Begini Nasib Pemain Timnas U-19 yang Juara Piala AFF 2013


  •    Gabriel A. Rachdyatmaka
  •    07/09/17 - 12:15
  •    46188

AFF Cup 2013


Tahun 2013 dua puluh anak muda ini tiba-tiba menjadi bintang terang di tengah suramnya prestasi sepak bola Indonesia. Di bawah asuhan Indra Sjafri, dan kepemimpinan kapten Evan Dimas, Garuda Muda terbang tinggi ke angkasa.

Juara Piala AFF U-19 tahun 2013 hanyalah satu prestasi kecil. Yang lebih signifikan adalah sumbangan pemain-pemain muda ini kepada sepak bola Indonesia yang tak memudar sampai beberapa tahun ke depan.

Berikut jalan karier ke-20 pemain asuhan Indra Sjafri di tahun 2013 itu:




1. Ravi Murdianto

Salah satu aktor kunci sehingga Indonesia bisa juara. Meski kebobolan 5 gol dalam 7 pertandingan sepanjang turnamen, dua penyelamatan gemilang di babak adu penalti melawan Vietnam memberi kemenangan 7-6 untuk Indonesia.

Memutuskan masuk TNI Angkatan Darat tahun 2015, kini didikan SSB Putra Bersemi Grobogan ini menjadi pengawal gawang PS TNI dan sempat masuk seleksi Timnas U-22 meski akhirnya kalah bersaing.

2. Hansamu Yama Pranata

Tahun 2013, nama Hansamu Yama tentu belum sepopuler sekarang. Tapi, di gelaran Piala AFF kala itu dialah bek tengah andalan Indra Sjafri. Tangguh menghalau serangan lawan sekaligus jeli membangun permainan dari kaki ke kaki mengalir dari bawah.

Saat ini Hansamu Yama dipercaya menajdi kapten Timnas U-22 yang baru saja merebut medali perunggu SEA Games 2017. Penampilannya yang konsisten bersama Barito Putera menjadikannya salah satu bintang muda yang sering mendapat sorotan. Apalagi setelah penampilan gemilangnya di Piala AFF 2016 di bawah asuhan Alfred Riedl.

3. Muhammad Sahrul Kurniawan

Tandem ideal Hansamu Yama di jantung pertahanan Timnas U-19. Berperan sebagai tukang jagal, perannya memang sangat sentral untuk membuat jeri lawan. Hebatnya, sepanjang gelaran dia tak mendapatkan satu kartu pun saat mengantarkan timnya menjadi juara. Kini Sahrul bermain di Bhayangkara FC.




4. I Putu Gede Juni Antara

Bisa bermain sebagai bek tengah maupun full back kanan, I Putu Gede dipasang sebagai full back kanan oleh Indra Sjafri di Timnas U-19. Ketangguhannya mengawal sektor kanan membuat winger kanan leluasa merangsek pertahanan lawan. Permainannya cenderung stabil di Bhayangkara FC sehingga dilirik Luis Milla masuk Timnas U-22.

5. M. Fathur Rohman

Full back kiri yang cenderung rajin naik membantu serangan. Pasangan ideal bagi I Putu Gede yang berperan menjaga kedalaman tim. Sayang, belakangan dia kalah bersaing sehingga tidak banyak mendapat meenit bermain di Bhayangkara FC.

6. Muhammad Hargianto

Gelandang bertahan yang cukup baik kemampuan bertahannya. Tidak selalu dimainkan Indra Sjafri, tetapi punya peran penting dalam pertandingan-pertandingan yang menentukan. Salah satunya ketika mencetak gol tendangan geledek ke gawang Timor Leste.

Hargianto cukup menonjol di Persija Jakarta. Dia juga sempat dipanggil seleksi Tim Senior di era Alfred Riedl. Tapi sekarang menjadi salah satu pilihan Luis Milla di Timnas U-22.

7. Zulfiandi

Tipikal gelandang yang tenang dan memiliki umpan akurat sehingga memudahkan kawan-kawannya mendapatkan umpan matang. Sempat dipanggil seleksi Alfred Riedl untuk Timnas Senior, kini Zulfiandi bermain untuk Bhayangkara FC.




8. Evan Dimas Darmono

Pemain yang paling menonjol di Timnas U-19. Tak heran jika dia dipercaya menjadi kapten tim. Kontribusinya sebagai pengatur permainan dan penghidup lini tengah sulit digantikan pemain lain. Dialah kartu As milik Indra Sjafri. Mencetak 5 gol sepanjang Piala AFF 2013.

Saat ini menjadi pilihan utama Bhayangkara FC dan Timnas U-22 asuhan Luis Milla. Bakat besarnya juga sempat mengantarkannya ikut seleksi di Espanyol B.

9. Ilham Udin Armaiyn

Pemain tersubur kedua setelah Evan Dimas. Dia mencetak total 4 gol sepanjang gelaran. Nyaris tak tergantikan di dalam tim. Kini menjadi salah satu pemain muda yang cukup diandalkan di Bhayangkara FC.

10. Maldini Pali

Winger kanan yang punya daya ledak tak terduga. Sayang penampilannya cenderung kurang konsisten. Sempat berkarier di PSM Makassar dan Sriwijaya FC, kini Maldini menjadi pemain Persiba Balikpapan.

11. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh

Striker komplit yang tidak hanya mengandalakan satu kemampuan saja. Eksekutor, pembuka ruang sekaligus tembok bagi rekan-rekannya untuk lebih mudah melakukan tekanan. Sempat di PSM Makassar dan Bhayangkara FC serta masuk tim Piala AFF 2016 asuhan Alfred Riedl, sekarang bermain untuk Semen Padang.




Karier Pemain Lain:

12. Rully Desrian, Kiper, Bali United
13. Febly Gushendra, Belakang, Persik Kediri
14. Dimas Sumantri, Belakang, PSMS Medan
15. Mahdi Fahri Albaar, Belakang, Bali United
16.Hendra Sandi Gunawan, Gelandang, Persiba Balikpapan
17.Alqomar Tehupelasury, Gelandang, PSPS Pekanbaru
18.Paulo Oktavianus Sitanggang, Gelandang, Barito Putera
19.Muhammad Dimas Drajad, Depan, PSMS Medan
20.Dinan Yahdian Javier Depan, Bhayangkara FC







Berita Terkait


1576018801615

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?