(Foto: bolalob)

Laga Lawan Jepang Bagai 'De Javu' Buat Indonesia

Timnas futsal Indonesia berhasil menahan imbang Jepang dalam laga terakhir dan sarat penentuan pada hari keempat AFC U-20 Futsal Championship 2017 pada Jumat (19/5) di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand dengan skor 3-3.

Laga ini sendiri bagai ulangan kontra Vietnam dengan hasil akhir 1-1. Butuh gol detik akhir untuk Indonesia dapat terhindar dari kekalahan atas tim Samurai Biru.






Bahkan gol detik terakhir ini datang dari skema yang sama, serta dengan pemain yang sama, dan proses gol yang hampir persis.

"Kita cari imbang akhirya menggunakan powerplay. Powerplay kami cukup rapih dan sering dilatih. Ada beberapa peluang yang harusnya bisa jadi gol," kata pelatih Yori van der Torren menceritakan proses dramatis tersebut.

"Laga enam detik Ardi dari sisi kanan pindah ke tengah. Dia menendang dan kembali kena Samuel. Ini sama seperti proses gol akhir melawan Vietnam. Bedanya ini diciptakan di detik 1,9 sebelum laga berakhir. Benar-benar seperti de javu," ungkap pelatih asal Belanda ini.

Yori mengapresiasi skuatnya yang tampil luar biasa menghadapi Jepang yang tampil solid dengan pengalaman mereka di dunia futsal. "Indonesia memang layak lolos grup," pungkas Yori.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini 16 Pemain Tersisa Timnas Futsal Putri Indonesia Jelang Berangkat ke Thailand
Timnas futsal putri Indonesia punya waktu kurang dari satu minggu sebelum berangkat berlaga di AFC Women's Futsal Championship 2018.Sejak awal April telah 25 pemain bergabung ke dalam seleksi dan pemusatan latihan timnas futsal putri yang dipimpin oleh pelatih Kensuke Takahashi. Seiring waktu berjalan terdapat sembilan pemain yang dicoret dari skuat.Satu pemain yaitu Maya Muharina, mengundurkan diri karena urusan kuliah. Kemungkinan hanya akan ada 14 pemain yang dibawa ke Bangkok, Thailand, menghadapi ajang AFC Women's Futsal Championship 2018. Itu berarti akan ada dua pencoretan lagi sebelum berangkat menuju Thailand.Di ajang ini sendiri Indonesia berada di grup A bersama Macau, Hong Kong, dan tuan rumah Thailand. Laga akan digelar pada 2-12 Mei mendatang.Berikut 16 pemain yang tersisa dari timnas futsal putri Indonesia:KiperCitra Adisti (Kebumen Angels)Diyana Herliana (UPI Bandung)AnchorMaulina Novryliani (Kebumen Angels)Suciana Yuliani (Kebumen Angels)Novita Murni Piranti (UPI Bandung)Anggi Puspita Sari (Jaya Kencana Angels)[suggestedarticle=3]FlankDinar Kartikasari (Kebumen Angels)Dhia Putri Hapsari (Kebumen Angels)Fitri Rosdiana (UPI Bandung)Yunita Sari (UPI Bandung)Fitriya Hilda (Jaya Kencana Angels)Jesella Arifya Sari (Banteng Muda Malang)Milla Nur Kamilla (Kebumen Angels)PivotFebriana Kusumaningrum (Kebumen Angels)Nisma Francida (Kebumen Angels)Rani Mulyasari (UPI Bandung)
  1044 kali
Timnas Futsal Putri Kembali Coret 3 Pemain
Pasca berujicoba menghadapi timnas futsal putri Malaysia pada minggu lalu, staf kepelatihan timnas futsal Indonesia kembali melakukan pencoretan pemain.Pada minggu terakhir sebelum bertolak ke Thailand, empat pemain telah dipulangkan. Tiga pemain dipulangkan pasca ujicoba melawa Malaysia. Ini berarti tinggal 16 pemain yang ada di skuat pada pemusatan latihan di Jatinangor yang masih bertahan.[suggestedarticle=3]3 pemain yang dicoret adalah Sabrina Mutiara Firdaus (Banteng Muda), Sri Yulianti (Jaya Kencana Angels) dan Frida Fauziah Arimbi. Sebelumnya sudah ada dua pemain yang dicoret yaitu kiper Nindi Ayu (Banteng Muda) dan Maya Muharina (Netic) yang mengundurkan diri karena urusan kuliah.Kemungkinan hanya akan ada 14 pemain yang dibawa ke Bangkok, Thailand, menghadapi ajang AFC Women's Futsal Championship 2018.Di ajang ini sendiri Indonesia berada di grup A bersama Macau, Hong Kong, dan tuan rumah Thailand. Laga akan digelar pada 2-12 Mei mendatang.
