(Foto: Istimewa)

”Emirates Stadium” Indonesia Senilai 1,2 Triliun Gagal Lolos Verifikasi

Persiba Balikpapan dipastikan tidak bisa menggunakan Stadion Batakan yang kabarnya menelan biaya pembangunan sebesar 1,2 triliun rupiah, minimal hingga kompetisi Liga 1 Indonesia rampung.

Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 memutuskan jika stadion tersebut tidak lolos verifikasi.

Perwakilan Departemen Kompetisi PT LIB, Somad mengatakan ada beberapa faktor yang membuat Stadion Batakan belum diperbolehkan menggelar kompetisi tingkat nasional dan internasional.

”Memang belum bisa (dipakai), masih banyak yang harus dibenahi. Karena stadion ini baru, mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan,” ujar Somad.



Somad menjelaskan bahwa satu penyebab Batakan tidak lolos verifikasi adalah belum layaknya akses jalan menuju stadion.

Selain itu, di Batakan juga belum dibangun fasilitas pendukung lainnya seperti lahan parkir yang memadai.

”Jangan sampai macet, menganggu pemain masuk stadion terus pertandingan menjadi molor, akses jalan ini menjadi penting, karena akses jalan terputus,” ujar Somad

”Ya memang harus disesuaikan, karena kan kapasitasnya sampai 46 ribu penonton, kalau dilihat belum cukup, harus diperhatikan juga,” ujarnya.

Tidak hanya persoalan infrastruktur pendukung, stadion yang digadang-gadang setara dengan markas Arsenal, yaitu Emirates itu masih memerlukan pembenahan lain seperti garis lapangan yang belum sesuai.

”Garis lapangan misalnya untuk tendangan pinalti belum sesuai, juga diameter tiang gawang harusnya 12 cm yang kita temukan itu 14 cm. Penambahan untuk fasilitas penunjang saja, misalnya kursi dan meja. Begitu juga di ruang wasit harus ada dua shower,” ujarnya.



Sementara itu, terkait kemungkinan Persiba kembali bermarkas di Stadion Parikesit, Somad mengaku tidak bisa menjawabnya.

Sebab, dirinya hanya ditugaskan untuk memverikasi Stadion Batakan.

”Saya ditugaskan di stadion Batakan ini untuk melihat kondisi stadion melakukan verifikasi apa saja, itu saja,” pungkasnya.

Dengan kondisi seperti ini, Persiba harus kembali mencari alternatif stadion lainnya.

Sebelumnya, tim Beruang Madu –julukan Persiba- sempat mendapatkan tawaran untuk menggunakan Stadion Palaran, Samarinda.

