(Foto: Istimewa)

”Emirates Stadium” Indonesia Senilai 1,2 Triliun Gagal Lolos Verifikasi

Persiba Balikpapan dipastikan tidak bisa menggunakan Stadion Batakan yang kabarnya menelan biaya pembangunan sebesar 1,2 triliun rupiah, minimal hingga kompetisi Liga 1 Indonesia rampung.

Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 memutuskan jika stadion tersebut tidak lolos verifikasi.

Perwakilan Departemen Kompetisi PT LIB, Somad mengatakan ada beberapa faktor yang membuat Stadion Batakan belum diperbolehkan menggelar kompetisi tingkat nasional dan internasional.

”Memang belum bisa (dipakai), masih banyak yang harus dibenahi. Karena stadion ini baru, mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan,” ujar Somad.

Baca Juga
Persaingan di Lini Tengah Ketat, 3 Pemain Senior Arema Terpental dari Tim Utama


Somad menjelaskan bahwa satu penyebab Batakan tidak lolos verifikasi adalah belum layaknya akses jalan menuju stadion.

Selain itu, di Batakan juga belum dibangun fasilitas pendukung lainnya seperti lahan parkir yang memadai.

”Jangan sampai macet, menganggu pemain masuk stadion terus pertandingan menjadi molor, akses jalan ini menjadi penting, karena akses jalan terputus,” ujar Somad

”Ya memang harus disesuaikan, karena kan kapasitasnya sampai 46 ribu penonton, kalau dilihat belum cukup, harus diperhatikan juga,” ujarnya.

Tidak hanya persoalan infrastruktur pendukung, stadion yang digadang-gadang setara dengan markas Arsenal, yaitu Emirates itu masih memerlukan pembenahan lain seperti garis lapangan yang belum sesuai.

”Garis lapangan misalnya untuk tendangan pinalti belum sesuai, juga diameter tiang gawang harusnya 12 cm yang kita temukan itu 14 cm. Penambahan untuk fasilitas penunjang saja, misalnya kursi dan meja. Begitu juga di ruang wasit harus ada dua shower,” ujarnya.

Baca Juga
Gede Widiade Undang Pemain dan Staf Pelatih Persija ke Kediamannya, Ada Apa?


Sementara itu, terkait kemungkinan Persiba kembali bermarkas di Stadion Parikesit, Somad mengaku tidak bisa menjawabnya.

Sebab, dirinya hanya ditugaskan untuk memverikasi Stadion Batakan.

”Saya ditugaskan di stadion Batakan ini untuk melihat kondisi stadion melakukan verifikasi apa saja, itu saja,” pungkasnya.

Dengan kondisi seperti ini, Persiba harus kembali mencari alternatif stadion lainnya.

Sebelumnya, tim Beruang Madu –julukan Persiba- sempat mendapatkan tawaran untuk menggunakan Stadion Palaran, Samarinda.

