(Foto: ESPN)

17 Klub Siap Bermain Untuk Liga Catalonia, Jika Jadi Merdeka

Dampak kemerdekaan wilayah Catalonia atas Spanyol bisa berdampak bagi klub besar yang mereka miliki yakni FC Barcelona.

Barca tak akan bisa bermain di La Liga jika Catalunya jadi memerdekakan diri dari Spanyol.

Wacana kemerdekaan Catalunya marak terdengar lagi di Spanyol dalam beberapa waktu terakhir. Warga Catalunya dijadwalkan akan melalukan referendum pada 1 Oktober untuk memutuskan apakan mereka akan masih ada di bawah Spanyol atau menjadi negara merdeka.



Rencana referendum tersebut sudah dinyatakan ilegal oleh pemerintah Spanyol.

Namun setidaknya ada 17 klub sepakbola yang ada di wilayah ini, mereka pun siap jika Liga Catalonia digelar kelak. Mayoritas klub yang berada di wilayah Catalonia memiliki logo dengan warna khas mereka atau bendera Catalonia atau Estelada.

1. FC Barcelona



2. RCD Espanyol



3. Girona FC



4. CE Europa
5. Gimnastic de Tarragona
6. UE Lleida
7. CD Condal
8. Terrassa FC
9. CF Badalona
10. CE Sabadell FC
11. UE Llagostera
12. UE Figueres
13. UE Sant Andreu
14. Palamos CF
15. CE Jupiter
16. EC Granollers
17. CFJ Mollerussa

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(3)


