI. Jadi melalui kerja sama ini, kita juga komitmen mamasok apparel untuk timnas futsal pria dan wanita," tambahnya.Nike akan mengeluarkan desain terbaru dengan kualitas terbaik sebelum Asian Games. Timnas Futsal Indonesia pun dipastikan bakal menikmati jersey anyar tersebut.
visibility  2312 kali
Apparel Ini Siap Rilis Jersey Terbaru dan Eksklusif untuk Timnas Indonesia
PSSI menjalin kerja sama dengan apparel Nike. Nantinya semua kebutuhan apparel Timnas Indonesia dan Futsal akan dipenuhi oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu.Kepastian tersebut terjadi setelah PSSI dan Nike menandatangani kerja sama di Hotel Grand Zuri, Cikarang, Rabu (15/11/2017). Sebelumya Nike sudah bekerja sama dengan PSSI sejak tahun 2006.Sport Marketing Nike Indonesia, Rawindra Ditya mengatakan bahwa kerja sama dengan PSSI kali ini adalah jangka panjang. Meski tak menyebut nilai kontrak dan jangka waktunya, Rawindra menyebut Nike akan mengeluarkan desain terbaru untuk timnas.[suggestedarticle]“Mengenai desai baru jersey timnas, kami sudah siapkan dan akan diluncurkan sebelum Asian Games,” ujar Rawindra kepada wartawan.Pria yang akrab disapa Windra itu pun mengatakan bahwa desain baru sudah mulai dipresentasikan kepada PSSI. Ia pun menjamin desain yang dikeluarkan adalah eksklusif Nike dan bukan desain template.“Sejak dulu kami selalu keluarkan jersey eskluksif dan bukan template. Sejak awal tahun kita sudah presentasi ke PSSI. Saya yakin publik sudah penasaran dan ingin tahu seperti apa sih desain baru timnas,” tambahnya.Merah tetap menjadi warna utama dari jersey teranyar timnas. Sedangkan warna putih menjadi warna kedua jersey untuk Skuat Garuda.
visibility  8979 kali
Pelajaran Super Berharga Pivot Muda Indonesia Bersama Timnas Futsal
Pivot muda yang baru saja membela Timnas Futsal Indonesia diajang AFF Futsal Championship 2017 lalu, Subhan Faidasa mengakui dirinya masih harus banyak belajar lagi.Subhan harus menerima kenyataan gagal membawa Timnas Futsal berprestasi di SEA Games 2017 dan AFF Futsal Championship 2017 lalu. Dirinya pun mengakui masih banyak yang harus dipelajarinya. Terlebih banyak pelajaran yang didapat di dua event tersebut.[suggestedarticle]"Sebelumnya Subhan minta maaf kemaren AFF gagal lagi. Latihan pertandingan udah berjuang kerja keras, tapi ya gimana hasilnya gak memihak," ungkapnya kepada Bolalob."Butuh banyak belajar lagi jadi pivot yang bener. Kaya lawan vietnam udah menang eh kebalik begitu. Kita 3 bulan game ketemunya temen-temen kita sendiri yang udah pada tau. Pas lawan Filipina aja awal-awal bingung banget," lanjutnya."Berharga banget ini AFF kalo di SEA Games karena masih awal, tapi di AFF bener banyak banget harusnya gini, harusnya gitu," pungkasnya.
visibility  658 kali
Futsal Indonesia Sibuk Sendiri, Futsal Negara Tetangga Berlari dengan Kencang
Para pelaku futsal Indonesia, baik pemain, pelatih maupun pengambil kebijakan tampaknya harus sudah membuka mata jika futsal Indonesia di Asia Tenggara masuk dalam tataran medioker.Indonesia bukan lagi unggulan dikawasan ASEAN ini. Dua kali beruntun gagal di AFF Futsal Championship ditambah gagal di SEA Games 2017 juga gagal. Bahkan Indonesia harus mengakui keunggulan Myanmar di tiga pertemuan merrka di tiga ajang tersebut. Myanmar yang dahulu selalu menjadi bulan-bulanan Timnas.[suggestedarticle]Subhan Faidasa selaku pemain Timnas Futsal di ajang AFF Futsal Championship 2017 dan SEA Games 2017 menjadi saksi kekalahan Timnas Futsal dari Myanmar. Ia pun mengakui jika futsal Myanmar terus berkembang dengan pesat."Myanmar berkembang lagi dari setelah SEA Games. Di Sea Games masih biasa aja kita kalah di powerplay, tapi kemaren AFF dilain faktor kecapean tiap hari main apalagi malem lawan vietnam abis-abisan, tapi emang myanmarnya berkembang pesat," ungkapnya kepada Bolalob.Tampaknya fusal Indonesia untuk sementara jangan lagi memandang Thailand, Vietnam maupun Malaysia sebagai rival. Tapi, fokus evaluasi apa yang sebenarnya terjadi dan tidak lupa melihat dan mengakui jika negara lain di ASia Tenggara berkembang pesat ketika Indonesia sibuk membanggakan diri sendiri.
