(Foto: dailymail.co.uk)

Meski Menang, Belanda Gagal Ke Piala Dunia 2018 Rusia

Sepak bola Belanda dilanda awan kelabu. Usai gagal lolos ke Piala Eropa 2016, kali ini Arjen Robben dan kawan-kawan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, meski menang atas Swedia 2-0 di Amsterdam Arena, Rabu (11/10) dinihari WIB.

Sebaliknya, tim tamu Swedia meski kalah tapi berhasil mengamankan satu jatah play-off. Swedia berada di posisi kedua klasemen akhir Grup A Zona Eropa, di bawah Perancis yang menjadi juara grup, usai menang atas Belarusia 2-1.

Belanda menang berkat dua gol Arjen Robben yang berupaya mengangkat timnya yang membutuhkan kemenangan dengan skor selisih tujuh gol untuk bisa lolos ke Rusia. Gol pertama pemain sayap Bayern Muenchen itu tercipta melalui eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran Victor Lindelof yang melakukan handball pada menit 16.

BACA JUGA: Benarkah Fans Maradona Akan Senang Jika Messi Gagal ke Rusia?

Sebuah umpan Ryan Babel menghasilkan gol kedua bagi Arjen Robben yang mencetak angka melalui tembakan akurat yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada menit 40. Namun gol itu menjadi yang terakhir pada laga ini sehingga Belanda gagal lolos ke Rusia.

Belanda, yang finis ketiga pada Piala Dunia 2014, telah absen dalam turnamen besar untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2016. Kegagalan ini membuat Belanda gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2002.

Susunan pemain:
Belanda : Cillessen; Tete, Van Dijk, Rekik, Ake; Wijnaldum ((Klaasen 71), Vilhena, Blind; Robben, Babel, Janssen (Dost 46)
Swedia : Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson (Svensson 67), Larsson (M.Olsson 81), Johansson, Forsberg; Toivonen (Thelin 76), Berg.

