(Foto: Bola Nasional)

Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-16, Ini Langkah Fachri Husaini Selanjutnya

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16, Fachri Husaini mengungkapkan akan melakukan evaluasi terhadap para pemain. Lewat evaluasi tersebut Fachri akan mencari bakat-bakat baru yang akan membela Timnas U-16.

Kemenangan 3-0 Timnas U-16 atas Laos di laga pamungkas Grup G memastikan langkah skuad Fachri untuk tampil di putaran final Piala Asia U-16 2018. Meski sudah mendapat hasil bagus, Fachri mengungkapkan masih akan melakukan evaluasi dan terus mencari bakat-bakat baru di seluruh Indonesia.



"Persiapan kami setelah ini adalah kami melakukan evaluasi, apakah ada pemain yg diganti atau masih layak utk dipertahankan, mengingat Indonesia adalah negara yg luas dengan banyaknya bakat serta talenta- talenta tinggi tersebar disemua daerah," ujar Fachri.

Dalam kualifikasi Piala Asia U-16 2018, skuad asuhan Fachri berhasil menyapu bersih empat kemenangan dari empat laga. Timnas U-16 juga berhasil mencetak 25 gol dan hanya kebobolan satu gol.
editTerakhir diubah:  22/09/17 - 19:53

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Dapat Pengalaman di Spanyol, Syukran Arabia Siap Bela Timnas Indonesia
Syukran Arabia Samual baru saja kembali ke Indonesia usai jalani latihan bersama klub Spanyol CDA Navalcarnero.Sudah hampir setahun Syukran berlatih di Negeri Matador. Pengalaman sepak bolanya bertambah pesat dan kini pun dia berhasrat untuk bisa membela Timnas Indonesia.Menilik usia Syukran yang masih 15 tahun, maka dirinya bisa menjadi pilihan pas bagi timns U-16 asuhan Fakhri Husaini.[suggestedarticle=3]"Kalau saya tentu sangat ingin bergabung dengan timnas. Cuma mungkin tahunnya belum. Tapi kalau dapat panggilan test di timnas, saya sudah siap," ujar Syukron saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (26/5/2018).Namun, Syukran akui hingga saat ini belum ada komunikasi dengan pihak timnas. Meski dirinya sangat ingin membela timnas, Syukron harus bersabar karena dirinya belum menjadi pilihan Fakhri Husaini."Belum ada komunikasi, karena mungkin ada juga pemain yang usianya di atas saja. Tapi jika memang ada panggilan untuk bela timnas, tentu saya siap," tandasnya.Syukran bersama rekannya Andrian Rusdianto akan kembali ke Spanyol pada Agustus mendatang. Keduanya akan jalani rutinitas berlatih dan belajar di Navalcarnero yang sudah berlangsung selama setahun.
  3021 kali
Dicari! Kiper Baru Garuda Asia
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini kemungkinan besar akan memanggil pemain baru dalam pemusatan latihan bulan Juni.Fakhri Husaini dikabarkan tertarik mencoba Jhuan Rico Gerealdo, kiper PS Bina Tarunna. Klub asal Rawamangun, Jakarta Timur berhasil menjuarai Liga TopSkor U-16 tahun ini.Saat ini sudah ada tiga kiper yang perkuat timnas U-16, yakni Ahludz Dzikir Fikri, Enando Ari, dan Risky Muhammad.[suggestedarticle=3]"Kami melihat ada pemain dari Liga TopSkor cukup baik. Saya pernah lihat dia main di final Liga TopSkor. Saya perlu ada kompetisi di sektor kiper," ujar Fakhri beberapa waktu lalu.Sedangkan untuk pemain lain, Fakhri mengatakan mencari empat pemain di posisi berbeda untuk perkuat kerangka timnas U-16."Untuk tambahan pemain lain, saya akan ingin posisi belakang. Saya butuh pelaplis bek kanan, dua stopper, dan bek kiri," rincinya."Ada beberapa pemain yang sebelumnya pernah saya panggil, seperti Reyhan, Altaf, dan Jovani. Tapi memang yang menonjol adalah penjaga gawang," tandasnya.Skuat Garuda Asia rencananya akan memulai pemusatan latihan pada 20 Juni 2018. Pemusatan tersebut sebagai persiapan menuju Piala AFF U-16, Agustus mendatang di Stadion Pakansari dan Stadion Delta Sidoarjo.