Rekomendasi



Berita Terkait


Jordi Alba Setia Beri Umpan Matang ke Messi
Pengakuan Lionel Messi sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah membuat dirinya kerap disodori umpan-umpan matang oleh rekan setimnya. Tak terkecuali Jordi Alba yang acap kali memanjakan Messi dengan umpan-umpan terukur.Alba dan Messi sepanjang musim ini terus menunjukan koordinasi yang apik. Banyak gol yang tercipta sesudah keduanya saling bekerja sama."Dia sering mencetak gol, dia pemain yang sangat penting di tim kami dan dia adalah pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola," ucap Jordi Alba.[suggestedarticle]Untuk diketahui, Alba telah mencetak lima assist untuk Messi di semua ajang La Liga Spanyol. Bek kiri mantan pemain Valencia itu juga menciptakan beberapa peluang untuk rekan-rekannya yang lain.Sang bek sayap sudah membuktikan betapa berharganya dirinya untuk tim, namun ia mengakui pekerjaannya terasa kian mudah dengan kehadiran seorang pemain bintang yang luar biasa."Kapanpun saya menguasai bola, saya selalu mencari posisi Messi," tuturnya.[suggestedarticle]"Kemenangan ini (atas Villarreal-red) sangat penting untuk membantu ambisi kami, jadi kami sangat bahagia; kami sudah bekerja amat keras dan kemenangan ini terasa amat memuaskan," ungkapnya menambahkan.
  142 kali
DIARY: Nasib Sial Chelsea di Liga Champions, Juventus Bertemu Kuda Hitam dari Inggris
Liga Champions 2017/2018 sudah memasuki babak 16 besar. Undian dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss mempertemukan juara dan runner-up fase grup.Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions: Real Madrid Ditantang PSG!Undian Liga Champions telah dihelat di Nyon pada Senin (12/11). Partai besar tersaji dimana Real Madrid akan berhadapan kontra Paris Saint-Germain.Tiga Partai Besar Tersaji di 16 Besar Liga ChampionsUndian 32 besar Liga Europa telah berlangsung di markas UEFA, Senin (11/12). Hasilnya tersaji beberapa laga menarik di fase 32 besar ini.Hasil Lengkap Undian 32 Besar Liga Europa
  392 kali
Bertemu Chelsea, Dua Pemain Ini Diwaspadai Barcelona
Barcelona harus menghadapi Chelsea dalam babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Pelatih Ernesto Valverde sudah punya bayangan mengenai laga tersebut.Blaugrana lebih dulu bertandang ke Stamford Bridge sebelum menjamu Chelsea di Camp Nou. Soal lawannya, Valverde akan fokus kepada Eden Hazard dan Alvaro Morata.[suggestedarticle=3]"Secara taktik mereka sangat bagus dan sangat fisikal. Bersama Morata mereka punya kecepatan saat menyerang dan Hazard sangat bagus bermain di antara lini. Mereka tim yang sangat kuat," kata Valverde dikutip dari Soccerway.Lionel Messi dan kawan-kawan lolos fase grup setelah mengalahkan Juventus untuk merebut peringkat pertama. Sementara Chelsea harus mengakui keunggulan Roma dan terpaksa menjadi runner-up."Undian ini tantangan bagi kami, tapi kami juga tahu tidak ada yang mudah karena banyak tim sangat bagus dalam babak ini.""Chelsea adalah juara Inggris tapi kami akan tampil dengan antusias walau pertandingannya sulit. Laga ini bagus untuk kami dan suporter. Terkait hal itu, akan mudah untuk memotivasi para pemain," tandas Valverde.
  447 kali
Barcelona Telat Panas Saat Hantam Villarreal
Meski diperkuat Lionel Messi dan Luis Suarez, Barcelona telat panas saat menghadapi tuan rumah Villarreal dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Ceramica, Senin (11/12) dinihari WIB.Barcelona akhirnya bisa menang 2-0 berkat gol telat Lionel Messi dan Suarez setelah Villarreal harus bermain dengan 10 orang.Tambahan tiga poin ini mempertegas posisi Barcelona di puncak klasemen Liga Spanyol dengan mengumpulkan 39 poin. Unggul lima angka dari Valencia di posisi kedua, sedangkan Villarreal tertahan di posisi enam dengan perolehan 21 poin.Villarreal bermain cukup solid pada babak pertama, sehingga mampu menahan imbang pasukan Ernesto Valverde, kendati mereka memiliki peluang dari sundulan Gerard Pique yang mengenai tiang gawang.[suggestedarticle=3]Kiper Villarreal, Asenjo, melakukan penyelamatan penting saat memblokir sepakan Paco Alcacer di babak kedua.Namun tim tuan rumah terpaksa bermain dengan 10 orang di lapangan menyusul kartu merah yang diberikan wasit kepada Daniel Raba karena menjatuhkan Sergio Busquets pada menit 61.Keunggulan jumlah pemain itu dimaksimalkan Luis Suarez untuk mencetak gol pada menit 72. Berawal dari umpan Messi kepada Alcacer, pemain Uruguay itu mengolah bola dengan mengecoh kiper sebelum melepaskan tendangan.Messi menggenapkan kemenangan 2-0 Barcelona setelah mencetak gol dari umpan Sergio Busquets yang mengambil bola dari kesalahan pemain Villarreal. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.Susunan pemain:Villarreal: Asenjo; Mario, Alvaro, Víctor Ruiz, Jaume Costa; Rodrigo, Semedo (Castillejo 47), Trigueros, Soriano (Rukavina 64); Bakambu, Raba.Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Vermaelen, Jordi Alba; Busquets (Andre Gomes 86), Rakitic, Denis Suarez (Alcacer 58); Lionel Messi, Paulinho (Aleix Vidal 67), Luis Suarez.