Namun, sampai saat ini tim asuhan Milomir Seslija tersebut masih memilih untuk berkandang di Stadion Gajayana, Malang.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Soal Tagar #AjiOut, Aji Santoso: Tak Adil, Arema Juara Piala Presiden 2017
Arema FC tengah mengalami paceklik kemenangan sejak pekan kelima Liga 1 Indonesia.Setelah dikalahkan PSM Makassar (10/5/2017) dan ditahan imbang Madura United (14/5/2017), kali ini giliran Persela Lamongan yang mempermalukan tim berjuluk Singo Edan tersebut.Tak tanggung-tanggung, Persela bahkan mencukur habis Arema dengan skor 4-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (21/5/2017) sore.Rentetan hasil negatif yang didapat Arema tersebut membuat Aremania gerah.Mereka mulai meminta Aji Santoso untuk segera meletakkan jabatannya sebagai pelatih Arema.Tagar #AjiOut bahkan sempat beredar di media sosial setelah Arema dikalahkan Persela.[suggestedarticle]Menanggapi tuntutan mundur tersebut, Aji mengaku menyerahkan segala keputusannya kepada manajemen Arema.”Saya serahkan pada manajemen Arema. Tapi secara pribadi tidak adil rasanya. Arema baru juara Piala Presiden dan di Liga 1, materi pemain Arema masuk kategori yang paling bawah di antara tim papan atas lainnya,” kata Aji.Aji menambahkan, dirinya akan segera mencari jalan keluar supaya Arema bisa segera menghentikan tren negatifnya.Untuk itu, mantan bek kiri Timnas Indonesia di era 1990-an tersebut akan segera mengumpulkan para pemainnya.”Kami akan diskusi sekaligus mencari solusi untuk keluar dari trend negatif ini. Karena di pra musim dan awal Liga 1 Arema tampil bagus” ujarnya.
Kisah 'Hadiah' Lima Jahitan di Kepala Gelandang Persija
Persija Jakarta masih belum bisa kembali ke jalur kemenangan setelah ditahan imbang Bali United 0-0 pada pekan ketujuh Liga 1 Indonesia 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (21/5/2017).Penderitaan Persija semakin bertambah setelah dua pemainnya, yaitu Sandi Darma Sute dan Gunawan Dwi Cahyo mengalami cedera.Sute mengalami cedera di bagian kepala setelah berbenturan dengan I Made Andhika Pradana di babak kedua. Eks penggawa Pusamania Borneo FC (PBFC) tersebut bahkan sempat dilarikan ke rumah sakit.”Saya mendapat lima jahitan di kepala. Tadi sedih karena harus meninggalkan pertandingan. Awalnya saya menolak, tapi pelatih sudah memutuskan untuk mengganti saya, jadi ya sudah saya akhirnya ikut ke rumah sakit agar tidak semakin berbahaya,” ujar Sute seperti dikutip Bolalob.com dari Bola.com.[suggestedarticle]Sementara itu, Gunawan Dwi Cahyo mengalami robek otot betis. Pemain bernomor punggung 13 tersebut hanya mampu bermain hingga menit ke-37. Posisinya kemudian digantikan Maman Abdurrahman.”Ya, ada bagian otot saya yang robek,” ujar Gunawan.
Hong Soon-hak Tonton Laga Persija Kontra Bali United di Patriot, Ini Alasannya
Penggawa PS TNI Hong Soon-hak kedapatan menyaksikan langsung laga Persija Jakarta kontra Bali United dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (21/5/2017).Kehadiran pemain berkebangsaan Korea Selatan tersebut kemudian memunculkan spekulasi tentang masa depannya di PS TNI.Apalagi selama ini Soon-hak dikenal begitu mencintai Persija dan The Jakmania.Itu terlihat dari beberapa postingannya di akun Instagram @haki_time saat masih berseragam Persija musim lalu.[suggestedarticle]Namun saat ditemui wartawan seusai pertandingan, Soon-hak membantah jika kehadirannya ke Patriot dihubungkan dengan kemungkinan kembali berseragam Persija di putaran kedua nanti.”Saya lagi libur, gak ada kegiatan. Istri saya juga pulang ke Korea Selatan,” ungkap Soon-hak, Minggu (21/5/2017) malam. ”Kemudian saya di ajak keluar dan memutuskan ke sini,” tambahnya.
Sukses Curi Poin dari Persija, Widodo C Putro Sanjung Fighting Spirit Pemainnya
