(Foto: bobotoh.id)

Jika PSSI Hukum Koreo Soal Rohingya, Bobotoh Siap Patungan

Bobotoh, suporter Persib Bandung, siap patungan jika koreografi mereka soal Rohingya dijatuhi sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI.

Saat pertandingan Persib Bandung vs Semen Padang yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/9), Bobotoh memang melakukan koreografi bertulis Save Rohingya. Tentu, koreografi itu berpotensi dihukum PSSI karena bermuatan politis.

Beberapa kasus memang sempat dihukum PSSI. Contohnya saat The Jakmania membentangkan tulisan “Jangan Ganggu Ulama Kami” juga tak luput dari denda.

BACA JUGA: Ini Sebaiknya yang Dilakukan PSSI Kepada Bobotoh Terhadap Koreo 'Save Rohingya!'

Viking Persib Club (VPC) yang jadi koordinator koreo itu tak peduli dengan sanksi yang mungkin diberikan. Mereka mengedepankan rasa kepedulian atas tindak kekerasan etnis Rohingya di Myanmar.

“Jauh dari soal Politik. Kalian Manusia? Cukup menjadi manusia seutuhnya saja, tak perlu berbicara agama #SaveRohingnya,” cuitan akun @officialVPC.

Hal itu juga ditanggapi oleh beberapa Bobotoh lewat media sosial. Mereka siap mengadakan patungan untuk bayar sanksi yang bisa jatuh dari PSSI.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Usai T-Team Bubar, Rahmad Darmawan Dikabarkan Reuni dengan Klub Ini
Pelatih Rahmad Darmawan tengah mencari klub baru menyusul klub Malaysia yang ditanganinya, T-Team, bubar. Rumor berembus dirinya mengarah ke Sriwijaya FC.T-Team yang bubar akan berganti menadi Terengganu FC II oleh Kerajaan Terengganu selaku pemilik. RD pun memilih kembali ke Indonesia untuk melanjutkan kariernya.[suggestedarticle]Pelatih berusia 50 tahun itu sebelumnya pernah mendatangi Bandung terkait kemungkinan menjadi pelatih Persib. Namun, kesepakatan antara Maung Bandung dengan RD batal terjalin. Kini dia dikabarkan segera merapat ke Palembang.Bila betul RD menangani Laskar Wong Kito maka pelatih asal Lampung itu reuni dengan klub yang pernah dibawanya menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia 2007/2008 dan tiga kali Piala Indonesia 2007/2008, 2008/2009, dan 2009/2010."Dalam waktu dekat klub mana yang akan saya pilih akan diketahui," ujar RD dikutip dari DetikSport.
  768 kali
Spesial! Legenda Bola Indonesia 'Perang' Sebelum Laga Indonesia Vs Guyana
Pertandingan Timnas Indonesia kontra Guyana akan berjalan spesial. Sebelum pertandingan dimulai, para legenda sepak bola Indonesia melakukan pertandingan reuni atas prakarsa PSSI.Para legenda sepak bola Indonesia akan bermain sepak bola di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/11/2017). Pertandingan reuni itu dimulai sebelum pertandingan di Indonesia vs Guyana di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.“Nanti para legenda sepak bola Indonesia akan main bola bersama di Soemantri Brodjonegoro. Lalu sama-sama berangkat ke Stadion Patriot,” ujar Sekretaris Jenderal (PSSI), Ratu Tisha, di Kantor PSSI, Selasa (21/11/2017).[suggestedarticle]Tisha pun menjelaskan para legenda akan bermain dalam dua tim. Para legenda seperti Anjas Asmara, Suaib Rizal, Risdianto, hingga Ricky Yakobi dikabarkan bakal memeriahkan laga reuni tersebut.Selain itu, PSSI juga akan mengundang perwakilan klub-klub Liga 1 dalam laga reuni tersebut. “Ya ini benar-benar jadi ajang temu kangen dengan legenda sekaligus silaturahmi dengan klub-klub,” tandasnya.Pertandingan Timnas Indonesia kontra Guyana memang dibikin spesial mungkin. Selain penghargaan untuk legenda, pertandingan yang masuk dalam kalender FIFA itu juga untuk mengenang kapten Persela Lamongan, Choirul Huda.
  1138 kali
Bek Australia Ini Dinilai Cocok untuk Bali United