  544 kali
Hasil Liga Spanyol, Klasemen Pekan Ke-15 dan Top Skor Sementara
Tak ada kejutan dalam persaingan Liga Spanyol pekan ke-15. Tiga klub elit, Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid sama-sama memetik kemenangan atas lawan-lawannya.Barcelona meski telat panas, berhasil menekuk tuan rumah Villarreal 2-0 berkat gol Luis Suarez dan Lionel Messi, Senin (11/12) dinihari WIB. Kemenangan ini membuat Barca tetap di peringkat pertama dengan 39 poin.Valencia terus membuntuti Barcelona di peringkat kedua dengan 34 poin, usai menang atas Celta Vigo 2-1. Atletico Madrid juga terus mengejar dan sementara berada di urutan ketiga dengan 33 angka setelah menang tipis atas Real Betis 1-0.[suggestedarticle=3]Real Madrid sukses menang besar atas Sevilla di Stadion Bernabeu. Cristiano Ronaldo yang meraih Ballon d'Or untuk kelima kali, kembali produktif dengan mencetak dua gol. Madrid diurutan keempat dengan 31 angka.Sementara dari jajaran top skor, Lionel Messi masih teratas dengan 13 gol. Dibayangi Simone Zaza dari Valencia dengan 10 gol. Hasil PertandinganSabtu, 9 Desember 2017Alaves 2 - 0 Las PalmasGetafe 0 - 0 EibarReal Madrid 5 - 0 SevillaMinggu, 10 Desember 2017Deportivo La Coruna 1 - 0 LeganesValencia 2 - 1 Celta VigoReal Sociedad 0 - 2 MalagaReal Betis 0 - 1 Atletico MadridLevante 1 - 2 Athletic BilbaoVillarreal 0 - 2 BarcelonaKlasemen SementaraTop Skor Sementara
  2999 kali
Valverde Menjawab Polemik Mascherano
Polemik Javier Mascherano yang terus mengdeklarasikan bakal keluar dari Camp Nou mendapat respons dari Ernesto Valverde. Menurut pelatih Barcelona itu, jika benar Mascherano memutuskan pergi, maka dirinya akan segera mempersiapkan penggantinya.Sudah lebih dari beberapa bulan silam, Mascherano terus dispekulasikan bakal meninggalkan Barcelona. Eks pemain West Ham United dan Liverpool itu mengaku tak lagi betah berada di Camp Nou lantaran mulai jarang dimainkan. Valverde lebih menyukai duet Gerard Pique dan Samuel Umtiti.Barcelona mengeluarkan dana 20 juta euro untuk menggaet Javier Mascherano dari Liverpool pada bursa transfer musim panas 2010. Hingga saat ini, pemain 33 tahun tersebut mendulang satu gol dan delapan assist di berbagai ajang.[suggestedarticle]Beberapa media Spanyol mengabarka Mascherano sudah mendapatkan tawaran dari klub asal China, Hebei Fortune. Hebei Fortune dikabarkan mencoba membujuk mantan pemain Liverpool tersebut dengan gaji besar.Jika sudah mendapatkan lampu hijau dari Mascherano, Hebei Fortune akan berusaha merampungkan kesepakatan dengan Barcelona sebelum Natal. Meski tenggat bursa transfer di China akan ditutup pada Februari, Barcelona dikabarkan enggan melakukan negosiasi pada bulan tersebut.[suggestedarticle]"Tujuan kami adalah menjadi lebih kuat. Memang benar ada isu terkait masa depan Javier Mascherano bersama Barcelona tetapi bursa transfer musim dingin 2018 belum dibuka. Jika sang pemain memutuskan hengkang, kami akan mencari penggantinya," kata Valverde.
  295 kali
Motivasi Kuat Napoli Kembalikan Deulofeu ke Serie A
Gerard Deulofeu sepertinya akan kembali ke Italia untuk melanjutkan karirnya sebagai pesepakbola. Tapi dirinya tak akan menuju Milan melainkan Naples. Musim 2016/2017 Deulofeu menjadi bagian dari I Rossoneri sebagai pemian pinjaman. Dan kemungkinan pemain bernaluri menyerang itu bakal berseragam Napoli pada Januari mendatang.Napoli sebelumnya telah menunjukan ketertarikannya kepada pemain 23 tahun itu. Ketertarikan Napoli lantas disambut bagus sang pemain yang tak keberatan meninggalkan Barcelona demi memperbanyak menit bermain.[suggestedarticle]Partenopei siap melakukan kontak dengan Barcelona untuk coba memboyong pemain yang bersangkutan ke San Paolo. Menurut Rai Sport, Deulofeu tak keberatan pindah ke klub lain untuk sementara demi kesempatan bermain secara reguler.Musim ini, Deulofeu mencatatkan dua gol dan tiga assist dalam 16 penampilan untuk Barcelona. Dia mampu beroperasi di sayap kiri maupun kanan. Dia bisa menjadi alternatif ideal untuk Jose Callejon atau Lorenzo Insigne.Masih menurut sumber yang sama, agenda transfer ini juga tergantung pada Emanuele Giaccherini. Jika Giaccherini menemukan klub baru di bursa transfer Januari nanti, maka transfer Deulofeu bisa dilaksanakan.[suggestedarticle]Giaccherini tidak cocok dengan taktik permainan pelatih Maurizio Sarri. Musim ini, dia baru tampil empat kali di semua kompetisi.
