(Foto: PSSI)

Tantangan Berat Garuda Asia di Piala AFF U-15 2017

Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih gelar juara pada Tien Phong Plastic Cup 2017. Namun tantangan sesungguhnya akan hadir pada Piala AFF U-15 2017 bulan depan.

Semenjak turnamen bergulir pada tahun 2002, Garuda Asia belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik adalah runner-up pada tahun 2013. Kala itu Timnas Indonesia takluk dari Malaysia di partai puncak.

Untuk tahun ini, langkah tim asuhan Fachri Husaini tidak bisa dibilang mudah. Ya, Rendy Juliansyah CS harus bersaing dengan juara bertahan, Australia dan tuan rumah Thailand.

Pesona Lima Pemuda Desa Kerangka Garuda Asia


Thailand merupakan tim tersukses sepanjang turnamen dengan torehan tiga gelar juara. Status tuan rumah dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi Thailand.

Sementara itu Australia merupakan juara bertahan dan total mengoleksi dua gelar juara. Keunggulan postur dan fisik biasanya menjadi keuntungan tersendiri bagi Australia setiap bertemu tim di kawasan Asia Tenggara.

Tiga lawan lainnya yakni Singapura, Myanmar, dan Laos juga tidak bisa diremehkan. Singapura dan Myanmar memang kalah telak ketika bertemu Garuda Asia di laga uji coba tapi tentu mereka sudah banyak belajar dan tidak ingin kalah untuk kali kedua.

