(Foto: Four Four Two)

Daftar Pemain Yang Bisa Bela Timnas Catalan

Pemerintah Catalonia, Senin (2/10/2017) mengumumkan, setidaknya ada 90 persen warga Catalan yang memberikan suara dalam proses referendum, memilih merdeka.

Dalam sebuah konferensi pers yang dikutip AFP, Jurubicara Pemerintah Daerah Jordi Turull, mengatakan 2,02 juta warga memilih merdeka.

Barcelona menjadi klub elit yang paling aktif dalam menyuarakan kemerdekaan wilayah tersebut.

Jika jadi merdeka, Catalan pun sudah memiliki tim nasional sepakbola yang cukup kuat.

Walau belum berafiliasi dengan FIFA maupun UEFA, timnas Catalan sudah terbentuk sejak tahun 1904 lalu dan sudah memainkan lebih dari 200 pertandingan uji coba. Termasuk melawan Brasil, Argentina dan Nigeria.

Sebanyak 70 persen anggota skuat timnas Catalan diisi oleh pemain dari Barcelona. Nama yang paling mentereng yang bisa pindah dari timnas Spanyol antara lain Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, Aleix Vidal dan Cesc Fabregas.



Untuk kursi pelatih, Pep Guardiola dinilai sosok yang tepat untuk menduduki jabatan itu. Loyalitasnya terhadapa Catalan sering ia tunjukan dengan sikap pro-kemerdekaan.

Selain keempat nama tersebut, ada sejumlah pemain potensial lain asal Catalan. Mereka adalah Jordi Masip mantan penjaga gawang Barcelona yang saat ini berada di Real Valladolid, Kiko Casilla (Real Madrid), Marc Bartra (Borussia Dortmund), dan Bojan Krkic (Mainz 05).

Mantan pemain Barcelona dan juga pemain asli Catalan, Xavi Hernandez bahkan sempat melontarkan keyakinannya akan timnas Catalan.

Menurut Xavi timnas Catalan bisa berada di 15 besar peringkat dunia saat ini.

Berikut susunan pemain timnas Catalan dengan formasi 4-4-2:

Kiper: Kiko Casilla (Real Madrid)

Bek: Sergi Roberto (Barcelona), Gerard Pique (Barcelona), Marc Bartra (Borussia Dortmund), Jordi Alba (Barcelona).

Gelandang: Bojan Krkic (Mainz), Sergio Busquets (Barcelona), Cesc Fabregas (Chelsea), Keita Balde (Monaco).

Striker: Gerard Deulofeu (Barcelona), Gerard Moreno (Espanyol)

Cadangan: Jordi Masip (Real Valladolid), Pau Lopez (Tottenham Hotspur), Aleix Vidal (Barcelona), Martín Montoya (Valencia), Jordi Amat (Real Betis), Víctor Sánchez (Espanyol), David López (Espanyol), Sergi Samper (Las Palmas), Sergio García (Espanyol), Bojan Krkic (Alaves), Cristian Tello (Real Betis).

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(3)