Klasemen Akhir Grup A Zona Eropa
editTerakhir diubah:  11/10/17 - 06:19

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Peluang Tim yang Bakal Lolos, Rabu (11/10) Dinihari WIB
Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Islandia dan Serbia telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dari zona Eropa. Masih tersisa dua tiket langsung lagi yang bisa diambil dari pertandingan Selasa (10/10) atau Rabu dinihari WIB, dari zona Eropa.Sementara Dari Zona Conmebol atau Amerika Selatan, Brasil juga sudah mengambil jatah lolos, sama dengan Nigeria dan Mesir dari zona Afrika.BACA JUGA: Ini 17 Negara yang Lolos dan yang Masih Berpeluang ke Piala Dunia 2018Berikut beberapa negara yang bisa lolos langsung ke Rusia jika memetik kemenangan dalam pertandingan Rabu dinihari WIB. Mereka adalah:- URUGUAY yang bisa memastikan otomatis lolos jika menang atau seri dalam pertandingan terakhirnya di Zona Amerika Selatan, selain juga bisa ditentukan hasil pertandingan lainnya di grup ini.- AMERIKA SERIKAT bisa otomatis lolos jika berhasil menakkukkan Trinidad & Tobago.- PRANCIS otomotis lolos jika mengalahkan Belarus.- SWISS bisa lolos jika menang atau seri melawan juara Eropa Portugal.- Sebaliknya, PORTUGAL bisa langsung lolos jika mengalahkan Swiss.- TUNISIA bisa otomatis lolos jika menang atau seri melawan Libya.- MAROKO jika bisa otomatis lolos jika menang atas seri melawan Pantai Gading.- PANTAI GADING bisa otomoatis lolos jika mengalahkan Maroko.Jadwal pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Selasa, 10 Oktober sampai Rabu, 11 Oktober dinihari WIB:ZONA ASIASelasa (10/10), 17.00 WIB: leg kedua Australia vs SuriahZONA EROPARabu (11/10), 02.45 WIB:GRUP A - Perancis vs Belarus - Luxembourg vs Bulgaria - Belanda vs SwediaGRUP B - Hungaria vs Kepulauan Faroe - Latvia vs Andorra - Portugal vs SwissGRUP H - Belgia vs Siprus - Estonia vs Bosnia-Herzegovina - Yunani vs GibraltarZONA AMERIKA SELATAN (CONMEBOL)Rabu (11/10), 7.30 WIB - Paraguay vs Venezuela - Brasil vs Chile - Ekuador vs Argentina - Peru vs Kolombia
visibility  753 kali
Mimpi Kecil Mohamed Salah Yang Jadi Kenyataan
Eksekusi pinalti dari Mohamed Salah ke gawang Kongo menjadi penentu lolosnya Mesir ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.Dalam laga itu Mesir menang 2-1 dari Kongo dan mengantarkan negara Firaun itu lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia sejak tahun 1990 lalu.Salah, 25 tahun, mengungkapkan bahwa ia memiliki mimpi saat masih kecil untuk bisa bermain di Piala Dunia bersama dengan timnas Mesir."Saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya, saya tidak ingin bicara banyak tapi saya bangga. Kami menyadari ini merupakan mimpi yang telah lama dinanti," kata Salah dikutip dari Goal. "Bagi saya, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, apakah itu sebagai pemain sepakbola Mesir atau sebagai penduduk. Saya senang karena bisa mencetak dua gol ketika bertemu Kongo," tambah pemain Liverpool ini.[suggestedarticle]Sejauh ini baru Mesir dan Nigeria yang memastikan diri lolos sebagai wakil dari negara Afrika."Ketika saya melangkah untuk mengambil penalti, saya tidak memikirkan apapun kecuali mencetak gol dan memenangkan pertandigan," jelas Salah."Hal yang tersulit bagi saya adalah ketika Kongo berhasil menyamakan kedudukan dan penggemar mesir kemudian terdiam. Tapi syukurlah akhirnya kami mewujudkan impian masa kecil saya," kata pemain Liverpool ini.
visibility  1030 kali
Pelatih Brasil Bicarakan Piala Dunia Tanpa Argentina
Brasil sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 sejak bulan Agustus lalu, hal berbeda dialami sang rival mereka Argentina yang terancam gagal lolos ke Rusia.Posisi Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2018 saat ini sedang berada di ujung tanduk. La Albiceleste kini masih tertahan di posisi keenam, satu strip di bawah zona playoff.Mereka harus menang di laga terakhir melawan Ekuador, dan berharap empat tim diatas mereka harus kehilangan poin.Situasi ini ditanggapi oleh pelatih Brasil, Tite, yang menilai para pemain bintang Argentina bakal kesulitan tidur."Saya tak bisa membayangkan rasanya seperti apa. Mereka pasti sedang mengalami masalah tidur. Kami harus melakukan apa yang penting bagi kami. Dan di akhir, semua akan menuai dari apa yang telah kita usahakan," ujar pelatih 56 tahun itu, seperti dikutip Soccerway.[suggestedarticle]Dia pun berharap semua tim bisa bermain dengan adil dan tak ada kecurangan di laga terakhir. Sebab, peluang untuk lolos akan ditentukan di laga pamungkas."Saya ingin kompetisi ini berjalan dengan adil. Itu akan membuat kami bermain dengan baik," kata Tite."Saya memiliki teman di Argentina. Saya menghormati Jose Pekerman di Kolombia dan mengetahui dengan baik kapasitas Chile," jelasnya.Brasil sendiri akan berhadapan dengan Chile yang harus meraih poin agar posisinya tak tergeser oleh tim lain.
visibility  928 kali
Matic Bahagia Serbia Bisa Lolos ke Rusia