Perjuangan Garuda Asia di Piala AFF U-15 akan berlangsung mulai tanggal 9 Juli. Kini Fachri memiliki waktu sisa kurang lebih tiga pekan untuk menyiapkan tim.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Pesona Lima Pemuda Desa Kerangka Garuda Asia
Tanpa bermaksud mengesampingkan peran pemain lain di skuad Timnas U-16, ada profil unik mengenai 5 pemainnya. Sama-sama berasal dari SSB ASAD Jaya Perkasa, Purwakarta, kelima pemain ini punya latar belakang yang berbeda-beda, namun sama-sama berasal dari masyarakat pedesaan yang sederhana.SSB ASAD 313 memang sejak awal berdiri dengan misi mengumpulkan bakat-bakat terbaik dari seluruh Indonesia dengan konsep akademi dan target jangka panjang. Nama ASAD adalah kependekan dari Asli Sepak Bola Anak Desa.Hasilnya sudah mulai terlihat. Lima anggota SSB ASAD Jaya Perkasa mengirim 5 utusan ke Garuda Asia - julukan Timnas U-16. Mereka adalah Yadi Mulyadi, Sukrayatul Fajra, Hamsah Medari Lestaluhu, Ahludz Ziqri, dan Pualam Bahari.[suggestedarticle]"Mereka orang desa dari keluarga yang tidak mampu," ujar Manajer Akademi Asli Sepak Bola Anak Desa (ASAD) 313 Jaya Perkasa, Alwi Hasan, seperti dikutip dari Kompas.com. Sebutlah Yad Mulyadi, putra seorang petani di Plered. Atau Sukrayatul Fajra yang besar di keluarga sederhana seorang sopir alat berat di Payakumbuh, Padang.Lain lagi sang kiper, Pualam Bahari, yang dilahirkan sebagai anak perajin rotan di Cirebon. Sementara Ahdulz Ziqri bangga dengan profesi orangtuanya sebagai seorang guru taman kanak-kanak."Ayah saya sopir truk pengangkut kayu. Satu bulan penghasilannya Rp 1 juta dan saya ingin membantunya suatu hari nanti," tutur Hamsah Mardani Letaluhu.[suggestedarticle]Latar belakang dari keluarga sederhana menempa bukan hanya semangat mereka untuk menjadi lebih baik dan terus belajar, tetapi juga sikap dasar yang tak mudah menyerah.Modal sangat berharga untuk meraih prestasi maksimal di kompetisi yang sesungguhnya: Piala AFF U-15 dan Piala AFF U-16 2017 dan kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Siapa tahu mereka berlima juga bisa berlaga di Piala Dunia... kelak...
Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF U-15 2017
Hasil manis dipetik Timnas Indonesia U-16 dengan meraih gelar juara Tien Phong Plastic Cup 2017. Namun tim asuhan Fachri Husaini tersebut tidak bisa santai karena Piala AFF U-15 sudah menanti bulan depan.Piala AFF U-15 akan berlangsung di Chonburi, Thailand pada tanggal 9-23 Juli. Pada turnamen ini, Garuda Asia tergabung di Grup A.[suggestedarticle]Grup A ini bisa terhitung sebagai grup neraka dimana Garuda Asia harus bersaing dengan juara bertahan Australia dan tuan rumah, Thailand. Tiga tim lainnya di grup ini adalah Myanmar, Singapura, dan Laos.Menariknya dua calon lawan yakni Myanmar dan Singapura sudah dihadapi di laga uji coba. Garuda Asia meraih kemenangan meyakinkan dari laga tersebut.Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-15 2017:9/7/17; Myanmar VS Indonesia; 19.30 WIB11/7/17; Indonesia VS Thailand; 19.30 WIB13/7/17; Australia VS Indonesia; 19.30 WIB15/7/17; Indonesia VS Laos; 17.00 WIB17/7/17; Singapura VS Indonesia; 19.30 WIB20/7/17: Semifinal22/7/17: Final
Kisah Kiper Lawan Gagalkan 9 Peluang Timnas U-19 Dalam Semalam
Di pinggir lapangan, coach Indra Sjafri terlihat hanya bisa geleng-geleng kepala. Pelatih yang sukses membawa Indonesia tampils ebagai tim yang disegani di Toulon Tournament di Perancis ini tak habis mengerti kenapa timnya tak kunjung bisa mencetak gol ke gawang lawan."Kiper Persibo luar biasa. Harusnya jadi gol tadi tendangan Saghara," rutuknya kepada para pemain yang duduk di bench Timnas U-19 dalam partai uji coba melawan Persibo Bojonegoro, Sabtu (17/6) di Stadion Letjen H. Soedirman.Malam itu penampilan kiper Persibo Bojonegoro, Toni Aryo terbilang sangat gemilang. Menurut catatan, tak kurang 9 peluang Timnas U-19 berhasil digagalkannya. Bertubuh mungil, Toni gesit menghalau serangan para pemain nasional. [suggestedarticle]Setelah berkali-kali menahan gempuran lawan, Toni melakukan aksi brilian di menit ke-38 dengan menahan dua tendangan keras secara beruntun yang mengancam gawangnya.Timnas U-19 baru bisa mencetak gol untuk menyamakan kedudukan, 1-1, lewat Saghara akibat kelengah pemain belakang Persibo mengawal lawan - dan sang kiper sudah out of position."Tidak etis kalau saya komentari pemain lawan," elak Indra Sjafri ketika ditanya penampilan gemilang Tony Aryo.
