(Foto: AFC)

Laga Tim Semenjana, Bahrain Sukses Kalahkan Brunei Darussalam

Bahrain berhasil meraih kemenangan pertama dibabak penyisihan Grup A AFC U-20 Futsal Championship 2017 setelah mengalahkan Brunei Darussalam.

Pertandingan berlangsung di Bangkok Arena, Thailand pada Jumat (19/5) sore. Bahrain harus bersusah payah untuk kalahkan Brunei dengan skor 4-3.



Bahrain langsung unggul cepat dimenit kedua melalui sepakan Ali Husain. Brunei mampu menyamakan kedudukan dimenit ke-11 melalui Abd. Aziz, tapi satu menit berselang Bahrain kembali unggul lewat gol Sadeq Ahmed. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Bahrain atas Brunei dengan skor 2-1.

Pada babak kedua, Bahrain berhasil mencetak dua gol tambahan melalui Ebrahim Aldoseri dimenit ke-21, dan Husain 36'. Brunei sendiri sempat mengejar melalui gol Abd. Khaaliq dimenit ke-27, dan Nazirul Haziq 37'. Pertandingan pun usai untuk kemenangan Bahrain atas Brunei dengan skor 4-3.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Video Highlights AFC Futsal 2018: Jepang Vs Bahrain
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Universitas Taipei, Kamis (8/2/2018) kemarin, Jepang masih terlalu tangguh bagi Bahrain dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.[suggestedarticle=3]
  664 kali
Timnas Futsal Jepang Masih Terlalu Tangguh Bagi Bahrain
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Universitas Taipei, Kamis (8/2/2018) kemarin, Jepang masih terlalu tangguh bagi Bahrain dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.Jepang langsung mengambil inisiatif serangan dan berhasil unggul 1-0 di menit ke-7 lewat aksi Saito. Bahrain yang tertinggal berusaha mengejar, tapi hingga babak pertama berakhir skor tetap tidak berubah untuk keunggulan Jepang.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, Jepang lagi-lagi mengambil inisiatif serangan dan berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-28 lewat kaki Shimizu. Bahrain yang semakin tertinggal langsung meningkatkan tempo serangan dan mengurung pertahanan Jepang.Sayangnya, hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Jepang atas Bahrain dengan skor 2-0. Jepang pun berhasil melaju ke semifinal.
  402 kali
Walah! Timnas Futsal Jepang Ternyata Hanya Latihan Seminggu Sebelum AFC Futsal 2018
Timnas Futsal Jepang akan menghadapi Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018 yang akan berlangsung pada Kamis (8/2/2018) nanti di Taiwan.Bruno Garcia selaku pelatih Jepang menyatakan jika mereka tidak akan menganggap remeh Bahrain. Terlebih timnya hanya berlatih satu minggu sebelum berlaga di AFC Futsal Championship 2018.[suggestedarticle=3]"Kami sangat menghormati Bahrain karena mereka bermain apik di babak penyisihan grup, dan persepsi kami pada pertandingan nanti akan menjadi laga sulit melawan tim yang kuat," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi AFC."Kami hanya memiliki waktu persiapan selama satu minggu, dan tim terus bertambah kuat dan lebih baik di setiap pertandingan. Baik mental dan fisik, tim juga telah beradaptasi dengan taktik permainan dan terus meningkatkan level mereka," pungkasnya.