  1879 kali
Fakhri Husaini Minta Pemain Timnas U-16 Jaga Kondisi Selama Puasa
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini punya pesan kepada pemainnya yang menjalankan ibadah puasa.Fakhri ingin para pemainnya tetap dalam kondisi bagus saat memulai pemusatan latihan pada bulan Juni. Saat ini pemain U-16 sedang kembali ke daerahnya masing-masing dan menjakankan puasa bagi pemain muslim.[suggestedarticle=3]"Nanti TC (training camp) lagi bulan Juni. Kami akan persiapkan TC nanti untuk ajang Piala AFF," ujar Fakhri Husaini, beberapa hari yang lalu."Tentu pemain yang beragama islam harus menjelankan ibadah puasa dan saya berharap puasa tidak mengurangi kegiatan mereka. Penting bagi pemain ketika masuk pada TC 20 Juni nanti, kondisinya bagus dan tetap terjaga," tambahnya.Timnas U-16 akan turun bertanding pada ajang Piala AFF U-16 2018, Agustus di Indonesia.Tak berselang lama, Skuat Garuda Asia juga akan mengikuti Piala Asia U-16, 20 September-7 Oktober.
  493 kali
Timnas Indonesia U-16 Kemungkinan tanpa Ahmad Rusadi di Piala AFF 2018
Timnas Indonesia U-16 bakal kehilangan bek Ahmad Rusadi. Pemain asal Samarinda itu harus menepi karena cedera ACL.Cedera Rusadi didapat sebelum mengikuti pemusatan latihan timnas U-16, Mei 2018. Pelatih Fakhri Husaini pun khawatir dengan cedera sang pemain. Pasalnya, besar kemungkinan Rusadi harus absen dalam Piala AFF U-16 2018, Juli mendatang."Saya khawatirkan cedera Rusadi. Ia alami cedera ACL dan cukup serius. Saya berharap dia segera sembuh, tapi saya tidak yakin dia bisa perkuat timnas U-16," ujar Fakhri Husaini di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (11/5/2018)."Ini seperti mengulang cerita Hamsah Lestaluhu. Kalau AFF tahun lalu kami tanpa Hamsah, kini kami bisa jadi tanpa Rusadi," tambahnya.[suggestedarticle=3]Rusadi menjadi pemain vital bagi timnas U-16. Untuk itu, Fakhri pun berusaha kembali mencari pemain, khususnya pemain belakang untuk menambal cedera Rusadi."Saya masih butuh sekitar empat pemain belakang. Kalau 11 pemain utama saya sudah punya gambaran. Jadi kami masih butuh pelapis karena harus ada 23 pemain untuk AFF dan Piala Asia," tandasnya.Skuat Garuda Asia akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-16, yang berlangsung pada 29 Juli sampai 11 Agustus 2018. Setelah AFF, timnas U-16 akan turun di ajang Piala Asia U-16 di Malaysia, September mendatang.
  1002 kali
Alami Cedera pada Otak, Sayap Andalan Timnas U-16 Bisa Ikut Piala AFF U-16
Sayap Timnas Indonesia U-16, Mochammad Supriadi mengalami pembengkakan pada otak dalam uji coba dengan SKO Ragunan di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2018). Ia sudah menjalani perawatan dan diperkirakan bisa meninggalkan rumah sakit dalam waktu dekat."Supriadi sebetulnya bukan cedera leher, tapi kemarin ada benturan dan sedikit pembengkakan di otak. Tapi tak sampai pendarahan," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini di Lapangan Atang Sutresna, Kamis (10/5/2018) malam."Dalam dua sampai tiga hari ke depan, Supriadi sudah bisa keluar dari rumah sakit. Dia bisa ikut Piala AFF U-16," lanjut Fakhri.[suggestedarticle=3]Dalam uji coba yang dimenangi timnas U-16 5-2 itu, Supriyadi terjatuh dan tanpa sengaja tertiban pemain dari SKO Ragunan. Ia pun mendapat penanganan dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.Supriadi sendiri merupakan salah satu pemain andalan Fakhri di sektor penyerangan. Bahkan dalam pertandingan terakhir di Jenesys Cup dan uji coba kontra PS Tira dan SKO Ragunan, Supriyadi masuk dalam skema utama Fakhri Husani.Saat ini Garuda Asia sedang mempersiapkan tim guna hadapi Piala AFF U-16 2018 pada Juli mendatang. Timnas U-16 tergabung di Grup A bersama dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan kembali pada 20 Juni. Pemusatan tersebut menjadi persiapan terakhir Bagus Kahfi dkk sebelum terjun di ajang AFF.