Barito Putera baru saja melepas pemain bertahan Aaron Evans di akhir musim Liga 1, usai tak mendapat rekomendasi dipertahankan oleh pelatih Jackson F Thiago.Empat pemain asing Barito Putera dipastikan tak akan dikontrak kembali oleh pihak klub. Mereka akan mencari empat nama baru untukmusim depan.Namun pemain asal Australia ini dikabarkan sudah diminati oleh salah satu klub kontestan Liga 1 lainnya, yakni Bali United.Bek berpaspor Australia dan Kroasia itu disebut-sebut sebagai duet ideal Ahn Byung Keon do jantung pertahanan Bali United musim depan.Apalagi, dia bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Cocok juga dengan keinginan manajemen yang ingin menambah stok gelandang bertahan.“Cocok. Fisiknya tangguh. Apalagi dia pemain muda,” ujar sebuah sumber internal klub, seperti dilansir dari Jawa Pos.[suggestedarticle]Di Bali United sendiri, posisi nomor dua alias bek tengah hanya tersisa tiga pemain. Itu setelah manajemen bakal melepas Amrun Mubarak dan Abdul Rahman Sulaeman ke klub lain. Terkait dengan kertetarikan ini, pelatih kepala Barito Putera yakni Jacksen F Tiago pun mengaku tidak merasa kaget."Ita hal yang wajar. Beberapa pemain ada yang menonjol di tim saat musim kemarin, jadi kalau ada yang tertarik itu wajar. Dan kita ikut bangga, karena pemain juga berhasil memikat klub lain," ujar Jacksen.
  1252 kali
Pemilik Bali United Janjikan Nama Besar di Bursa Transfer
Bali United tak mau pergerakannya di bursa transfer diendus oleh klub lain, untuk itu sang pemilik Pieter Tanuri hanya memberi bocoran sedikit pada nama yang menjadi incarannya.Tak tanggung-tanggun tiga nama asal Belanda yakni Raphael van Der Vaart, Wesley Sneijder, atau striker Robin van Persie santer diberitakan akan berlabuh menuju Bali United.Tiga pemain itu adalah mantan pemain timnas Belanda yang memiliki reputasi besar di dunia sepakbola."Pastinya pemain asing yang akan datang tersebut memiliki perawakan yang ganteng atau handsome," jelas Pieter, sepeti dikutip dari Tribunnews.[suggestedarticle]Pieter berharap para pendukung Bali United untuk sabar dalam menantikan nama baru yang akan mereka rekrut.Pada musim lalu Bali United diam-diam sukses mendatangkan Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly ke Pulau Dewata."Tunggu saja, nanti akan kami umumkan pada 15 Desember mendatang," jelas Pieter.Sebelumnya klub berjuluk Serdadu Tridatu ini memastikan tak memperpanjang kontrak salah satu pemain asingnya yakni Marcos Flores untuk musim depan.Bali United finis di posisi kedua klasemen Liga 1 pada musim 2017.
  1243 kali
Klub Tiongkok Pernah Coba Rekrut Pelatih Persija
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco ternyata sempat mendapatkan tawaran untuk melatih klub Liga Suepr Tiongkok saat dirinya masih berada di Thailand.Teco sempat membawa Chiangrai menjadi salah satu tim kuat di Thailand pada beberapa tahun lalu, tawaran dari Tiongkok pun sempat datang padanya.Pelatih asal Brasil ini mengaku menyesal telah menolak tawaran dari Tiongkok, namun ia memliki alasan untuk bertahan di Thailand."Saya ditawar klub Tiongkok, tapi saya salah karena menolaknya. Jadi waktu itu saya ingin sekali bawa Chiangrai masuk final Piala FA Thailand, saya mau fokus ke situ," ungkap Teco seperti dikutip dari Jawa Pos.[suggestedarticle]"Tentu saya menyesal karena sekarang Anda lihat sendiri Tiongkok banyak uang. Mereka banyak investasi di sana, banyak pemain berkualitas datang."Musim depan bersama dengan Persija, Teco ingin membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih hebat. Ia berharap bisa membawa Macan Kemayoran tampil apik di Piala AFC."Persija harus bagus di AFC Cup supaya banyak negara besar yang perhatikan. Banyak pelatih di Thailand sekarang sudah ke Jepang," tandas dia.
  746 kali
Arema FC Akui Ada Keterlambatan Gaji Pemain