Rekomendasi



Berita Terkait


Gabriel Jesus Kembali Berlatih, Pep Proyeksikan Penampilan Terdekat
Pep Guardiola, pelatih Manchester City mengabarkan, penyerang Gabriel Jesus kembali bergabung dengan latihan tim pertama, namun masih belum tentu akan dimainkan saat melawan Wigan Athletic pada putaran kelima Piala FA, Senin (19/2/2018).Jesus telah menepi sejak menderita cedera ligamen lutut saat melawan Crystal Palace pada 31 Desember. Pemain 20 tahun itu merupakan bagian kunci dari unit serangan City yang cair pada paruh pertama musim. Ia telah mengoleksi delapan gol dari 18 penampilan di Liga Inggris."Gabriel Jesus telah berlatih pada hari ini. Itu merupakan berita bagus," kata Guardiola kepada para pewarta, Jumat (16/2)."Saya tidak tahu kapan ia akan siap untuk bermain, langkah pertama adalah melakukan satu atau dua pekan latihan sendirian, namun hari ini akan menjadi latihan pertamanya untuk tim," jelas Guardiola.[suggestedarticle=3]Manajer asal Spanyol itu berniat memainkan tim intinya saat melawan tim strata ketiga Wigan, ketika para pemainnya memiliki lima hari untuk memulihkan diri dari kemenangan 4-0 atas Basel di Liga Champions."Pertandingan melawan Basel merupakan pertandingan yang dimenangi, kami memiliki enam hari atau lebih dan sampai Minggu depan kami memiliki lima atau enam hari juga," jelas PEp Guardiola."Mereka dapat memulihkan diri. Ketika jaraknya adalah dua atau tiga hari setelahnya, kami harus melihat kondisi tim," tambah mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu.[pagebreak]Waspadai Semua Lawan[/pagebreak]Wigan pernah mengalahkan City pada final Piala FA 2013, sebelum menyingkirkan mereka di perempat final setahun kemudian. Pep mengatakan, memperhatikan lawan-lawannya, yang telah menyingkirkan dua klub Liga Inggris -- Bournemouth dan West Ham United -- di kompetisi sejauh ini."Tentu saja saya mewaspadainya. Bournemouth bagi saya merupakan salah satu tim yang paling saya suka untuk saksikan di Liga Inggris," tutur Guardiola."Menurut saya di di Piala FA setiap musim ada banyak kejutan. Bukan hanya musim ini dan musim lalu namun sepanjang sejarah. Kami akan melakukan persiapan sebagus mungkin untuk pertandingan ini," tagas Guardiola mewaspadai semua lawannya.
  242 kali
Komite Sepak Bola Spanyol Akan Investigasi Pique
Selebrasi Gerard Pique kepada suporter Espanyol berbuntut panjang. Komite Sepak Bola Spanyol memutuskan untuk membuka penyelidikan terhadap bek Barcelona itu.Setelah menerima laporan dari La Liga tentang sikap Pique tersebut, Komite Sepak Bola Spanyol akan melakukan penyelidikan terhadap bek berusia 31 tahun itu.[suggestedarticle]Seperti dilansir Cadena Cope, panitia akan mendengar terlebih dahulu penjelasan dari setiap pihak yang terlibat. Hal ini dimaksudkan untuk memutuskan apakah mereka akan memberikan sanksi untuk Pique atau tidak.Saat mencetak gol penyeimbang kontra Espanyol, Pique langsung melakukan merayakannya dengan mengangkat jarinya ke bibirnya untuk membungkam sorakan dari pendukung tuan rumah yang ditujukan kepada keluarganya.[suggestedarticle]Mantan pemain Manchester United ini menilai orang-orang di Espanyol sangat mendiskriditkan hubungan keluarganya dengan kota tersebut.
  771 kali
Guardiola: Ini Februari yang Padat, Kami Hampir ke Perempat Final Liga Champions
Meski menang cukup besar atas Basel 4-0, pelatih Manchester City Pep Guardiola mengingatkan skuatnya agar terus waspada dan serius menghadapi leg kedua, karena posisi baru hampir masuk perempat final Liga Champions.City tampil dominan di Stadion St Jakob Park, Rabu (14/2/2018) dinihari WIB. Empat gol kemenangan lahir dari Ikay Gundogan menit 14 dan 53, Benardo Silva menit 18 dan Sergio Aguero menit 23.Dengan hasil ini, City akan lebih mudah untuk lolos karena leg kedua akan dimainkan di Stadion Etihad. "Hasil yang sangat baik. Kami hampir masuk ke perempat final," ungkap Pep Guardiola usai kemenangan tersebut.[suggestedarticle=3]"Ingat, Liga Champions 180 menit dan kami akan menghadapinya dengan serius meski dengan hasil bagus ini," tambah pelatih asal Spanyol ini.Pep memuji performa Gundogan sebagai pemain yang gigih dan tak mau menyerah. "Musim lalu ia banyak absen, sekitar enam bulan cedera. Sekarang kami senang bukan cuma kualitasnya tapi permainan individunya juga meningkat," sambung Pep.Pep mengungkapkan, Februari adalah bulan yang berat dan padat. "Di Liga Inggris kami berada di posisi yang bagus, di Liga Champions hampir ke perempat final. Pada Senin depan kami harus menjalani final EFL Cup (Carabao Cup), sementara untuk Piala FA kami punya peluang ke perempat final," terang Pep. "Semua harus kami jalani satu demi satu dengan baik," tambahnya.
