(Foto: ESPN)

17 Klub Siap Bermain Untuk Liga Catalonia, Jika Jadi Merdeka

Dampak kemerdekaan wilayah Catalonia atas Spanyol bisa berdampak bagi klub besar yang mereka miliki yakni FC Barcelona.

Barca tak akan bisa bermain di La Liga jika Catalunya jadi memerdekakan diri dari Spanyol.

Wacana kemerdekaan Catalunya marak terdengar lagi di Spanyol dalam beberapa waktu terakhir. Warga Catalunya dijadwalkan akan melalukan referendum pada 1 Oktober untuk memutuskan apakan mereka akan masih ada di bawah Spanyol atau menjadi negara merdeka.

10 Pemain Muda Berbakat Ini Mengejar Beasiswa ke Klub Spanyol


Rencana referendum tersebut sudah dinyatakan ilegal oleh pemerintah Spanyol.

Namun setidaknya ada 17 klub sepakbola yang ada di wilayah ini, mereka pun siap jika Liga Catalonia digelar kelak. Mayoritas klub yang berada di wilayah Catalonia memiliki logo dengan warna khas mereka atau bendera Catalonia atau Estelada.

1. FC Barcelona



2. RCD Espanyol



3. Girona FC



4. CE Europa
5. Gimnastic de Tarragona
6. UE Lleida
7. CD Condal
8. Terrassa FC
9. CF Badalona
10. CE Sabadell FC
11. UE Llagostera
12. UE Figueres
13. UE Sant Andreu
14. Palamos CF
15. CE Jupiter
16. EC Granollers
17. CFJ Mollerussa

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(3)