visibility  1605 kali
Kiper Timnas Futsal Indonesia Ini Banjir Tawaran Bermain di Liga Pro
Kiper Timnas Futsal Indonesia, Muhammad Albagir berpeluang besar akan melakukan debutnya di Pro Futsal League (PFL).Bagir menjadi satu-satunya penggawa Timnas Futsal yang belum bermain di liga pro. Penampilan gemilangnya bersama Timnas Futsal membuat dirinya menjadi salah satu buruan tim-tim untuk membela mereka di PFL 2018.[suggestedarticle]Albagir pun mengaku dirinya banyak mendapat tawaran. Ia pun memikirkan matang-matang akan bermain dimana dengan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Passtinya dirinya siap untuk melakukan debut di liga pro tahun 2018 nanti."Belum ada (kontrak tim). Semua masih pertimbangan. Alhamdulillah (banyak tawaran). Insya Allah kalo dikasih jalan semuanya dimaksimalkan," ungkapnya kepada Bolalob.Bagir sendiri dikabarkan sudah dekat dengan salah satu kontestan PFL 2018. Patut dinantikan bagaimana debut Albagir di PFL 2018 nanti.
visibility  3475 kali
Vic Hermans Belum Tahu Masa Depannya di Timnas Futsal Indonesia
Pelatih kepala Vic Hermans gagal memberikan prestasi di tiga ajang yang telah dilakoninya selama 2017.Gagal dapat medali di SEA Games 2017, timnas futsal Indonesia juga tidak lolos ke putaran final AFC Futsal Championship 2018. Prestasi terbaik hanya mengantarkan timnas futsal U-20 masuk ke babak delapan besar AFC U-20 Futsal Championship 2017.Ini membuat Vic Hermans diterpa isu pencopotan sebagai pelatih kepala. Kontrak Vic Hermans sendiri dimulai pada Februari 2017 dan akan berakhir pada Januari tahun depan. Dalam tulisan di blog pribadinya, Vic Hermans belum mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan bersama timnas futsal Indonesia.[suggestedarticle]"Bagaimana ini ke depanannya kita akan lihat," tulis Vic Hermans. "Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di Indonesia di masa depan," kata Vic Hermans di tulisan lainnya.Federasi Futsal Indonesia sendiri bakal tetap memakai tenaga pelatih asing untuk timnas futsal Indonesia kedepannya.
visibility  644 kali
Peningkatan Pesat Myanmar Dirasakan Pemain Timnas Futsal Indonesia Ini
Pada CFA International Tournament agustus 2016 lalu di Changsa, Tiongkok, Timnas futsal Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1. Tak disangka, ternyata itulah kemenangan terakhir Indonesia atas Myanmar.Pada 2017 bagai telah belajar dari kesalahan, Myanmar tampil gemilang dan berhasil tiga kali mengalahkan Indonesia di ajang yang berbeda.Di AFF Futsal 2016, SEA Games 2017 serta AFF Futsal 2017 adalah tempat di mana Myanmar membuktikan diri sebagai tim pesaing baru dengan mengalahkan Indonesia. Iqbal Iskandar, pemain timnas futsal Indonesia yang mengikuti empat ajang di atas, mengakui peningkatan pesat dari Myanmar.[suggestedarticle]"2016 Myanmar masih bisa kita kalahkan di Cina dan itupun dengan skor yang tidak besar. Setelah itu Myanmar di 2017 memang beda banget. Dia sudah bagus di 2017 dan akhirnya kita kalah," ungkap pemain terbaik Pro Futsal League 2017 ini.Menurut Iqbal, peningkatan pesat Myanmar sudah tidak bisa dianggap remeh lagi karena kedepannya mereka akan lebih baik. "Semoga kita menyadari bahwa tim-tim pesaing sudah lebih baik dari Indonesia," ujar pemain asal Bogor tersebut.Iqbal berharap di ajang-ajang selanjutnya persiapan timnas futsal Indonesia bisa lebih matang.
visibility  740 kali
1510143601809 tag