  401 kali
Legenda Barcelona Sindir Gelar Ballon d'or Milik Ronaldo
Cristiano Ronaldo baru saja mendapatkan Ballon d'Or 2017. Gelar tersebut membuat dirinya menyamai gelar Lionel Messi yang sudah mengoleksi lima trofi.Namun, gelar tersebut dipertanyakan oleh legenda Barcelona, Julio Salinas. Ia melihat Ronaldo bukanlah pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.Hal tersebut diungkapkan Salinas dalam akun media sosialnya.[suggestedarticle=3]"Hanya karena kami sangat bagus, bukan berarti kamu yang terbaik. Sungguh saya tak berpikir Kami adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah," tulis Salinas."Nyamankan dirimu dengan penghargaan Ballon d'Or karena itu sesuatu yang tak pantas kamu dapatkan," tandas Salinas.Wajar kritikan keras tersebut disampaikan Salinas. Mengingat Salinas merupakan pemain yang berpengaruh di Barcelona pada era 1990-an.Salinas pernah membawa El Barca juara Piala Champions mengalahkan Sampdoria pada 1992. Lalu ia sumbangkan empat gelar juara bagi Barcelona sepanjang kariernya di Camp Nou.
  1729 kali
Ingin Bela Maroko, Munir Tunggu Keputusan FIFA
Keinginan dan tekad Munir untuk membela timnas Maroko sudah bulat, jelang perhelatan Piala Dunia 2018 mendatang.Pemain Barcelona yang tengah dipinjamkan ke Alaves ini berharap FIFA mengabulkan permintaannya untuk bisa membela Maroko.Dimana sebelumnya Munir sudah tampil untuk timnas Spanyol pada kualifikasi Euro 2016 kontra Makedonia pada September 2014, maka sesuai aturan FIFA ia tidak diizinkan untuk berganti timnas.Federasi Sepakbola Maroko (FRMF) yang dilaporkan sedang mengajukan permohonan kepada FIFA agar Munir bisa membela negara tersebut sebelum Piala Dunia dihelat.“Saya ingin bermain untuk Maroko di Piala Dunia. Mereka tergabung di grup sulit dan sebuah kebetulan mereka terundi dengan Spanyol!” kata Munir kepada EFE.[suggestedarticle]Bukan kebetulan, di Rusia timnas Maroko akan berada satu grup dengan Spanyol, Portugal dan Iran.Dukungan pun datang dari Vicente Del Bosque, eks pelatih Spanyol. Del Bosque merasa bersalah karena memberi Munir debut internasional bersama La Roja tiga tahun silam dan menuntut agar FIFA mengizinkannya untuk membela Maroko.“Dalam kehidupan, terkadang kita harus fleksibel. Mengingat Munir hanya bermain 15 menit [bersama Spanyol], FIFA harus membolehkannya [untuk membela Maroko]. Saya merasa bersalah memanggilnya, dia dipanggil karena ada pemain kami yang cedera. Saya ingin dia bermain untuk Maroko,” kata Del Bosque.
  1408 kali
Dua Klub Inggris Siap Curi 'Xavi Afrika' dari Barcelona
Dua klub Liga Primer Inggris Liverpool dan Manchester City, dikabarkan ikut menempel Barcelona dalam perburuan bintang Nice, Jean Michael Seri.Seri, sejatinya hampir bergabung dengan Barcelona di akhir transfer musim panas yang lalu. Namun, El Barca mundur dari negosiasi karena tidak menemukan titik terang dengan pihak manajemen Nice perihal harga jual Seri sebesar 35 juta poundsterling.Seperti dilansir ESPN, situasi ini langsung di manfaatkan Liverpool dan Manchester City untuk ikut bersaing dalam perburuan gelandang berusia 26 tahun itu.[suggestedarticle]Liverpool memang telah mendapatkan bintang RB Leipzig Naby Keita dan akan bergabung pada Januari mendatang. Namun, seiring dengan ketidakpastian Emre Can untuk memperpanjang masa baktinya bersama The Reds, membuat Liverpool harus bergerak cepat untuk mencari pengganti pemain timnas Jerman tersebut.Disisi lain, City juga menginginkan servis pemain Pantai Gading tersebut untuk memperdalam lini tengah.[suggestedarticle]Akan tetapi, dalam hal ini Barcelona lebih memiliki peluang besar untuk merekrut Seri. Meski sempat gagal, nampaknya Blaugrana bisa mengajukan penawaran seperti yang diinginkan pihak Nice pada bulan depan.
  946 kali
1512713401904 tag