Rekomendasi



Berita Terkait


10 Pemain Muda Berbakat Ini Mengejar Beasiswa ke Klub Spanyol
Berlatih di Spanyol merupakan salah satu impian dari anak-anak Indonesia dalam mendalami sepak bola. Kali ini 10 pemain muda berbakat telah lolos ke final untuk mendapatkan beasiswa masuk ke klub Spanyol.Jagoan bola untuk Indonesia merupakan ajang pencarian bakat yang diselenggarakan oleh Futbal Momentum Asia dengan RCD Espanyol, klub sepak bola asal Barcelona, sudah menjalani serangkaian seleksi di beberapa kota.Setelah seleksi di lima kota, Palembang, Makassar, Surabaya, Bandung dan Jakarta, di mana masing-masing kota menyeleksi 50 pemain terbaik, kini sudah tersaring 10 pemain.BACA JUGA: Demi Bungkam Bali United, Bhayangkara FC Harus Bermain Lebih PintarMereka akan menjalani seleksi akhir atau final di Jakarta yang akan diadakan pada Minggu, 1 Oktober 2017, pukul 09:00 WIB.Pada acara final nanti ikut pula dilibatkan pelatih Indra Sjafri dan pemain Evan Dimas Darmono (Alumni Program Pelatihan RCD Espanyol), pelatih akademi EDF-LaLiga yaitu Jaime Serra (LaLiga's Academy EDF Technical Director) dan Oscar Suarez (LaLiga's Academy EDF Coach).Berikut 10 peserta dengan score tertinggi yang maju ke tahap final di Jakarta, pada 1 Oktober 2017:1. Ikhsanuddin. N2. M. Isra Saputra Harfa3. M.Faqih Maulana4. Ahmad Fikrie Haikal Fatah5. Rudiansyah6. Ardian Pradigta Alfianto7. M.Hilmy8. Raditya Bimananda Prasojo9. Ahmad Ambali10. Rakha Yudhistira prasojo
Referendum, Pique Siap Beri Suara Agar Catalunya Pisah dari Spanyol
Isu Catalunya hendak memisahkan diri dari Spanyol sebetulnya bukanlah kisah baru. Tapi, sejak pertengahan 2017 lalu isu tersebut kembali berhembus dan sepertinya kian serius bahwa referendum bakal segera terjadi.Berbicara soal Catalunya, jelas tak bisa mengenyampikan klub sepak bola tersukses dunia saat ini, Barcelona. Mengingat klub tempat Lionel Messi bermain itu berkandang di wilayah tersebut.Rupanya rencana pemimpin daerah Catalunya yang ingin melepaskan diri dari Spanyol mendapat dukungan dari bek tengah Barcelona, Gerard Pique. Bahkan Pique berencana memberikan suaranya untuk kemerdekaan Catalunya dalam pemungutan suara nanti.Referendum sendiri bakal digelar pada 1 Oktober 2017 mendatang. Kepada seluruh warganya, para pemimpin di Catalunya meminta agar bisa berpartisipasi dengan jalan memberikan suaranya, apakah tetap bersama Spanyol atau merdeka?[suggestedarticle]Hingga saat ini hubungan Catalunya dan Pemerintah Spanyol masih terus memanas. Pemerintah pusat pun bakal menjatuhkan sanksi kepada pemerintah daerah Catalunya, mengingat langkah referendum yang diambil merupakan sebuah hal yang ilegal.Akan tetapi, Pique tidak gentar dengan ancaman tersebut. Melalui akun Twitter-nya, mantan bek Manchester United itu mengajak warga Catalunya untuk memberikan suaranya. Des d'avui i fins diumenge, expressem-nos pacíficament. No els hi donem cap excusa. És el que volen. I cantem ben alt i ben fort. #Votarem — Gerard Piqué (@3gerardpique) September 28, 2017 "Hari ini hingga Minggu, kita akan mengekspresikan diri dengan damai. Jangan memberi mereka alasan yang diinginkan. Kami akan memberikan suara dengan lantang dan kuat," tulis Pique.Andai Catalunya merdeka, Barcelona terancam tidak dapat bermain di La Liga. Kondisi itu karena mereka membutuhkan izin dari Dewan Legislatif Spanyol.
Menang Susah Payah, Ini Pembelaan Pelatih Barcelona
Barcelona hanya meraih kemenangan tipis 1-0 saat melawat ke Lisboa untuk berhadapan dengan Sporting Lisbon di matchday kedua Liga Champions pada Rabu (27/9) malam.Gol tunggal pasukan Ernesto Valverde diciptakan melalui gol bunuh diri pemain lawan, yakni Sebastian Coates di menit ke-49.Valverde pun memiliki alibi mengapa Barca hanya menang satu gol, padahal di pekan pertama mereka sukses meraih kemenangan besar dari Juventus dengan skor 3-0."Jika ingin memenangi pertandingan penting, Anda harus kesulitan lebih dulu. Atmosfernya sangat hebat dan lawan kami bagus," Valverde mengatakan seperti dilansir Daily Mail.[suggestedarticle]Valverde memuji penguasaan bola yang dimiliki oleh anak asuhnya, dimana Barca unggul penguasaan bola hingga 64% punya sembilan kali kesempatan mencetak gol, dengan rincian enam tendangan mengarah ke gawang sisanya melenceng."Kami bermain dengan penuh determinasi, kami mendominasi babak pertama, namun sadar pada kemampuan mereka untuk melakukan serangan balik. Ketika kami unggul 1-0, Sporting menekan dan memberi ancaman pada kami.""Saat kami mendapat peluang untuk mengunci kemenangan, kami tidak mampu menyelesaikannya, tapi ini Liga Champions dan tidak pernah mudah," Valverde menambahkan.
Menerka Klub Eropa yang Bakal Disinggahi Egy Maulana Vikri