  1244 kali
Ampun! Pemain Timnas U-16 Alami Pembengkakan Otak, Usai Tertimpa Pemain Lawan
Fachri Husaini, pelatih tim nasional U-16 Indonesia menyebut, salah satu gelandang andalannya, Mochammad Supriadi, mengalami pembengkakan otak usai terjatuh dan tertimpa pemain lawan di laga uji coba kontra SKO Ragunan, Rabu (9/5)."Hasil pemeriksaan dokter, dia tidak mengalami cedera leher. Ada sedikit pembengkakan di otak, tetapi tanpa pendarahan," ujar Fachri di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (10/5).Pelatih berusia 52 tahun itu menyebut, saat ini Supriadi masih berada di rumah sakit dan telah mendapatkan perawatan yang diperlukan.[suggestedarticle=3]Fakhri, berdasarkan keterangan dokter, mengatakan Supriadi bisa pulang dalam dua sampai tiga hari ke depan. "Supriadi masih bisa bermain di Piala AFF dan Piala Asia," kata Fachri, seperti dikutip antaranews.com.Timnas U-16 memang dihadapkan pada dua turnamen penting pada tahun 2018 yaitu Piala U-15 AFF pada 29 Juli-11 Agustus 2018 dan Piala U-16 Asia, 20 September-7 Oktober 2018.Demi mempersiapkan tim menuju ke sana, timnas U-16 mengadakan beberapa kali pemusatan latihan (TC) dan terkini, atau yang ketiga, digelar mulai 24 April-11 Mei 2018.Terakhir, timnas U-16 takluk 0-1 dalam laga uji coba kontra tim seleksi TopSkor U-16 dan itu penutup dari rangkaian pemusatan latihan (TC) ketiga.Sepanjang TC itu, mereka melakukan tiga kali pertandingan latih tanding dengan hasil menang sekali (dari tim SKO Ragunan dengan skor 5-2), satu kali seri (dengan PS Tira, 1-1) dan kalah 0-2 dari tim seleksi TopSkor U-16.TC timnas U-16 berikutnya direncanakan berlangsung mulai 20 Juni 2018 atau setelah bulan puasa dan hari Lebaran.
  1609 kali
Timnas Indonesia U-16 Petik Pelajaran Berharga Usai Kalah 2 Gol Tanpa Balas
Timnas Indonesia U-16 kalah dari TopSkor Indonesia Selection U-16 dalam laga uji coba. Timnas U-16 harus takluk dari 0-2 dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (10/5/2018).Skuat Garuda Asia memainkan pola menyerang. Namun timnas U-16 harus kecolongan lewat Dena Raihan. Permainan timnas cenderung konsisten dengan beberapa kali mencetak peluang ke gawang TopSkor.Pada babak kedua, TopSkor kembali mencuri gol lewat sepakan dari Frederick Rohn yang memanfaatkan umpang silang dari sisi kanan penyerangan. Bola meluncur deras tak mampu ditahan oleh kiper timnas U-16, Nando.[suggestedarticle=3]Timnas U-16 pun harus menyerah dengan skor 0-2. Meski demikian pelatih Fakhri Husaini mengaku senang dengan permainan timnya. "Tentu di usia mereka konsistensi sangat penting. Secara permainan saya senang dengan apa yang mereka perlihatkan," ujar Fakhri kepada pewarta selepas pertandingan."Kami punya banyak peluang dan kami juga bertahan cukup baik. Sedangkan lawan, hanya dua peluang yang mereka punya dan menjadi gol. Itu kekurangannya. Tapi ini pelajaran bagus bagi kami," lanjutnya.[suggestedarticle=3]Sebelumnya timnas U-16 juga sudah melakukan dua kali uji coba. Pertama melawan PS Tira U-19 berakhir 0-0. Lalu menang melawan SKO Ragunan dengan skor 5-2. Rangkaian uji coba tersebut merupakan persiapan timnas U-16 menuju Piala AFF, pada bulan Juli dan Piala Asia bulan September 2018.
