(Foto: dailymail.co.uk)

Meski Menang, Belanda Gagal Ke Piala Dunia 2018 Rusia

Sepak bola Belanda dilanda awan kelabu. Usai gagal lolos ke Piala Eropa 2016, kali ini Arjen Robben dan kawan-kawan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, meski menang atas Swedia 2-0 di Amsterdam Arena, Rabu (11/10) dinihari WIB.

Sebaliknya, tim tamu Swedia meski kalah tapi berhasil mengamankan satu jatah play-off. Swedia berada di posisi kedua klasemen akhir Grup A Zona Eropa, di bawah Perancis yang menjadi juara grup, usai menang atas Belarusia 2-1.

Belanda menang berkat dua gol Arjen Robben yang berupaya mengangkat timnya yang membutuhkan kemenangan dengan skor selisih tujuh gol untuk bisa lolos ke Rusia. Gol pertama pemain sayap Bayern Muenchen itu tercipta melalui eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran Victor Lindelof yang melakukan handball pada menit 16.

BACA JUGA: Benarkah Fans Maradona Akan Senang Jika Messi Gagal ke Rusia?

Sebuah umpan Ryan Babel menghasilkan gol kedua bagi Arjen Robben yang mencetak angka melalui tembakan akurat yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada menit 40. Namun gol itu menjadi yang terakhir pada laga ini sehingga Belanda gagal lolos ke Rusia.

Belanda, yang finis ketiga pada Piala Dunia 2014, telah absen dalam turnamen besar untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2016. Kegagalan ini membuat Belanda gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2002.

Susunan pemain:
Belanda : Cillessen; Tete, Van Dijk, Rekik, Ake; Wijnaldum ((Klaasen 71), Vilhena, Blind; Robben, Babel, Janssen (Dost 46)
Swedia : Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson (Svensson 67), Larsson (M.Olsson 81), Johansson, Forsberg; Toivonen (Thelin 76), Berg.