Bintang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri kabarnya bakal seger berkiprah di Eropa. Beberapa pihak terkait sepakat untuk memberangkatkan Egy ke Eropa.Egy memang bermimpi meniti karier di sepak bola Eopa. Ia berharap bisa bermain di Eropa dengan idolanya, Lionel Messi.“Sepak bola di Eropa lebih terstruktur. Saya jug berharap bisa bermain bersama dengan idola saya, Messi,” ujar Egy beberapa waktu yang lalu.[suggestedarticle]Kini mimpi Egy bermain di benua biru selangkah lagi menjadi kenyataan. Kemenpora dikabarkan sudah sepakat dengan agen asing untuk membawa Egy ke Eropa.Lalu jika benar terwujud, klub Eropa apa saja yang kemungkinan menjadi pelabuhan Egy?EspanyolKlub dari Spanyol ini pernah memuji permainan Egy Maulana Vikri. Pelatih Espanyol B, David Gallego Rodriguez, menyebut permainan Egy mirip dengan Lionel Messi.Saat Espanyol B beruji coba dengan timnas U-19, Egy dua kali membobol gawang skuatnya. Perminan Egy cukup merepotkan barisan pertahanan Espanyol B.Bukan hal mustahil jika nanti Egy berlabuh di Espanyol. Terlebih klub tersebut juga pernah memberi kesempatan kepada para pemain Indonesia, seperti Arthur Irawan dan Evan Dimas Darmono.BarcelonaAgak berlebihan memang, namun buka tak mungkin pula Egy bakal berlabuh di Barcelona. Semua tahu bahwa La Masia menjadi akademi Barcelona yang menghasilkan pemain hebat.Egy punya impina besar bermain di Barcelona. Klub asal Catalan itu merupakan favoritnya. Tak hanya itu, Egy pun mengidolai Lionel Messi.“Impian saya ke Barcelona dan pemain favorit saya adalah Lionel Messi," kata Egy dilansir dari Goal.Barcelona selalu menyempatkan melihat pemain muda potensial dari seluruh dunia. Egy pun memiliki permainan bergaya Eropa, dan bahkan label Messi Indonesia pun melekat di dalam diri pemain asal Medan tersebut.AS MonacoKlub dari Perancis ini pernah mengamati permainan Egy saat timnas U-19 bertarung di Touloun Cup, beberapa waktu lalu. Kabarnya Egy masuk dalam daftar pencari bakat AS Monaco. Hal tersebut dikarenakan Egy bermain baik sepanjang turnamen. Bahkan Egy mendapatkan penghargaan Jouer Revelation Trophee yang juga pernah didapat oleh Cristiano Ronaldo semasa muda.
Gol Bunuh Diri Menangkan Barcelona atas Sporting Lisbon
Meski banyak peluang yang dibuat, namun Barcelona hanya menang tipis atas tuan rumah Sporting Lisbon 1-0 pada Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Rabu (27/9) malam atau Kamis dinihari WIB.Gol kemenangan Barcelona tercipta dari kesalahan pemain bertahan Sporting, Sebastian Coates, yang mencetak gol bunuh diri pada babak kedua.Walaupun tidak bermain maksimal, namun Barcelona memuncaki tabel klasemen Grup D, mengumpulkan enam poin, memimpin tiga angka dari Sporting dan Juventus di posisi dua dan tiga.BACA JUGA: Manchester United Permalukan CSKA Moskow, Lukaku Cetak Dua GolPada jalannya laga, Barcelona langsung menerapkan taktik penguasaan bola melalui umpan-umpan pendek dari lini tengah yang menjadi ciri khas klub asal Katalunia itu.Blaugrana mengemas dua peluang pada pertengahan babak pertama saat  Roberto mengumpan kepada Suarez namun peluan itu dipatahkan Patricio. Sesaat kemudian, kiper Sporting itu juga menghentikan peluang Lionel Messi.Bekas pemain Barcelona, Jeremy Mathieu, melakukan penyelamatan dengan memblokir umpan tendangan bebas Messi yang mengarah kepada Suarez pada menit 36. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.Barcelona akhirnya memimpin 1-0 setelah Sebastian Coates keliru dalam mengantisipasi tendangan bebas Messi yang mengarah kepada Suarez. Bola tersebut mengenai kaki Coates dan masuk ke gawang Patricio pada menit 51.Sporting berkesempatan membalas ketertinggalan saat Dost mencuri bola kemudian melepaskan bola kepada Fernandes yang sudah menunggu di dalam kotak penalti, sayang peluang itu bisa dihentikan Ter Stegen. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.Susunan pemain:Sporting Lisbon: Patricio; Piccini, Coates, Mathieu, Coentrao (Jonathan Cristian Silva 74); Carvalho, Battaglia; Martins, Fernandes, Acuna (Bruno Cesar 73); Doumbia (Bas Dost 44)Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta (Paulinho 80); Messi, L. Suarez (Aleix Vidal 89), Roberto (Andre Gomes 87)
Ini yang Bikin Egy Maulana Berhasrat Main di Eropa
Bintang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri menunjukkan kualitasnya saat di Piala AFF U-18 di Myanmar lalu.Pemain asal Medan tersebut mampu memperlihatkan tajinya dengan mencetak delapan gol dan sekaligus menjadi top scorer turnamen tersebut.Dengan penampilanya tersebut, Egy pun banyak diminati klub-klub besar Indonesia. Namun, Egy lebih memilih untuk berkiprah di Eropa.[suggestedarticle]Dilansir dari akun Instagram @quotetimes, pemain 17 tahun itu berhasrat meniti karier di Eropa. Egy menilai di klub Eropa punya organisasi yang terstruktur rapi.Egy pun bermimpi untuk bermain di Barcelona dan bermain dengan pemain idolanya, Lionel Messi. Itulah yang membuat Egy belum menerima tawaran dari klub Indonesia.