  5675 kali
7 Fakta Menarik Permata Baru Persipura, Gunansar Mandowen
Nama Gunansar Mandowen mulai terdengar di kancah sepak bola nasional setelah bergabung dengan Persipura. Gunansar Mandowen kini menjadi salah satu pemain muda yang mulai bersinar bersama Persipura dan sudah tampil dalam lima laga dan mencetak satu gol di Liga 1 2018.Sebelum bergabung dengan Persipura, Gunansar sebelumnya sempat menjadi pemain Jember United. Gunansar juga sebelumnya sempat mencuri menjadi andalan klub yang dibela sejak usia muda. [suggestedarticle=3]Sederet kompetisi nasional ternama seperti Piala Soeratin sempat menjadi ajang unjuk gigi Gunansar saat usia muda. Tidak hanya potensi dan prestasi yang dimiliki, ternyata Gunansar juga tidak lepas dari masalah yang tengah didera.[pagebreak]Cemerlang di Usia Muda[/pagebreak]Juara Piala Soeratin 2015Pemain kelahiran 14 November 2000 itu sempat tampil menjadi kampiun pada Piala Soeratin U-15 pada 2015. Kala itu, Gunansar menjadi andalan Jember United untuk meraih gelar juara Soeratin Cup.Sempat Membela Timnas U-16Gunansar juga sempat menjadi andalan tim nasional U-16 asuhan Fakhri Husaini. Kala itu Gunansar sempat membela timnas U-16 pada tahun 2015.Ditolak Indra Sjafri di Timnas U-19Sempat tampil di bersama Timnas U-16, nasib Gunansar kurang beruntung di timnas U-19. Gunansar tidak masuk dalam skema asuhan Indra Sjafri pada 2017. Nama Gunansar bahkan tidak masuk dalam Timnas U-19 saat tampil di kualifikasi Piala AFF U-19 2017 di Myanmar.[suggestedarticle=2]Pemain Muda Terbaik Pekan KetigaSaat pekan ketiga Liga 1 2018, Gunansar mulai mencuri perhatian pecinta sepak bola nasional. Kala itu Gunansar berhasil mencetak satu gol kemenangan Persipura saat menang 2-0 atas PS Tira.Pencetak Gol Termuda Liga 1 2018Gol Gunansar ke gawang Persipura juga membuat dirinya tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga 1. Gunansar mencetak gol pertama di Liga 1 pada usia 17 tahun 7 bulan dan 20 hari. Sedangkan sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Saddil Ramdani yang mencetak gol pada usia 18 tahun 8 bulan dan 28 hari.[suggestedarticle=2]Bermasalah Dengan Jember UnitedGunansar juga tidak terlepas dari kontroversi dalam kariernya. Persipura dianggap sudah membajak Gunansar dari Jember United. Pihak Jember United sebelumnya mengaku sudah mengikat Gunansar hingga 2022, namun Persipura menyatakan pemain kelahiran tahun 2000 tersebut tidak terikat kontrak dengan tim manapun.Dapat Hukuman KomdisGunansar harus mendapat hukuman dari Komisi Disiplin usai menyikut pemain Mitra Kukar. Gunansar harus menjalani sanksi dua kali larangan bermain dan juga denda Rp 10.000.000
  3276 kali
24 Pemain Ikuti TC Timnas Indonesia U-16