Klasemen Akhir Grup A Zona Eropa
editTerakhir diubah:  11/10/17 - 06:19

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Brasil Sudah Memiliki Susunan Pemain yang Akan Tampil di Piala Dunia
Pelatih Brasil, Tite sudah memiliki 11 pemain yang dipastikan akan tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dari 11 nama tersebut ada sedikit kejutan yang tidak menyertakan bek PSG Thiago Silva.Bicara pada UOL Esportes, Tite sudah memiliki 11 pemain yang akan diturunkan saat Piala Dunia. Berikut ini susunan pemain Brasil yang akan dimainkan saat Piala Dunia di Rusia."11 pemain yang tampil adalah Alisson," ujar Tite.Kiper AS Roma ini menjadi salah satu andalan di Serie A dan juga Liga Champions. Penampilannya juga mencuri perhatian sejumlah klub besar Eropa.[suggestedarticle=3]“Marcelo, Miranda, Marquinhos, Daniel Alves;”Satu nama yang kemungkinan dilewatkan adalah bek PSG, Thiago Silva yang sebelumnya bahkan menjadi kapten skuad Selecao. Marcelo dan Dani Alves juga kembali menjadi andalan setelah keduanya tampil reguler bersama klub masing-masing.[pagebreak]Lini Tengah dan Lini Depan[/pagebreak]“Paulinho, Renato Augusto and Casemiro;”Penampilan luar biasa Paulinho bersama Barcelona tidak diragukan lagi bahwa dirinya layak menjadi jenderal lini tengah Brasil. Selain itu Casemiro yang menjadi benteng pertama Real Madrid juga diharapkan bisa menampilkan permainan terbaik di Brasil.“Neymar, Coutinho and Gabriel Jesus.” ujar Tite.Tiga pemain ini menjadi pilihan terbaik untuk Brasil. Gabriel Jesus diharapkan bisa kembali menampilkan penampilan terbaiknya setelah mengalami cedera.
  2040 kali
Dua Klub Inggris Pantau Bintang PSV Eindhoven
Tottenham Hotspur dan Everton dilaporkan tengah melacak bintang PSV Eindhoven Steven Bergwijn. Spurs memiliki kesuksesan dalam 'merampok' pemain dari Liga Eredivisie.Seperti dilansir ESPN FC dari sebuah sumber, dua klub Inggris itu sedang bergerak untuk melihat potensi yang dimiliki Bergwijn bersama PSV. Mereka ingin menambahkan Bergwijn untuk memperkuat barisan penyerangan.[suggestedarticle]Sejauh ini, pemain berusia 20 tahun itu telah mencetak lima gol dan menciptakan enam assist dalam 22 pertandingan yang membantu klubnya unggul tujuh poin di puncak Eredivisie. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Spurs dan Everton ingin mendatangkan Bergwijn pada musim panas mendatang.Bos Spurs Mauricio Pochettino sangat ingin menambahkan pilihan menyerangnya saat ia berusaha membangun tim yang mampu menantang gelar Liga Primer di musim depan. Sejauh ini, Pochettino hanya memiliki dua penyerang murni, yakni Harry Kane dan Fernando Llorente.[suggestedarticle]The Lily Whites juga terbilang memiliki 'kesuksesan' dalam mendatangkan pemain dari pasar transfer Belanda. Seperti Jan Vertonghen, Christian Eriksen, dan Davinson Sanchez yang ketiganya dari Ajax Amsterdam.Disisi lain, Everton juga ingin memperkuat skuad mereka untuk musim depan. Bergwijn dianggap sesuai dengan profil kebijakan transfer mereka untuk mendatangkan talenta muda yang bisa dikembangkan.[suggestedarticle]Bergwijn merupakan seorang penyerang dan bisa bermain baik sebagai sayap kanan. Ia telah mewakili Belanda di level Internasional U-17, U-21. Kemungkinan ia akan dipromosikan ke skuad senior Oranje dalam waktu dekat.
  362 kali
Ronaldo: Portugal Bukan Tim Favorit Piala Dunia
Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengungkapkan, bahwa Portugal bukanlah tim favorit dalam perebutan gelar juara Piala Dunia 2018 di Russia.Ia menilai ada beberapa negara yang jauh lebih dijagokan dibanding dengan negaranya."Kami tahu Portugal bukan favorit di Piala Dunia. Bagi saya, favoritnya adalah Spanyol, Jerman, Prancis, Argentina dan Brasil." ungkap Ronaldo kepada Goal.com"Kami adalah bagian dari kelompok tim yang tahu bagaimana bisa bersaing di level tertinggi."  jelasnya.[suggestedarticle=3]Pemenang Ballon d'Or lima kali itu telah memberikan kontribusinya terhadap klubnya, Real Madrid dengan gelar La Liga dan Piala Liga Champions yang dipersembahkannya."Saya selalu tampil untuk menunjukkan tingkat terbaik saya, tapi terkadang hal-hal tidak berjalan seperti yang kita inginkan." kata Ronaldo"Tapi pengalaman telah mengajari saya bahwa kita harus terus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita." tuturnya.Kerja keras itu berhasil membawanya ke puncak permainan, selama lebih dari satu dekade.Jika Ronaldo dapat membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions, dengan Portugal ia juga berharap memetik keberhasilan yang sama di Piala Dunia 2018 Russia.
  754 kali
Cara Nonton Bareng Piala Dunia 2018 dengan Nyaman
Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia. Kurang dari empat bulan lagi, pesta sepak bola empat tahunan itu bakal dinikmati pecinta si kulit bundar seluruh dunia, termasuk Indonesia.Euforia Piala Dunia 2018 sudah mulai dirasakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia kembali disuguhkan dengan pertandingan-pertandingan berkelas dari Piala Dunia.Kegiatan nonton bareng pun diprediksi akan menjamur saat Piala Dunia berlangsung. Tapi tahun ini, nonton bareng Piala Dunia akan berbeda dengan tahun sebelumnya.Jika pada tahun sebelumnya, kerap dijumpai permasalahan signal di beberapa tempat nobar, kini pemilik tempat nobar bisa mendapat tayangan yang nyaman dan juga legal.[suggestedarticle=3]Pemilik tempat nobar harus melalukan regristasi terlebih dahulu melalui Pesta Bola, selaku pemegang hak siar penayangan Piala Dunia di Indonesia. Pendaftara melalui laman pestabola.co.id."Pesta Bola memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018," ujar Deputi Presiden Direktur Pesta Bola, Pongky Rivawanto, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/2/2018)."Jadi masyarakat bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia di tempat favorit bersama keluarga dan teman-teman secara nyaman dan juga legal," tambahnya.Pesta Bola menjalin kerja sama dengan Futbol Momentum Asia selaku pemegang hak siar teritoral. Bila ada tempat nobar yang tak melakukan regristrasi dan izin dari Pesta Bola, maka ada sanksi dari pihak berwajib."Jika ada tempat nobar yang tak ada izin dari Pesta Bola, langkah awal kita adalah melakukan somasi," tandasnya.
  344 kali
Menikmati Piala Dunia 2018 secara Legal dengan TV Kabel
Penikmat sepak bola Indonesia akan disuguhkan tayangan Piala Dunia 2018 di Rusia. Salah satunya melalui televisi kabel.Futbol Momentum Asia selaku pemegang lisensi teritorial di Asia sudah menentukan operator televisi kabel Piala Dunia resmi di Indonesia.CEO FMA, David Kim mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadikan tayangan yang bersih dan berkualitas. Terlebih saat ini FIFA punya aturan ketat untuk penayangan."Piala Dunia kini lebih maju, ada beberapa yang diatur FIFA. Kategori televisi kabel, Superpass menjadi operator resmi tv kabel Piala Dunia di Indonesia," ujar David Kim, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/2/2018).[suggestedarticle=3]Kim ingin masyarakat Indonesia menikmati tayangan Piala Dunia yang bersih dan legal dari televisi kabel.Selaras dengan Kim, Co-founder Superpass, Adhie Joeninato menyebut tayanga berkualitas akan jadi pilihan bagi penikmat sepak bola di Indonesia. "Tujuan kami menjadi offcial cable broadcaster Piala Dunia 2018 di Rusia untuk memberikan tayangan yang legal kepada masyarakat Indonesia," ujar Adhi.Indonesia memang menjadi pasar terbesar sepak bola dunia. Menikmati Piala Dunia merupakan salah satu kegiatan rutin yang hadir dalam empat tahun sekali.Dengan adanya kerja sama tersebut, masyarakat mendapat pilihan lain menikmati Piala Dunia. Terlebih tayangan tersebut legal dan sesuai dengan aturan penyiaran dari FIFA.
  944 kali