Rumor ke Barcelona, Ancelotti: Hanya Trik Verratti Agar PSG Naikan Gaji
Pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti kepada Le Figaro baru saja mengkritik sikap Marco verratti. Gelandang Timnas Italia dan Paris Saint Germain (PSG) itu dituding Ancelotti sengaja menggunakan Barcelona agar dirinya mendapatkan kontrak lebih baik dari PSG.Setidaknya sepanjang bursa transfer musim panas lalu kencang berhembus kabar bahwa Barcelona menghendaki jasa Verratti. Pelatih El Barca, Ernesto Valverde sendiri mencap, verratti sebagai salah satu gelandang yang bisa menjadi kekuatan besar bagi Barcelona.Tapi sayangnya Ancelotti memiliki penilaian lain atas rumor Verratti-Barcelona itu. Don Carleto menuding bahwa pemain PSG itu hanya 'berakting' agar klubnya memagari dan memberikan kontrak yang lebih baik dari sebelumnya."Saya tidak menyukai hal tersebut, sikap seperti Verratti. Banyak pemain yang ingin berganti klub saat bursa transfer dibuka, tetapi saya tidak tahu apakah mereka sungguh ingin pergi atau ingin mendapatkan kontrak baru," tutur Ancelotti.[suggestedarticle]"Dalam kasus Verratti, dia hanya menginginkan kontrak baru yang lebih baik. Saya sangat mengenal Verratti," ungkap mantan pelatih AC Milan itu menegaskan.Lantas, secara terang-terangan Ancelotti menilai Verratti hanyalah pemain yang memikirkan tentang penambahan atau kenaikan gaji di dalam klausul kontraknya. Pria yang pernah bekerja sama dengan Verratti di PSG tersebut mengaku tidak suka dengan sikap semacam itu.Selama rumor ketertarikan Barcelona terhadap Verratti berlangsung, sang pemain sendiri sempat tertangkap lensa kamera sedang melakukan liburan di Spanyol bersama agennya, Mino Raiola. Tapi fakatanya, setelah bursa transfer ditutup Verratti tetap berseragam Le Parisien.
Ini yang Ditakuti Steven Gerrard dari Philippe Coutinho
Mantan legenda Liverpool, Steven Gerrard yang kini menjadi pelatih Liverpool U-18, merasa was-was dengan kondisi The Reds yang tengah terancam ditinggalkan pemain bintang Philippe Coutinho.Coutinho yang baru saja menyumbangkan satu gol saat Liverpool menang atas Leicester City 3-2, Sabtu (23/9), memang gagal hijrah ke Barcelona pada Agustus 2017.Tapi menurut Gerrard, Coutinho tetap punya angan-angan untuk secepatnya bergabung ke Barcelona. Isu yang beradar, Juergen Klopp bakal ditinggalkan pemain top asal Brasil ini pada bursa jendela transfer Januari 2018 mendatang.BACA JUGA: 3 Faktor yang Bikin Klopp Suka dengan Kemenangan Emosional Liverpool atas Leicester City"Dia pemain asal Amerika Latin, di mana impiannya adalah bermain di Barcelona," ungkap Gerrard.Gerrard sendiri tak tau bagaimana harus menjaga agar Coutinho tetap berada di Liverpool bersama pelatih Juergen Klopp."Kita hanya bisa berdoa, supaya ia bisa bertahan di sini," ucap Gerrard.
Ini 6 Pemain Terbaik Dalam Rasio Menit per Gol di Liga Eropa
Berdasarkan catatan grafik yang dikeluarkan oleh Sky Sports, minggu (24/9), Lionel Messi menjadi pemain terbaik dalam rasio menit per gol di Liga Eropa.Yang mengejutkan justru Cristiano Ronaldo tak masuk dalam enam besar. Bintang Real Madrid ini masih kalah dengan beberapa pemain Eropa lainnya yang tampil di lima Liga Eropa terbaik.BACA JUGA: Usai Barca Kalahkan Girona, Lionel Messi Jadi Lebih Dekat dengan Man-City, Lho Ada Apa?Selama tahun 2017, Lionel Messi tercatat mencetak gol setiap 66 menit. Posisi kedua diikuti penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski yang kini dibidik Chelsea dan Manchester United, dengan setiap 76 menit mampu mencetak gol.Peringkat ketiga Harry Kane dari Tottenham Hotspur dengan setiap 81 menit mencetak gol. Pemain Real Madrid yang kini memperkuat Chelsea Alvaro Morata berada di peringkat keempat dengan setiap 82 menit mencetak gol. Setelah itu diikuti Radamel Falcao dan Dries Martens.
Adaptasi Posisi Baru di Barcelona, Ini Tanggapan Ivan Rakitic
Ivan Rakitic punya peran baru ketika Barcelona mengatasi Girona dalam lanjutan La Liga 2017/2018 di Stadion Montilivi, Sabtu (23/9/2017).Pelatih Barcelona Ernesto Valverde bereksperimen dengan menjadikan Rakitic sebagai gelandang bertahan. Gelandang asal Kroasia itu tampil di belakang Paulinho, Aleix Vidal dan Andres Iniesta.[suggestedarticle]Meski tidak seperti biasanya di mana Rakitic berada pada posisi gelandang serang ternyata eks Sevilla itu sanggup menjalankan permainan sebagai jangkar dengan baik."Saya merasa nyaman saat bermain sebagai gelandang bertahan. Ini sebuah pengalaman baru, dan saya yakin pelatih memiliki pandangan berbeda yang membuatku bermain di area ini," ujar Rakitic.Dari statistik pertandingan, pemain berusia 29 tahun itu punya rata-rata 1,7 tekel per pertandingan, 0,8 intersep bola dan 0,7 kali pelanggaran per pertandingan.
1506309602035 tag