  1003 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Malaysia Vs Bahrain
Timnas Futsal Malaysia harus menelan pil pahit tersingkir dari AFC Futsal Championship 2018 setelah dikalahkan Bahrain.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Senin (5/2/2018) kemarin, Malaysia harus mengubur mimpi mereka ke babak selanjutnya setelah dikalahkan Bahrain dengan skor 3-1.[suggestedarticle=3]
  786 kali
Dikalahkan Bahrain, Timnas Futsal Malaysia Tersingkir dari AFC Futsal Championship 2018
Timnas Futsal Malaysia harus menelan pil pahit tersingkir dari AFC Futsal Championship 2018 setelah dikalahkan Bahrain.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Senin (5/2/2018) kemarin, Malaysia harus mengubur mimpi mereka ke babak selanjutnya setelah dikalahkan Bahrain dengan skor 3-1.Bahrain secara tak diduga langsung menekan pertahanan Malaysia dan berhasil unggul cepat 2-0 melalui aksi Abdulnabi di menit ke-3 dan 7'. Malaysia yang tertinggal langsung mengurung pertahanan Bahrain, tapi hingga babak pertama usai tidak ada lagi gol tercipta.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, Malaysia langsung mengambil inisiatif serangan. Mereka akhirnya gunakan taktik power play untuk mengejar dan berhasil memperkecil melalui Aizad di menit ke-33. Sayangnya, taktik power play Malaysia malah berbalik ke mereka dengan Al-Sandi memanfaatkan kesalahan pemain Malaysia dan mencetak gol ketiga Bahrain di menit ke-39. Pertandingan pun usai untuk kemenangan Bahrain atas Malaysia dengan skor 3-1. Kemenangan yang membawa mereka lolos ke babak perempatfinal.
  2566 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Bahrain Vs Vietnam
Timnas Futsal Vietnam membuka asa mereka untuk lolos ke babak 8 besar setelah mengalahkan Bahrain di laga kedua mereka di AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Sabtu (3/2/2018) tadi, Vietnam sukses menaklukkan Bahrain dengan skor tipis 2-1.[suggestedarticle=3]
  537 kali
Kalahkan Bahrain, Timnas Futsal Vietnam Jaga Peluang Lolos ke 8 Besar
Timnas Futsal Vietnam membuka asa mereka untuk lolos ke babak 8 besar setelah mengalahkan Bahrain di laga kedua mereka di AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Sabtu (3/2/2018) tadi, Vietnam sukses menaklukkan Bahrain dengan skor tipis 2-1.Vietnam yang kalah di laga pertama dari Malaysia membutuhkan kemenangan di laga ini, dan langsung mengambil inisatif serangan. Upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-18 melalui sepakan Nguyen Dac Huy. Satu menit berselang, Phung Trong Luan menggandakan keunggulan Vietnam. SKor 2-0 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga babak pertama usai.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, Bahrain yang tertinggal langsung ganti menekan pertahanan Vietnam. Di menit ke-29, tendangan Al Sandi berubah arah setelah mengenai Chu Van Tien. Tertinggal satu gol membuat pemain Bahrain semakin bernafsu menyerang.Sayangnya, hingga laga usai tidak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan pun usai untuk kemenangan Vietnam atas Bahrain dengan skor tipis 2-1.
  533 kali
Tampil Terakhir Kali di Indonesia, Bahrain Akhirnya Kembali ke Kancah Futsal Asia
Setelah menunggu dan berusaha selama 16 tahun, Bahrain akhirnya kembali berlaga di ajang AFC Futsal Championship pada 2018 ini.Terakhir kali Bahrain mengikuti ajang AFC Futsal Championship pada 2002 lalu di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Di laga ini Bahrain menjadi pemanis fase grup dengan hanya meraih satu kali imbang dan menang atas tim lemah lainnya Brunei Darussalam.[suggestedarticle=3]Kembali ke kancah yang sama pada 2018 ini, pelatih Adel Marzooq ingin skuatnya bisa memberikan kejutan dengan mematok target realistis. "Sudah sangat lama sekali kami terakhir kali berada di ajang ini, dan kami berharap di sini bisa lolos ke fase gugur," katanya."Kami akan menunjukan perkembangan futsal Bahrain melalui performa kami di ajang ini," lanjut Marzooq. Di laga perdana pada Kamis petang pukul 18.00 WIB di Xinzhuang Gymnasium, Bahrain akan menghadapi tuan rumah Taiwan."Keuntungan buat Taiwan tentu saja karena mereka tahu tempat lebih baik dari kami. Tapi kami akan memberikan yang terbaik dan bermain bagus," pungkasnya.