  5765 kali
Satu Pemain Mengundurkan Diri Dari Timnas Futsal Putri Indonesia
Timnas futsal putri Indonesia kehilangan salah satu pemain berpengalamannya jelang AFC Women's Futsal Championship 2018.Maya Muharina, pemain asal Netic Cibinong yang telah tujuh tahun memperkuat timnas futsal putri Indonesia mengundurkan diri dari skuat yang saat ini sedang melakukan persiapan jelang terbang ke Bangkok.Kepada Bolalob, Maya mengungkapkan, masalah pendidikan yang membuatnya mundur. Jika tidak melanjutkan perkuliahan pada tahun ini, maka Maya akan mengulang semester pada tahun depan.[suggestedarticle=3]"Ini adalah pilihan yang sangat berat buat Maya, tidak semua pemain diberikan kesempatan menjadi pemain timnas. Tapi pada saat bersamaan Maya juga dihadapkan pada pilihan harus menyelesaikan pendidikan atau ditunda tahun depan.  Karena amanah dari orangtua Magar segera menyelesaikan kuliah Maya, Maka Maya putuskan untuk menyelesaikan kuliah dulu," ungkapnya kepada Bolalob.Maya pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penggawa, staf kepelatihan dan manajemen timnas futsal putri. Maya berjanji jika nanti sudah menyelesaikan urusannya di perkuliahan, maka jika kembali dipanggil dirinya siap untuk memperkuat lagi timnas futsal putri."Mohon doanya semoga pilihan Maya ini juga sesuai dengan rencana Allah SWT. Aamiin," ungkapnya.Di timnas futsal putri, Maya digantikan oleh penggawa Kebumen United Angels, Milla Nur Kamila, yang sempat dicoret di seleksi tahap pertama.
  1405 kali
Skema Serangan Balik Efektif, Malaysia Sukses Taklukan Indonesia
Timnas futsal putri Indonesia ditaklukan Malaysia pada laga ujicoba keduanya, Kamis (19/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Skema berbeda diterapkan oleh skuat asuhan Addie Azwan.Menurut Addie, skuatnya lebih cenderung menerapkan skema zona marking dengan strategi serangan balik yang berhasil merepotkan barisan pertahanan skuat Indonesia."Ada peningkatan pemain dari tim ini. Mereka disiplin dan ada sedikit perubahan dari skema permainan kita. Biasanya kita main full press, tetapi hari ini kita lebih zona marking dengan mengandalkan counter attack. Ini juga karena beberapa pemain cedera," ujar Addie.Kapten timnas futsal Malaysia, Steffi Sidhu, juga mengakui strategi serangan balik ini ampuh meredam Indonesia yang beberapa kali kesulitan membongkar pertahanan skuat Malaysia."Memang taktikal hari ini berbeda dan lebih efektif. Itu sedikit banyak membantu tim kami untuk meraih kemenangan di pertandingan ini," ucapnya.Malaysia punya satu laga ujicoba lagi tersisa yaitu menghadapi Porda Kota Bandung pada Sabtu (21/4) di lapangan 2 GOR ITB Jatinangor.
  572 kali
Pemain-pemain Debutan di Timnas Futsal Putri Indonesia Punya Potensi Menjanjikan