Bali United berhasil mencuri poin dalam laga tandang melawan Persija Jakarta di pekan ketujuh Liga 1 Indonesia, Minggu (21/5/2017).Meski tampil di bawah tekanan The Jakmania yang memenuhi Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, tim berjuluk Serdadu Tridatu berhasil meredam ambisi Persija yang tengah mencari kemenangan perdananya dalam enam pertandingan terakhir.[suggestedarticle]Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro mengakui jika pressure dalam pertandingan melawan Persija sangat tinggi, namun para pemain berhasil melewatinya dengan baik.Termasuk ketika Kadek Wardhana berhasil menggagalkan sepakan penalti Luiz Junior.”Pertandingan tadi cukup menegangkan. Tapi, para pemain bekerja keras terutama Kadek yang luar biasa menahan penalti,” ungkap Teco.”Fighting spirit tidak kalah. Saya apresiasi,” tambahnya.
Luiz Junior Gagal Eksekusi Penalti, Begini Pembelaan Teco
Persija Jakarta kembali gagal meraih kemenangan setelah ditahan imbang Bali United dengan skor 0-0 dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1 Indonesia kontra Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (21/5/2017).Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut sebenarnya berpeluang memenangi pertandingan ketika wasit memberikan hadiah penalti.Namun, Luiz Junior yang maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas gagal melaksanakan tugasnya dengan baik.Tidak hanya gagal mencetak gol melalui titik putih, penampilan Luiz di laga melawan Bali terlihat tidak terlalu bagus.Bahkan di menit-menit terakhir Luiz harus mendapatkan kartu kuning karena dianggap mengganggu kiper Bali United, Kadek Wardhana.Meski demikian, pelatih Persija Stefano Cugurra Teco enggan menyalahkan pemainnya tersebut.Menurut dia, kegagalan Luiz dalam mengeksekusi penalti karena Kadek memiliki kualitas yang bagus.”Kiper lawan punya kualitas yang bagus,” ungkap Teco dalam sesi konferensi pers pascalaga di Media Center Stadion Patriot, Minggu (21/5/2017) malam.
Fahmi Al Ayyubi Gemilang, Persela Putus Catatan Negatif dari Arema
Persela Lamongan sukses memupus catatan negatifnya saat bertemu Arema FC.Tidak tanggung-tanggung, tim berjuluk Laksar Joko Tingkir tersebut membungkam Arema dengan skor telak 4-0 pada laga pekan ketujuh Liga 1 Indonesia di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (21/5/2017) sore.Penyerang muda Persela Fahmi Al Ayyubi tampil sebagai bintang dalam pertandingan bertajuk Derby Jatim tersebut.Fahmi mencetak dua dari empat gol kemenangan Arema pada menit ke-11 dan 54.Sementara itu, dua gol lainnya disumbangkan oleh penyerang berkebangsaan Brasil Ivan Carlos Franca Coelho menit ke-31  dan Samsul Arif menit ke-74.Penderitaan Arema semakin lengkap setelah bek andalannya Jad Noureddine mendapatkan kartu merah beberapa saat menjelang berakhirnya pertandingan.[suggestedarticle]Dengan hasil ini, selain berhasil memutus rekor negatif selalu kalah dari Arema dalam empat pertandingan sebelumnya, tim asuhan Herry Kiswanto tersebut berhasil keluar dari zona degradasi.Persela berhasil menyodok ke peringkat 14 dengan tujuh poin, sedangkan Arema masih tertahan di posisi 7 dengan poin 11.
visibility  1504 kali
Jelang Derby Jatim, Persela Dihantui Rekor Inferior Saat Jumpa Arema
Persela Lamongan mampu mengalahkan Persija Jakarta dan menahan imbang Perseru Serui di Stadion Marora dalam dua pertandingan terakhirnya di ajang Liga 1 Indonesia.Tren positif tersebut akan coba dilanjutkan tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut saat menjamu Arema FC di Stadion Surajaya, Minggu (21/5/2017) sore dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1.Namun, tekad Persela itu dipastikan tidak akan mudah. Meski akan bermain di markasnya sendiri, tim kebanggaan LA Mania tersebut sejatinya punya rekor pertemuan yang buruk saat menghadapi Arema.Dalam lima pertemuan terakhir, tak sekali pun Persela mampu mengalahkan Arema. Catatan terbaik Persela hanya menahan imbang Arema 2-2 pada 8 Oktober 2014.Setelah laga tersebut, Arema praktis mendominasi dengan meraih empat kemenangan.Pelatih Persela Herry Kiswanto mengakui jika tim asuhannya memang memiliki catatan inferior saat bertemu Arema.Meski demikian, Herkis –sapaan akrab Herry Kiswanto- tetap meminta para pemainnya untuk bekerja keras mendapatkan hasil terbaik.Apalagi Ivan Carlos dan kolega akan bermain di depan pendukungnya sendiri.Herkis berharap, hal itu akan menambah motivasi para penggawa Persela.”Memang sulit. Arema kita tahu adalah tim yang punya mental juara,” ungkap Herkis.”Tapi saya yakin pemain akan memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti. Apalagi, kita bermain di kandang sendiri,” tambahnya.