  640 kali
Torehan Sejarah Emas Indonesia Masuk 8 Besar Asia
Timnas Futsal Indonesia untuk pertama kalinya membuat Timnas Futsal U-20 yang dipersiapkan untuk berlaga di AFC U-20 Futsal Championship 2017.Turnamen ini untuk pertama kalinya diadakan AFC pada 16-26 Mei di Bangkok, Thailand. Federasi Futsal Indonesia (FFI) pun langsung meminta pelatih Timnas Futsal, Victor Hermans untuk melakukan seleksi membentuk Timnas Futsal U-20.Vic pun bertindak cepat dengan memanggil 22 pemain ke dalam pemusatan latihan Timnas Futsal U-20 ini. Sebagian besar di antaranya merupakan para pemain yang berlaga di Pro Futsal League (PFL) 2017. Hal ini dikarenakan dirinya sudah melihat langsung peforma si pemain.[suggestedarticle=3]"Yang pertama para pemain di liga akan mengikuti pemusatan latihan serta seleksi berjalan dan mereka harus tahu futsal. Mungkin selain itu ada beberapa nama lain yang akan saya lihat saat seleksi," ujar Vic Hermans kepada Bolalob.Seleksi tahap pertama berlangsung pada 29 Februari hingga 2 Maret di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Seleksi pertama ini menghasilkan 18 pemain yang menjalani TC lanjutan di Yogyakarta."22 Pemain sangat bekerja keras. Memang harus ada keputusan untuk mencoret 4 pemain. Adaptasi posisi dan kualitas pribadi jadi salah satu yang penting untuk catatan ini," ujar Vic Hermans pasca mengumumkan empat nama yang dicoret dari seleksi tahap pertama."Secara umum saya puas dengan mereka. Yang penting mereka harus bisa beradaptasi dengan iklim futsal Internasional," lanjutnya.[suggestedarticle]TC sendiri berlangsung bersamaan dengan bergulirnya PFL 2017. Para pemain yang timnya bermain akan dilepas untuk mengikuti pertandingan, sementara yang tidak bermain akan terus menjalani TC. Performa di PFL 2017 sendiri menjadi bahan evaluasi Vic."Pastinya ada beberapa pemain yang akan kami ajang ngobrol untuk evaluasi performa di liga. Masih ada beberapa yang oke tapi ada yang kurang," kata Vic Hermans kepada Bolalob.[pagebreak]Batal Mendapatkan Uji Coba[/pagebreak]Batal Uji Coba dengan Tim Luar NegeriVic sendiri selama TC berharap Timnas Futsal U-20 akan menjalani uji coba melawan tim luar negeri. Sayangnya, hal itu tidak terwujud dan Timnas Futsal U-20 hanya mendapat jatah uji coba dengan tim PFL, yaitu SFC Planet Sleman. Vamos Mataram, dan Mataram FC NTB.Timnas Futsal U-20 sendiri di AFC U-20 Futsal Championship 2017 tergabung di Grup B bersama Vietnam, Jepang, China Taipei, dan Tajikistan. Turnamen sendiri diikuti oleh 21 tim."Saya pikir di U20 kita tidak tahu bagaimana Tajikistan dan Vietnam, termasuk Iran. Kita tidak tahu apa yang mereka punya di U20," ungkapnya kepada Bolalob."Yang saya pikirkan negara lain telah menyiapkan tim jauh-jauh hari dan Indonesia baru sekarang. Tidak akan mudah, tapi saya puas dengan tim sekarang dan akan dilihat kedepannya," tambahnya.