Klub Swedia Curi Perhatian Dunia Lewat Jersey Hitamnya
Lini masa ramai-ramai membicarakan sebuah klub dari Swedia yakni AIK, usai mereka merilis jersey terbaru mereka untuk musim ini.Bekerjasama dengan apparel asal Amerika Serikat, Nike, AIK membuat suporter sepakbola dunia terkesan dengan jersey hitamnya.Tak ada warna lain selain hitam dalam seragam terbaru AIK kali ini. Dimana mereka mengambil inspirasi tahun 1901, sebagai tahun dimana sejarah baru itu muncul.[suggestedarticle]1901 adalah tahun yang spesial bagi AIK. Klub tersebut merayakan sepuluh tahun setelah terbentuknya tanggal 15 Februari 1891 di Biblioteksgatan 8, Stockholm. AIK Fotboll akan bermain dalam jersey hitam sebagai penghormatan kepada seragam serupa nan gelap yang digunakan pada ulang tahun kesepuluh klub (1901) sampai 1909 di semua 2018 pra-musim dan pertandingan Piala Swedia.Sepenuhnya berwarna hitam, jersey AIK musim ini membawa kembali desain seragam serupa pada tahun 1901. Logo Nike dan juga klub berwarna hitam, begitu juga dengan tulisan besar klub di bagian depan. AIK 1901 och 2018. 2018 tittar AIK Fotboll tillbaka i sin minnesvärda historia samtidigt som klubben startar en ny era. pic.twitter.com/xApFnKtFP9 — AIK Fotboll (@aikfotboll) January 20, 2018
  2950 kali
Ronald Koeman Resmi Jadi Pelatih Timnas Belanda
Federasi sepakbola Belanda (KNVB) resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih baru tim nasional senior mereka.Koeman yang pada bulan Oktober 2017 lalu dipecat oleh Everton akan mendapat kontrak selama empat tahun bersama dengan Belanda, atau hingga Piala Dunia 2022 mendatang. Ronald Koeman en Nico-Jan Hoogma tekenen contract: https://t.co/ONw1r3G7HR #WelkomRonald #WelkomNicoJan pic.twitter.com/yzdXcNYGMQ — KNVB (@KNVB) February 6, 2018 Mantan pelatih Feyenoord ini menjadi pelatih keempat Timnas Belanda setelah Louis van Gaal mundur pada 2014 lalu. Ketika itu, mereka mampu menempati peringkat ketiga Piala Dunia.Guus Hiddink kemudian mengisi posisi yang ditinggalkan van Gaal. Namun, dia digantikan oleh Danny Blind.[suggestedarticle]Di bawah Danny, Timnas Belanda tak kunjung membaik dan gagal lolos ke Euro 2016 dan juga Piala Dunia 2018. KNVB akhirnya menjadikan Advocaat sebagai pengganti.Bagi Koeman, 54 tahun, posisi ini akan menjadi yang ke-10 dalam karir manajerial dirinya setelah sebelumnya ia pernah menangani tim seperti Vitesse Arnhem, Ajax, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton dan Everton.Selain Koeman, KNVB juga menunjuk Nico-Jan Hoogma, mantan direktur tim Heracles Almelo yang akan menjadi direktur teknik timnas Belanda.
  760 kali
Ronald Koeman Tangani Timnas Belanda
Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) bakal menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih baru tim nasional. Koeman menjadi satu-satunya yang dikait-kaitkan dengan tugas itu oleh media massa Belanda. Pengumuman akan disampaikan di markas besar KNVB di Zeist, Selasa (6/2/2018). Pria berusia 54 tahun itu akan menggantikan Dick Advocaat yang mengundurkan diri November tahun lalu, karena gagal mengantarkan Belanda ke putaran final Piala Dunia Rusia tahun ini.Koeman bertugas mengembalikan keberuntungan tim yang delapan tahun lalu menjadi finalis Piala Dunia, namun tak pernah lagi tampil dalam turnamen besar sejak 2014 setelah gagal tampil pada Piala Eropa dua tahun silam.[suggestedarticle=3]Koeman menganggur sejak dipecat Everton Oktober tahun lalu, setelah terseok-seok di Liga Primer Inggris.Misi awalnya adalah pertandingan persahabatan bergengsi melawan Inggris dan Portugal pada Maret, sedangkan target tercekat Euro 2020.Koeman, yang 78 kali memperkuat Belanda, sangat berpengalaman menjadi manajer, setelah melatih Vitesse Arnhem, Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton dan Everton.Pelatih penjaga gawang Everton Patrick Lodewijks dan mantan pemain Timnas Belanda Kees van Wonderen akan menjadi asistem pelatih Koeman sehingga Ruud Gullit yang menjadi asisten Advocaat tak lagi punya posisi apa-apa.
