(Foto: bolalob)

Laga Lawan Jepang Bagai 'De Javu' Buat Indonesia

Timnas futsal Indonesia berhasil menahan imbang Jepang dalam laga terakhir dan sarat penentuan pada hari keempat AFC U-20 Futsal Championship 2017 pada Jumat (19/5) di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand dengan skor 3-3.

Laga ini sendiri bagai ulangan kontra Vietnam dengan hasil akhir 1-1. Butuh gol detik akhir untuk Indonesia dapat terhindar dari kekalahan atas tim Samurai Biru.






Bahkan gol detik terakhir ini datang dari skema yang sama, serta dengan pemain yang sama, dan proses gol yang hampir persis.

"Kita cari imbang akhirya menggunakan powerplay. Powerplay kami cukup rapih dan sering dilatih. Ada beberapa peluang yang harusnya bisa jadi gol," kata pelatih Yori van der Torren menceritakan proses dramatis tersebut.

"Laga enam detik Ardi dari sisi kanan pindah ke tengah. Dia menendang dan kembali kena Samuel. Ini sama seperti proses gol akhir melawan Vietnam. Bedanya ini diciptakan di detik 1,9 sebelum laga berakhir. Benar-benar seperti de javu," ungkap pelatih asal Belanda ini.

Yori mengapresiasi skuatnya yang tampil luar biasa menghadapi Jepang yang tampil solid dengan pengalaman mereka di dunia futsal. "Indonesia memang layak lolos grup," pungkas Yori.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ranking Futsal Asia: Iran Kokoh, Malaysia Kembali di Bawah Indonesia
Iran berhasil mempertahankan gelar juara AFC Futsal Championship 2018 dengan mengalahkan Jepang di partai final.Hasil ini membuat Iran tetap kokoh sebagai tim peringkat pertama ranking futsal Asia. Namun Iran harus turun satu peringkat ke posisi keenam karena disalip Portugal yang naik tiga peringkat karena menjuarai Piala Futsal Eropa. Sedangkan Jepang meski menjadi runner-up, naik satu peringkat di ranking futsal Dunia.Di persainga negara Asia Tenggara, hasil buruk gagal lolos fase grup di AFC Futsal 2018 dan hanya meraih satu kali kemenangan membuat Malaysia turun delapan peringkat dari posisi 53 ke urutan 61. Bahkan Malaysia kembali berada di bawah Indonesia yang berada di peringkat 56.[suggestedarticle=3]Selain itu Malaysia juga terlempar dari posisi 10 besar Asia di peringkat ke-11 di bawah Indonesia. Sementara Kuwait kembali berada di posisi 10 besar setelah timnas futsalnya kembali aktif.Berikut ranking futsal di Asia:
  1836 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Jepang Vs Iran
Timnas Futsal Iran berhasil mempertahankan gelar juara AFC Futsal Championship setelah dilaga final mengalahkan Jepang untuk merebut juara di edisi 2018 ini.Pertandingan perebutan peringkat ketiga berlangsung pada Minggu (11/2/2018) malam tadi di Stadium Xinzhuang, Taiwan. Iran tampil perkasa dan sukses meraih kemenangan atas Jepang dengan skor meyakinkan 4-0.[suggestedarticle=3]
  1084 kali
Luar Biasa! Iran Raih Gelar Juara AFC Futsal Championship 2018
Timnas Futsal Iran berhasil mempertahankan gelar juara AFC Futsal Championship setelah dilaga final mengalahkan Jepang untuk merebut juara di edisi 2018 ini.Pertandingan perebutan peringkat ketiga berlangsung pada Minggu (11/2/2018) malam tadi di Stadium Xinzhuang, Taiwan. Iran tampil perkasa dan sukses meraih kemenangan atas Jepang dengan skor meyakinkan 4-0.Pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi sejak awal laga dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Saat babak pertama diperkirakan berakhir imbang, Ali Hassanzadeh berhasil memotong bola dan melepaskan tendangan akurat untuk membawa Iran unggul 1-0 di menit ke-19. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Iran atas Jepang dengan skor 1-0.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, tempo pertandingan tidak menurun. Jepang beberapa kali membahayakan gawang Iran. Tapi, Iran-lah yang berhasil mencetak gol kembali yang kali ini melalui sepakan Farhad Tavakoli memanfaatkan kerja sama apik dari para pemain Iran di menit ke-22. Iran kemudian semakin menjauh melalui gol kedua Hassanzadeh di menit ke-29.Jepang yang tertingal jauh tetap pantang menyerah dan berusaha memperkecil ketertinggalan dengan menggunakan taktik power playTapi, kokoh dan solidnya pertahanan Iran membuat Jepang selalu gagal mencetak gol. Iran malah berhasil menambah gol di menit terakhir lewat aksi Hossein Tayebi memanfaatkan kesalahan power play Jepang.Pertandingan pun usai untuk kemenangan Iran atas Jepang dengan skor 4-0. Kemenangan yang membawa Iran meraih gelar juara AFC Futsal Championship 2018.
  3465 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Irak Vs Jepang
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Irak di babak semifinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Stadium Xinzhuang, Jumat(9/2/2018) sore tadi, Jepang tampil meyakinkan untuk mengalahkan Irak dengan skor 3-0.[suggestedarticle=3]
  954 kali
Kalahkan Irak, Timnas Futsal Jepang Melangkah Mulus ke Final