Pelatih kepala Kensuke Takahashi mengistirahatkan tiga pemain senior dan memasukan beberapa pemain debutan di timnas futsal putri Indonesia.Beberapa pemain seperti Jesella Arifya Sari, Sabrina Mutiara sert dua penggawa Kebumen Angels, Nisma Francida dan Febriana Kusumaningrum merupakan debutan di skuat timnas futsal putri yang diturunkan di laga melawan Malaysia pada 18-19 April lalu di GOR ITB Jatinangor.[suggestedarticle=3]Kensuke melihat beberapa pemain punya potensi yang menjanjikan untuk mendapatkan tempat di tim utama. "Saya benar-benar menganggap mereka sangat bagus. Ada beberapa pemain yang menjanjikan. Memang beresiko untuk memainkan pemain muda. Apalagi mereka belum terbiasa dengan pertandingan Internasional," ucapnya.Untuk itulah Kensuke menjajal beberapa debutan di laga melawan Malaysia agar dapat merasakan atmosfer laga level Internasional.Kensuke berharap beberapa pemain debutan di timnas futsal putri memperlihatkan perkembangan agar dapat dibawa ke AFC Women's Futsal Championship pada 2-12 Mei mendatang.
  572 kali
Ini Alasan Kensuke Takahashi Istirahatkan Trio UPI di Laga Kedua Indonesia vs Malaysia
Timnas futsal putri Indonesia ditaklukan Malaysia pada laga ujicoba keduanya, Kamis (19/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Di laga kedua ini, Indonesia melakukan rotasi pemain.Tiga pemain utama trio UPI Bandung yaitu Rani Mulyasari, Fitri Rosdiana dan Novita Murni Piranti tidak masuk dalam line-up di laga kedua tersebut. Padahal Novita menjadi pencetak gol di laga pertama yang menghindarkan Indonesia dari kekalahan.[suggestedarticle=3]Menurut Kensuke, ketiga pemain ini tak dimainkan di laga kedua karena ada permintaan dari klub asalnya. "Ada beberapa perbincangan dengan klub asalnya karena pemain harus main di laga besok," ungkap Kensuke.Trio UPI Bandung bakal menghadapi dua laga terakhir pada 21-22 April mendatang di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat yang merupakan penentuan di gelar juara untuk UPI. Jika berhasil menyapu bersih dua kemenangan, mereka dipastikan mempertahankan gelar juara Women Pro Futsal League.
  860 kali
Timnas Futsal Putri Indonesia Diminta Junjung Kolektivitas
Timnas futsal putri Indonesia gagal meraih kemenangan di dua laga ujicobanya melawan Malaysia pada 18-19 April di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Di laga kedua bahkan mereka harus takluk oleh Malaysia dengan skor 1-4.Pelatih Kensuke Takahashi mengakui skuatnya masih banyak melakukan kesalahan dan tidak menerapkan dengan baik skema-skema yang telah diarahkan oleh tim kepelatihan. Salah satunya adalah kemampuan mereka mengatur momen dalam pergerakan secara individu."Mungkin memang harusnya kita bisa lebih mengurangi resiko dari serangan-serangan yang biasa kita lakukan," ungkapnya.[suggestedarticle=3]"Tentu saja mungkin dengan sistem-sistem baru ini merupakan tantangan sendiri untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik," lanjut eks pelatih Bardral Urayasu ini.Selain itu Kensuke ingin para pemain bisa bermain dengan mengutamakan kolektivitas dan tak melulu bermain secara individu. "Kita sebenarnya harus bisa bergerak dan bermain sebagai tim daripada individu. Sangat riskan saat kita bermain individu. Jika berhasil mendapat peluang, jika gagal bisa terserang oleh lawan," ucapnya.Timnas futsal putri Indonesia punya waktu kurang dari dua minggu untuk membenahi timnya jelang berlaga di AFC Women's Futsal Championship 2018 pada 2-12 Mei mendatang di Bangkok, Thailand.
  360 kali
Malaysia Beri Kekalahan Pertama Kensuke Takahashi Pasca Tangani Timnas Futsal