Namun, sampai saat ini tim asuhan Milomir Seslija tersebut masih memilih untuk berkandang di Stadion Gajayana, Malang.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Sriwijaya FC Kalah, Adam Alis Nilai Barito Putera Beruntung
Sriwijaya FC kalah 1-3 dari Barito Putera pada lanjutan Liga 1, di Banjarmasin, Jumat (8/6/2018). Gol Sriwijaya FC dicetak Beto Goncalves (90', penalti), sementara gol Barito diciptakan Samsul Arif (34'), Matias Cordoba (61'), dan Rizky Pora (71'). Meski Barito Putera mendominasi pertandingan, pemain Sriwijaya FC Adam Alis menilai permainan timnya tidak buruk karena mampu menciptakan peluang.[suggestedarticle=3]"Kami sudah bermain maksimal. Banyak menciptakan peluang. Tapi memang Barito Putera kali ini lebih beruntung," kata Adam Alis.Kekalahan dari Barito membuat Sriwijaya tertahan di posisi keempat dengan nilai 19, atau kalah empat poin dari Barito yang ada di peringkat kedua. Adapun puncak klasemen dihuni PSM Makassar yang mengoleksi nilai 24.Laga melawan Barito adalah laga terakhir Sriwijaya sebelum Idul Fitri 2018. Pertandingan Sriwijaya berikutnya adalah melawan PS Tira, pada 6 Juli 2018.[pagebreak]Andik Vermansah Dikasari di Malaysia[/pagebreak]Lihat juga   Hai abang no.15, kaki tu Allah bagi suruh sepak bola elok2 bukan suruh sepak orang. . Satu lagi yang pelik, reff ni tak bagi apa2 ka kat no 12 yang siku Andik sampai berdarah tu? . #hijaukuning #pulunkedahpulun #balunkedahbalun #kedahseratarata #thisisdarulaman #thisisaloqstaq #biarjasajadikenangan #kedahpantangkalah #langmerah #redhawk #kedahamanmakmur #kedahfa #ultraskedah #playwithheart #sayajual #sayajualonline #sayajualmurah #igreviewmalaysia #igreview #paidreview #bazaarpaknil #bazarpaknil #terlajakgol #kedah #aloqstaq #kahaqketegaq #discoverkedah A post shared by PULUN KEDAH PULUN! (@hijaukuning) on Jun 8, 2018 at 9:43pm PDT
  533 kali
PR Pemain Persib Bandung saat Libur Idul Fitri
Liga Indonesia akan libur mulai 10 hingga 29 Juni 2018. Untuk Persib Bandung, mereka tidak punya agenda pertandingan sejak menang 5-0 atas PSMS Medan pada 5 Juni 2018. Pertandingan terdekat Persib adalah melawan Persija Jakarta pada 30 Juni 2018.Meski begitu, pelatih Mario Gomez, memberikan pekerjaan rumah kepada para pemain selama masa libur Idul Fitri ini. Materi pekerjaan rumah itu diserahkan kepada pelatih fisik Yaya Sunarya.[suggestedarticle=3]“Setelah pulang dari Medan, tanggal 6 Juni mereka kami liburkan selama seminggu. Sebetulnya, mereka kami liburkan sampai tanggal 10 Juni, tidak total sampai tanggal 19,” ujar Yaya seperti dilansir situs resmi Persib Bandung."Jadi, sehari sebelum Idul Fitri, pemain kami beri pekerjaan rumah, yaitu berlatih sendiri sampai pada tanggal 18 Juni. Jadi, tanggal 19 itu coach (Mario Gomez) ingin langsung berlatih dan ingin semuanya siap dan tidak melakukan adaptasi lagi, tidak memulai dari nol. Coach ingin langsung seratus persen," lanjut Yaya.
  537 kali
Susunan Pemain Persib Bandung vs Bhayangkara FC
Persib Bandung akan melakoni pertandingan Liga 1 melawan Bhayangkara FC, di Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (31/5/2018). Jika menang, Persib akan punya kesempatan menguasai klasemen.Saat ini, Persib berada di peringkat ketujuh dengan nilai 15 atau kalah lima angka dari penguasa klasemen, Barito Putera. Namun, Barito sudah bermain 11 kali, sementara Persib sembilan kali.[suggestedarticle=3]Sementara itu, Bhayangkara FC juga membutuhkan kemenangan untuk menjauh dari zona merah. Bhayangkara saat ini ada di posisi ke-15 dengan nilai 13, sama dengan PS Tira yang berada di peringkat ke-16. Berikut ini adalah susunan pemain Persib Bandung Vs BhayangkaraPersib Bandung: M Nathsir; Ardi Idrus, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Wildansyah; Dedi Kusnandar, Ghonzali, Muharam Siregar, Oh Inkyun; Airlangga, Fulgensius Billy Keraf, Jonathan BaumanBhayangkara FC: Wahyu Tri; Muhammad Fatcu Rohman, Nurhidayat, Vladimir Vujovic; Sani Rizki Fauzi, Lee Yu Jun, Paulo Sergio Moreiro Goncalves, Herman Dzumafo, Jajang Multana, Marinus Mariyanto Wanewar, Wahyu Subo Seto[pagebreak]Susunan Pemain Persib Bandung Vs Bhayangkara FC[/pagebreak]   DAFTAR SUSUNAN PEMAIN. __ @airlan99a dan @fulgensiusbilly malam ini main sejak menit pertama. Di kubu @bhayangkarafc, @simonmcmenemy menurunkan penyerang veteran @dzuma99 sebagai juru gedor utama. __ #PRSBvBHAY #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on May 31, 2018 at 6:02am PDT