TERPOPULER: Jadwal Timnas Futsal di Piala AFF, 17 Gol Penggawa Timnas U-20
Timnas Futsal Indonesia akan langsung menghadapi tuan rumah Vietnam di laga pertama AFF Futsal Championship 2017. Turnamen akan berlangsung pada 23 Oktober hingga 3 November mendatang.Inilah Jadwal Lengkap Timnas Futsal Indonesia di AFF Futsal Championship 2017Sauqy Saud Lubis berhasil mencatatkan raihan gemilang di debutnya bersama Vamos Mataram. Di turnamen Ramadhan Kapolda NTB Cup, dirinya menjadi bintang. Dari lima laga yang dilalui Vamos di turnamen ini, dirinya mencetak 17 gol.Menjanjikan! Debut Bersama Vamos, Penggawa Timnas U-20 Ini Cetak 17 Gol[suggestedarticle]Gelar juara liga futsal spanyol 2017 untuk Barcelona Lassa yang sudah berada di depan mata sirna. Padahal mereka hanya butuh satu kemenangan lagi.Kejutan! Inter Gagalkan Pesta Juara Barcelona di KandangPelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menginginkan timnya saat ini bisa lebih baik dibandingkan era Evan Dimas dkk. Sebelumnya pada tahun 2013 Garuda Muda berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-19.Indra Sjafri Ingin Garuda Nusantara Lebih Baik dari Generasi Evan DimasTim yang kini bernama Parma Calcio 1913 itu sukses promosi ke Serie B Italia musim depan. Ini pencapaian menggembirakan pasca kebangkrutan pada 2015 kemarin.Sempat Bangkrut, Parma Bikin Prestasi Mengharukan
Rekor Moncer Mesin Gol Bernama Garuda Asia: 46 Gol dalam 11 Pertandingan!
Garuda Asia membuktikan betapa sungguh menjanjikan potensi mereka. Sejak dibentuk di bawah komando Fakhri Husaini, tercatat Timnas U-16 sudah menjalani 11 pertandingan.Hasilnya sungguh di luar dugaan. Rendy Juliansyah dkk sudah mencetak 46 gol ke gawang lawan! Dari 11 pertandingan itu mereka hanya kebobolan 11 gol. Luar Biasa.Berikut catatan perjalanan Garuda AsiaTien Phong Plastic 2017Minggu, 18 Juni, vs China Taipei U-16, Menang 11-0Pencetak Gol: Hamsa Lestaluhu, Rendy Juliansyah (6 gol), Hamsa Lestaluhu (2 gol), Amirudin Bagus (2 gol), Brylian AldamaJumat, 16 Juni 2017, vs Vietnam U-16, Seri 1-1Pencetak Gol: Brylian AldamaRabu, 14 Juni, vs Myanmar, Menang 4-1Pencetak Gol: Rendy Juliansyah, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, dan Hamsa Lestaluhu Serangkaian Uji CobaSabtu, 8 Juni, vs Singapura U-16, Menang 4-0Pencetak Gol: Brylyan Aldama, Sukra Yatul Fajra, Fadilah Nur Rahman, Yadi MulyadiMinggu, 21 Mei 1. vs Filipina U-16, Menang 4-0Pencetak Gol: Brylian Aldama (2 gol), Rendy Juliansyah, Hamsa Lestaluhu2. vs PSS Sleman, kalah 0-3Rabu, 17 Mei 2017, vs Tim Pelajar U-15 Kemenpora, Menang 5-1Pencetak Gol: Rendy Juliansyah (2 gol), Amirudin Bagus (2 gol), dan Mochammad Yudha FebrianSabtu, 13 Mei, 1. vs PPLP Riau menang 4-2Pencetak Gol: Rendy Juliansyah (2 gol), Andre Oktaviansyah, Hamsa Lestaluhu2. vs Tim Seleksi Liga Kompas Gothia Cup 2017, Menang 3-0Pencetak Gol: Amirudin Bagus (2 gol) dan Brilyan Negietha.Minggu, 7 Mei1. vs Villa 2000 U-17, Menang 5-2Pencetak Gol: Amirudin Bagus (2 gol), Hamsha Lestaluhu, Alsya Risky, gol bunuh diri Villa 2000.2. vs PPLP DKI U-17, Menang 1-0Pencetak Gol: Brilyan Aldana Negietha
visibility  3465 kali
Preview Taiwan U-16 VS Timnas Indonesia U-16: Kunci Kemenangan!
Timnas Indonesia U-16 akan menjalani laga terakhir di Tien Phong Plastic Cup 2017 kontra Taiwan, Minggu (18/6). Pertandingan ini menjadi penentuan Garuda Asia apakah bisa menjadi juara atau tidak.Setelah tampil apik di laga kontra Myanmar dan Vietnam, Fachri Husaini tentu tidak ingin laga terakhir berlangsung anti-klimaks. Fachri mengincar kemenangan setelah di laga terakhir melawan Vietnam berakhir imbang.[suggestedarticle]Fachri pun akan menurunkan skuat terbaik seperti Rendy Juliansyah dan Brilyan Aldana. Harapannya tentu agar Garuda Asia bisa mencetak banyak gol ke gawang Taiwan.Saat ini Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi poin empat. Kedua tim memiliki selisih gol yang sama yakni +3 tapi Vietnam ada di puncak karena unggul agresivitas gol.Untuk itu bila mampu sama-sama meraih kemenangan maka Timnas Indonesia harus menang lebih telak dibandingkan Vietnam. Gelar juara tentu akan menaikkan moral Garuda Asia untuk Piala AFF U-15 2017 bulan depan.PrediksiTaiwan 45-55 Indonesia
visibility  2657 kali
Klasemen Plastic Cup 2017: Peluang Juara Garuda Asia