  385 kali
Pelatih Timnas Inggris Cari Inspirasi Lewat Rugby
Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, sedang mencari inspirasi dari NFL atau turnamen olahraga Rugby. Hal ini untuk bekal saat Timnas Inggris akan berlaga di Piala Dunia Russia 2018. Ini merupakan karir pertamanya sebagai pelatih internasional di Piala Dunia bagi pelatih berusia 47 tahun itu.Southgate saat ini berada di Amerika Serikat untukmembahas mengenai tugas pembinaan, dan besiap untuk menghadiri acara Super Bowl ke-52 antara New England Patriots dan Philadelphia Eagles.Menyaksikan suasana NFL dari dekat dan di tingkat elit, Southgate merasa banyak hal yang bisa dipelajari dari olahraga tersebut yang bisa membantu Inggris dalam pertarungan di Piala Dunia Rusia 2018.[suggestedarticle=3]Inggris sering dikritik karena ketidakmampuan tim tersebut untuk bangkit mengambil kesempatan emas, dan Southgate merasa acara Super Bowl ini melambangkan tantangan untuk melawan lawan dengan pengalaman dalam pertandingan besar."Saya pikir selalu sulit untuk melawan orang-orang dengan pengalaman pertandingan besar di final," kata Southgate dilansir dari Sky Sports."Pengalaman saya di final adalah bahwa ada tingkat kinerja yang dapat Anda capai dan sangat sering orang berpikir bahwa Anda harus menemukan tingkat di atas untuk memenangkan final, dan mendekati tingkat normal Anda sebaik mungkin. Biasanya cukup karena orang melewatkan kesempatan besar dan ini sangat merugikan kinerja." Ujar Southgate."Biasanya orang-orang dengan pengalaman banyak yang bisa melewatinya, ini adalah keuntungan besar." tambah Southgate.Dengan semakin dekatnya turnamen Piala Dunia, Pelatih Inggris tersebut telah banyak melakukakan strategi-strategi jitu. Salah satunya dengan mengambil inspirasi dari olahraga mana pun yang dapat dia tonton, dengan melihat bagaimana metode yang berbeda mungkin bisa diterapkan pada sepak bola."Jika Anda selalu melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda akan mendapatkan hasil yang sama." tutur Southgate.
  318 kali
Ini Target Australia di Piala Dunia 2018
Australia akan memainkan Piala Dunia mereka kelima pada tahun ini di Rusia, mereka pun sudah mencanangkan target dibawah komando pelatih baru Bert van Marwijk.Pelatih asal Belanda itu baru saja ditunjuk untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Ange Postecoglou.Kebetulan Van Marwijk sukses membawa Belanda lolos ke final Piala Dunia 2010 silam, dan saat ini ia memiliki target untuk lolos dari putaran grup."Saya pergi ke Piala Dunia hanya dengan satu hal yang penting, yaitu bertahan di babak pertama dan tidak ada yang harus mengatakan kepada saya itu sulit karena lawan kami adalah negara yang baik," kata van Marwijk pada konferensi pers pertamanya di Sydney.[suggestedarticle]Australia berada di Grup C bersama dengan Perancis, Peru dan Denmark. Mereka akan memulai laga perdana melawan Les Blues pada 16 Juni mendatang."Ini tidak akan mudah. Tapi saya sudah bilang dengan Belanda juga, mungkin kita tidak punya pemain terbaik tapi kita bisa menjadi tim terbaik, "katanya.Van Marwijk yang sukses meloloskan Arab Saudi ke Piala Dunia 2018 justru dipecat dari kursi kepelatihannya. Ia pun sudah paham dengan cara bermain Australia karena pernah bertemu di babak kualifikasi."Saya pelatih yang realistis dan saya suka sepakbola kreatif. Saya suka mengontrol permainan. Tapi saya juga suka menang. Dan itu yang paling penting, "katanya."Dan saya pikir penting bahwa kami bermain dengan cara yang sesuai dengan pemain dan juga pelatih. Anda tidak bisa bermain dengan cara yang tidak dapat dilakukan pemain dan saat mereka tidak suka bermain dengan cara yang Anda inginkan, maka Anda membuat kesalahan. "
  568 kali
1517548202259 tag