  688 kali
Hasil Lengkap dan Klasemen Liga 1, 19 Mei 2018
lPersipura Jayapura berpesta enam gol tanpa balas pada pertandingan Liga 1 melawan Madura United, Sabtu (19/5/2018). Hasil itu membuat Persipura naik ke puncak klasemen, dengan nilai 17.Nilai Persipura sama dengan nilai PSM Makassar, yang duduk di peringkat kedua. PSM Makassar mendapatkan tiga poin terakhir setelah menang 1-0 atas Borneo, FC, Sabtu (19/5/2018).Sementara itu, Madura United ada di peringkat keempat dengan nilai 16, sama dengan nilai yang Barito Putera, yang ada di peringkat ketiga.[suggestedarticle=3]Berikut ini adalah hasil lengkap dan klasemen Liga 1, per 19 Mei 2018.Persipura Jayapura 6-0 Madura UnitedGol: Boaz Solossa 8', 38', Ian Kabes 30', Marcel Sacramento 58', Todd Ferre 73', Imanuel Wanggai 86' ; -PSM Makassar 1-0 Borneo FCGol: Guy Junior 90' ; -[pagebreak]Klasemen Liga 1, 19 Mei 2018[/pagebreak]
  1658 kali
Bersaing di Papan Atas, PSM Makassar Berpotensi Lebih Baik
PSM Makassar meraih kemenangan 3-1 atas Mitra Kukar pada lanjutan Liga 1, Minggu (6/5/2018). Gol PSM dicetak oleh Rizky Pellu (17, Marc Klok (67', penalti), dan Wiljan Pluim (81'), sementara gol Mitra Kukar diciptakan Fernando (90').Dengan kemenangan itu, PSM naik ke peringkat ketiga klasemen dengan nilai 13, atau kalah satu angka saja dari penguasa klasemen Persipura Jayapura. Kedua kubu sama-sama sudah bermain tujuh kali.[suggestedarticle=3]Pelatih PSM Makassar Robert Alberts menilai penting kemenangan timnya atas Mitra Kukar. Menurut Robert Alberts, timnya menang meski tidak bermain baik dan kemenangan tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk memperbaiki diri."Tapi tambahan 3 poin ini sangat baik untuk membuat kami kembali mempersiapkan laga berikutnya. Poin positif lainnya ada beberapa pemain yang sudah kembali ke performa terbaik, seperti Ferdinand Sinaga dan Bruce Djite," ujar Robert Alberts seperti dilansir Liga Indonesia, Senin (7/5/2018). Pertandingan PSM Makassar berikutnya adalah menghadapi Arema, di Kanjuruhan, pada 13 Mei 2018.
  614 kali
Bhayangkara FC Tanggapi Kritik PS Tira soal Lapangan PTIK
Bhayangkara FC meraih kemenangan 4-2 atas PS Tira, pada lanjutan Liga 1, di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (4/5/2018). Tim pelatih PS Tira menilai Stadion PTIK kurang pas dijadikan kandang klub yang bermain di Liga 1 karena ada sejumlah standar yang belum terpenuhi.Soal lapangan, misalnya, PS Tira menilai lapangan Stadion PTIK lebih keras dari biasanya. PS Tira pun mengalami kesulitan beradaptasi dengan lapangan. [suggestedarticle=3]Manajer Bhayangkara FC Sudarmadji mengaku mengerti kekecewaan kubu PS Tira. Ia pun mengatakan, pihaknya akan terus memperbaiki kualitas lapangan Stadion PTIK. "Saya anggap wajar sebab kalau mendapat hasil negatif pasti muncul kekecewaan. Namun, kalaupun ada kekurangan, pasti akan kami benahi," ujar Sudarmaji, seperti dilansir Liga Indonesia, Minggu (6/5/2018).
  838 kali
Ditahan Sriwijaya FC, PSM Gagal Kudeta Persipura
Sriwijaya FC Palembang bermain imbang tanpa gol dengan PSM Makassar dalam laga pekan keenam Liga 1 2018 di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Sabtu (28/4).Pertandingan berjalan dengan tempo lambat. Sriwijaya FC baru mendapat peluang di menit ke-14 lewat tendangan Patrich Wanggai, tetapi bola masih melambung di atas gawang PSM.Tuan rumah kembali mendapat peluang di menit ke-32 lewat Yoo Hyun-koo. Namun, tendangan pemain asal Korea Selatan itu belum mampu membobol gawang PSM yang dikawal Rivky Mokodompit.Terus ditekan Sriwijaya FC, PSM akhirnya merespons lewat aksi Guy Junior. Hanya saja, tendangan mantan pemain Bhayangkara FC itu belum menemui sasaran.