  423 kali
Jelang Laga Melawan Manchester City, Basel Harapkan Keberuntungan
Pelatih Basel, Raphael Wicky, berharap keberuntungan akan hadir kala timnya akan menjamu Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017-2018 di Stadion St Jacob-Park, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB.Pada pertandingan Liga Champions sebelumnya, Basel sukses menorehkan kemenangan saat mengalahkan rival se-kota The Citizens, Manchester United saat berada di grup yang sama. Tentunya hasil ini membawa angin segar untuk kubu Basel. Tapi, tentunya pertandingan nanti malam akan terasa berbeda.Mereka akan melawan skuat Pep Guardiola yang sedang dalam kondisi On Fire nya setelah di Liga Premier Inggris mampu memimpin dengan torehan poin yang cukup jauh dari lawan-lawannya.Klub asal Swiss itu pun berharap dewi fortuna akan berpihak pada timnya kala bertemu dengan The Citizens.“Tentu saja kami memiliki rencana untuk laga nanti. Tidak ada strategi khusus, namun kami memiliki kepercayaan yang tinggi dan mentalitas kalau kami bisa meraih hasil positif,” ujar Raphael Wicky.[suggestedarticle=3]“Kami masih membutuhkan keberuntungan untuk mengimbangi permainan Manchester City. Secara kasat mata, mereka tidak memiliki kelemahan.”“Kami harus tetap realistis dan tidak mungkin mengejar 50 hingga 60 persen penguasaan bola. Kami harus menjaga soliditas dan konsentrasi sepanjang laga,” ungkap Wicky.Sementara dikubu tamu, Manchester City siap memberi kejutan dengan menurunkan pemain Leroy Sane yang telah kembali selama enam minggu karena cedera ligamen pergelangan kaki yang dialami di Piala FA pada Januari lalu.Pep Guardiola mengatakan, pemain berusia 22 tahun itu sudah bergabung bersama The Citizens."Dia tidak dalam kondisi sempurna tapi dia bersama kami. Physios melakukan pekerjaan dengan baik," kata Guardiola."Dia ingin membantu kami, saya terkejut, dia telah banyak bekerja, tapi saya tidak menyangka dengan orang muda betapa profesionalnya dia." tuturnya.
  307 kali
UEFA Minta Wasit Bersikap Tegas Pada Setiap Pertandingan
Badan Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA meminta para wasit menindak tegas setiap pelanggaran serius untuk melindungi citra sepakbola itu sendiri.Para wasit telah diingatkan oleh UEFA untuk melindungi pemain dengan menghukum pelanggaran serius dalam kompetisi klub Eropa.Hal ini terjadi setelah pelatih Manchester City, Pep Guardiola mendesak petinggi sepakbola Inggris untuk bertanggung jawab terhadap pemain bintangnya, Leroy Sane yang mengalami cedera serius dalam kemenangan di Piala FA melawan Cardiff pada Januari lalu.UEFA telah mengatakan kepada wasit bahwa mereka memiliki kewajiban untuk melindungi citra sepakbola."Kami membutuhkan pemain untuk bertanding, jadi mereka harus dilindungi," kata petinggi wasit UEFA, Pierluigi Collina seperti dilansir dari BBC.[suggestedarticle=3]"Kami tidak ingin situasi di mana masa depan pemain diragukan karena cedera serius yang disebabkan oleh pelanggaran, apakah itu disengaja, atau tidak disengaja dan membuat pemain yang bertanding tersebut mengambil risiko yang menyebabkan cedera.""Pemain harus mengerti bahwa mereka harus menghormati lawan mereka dan menunjukkan sikap positif yang sama kepada sesama pemain yang ingin diperlakukan sama."Badan Asosiasi Sepakbola Eropa tersebut juga mengingatkan wasit untuk tidak mentolerir hukuman dalam pengambilan keputusan kepada pemain."Ketika saya melihat tindakan dari wasit, itu adalah sesuatu yang tidak dapat diterima,ini bukan pesan yang ingin kita sampaikan." tambah Collina.
  333 kali
Benitez dan Guardiola, Mimpi Buruk Mourinho