Serbia akhirnya benar-benar tak terkejar lagi oleh Irlandia dalam memperebutkan puncak teratas Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018. Menjalani laga pamungkas menghadapi Georgia, Nemanja Matic dan tim sukses membungkus kemenangan. Gol semata wayang Aleksandar Prijovic pada menit ke 74 cukup untuk menyudahi perlawanan Georgia. Di tempat lain, Irlandia juga sukses membungkus kemanangan 1-0 berkat gol James McClean. Dengan mengumpulkan 21 poin hingga laga pamungkas, maka Serbia tak lagi terkejar oleh Irandia yang hanya memiliki 19 poin.[suggestedarticle] Meski begitu, bintang Manchester United itu mengakui bahwa ada tekanan yang diterima tim sesaat sebelum laga lawan Georgia digelar. Serbia yang bermain sabar akhirnya menuai hasil setelah sepakan Prijovic di menit ke 74 menembus jala lawan. "Kami mendapat banyak tekanan sebelum pertandingan ini. Kami ingin bermain sabar, kami tahu bahwa kami punya peluang," tutur Matic di FFT. Kemenangan atas Georgia itu pula yang akhirnya mengantar Serbia ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Matic pun mengakui bahwa dirinya amat bahagia atas takdir Serbia yang berhak berlaga di pesta sepak bola terbesar di dunia.[suggestedarticle] "Saya amat bahagia. Terima kasih pada semua orang yang sudah mendukung kami," sahut Matic mengakui. "Kami menunjukkan gairah bertarung dengan jersey Serbia, tidak hanya soal bagaimana memainkan sepak bola indah, karena kami tidak menunjukkan itu di kualifikasi kali ini, namun kami berjuang dan menunjukkan mengapa kami layak ada di Rusia," tutupnya.
visibility  657 kali
Wakil AFF Selangkah Lebih Dekat Menuju Piala Dunia 2018
Australia berhasil menyingkirkan Suriah di babak play-off Piala Dunia 2018 zona Asia. Wakil AFF ini selangkah lebih dekat menuju Piala Dunia 2018.Australia menang 2-1 di Sydney, Selasa (10/10). Hasil ini membuat Australia menang 3-2 secara agregat.[suggestedarticle]Dengan hasil ini Australia akan tampil di babak play-off antar konfederasi. Australia akan berhadapan kontra wakil zona CONCACAF.Persaingan di Zona CONCACAF sendiri terhitung masih ketat. Terbuka peluang bagi Amerika Serikat, Panama, dan Honduras untuk mendapat tiket lolos langsung dan lolos ke babak play-off.Pertandingan babak play-off akan berlangsung dua leg pada bulan November mendatang. Australia dijadwalkan melakoni laga tandang terlebih dahulu sebelum ganti bermain kandang di leg kedua.
visibility  8291 kali
Dramatis! Australia Hancurkan Harapan Suriah
Australia berhasil memastikan diri menjadi wakil AFC di babak play-off menuju Piala Dunia 2018. Australia secara dramatis mengalahkan Suriah dengan skor tipis 2-1 di Sydney, Selasa (10/10).Suriah tampil mengejutkan di awal laga. Lewat serangan balik cepat, Omar Al Somah sukses membobol gawang Australia di menit ke-6.Namun Tim Cahill menjadi sosok penyelamat Australia. Lewat sundulan kepala, pemain berusia 37 tahun ini sukses menyamakan kedudukan di menit ke-13.Skor 1-1, pertandingan berjalan semakin menarik. Australia mendominasi jalannya pertandingan namun Suriah tidak mau kalah dengan sesekali melancarkan serangan balik.[suggestedarticle]Bermain imbang selama 90 menit pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu. Di perpanjangan waktu ini langkah Suriah menjadi berat setelah wasit memberikan kartu merah untuk Mahmoud Al Mawas.Cahill lagi-lagi menjadi pahlawan bagi Australia. Kembali lewat sundulan kepala, Cahill mencetak gol di menit ke-109.Momen dramatis terjadi saat Suriah mendapat peluang tendangan bebas di menit terakhir. Sayang, tendangan Al Somah membentur mistar gawang.Dengan hasil ini, Australia unggul agregat 3-2. Australia akan menghadapi wakil CONCACAF di babak play-off.
visibility  4358 kali
Bagi Panucci, Italia Menang karena Kecerdasannya
Italia akhirnya berhasil mengamankan tiket playoff Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mengalahkan tuan rumah Albania 1-0. Meski hanya menang tipis, pelatih Albania yang juga orang Italia, Christian Panucci memuji cara Gli Azzurri untuk menang.Kemenangan tersebut pun membuat Italia menjadi tim unggulan teratas dalam babak playoff yang akan diundi November mendatang.Soal kekalahan Albania, Panucci menilai bahwa Italia bermain bukan hanya dengan fisik dan taktik, melainkan juga menggunakan kecerdasan.[suggestedarticle]"Italia menunjukkan kecerdasan khas mereka. Mereka memutuskan permainan lewat tendangan sudut yang kami berikan. Saya meminta pemain saya untuk tak hanya menunggu, pergi menyerang dan dengan tekad kami sedikit tekad lagi harusnya bisa mencetak gol," ujar Panucci.Dikatakan Panucci, timnya telah memulai laga dengan permainan yang cukup baik dengan sebuah sikap yang tepat. Tapi justru Italia yang akhirnya keluar sebagai pemenang.[suggestedarticle]"Saya meminta maaf kepada suporter, tapi kami memberi semua milik kami untuk memberi mereka hasil yang positif," sambung mantan bek AS Roma dan real Madrid itu."Stadion penuh sesak, ada banyak rasa ingin tahu untuk melihat tim Albania ini melawan Italia. Kami muncul dengan kepala terangkat tinggi, saat kami menyerang mereka, kami mencoba bermain sepak bola," tandasnya.Gol kemenangan untuk Italia baru datang pada menit ke 73 melalui pemain Inter Milan, Antonio Candreva.