Manajemen klub Arema FC mengakui tentang adanya keterlambatan gaji para pemain walau Liga 1 musim 2017 telah usai.Menurut manajemen klub pembayaran telat salah satunya karena subsidi operator belum cair."Kalau memang dikatakan seperti itu (gaji terlambat) sebenarnya pernah disampaikan atau dibicarakan dengan para pemain. Bahwa budgeting Arema FC juga disokong oleh subsidi operator dan sampai saat ini belum tercairkan," kata Media Officer Arema FC Sudarmadji, seperti dikutip dari Detik.[suggestedarticle]Sudarmadji sendiri menyebut nilai subsidi dari operator liga mencapai Rp 7,5 miliar, dimana itu akan dipakai untuk kebutuhan operasional. Salah satunya membayar gaji pemain."Nilainya kira-kira sebesar itu. Belum cair semua atau sudah berapa, yang tahu atasan. Sudah pernah disampaikan dengan pemain, bahwa semua (masalah gaji telat) karena pihak kedua bukan klub," ucapnya."Semestinya semua bisa dibicarakan dan pemain sudah mengetahui dan memahami itu. Karena proses ini tidak sepenuhnya karena klub," katanya.Selain Arema, satu klub lain yang mengalami keterlambatan gaji adalah Persegres Gresik United.
  396 kali
Ini Jadwal Copa Indonesia, Ajang Pertarungan Klub Liga 1 sampai Liga 3
PSSI selain menggelar Liga 1 Indonesia pada 2018, mereka juga akan melangsungkan Copa Indonesia 2018 yang mempertemukan klub dari Liga 1 sampai Liga 3.Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, saat ini PSSI tengah merancang jadwal yang tepat. Yang pasti bakal digelar pada akhir Januari dan awal Februari 2018.[suggestedarticle=3]Kompetisi ini terakhir kali digelar pada tahun 2012 itu. "Saat ini sedang dilakukan pematangan persiapan termasuk sponsor, ya diproyeksikan akhir Januari atau awal Februari," ujar Tisha, seperti dikutip antaranews.com.Dia melanjutkan, Copa Indonesia digelar di sela bergulir Liga Indonesia. Piala Indonesia atau Copa Indonesia awalnya digelar pada 2005 dengan format layaknya Piala FA di Inggris.Sebelumnya, kompetisi ini digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak empat besar. Selain Copa Indonesia, kejuaraan lain yang digelar PSSI selain liga adalah kompetisi pra-musim bertajuk Piala Presiden.
  6680 kali
Empat Klub Antri Dapatkan Tanda Tangan Adam Alis
Gelandang Arema FC, Adam Alis dipastikan tak akan lagi berada di kota Malang untuk musim 2018 mendatang.Kontrak Adam bersama Singo Edan akan habis pada akhir tahun ini, dirinya pun sudah menyampaikan salam perpisahan melalui akun Isntagram. Bersama tim berjuluk Singo Edan tersebut, mantan pemain Martapura FC itu berhasil menggondol dua gelar yang mana Piala Bhayangkara pada 2016 lalu, dan disusul oleh Piala Presiden awal tahun ini."Semusim sudah saya memakai jersey Arema FC. Suka duka dilalui bersama-sama teman-teman, pemain, suporter, dan manajemen. Tim yang luar biasa buat saya," tulis Adam di akun Instagram pribadinya, @adamalis93.   Semusim sudah sya memakai jersey arema fc..suka duka dilalui bersama bersama teman-teman, pemain,suporter maupun managemant..tim yg luar biasa buat saya..dengan menjadi juara piala bhayangkara cup,piala presiden dan menjadi pemain terbaik,pengalaman perjalanan saya yang tidak akan pernah saya lupakkan ketika berseragam arema fc..terimakasih nawak2 aremania umak mbois ilakes 😊 ..tidak ada 1 nama pun yg lebih besar dari sebuah lambang didada,siapapun pemain nya arema fc akan slalu menjadi tim besar..sukses buat aremafc tahun 2018,semoga suatu saat saya bisa kembali ke kota ngalam lagi aminnn 😇 Sebuah kiriman dibagikan oleh adam alis (@adamalis93) pada Nov 21, 2017 pada 4:23 PST "Sukses buat Arema FC tahun 2018. Semoga suatu saat saya bisa kembali ke Kota Malang lagi. Amin," katanya menambahkan.[suggestedarticle]Beberapa klub menurut Adam sudah mulai menghubungi dirinya untuk main di Liga 1 musim depan."Soal klub baru untuk musim depan, dalam 2-3 hari ke depan saya baru bisa memastikan. Saya masih belum berani memberi tahu," ujar Adam seperti dikutip dari Indosport."Sejauh ini sudah ada tawaran dari empat klub terhadap saya," pungkas Adam.Sebelumnya manajemen Arema FC menghormati keputusan Adam Alis meninggalkan Singo Edan untuk bergabung dengan klub lain di musim 2018. Rumor berembus belakangan ini menyebutkan Adam sedang didekati Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Sriwijaya FC.