Manchester United asuhan Jose Mourinho mengalami kekalahan 0-1 dari Newcastle United, yang ditangani Rafael Benitez, di ajang Premier League, di St. James' Park, Newcastle, Minggu (11/2/2018). Dengan begitu, Mourinho telah mengalami enam kekalahan dari Benitez sepanjang kariernya sebagai pelatih klub sepak bola. [suggestedarticle=3]Sebanyak lima kekalahan lain dialami Mourinho ketika menangani Chelsea, pada periode Mei 2005-Mei 2007.Rekor kemenangan Benitez atas Mourinho hanya kalah dari Josep "Pep" Guardiola, yang kini melatih Manchester City. Sejak November 2009 hingga saat ini, tim asuhan Guardiola telah sembilan kali menang atas tim asuhan Mourinho.Berikut ini adalah daftar pertandingan yang dimenangi Rafael Benitez dan Pep Guardiola atas Jose Mourinho.Jose Mourinho Vs Rafael BenitezChelsea 0-1 Liverpool - 3 Mei 2005Chelsea 1-2 Liverpool - Piala FA 22 April 2006Chelsea 1-2 Liverpool - Community Shield - 13 Agustus 2006Chelsea 0-2 Liverpool - Premier League - 20 Januari 2007Chelsea 0-1 Liverpool - Liga Champions - 1 Mei 2007Manchester United 0-1 Newcastle United - Premier League - 11 Februari 2018Jose Mourinho Vs Pep GuardiolaManchester United 1-2 Manchester City - Premier League - 10 Desember 2017Manchester United 1-2 Manchester City - Premier League - 10 September 2016Real Madrid 1-2 Barcelona - Copa del Rey - 18 Januari 2012Real Madrid 1-3 Barcelona - Primera Division La Liga - 10 Desember 2011Real Madrid 2-3 Barcelona - Piaal Super Spanyol - 17 Agustus 2011Real Madrid 0-2 Barcelona - Liga Champions - 27 April 2011Real Madrid 0-5 Barcelona - Primera Division La Liga - 29 November 2010Real Madrid 0-2 Barcelona - Primera Division La Liga - 10 April 2010Real Madrid 0-1 Barcelona - Primera Division La Liga - 29 November 2009
  517 kali
Guardiola Yakin De Bruyne Bisa Patahkan Dominasi Messi dan Ronaldo
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mendukung Kevin De Bruyne untuk mematahkan persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam memperebutkan gelar Ballon d'Or.Pep yakin Kevin De Bruyne adalah pemenang Ballon d'Or masa depan. Asalkan, pemain asal Belgia itu mampu membantu The Citizens meraih gelar Liga Champions pada musim ini.De Bruyne menunjukan permainan kelasnya saat City menang telak 5-1 atas Leicester, sabtu lalu. Ia mencatatkan tiga assist serta membawa City kokoh di puncak klasemen sementara Premier League.Ketika ditanya apakah De Bruyne memiliki apa yang dibutuhkan untuk mengakhiri dominasi dari Ronaldo dan Messi dalam perebutan Ballon d'Or, Guardiola mengatakan, "Tidak diragukan lagi.""Tapi itu bukan hanya satu pertandingan. Ini sepanjang musim, setiap tiga hari, bermain seperti itu. Setiap tiga pertandingan.""Dia tahu dan semua orang tahu yang berada di sana (Ballon d'Or), Anda harus memenangkan gelar, gelar dan gelar. Terutama satu. Cara dia bermain, sulit menemukan satu yang lebih baik di Eropa."[suggestedarticle=3]"Anda harus berada di sana sampai tahap akhir(musim). Tanpa sampai ke tahap akhir, Anda tidak akan dinominasikan." tutur Pep.Menanggapi komentar serta pujian dari pelatihnya, De Bruyne mengungkapkan bahwa pentingnya membawa tim menuju kemenangan, dan hal itu akan berdampak kesuksesan pada Individu."Saya melakukan segalanya untuk memenangkan gelar bersama tim," kata pemain Timnas Belgia itu. "Apa yang terjadi setelah adalah tambahan. Saya sangat senang dengan segala sesuatu yang terjadi untuk saya.""Saya bermain seperti ini karena tim bermain seperti ini. Itu membuat lebih mudah bagi saya, itu membuat lebih mudah bagi mereka. Pada akhirnya, jika Anda mendapatkan kehormatan individu, itu indah.""Ketika saya sibuk bermain sepak bola, saya tidak peduli (tentang pujian). Saya melakukan apa yang harus saya lakukan. Ini adalah sesuatu yang Anda renungkan setelah mendapatkan sesuatu seperti itu." tambah De Bruyne.Manchester City akan berangkat ke Basel untuk pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada hari Selasa (14/2). The Citizens difavoritkan untuk menjadi juara untuk pertama kalinya di turnamen tertinggi di kancah Eropa itu.
  553 kali
Pep Guardiola: Sergio Aguero Selalu Bagus di Kotak Penalti