visibility  1088 kali
Islandia Lolos, Heimir Hallgrimsson: Ini Benar-benar Aneh
Islandia akhirnya benar-benar merajut mimpinya dengan berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Bermain di rumah sendiri, di satdion Laugardalsvoellur, Islandia sukses menghancurkan Kosovo dengan skor 2-0.Gol Gylfi Sigurdsson dan Johann Gudmunsson akhirnya memastikan satu tiket lolos otomatis bagi Islandia ke Rusia tahun depan.Melihat takdir tersebut, Pelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson sulit mempercayainya. Terlebih Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2018 diisi sejumlah tim yang notabene lebih pantas, sebut saja Kroasia, Ukraina dan Turki.[suggestedarticle]"Ini benar-benar aneh. Saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya katakan. Pikiran saya ke mana-mana," kata Hallgrimsson.Hallgrimsson benar-benar tak bisa menyembunyikan kegembiraannya, bahkan mulai berkhayal membandingkan gelandang Cardiff City, Aron Einar Gunnarsson, dengan Pele dan Diego Maradona."Maksud saya. . .Pele, Maradona, dan Aron Einar Gunnarsson," katanya.[suggestedarticle]Negara dengan populasi sekitar 330.000 penduduk, Islandia adalah satu-satunya negara terkecil yang pernah lolos ke piala dunia.Tim kuat di grup ini, Kroasia akhirnya berkesempatan meraih satu tiket tambahan dari babak playoff. Bertandang ke Kiev, Luca Modric dan kolega sukses mengalahkan Ukraina 0-2.
visibility  1327 kali
Benarkah Fans Maradona Akan Senang Jika Messi Gagal ke Rusia?
Rasanya seperti sebuah malapetaka jika Argentina akhirnya tak memiliki tiket bertanding di Piala Dunia 2018 di Rusia. Tapi, jika hal tersebut terjadi, maka fans Maradona adalah pihak yang akan merasa senang.Hal yang sedemikian itu dinyatakan oleh legenda sepak bola Argentina, Mario Kempes. Lionel Messi dan kolega saat ini masih tertahan di posisi keenam. Dan jika tak berubah hingga laga penutup, maka seluruh pemain top asal Argentina hanya akan menjadi penonton bagi pemain top dunia lainnya. [suggestedarticle]Jika mengutip perkataan Kempes, hal tersebut artinya malapetaka."Piala Dunia tanpa Argentina dan tanpa Messi tak ubahnya sebuah malapetaka," ucap Kempes.Seperti diketahui, babak kualifikasi zona Conmebol hanya menjatahkan empat tim terbaik yang berhak lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia. sedangkan tim terbaik kelima memiliki kesempatan untuk meraih tiket melalui babak kualifikasi menghadapi wakil dari zona Oceania.Yang paling menarik dari komentar Kempes tentang nasib tim Tango adalah saat ia menyatakan bahwa para fans Maradona akan bersorak kegirangan jika akhirnya Argentina gagal ke Rusia.[suggestedarticle]"Satu-satunya yang akan merasa senang jika Argentina dan Messi tidak lolos ke Piala Dunia adalah fans Maradona, dengan begitu, mereka bisa terus mengatakan bahwa dia adalah pemain yang terbaik," sahutnya mengakhiri.Misalnya benar gagal, maka publik di Argentina akan kembali mengenang Maradona sebagai legenda nomor wahid yang sempat mencetak gol kontroversi dengan tangannya. Gol Maradona itu pun dikenang dengan istilah Gol Tangan Tuhan.
visibility  568 kali
Dokter Gigi Ini Sukses Bawa Islandia Lolos ke Piala Dunia
Islandia mencetak sejarah baru sebagai negara dengan penduduk paling sedikit yang lolos ke Piala Dunia. Kepastian lolos ini didapat Islandia usai mengalahkan Kosovo 2-0 pada Selasa (10/10) dini hari WIB untuk memastikan tempat sebagai juara Grup I pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.Gylfi Sigurdsson mencetak gol lima menit menjelang babak pertama berakhir. Ia juga mengkreasi gol Johann Gudmundsson pada pertengahan babak kedua saat Islandia menyelesaikan perjalanan mereka dengan memenangkan tiga pertandingan terakhir tanpa kebobolan satu gol. Sosok dibalik suksesnya Islandia melaju ke Piala Dunia untuk pertama kali adalah sang pelatih Heimir Hallgrimsson, yang juga seorang Dokter Gigi.[suggestedarticle]Hallgrimsson menjadi asisten pelatih di timnas Islandia sejak tahun 2013 lalu. Bersama Lars Lagerback pada tahun lalu mereka juga mengejutkan dunia melalui penampilan memukau di Euro 2016 di Perancis."Ini sangat aneh. Waw, kami ke Piala Dunia. Pele, Maradona, dan Aron Einar Gunnarsson (pemain bintang Islandia)," kata Hallgrimsson separuh melantur, dikutip dari the Guardian.Islandia sendiri harus mengubur mimpi Piala Dunia 2014 lalu karena kalah dari Kroasia di babak kualifikasi.Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi sebuah negara yang berpenduduk sekitar 350 ribu jiwa dengan luas 100 ribu km per segi. Negara dengan populasi paling sedikit yang sebelumnya mencapai final adalah Trinidad & Tobago pada 2006, dengan 1,3 juta orang.
visibility  1858 kali
1507608611118 tag