Timnas Indonesia U-16 kembali melakukan pemusatan latihan di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur. Sebanyak 24 pemain akan mengikuti latihan mulai dari 28 April hingga 11 Mei.Pelatih kepala timnas U-16, Fakhri Husaini terus memoles empat aspek yang memang jadi program latihan. Kekuatan fisik dan stamina dianggap masih menjadi titik lemah timnas.[suggestedarticle=3]“Fisik dan stamina perlu ditingkatkan. Lemahnya aspek ini bisa terlihat saat melawan Jepang. Sementara di hari pertama pemusatan latihan nanti menunya mengembalikan kebugaran.” kata Fakhri.Aspek lainnya adalah athletic ability dan perbaikan finishing touch. Fakhri menilai penyerangnya masih punya kekurangan dalam penyelesaian akhir.Pemusatan latihan ini sebagai persiapan menghadapi dua turnamen di depan, yakni Piala AFF U-16, 29 Juli-11 Agustus 2018 dan Piala Asia U-16 di Malaysia, pada 20 September-7 Oktober 2018. Pemain Timnas U-16 untuk pemusatan latihanKiper1. Ahludz Dzikri Fikri – ASAD 3132. Ernando Ari – PPLP Jawa Tengah3. Risky Muhammad Sudirman – SSB Villa 2000Belakang4. Mochamad Yudha Febrian – SSB Cibinong Putra5. Muhammad Salman – SSB Jakarta Football Academy6. Ahmad Rusadi – SSB Prima Palaran Utama7. Fadilah Nur Rahman – PPLP Sumatra Barat8. Amiruddin Bagas – Chelsea Soccer School9. Muhammad Reza Fauzan – Patriot FC Aceh10. Nadhif Girasta Kosasi – ASIOP APAC INTITengah11. David Maulana – PPLP Medan12. Hamsa Lestaluhu – ASAD 31313. Andre Oktaviansyah – SSB Pelita Jaya Soccer School14. Brylian Aldama – SSB Gelora Putra Delta15. Rendy Juliansyah – ASIOP APAC INTI16. Amanar Abdillah – PS TIRA U-1717. Mochammad Supriadi – SSB Rungkut18. Komang Teguh Trisnanda – Diklat Ragunan19. Muhammad Talaohu – ASAD 31320. Zidane Pramudya – SSB Candrabaga Bekasi21. Yadi Mulyadi – ASAD 313Depan22. Sutan Diego Armando Ondriano Zico – Chelsea Soccer School23. Amiruddin Bagus – Chelsea Soccer School24. Alvin Setyawan – SSB Beruang Madu Sakti
  921 kali
Masuk Grup C, Indonesia Akan Jumpa Iran di Piala Asia U-16
Tim nasional Indonesia U-16 tergabung dalam Grup C Piala Asia U-16 2018. Pada ajang yang digelar di Malaysia, Indonesia akan menghadapi Iran, Vietnam dan India di fase grup.Pengundian fase grup Piala Asia U-16 sudah dilakukan di Malaysia, Kamis (26/4). Dalam undian tersebut Indonesia tergabung di Grup C bersama Iran yang sempat juara Piala Asia U-16 tahun 2008.[suggestedarticle=3]Pada gelaran Piala Asia U-16, empat tim yang berhasil melaju ke semifinal akan mendapat jatah untuk bermain di Piala Dunia U-17 2019 di Peru. Piala Asia U-16 akan digelar pada 20 September hingga 7 Oktober 2018 di Malaysia.[pagebreak]Hasil Lengkap[/pagebreak]Berikut ini hasil lengkap undian Piala Asia U-16:Group A: Malaysia, Japan, Thailand, TajikistanGroup B: Korea Utara, Oman, Yaman, JordaniaGroup C: Iran, Vietnam, India, IndonesiaGroup D: Irak, Korea Selatan, Australia, Afghanistan   Pembagian Group Piala Asia U-16. Garuda Asia tergabung di group C. Kira-kira Sutan Zico cs bisa lolos group ga ya Lob? #AFCU16 #Timnas #BolalobFootball A post shared by Bolalob.com (@bolalobfootball) on Apr 26, 2018 at 1:01am PDT
  6556 kali
1524728719207 tag