Penyerang Manchester City Sergio Aguero mencetak empat gol (48, 53, 77, 90) pada pertandingan Premier League melawan Leicester City, di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (10/2/2018), yang berakhir 5-1. Satu gol City yang lain diciptakan Raheem Steling pada menit ketiga, sementara gol tim tamu diciptakan Jamie Vardy pada menit ke-24. Sepanjang pertandingan, menurut catatan Premier League, City melepaskan sebelas tembakan akurat dari 19 usaha, dengan penguasaan bola 70 persen. Adapun Leicester melepaskan dua tembakan jitu dari dua percobaan.Baca juga[Leicester Ogah Jual Mahrez ke Klub Rival]Dengan hasil tersebut, City menguasai klasemen dengan nilai 72 dari 27 pertandingan. Tim asuhan Pep Guardiola itu unggul 16 poin dari pesaing terdekat, Manchester United, yang mengoleksi 56 poin dari 26 laga."Sergio punya kemampuan luar biasa saat berada di dalam kotak penalti. Jadi, kami berusaha menciptakan peluang untuk mendapatkan gol sesuai caranya dan Aguero selalu berhasil. Selamat untuk Aguero, karena mencetak empat gol bukanlah hal mudah," ujar Guardiola."Sulit menghadapi Leicester City pada babak pertama, saat mereka bermain dengan pola 4-5-1. Namun, pada babak kedua, kami mendapatkan ruang lebih luas melalui pemain sayap kami. Secara umum, kami bermain dengan baik melawan tim yang bagus," lanjut Guardiola.
  572 kali
Bela Selebrasi Pique, Bartomeu: Itu Normal
Selebrasi Gerard Pique saat mencetak gol ke gawang Espanyol memang menuai kritikan pedas dari fans lawan. Presiden Barcelona pun turut membela aksi Pique tersebut.Laga Derby Catalan akhir pekan lalu menjadi momok bagi Pique. Setelah mencetak gol, mantan pemain Manchester United ini melakukan selebrasi dengan mengangkat jari ke bibirnya untuk menanggapi nyanyian dan hinaan yang terjadi selama jalannya pertandingan.[suggestedarticle]Meski mendapat hujatan dari fans Espanyol, namun Presiden Josep Maria Bartomeu justru membela aksi Pique tersebut. Menurutnya, hal itu sangat normal dan bukan pertama kalinya terjadi."Itu adalah perayaan yang telah dilakukan banyak pemain saat mereka mencetak gol. Ini bukan pertama kalinya pemain membungkam stadion dan itu normal," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Mundo Deportivo.[suggestedarticle]"Para pemain telah melakukannya di Camp Nou dan di stadion lainnya. Ini adalah perayaan normal dari sebuah gol penting yang berarti untuk kami saat menyamakan kedudukan beberapa menit sebelum pertandingan berakhir," terangnya.Pique sendiri telah menjelaskan alasan melakukan selebrasinya tersebut karena dia muak dengan hinaan yang ditujukan kepada Istri dan anaknya. Pique juga mencatat bahwa kepemilikan Espanyol di China mendiskreditkan hubungan mereka dengan kota tersebut.[suggestedarticle]"Saya sama sekali tidak mementingkan apa yang Pique katakan tentang kepemilikan Espanyol. Sebagian besar klub adalah perusahaan saham gabungan. Di sepakbola kita harus terbiasa dengan kenyataan bahwa di klub-klub yang merupakan perusahaan saham gabungan, pemiliknya bisa memiliki kewarganegaraan," cetusnya.
  444 kali
Pemain Barcelona Ini Minta Maaf atas Pelanggaran Kerasnya
Sergi Roberto telah meminta maaf atas kejadian yang dilakukannya kepada pemain Valencia Andreas Pereira. Kedua tim bertemu saat leg pertama semifinal copa del Rey di Camp Nou, Jumat (2/2) kemarin.Dalam laga itu, pemain pinjaman Manchester United ini tampak mengerang kesakitan setelah ia dihajar oleh Sergi Roberto yang hendak berlari membawa bola. Atas pelanggaran itu, bek kanan Blaugrana ini hanya mendapatkan kartu kuning dari wasit.[suggestedarticle]Namun, Sergi Roberto mengaku bersalah atas kejadian tersebut. Ia pun segera menyampaikan permohonan maafnya dan menjelaskan jika insiden tersebut terjadi secara tak disengaja."Semoga anda cepat sembuh. Anda tahu bahwa itu semua tidak disengaja. Kirim pelukan untukmu," tulisnya di kolom komentar Instagram Andreas Pereira.[suggestedarticle]Kedua tim akan kembali bertemu pada 9 Februari mendatang pada leg kedua Copa del Rey di Mestalla. Di leg pertama, Barcelona unggul tipis 1-0 atas Kelelawar Mestalla.
  1368 kali
1517877601771 tag