[suggestedarticle=2]"Akan ada kejutan, tapi kita pikirkan target perempatfinal terlebih dahulu. Kita harus juara grup karena jika runner-up akan melawan Thailand, tapi itu dipikirkan disana bukan sekarang," ucapnya terkait target Timnas Futsal.Vic kemudian memanggil satu pemain anyar di posisi kiper, Muhammad Albagir yang bermain gemilang membawa BJL 2000 Shiba Semarang U-20 menjadi juara Bolalob FFI U-20 Futsal Championship 2017. "Ada satu pemain, kiper yang bermain di BJL. Dia sangat bagus, dan saya mengundangnya ke Jogja," ungkap Vic kepada Bolalob.Vic kemudian memilih 14 pemain yang akan berlaga di AFC U-20 Futsal Championship 2017. Berikut ke-14 pemain tersebut.1. Muhammad Nasrullah (AFP Kaltim)2. Muhammad Albagir (BJL 2000 Shiba Semarang U-20)3. Aditya Muhammad (Biangbola)4. Rama Ramdhani (APK Samarinda)5. Rio Pangestu (APK Samarinda)6. Sauqy Saud Lubis (Mataram FC NTB)7. Anton Cahyo Nugroho (BJL 2000 Shiba)8. Ardiansyah Nur (Antam FC Jakarta)9. Ardiansyah Runtuboy (Black Steel)10. Rahmatullah Hasriyanoor (Kancil BBK)11. Aswandanu Bagas (SFC Planet)12. Arjuna Rinaldi (APK Samarinda)13. Samuel Eko Putra (Kancil BBK)14. Faishal Ammar (APK Samarinda)Timnas futsal U-20 kemudian dilepas ketua umum FFI, Hary Tanoesoedibjo dalam Acara pelepasan yang digelar di kediaman pribadinya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (11/5)."Harapannya pasti bisa bertanding maksimal dan menang tentunya. Peluang pasti ada karena sudah dilatih dan dipersiapkan dengan baik. Memang lawannya kuat, tetapi bukan berarti kita tidak bisa apa-apa," katanya kepada Wartawan. Selain itu HT juga berharap skuat timnas futsal U-20 bisa lolos fase grup dan bahkan jadi juara.Kehebohan terjadi saat Vic memutuskan tidak mendampingi Timnas Futsal U-20. Ini karena masalah hukumnya dengan Federasi Sepakbola Thailand belum beres.[suggestedarticle]"Saya ada masalah karena di Thailand mereka tak membayar gaji saya satu tahun. Pengacara saya yang berasal dari FIFA mencoba mengatur segalanya sebelum turnamen ini agar saya bisa berangkat ke ajang ini. Tapi belum selesai dan saya tidak diizinkan pergi ke thailand," kata Vic Hermans.Tak mau mengambil risiko, Vic mengikuti saran pengacaranya dan terpaksa melepas skuatnya berlaga di Thailand tanpa pelatih kepala. "Saya tidak tahu apakah beresiko jika pergi ke sana. Tapi saya tidak mau anak-anak terpengaruh perihal masalah ini," ungkapnya.Timans Futsal U-20 pun ditangani trio tim pelatih Yori van der Torren, Dedy Ahadiat Putra, dan Yos Adi Wicaksono. Kiprah pertama cukup menggembirakan berhasil menaklukan Tajikistan di laga pertama mereka di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2017 pada Selasa (16/5) di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand dengan skor 5-3. Kelima gol Timnas Futsal dicetak oleh Faishal Ammar, Sauqy Saud Lubis (2 gol), Rio Pangestu, dan Arjuna Rinaldi.Di laga kedua, Timnas Futsal kembali meraih kemenangan kontra China Taipei pada Rabu (17/5) di Huamark Indoor Stadium dengan skor 6-2. Keenam gol Timnas Futsal dicetak oleh Sauqy Saud dengan 4 gol, dan masing-masing satu gol oleh Arjuna dan Rio.Di laga ketiga, Timnas Futsal berhasil terhindar dari kekalahan melawan Vietnam pada Rabu (18/5) di Huamark Indoor Stadium. Timnas Futsal tertinggal 1-0 hingga laga tersisa 8 detik lagi, Timnas Futsal sukses menyamakan