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Irak di babak semifinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Stadium Xinzhuang, Jumat(9/2/2018) sore tadi, Jepang tampil meyakinkan untuk mengalahkan Irak dengan skor 3-0.Jepang langsung tancap gas sejak awal dan berhasil unggul 1-0 di detik ke-40 dari tendangan voli Kaoru Morioka yang memanfaatkan sepak pojok Manabu Takita. Di menit ke-6, Jepang menggandakan keunggulan melalui Ryosuke Nishitani yang lagi-lagi memanfaatkan set play dari sepak pojok.[suggestedarticle=3]Irak yang tertinggal berusaha mengejar, tapi mereka malah kembali kebobolan saat babak pertama tersisa 20 detik lagi. Yuki Murota berhasil membawa Jepang unggul 3-0 di babak pertamaPada babak kedua, Irak yang tertinggal mengambil inisiatif serangan dan mengurung pertahanan Jepang. Tapi, kokohnya pertahanan Jepang membuat Irak selalu gagal mencetak gol.Pertandingan pun usai untuk kemenangan Jepang atas Irak dengan skor 3-0. Kemenangan yang membawa mereka kembali lolos ke final AFC Futsal Championship.
  746 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Jepang Vs Bahrain
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Universitas Taipei, Kamis (8/2/2018) kemarin, Jepang masih terlalu tangguh bagi Bahrain dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.[suggestedarticle=3]
  608 kali
Timnas Futsal Jepang Masih Terlalu Tangguh Bagi Bahrain
Timnas Futsal Jepang berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Universitas Taipei, Kamis (8/2/2018) kemarin, Jepang masih terlalu tangguh bagi Bahrain dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.Jepang langsung mengambil inisiatif serangan dan berhasil unggul 1-0 di menit ke-7 lewat aksi Saito. Bahrain yang tertinggal berusaha mengejar, tapi hingga babak pertama berakhir skor tetap tidak berubah untuk keunggulan Jepang.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, Jepang lagi-lagi mengambil inisiatif serangan dan berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-28 lewat kaki Shimizu. Bahrain yang semakin tertinggal langsung meningkatkan tempo serangan dan mengurung pertahanan Jepang.Sayangnya, hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Jepang atas Bahrain dengan skor 2-0. Jepang pun berhasil melaju ke semifinal.
  365 kali
Walah! Timnas Futsal Jepang Ternyata Hanya Latihan Seminggu Sebelum AFC Futsal 2018
Timnas Futsal Jepang akan menghadapi Bahrain di babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018 yang akan berlangsung pada Kamis (8/2/2018) nanti di Taiwan.Bruno Garcia selaku pelatih Jepang menyatakan jika mereka tidak akan menganggap remeh Bahrain. Terlebih timnya hanya berlatih satu minggu sebelum berlaga di AFC Futsal Championship 2018.[suggestedarticle=3]"Kami sangat menghormati Bahrain karena mereka bermain apik di babak penyisihan grup, dan persepsi kami pada pertandingan nanti akan menjadi laga sulit melawan tim yang kuat," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi AFC."Kami hanya memiliki waktu persiapan selama satu minggu, dan tim terus bertambah kuat dan lebih baik di setiap pertandingan. Baik mental dan fisik, tim juga telah beradaptasi dengan taktik permainan dan terus meningkatkan level mereka," pungkasnya.
  940 kali
Video Highlights AFC Futsal 2018: Uzbekistan Vs Jepang
Timnas Futsal Jepang berhasil meraih poin sempurna di babak penyisihan grup setelah mengalahkan Uzbekistan dalam lanjutan AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Senin (5/2/2018) kemarin, Jepang harus bersusah payah untuk mengalahkan Uzbekistan dengan skor 4-2.[suggestedarticle=3]
  569 kali
Timnas Futsal Jepang Masih Terlalu Tangguh Bagi Uzbekistan
Timnas Futsal Jepang berhasil meraih poin sempurna di babak penyisihan grup setelah mengalahkan Uzbekistan dalam lanjutan AFC Futsal Championship 2018.Pada laga yang berlangsung di Gimnasium Xinzhuang, Senin (5/2/2018) kemarin, Jepang harus bersusah payah untuk mengalahkan Uzbekistan dengan skor 4-2.Uzbekistan sebenarnya mengawali laga dengan sangat baik unggul 1-0 terlebih dahulu melalui sepakan Abdumaviyanov di menit ke-3. Jepang yang tertinggal berusaha menyamakan kedudukan, tapi kokohnya pertahanan Uzbekistan membuat babak pertama berakhir untuk keunggulan Uzbekistan dengan skor 1-0.[suggestedarticle=3]Pada babak kedua, Jepang langsung mengambil inisiatif serangan dan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-21 melalui Morioka. Tiga menit berselang, Jepang berbalik unggul lewat aksi Hoshi. Tapi, Uzbekistan dengan cepat membalas di menit ke-26 lewat gol Yunusov.Skor imbang membuat kedua tim semakin bernafsu menyerang. Jepang akhirnya berhasil menambah dua gol melalui sundulan Hoshi di menit ke-35 dan aksi Nishitani menit ke-38. Pertandingan pun usai untuk kemenangan Jepang atas Uzbekistan dengan skor 4-2.Meski kalah, Uzbekistan tetap lolos ke babak perempatfinal sebagai runner-up Grup B menemani Jepang yang keluar sebagai juara grup.
  435 kali
1517884642877 tag