Timnas futsal putri Malaysia membuat debut Kensuke Takahashi di timnas futsal Indonesia kurang mengenakan. Dua kali bertemu, Indonesia gagal meraih kemenangan. Di laga kedua pada Kamis (19/4) mereka harus takluk atas Malaysia dengan skor 4-1.Setelah imbang dalam laga perdananya, Kensuke juga mengalami kekalahan pertamanya menangani timnas futsal. Banyak kesulitan yang dialami pelatih asal Jepang ini dalam menangani skuat timnas futsal putri yang notabene merupaka pengalaman pertamanya memegang skuat wanita.[suggestedarticle=3]"Banyak hal memang yang harus diperbaiki seperti bagaimana cara kita kebobolan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, timing kita belum dapat, dalam latihan juga ada beberapa hal yang tidak berjalan dengan baik di lapangan," ujarnya.Kensuke punya waktu kurang dari dua minggu untuk membenahi timnya jelang berlaga di AFC Women's Futsal Championship 2018 pada 2-12 Mei mendatang di Bangkok, Thailand. Patut ditunggu kemenangan pertama eks penggawa timnas futsal Jepang ini menangani timnas futsal Indonesia.
  603 kali
Indonesia Ditaklukan Malaysia di Hadapan Pendukung Sendiri
Timnas futsal putri Indonesia ditaklukan Malaysia pada laga ujicoba keduanya, Kamis (19/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.Di laga ini, timnas futsal putri Indonesia sendiri mengistirahatkan tiga pemain utamanya yaitu Rani Mulyasari, Fitri Rosdiana dan Novita Murni Piranti dan memasukan beberapa nama baru seperti Jesella Arifya Sari dan Sabrina Mutiara.Malaysia tampil taktis dan berbeda dari laga sebelumnya. Kali ini mereka kebanyakan menunggu di pertahanan untuk memanfaatkan peluang dari serangan balik. Benar saja, di menit ketujuh, Satin Shahida berhasil mencetak gol dari Akselerasi yang gagal dihadang pemain-pemain Indonesia.\[suggestedarticle=3]Indonesia sedikit kewalahan menghadapi permainan taktis dengan pressing dari skuat asuhan Addie Azwan. Malaysia menambah gol di menit 12 lewat sepakan keras Siti Asnidah yang gagal dihalau kiper Diyana Herliana. Malaysia menutup babak pertama lewat keunggulan 3-0 setelah lagi-lagi akselerasi yang kali ini dilakukan Norhawa dimanfaatkan Zur'an Binti Kamarudin di menit akhir.Di babak kedua, Indonesia punya beberapa serangan cepat yang berhasil diamankan pertahanan Malaysia. Bahkan Malaysia mampu unggul di menit 29 lewat gol Norhawa MD Yasin.Malaysia meski sudah kelelahan, masih mampu mengimbangi Indonesia yang sering buntu dalam soal serangan. Ketiadaan tiga pemain UPI cukup mencolok dengan tidak adanya pemain yang mampu menyelesaikan peluang dengan baik.Indonesia baru bisa mencetak gol di menit akhir lewat Penalti Dinar Kartika Sari. Skor 4-0 menjadi kekalahan pertama timnas futsal Indonesia atas Malaysia. Menjadi tugas berat pelatih anyar asal Jepang, Kensuke Takahashi, untuk mematangkan tim dua minggu sebelum AFC Women's Futsal Championship 2018.
  2769 kali
Ini Starting Line-up Timnas Futsal Putri Indonesia vs Malaysia
Timnas futsal putri Indonesia bakal menghadapi Malaysia pada laga keduanya pada laga ujicoba keduanya, Kamis (19/4) di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.Di laga kedua ini, kiper Citra Adisti berada di bench digantikan Diyana Herliana. Begitu pula Malaysia yang memainkan kiper keduanya Wan Zufirah. Indonesia juga memainkan paketan Kebumen Angels di starting five.Berikut line-up kedua tim:IndonesiaStarting Five:[2] Diyana Herliana (GK)[16] Dinar Kartika Sari[11] Suciana Yuliani[14] Nisma Francida[3] Mila Nur KamilaCadangan:[1] Citra Adisti (GK)[17] FItriya Hilda[8] Yunita Sari[7] Anggi Puspita Sari[9] Maulina Novrilyani[5] Sabrina Firdaus[19] Jesella Arifya Sari[4] Sri Yulianti[18] Dhia Putri Hapsari[13][suggestedarticle=3]MalaysiaStarting Five:[15] Wan Zufirah[9] Norwaha[7] Steffi Sarge Kaur[10] Fatin Shahida[13] Intan SarahCadangan:[1] Noorasyeimah (GK)[14] Zur'an Binti Kamarudin[12] Siti Asnidah[2] Noor Hedayah[11] Nur Shazzreen[6] Nurul Hamira[4] Nur Fadhilah[8] Siti Nur Atiqah[16] Syazalina Binti Mohd Affandi
  1264 kali
1524136639344 tag