kedudukan melalui Samuel Eko. Skor imbang 1-1 menutup laga dan membuat peluang Indonesia lolos ke perempatfinal masih terbuka lebar.Di babak penyisihan terakhir, Timnas Futsal lagi-lagi terhindar dari kekalahan dan berhasil memaksa tim kuat Jepang bermain imbang 3-3. Laga keempat Timnas Futsal berlangsung pada Jumat (19/5) di Huamark Indoor Stadium. Timnas Futsal yang tertinggal 3-2 berhasil menyamakan kedudukan saat laga tersisa dua detik lagi melalui sundulan Samuel Eko dan memaksa laga berakhir imbang 3-3. Hasil imbang yang membawa Timnas Fusal lolos ke perempatfinal menghadapi tuan rumah Thailand. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia lolos fase grup dari kompetisi futsal antar negara di Asia, meskipun baru sebatas kompetisi level umur.[suggestedarticle=3]Sayangnya, kiprah Timnas Futsal di AFC U-20 Futsal Championship 2017 harus terhenti dibabak perempatfinal. Menghadapi tuan rumah Thailand pada Senin (22/5) di Bangkok Arena, Timnas Futsal harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 4-2. Dua gol Timnas Futsal dicetak oleh Samuel Eko dan Arjuna Rinaldi. Timnas Futsal pun gagal lolos ke semifinal.Meski begitu, pelatih Yori van der Torren mengaku bangga akan kerja keras dan penampilan skuatnya dengan segala kekurangan dan halangan yang ada saat persiapan hingga berlaga di ajang pertama mereka ini."Saya bangga dengan performa anak-anak. Kami datang tanpa pengalaman, pelatih kepala (Vic Hermans) tidak ikut. Guntur tidak ikut, tapi itu tidak ada efeknya. Kami bisa kalahkan dua negara, bisa main seri lawan Vietnam dan Jepang," kata Yori kepada Bolalob."Secara performa kita enggak kalah sama Thailand. Negara-negara yang kami lawan ini bukan negara kecil di futsal. Mereka dominan," ujar Yori.Berikut hasil lengkap Timnas Futsal di AFC U-20 Futsal Championship 2017.Babak penyisihan Grup B.Selasa, 16 Mei 2017Indonesia 5-3 TajikistanRabu, 17 Mei 2017Indonesia 6-2 China TaipeiKamis, 18 Mei 2017Indonesia 1-1 VietnamJumat, 19 Mei 2017Indonesia 3-3 JepangBabak perempatfinalSenin, 22 Mei 2017Indonesia 2-4 Thailand[Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat ulang sebagai bagian dari Rubrik Stories of the Year untuk membingkai artikel-artikel menonjol sepanjang tahun 2017.]
  2064 kali
Siapa Sangka Filipina Ternyata Menyelamatkan Dunia Futsal di Brunei
Siapa sangka kemenangan Brunei Darussalam atas Filipina dengan skor 5-0 dilaga terakhir mereka di AFF Futsal Championship 2017 kemarin menjadi penyelamat bagi mereka.Brunei menjadi bulan-bulanan di AFF Futsal Championship 2017 ini dari Indonesia, Myanmar, dan Vietnam. Ditambah lagi di AFF Futsal Championship 2016 mereka juga menjadi lumbung gol. Oleh karenanya kemenangan Brunei atas Filipina menjadi penyelamat mereka setidaknya futsal Brunei bisa meraih kemenangan.[suggestedarticle]"Kemenangan yang sangat penting karena jika kami kalah, futsal akan berakhir di Brunei," ungkap Mohd Yunos Mohd Yusof selaku pelatih Brunei kepada media seusai laga."Kini kami harus membuat kembali program baru untuk futsal di negara kami," pungkasnya.
  3279 kali
1509434402372 tag