Tien Phong Plastic Cup 2017 memasuki hari terakhir, Minggu (18/6). Dua laga terakhir akan menjadi penentuan siapa yang menjadi juara apakah Timnas Indonesia U-16 atau Vietnam U-16.Saat ini baik Garuda Asia maupun Vietnam sama-sama mengoleksi poin empat. Kedua tim memiliki selisih gol yang sama yakni +3 tapi Vietnam ada di puncak karena unggul agresivitas gol.[suggestedarticle]Di pertandingan terakhir Timnas Indonesia akan berhadapan kontra Taiwan. Sementara itu Vietnam bersua Myanmar. Tim asuhan Fachri Husaini berpeluang untuk juara bila menang lebih telak dibandingkan Vietnam.Tien Phong Plastic Cup 2017 menjadi persiapan Timnas Indonesia jelang Piala AFF U-15 2017. Berikut klasemen sementara hingga Minggu (18/6):
visibility  5223 kali
Rival Watch: Calon Lawan Timnas Indonesia U-22 Menang Telak Atas Guangzhou Evergrande
Hasil manis dipetik oleh rival Timnas Indonesia U-22, Malaysia U-22. Tim asuhan Ong Kim Swee tersebut berhasil mengalahkan klub Tiongkok, Guangzhou Evergrande 3-0, Kamis (15/6).Dalam laga tersebut Evergrande yang merupaakn salah satu tim besar di Tiongkok menurunkan tim cadangan. Malaysia unggul terlebih dahulu di menit ke-40 lewat gol dari Jafri Firdaus Chew.[suggestedarticle]Pada menit ke-77 giliran Syafiq Ahmad membobol gawang Evergrande. Kemenangan Malaysia dilengkapi oleh gol N Thanabalan di menit ke-89.Kemenangan ini menutup rangkaian uji coba Harimau Muda di Tiongkok. Sebelumnya Malaysia takluk 0-1 lawan Tiongkok U-22 dan imbang 2-2 melawan tim cadangan Guangzhou R&F.Malaysia merupakan pesaing Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Kedua tim akan bertemu di Bangkok pada tanggal 19 Juli mendatang.
visibility  6637 kali
TERPOPULER: Pengkhianatan Donnarumma, Mesin Gol Garuda Asia
Salah satu nama yang nampak menonjol dalam beberapa laga uji coba tim nasional Indonesia U-16 adalah Rendy Juliansyah. Remaja ini pun diharapkan dapat menjadi mesin gol Timnas Indonesia kelak.Di Kaki Mesin Gol Ini Nasib Garuda Asia DitentukanDua negara yang menjadi calon lawan timnas Indonesia U-22 di SEA Games dan kualifikasi Piala Asia U-23 yakni Thailand dan Malaysia, ditengarai sudah mengirim mata-mata untuk memantau kesiapan skuat Garuda.Thailand dan Malaysia Kirim Mata-mata, Luis Milla Putuskan Latihan Tertutup[suggestedarticle]Tim Andik Vermansah, Selangor FA harus menelan kekalahan saat laga uji coba melawan UiTM FC, Rabu (14/6). Pada laga tersebut Selangor FA harus kandas dari tim Premier League Malaysia, UiTM FC.Duet Andik Vermansah dan Eks Atletico Madrid Tumpul Lawan Tim Kasta KeduaPenjaga gawang Gianluigi Donnarumma dipastikan tidak akan memperpanjang kontraknya bersama AC Milan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Milan melalui CEO Milan, Marco Fassone.Donnarumma Tolak Kontrak Baru dari MilanSelebrasi Lionel Messi jadi inspirasi penggawa Persija Jakarta, Novri Setiawan. Atraksi jemur baju ala Messi ditiru Novri saat menang atas Perseru di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (13/06/17).Atraksi Jemur Baju Ala Lionel Messi Ditiru Bintang Persija
visibility  5224 kali
Preview Timnas Indonesia U-16 VS Vietnam U-16: Ujian Sesungguhnya Garuda Asia
Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan kontra Vietnam U-16 dalam lanjutan Tien Phong Plastic Cup 2017, Jumat (16/6). Pertandingan ini akan menjadi ajang ujian sesungguhnya bagi tim asuhan Fachri Husaini.Vietnam merupakan salah satu unggulan juara di Piala AFF U-15 2017 nanti. Setelah sebelumnya menang kontra Singapura dan Myanmar kini ujian lebih berat akan datang dari Vietnam.Vietnam pada pertandingan perdana berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor telak 5-2. Kini tim tuan rumah bertekad untuk mengalahkan Garuda Asia sekaligus mengunci gelar juara Tien Phong Plastic Cup 2017.[suggestedarticle]Fachri sendiri akan kembali mengincar kemenangan dalam laga ini. Mengalahkan Vietnam sekaligus menjadi juara di turnamen ini akan semakin menaikkan mental Rendi Juliansyah CS jelang Piala AFF U-15 2017.Dalam laga ini Timnas Indonesia harus mewaspadai Quoc Hoang. Dalam laga melawan Taiwan ia menjadi bintang utama dengan hat-trick yang ia torehkan.Vietnam sendiri sedikit lebih diuntungkan karena bermain di rumah sendiri. Namun dengan potensi yang dimiliki oleh Garuda Asia bukan tidak mungkin tiga poin kembali menjadi milik Timnas Indonesia.PrediksiTimnas Indonesia 50-50 Vietnam
visibility  2816 kali
1497595501461 tag