  1982 kali
PSM Makassar Cari Pemain Muda Lewat Blusukan
PSM Makassar memiliki cara tersendiri dalam merekrut talenta muda berbakat di seluruh penjuru Indonesia dalam waktu dekat.Dengan bantuan Robert Rene Alberts, pelatih asal Belanda itu sudah membentuk tim pemandu bakat untuk pencarian bakat pemain muda di beberapa kota yang ada di Indonesia Timur pada pekan ini.Media Officer PSM Andi Widya Syadzwina mengatakan, perburuan pemain muda akan difokuskan pada sejumlah daerah, seperti Kupang (Nusa Tenggara Timur), Tulehu (Maluku), Kendari (Sulawesi Tenggara), Mamuju (Sulawesi Barat), dan Makassar, Sulawesi Selatan."Pekan ini tim pelatih PSM akan mulai melakukan scouting di beberapa daerah. Di daerah tempat dilakukannya scouting telah terbentuk panitia lokal yang membantu pekerjaan dari tim pelatih PSM untuk melakukan seleksi terhadap calon pemain muda PSM," kata Andi.[suggestedarticle]Manajemen PSM Makassar sendiri mencari pemain muda untuk mengisi skuat kelompok umur mereka untuk tahun depan.Mereka juga berharap para pemain itu bisa bersaing mendapatkan tempat di tim senior Juku Eja di masa mendatang.Nantinya seleksi ini akan digelar di lapangan yang sudah mereka tunjuk. Seperti di Tulehu akan digelar di lapangan Stadion Matawaru Tulehu, seleksi di Kendari akan digelar di lapangan Lakidende Kendari, dan seleksi di Kupang akan dilakukan di lapangan Bali United Kristal Kupang, dan lapangan Polda Nusa Tenggara Timur.
  347 kali
PSSI: Guyana Tidak 'Seribet' Suriah
PSSI dikabarkan harus menggelontorkan dana besar ketika mendatangkan Suriah U-23 untuk menjalani laga uji coba dengan timnas Indonesia senior dan U-23 pekan lalu.Memang nominal uang untuk mendatangkan Suriah tak dirilis oleh PSSI, namun selain uang negara yang tengah dilanda konflik itu juga memiliki banyak permintaan khusus. Mulai dari lapangan latihan, penginapan, minuman hingga makanan selama mereka berada di Indonesia."Yang pasti (Guyana) tidak seperti Suriah kemarin, karena Guyana kan masih selevel sama kita peringkatnya. Kalau itu Suriah kita untuk datangkan mereka saja sulit setengah mati, mahalnya setengah mati, mainnya juga harus di lapangan yang baik, bahkan sebelum ke sini mereka sudah kirim orang duluan untuk cek kondisi lapangan," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha.Suriah sendiri sukses memenangi dua laga melawan timnas dalam laga yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Suriah U-23 unggul 3-2 dan 1-0 dalam dua laga itu.[suggestedarticle]Selanjutnya negara asal Afrika yakni Guyana akan menjadi lawan tanding timnas pada akhir pekan ini di Stadion Patriot, Bekasi."Kalau Guyana datang mulai besok (hari ini-red) tapi secara bergelombang, ada yang duluan dan ada yang menyusul. Ada pemain yang duluan kemudian ada official, medis, dan sebagainya, mungkin lengkap dalam satu dua hari nanti," ujar Ratu Tisha."Guyana permintaannya juga lumayan ada berbagai macam permintaan mulai dari nanti latihan di mana sebelum uji coba di Stadion Patriot, terus untuk minuman isotonik, es untuk keperluan recovery dan sebagainya. Dan untuk latihan mereka akan kita arahkan latihan di lapangan lain di Bekasi tapi bukan Patriot," tuturnya.Indonesia dan Guyana berada di ranking FIFA yang sama yakni 165 per Oktober 2017.
  2577 kali
1511343002123 tag