visibility  239 kali
Postingan Pemain Naturalisasi Ini Sempat Sentil Emosi Bobotoh
Pusamania Borneo FC berhasil menahan imbang tuan rumah Persib, 2-2, dalam laga ketat, Sabtu (20/5/17). Dalam pertandingan itu, salah satu bintang PBFC, Diego Michels, memang tak diturunkan pelatih karena cedera. Uniknya, akun Instagram pemain naturalisasi ini justru sempat heboh jelang laga kedua tim.Selidik punya selidik ternyata kehebohan itu berawal dari sebuah postingan sang bintang yang dianggap menyinggung Bobotoh. Jumat, Diego Michels mengunggah sebuah gambar dengan caption yang cukup provokatif.Namun, bukan komentar positif yang diterima Diego. Mantan penggawa Timnas U-23 di Sea Games 2011 tersebut malah mendapat banyak hujatan dari netizen.Netizen yang berkomentar didominasi oleh pendukung Persib Bandung. Dalam postingannya, Diego sepertinya memang menyindir para pendukung tim Pangeran Biru.[suggestedarticle]Kontan saja unggahan yang membuat panas itu mendapat serbuan komentar dari Bobotoh - yang merasa tidak suka dengan pernyataan yang ditulis Diego Michels. Sadar mendapat serangan netizen, akhirnya dia mengubah caption tersebut.”gntai caption dolo too#2 buktikan kalian suporter terbaik la,” tulis Diego lengkap dengan emoticon menjulurkan lidah.   gntai caption dolo tooo#2 : BUKTIKAN KALIAN SUPPORTER TERBAIK LA 👅👅👅👅👅👅 ✌️😂😜 A post shared by DIEGO MUHAMMAD MICHIELS (@diegomichiels24) on May 18, 2017 at 11:26pm PDT "Perseteruan" antara Diego dan pendukung Persib seakan tidak pernah usai.Beberapa waktu silam, mantan kekasih pesinetron Nikita Willy itu pernah memposting sebuah foto dengan caption yang profokatif.Kata "Maung" yang ditulis Diego seakan menyandar Persib yang mempunyai julukan Maung Bandung."Lebih baik nakal tapi jujur, daripada alim tapi munafik. Macan jadi maung tapi aslinya tikus," tulis Diego dilengkapi tagar #NoProvokasi.
visibility  1960 kali
Miftahul Hamdi Siap ”Berduel” dengan Ismed Sofyan
Laga antara Persija Jakarta dan Bali United dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (21/5/2017) malam bisa jadi momen spesial bagi Miftahul Hamdi.Penyerang muda Bali United tersebut kemungkinan besar akan bertemu dengan seniornya sesama pesepak bola asal Aceh, Ismed Sofyan.Tak hanya sekadar bertemu di lapangan, Hamdi bahkan bisa berhadapan langsung dengan kapten Persija tersebut.Sebab, Hamdi yang biasa menempati posisi penyerang sayap kiri Bali United tentu akan terus mendapatkan penjagaan ketat dari Ismed yang merupakan andalan Persija di posisi bek sayap kanan.[suggestedarticle]Terkait hal tersebut, Hamdi mengaku siap bersaing dengan Ismed.Dia mengaku tidak gentar meski pun secara pengalaman dan kematangan bermain Ismed jauh di atasnya.”Beberapa kali sudah pernah menghadapi ismed. Saya sudah diap bersaing dengan senior,” ungkap Hamdi.
visibility  231 kali
Penyerang Bali United Ini Optimistis Mampu Atasi Persija Jakarta
Penyerang muda Bali United Miftahul Hamdi optimistis timnya mampu mengatasi perlawanan Persija Jakarta. Kedua klub akan bertemu dalam lanjutan pekan ketujuh Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (21/5/2017) malam. Hamdi mengatakan dia dan rekan-rekannya sudah dalam kondisi siap tempur menghadapi Persija.[suggestedarticle] Pesepak bola 21 tahun tersebut tidak gentar walau pun akan bermain di depan puluhan ribu suporter Persija yang terkenal fanatik dan militan. Dia menegaskan, para pemain Bali United akan bekerja keras untuk bisa memperpanjang catatan positifnya setelah mampu mengalahkan Pusamania Borneo FC pekan lalu. ”Kami optimistis bisa meraih tiga poin penting di kandang persija,” ungkap Hamdi. ”Kami siap bekerja keras dan semoga bisa diwujudkan,” tambahnya.
visibility  216 kali
1495350088334 tag