[suggestedarticle=3]Di babak kedua, Sriwijaya FC dan PSM terus berupaya mencetak gol. Namun, tak ada gol tercipta hingga akhir laga.Dengan hasil ini, Sriwijaya FC mencatatkan rekor yang tidak terlalu bagus. Klub asuhan Rahmad Darmawan itu meraih hasil imbang tiga kali berturut-turut.Sebelumnya, Sriwijaya FC juga ditahan imbang oleh Persipura Jayapura (2-2) dan Persebaya Surabaya (1-1).Sedangkan bagi PSM, hasil imbang ini membuat mereka gagal mengudeta Persipura dari puncak pimpinan klasemen sementara.Klub berjulukan Juku Eja itu menempati peringkat 4 dengan 10 poin, terpaut satu angka dari Persipura.Susunan pemain Sriwijaya FC vs PSMSriwijaya FC: Teja Paku Alam; Marckho Sandy, Mohammadou N'Diaye, Hamka Hamzah, Novan Setya Sasongko; Makan Konate, Yoo Hyun-koo, Syahrian Abimanyu; Patrich Wanggai, Manuchekhr Dzhalilov.Pelatih : Rahmad DarmawanPSM: Rivky Mokodompit; Steven Paulle, Abdul Rachman, Hasim Kipuw, Fauzan Jamal; Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam; M Rahmat, Ferdinand Sinaga, Guy Junior.Pelatih : Robert Rene Alberts
  650 kali
Bos Persija Sebut Laga Lawan Persib Ditunda, Berikut Jadwal Terbarunya
Laga klasik antara Persija Jakarta dan Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1 2018 dipastikan mundur dari jadwal semula.Laga yang tadinya akan dihelat Sabtu (28/4) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, diundur pelaksanaannya menjadi Kamis (3/5).Keputusan itu diambil setelah manajemen Persija mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian.Polda Metro Jaya meminta duel Persija melawan Persib digelar setelah Hari Buruh Internasional atau mayday pada 1 Mei mendatang.[suggestedarticle=3]”Pertandingan melawan Persib dekat dengan Hari Buruh Internasional. Jadi, kepolisian meminta pertandingan diundur setelah Hari Buruh,” kata Gede saat dihubungi wartawan.”Soal stadion sudah aman. Tanggal 3 Mei tidak ada yang menggunakan SUGBK,” sambung Gede.Namun, belum ada pernyataan resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait hal ini.Bolalob juga mencoba menghubungi manajemen Persib terkait dimundurkannya jadwal laga kontra Persija.Namun, hingga berita diturunkan belum ada respon dari para petinggi klub berjulukan Maung Bandung tersebut.
  3510 kali
Berikut Susunan Pemain Tampines Rovers Vs Persija Jakarta
Persija Jakarta sesaat lagi akan menjalani laga penentuan fase grup Piala AFC menghadapi Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura.Pelatih Stefano Cugurra Teco menurunkan seluruh pemain terbaiknya. Di posisi penjaga gawang, Teco tetap memainkan Andritany Ardhiyasa.Sedangkan di lini belakang, Teco memasang Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, dan Rezaldi Hehanussa.Beralih ke lini tengah, pelatih asal Brasil itu memasang Sandi Sute, Rohit Chand, dan Ramdani Lestaluhu.[suggestedarticle=3]Untuk di lini depan, Persija tetap mengandalkan Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Marko Simic.Sementara Tampines Rovers yang tidak lagi punya peluang lolos ke fase berikutnya masih menampilkan beberapa pemain inti mereka semisal Mustafic Fachruddin, Ryutaro Megumi, Muhammad Aziq, dan Khairul Amri.Susunan pemain kedua tim :Tampines Rovers (5-4-1) :Haikal Hasnol; Irfan Najeeb, Irwan Shah, Daniel Bennet, Amirul Azmi, Mustafic Fachruddin (C); Ryutaro Megumi, Jordan Webb, Muhammad Aziq, Muhammad Yasir; Khairul AmriPelatih : Juergen RaabPersija Jakarta (4-3-3) :Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra Teco
  1178 kali
Laga Penting untuk Bobotoh, Mario Gomez Ingin Persib Menang di Markas Persija
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez memahami pertandingan melawan Persija Jakarta sangat penting untuk para Bobotoh.Untuk itu, Mario Gomez bertekad membawa Persib meraih kemenangan atas tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut.Laga Persija kontra Persib akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4).”Saya mengerti bahwa pertandingan ini untuk fans kami, untuk Bobotoh adalah laga spesial, begitu pula bagi kami, tapi yang paling penting adalah meraih tiga poin,” kata Gomez.[suggestedarticle=3]Gomez mengatakan, kemenangan atas Persija akan menjadi modal berharga Persib untuk melakoni pertandingan-pertandingan berikutnya.Pria asal Argentina itu pun menegaskan, tim asuhannya tidak hanya mematok kemenangan saat berjumpa Persija, tapi pada seluruh laga.”Ini seperti laga-laga lainnya karena yang paling penting adalah 3 poin,” ujarnya. ”Penting dapat poin penuh meski ke depan kita juga harus menghadapi Madura (United) dan lainnya,” tambah Gomez.
  578 kali
1524544201774 tag